Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya | Drh. Fira Sovica

Burung hantu adalah jenis burung pemburu (bird of prey, BOP) yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung hantu. Dari jenisnya yang bermacam-macam, banyak pula jenis makanan untuk burung hantu tersebut. Jenis makanan burung hantu umumnya berupa daging mentah yang masih segar, serangga, ataupun ikan.

Berikut adalah jenis-jenis burung hantu serta jenis burung hantu dan jenis

makanan burung hantu

  • Makanan burung hantu celepuk (javan scoop owl)
  • Makanan burung hantu celepuk
    Image taken from projectnoah.org 
    Makanan burung hantu celepuk adalah jangkrik. Anda juga bisa memberikan bayi tikus putih (pinkies) untuk pakan burung hantu celepuk. Bagi anda yang tertarik untuk memelihara celepuk, anda bisa membaca artikel tentang cara memelihara celepuk.
  • Makanan burung hantu javan owlet
  • Makanan burung hantu javan owlet
    Image taken from twearth.com 
    Burung hantu jenis javan owlet memiliki tingkat stress yang sedikit lebih tinggi dibandingkan burung hantu celepuk dan burung hantu oriental bay owl. Pastikan anda menempatkan perch (tenggeran) burung hantu javan owlet ini ditempat yang tenang serta bersuhu ruangan. Makanan utama burung hantu javan owlet adalah jangkrik dan burung kecil.
  • Makanan burung hantu oriental bay owl
  • makanan burung hantu oriental bay owl
    Image taken from birding2asia.com 
    Sebenarnya, jenis makanan untuk burung hantu jenis oriental bay owl hampir sama dengan makanan untuk burung hantu javan owlet. Namun, burung hantu jenis oriental bay owl sebaiknya diberikan pakan hidup berupa pinkies (bayi tikus putih) yang sedikit dilukai kemudian ditempatkan di dalam dus bekas mie instan bersama burung hantu oriental bay owl anda kemudian ditutup. Biarkan burung hantu tersebut berburu sesuai dengan instingnya. Selain mengasah insting burung hantu oriental bay owl peliharaan anda agar tidak manja, cara pemberian pakan seperti ini juga cenderung lebih praktis dibanding anda harus memotong-motong pinkies tersebut dan memberikannya ke burung hantu anda. Anda juga tetap bisa memberikan jangkrik kepada burung hantu oriental bay owl anda sehari dalam seminggu. Selain kedua makanan burung hantu oriental bay owl diatas, anda juga bisa memberikan burung emprit sebagai makanan burung hantu bay owl anda.
  • Makanan burung hantu brown hawk owl
  • Makanan burung hantu brown hawk owl
    Image taken from owlpages.com 
    Berdasarkan tingkat kesulitannya, burung hantu brown hawk owl adalah jenis burung hantu yang masuk ke kategori medium, yaitu berada di tingkat pertengahan dalam kategori kesulitan memeliharanya. Artinya, ada beberapa poin yang harus diperhatikan baik-baik untuk memelihara burung hantu brown hawk owl ini. Hal utama yang harus diperhatikan dalam memelihara burung hantu brown hawk owl adalah pemberian pakan yang tepat waktu serta tidak berubah-ubah jenis pakannya, suhu udara, dan tempat yang tenang. Hal-hal tersebut untuk mencegah stress pada burung hantu brown hawk owl yang merupakan penyebab utama kematian burung hantu brown hawk owl. Makanan utama burung hantu brown hawk owl adalah burung emprit, tikus putih, jangkrik, dan anak ayam.
  • Makanan burung hantu barn owl
  • Makanan burung hantu barn owl
    Image taken from larkwire.com 
    Burung hantu barn owl memang jenis burung hantu yang memiliki corak bulu yang indah dan memiliki perawakan yang kekar dan gagah. Karena hal tersebut, burung hantu barn owl banyak dipelihara. Namun dari banyak burung hantu barn owl yang dipelihara, 80% burung hantu barn owl yang dipelihara berakhir dengan kematian. Tingkat stress yang tinggi serta sistem pencernaan yang relatif lebih komplek membuat burung hantu barn owl tidak cocok dipelihara oleh pemula. Jika anda termasuk pemula dalam memelihara burung hantu atau bahkan belum pernah memelihara burung hantu, saya menyarankan untuk tidak memelihara burung hantu barn owl. Makanan burung hantu barn owl adalah daging segar, burung kecil, dan anak ayam. Cara memelihara barn owl bisa dibaca di artikel cara memelihara barn owl.
  • Makanan burung hantu buffy fish owl
  • Makanan burung hantu buffy fish owl
    Image taken from weheartit.com 
    Burung hantu buffy fish owl adalah jenis burung hantu yang cocok dipelihara oleh orang yang sudah sangat berpengalaman dalam memelihara burung hantu. Level atau tingkat kesulitan memelihara burung hantu buffy fish owl berada di tingkat lanjut (advanced), khusus orang yang sudah memiliki 'jam terbang' yang tinggi dalam memelihara burung hantu. Pakan untuk jenis burung hantu buffy fish owl adalah ikan kecil, tikus putih, burung emprit, dan anak ayam.
  • Makanan burung hantu spotted wood owl
  • Makanan burung hantu spotted wood owl
    Image taken from jemberfalconry.blogspot.com 
    Sama seperti burung hantu buffy fish owl, cara memelihara burung hantu spotted wood owl masuk ke tingkat advanced dalam tingkat kesulitan memeliharanya. Saya amat tidak menyarankan burung hantu spotted wood owl dipelihara oleh pemula dalam memelihara burung hantu. Makanan burung hantu spotted wood owl adalah burung emprit, tikus putih, dan anak ayam.
  • Makanan burung hantu barred eagle owl
  • Makanan burung hantu barred eagle owl
    Image taken from confoley.com 
    Burung hantu barred eagle owl adalah jenis burung hantu yang paling susah dari semua burung hantu yang dibahas di artikel ini. Diperlukan ketelatenan untuk memelihara burung hantu barred eagle owl. Jenis pakan untuk burung hantu barred eagle owl hendaknya yang benar-benar segar. Makanan utama burung hantu barred eagle owl adalah burung emprit, tikus putih, dan anak ayam
Dari artikel diatas dapat disimpulkan bahwa memelihara burung hantu memerlukan ketelitian, ketelatenan, serta ketekunan, terutama untuk burung hantu yang memiliki tingkat kesulitan memelihara berada di tingkat advanced. Saya harap, artikel tentang

makanan burung hantu

.Saran, kritik, dan komentar saya tunggu di kolom komentar. Terima kasih. (FS)

419 Responses to "Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya"

  1. Tempat beli barred eagle owl dimana gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di pasar burung terdekat atau di toko online seperti di kaskus, olx, dan lain sebagainya... :)

      Delete
    2. Dok. Bubo saya kaki nya gk mau nyengkram itu knpa yaa ?

      Delete
    3. keliatan kesakitan gak...
      kalau kesakitan, mungkin ada disposisi tulang. sayangnya saya gak lihat langsung owlnya...
      maaf baru bales, saya baru sakit kemaren..

      Delete
  2. Kalo memelihara burhan anakan boleh ditaruh dikandang ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik memang dibiasakan dari kecil ditaruh di perch (tangkringan). cara membuat perch burung hantu bisa dibaca di membuat perch untuk burung hantu

      jangan sungkan untuk berkonsultasi lagi :)

      Delete
    2. lebih baik memang dibiasakan dari kecil ditaruh di perch (tangkringan). cara membuat perch burung hantu bisa dibaca di membuat perch untuk burung hantu

      jangan sungkan untuk berkonsultasi lagi :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. jika tempat beli burung hantu jenis great horned owl dmn ya tapi saya maunya yg di sekitar bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya tidak tahu kalau di bandung. great horned owl termasuk burung hantu yang jarang dijual umum, jadi coba cek di forum jual beli hewan di facebook atau di kaskus... semoga membantu... :)

      Delete
  5. Saya ingin bertanya tingkat memelihara Oriental bay owl dengan Barn owl sulit yang mana? Kalau dari segi pelatihan lebih cerdas burhan yang mana?
    dan dari segi harga keduanya beda tipis, Saya lebih tertarik untuk memelihara Barn owl sebagai partner. dan saya sudah membaca semua tentang burung hantu dari artikel drh. Fira. Terima Kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di artikel jenis burung hantu dan level kesulitannya, saya sudah menjelaskan. Silakan kunjungi artikel itu. :)
      Saran saya, untuk pemula sebaiknya oriental bay owl aja dlu, kecuali jika mas sudah berpengalaman memelihara barn owl. :)

      Delete
  6. Mau tanya jenis owl yg saya punya gmna yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya celepuk mas. mas bisa membaca mengenai cara memelihara celepuk di artikel memelihara celepuk.

      Delete
  7. gmnya cara memberi minum pada burung hantu

    ReplyDelete
  8. Gmn cara bedain umur burung burung hantu ? Terima kasih

    ReplyDelete
  9. kalo mau beli celepuk area magelang dan jogja di mana ya?
    kalo bisa magelag
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dicari di pasar hewan terdekat.
      atau mbak bisa juga gabung ke grup jual beli hewan di facebook.. :)

      Delete
  10. min kalo celepuk kan kasih makanya senja ama malem.sekali kasih makan berapa ekor jangkrik?

    ReplyDelete
  11. tapi dok katanya kalo kebanyakan makan jangkrik celepuknya bisa sakit ato gak nafsu makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sebagai dokter hewan, celepuk ya makanannya jangkrik. mungkin agar lebih aman, kaki jangkrik yang ada bagian tajamnya itu mas lepas dulu biar dia gak luka tenggorokannya....

      dan saya juga menyarankan makanannya diselang seling dengan daging pinkies (bayi tikus putih)

      Delete
  12. min maksudnya nglukai ank tikus biar keluar darahny tu di gimanain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dilukai pakai pisau, dibeset sedikit hingga sedikit keluar darahnya. kalo gak tega, bisa langsung taruh dekat si owl. kalo dalam waktu 10 menit belum dimakan juga, mau gak mau harus dilukai hingga darah si tiput bisa keluar dan tercium si owl... :)

      Delete
  13. dok saya baca di artikel lain tentang burung hantu,katanya paruh burung hantu harus di potong kalo udah kepanjangan kalo celepuk apa juga perlu di potong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. HAH?! :(
      bisa dishare dimana mbak arita lihat keterangan itu? Kirim aja linknya di sini.
      Karena memotong paruh burung hantu jelas-jelas salah. dan memotong paruh burung hantu sama saja dengan membunuhnya....

      Delete
  14. mbak fira ini webnya masalah potong paruh bop http://remedy27.blogspot.com/2014/04/kesehatan-pada-elang-dan-burung-hantu_12.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. web tersebut perlu dikoreksi agar banyak pembaca tidak salah penafsiran. coping tidak bisa diartikan sebagai pemotongan paruh, tapi lebih pas sebagai proses pengasahan paruh agar bentuk paruh bisa lebih ideal bagi si burung hantu, itupun sebenarnya tidak bisa dilakukan sembarangan, dan jika memang tidak diperlukan, coping seharusnya tidak perlu dilakukan.

      Delete
  15. dok bay owel sehari di kasih berapa ekor burung emprit??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo bay owl sendiri sebenarnya lebih pas diberi pinkies (bayi tikus putih) dan jangkrik. emprit juga bisa sebagai selingan. dua kali seminggu saja. empritnya disiangi dulu. dipotong, dikuliti, dan diberikan sedikit sedikit dagingnya... salam.. :)

      Delete
  16. min aku mau pelihara barn owl ,aku pulang sekolah jam 4sore kalo kasih makan siag barn owl nya jam 4 kira kira bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau siang, barn owl lebih banyak tidur daripada makan. pemberian makan bisa kasih diwaktu pagi sebelum anda berangkat sekolah, sore setelah anda pulang sekolah, dan malam hari diberi makan agak banyak... :)

      Delete
  17. dok law burhan dikasih makan cecak taw kelabang bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cicak masih bisa, tapi kalau kelabang terlalu panas buat owl... malah bikin bulu owl rontok nantinya... :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Vaksin buat virus nd apa yah ? Belinya dimana ?

    Trus klo burung hantu ditaruh diluar rumah tp dibuatkan atap kyk gubuk ap ga apa" ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. vaksin untuk burung hantu sebaiknya tidak dilakukan sendiri karena kelebihan dosis vaksin malah akan membunuh burung hantu tersebut. sebaiknya konsultasi dulu ke dokter hewan terdekat sebelum vaksin dan sekalian minta divaksinkan mas... :)

      saya lebih prefer untuk menyimpan burung hantu di dalam ruangan daripada diluar ruangan.... terutama jika musim penghujan. pun jika musim panas, kadang burung hantu merasa kepanasan jika dibiarkan di luar ruangan yang akhirnya akan membuat burung hantu tersebut dehidrasi... :)

      Delete
  20. Tak buatkan kyk gubuk kecil dok. Jd biar gak kena panas ato hujan...terima kasih

    ReplyDelete
  21. Dok beli buffy fish dpasar burung itu ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aja mas. kmaren saya pernah liat di pasar burung jatinegara...

      Delete
  22. Klo buffy fish owl nya itu dikasih dging sapi segar boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, kasihnya sedikit-sedikit saja. pastikan dagingnya masih segar (masih berdarah)...

      Delete
  23. klo di kasih ikan apa aja blh gak ya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung jenis owlnya apa..... hanya buffy fish owl yang boleh dikasih ikan.... selain itu, saya tidak menyarankan ikan sebagai makanan owl....

      Delete
  24. Sy punya anakan brg hantu klo mau dijual brp hrganya ngwh

    ReplyDelete
  25. Owl biar cepet big size itu , pola makannya gmn ya ,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jenis aves (burung) biasanya ukurannya standart mas. mereka gak bisa dibikin obes seperti musang....

      Delete
  26. dok knapa burhan saya nafsu makanya berkurang yaa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa lebih dijelaskan lagi gejalanya?? cek dalam mulutnya/paruhnya? mas bisa cek artikel terbaru saya juga mengenai frounce pada burung hantu....

      Delete
  27. Saya baru beli jenis burung hantu brown hawk owl , ada perlakuan khusus gak untuk tipe ini ?

    ReplyDelete
  28. kalau sifatnya celepuk rajah gmana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas search jenis burung hantu dan tingkat kesulitan memeliharanya di menu cari artikel diatas....

      Delete
  29. celepuk bisa diberi daging kambing?

    ReplyDelete
  30. Replies
    1. bisa. disiangi dlu (dicabuti bulunya) dan diberi dagingnya saja...

      Delete
  31. Dok,,,maaf ....mengenai makanan burhan ....apakah tiap tahapan usia , makanan burhan berubah ....klo manusia kan, misal bayi cm boleh minum susu , setelh usia 6 bulan baru boleh diberi makana tambahan , nasi setelah usia sekian ....Mksd saya apakah chick boleh langsung diberi jangkrik atau bayi tikus putih ataukah harus ulat dulu? Klo seperti itu, smp usia berapa burhan boleh diberi jangkrik atau bayi tikus atau daging mentah lainnya ...makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja, kecuali pemberian minyak ikan. minyak ikan dilarang diberikan kepada owl yang masih sangat bayi sekali (belum tumbuh bulu). minyak ikan diberikan setelah muncul bulu jarum atau bulu kapas. sebelum itu, dilarang karena sistem pencernaan burung hantu masih sangat rentan....
      kalau makanan berdasarkan usia sih sama aja. kalau usia owl masih sangat muda, dagingnya bisa dicacah terlebih dahulu.... dan penting untuk memberikan pakan mentah (yang masih agak berdarah) kepada owl yang masih bayi agar dia bisa menumbuhkan instingnya.... :)

      Delete
  32. Replies
    1. sama-sama, saya tunggu konsultasi dari mas lagi... :)

      Delete
  33. Dr.fira saya mau konsul lg nih.. saya baru beli Buffy Fish Owl umur ny kurang tau, tp yg jelas udh mau belajar terbang gitu.. nah, yg mau saya konsul.. makanan nya jenis ikan apa aja kan? Trus jenis makanan nya keadaan mati? Atau hidup aja pas dikasih mkn ny? Makasih dr.fira, ditunggu balasan ny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan mas kecil2 aja... kalau dia suka, yang masih hidup. kalau gak dimakan, coba kasih yang mati.... tapi meski yang mati, usahakan yang masih segar. jangan yang udah lama... :)

      Delete
    2. Ohh oke, tp saya kasih jangkrik nih dok.. eh, dia mau jg.. sedangkan saya kasih ikan lele daging ny saya fillet2 dia gk suka.. malah lebih suka jangkrik.. tp bufft fish owl jg boleh kan dikasih pinkies? Atau mencit jumper?

      Delete
    3. iya, kalau emang masih kecil sepertinya jangkrik bisa jadi makanan utamanya, sekali2 boleh dikasih pinkies dan ikan kecil biar membiasakan... mohon jangan sampai kelaparan ya mas, soalnya buffy fish kadang sangat rentan lambungnya. termasuk tidak tahan lapar....
      kasih nama, dan jangan lupa dilatih... :)

      Delete
  34. Javan owlet klo sesekali dikasih makan anakan puyuh itu boleh apa nggak dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. disiangi dulu. dipotong, cabuti bulunya, dikuliti, dagingnya dipisah dengan tulang2nya, lalu diberikan sedikit2....
      lebih praktis sebenernya kasih jangkrik..... :)

      Delete
  35. Salam Dok.
    Dok, aku habis bawa si burhan ke dokter karna kakinya bengkak trus makanannya slalu di muntahin. fonis dokter kakinya kna radang. trus dokternya ngasih obat, trus dokter juga kasi saran supaya diberi gula jawa atau madu untuk pngganti stamina krna ga mau makan. cuman aku nga kefikiran buat nanya takaran campuran antara gula jawa dngan air itu gimana.? Nah pas udah aku ksi minum gula jawa eh kotoran-nya malah encer berwarna agak kemerahan tapi msih ada Fecal (padat warna hitam) di kotoran-nya. aku hawatir apa itu pngaruh gula jawa atau salh takar dok. tolong pencerahannya dok. kasian si burhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya salut dengan kesungguhan mas membawa burung hantu langsung ke dokter hewan. apakah dokternya memberikan suntikan anti radang ke burung hantunya?
      iya, untuk makanan kasih gula jawa dengan air. dosisnya setengah gelas air campur dengan gula jawa sampai warna air sedikit berubah (agak berwarna kemerahan) TAPI jangan terlalu merah warnanya.Sekedar berubah warna aja, bening agak kemerah-merahan. Lalu berikan ke burung hantunya.
      untuk fesenya tidak ada masalah. silakan mas konsultasikan lagi setelahnya...
      salam....

      Delete
    2. Ga di suntik dok. cuman di kasi obat. katanya kalo ga ada perubahan disuruh datang lagu buat chek tulangnya. hawatir ada yg path.
      Skarang Vinonya udh sehat dok. Makasih dok sarannya.. :)

      Aku mau nanya dok.
      OSTEOVITA (Multivitamin untuk Unggas bergambar Ayam) bisa ga dikasih buat si Vino sbagai tambahan suplemen untk mendampingi daging Sapi.
      Soalnya di tmpat saya, ga ada yg jual pakan hidup buat BOP (Emprit, puyuh, tikus putih). Pesan juga ga ada yg mau kirim.

      Delete
    3. lebih baik jangan pake osteovita mas. kalau mau, mas datang lagi ke dokter hewan yang tempo hari, minta multivitamin buat Vino.. :)

      vino ada salam dari errol... :D

      Delete
    4. Eh, ni si vino tiba2 datang di pundak, ga tau krna dapt salm dari Errol ato krna pengen makn lagi, hehe,.. :)

      Wah, aku ga di jogja lagi dok. barusan kmaren nyampe di makassar.
      Si Vino hampir ga di ijinin ikut naik kapal ma security di sana. tpi demi si Vino rela deh dok rogoh kocek buat lolosin naik kapal. :)

      Di sini cuman ada 1 klinik hewan dok. kmarin sempat kesana buat nyari vitamin, tp yg ada cuman bual Kucing dan Anjing. rencananya mau bawa si Vino buat cek habis perjalanan jauh. tp takut, soalnya lagi musim hujan. lagian aku liat si vino masih doyan makan pas nyampe rumah.

      Oh iyya dok. aku sempat baca komennya Dok. yg bilang klo dokter lbih hawatir kalo Burung Hantu ngeluarin Fellet, bukannya itu normal dok buat burung hantu? trus aku baca jg kalo si Errol tiap hari makannya dikasi daging sapi sama dokter. apa ga bakalan kekurangan asupan vitamin dok, utamanya kalsium untuk kekuatan tulang burung? makanya aku nyari vitamin buat nutupin kekurangan asupan vitaminnya.
      Mohon di koreksi Dok klo ada yg kliru.

      Delete
    5. wah, pintar vino. :D
      kalau memang nafsu makannya masih bagus, tidak apa2 mas.. :)
      tidak kok, saya tidak pellets dengan daging fillet beda mas. kalau pellets itu sisa bulu dan tulang yang dimuntahkan si burung hantu, dan itu normal, kalau fillet itu daging berbentuk lembaran... :D
      gak kok, si errol saya suruh cari makan sendiri di luar. berburu sendiri. dulu memang awal2 saya kasih daging sapi dan tikus putih, tapi kemudian saya latih agar bisa mencari mangsa sendiri. udah setahunan ini errol saya lepas, baru aja dia terbang keluar rumah cari tikus. biasanya kalau sudah dapat tikus satu, dia balik lagi ke rumah mas, mau diunjukkin ke saya, hehehehe. sama seperti kucing, kalau kucing dapet mangsa, dia pasti menunjukkan ke ownernya untuk membuktikan dia bisa cari makan sendiri. setelah makan sekali di depan saya, si errol terbang lagi keluar sampe subuh. subuh hari nanti biasanya dia balik lagi ke perchnya, tidur.... :D
      kalau vitamin sih dia selama ini sehat2 aja, jadi gak perlu vitamin apa2. palingan saya kasih supplemen kalsium... :)

      Delete
    6. Wah,..
      Jadi pengen si Vino pinter juga kayk Errol :)

      Dok, kalo musim hujan gini bahaya ga buat si vino di ajak jaln" keluar rumah? kasian si Vino main di dalm rumah trus.
      Trus aku juga kayaknya mau Flu, bahaya juga ga buat si Vino kalo sy dekt"? Maaf, prtanyaannya aneh dok :) ga mau kecolongan Vino ikut sakit.
      trus sumber kalsium buat Vino dari jenis makanan apa dok. selain pakan hidup dan tulang ikan sotong? soalnya aku dah keliling Makassar, tiap pasar hewan yg aku tanya jawabannya cuman dua, "ga ada" ato "stocknya lg kosong".
      Nama vitamin yg biasa di kasi ke Errol apa dok.?

      Trus dok., Si Vino klo istirahat suka ngangkat kakinya satu. tapi gantian dok. maksud saya, misalnya kaki kiri di angkat, slang beberapa mnit kaki kiri tadi kayak di regangkan bersama sayap kiri, trus di ganti kaki kanan yg di angkat, beberapa mnit lagi kaki kanan tadi diregangkan lagi bersama sayap kanan, bgitu seterusnya. itu normal ga sih dok.?

      Satu lagi dok. aku kadang pusing sndiri kalo liat si Vino garuk kpala kncang banget dan bulu sayapnya suka di gigit, kadang tngah malam bangun buat bantu garukin kpalannya. padahal aku udh bliin MEDI BIRD buat campuran air mandinya. tapi kalo si Vino aku semprot. eh si Vinonya malah kabur. di paksa mandi, kasian juga dok.

      Delete
    7. iya. itu juga si errol latihannya lama mas. :D
      cuaca asalkan tidak terlalu dingin sebenarnya aman2 aja.... kalau dingin, lebih baik di dalam rumah...

      kalau mas lagi flu, lebih baik pake masker kain pas handle owl. soal kaki itu, normal kok selama kakinya dua-duanya gak diangkat. heheheh... :D

      kalau asupan multivitamin biasanya saya pake avi-era bird vitamins. agak mahal sih mas.. :)

      kalo mau disemprot pake medi bird, dikit2 aja mas. satu atau dua semprotan... :)

      salam buat vino.. :D

      Delete
    8. Dok. ini Vino kenapa dok.
      Kmarin aku mulai ngasih dia daging sapi.
      skarang Fecal pada pasesnya jadi warna cokelat.
      Vino barusan buang kotoran udah warna cokelat semua. mau ngasi liat dok tapi nga tau cara Uploadnya.

      Trus daging sapi yg ku bli kmarin tpi di taro di kulkas ko' ga mau di makan lagi dok.? apa krna ga ada darahnya.? kalo aku olesi datah burung ato darah tikus bisa ga dok.?

      Delete
    9. iya. warna feses burung hantu memang normalnya begitu. fecal burung hantu sehat normalnya hitam atau kecoklatan...

      seharusnya jangan ditaruh di kulkas, mas. beli aja sedikit dagingnya, dan ushakan langsung habis. kalau toh harus ditaruh di kulkas, sebelum diberikan didiamkan dulu di luar kulkas hingga tidak terasa dingin lagi.... :)

      Delete
    10. Meski ga ada warna putih lagi ya dok bercampur cairan bening.

      Wah lega rasanya. makasi dok infonya. :)

      Delete
    11. Dok, bahaya ga buat vino kalo aku nyalain obat nyamuk HIT Electrick di kamar buat ngusir nyamuk.?

      Delete
    12. memasang obat nyamuk elektrik dengan burung hantu meski tidak membawa efek buruk, tapi lebih baik jangan :)

      Delete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Dok. mau nanya lagi.
    Burung hantu bisa ga makan tikus yg berkeliaran di Got/Selokan, atau tikus rumah.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa TAPI harus dilatih dulu untuk mengenai mana tikus yang sehat dan mana yang sakit atau sudah kena racun. Jangan coba2 langsung melepasliarkan owl untuk cari makan sendiri di luar rumah tanpa dilatih dulu... :)

      Delete
    2. Ga ko dok. cuman pengen kenalin ama magsanya. Ntar kalo dikasi daging sapi tiap hari, malah sapi orng lagi yg diincar :D
      Oh iyya dok. Metede doktr Fira buat ngajari Errol cara bedain tikus sehat sama yg ga sehat gimana dok.? Bisa buatin artikelnya ga dok. :)

      Delete
    3. nanti coba saya buatkan artikelnya....
      :)

      Delete
  38. Dok, saya pelihara barn owl namanya bilbo umurnya sekitaran 5 bulan lebih
    Tiap hari saya kasih tikus putih pagi, sore sama malem, total sehari bisa 4 ekor kalo malem dia biasanya dua tiput
    Nah yg saya mau tanya, bulan juni thn ini saya mesti kerja praktek yang lamanya kurang lebih 2,5 bulan, orang rumah gak ada yg berani ngasih tiput ke bilbo, saya pengen minta saran supaya bilbo tetap aman, terimakasih sebelumnya dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah kalau kasusnya seperti itu. :(
      lebih baik kasih tau aja org rumah buat ngasih makan si bilbo, atau minta org yang bisa ngurus. coba mas baca artikel JANGAN MEMELIHARA BURUNG HANTU JIKA.... search aja di menu cari artikel di atas... :)

      salam buat bilbo dari errol... :D

      Delete
    2. Waduh, begimana dong yah..
      Saya sudah baca dok dulu, saya gak ngira bakal dapet KP di batam, padahal udh request buat di daftarin di bdg atau jkt aja -__-
      Salam balik dari bilbo... ;)

      Delete
    3. kalau dibawa saja, gmn? bisa juga mas minta kirim via jasa pengiriman hewan.
      karena kalau kita bawa sendiri kadang suka repot... :)

      jadi ditempat tugas, mas masih bisa handle...

      Delete
    4. Dok, saya nemu anak celepuk dua ekor di langit langit gudang,yg satu masih warna abu, satunya lagi udh coklat tapi blm bisa terbang. udh saya pasangin kamera buat ngecek ortunya masih ada apa engga, tapi ternyata 2hari rekaman ga ada penampakan ortunya balik.. Skrg anaknya saya gendong turun trus dimasukkin ke kandang puyuh (ukuran 1mx45cmx45cm) tujuannya biar gak diserang sama bilbo..
      Saya mohon petunjuk pemeliharaan dan pemberian makan minumnya dok, soalnya mereka kalo saya datengin ke kandangnya langsung mojok terus berbunyi aneh gitu kaya ketakutan banget, takutnya kelamaan ga makan minum malah mati dok kasian nih. Makasih banyak sebelumnya

      Delete
    5. di bagian makanan untuk burung celepuk, ada link ke artikel cara memelihara celepuk. silakan baca di sana..... :)

      Delete
    6. Hari ini anak celepuknya sudah mau disodorin jangkrik, ya walaupun awalnya tangan saya dulu yg dipatokin sampe bocel bocel haha..
      Untuk minum nya gimana ya dok?, trus mereka masih gamau disentuh, kalau disentuh kepalanya pasti ngigit tangan saya sambil cakarnya nyengkram pergelangan tangan keras banget..
      Tambahan, setiap saya mau kasih makan anak celepuknya, pasti si bilbo uring uringan gitu terbang sana sini kaya yg stress, apakah bakal berbahaya dok?, terimakasih banyak :)

      Delete
    7. Oh, itu malah bagus mas. lebih sering lagi kasih makan, dipatuk dikit2 gak apa2. :D
      kasih minum bisa dengan cara pakai sedotan. silakan baca cara memberi minum burung hantu.

      kalau bilbo seperti itu, selama makannya masih bagus, kayaknya dia masih sehat. :D

      Delete
    8. Iya dok, saya sodorin jangkrik terus sampe mereka udh gamau makan lagi...
      tips biar anak celepuknya mau dipegang gimana ya?, soalnya kalo gabisa di pegang terus, saya susah bersihin kandangnya dok

      Delete
    9. coba aja pegang. pelan2 mas. pindahkan ke kotak lain, lalu bersihkan kotak lamanya...
      sebaiknya jangan ditaruh di kandang, taruh aja di box kardus yang agak besar. jadi tidak dikandangkan tapi ditaruh di dalam box :)

      sehat terus buat bilbo dan baby celepuknya. salam dari errol... :)

      Delete
    10. Yang sudah agak besar bisa dipegang, dia cuma hissing aja tapi bisa tenang di tempat sementaranya, kalo yang masih kecilnya bener bener gabisa berenti ngigitin tangan saya kalo dipegang, ditambah lagi dia sangat sangat tidak tenang di tempat sementaranya...
      Kalo di kardus kan terbuka, takutnya mereka diapa apain sama bilbo dok...

      Delete
    11. gak bisa dipisahkan? maksudnya dipelihara di 2 ruangan berbeda?
      gak apa2, mungkin anak2 celepuk itu memang masih imprint ke induknya. silakan baca artikel imprint pada burung hantu...

      Delete
    12. This comment has been removed by the author.

      Delete
    13. Gabisa dipisah dok, mereka dipelihara di halaman belakang yang sama, bilbo dapet taman, celepuk dapet gudang hehe
      Oke dok terimakasih

      Delete
    14. Dok, baby celepuk yg sudah agak besar, yg warna nya agak coklat tiap saya ajak ke perch baru dan diberi makan dia kurang antusias dgn jangkrik, dia fokus melihat sekitar, gak lama nyoba terbang kabur walaupun cuman bisa glide jarak 4-5m aja, kalo begini masalah nya boleh dikasih equipment skrg atau mending biarkan dia terbang aja cari keluarga nya? Hehehe

      Delete
    15. oh ya. pakaikan saja equipt gak apa2.
      kalau toh dia dilepas ke alam, saya tidak yakin dia bisa bertahan dan bisa berkumpul dengan keluarganya lagi.... :)

      Delete
    16. terimakasih banyak dok atas semua bantuannya, maafkan kalau terlalu banyak yg ditanyakan :)

      Delete
    17. saya malah senang jika banyak yang bertanya... silakan tanya lagi kemari jika ada problem... :)
      salam dari errol :D

      Delete
    18. Siap dok, demi kesejahteraan owl saya bakal konsul lagi saat ada problem hehe
      Salam balik dari bilbo, mici, dan tami :)

      Delete
  39. Mau nanya kak, saya punya bay owl tapi terus minta tikus aja, dia enga mau di kasi jagktik /daging2 yang lain, gimana solusinya biar dia mau makan dagiang ayam, biar saya gampang nyari makanannya. Terimakasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih jangkrik saat dia sedang lapar betul. kalau tidak mau dikasih jangkrik, jangan dipaksa. biarkan saja selama 10 menit. lalu coba berikan lagi. jika masih tidak mau, diamkan lagi 10 menit lagi. terus menerus begitu... :)

      Delete
    2. agak dilukai sedikit jangkriknya agar dia bisa mencium darah jangkriknya... :)

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Dok tempat jual javan owlet dmn ya di jakarta?

    ReplyDelete
  42. Dok tempat jual javan owlet dmn ya di jakarata??,klo di barito ada gk??

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jawab:
      1 & 3. javan owlet agak jarang. saran saya, cari di grup jual beli BOP di facebook... :)
      2. harga javan owlet bisa mas lihat/baca di artikel HARGA BURUNG HANTU

      Delete
    2. Ikut membantu, kemarin teman saya ditawari javan owlet, tapi yg punyanya orang bandung, dia cuma punya 2 ekor, udh juve dua duanya, dihargain 600rb seekor...

      Delete
    3. silakan mas andika diberi nomor contactnya... :)

      Delete
    4. Ini pin nya, namanya melodi 5120256C
      Dia jual banyak macem owl juva kalo gak salah

      Delete
  43. Wah jauh banget kasian BOP nya!!
    Dok,klo ngasih ayam ke barn owl baik atau tidak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. meskipun banyak yang memberikan daging ayam ke barn owl, tapi saya menyarankan untuk tidak memberikan daging ayam ke owl. teksturnya tidak pas untuk sistem pencernaan owl... :)

      tapi balik lagi ke ownernya... :D

      Delete
  44. Tapi klo dikasih daging ayam gk ada efek sampinya kan??
    Klo beli barn owl yang chick ada gk di pasar burung barito??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tekstur daging ayam kurang pas untuk pencernaan barn owl. meski banyak yang memberikan daging ayam untuk barn owl, saya lebih suka barn owl tidak diberi daging ayam....

      gak tau deh kalau di barito. tapi denger2 sih katanya pasar hewan yang lengkap di jakarta itu di jatinegara.... :)

      Delete
  45. Klo vitamin yang penting untuk owl apa ya??apa kalsium??trus nyarinnya dmn??
    Maaf banyak nanya maklum baru belajar ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski ada beberapa vitamin, tapi semuanya harus dengan resep dokter. lebih baik, berkonsultasi langsung dengan dokter hewan terdekat untuk mendapatkan vitamin yang cocok...

      saya pikir, kalau memang owlnya sehat2 saja, tidak usah dikasih vitamin tidak apa2. si errol juga dr sejak saya pelihara belum pernah saya kasih treatment. yang penting makannya rutin, rutin juga melatih owl, sering berinteraksi, dll.... :)

      Delete
  46. Klo pemberian makanan untuk owl nya sendiri sehari brp kali??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung owlnya. silakan baca artikel cara memelihara owl yang ada di blog ini.
      rata2 sih 3x sehari mas... :)

      Delete
  47. Terimankasih atas informasi nya,semoga blog ini jadi tambah rame :-)

    ReplyDelete
  48. Replies
    1. saya malah seneng kalau ada yang nanya... :)
      sekarang bisa chat langsung juga dengan saya... klik aja menu Drh Fira Sedang Online... :)

      Delete
    2. Gmn cara nya?? Gk ada bacaan menu??

      Delete
    3. coba buka dr komputer. ntar keliatan kok di pojok kanan bawah layar... :)

      Delete
  49. Dok, anak celepuk yg kecil eeknya warna hitam semua, ada beberapa persen cairan, ada bagian yg padat menyerupai cacing biasanya 2 buah, dia juga makannya kurang semangat hari ini, tapi saya paksa makan krn takutnya mati kelaparan hehe, kira kira kenapa ya dok?
    Terus kalau saya mau bawa kedua anak celepuknya ke dokter bagusnya pake wadah apa ya?, kan katanya kalo dikandangin nanti stress... Makasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau dibawa ke drh, sebaiknya pake box saja. box kardus ukuran sedang yang sekira si burung hantu muat di dalamnya. dindingnya dibolongi...

      sebenarnya, lebih mengkhawatirkan kalau feses burung hantu berwarna hijau, kuning, atau merah. kalau masih hitam, saya kira masih normal. coba mas kasih ulat hongkong besok... besoknya jangkrik, besoknya lagi ulat lagi... bgtu trs, selang seling... :)

      Delete
    2. Apa ada kemungkinan organ internalnya luka karena kaki jangkrik ya dok?, padahal jangkriknya udh saya pilih yg kecil kecil...
      Okedeh besok saya coba variasikan makanannya, kira kira kalau dikasih bayi tikus sudah bisa belum ya?

      Delete
    3. iya, variasikan. mas rutin kasih minum kalo abis makan? kalau bisa kasih minum klo abis makan mas.
      setau saya sih kaki jangkrik gak ada pengaruhnya ke organ dalam burung hantu. tp amannya, lebih baik dilepas/digunting dulu...

      Delete
    4. Selalu saya kasih minum abis makan ko dok :)
      Barusan saya coba kasih ulat hongkong tapi ga ada yg doyan nih dok...
      Kalau saya bawa ke drh pakai cat carrier gitu boleh gak dok?

      Delete
    5. boleh aja.
      iya, lebih baik bawa saja ke drh mas... :)

      Delete
    6. Dok........
      Baby celepuk yg paling kecil sampe skrg masih gamau makan apapun, minum pun gamau, kerjaannya seharian ini tidur terus...
      Tadi siang dibawa ke drh dua duanya, disana cuma diperiksa suhu sama disuntik vitamin warna pink lewat tengkuk, kata dokternya mereka sehat sehat aja, tapi kenyataannya si kecil mici gamau makan dan hanya tidur terus, kalau disentuh agresif banget juga dia, pliss help dok takut dia kenapa kenapa
      Kalau si tami, yg lebih besar, dia malah kemajuan dok, skrg dia lompat ke tanganku tanpa dipanggil tiap jam makan hehehe

      Delete
    7. kalau memang dokternya bilang dia baik2 saja, harusnya sih emang gak ada masalah. sempet diperiksa? misalnya dicek mulutnya?

      untuk tami, bagus. lanjut saya latihannya. silakan baca CARA MELATIH BURUNG HANTU.

      Delete
    8. Engga dok, cuma cek suhu aja, itupun dokternya baca baca buku tentang owl dulu sebelum tindakan, awalnya si dokter tercengang gitu, "loh mas dapet ginian darimana?". Skrg si mici tidur terus dok, nampak lesu gitu, kasian...

      Delete
    9. coba mas baca artikel saya tentang CARA MENGOBATI FROUNCE
      bentuk fesesnya kayak gimana mas? bentuk dan warnanya? apakah baunya berbeda dengan sewaktu dia sehat? saya tunggu jawabannya...

      Delete
  50. Bentuk feses nya lebih kaya pasta gitu, warna nya gelap semua, biasanya kan ada putih nya kalo normal, kalo baunya sih sama aja dok...
    Saya udh coba cek mulutnya tapi bersih ko, ga ada bercak apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya? makan masih mau?
      saya sendiri sebenarnya tidak tahu pasti karena saya harus melihat sendiri. coba kasih minum saja karena ada kemungkinan dehidrasi.
      kalau baunya masih normal, sepertinya iya dehidrasi. biasanya sih gak apa2. cukup pastikan dia dapet makan teratur. jangkriknya jangkrik hidup, jangan yg udah mati...

      Delete
    2. Tadi sekali mau makan, cuma 3 ulet jerman, kesini sini gamau makan lagi, terus skrg jadi panikan banget, tiap dideketin bunyinya "ngiiiiiiiiik" sambil buka sayap dan mundur mundur, kalau dipaksa diambil pakai glove, dia ngeluarin bunyi yg sama sambil telentang terus kakinya ngayuh mundur sampai mentok benda apapun....
      Ngasih minumnya gimana dok?, dianya aja bener bener gamau buka mulut sekalipun makanan atau ujung sedotan udah disodorin sampe nyentuh ujung paruhnya

      Delete
  51. dok apakah boleh jenis owl celepuk makan daging sapi.,masalahnya kemarin owl saya kasih daging sapi terus siangnya aku kasih lagi muntah2 owlnya ,muntahnyadaging dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanan utama untuk celepuk tetap jangkrik.
      boleh sesekali dikasih daging sapi tapi usahakan dicacah dulu sampe bener2 bisa dimakan dengan mudah oleh celepuknya, muntah biasanya disebabkan dagingnya kegedean...

      Delete
    2. makanan utama untuk burung hantu adalah jangkrik.
      daging sapi boleh tapi dicacah sampai kecil2.....

      Delete
  52. Dok, si celepuk kecil makan nya skrg udh normal lagi, tapi tetep susah minum, tiap disodorin ujung sedotan dia malah mundur mundurin kepalanya gitu. Dia tetep marah dan ngeluarin suara "ngiiiiiiiiik" kalo disentuh, kenapa ya?, kadang dia ngibasin kepalanya sambil seperti meniupkan udara dari hidungnya, apa dia flu?
    Si Tami, siang malem sering ciak ciak gitu, kalo disamperin langsung loncat ke glove sambil gigit gigit glove nya, di sisi lain, si kecil mici siang malem kerjaannya nengkreng + tidur + megap megap, kira kira ada masalah apa ya dok dengan si kecil mici?
    Mengenai bilbo si barn owl, dia akhir akhir ini sering nangkepin cicak, tikus, kelabang dll terus ditumpukkin dibawah perch nya, itu kenapa ya dok?, dirumah jadi bau gak sedap gegara dia akhir akhir ini dok
    Terimakasih sebelumnya dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jawab:
      1. si celepuk kecil udah dilatih atau belum, mas? coba untuk si celepuk kecil lebih diintensekan lagi latihannya.cara melatih burung hantu bisa mas search di blog saya ini... :)
      2. buat si tami yang sering ciak2 gitu, itu masih normal kok asalkan nafsu makannya bagus...
      3. tami nafsu makannya gmn? bagus? kalau bagus, gak ada masalah. mungkin ruangannya agak kepanasan, makanya dia megap2 gitu... :)
      4. buat si bilbo, kalau memang mangsanya udah lama mati dan gak dimakan ama dia (maksimal 6 jam setelah mangsanya ditangkap/mati), buang aja. kalau dia makan mangsa yang udah lama mati malah bahaya buat pencernaannya. takutnya ada bakteri juga.... :)

      salam buat semua owlnya ya mas, dari errol.. :D

      Delete
    2. Tiap hari saya latih ko dok, tapi yang mudeng cuma si tami aja dok, si mici mah bener bener cuek mau ada saya di deket dia ataupun engga juga, tapi sekalinya disentuh ngamuk, si mici cuma bisa feed on fist doang dok, kalo tami udah kaya bilbo mau terbang nyamperin kalo dipanggil...
      Yang megap megap tuh si mici dok, si tami mah bahagia aja sehari hari loncat loncat pindah tenggeran sambil ciak ciak...
      Tiap saya buang mangsanya bilbo pasti dia hissing keras bgt, bakal bikin dia pundung gak ya kira kira hehe

      Delete
    3. alhamdulillah kalau memang mereka sehat2 semua.
      untuk bilbo memang awal2 bakalan hissing, tapi nanti juga terbiasa kok... salam buat semuanya... :D

      Delete
    4. Dok, mici gamau makan lagi, megap megapnya makin cepet, nafasnya kaya sesek gitu dok ada bunyi nya kalo ngeluarin nafas, sesekali dia bersin, kalo terbangnya kadang mulus kadang nabrak dok, apa dia kena flu burung ya?

      Delete
    5. kena tetelo sepertinya kalau seperti itu.
      coba liat warna fesesnya, apakah warnanya hijau atau agak kehijauan? kalau memang iya, suspect tetelo. kalau tidak, berarti bukan tetelo, tapi kena penyakit lain. cuaca memang sedang tidak bersahabat, terutama kepada hewan peliharaan.

      saran saya mending bawa ke dokter hewan dengan segera mas....

      Delete
    6. Pagi pagi saya bawa ke drh, disuntik vitamin gitu, ditambah obat pengencer lendir, obat syaraf mata, kata dokternya bukan tetelo. Siang harinya mau makan sedikit, sore juga mau makan, beberapa kali muntah lendir, lalu malamnya mati dok...
      Skrg si tami sendirian, posisi bertengger nya si tami jadi aneh semenjak mici ga ada, skrg kalau bertengger perutnya didudukkan ke tenggeran nya, padahal kan kalo bertengger normalnya tegap dan perutnya ga nempel perch, apa itu ciri sakit sesuatu dok?

      Delete
    7. dilihat dari cepatnya tingkat kematian, saya masih yakin itu NSD (tetelo).... tapi mungkin si dokter punya pertimbangan sendiri... :)

      tami makannya gimana? bagus? harap jaga agar udara tetap hangat ya mas. minggu2 ini memang banyak hewan peliharaan mati karena perubahan iklim dan suhu yang naik turun. semoga tami sehat2 aja.

      senang mereka bisa punya owner yang tanggap... :)

      Delete
    8. Iya dok, skrg bilbo juga saya masukkan ke kamar yg tdk terpakai dan diberi lampu hangat, si tami juga saya beri lampu hangat di gudang. Sesi latihan berjalan indoor dulu sepertinya utk musim hujan skrg dok...
      Kalau masalah nafsu makan sih si tami gak masalah dok, hanya saja setelah mici ga ada kelakuannya jadi tidak seperti biasanya. Saya khawatir aja kalau kalau perubahan kelakuan itu tanda dia ketularan penyakit yg sama dok...
      Terimakasih banyak dok atas konsultasi nya :)

      Delete
    9. kalau mau aman sih sebenernya bawa saja cek-up ke dokter hewan, mas, meski menurut saya kalau dia makannya masih normal dan fesesnya ada 3 warna (putih, bening, dan hitam/kecoklatan), dia bisa dikatakan normal....

      dan soal perubahan perilaku owl setelah 'temannya' mati, sebenernya owl termasuk hewan yang punya afeksi terhadap sesamanya. jadi wajar aja sebenernya.... :)

      betul, mas. semenatara ini latihan indoor aja. salam buat tami dan bilbo dari errol :)

      Delete
  53. maaf dok mau tanya lagi udah tanya di postingan satunya tpi banyak bgt gamau keluar2
    kalo celepuk dikasih makan keong sawah, katak coklat, kadal biasa atau kadal rumput atau hewan yang banyak disawah lainnya itu boleh ngga yah karena belakang kos sawah jadi kalo bisa kan lebih hemat..
    terus mau tanya lgi salah satu celepuk saya fesesnya warnanya coklat dan airnya warnanya coklat kaya mencret gtu tpi ada kaya cacingnya gerak2 itu knpa yah dok? tapi kadang sih fesesnya normal putih hitam cuman kadang2 aja kaya gtu
    terima kasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kadal masih bisa, kalau katak dll, lebih baik jangan. kadalnya juga sebaiknya dibersihkan dulu mas, takutnya ada pestisidanya. amannya sih ya mending pake daging sapi cincang. atau mas bisa jajal pake cicak....

      oh itu masih normal... :)

      Delete
    2. oh gtu yah brarti yg berhubungan dg air itu kurang baik ya dok?
      kalo pake cicak itu harus dicincang apa ngga yah soalnya biasanya lgsg di telen semua ga bisa ngrobek sndiri padahal udah brancer akhir apalagi tikus putih belum dicoba tapi..

      Delete
    3. cicak gak dicincang dulu kok. langsung kasih aja... :)

      Delete
    4. saya mau tanya lagi dok
      knpa yah tiba2 memuntahkan jangrik utuh dan skrg sering liat ke atas sampe jatuh ke belakang padahal sebelumnya sehat
      ngga ngrespon gtu kaya org ayan..

      Delete
    5. warna fesesnya apa mas? sekarang masih doyan makan?
      kalau soal makan dan dia muntah jangkrik, kalau dia masih doyan makan, gak apa2. normal aja... )

      Delete
    6. fesesnya sih normal tapi lebih sdikit makannya jg doyan tapi kalo jalan sempoyongan trus jdi pendiam kepalanya ke atas terus dan nangkringnya agak susah karena liat ke atas sampe jatuh ke blkg trus pas jatuh kaya org kesurupan ga bisa bangun..

      Delete
  54. saya sarankan sih ke dokter hewan aja mas agar mendapatkan penanganan langsung...... banyak faktor sebenernya.....

    coba mas baca juga artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... search di bagian cari artikel... semoga membantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru sadar dok ternyata kena tetelo saya punya 4 celepuk udah terkena 3 tinggal 1 yg blum 100% positif..
      saya harus gmna ini dok?

      Delete
    2. tetelo cenderung susah diobati, mas. lebih baik bawa ke dokter hewan dengan segera....

      Delete
  55. Dok sampai umur brpa BO chick di beri makan daging sgar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih selamanya.... :)
      kalau gak bisa, minimal kasih daging segar cacah... :D
      itulah resiko pelihara burung pemburu, mas. saya aja kalau dihitung2 abis berapa seminggu buat makannya si errol. barn owl saya... :)

      Delete
    2. Klo ngasih mkan b.o atau buffy smnggu hbis brapa tiput dok ?? Klo yg chick gpp di ksih tiput hidup ?

      Delete
    3. kalau saya jujur saja sehari bisa 2 hingga 3 tiput. agar lebih hemat, mas bisa kasih cacahan daging sapi, doc (anak ayam) yang sudah disiangi dan hanya diberikan dagingnya saja, anak puyuh yang sudah disiangi, dan daging ayam (sesekali, jangan keseringan). :)

      Delete
  56. Kalau dbri makan ikan dok boleh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikan boleh tapi jangan sering2. cukup sesekali aja. karena struktur daging ikan tidak cocok untuk sistem pencernaan musang.... :)

      Delete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Replies
    1. iya, maksudnya burung hantu. maklum, banyak banget yang komen mas... :D

      Delete
  59. Salam dokter,
    Dokter akhir2 ini burung hantu saya tdk mau mkn..tp keadaan normal tetep seperti biasa..cm tdk mau mkn..seperti bosan dengan makanan na..krn masi anak2 biasa saya kasi jangkrik n ulat hongkong..menurut dokter saya harus bagaimana y?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. batasi juga pemberian ulet hongkong. cukup seminggu sekali saja dikasih UH.

      mas juga bisa nyoba kasih bayi tikus putih ke owlnya... :)
      sehat selalu. salam dari errol dan padma. :)

      Delete
  60. Dok, kalau celepuk dijadikan partners untuk memburu tikus curut di rumah apa bisa dok? dan amankah kalau celepuk di lepas di loteng untuk memburu tikus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja namun perlu dilatih dulu.
      si errol juga gitu kok. kalau celepuk kadang suka ketakutan kalau liat tikus, tapi bisa dilatih.... :)

      cara melatih burung hantu bisa dibaca di artikel saya di blog ini..

      Delete
    2. Ok Dok, terima kasih.
      Dok, kalau celepuk masih kecil kan kita latih di kamar, kalau sudah semakin besar nanti penempatan perchnya dimana ya dok? apa di kamar terus atau kita pindah? atau kita buat rumah2an untuk burungnya dok?

      Delete
    3. halo mas azis.
      1. kalau mau, mas bisa bikin owlbox. cara membuat kandang khusus burung hantu (owlbox) pernah saya tulis di blog ini.... bisa juga terus di perch..... :)

      Delete
  61. Bu dokter, kenapa celepuk saya takut ama tikus. Itu cara melatihnya biar berani gmn dok ? Pdhal dia sudah bisa memangsa anakan puyuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih tikusnya yang masih bayi (pinkies). taruh aja. lalu tinggal. (jangan diliatin)
      nanti juga dimakan... :)

      Delete
  62. kaka,saya punya burhan dapat nemu 2 bulan lalu,dari atap jatuh untungnya kena kasur saya suka kasih makan belalang tapi kadang suka kasih jangkrik juga kalo kasih jangkrik kurang nafsu tapi kalo kasih belalang sekali makan 20 ekor kalo sekarang 29 ekor,pertanyaannya apa gak apa apa di kasih belalang tapi di gak apa apa kok sehat aja dari pertama nemu juga,sekarang kurang nafsu apa karena pergantian bulu,saya takut napa napa ama kage,padahal udah deket banget gimana ini kak,terimakasih dah mau baca tolong sarannya secepatnya,soalnya masih smp kelas 3 baru pemula tolong segera sarannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak apa2. tapi lebih baik kasih jangkrik aja. kalau lagi mabung, jangan diajak main dulu.
      biarin dia sampai selesai mabung dulu....

      Delete
  63. Dok saya mau tanya.
    Saya baru beli bubo.
    Kata owner nya usia juve awal.
    Bubo nya bermasalah pada kaki nya.
    Satu kaki gak bisa nyengkram dan ada luka kering.
    Dan kaki yg satunya di pakai tali kawat.
    Pertanyaan saya.
    - bagaimana cara mengobati luka pada kaki nya.
    - bagaimana cara melepas tali kawat nya.
    Trimakasih dok.

    ReplyDelete
  64. Dok saya mau nanyak,aku baru nemu burhan..tpi liar banget klo di pegang gigit+nyakar gk.trus klo di kasih makan cicak gk papa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sesekali gak apa2. dalam seminggu, bisa dikasih cicak 4 hari, sisanya bisa kasih daging sapi cincang atau emprit...

      Delete
  65. Tpi setiap kali di kasih makan burhan nya mlah nyakar+gigit..ada solusi biar cepet jinak gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang butuh waktu agar dia bisa jinak, mas. jadi harus sabar.
      prosesnya emang agak lama, tergantung karakter burung hantunya dan koneksi mas dengan burung hantunya. mas bisa cek artikel cara menjinakkan burung hantu dan imprint pada burung hantu....

      Delete
  66. Makasih saran nya.hhe
    Oh iya?dok klo taruh burhan di plangkringan ter buka gk papa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. plangkringan apaan?
      selama kondisinya tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin, tidak apa2. saran saya sih mending di dalam ruangan aja mas. yah, namanya juga di ruangan terbuka kan kita gak tahu bakalan ada apa....

      Delete
  67. Makasih saran nya.hhe
    Oh iya?dok klo taruh burhan di plangkringan ter buka gk papa kah?

    ReplyDelete
  68. Dok klo burhan nya masih ngantuk gk mau makan kah?atau memang dia gk mau makan.

    ReplyDelete
  69. Dok mf aku ganggu lagi.hhe klo semisal nya kuku burhan nya di potong ada efek nya gak sebab tangan ku bonyok semua gara"di cakar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gak apa2 mas. saya malah senang jika banyak yang bertanya.
      cara memotong kuku burung hantu sudah saya tulis artikelnya. silakan cari di bagian cari artikel... :)

      Delete
  70. Dok mau nanyak klo burhan nya udh mau di elus"apakah dia positif jinak atau masih bisa kabur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya bisa dielus kemungkinan kabur masih bisa terjadi....
      perlu latihan lagi agar burung hantunya bener2 bonding kepada pemiliknya

      Delete
  71. Malam dok, somehow saya berhasil ngajarin si lyze buat loncat ke tangan klo waktunya makan, skrg saya bingung dok, gimana cara ngajarin dia buat balik ke perch setelah makan? oiya dok, kalau bisa, tolong bantu saya ngira2 umur si lyze ini brp minggu/bulan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kalau begitu. sementara ajarkan saja trik yang ada di artikel cara melatih burung hantu, mas. fokus ke latihan-latihan yang ada di sana. nantinya, secara naluriah burung hantu akan mengenali perch-nya sebagai sarang, jadi tanpa diajari juga dia akan balik lagi...

      mas bisa pasang foto si lyze sebagai foto profil mas agar saya bisa mengira2 usianya? saya tunggu

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.