Cara Memotong Kuku Musang | Drh. Fira Sovica

Memotong kuku musang memang menjadi keharusan bagi mereka yang memiliki musang. Dengan memotong kuku musang, anda akan bebas dari luka gores (baret) saat menggendong musang. Tidak seperti cara memotong kuku sugar glider, memotong kuku musang tidak bisa dilakukan seorang diri. Diperlukan minimal dua orang untuk

memotong kuku musang

. Artikel saya yang lain tentang tanda musang yang stress bisa anda baca di artikel ciri musang stress.

Dan berikut adalah cara memotong kuku musang yang baik dan benar:
Cara Memotong Kuku Musang
Alat:
  • Gunting kuku kecil atau gunting kuku bayi.
  • Glove atau sarung tangan dari bahan kain tebal atau kulit.
Proses memotong kuku musang:
  1. Mintalah bantuan pada teman atau kerabat anda untuk membantu proses pemotongan kuku ini. Kenakan glove atau sarung tangan dari kain tebal.
  2. Keluarkan musang dari kandang. Pegang pangkal ekor musang dengan tangan kiri dan pegang leher musang dengan tangan kanan. Meski musang akan melawan dan berusaha melepaskan diri, usahakan untuk mengeratkan pegangan anda pada leher dan pangkal ekor musang NAMUN jangan sampai menyakiti si musang. Diamkan musang selama beberapa saat hingga ia terlihat tenang.
  3. Jika musang sudah mulai tenang dalam pegangan anda, balikkan tubuh musang hingga perutnya menghadap keatas, kemudian mintalah sahabat atau teman anda untuk memotong kukunya satu persatu. Jangan memotong kuku musang terlalu dalam hingga melukai bagian daging di dalam kukunya. Cukup potong bagian yang tajam, beberapa milimeter di bagian bagian paling atas kuku musang. Bagian yang boleh dipotong dan tidak sama halnya dengan cara memotong kuku sugar glider di artikel ini.
  4. Jika semua kuku musang sudah dipotong, kembalikan musang ke posisi semula (bagian perut ada dibawah, dan lepaskan musang perlahan-lahan. Diamkan musang beberapa menit di kandangnya agar bisa menenangkan diri, kemudian beri air minum.
Demikian adalah cara memotong kuku musang. Ada baiknya jika anda meminta bantuan kepada teman anda yang sudah berpengalaman dalam memotong kuku musang jika anda baru pertama kali melakukan

memotong kuku musang

. Kritik dan saran saya tunggu dari pembaca sekalian. Terima kasih.

38 Responses to "Cara Memotong Kuku Musang"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Selamat sore... saya mau tanya nih dok. saya pnya muspan kira2 umur 4bln. awal2 masih mudah utk memotong kukunya walaupun tetap dalam keadaan dia tidur. skrg semakin sulit krn dia lebih gampang terjaga kl dengar bunyi2an. nah muspan saya karakternya sangat aktif, jgnkan di pegang untuk dipotong kuku, dielus2 aj lsg nengok trs gigit2 ngajak main. jd trakhir2 ini saya blm bhasil potong kuku tangannya. kmrn bhasil cm sampe kaki (walaupun dengan baret2 krn kena cakar dia), tp tangannya belum bhasil. krn sama sekali g mau dipegang tangannya pasti ditarik trs ngajak main gigit2an. ada saran kah dok? tksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas gabung ke komunitas, sesekali ajak musangnya gathering sama minta sama anggota lain buat potong kuku.

      opsi lain, bawa ke jasa memandikan kucing. biasanya ada di klinik hewan terdekat. minta mereka buat potong kuku musang mas... paling bayar berapa, nggak mahal.. :)

      Delete
  3. Dok musang abis di potong kuku.a bisa mkin tajam yah dok.. Trus dia kadang sukagigit lama" mkin kuat trus mkin sakit tanda.a ngajak main yah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak kok, ya ketajaman kuku musang ya gitu2 aja, sama kayak kucing dan anjing....

      mas takut ya kalau dia gigit? kalau masnya takut dan kaget pas digigit, dia malah makin sering gigit. berusaha biasa aja kalo digigit, jangan takut. ya, bisa dibilang dia cuma ngajak main dan iseng... :)

      umur musangnya berapa?

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Dok kuku musang itu cepet bgt panjang ya donk...blom lama saya potong tapi beberapa hari kmudian saya gendong dy terasa sakit lagi d kulit..qra" utk motong kuku musang setiap brp kali seminggu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin 2 minggu atau 3 minggu sekali aja...
      mas udah bisa motong kuku sendiri? :)

      maaf karena baru balas

      Delete
    2. Udah dok...kya potong kuku biasa aja...tpi musangnya masih petakilan...prlu bantuan org...
      Oya dok mo nanya lagi donk...musang saya klo d ksih makan dkit bgt..d ksh pisang, pepaya, ayam, telur rebus pdhal udah saya alus"in trmasuk saya kasih promina tapi dy gamo..prnh sih dlo awal saya beli mau..tpi itupun dkit makannya...skrg mlah ga d mkan klo saya taro d kandangnya...jdny skrg klo mo ksih makan mesti saya spet...mnurut dokter itu knp ya dok..?klo saya ksih makan spet gtu trus"an...dy bakal mo mkn sendiri lagi ga dok..?

      Delete
    3. dia udah bisa makan sendiri? coba kasih makannya malem. taro aja di dalem kandangnya, terus tinggal tidur.... bubur bayi aja...

      coba kasih tau saya mengenai fesesnya, mas.

      Delete
    4. fesesnya bagus sesuai wrna makanan tpi kdg mencret kgd enggak..

      Udah bs mkan sendiri dok..tapi ya itu susah mkanny...klo siang saya taro d kandang ga d mkn sm sekali...akhirnya saya spet stiap pagi n sore...tapi bner apa kata dokter klo mlm dy makan tpi dkit...apa ga mslh tuh dok...misal saya ga spet berarti dy mkan cuma mlm aja donk...?

      Oya qra" umur brp dok musang bs makan"an tanpa d alusin trlebih dahulu sm makan nasi..?

      Delete
    5. kalau emang dia udah bisa makan sendiri, cukup taro makanan di kandangnya. dan jangan dikasih susu, karena bikin musangnya gak enak perut (kembung)... lebih bagus kalau mas kasih sari kurma...

      kasih makan pake bubur bayi promina aja....

      Delete
    6. Ok siap dok...oya dua pertanyaan lagi dok...klo saya mo kimpoin musang pndan tpi bkn sm yg ekor putih jg...ad kmungkinan punya anak ekor putih ga..?

      Klo d kimpoin beda ras bs ga muspan dgn musang akar/musang bulan/musang biul..? Ad kmungkinan mo kimpoi ga..?

      Delete
    7. soal kawin silang (crossbreed) pada musang udah ada artikelnya, cara kawin silang musang.

      bisa aja sih menghasilkan anak ekor putih juga, tapi biasanya tergantung 'lucky', hihihi... :)

      gimana keadaan musangnya sekarang, mas? :)

      Delete
    8. Alhamdulillah dok sehat...udah saya ga ksih susu udah ga mencret" lagi...
      Dok musang kan hewan mlem ya...bisa ga dok...seandainya pas sabtu ato minggu siangny musang saya ajak maen trus tanpa istirahat...agar nnti pas malem dy tdur...?bs ga tuh dok.

      Delete
    9. meski hewan malam, mereka tetep bisa diajak main kalau siang kok. atau mungkin mas mau gabung ke komunitas pecinta musang di kota mas, biar bisa ngumpul2 pas CFD? itu juga bisa... :)

      kabari terus ya mas... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. dok saya ada muspan usia mau masuk 3 bulan. saya mau masangkan hernes ke badannya tp musangnya malah berontak, 3 x saya coba ttp aja berontak dok. dan saya jg pernah pasangkan kalung yg bertuliskan namanya.. tp ttp aja dok,, slalu berontak terus..gimana solusi terbaik dari dokter ? terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang dia gak mau, jangan dipaksa. karena kalau dipaksa, nantinya dia malah sering menggaruk bagian leher dan badan yang kena harness atau kalung, jadi rontok nanti bulunya...

      sementara ini focus agar musangnya anteng aja dulu mas. penjinakkannya dilanjutkan. nanti kalau dia sudah percaya sepenuhnya sama mas, boleh dicoba lagi... :)

      Delete
  8. . Dok mau tanya .. sya punya musang umurx sktr 3 bulan.. tlapak kaki dan tanganx skrng mulai mnglupas.. dn dya sring bangt gigit" tlapak nya dan mnggesek"an kaki sma tangannya dilantai .. ada cara cpat ga ya dok muat mngatasinya.. musang sya musang pandan dok .. tkz

    ReplyDelete
  9. Dok mnta solusix ya buat musang pandan yg tlapakx mngelupas dn sring" mnggesekan tlapak nya dan mnggigitx.. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek kakinya, apakah ada bintik2 merah atau sesuatu?
      mas juga bisa mandikan, minimal seminggu 2x, pagi2 sebelum jam 9 pagi kalau cuaca bagus (ada matahari). pake air hangat, dan kasih dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh). abis dimandikan, coba jemur, tapi bagian atas kandangnya taro kain biar matahari gak langsung kena matanya....
      seminggu 2x juga sering2 dibersihkan kandangnya. cuci pake deterjen sampe bersih, terus jemur. bagusnya sih kandangnya ada 2, jadi bisa dipake bergantian.

      Delete
  10. Dok saya memotong kuku musang terlalu dalam hingga berdarah gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama gan q gak sengaja 2 kuku depan berdarah tapi dikit. Pas di potong diem2 aja. eh yang terakir bergerak. jadi terlalu dalam berdarah dikit. Apakah nanti trauma ya. Dokter plis jawab. Kasian. Kasih apa ya. Tadi tak kasih ludah saya hhehe.. kan katanya kalo ludah bisa. Ada zat enzim dn semacam nya :)

      Delete
    2. maaf buat mas dwi dan mas kurnia karena saya baru balas...

      kasih betadine aja mas. dan jangan dipaksa potong kuku dulu. focus ke penjinakkan aja. kalau belum jinak dan belum anteng tapi mas 'gatel' pengen potong kukunya dia, mending bawa ke dokter hewan terdekat atau mas bisa gabung ke komunitas pecinta musang. bawa musangnya pas CFD. nanti biasanya mereka bisa bantu potongin... :)

      Delete
  11. dok apakah cara ini berlaku juga untuk binturong soalnya untuk membalikkan badanya cukup susah , dan adakah resiko trauma dari si hewan? trimaksih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas.
      resiko trauma akibat potong kuku seperti dilakukan di atas sih bisa aja. kalo emang masnya ragu, bawa aja ke petshop terdekat...

      maaf karena baru balas. kabari terus.

      Delete
  12. Dok kalo taring musang yang aq, di potong pengaruh ke kesehatan si musang nya ga dok, soalnya gigitanya skg makin keras

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget. bisa bikin stress dan infeksi di rahangnya.

      Delete
  13. Dok kalo musang ga di gunting kukunya, dapat menyebabkan apa ya? Umur musang 4 bulan. Ga pernah nyakar, pernah juga kalo dia takut.

    ReplyDelete
  14. Kira kira umur 1,5 atau 2 bulan. Apa bisa dimandiin dok

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum dok mau tanya musang saya gk mau mkn sama sekali dia hanya mau minum susu saja...mohon solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak bilang umur musangnya berapa....

      coba mas kasih obat yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang

      Delete
  16. Dok muspan umur 2 bulan boleh dipotong kukunya? Kuku dia runcing banget dok, sakit waktu kegores di kulit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja, asal hati2. jangan sampe kena daging yang ada di dalem kukunya itu mas...

      Delete
  17. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.