Sayuran Yang Bagus Untuk Anjing | Drh. Fira Sovica

Artikel

sayuran untuk anjing

berikut adalah request dari salahsatu pengunjung blog ini kepada saya yang menanyakan tentang jenis sayuran untuk anjing. Sayuran yang dapat diberikan kepada doggy peliharaan banyak macamnya, masing-masing punya fungsi dan manfaat sayuran untuk anjing tersebut. Artikel ini terkait dengan artikel cara memelihara anjing yang sudah tua.
Berikut adalah jenis sayuran yang dapat diberikan untuk anjing dan sayuran yang baik diberikan untuk anjing:
Sayuran Yang Bagus Untuk Anjing
Image taken from myitchydog.co.uk


  1. Kentang sebagai makanan anjing.
  2. Memberikan kentang kepada anjing sebaiknya diberikan dalam keadaan mentah, tidak terlalu banyak, dan hanya diberikan sesekali saja (tidak terlalu sering). Cara mengolah kentang sebagai makanan anjing adalah mencucinya dengan air hingga bersih, kemudian memotong-motongnya berbentuk batang kecil (seperti french fries) tanpa dikupas terlebih dahulu.
  3. Ubi jalar untuk anjing.
  4. Jenis sayuran untuk anjing lainnya adalah ubi jalar. Manfaat ubi jalar untuk anjing antara lain memperlancar sistem pencernaan anjing dan memperkuat daya tahan (imun) anjing. Beda dengan kentang yang disarankan dimakan mentah, ubi jalar sebaiknya disajikan dengan cara dipotong-potong dan direbus terlebih dahulu. Meski banyak manfaat dari ubi jalar, sebaiknya anda tidak terlalu banyak memberikan ubi jalar sebagai makanan anjing. Pemberian ubi jalar yang berlebihan untuk anjing dapat menyebabkan diare dan sakit perut pada anjing.
  5. Memberikan mentimun dan wortel kepada anjing.
  6. Jenis sayuran untuk anjing selanjutnya adalah mentimun dan wortel. Wortel dan mentimun atau ketimun sangat bagus diberikan kepada anjing yang obesitas karena mentimun sangat bermanfaat bagi hati dan ginjal anjing. Hal ini juga alasannya kenapa mentimun dan wortel sangat baik untuk anjing obesitas. Cara mengolah mentimun dan wortel untuk anjing adalah dengan mencuci bersih, dikupas kulitnya, belah jadi dua bagian, kemudian kerok, buang bijinya, dan potong kecil-kecil, sekira mudah untuk dimakan oleh anjing anda. Untuk wortel, potong ujungnya, kemudian potong dengan ukuran yang sama dengan ukuran mentimun. Mentimun dan wortel kemudian direbus dengan waktu yang berbeda, wortel direbus selama 5 menit di dalam air mendidih, sementara wortel 10 menit. Setelah direbus, diamkan wortel dan mentimun hingga dingin, kemudian berikan kepada anjing. Sama halnya seperti pemberian ubi dan kentang untuk anjing, pemberian mentimun dan wortel juga sebaiknya dibatasi.
  7. Kembang kol dan brokoli sebagai makanan anjing.
  8. Kembang kol dapat diberikan sebagai makanan tambahan untuk anjing karena kaya akan antioksidan, sama halnya dengan brokoli. Ada beberapa pendapat bahwa brokoli lebih banyak mengandung serat dibandingkan kembang kol, saya sendiri setuju dengan pendapat ini, namun kembang kol memiliki kandungan antikanker. Selain itu, brokoli dan kembang kol bisa membersihkan gigi anjing secara alami. Sebaiknya, brokoli dan kembang kol diberikan tidak lebih dari 10% dari makanan yang biasa diberikan kepada anjing. Cara mengolah atau memasak kembang kol dan brokoli sebagai makanan anjing adalah dengan cara mengukusnya. Kukus brokoli dan kembang kol yang akan dijadikan makanan tambahan bagi anjing selama 10 menit.
  9. Buncis sebagai makanan tambahan anjing.
  10. Sayuran kelima yang bisa diberikan untuk anjing adalah buncis. Buncis dapat menjaga kesehatan mata dan jantung anjing karena buncis kaya akan vitamin A dan vitamin K yang mampu larut dalam lemak. Kandungan vitamin K pada buncis juga bisa membantu anjing dalam masa penyembuhan cedera. Vitamin K bisa mempercepat penyembuhan luka pada anjing. Cara mengolah buncis sebagai makanan tambahan untuk anjing adalah dengan cara mengukusnya selama 10 menit, angkat, tiriskan hingga dingin, kemudian berikan untuk anjing dengan porsi terbatas.
Demikian adalah beberapa

jenis sayuran yang bagus diberikan untuk anjing

. Saya berharap artikel tersebut di atas bisa memberi pencerahan kepada para dog lover di luar sana. Konsultasi mengenai kesehatan anjing bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

6 Responses to "Sayuran Yang Bagus Untuk Anjing"

  1. Sore Dok,

    Minipom saya usia 8tahun dan di diagnosa dokter trakea collapse, sudah krg lebih 3 minggu batuk".. 10 hari pertama sy berikan obt yg spt biasa (di resepin dokter langganan) setiap kambuh sll minum obt tsb. Nah 10 hari pertama ini batuknya reda krn sy kira sudah sembuh maka pemberian obt sy stop. 2 hari kemudian mulai batuk" lagi sy lanjut berikan obt yg sama tp ga ada hasil (biasanya stlh minum obt tsb batuk lgsg berkurang dan sembuh krg lbh 2-3 hari). Krn tdk ada hasil maka saya bawa kembali ke dokter utk d cek dan diagnosanya gagal jantung. Sudah diberikan resep baru tp ga menunjukkan perubahan malah intensitas batuk semakin parah ditambah sesak dan terdengar bunyi spt suara angin dr napasnya. Berdasarkan pengetahuan yg sangat" terbatas sy memberikan makanan dan minuman sedikit" tapi sering dan pagi sy berikan minyak ikan, serta air madu. Skrg Puji Tuhan batuknya memang tdk sesering kmrn ini tp masih sesekali sesak apalagi dlm kondisi dy melakukan gerakan /menyetak, berjalan, dan tll exciting. Anjing saya tidak lesu kalau tidak sesak napas dan napsu makan pun masih stabil. Yg saya mau tanyakan tindakan apalagi yg harus sy lakukan utk merawat anjing sy sampai sembuh? Baik dlm hal makanan,supplemen dll.
    1. Makanan apa yg harus sy buat (buah dan sayuran apa yg baik utk anjing) serta cara penyajian dan takarannya
    2. Apa yg boleh dilakukan sama yg tdk boleh dilakukan utk anjing gagal jantung
    3. Bagaimana caranya menghilangkan sesak napas
    4. Bagaimana Posisi gendong yg baik jika anjing sedang sesak

    Saya tunggu balasannya dok. Sy sangat" awam sekali dlm hal ini. Tp saya mau memberikan yg terbaik untuk anjing saya supaya dy cepat sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru sempet bales. sekarang gimana keadaannya, mbak? :(
      sebenernya kalau trachea collapse-nya cepet ditangani, gak sampe heart failure. mungkin karena trachea collapse-nya gak cepet ditangani, jadi menyebabkan heart failure.

      kalau untuk sembuh total (gak kambuh2 lagi), setau saya sih nggak bisa ya. kecuali kalau mbak ambil tindakan operasi. kalau emang mau dioperasi, silakan hubungi rumah sakit hewan terdekat untuk mengetahui prosedurnya...

      kalau toh emang gak bisa, bisa dikasih obat secara rutin dari dokter. dan obat itupun sebenernya bukan untuk memperbaiki fungsi trachea yang udah collapse, namun untuk meminimalisir akibat dari trachea yang sudah lemah itu, mbak.... :)


      sekali lagi maaf karena saya baru bisa balas sore ini. saya tunggu kabar selanjutnya... :)

      Delete
  2. dok, anjing saya doyan kembang kol mentah. gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, ya. ada kenalan saya yang anjingnya juga doyan kembang kol. selama fesesnya gak mencret, nggak apa2 mas... :)

      Delete
  3. WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person WIN323 :
    BB : E3E94F65
    LINE : win323a

    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.