Daging Babi Sebagai Makanan Burung Hantu & BOP | Drh. Fira Sovica

"Dok, boleh nggak

memberikan daging babi kepada BOP atau burung hantu

?", demikian pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para pengunjung blog ini kepada saya. Maka artikel tentang bolehkah menggunakan daging babi sebagai makanan burung hantu dan bop ini saya buat. Salahsatu artikel tentang burung hantu yang ada di blog ini adalah artikel tentang cara memahami arti bahasa tubuh burung hantu.
Daging Babi Sebagai Makanan Burung Hantu & BOP
Image taken from backyardzoologist.wordpress.com


Kembali ke bahasan kita, yaitu apakah daging babi boleh digunakan sebagai makanan burung hantu atau tidak. Daging babi sebaiknya tidak diberikan sebagai makanan burung hantu. Alasan kenapa daging babi tidak boleh digunakan sebagai makanan burung hantu antara lain karena tekstur daging babi yang tidak cocok untuk sistem pencernaan burung hantu. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan lemak dalam daging babi.
Selain itu, daging babi juga mengandung banyak bakteri yang dapat mengganggu kesehatan burung hantu.
Demikian adalah jawaban atas pertanyaan

apakah daging babi bisa diberikan sebagai makanan burung hantu

. Semoga artikel singkat tersebut bisa dijadikan acuan bagi anda para pecinta burung hantu. Terima kasih. (FS)

20 Responses to "Daging Babi Sebagai Makanan Burung Hantu & BOP"

  1. Doksy punya elang che dm dari chik...awal datang dia bisa berdiri walau masih sering jatuh...sempat terkena sakit flu..dan sudah dibawa kedokter hewan terdekat dan sudah sembuh sekarang...awal sakit tidak ada suara..dan lemas...tp sekarang bulu kapas sudah hampir lepas semua dia masih belum hisa berdiri...kaki masih gemetar...sy sudah coba pijat didaerah kakinya ..dan dibawah jarinya ada seperti gumpalan daging...apa itu penyebab dia tidak bisa berdiri dok? Cara mengobatinya harus gimana dok ? Karna dokter hewan dekat sini tidak terlalu mengerti tentang elang

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin mas bisa baca dulu artikel tentang bumblefoot di blog saya sini.
      silakan baca cara mengobati bumblefoot :)

      Delete
  2. Dok mau tanya apakah burung hantu celepuk yg baru seminggu dipelihara boleh langsung memakai anklet dan jess?
    Lalu apakah anklet dan jess adalah alat pengikat terbaik utk burung hantu mengingat terbuat dari kulit yg bisa digigit2 oleh burung?
    Terakhir dari pengalaman dokter, berapa lama keawetan anklet dan jess slama dipakai?
    Trimakasih jawabannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jangan dulu. agar dia lebih percaya kepada mas.....
      saya tidak pernah memakaikan angklett jesse kepada padma dan errol, jadi kurang tau juga seberapa lama daya tahan angjess buat owl... :)

      Delete
  3. Sebelum nya mohon maaf dok. Saya rasa bukan bumblefoot. Kaki lemas sedikit bengkok. Dan bila saya angkat badan nya jari nya mencengkram normal. Tapi dia tidak bisa berdiri dok. Seperti lemas kaki nya. Mohon saran dok. Klau ada dokter di bekasi selatan boleh dok yang paham elang. Terimakasih banyak atas wakt nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh masnya di bekasi? kalau mau, bawa aja ke klinik hewan 'jungle' di ruko belakang metropolitan mall. letaknya di deretan ruko sederetan grand metropolitan....
      mending dicek aja di dokter hewan mas agar lebih jelas...

      Delete
  4. Iya di bekasi dok. Dari jam berapa sampe jam berapa dok praktek nya..?

    ReplyDelete
  5. Baik dokter saya tidak akan memakaikannya dulu.
    Oh dokter tdk memakaikan ya? Boleh tau kenapa? Saya ragu krn ankjest dari kulit yg akan rawan utk digigit. Kan sayang kl burung kita lepas krn pengikatnya putus.
    Lalu pertanyaan lain, utk celepuk makanan utama adalah jangkrik, apakah dokter punya tips utk penyimpanan jangkrik krn kotak jangkrik saya selalu diserang kawanan semut.
    Dan apakah celepuk boleh diberi daging sapi mentah?
    Terimakasih dokter utk jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepercayaan adalah hal utama dalam melatih burung hantu. itu alasan saya tidak memakaikan ang-jess untuk padma dan errol. alasan lain, errol dan padma biasanya ngamuk kalau saya pasangin angjess, hehehe. mungkin karena terbiasa dari awalnya tidak dipasangi angjess, begitu dipasangi angjess mereka malah menyerang saya... :D
      kadang keduanya munggungin saya di perchnya, tidak mau melihat saya, dan menyerang saya kalau saya jawil. begitu terus sampe angjessnya dilepas... :D

      mas bisa beli kotak sarang jangkrik yang biasa dijual di tukang makanan burung. gantung aja di langit2. bebas semut. :)

      daging sapi mentah boleh2 aja asalkan: dagingnya bebas bahan kimia, dagingnya segar, dan dagingnya dicacah2 lebih dahulu....

      kasih bayi tikus lebih bagus daripada daging mas... :)

      Delete
  6. Jika tidak dipakaikan, lalu utk padma dan errol selalu ditaruh kamar dok? Bisa sedikit sharing proses awal sampai akhirny bisa bener2 dilepas?

    Semutny merayap di dinding lewat paku penggantungnya... Semut yg kecil tp banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, padma dan errol selalu ada di kamar saya. mereka yang jagain kamar saya.
      kayaknya pernah saya bahas di artikel cara agar burung hantu bisa berburu sendiri...

      di sekitar kandang gantungnya (di langit2 sekitarnya), goreskan kapur semut...

      Delete
  7. Baik terimakasih dokter untuk penjelasan2nya... Ditunggu artikel2 berikutnya tentang burung hantu

    ReplyDelete
  8. Maaf dok saya mau tanya saya sekarang baru handle che dm. Keadaannya sangat menghawatirkan umur perkiraan juve akhir. kabar dri pemilik sebelumnya katanya wc. Keadan fisik bulu susah tumbuh dri mulai dada sampai sayap. pertanyaan saya. Apa penyebab kerontokan atau susah tumbuhnya bulu. Dan ada kah cara lain untuk mempercepat tumbuh bulu. Karena saking parahnya kedua ujung sayapnya luka sampai berdarah karena kebanting2 kalo dia lg bating. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada cara untuk mempercepat tumbuhnya bulu. bisa saja menstimulasi dengan cara memberikan minyak ikan, tapi tidak jauh beda. :)
      parah banget. :(
      saran saya mending bawa saja ke dokter hewan, mbak...

      maaf baru balas, saya abis tugas keluar kota

      Delete
  9. LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.