Wednesday, July 20, 2016

Cara Mengobati Kucing Yang Kembung | Drh. Fira Sovica

Penyakit kucing kembung

biasanya ditandai dengan perut kucing yang membesar dan kucing sering kentut (buang angin). Sama halnya dengan manusia yang kembung, kucing yang perutnya kembung akan merasakan rasa tidak nyaman. Artikel berikut akan memberikan solusi dan cara menangani kucing yang kembung. Artikel ini terkait dengan artikel perawatan harian kucing persia.

Cara Mengobati Kucing Yang Kembung
Image takn from https://plus.google.com/+CuteCATS101
Bagaimana tips untuk mengobati kucing yang kembung? Berikut adalah cara menangani kucing yang kena penyakit kembung:
  • Penyebab kucing kembung biasanya karena kedinginan. Jadi, hal pertama yang harus anda lakukan adalah pindahkan kucing ke ruangan yang lebih hangat, dan jaga suhu ruangan agar tetap hangat.
  • Minumkan air jahe kepada kucing.
  • Caranya, haluskan satu sendok teh jahe, lalu campur dengan satu cangkir kecil air panas. Aduk hingga rata dan tutup cangkir dengan penutup cangkir hingga air jahe hangat. 
    Setelah air jahe hangat, saring air jahe dan buang ampas jahenya. Siapkan pipet, dan sedot air jahe kedalam pipet dengan dosis 1ml perkilogram berat badan kucing (misalnya: berat kucing 2kg, maka dosis air jahenya cukup 2ml). Minumkan ke kucing 2 kali sehari. 
    Air jahe bisa digunakan berulang pada hari yang sama. Jika sudah lebih dari 24 jam, maka sebaiknya air jahe ganti dengan yang baru (buat ulang). Jika belum melewati hari yang sama, cukup hangatkan lagi air jahenya. Air jahe sebaiknya diberikan beberapa jam setelah kucing makan, idealnya satu atau dua jam setelah kucing makan.
  • Usapkan minyak telon ke bagian perut dan dada kucing, lakukan 3 kali sehari.
  • Berikan makanan lunak (wetfood) agar sistem pencernaannya tidak terbebani dengan makanan keras (dryfood).
  • Untuk mempermudah keluarnya gas dari perut kucing, anda bisa mengompres-kering perut kucing menggunakan handuk hangat.
  • Siapkan handuk kecil, lalu spray handuk tersebut dengan menggunakan spray berisi air mineral sebanyak 3 sampai 5 kali semprotan, dan gosok handuk dengan setrika panas hingga handuk terasa panas. Diamkan beberapa detik hingga handuk terasa hangat dan nyaman di tangan, lalu tempelkan ke perut kucing. 
    Anda juga bisa membungkus kucing dengan handuk hangat seperti pada gambar di atas.
  • Jika kucing yang kembung tidak menunjukkan tanda-tanda kesembuhan dalam waktu seminggu setelah mulai diobati, segera bawa ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian adalah

cara mengobati kucing yang kena penyakit kembung

akibat kedinginan. Semoga artikel singkat di atas bisa membantu anda dalam menangani kucing yang kembung. Terima kasih. (FS)


70 comments

Assalamualaikum Buk Dokter,

Saya punya kucing lokal, jantan. sudah dirawat sejak dia usia skitar 3bulan sampai sekarang sudah lebih 4th. Kucing saya ini saya beri makan nasi dan ikan rebus. Beberapa bulan terakhir, dia sering keluyuran keluar rumah bahkan pernah tidak pulang ke rumah, mungkin kawin. Belakangan saat tidur dia sering batuk tiba-tiba, gak jarang juga bersin. Untuk feses, saya juga tidak tau, karena dia slalu pup di luar rumah. Yang saya tanyakan, apakah mungkin kucing saya terkena toksoplasma? Belakangan saya juga mengalami gangguan pada penglihatan. Sedikit kabur dan mata terasa belekan, padahal tidak. Apa mungkin saya juga terkena tokso. Karena selain kucing saya, juga ada beberapa kucing yang sering main dan makan di rumah. Mohon bantu di jawab ya Dok. Terima kasih. Wassalam.

wa alaikum salam.
untuk ciri hewan yang kena toksoplasma, sebenernya sudah saya bahas di artikel semua tentang toksoplasma. emang sih, cara terbaik menghindari hewan dari toksoplasma ya dengan cara jangan diliarkan. :)

Asskum.. Knapa ya anak kucing saya yg udh 4 bulanan slalu sakit perut slalu sempoyongan,muntah muntah dan perut kembung... Apakah ada obatnya?

mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin mas. banyak sebab, diantaranya kembung. cuaca emang lagi nggak bagus buat hewan. jaga agar hewannya gak kedinginan.
mas bisa lakukan langkah pengobatan di atas...
fesesnya mencret gak?

Assalamualaikum,

Dok mau nanya,saya kan punya kucing, baru semalem tiba2 ngejerit2 gitu ky kesakitan,perutnya kaya kembung. Trus kdang2 guling2 smbik teriak. Itu kenapa yaa? Mohon djawab dok,takut knp2 kucingnya. Makasih

Assalamualaikum,

Dok mau nanya,saya kan punya kucing, baru semalem tiba2 ngejerit2 gitu ky kesakitan,perutnya kaya kembung. Trus kdang2 guling2 smbik teriak. Itu kenapa yaa? Mohon djawab dok,takut knp2 kucingnya. Makasih

fesesnya gimana? mencret gak?
mas taro kucingnya di luar rumah ya?

bisa jadi kembung. tapi kalo emang mengkhawatirkan, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat aja mas...

Terima kasih jawabannya Buk Dokter.

Saya mau kembali bertanya, saya punya kitten peranakan angora, umurnya skitar 2bln. Biasanya dia sudah bisa PUP ke kamar mandi, tp skrg dia kaya gak sadar kalau dia pup. Sedikit² pup nya kluar dan nempel di di tempat yg dia duduki. Warnanya kuning, lunak tp bukan mencret. Kira² kucing saya kenapa ya dok? Oiya, skrg dia saya kasih nasi dan ikan yg diblender, atau wiskas yg sarden. Dia tdk mau makan pelet kucing.

Terima kasih dokter utk jawabanya.

kayaknya sistem pencernaannya bermasalah. bisa mbak foto fesesnya terus kirim ke saya? upload aja ke postimage.org, terus taro linknya di sini...

cek lagi makanannya. jangan ganti makanan secara tiba-tiba. kasih satu jenis makanan aja, mbak...

Iya Dok, soalnya dia udah gakmau makan pelet kucing..
Ini dia msh ceria n lincah dok, trus juga masih pup normal, cuma kadang ttp aja ada yg nempel di anusnya.

Ini link nya dok.


https://postimg.org/image/k32xub6jr/

https://postimg.org/image/otru978en/e6336405/

Apa harus dikasih obat ya? Obat apa dok? Trims..

kalo mau, coba aja mas kasih suplemen nutriplus gel.
biar sistem pencernaannya bagus lagi... :D

dari fesesnya sih saya liat bagus, cuma sistem cernanya aja yang emang agak sedikit bermasalah... :)

Dok klo kucing bagian duburnya keluar sesuatu dengan darah lalu dengan perut kembung dan kaku di bagian tertentu+kejang kejang itu kembung ya dok?hari sebelumnya emang keliatan lebih gendut sih dok,saya kira karna kebanyakan makan tapi porsinya pas

dia masih mau makan?
sebelumnya ada insiden? mungkin jatuh atau gimana?

terus, ada kemungkinan kucingnya hamil nggak?

jujur untuk kasus urgent begini, mending segera bawa kucingnya ke dokter hewan sesegera mungkin, mas...

Assalamualaikum dok, mau tanya sy punya kucing umur 2blnan. Untuk makanan nya msh sy kasih susu. Udh 2 hari ini perut kucing sy suka bunyi dan kucing nya tdk aktif seperti biasanya. Itu knp ya dok? Pls replay

fesesnya/tahinya mencret ya mbak?
bener?
perutnya membesar nggak?
jenis susunya apa? emangnya induknya kemana?

kalau toh mau dikasih susu, kasih aja susu khusus anak kucing. jangan dikasih susu manusia.
emang dia gak bisa makan makanan lain? mungkin mbak bisa kasih wetfood (makanan kucing yang basah) buat dia.... kan ada tuh wishkash...

This comment has been removed by the author.

saya punya anak kucing udh brpa hari ini perut nya kembung gitu, makanan saya kasih whiskas yg lunak itu dok
tpi dia ini masih lincah banget suka ngegigit, dia sakit atau gimana dok?

cara tau kucing sehat atau sakit bisa dilihat dari fesesnya, mas. dari tahinya. cek aja. kalo mencret dan baunya agak lebih busuk dari biasanya, kemungkinan sakit... :)

usahakan jangan kedinginan.

kalau mau, mas bisa kirim gambar fesesnya kemari. biar saya analisa. cek kolom PERHATIAN di atas komen ini

Assalamu'alaikum...dok saya mau tanya saya kan pny kucing dome usia 2.5 bulan kmrn hbs saya bwa ke puskeswan n dikasih obat cacing tp kok sorenya dia kaya kelolotan gitu ya mau muntah gak bisa n suara ngeongnya hilang dia buka mulut mau ngeong tp gak keluar suaranya...knp y dok???

fesesnya ditutupin sama pasir oleh dianya dok, pernah liat fesesnya gak mencret sih normal normal aja...
tpi kenapa ya perut nya itu gede gitu dok? ada kemungkinan sakit atau gimna ?

This comment has been removed by the author.

dan ini feses nya dok baru tadi siang dia pup
ini link nya dok
https://postimg.org/image/q4kcrervf/

dari fesesnya sih bisa dikatakan masih normal.
kalo dia gak sering banget ngeong2, gak murung, dan masih mau makan, serta masih aktif, saya kira dia masih sehat. mungkin jaga aja biar dia gak kedinginan, mas... :)

sekarang gimana keadaannya?
ngiler juga gak?
karena kadang beberapa jenis obat cacing bikin kucingnya mual. kayak mau muntah: buka mulut, tapi gak jadi. dan banyak air liur keluar karena mualnya itu tadi...

mas gak nanya jenis obat cacingnya apa?
masih bisa dikatakan wajar kok. apalagi kucingnya masih anakan...

engga ngeonh sih dok, ada ngeong kalo pas lagi laper aja kalo dibuka kandang nya yaa gitu deh langsung lari kmna mana :)
makasih yaa dok

sekarang gimana keadaannya mas?
inget, jaga agar kucingnya gak kedinginan...

mas bisa kasih suplemen nutriplus gel juga ke kucingnya... :)

Alhamdulillah dok kalo msh wajar...sekarang udah jarang mual kok hampir tdk pernah tp suara ngeongnya blm mau keluar ini

fesesnya gimana?
aktif nggak?

kalau mau, mbak bisa kirim foto fesesnya kemari. caranya bisa dibaca di bagian PERHATIAN

Feses itu pup ya?? Normal kok kalo aktif mpusnya aktif bgt..
Oiya dok kalo mpusku 1ne gigit" kaki trs ampe botak..obat jamur apa ya dok? Mksh

This comment has been removed by the author.

iya, fesesnya itu tahinya, mbak.. :)
emang yakin di kakinya ada kutu? cek aja dulu... kalau emang bener ada, grooming aja pake shampoo khusus kucing... :)

kabari terus ya mbak... :)

Hehe iya dok hbs ini tag mandiin...
Dok maaf tanya lg kalo obat belekan sebaiknya digimanain?? Duh sedih aku ada" aja mpusku ini 😣

kucing emang pasti belekan. mereka kan air matanya ngalir terus, jadi nggak kayak kita yang keluar air mata kalo pas putus sama pacar, lagi tanggal tua, sama lagi gak punya duit doang, kalo kucing air matanya ngalir terus.... :)

minimal sehari 2x matanya lap aja pake tisu, pagi dan sore hari. biar gak banyak belek yang numpuk di matanya....

kabari terus ya mbak... :D

Hehe gitu ya ternyata tiap bangun tdr n kalo.keliatan kotor tag lap pake kapas n air anget kalo kdng keliatan bengkak tag ksh tetes mata hewan alhamdulillah mendingan
Makasih bnyak ya dokter 😊

assalammualaikum min mau nanya
saya kan punya anak kucing umurnya kira2 5 bulan an belakangan ini dia sakit jalan suka sempoyongan agak loyo dan untuk melompat dia udh ga sanggup . itu kira2 knp ya ?

fesesnya mencret?
mending segera bawa ke dokter hewan terdekat. hmm, saya takutnya kena distemper aja sih, tapi semoga nggak....

kabari lagi

dok kurang lebih kucing saya sama kejadianya seperti ini,dia suka dengkur sambil meong,terus suka ngelilingi tumah sambil meong keras gitu dok,setelahnya dia guling2 di lantai,saya bingung dia sakit atau birahi,soalnya kalo di pegang pangkal ekornya kaki belakangnya garuk2 terus ekornya ke samping dok sambil di naikan bokongnya,tapi fasesnya lembek dok,gak keras kyk biasa,terus kafang suka campur air juga dok,dia pun ga mau lagi pup atau pipis di pasirnya,terus jadwalnya pipisnya gak kyk biasa dok,pipisnya juga sedikit2 di mana2,biasanya dia pipis sama pup tiap pagi terus cukup sekali aja dok.kira2 knp ya dok? sakit atau birahi ya?

Assalamualaikum Dok,
Saya mau nanya lagi, belakangan saya perhatikan terkadang ada darah di pup kucing saya. Ini msh ada masalah di sistem pencernaan ya dok? Apa bahaya ya masalah yg seperti ini?

Makasi Dok utk jawabannya..

Dok kucing saya kok perutnya tibatiba gembung ya terus suka gampang lapar dia, untuk makanannya saya Kasih makan nasi sama ikan rebus, terus fasesnya akhir akhir ini lembek dan saya sempat dapat fasesnya ada darah gitu, terus yang biasanya dia pup diluar rumah sekarang sering pup didalam rumah, kadang kaya tibatiba gitu, kucing saya sakit apa ya dok?

sebelumnya maaf karena baru balas, mas... :(
nafsu makannya gimana?
saya sarankan mending mas bawa aja ke dokter hewan terdekat. saya punya dugaan, tapi cuma sebatas dugaan, dan semoga aja saya salah.

udah coba mas kompres perutnya pake air hangat?

sebelumnya maaf karena baru balas. :(

iya ada kemungkinan ada masalah di sistem pencernaannya, bisa juga karena diare. saya sarankan mending segera bawa ke dokter hewan aja biar lebih jelas, mbak...

sebelumnya maaf karena baru balas. maaaaaf banget...

kemungkinan gejala awal diare itu mbak. nafsu makannya gimana? saran saya mending segera bawa ke dokter hewan terdekat aja...

Dok , kucing saya perutnya keras bukan dan lemas. Itu penyebabnya apa ya dok?

Asalamualaikum bu dok, saya mau tanya saya menemukan kucing kurus sekali kebetulan saya juga memelihara kucing dirumah. Kucing tsb tidak mau mkn dry food bu jadi maunya hanya wetfood jadi saya rebuskan ikan dan ksih sedikit tempe rebus serta kuning telur ayam kampung sdikit. Yg saya tanyakn apakh afa cara lain bu mengatasi kucing yg sdh kurus skli sprtinya dia malnutrisi bu perutnya sdh terlalu cekung tapi dia masih bisa beraktifitas. Apakah ada mknan/obat yg bisa membantu dan mudah saya temukan. Terima kasih bu. Mohon balasannya saya kasihan bu..

This comment has been removed by the author.

ada kemungkinan kembung? umur kucingnya berapa?
fesesnya mencret nggak?

kalau urgent, mending segera bawa ke dokter hewan...

maksudnya biar dia gemukan dikit, gitu mbak?
sementara yang penting dia mau makan aja dulu. nantinya nutrisinya akan tercukupi sendiri, dengan begitu dia akan gemuk sendiri

Assalamualikum...
Ini saya punya kucing kampung umur sekitar setahun lebih , perutnya kembung keras , kira2 kenapa ya dok?
dari awal saya pelihara kucing baru kali ini kejadian dok
Mohon sarannya dok :)

dia masih mau makan?
fesesnya gimana, mencret nggak?
coba aja lakukan langkah di atas...

Halo dok, saya mau tanya, kucing saya pup nya mencret tapi saat dia pup susah mau keluarinnya bagaimana cara mengatasinya? Apa karena kembung atau karena sering ganti ganti makanan jadi begini?

iya, mas. ada kemungkinan karena sering ganti makanan. kenapa gak pake satu jenis makanan aja? dan jenis kucingnya apa?

ada juga kemungkinan kembung dan diare juga sih. mas bisa kirim gambat fesesnya kemari? caranya baca di bagian PERHATIAN di atas bagian tulis komentar...

saya tunggu

Makanan kucing saya merek sabina kadang kosong jadi terpaksa beli merek lain
Kucing saya ada 3 dan semuanya sakit

Rasel pup nya seperti ini

https://s22.postimg.org/xwt801769/20170531_115129.jpg

Tapi tadi pup nya berubah jadi kuning tapi saya lupa foto

Setelah itu rasel pup nya jadi bening seperti ini

https://s21.postimg.org/yvguczeg7/20170531_201955.jpg

Setelah pup kuning itu dia langsung muntah

https://s18.postimg.org/aww500ell/20170531_202109.jpg

Lalu kibo pupnya tadi pagi seperti ini

https://s21.postimg.org/ng7oz0h0n/20170531_113313.jpg

Lalu malam seperti ini

https://s14.postimg.org/vmhbd9s1d/20170531_202715.jpg

Mereka berdua susah pup nya dan mencret seperti itu tapi kibo pup nya agak banyak sedikit dari rasel

Lalu kucing saya moya terakhir pup nya berbentuk tapi lembek tapi dari kemarin malam tidak ada pup lagi sampai malam ini

Dan kucing saya semuanya nafsu makan nya naik turun dan saya selalu beri minum dan madu agar tidak dehidrasi

Bagaimana ini dokter kucing saya sakit apa ya?saya ingin sekali membawa ke drh tapi tidak ada biaya apa yang harus saya lakukan :(

This comment has been removed by the author.

masalahnya di madunya. kenapa mas kasih madu?
mending stop madunya, karena saya liat dari fesesnya sih, itu masalahnya. mending stop ya mas.

dan maaf karena saya baru balas, maaaaf banget....

kalau mau, mas bisa kasih nutriplus gel, suplemen kucing.

sementara ini stop aja madunya, dan kasih nutriplus gel. setelah itu kita observasi bareng2...

Oh gitu ya dok. katanya madu bagus untuk daya tahan tubuh kucing jadi saya kasih.. kalo di kasih vitabooster bisa ga dok? Soalnya katanya nutriplus gel mahal :( oh iya kucing saya saya kasih makan wiskas junior yg wet food di campur sama labu kuning katanya bagus buat sembelit bener ga dok? Setelah makan itu pup kucing saya semuanya begini...

https://postimg.org/image/7mnppp9v9/

Dan dia masih susah keluarinya :(

vitabooster oke... :)
labukuningnya mas apain?

fesesnya yang di foto itu baunya gimana? soalnya beda loh kucing yang sehat dengan kucing yang sakit dari bau fesesnya. kucing yang sakit biasanya bau fesesnya lebih busuk...

saya sendiri gak bisa nentuin karena gak bisa liat kucingnya langsung, mas. kita observasi aja, dalam 3 hari ini bisa kasih mix wetfood sama labu kuning. kalau dalam 3 hari dia masih susah buang air, mending bawa ke dokter hewan....

saya mau nanya, susah buang airnya kayak gimana? kayak kesusahan banget, sampe ngeden-ngeden lama tapi keluar dikit2, atau cuma ngeden kayak biasa aja, dan keluar lancar?

karena dari fesesnya, kayaknya dia gak ngeden susah.... bener?

Dok kitten saya kembung dan sempet saya bawa ke vet dan diberi disflatyl untuk dosis 2 hari. Tapi sampai obatnya habis kembungnya belum reda. Apakah ada penanganan atau obat yang lebih ampuh? Karena kitten sy jadi lemas dan susah makan. Terimakasih sebelumnya, Dok.

fesesnya gimana?
mbak bisa kirim foto fesesnya/tahinya?
caranya ada di bagian atas tulis komentar, di bagian PERHATIAN.

selama ini dikasih makan apa? dan selama ini (sebelum sakit), apakah dia pup dengan normal?

saran lain: bawa ke dokter hewan lain aja. minta second opinion.

Fesesnya cair, dok. Mencret. Selama ini dikasih ikan, pupnya normal ko, dok. Sekarang makannya udah mulai normal cuma perutnya belum sembuh masih kembung:(

coba aja lakukan langkah di atas.
ada kemungkinan karena ikannya gak fresh atau ada formalinnya. CMIIW.

hmm, saya takutnya kena cacingan. tapi nggak tahu juga karena saya gak liat kucingnya...

dok saya punya anak kucing umurnya baru semingguan masih bayi banget tapi perutnya buncit dan keras :( itu kalo saya olesin minyak telon gapapa dok?

boleh. kasih minyak kayu putih juga bisa, mbak...

kalau bisa dengan cara di atas... kompres air hangat...

fesesnya gimana? mencret? :)
kabari lagi

Dok aku mau tanya. Kucingku jantan. Belakangan ini lesu ga lincah kaya biasanya. Perutnya besar banget padahal badannya kurus. Dipegang perutnya rasanya lunak. Pupnya normal. Nafsu makan juga normal. Itu kenapa ya dok. Aku worry perutnya besar gitu.

bisa mas fotoin fesesnya? biar saya analisa kesehatannya...

dan coba mas pake cara di atas...

dia sering ngeong-ngeong juga nggak?

saya takutnya dia cacingan...

Salam dokt..saya ada 3 anak kuncing umurnya 5hari..sekor sudah mati mungkin disebabkan kembung..tiba2 lagi sekor pon kembung..saya dah sapu minyak telon tapi tak baik lagi..apa yang perlu saya buat?

Assalamuallaikum dok, selamat pagi, [ASK] dok saya punya tiga kucing
1. Si A kemarin mencret" stelah saya ganti makanan dry food ke RC kok kotorannya bau asem yah??, tapi alhamdullilah bb & bk sehat.

2. Si B kemarin mencret juga gara" saya ganti wet foodnya, label sama namun hanya rasa yg berbeda, sudah sayya ganti lagi ke awal alhamdullialah sehat cuma saya heran sudah 2hr diganti, kalo kucing sehat kotorannya biasanya agak keras di ankat tidak menempel di ubin, namun saat BB bentuk jadinya seperti berlian namun lembek?? kalo boleh tau itu kenapa ya dok apa masih tahap proses penyesuaian.

3. Si C mencret juga sama seperti Si B namun sudah 4hr mencret dan sedikit keluar darah, di kotorannya pun terdapat banyak warna putih putih gitu sebesar butiran pasir, itu kenapa ya dok? padahal sudah di beri oralit!!!!

nah saya bingung juga tempat saya lembab dok dingin, bingungnya sakit karna lembab, atau cacingan, atau tahap pergantian makanan, atau gangguan pencernaan pada usus??
Wassalamuallaikum

sebelumnya maaf karena baru balas... maaaaf banget... :(
2. iya, itu lagi tahap penyesuaian. kalau mau ubah makanan kucing, jangan langsung diubah 100% mas.
3. saya takut infeksi pencernaan sih, jangan dikasih oralit. saran saya, kasih amoxicillin aja. dosisnya ikutin di artikel dosis amoxicillin untuk hewan.

nah bisa jadi juga karen ruangannya lembab dan dingin. itu yang membuat kucingnya gampang sakit.... sirkulasi udaranya gimana?

Halo dokter saya mau tanya. Kucing saya beberapa hari ini pupnya menceret padahal sudah saya kasih obat diare yg di jual di petshop tapi masih mencret. kadang kalo saya kasih makan makanannya di muntahin. nafsu makannya masih normal. Kira kira kucing saya kenapa ya dok? :(

perutnya suka bunyi-bunyi? dia suka mengeong2? maksudnya, lebih sering dari biasanya?

makanannya mbak ubah nggak? karena biasanya kucing jadi mencret kalo makanannya diubah. maksudnya, ganti merk.

selebihnya, kalo emang udah lebih dari 3 hari, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat... :)


Silakan upload gambar.