Burung Hantu Bisa Kawin Silang? | Drh. Fira Sovica

Banyak pecinta burung hantu yang bertanya kepada saya

apakah burung hantu bisa kawin silang

dengan burung hantu lain? Meski mungkin terdengar konyol, tapi wajar saja muncul pertanyaan seperti ini, terutama anda yang berniat ternak burung hantu atau breeding burung hantu demi 'menciptakan' burung hantu yang lebih unik. Anda bisa membaca artikel saya tentang cara ternak burung hantu.
Burung Hantu Bisa Kawin Silang?
Gambar burung hantu hasil kawin silang antara Barred Owl dan Spotted Owl.
Jenis burung hantu hybrid ini dinamakan Sparred Owl.


Image taken from owlpages.com
Kembali lagi ke pertanyaan tentang kawin silang burung hantu. Apakah burung hantu bisa kawin silang? Sebenarnya, pertanyaan tersebut adalah pertanyaan sulit. Namun akan saya coba jelaskan. Begini.
Setiap burung hantu berbeda spesies, dalam artian bahwa mereka tidak seharusnya melakukan kawin silang. Meski ada beberapa kasus bahwa burung hantu bisa melakukan kawin silang, namun tentu anakan yang dihasilkan tidak lagi bisa disebut jenis dari salahsatu induknya. Bisa dikatakan, anakan hasil kawin silang burung hantu disebut sebagai burung hantu hybrid.
Apakah burung hantu hasil kawin silang pernah ada? Iya, pernah. Bahkan berita tentang burung hantu hybrid ini pernah masuk koran. Anda bisa membaca arsip tentang perkawinan silang burung hantu di harian Elizabethton Star, tanggal 22 Juni 2004. Versi online dari berita tersebut bisa anda baca di https://news.google.com/newspapers?nid=1204&dat=20040622&id=jLUOAAAAIBAJ&sjid=-oIDAAAAIBAJ&pg=3996,3810110&hl=en
Meski burung hantu bisa kawin silang dengan burung hantu lain, namun tetap saja, hal ini merupakan langkah yang sangat kejam dan tidak seharusnya dilakukan oleh orang yang mengaku pecinta BOP atau owlry. Tindakan kawin-silang paksa pada burung hantu adalah tindakan kejam dan egois karena resikonya yang sangat tinggi. Burung hantu yang dikawinsilang sangat rentan akan stress dan kematian, induk betina juga sangat mungkin tidak mau mengerami telurnya. Jika si anak burung hantu hasil perkawinan silang bernasib baik, dia akan mampu bertahan hingga usia dewasa. Namun ini tentu tidak tentu terjadi pada semua

kawin silang burung hantu

. Kebanyakan, anakan burung hantu hybrid akan mati muda karena ketidakstabilan genetik atau stress. (FS)

90 Responses to "Burung Hantu Bisa Kawin Silang?"

  1. Asalamualaikum dok
    Saya baru dapat hibahan che PM tdi siang usia tergolong tua kata yg punya udh setahun lebih dia pelihara dari kecil..skrg lg di karantina di gudang yg gelap..
    Pertanyaan saya
    1.kn saya punya doffy dok (che LM chick) kira" kalo udh selesai karantina bisa gk di di tmpatkn berdekatan?
    2.umur yg udh sethn lebih itu kira" bsa gk bikin dia bonding gtu ke kita?
    3.vitamin apa yg bagus buat bulunya soalnya agk berantakan gtu..
    4.apa ad penanganan khusus biar dia gk batting lg sama kita?
    Maap kalo bnyk tnya ya dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru saya balas.
      1. bisa aja ditaruh berdekatan hanya hati2. beberapa jam setelah ditaruh berdekatan sebaiknya di observasi dulu, takutnya fighting,...
      2. bisa aja. balik lagi ke masnya sebenernya. membondingkan falcons banyak variablenya , jadi kudu bisa manage... yah dari cara merawat, pikiran kita juga harus positif terus... :)
      3. sementara ini biarin aja bulunya. masih adaptasi, takutnya malah mempengaruhi sistem cernanya. :)
      4. penanganan agar falcons gak batting? kayaknya gak ada mas selain manning dan pendekatan dan latihan terus menerus... :D

      gak apa2 mas saya malah seneng jika ada yang nanya.. :D

      Delete
    2. Ok dok..mohon doanya biar sukses membondingkan para che che di rumah ini hehe

      Delete
    3. Ok dok..mohon doanya biar sukses membondingkan para che che di rumah ini hehe

      Delete
    4. Dok help..si doffy mengangkang kakinya..
      Biasanya dia bisa jln biarpun kyk merangkak gtu..skrg malah gk bsa sama sekali..buat duduk aj susah soalnya kakinya ngangkang dok..
      Gmna solusinya?

      Delete
    5. sebelumnya maaf karena baru saya balas. sekarang gimana keadaannya?
      kekurangan vitamin itu mas. coba beli vitahawk di petshop terdekat, lalu berikan.
      jaga juga keseimbangan gizi, mas. kebersihannya juga...

      semoga doffy baik2 aja. bilang ama doffy saya minta maaf karena baru dibalas..

      Delete
    6. Terima kasih dok..skrg lg di treatment doffynya..
      Mohon doanya ya semoga bisa dan cepat normal lg kakinya :))

      Delete
  2. Selamat malam dok fira...saya baru mau belajar pelihara burung hantu. Sy mau tanya kenapa ya mata yg sebelah kanan hampir selalu tertutup, sedangkan yg sebelah kiri normal. Kebetulan sy beli 2...yg satunya juga sama dok....mata sebelah kanannya sering tertutup... apakah itu normal ?
    Yg sy mau tanya lagi....susah banget kasih minumnya...setiap sy mau kasih minum pake sedotan paruhnya ga mau terbuka...sesekali terbuka..sy lsng masukin air minumnya.. setelah itu dia gak mau buka lagi paruhnya. Sy takut burhan nya dehidrasi...
    Thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski paruhnya gak terbuka, tetep teteskan atau sodorkan air ke paruhnya.... nanti biasanya dia jilat2 sendiri...
      kalau soal matanya, coba mas observasi aja dlu selama 4 hari. liat juga feses atau tahinya, warna dan bentuknya apa... samakan dengan yang ada di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
    2. Sudah rip dok..ke duanya. Kasusnya sama ga mau makan seharian besoknya megap2 malem langsung rip...sampe sy ga berani beli burhan lagi..kasian.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Yg sy masih penasaran burhan saya jenis apa sy blm tau dok....

      Delete
    5. Sy beli 2 waktu itu...yg coklat sama yg putih.. itu jenis apa ya dok...yg putih dan yg coklat ?

      Delete
    6. Yg sy masih penasaran burhan saya jenis apa sy blm tau dok....

      Delete
    7. kalau dari kontur mukanya sih mirip oriental bay owl, mas. :)
      coba foto dari depan... dari arah dadanya... :D

      Delete
    8. yg putih ga sempet foto bagian depan dok...kalo yg coklat ini jenis apa ya ? thx dok

      Delete
  3. dok , si obet sakit :(

    dia kayak malas2an gitu.. hari minggu kmarin saya jemur dia jam 7an, belakangin matahari skitar 10menit,

    sekarang dia kayak malas gitu..
    makan msih mau , tapi harus di deketin paruh nya..

    feses nya bening + putih doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih daging mas. daging segar (jangan yang bekuan, kalau bisa yang masih berdarah). lebih bagus kalau kasih pakan hidup... :)

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
    2. belum ada saya kasih makan tiput , soal nya baru 2 hari yg lalu sdah di kasih tiput..

      ini tadi sore udah sehat , udah mau jttf lagi :)
      sekarang obet di dalam rumah.

      feses : hitam sedikit , bening , putih , dan ada kyak minyak2 gitu.

      Delete
    3. dok , obet maghrib tadi saya pulang kerja terkapar kyak udah mati gitu..

      sekarang obet udah gk bisa berdiri , pdahal tadi siang jam 11an dia msih sehat..

      sekarang udah gk bisa berdiri lagi , mkan pun gk bisa , ini saya paksa buka mulut nya , trus saya kasih air biar dia telan :( :(

      Delete
    4. sekarang mengap2 kayak nafas dari mulut..

      apakah dia terkena asap ? soal nya kata kaka belakang rumah , tadi ada kebakaran lahan dkat rumah , tapi gak tau sampe kerumah atau gak asap nya.

      prediksi saya sih , dia makan mie instan , soal nya di dkat perch obet ada bekas2 mie beserakan, atau mungkin ada yg ngerokok dkat dia..

      soal nya saya gak ada dirumah dari jam 11 - 7 malam

      Delete
    5. mirip sy punya mas, sptnya kena infeksi bakteri, kena saluran pernafasan.
      clueless juga sy, tanya sana-sini ga dapet jawaban.
      lg sy coba kasih propolis, moga tertolong

      Delete
    6. cepet banget ya? dari mogok makan sampe ..., cuma sehari?
      owl saya, pagi-siang ini bisa makan jangkrik, tapi kepala n 6 kaki dibuang, tinggal badan doang, habis 8, tapi harus bener2 sabar. lemes gitu soalnya.
      megap2 mulai malem-malem ini masih juga.
      kasian, spt susah bernafas T,T

      Delete
    7. saya turut berduka cita buat semuanya. maafkan saya karena baru bisa balas. sebaiknya jika memang urgent, langsung bawa ke drh aja... :(

      Delete
    8. Sama nih punya saya juga udah rip dua dua ny sama megap2....cepet banget rip nya..padahal sabtu malam masih mau makan,minggu pagi sampe senin ga mau makan..malemnya megap2 susah nafas..paginya rip deh. Sampe ga berani piara lagi..kasian.

      Delete
  4. mba, celepuk sy mogok makan seharian, n semalam mulai cengap2, sy kira haus, sy kasi minum pake pipet. cmn paginya juga masih cengap2
    sakit apa ya?
    makanan sy kasih jangkrik, pagi siang malam 3-4 ekor
    feses terakhir dominan putih, ada hitam sedikit
    makan terakhir pagi kemarin 4 ekor jangkrik, sy kasi minum, n sy spray waktu kena matahari pagi jam 9 (kejadian terakhir sebelum mogok)
    disuap pake tangan g mau lagi, dari siangnya-skg

    feses
    https://fbcdn-photos-d-a.akamaihd.net/hphotos-ak-xpf1/v/t34.0-0/p206x206/12032479_749084851886164_1506167016_n.jpg?oh=0c288bb1665071e9f63f86e910146960&oe=55F9C5A7&__gda__=1442436952_851b793b69df3890ed7770da31db59e5

    cengap2
    https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xfa1/v/t34.0-12/12029069_749084875219495_1391790893_n.jpg?oh=ce3382fa03332a75fb1a75afb7c5a37a&oe=55F9BACF

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya, artikel penyebab burung hantu megap2 sudah sy baca, bukan krn cuaca/asap/kepanasan.
      sy yakin kena penyakit.
      kira2 gejala spt ini indikasinya sakit apa y? antibiotik apa yg mesti diberikan u setiap indikasi

      Delete
    2. sekarang gimana keadaannya?
      mas waktu jemur dia berapa lama??
      tebakan saya sih dia kepanasan waktu dijemur... dari fesesnya sih begitu...

      observasi aja dlu selama 3 hari... sambil terus dikasih makan.... coba kasih bayi tikus.... :)

      Delete
    3. rip mba, td pagi.

      jemur jam 8.30- 9.15, itu perch nya separuh kena panas, separuh teduh, kl dy kepanasan dy ke sisi yg teduh.

      positif kena penyakit dah, mirip si obet, yang komen diatas.
      megap2nya untuk ambil nafas, kaya sesak nafas gitu.

      awalnya siang g mau makan, malam pertama mulut kadang kebuka, pagi kebuka terus, megap2, malam kedua makin megap2 sambil kepala didongakkan ke atas..kasian liatnya.
      https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xtf1/v/t34.0-12/12023211_749788721815777_876462976_n.jpg?oh=1777894a1970a1f55b3219e8bdc1971f&oe=55FB5DE1

      saya pindah dus, pagi sudah kaku
      https://scontent-sin1-1.xx.fbcdn.net/hphotos-xpf1/v/t34.0-12/12016628_749788738482442_527520093_n.jpg?oh=b95695f02a7ae414f67ea547c906941d&oe=55FB9182

      analisa mba sakit apa ya?
      kl belum tau penyebabnya, sy belum berani piara owl lagi
      pengen coba piara tyto alba sebenernya, cm kasian kl kena penyakit ini lagi.
      ada langkah preventif?

      Delete
    4. kalau emang nafasnya keliatan terengah2, bisa jadi karena tetelo (NSD).
      silakan baca artikel cara mencegah tetelo pada burung hantu...

      saya turut berduka cita, mas berdua... :(

      Delete
  5. Dok boleh minta pin bbnya? nanti kalo mau diskusi biar lebih gampang

    ReplyDelete
    Replies
    1. diskusi dan konsultasi hewan bisa dilakukan di blog ini... :)

      Delete
  6. Dok aq baru adop barn owl msh brancher,udh 4 harian di taruh kardus,baru tadi isya aq taruh di perch,stiap ddekatin kok msh pasang mode defense ya?dksh makan pake tangan jg gak mau...klo dturunin di tanah baru mau berburu sndiri,tp mlah dbawa lari ktmpat yg sempit gak mw loncat ke perch....saran dari dokter gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau baru dipelihara 4 hari, wajar masih defends. butuh waktu yang lebih lama lagi agar dia bisa sepenuhnya jinak. mas tahu berapa lama saya menjinakkan si errol? hampir 2 tahun. harusnya burung hantu mas sih lebih singkat, soalnya umurnya masih brancher. coba aja terus jinakin. kira2 2 hingga 3 bulan kalau mas sungguh2 menjinakkannya.... :)

      barn owlnya hasil tangkapan alam ya mas? kalau hasil tangkapan alam emang kayak gitu. sifatnya kayak gitu. gak mau loncat ke perch dan gak mau makan dr tangan kita. namun tetep usahakan agar dia makan, bagaimanapun caranya. mau dikasih langsung pakai tangan ataupun berburu sendiri. yang penting mau makan dulu. lakukan selama 2 minggu lalu coba jinakin... :)

      artikel cara menjinakkan burung hantu banyak tersedia di blog saya ini. silakan cari aja di bagian search... :)

      Delete
  7. Dok... bagaimana cara membedakan jenis kelamin Elang bido... mohon bantuannya... karna saya sekarang sdng plihara 2 ekor 1 umuran dok...siapa tau sepasang kn jd pas...
    oh y klo boleh kasih masukan dok... coba bikin APlikasi android j dok... untuk chat nya dok biar lebih mudah untuk konsultasinya.... berbayar g p2 deh dok asal memudahkan saya untuk konsultasinya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara membedakan jenis kelamin bido bisa mas baca di artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu. secara prinsip sama... :)

      sebenernya dah ada aplikasi chat, mas. cuma saya kadang gak bisa online 24 jam, hihihihi... minggu ini aja saya udah ke tiga pulau berbeda, mas... :D

      Delete
  8. dok, saya mau tanya, kalo celepuk yang chick itu kan harus dikasih minyak ikan, lalu apa ketika sudah 3 bulan misalnya masih harus dikasih minyak ikan ?
    trus kalo misalnya burung hantu mengeluarkan seperti muntah, tapi cair, bukan pellets seperti biasanya, apa itu sakit? soalnya bay owl sya kaya gitu kemarin, tepatnya beberapa jam setelah saya kasih jangkrik, padahal makannya lahap, fesesnya juga normal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak selalu juga mas. dan sebaiknya pemberian minyak ikan gak kebanyakan. dosis pemberian minyak ikan sudah saya tulis artikelnya...

      muntah cairnya kayak gimana mas? bentuknya? ada hubungannya ama jangkrik yang diberikan?

      kayaknya sih tersedak kaki jangkrik, soalnya kadang begitu. dulu errol juga kayak gitu, makanya dia benci banget kalau dipaksa makan jangkrik, hihihihi....

      lepas aja kaki jangkrik yang tajamnya sebelum diberikan... :)

      Delete
    2. jadi untuk pemberian minyak ikan itu ada batas umurnya ga? atau saat masa bulu kapas menuju bulu sempurna aja?

      bentuknya lonjong gitu dok, warna hitam pekat mirip pellets hanya cair aja..
      maksudnya ada hubungannya sama jangkrik gimana dok?

      oooh gitu ya dok, oke nanti saya lepas dulu kalau gitu, makasih dok.. :)

      Delete
    3. batas umurnya sih sebenernya gak ada. hanya makin tua sebaiknya makin dikurangi. agar sistem pencernaannya gak makin berat. yang anakan juga gitu. sebaiknya jangan terlalu sering. :)

      sekarang gimana keadaannya? :)

      Delete
  9. Ooh oke dok, jadi utk yg udah 4 bulan baiknya dikasih minyak ikannya sgimana ya?
    Alhamdulillah sekarang udah ga muntah kaya kemarin lagi dok,
    Oiya dok, kalo celepuk wc itu bisa jinak ga ya? Trus gimana ngerawat dan melatih burhan kalo ada sepasang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending sebulan sekali aja dulu.... :)

      saya yakin bisa jinak, mas. dulu si errol juga wc, dan saya dapetnya udah tua banget. tapi bisa imprint ama saya... :)

      silakan baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      mau langsung pelihara 2? mending 1 aja dulu mas.

      Delete
    2. Oke siap dok :)

      Aamiin.. Semoga bisa dok hehe. Ooh errol itu wc? Saya kira dia cb cuma udah tua aja jadi dokter bilang keras karakternya.. Keren dok bisa bikin dia imprint.. berapa lama dok untuk jinakin errol? Saya masih bingung dok meskipun udah baca semua artikel dokter tentang burhan hehe

      Sebenernya mau satu dulu dok, tapi udah terlanjur dihibahkan yg 1 lagi itu, kira kira baiknya gimana ya dok.. Trus saya kan kemarin bawa mereka pakai kandang kecil, nah pas paginya mau saya keluarkan supaya ga stress. Tapi defense banget mereka, jadi gamau dipegang sama sekali dok, padahal kan saya mau keluarkan dari kandang supaya mereka lebih bebas, tapi takut malah ngikutin atau bikin tambah stres karna dipaksa (ditangkap) .. Mohon sarannya dok :)

      Delete
    3. Maaf itu bukan ngikutin dok, tapi nakutin hehe

      Delete
    4. menjinakkan burung hantu itu erat kaitannya dengan cara berpikir kira. kayak kita menghadapi sifat jelek kita sendiri. errol juga gitu, dia itu keras kepala, egois, kadang juga gak mau ngalah sama pasangannya (padma), sama kayak saya, hehehe....

      yang penting adalah jangan nyerah, itu aja. terus lakukan pendekatan dan manning, latih, meski dia coba buat fight ke kita, tapi nantinya juga akan jinak bahkan imprint.

      errol bisa cari makan sendiri setelah 2 tahun saya latih. tadinya wc 100% dia. galaknya bener2 galak sampe kelopak mata saya pernah robek kena cakarnya. yah, namanya juga pelihara hewan buas, jadi ya gitu resikonya... :)

      boleh tanya2 lagi kalau emang bingung, mas.. :)

      Delete
  10. Oke siap dok :)

    Aamiin.. Ooh errol wc dok? Saya kira dia cb.. Dokter keren bisa jinakin dia.. Berapa lama dok? Trus langkah awalnya gimana ya dok? Saya harus lepasin dia di kamar saya kah? Seperti diartikel dokter..

    Sebenernya mau satu aja dok, tapi udah terlanjur adopt 2 jadi bingung yg satunya kemana in hehe minta solusi dok baiknya gimana.. Makasih dok :) salam buat errol dan padma dari Momon dan Mini (celepuk saya)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang udah terlanjur dapet 2 ekor, ya udah usahakan pelihara keduanya sebaik2nya ya mas... kalau ada yang perlu ditanyakan, kembali aja ke mari.... blog ini sekarang pake blogspot lagi... https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id

      Delete
    2. oke dok siap, insyaAllah mau dipelihara keduanya. mau tanya lagi dok, kan kedua celepuk saya sekarang masih di dalam kandang kecil sejak saya adopt 5 hari yang lalu, saya bingung dok mau ngeluarinnya, mau ditangkep takut mereka makin stress, trus gimana baiknya dok? saya cuma buka pintu kandangnya aja supaya mereka bisa bebas keluar masuk gitu..

      Delete
    3. tangkap aja pelan2. setelah ada di luar kandang, elus2 biar mereka tenang.... :)

      dah dikasih nama owlnya? kasih nama, terus sering panggil pake nama itu. biar dia ngerti nantinya. :)

      Delete
    4. ohh gitu dok, okedeh saya coba.. :)
      udah dok, namanya Momon dan Mini :D kira kira kalau saya iket kakinya boleh ga dok? (pake anklet trus di kasih tali)..

      maaf malem malem tanyanya dok.. :)

      Delete
    5. yang penting, jangan langsung dikasih tali (tali langsung iket ke kakinya),jangan begitu.

      pake angklett aja, lalu sambung pakai tali, gak apa2.. :)

      salam dari errol dan padma... mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu

      Delete
    6. ooh emang kalo langsung tali gitu kenapa dok? bisa stress kah?

      kalo pake nagklett mungkin pas udah jinak kali ya dok? soalnya dia masih suka nyoba lepasin angklettnya dok..

      oiya mau tanya, ko mata mereka kaya ada selaput putih2 gitu dok, kenapa ya? bisa hilang ga?

      salam balik dari Momon dan Mini dok, mereka abis mandi hehe

      Delete
    7. bahaya aja kalo kelilit, mas. dulu ada owl milik kenalan saya yang kakinya patah karena diikat langsung ke tali....

      iya, bener mas. kalau mau makein angklett, mending nanti aja kalau dia udah mulai anteng. kalau masih masa training, makein angklett di owl malah akan membuat owlnya ngerasa gak dipercaya sama ownernya. mendingan, agar dia percaya sepenuhnya sama mas, jangan dipasangi angklett dulu....

      selaput putih kayak gimana ya? apakah dia sering menggaruk2 matanya? :)

      kalau gak menggaruk2 matanya, kayaknya sehat2 aja. entah juga sih soalnya saya gak bisa liat bagian putih itu. bisa mas foto bagian matanya??

      saya tunggu kabarnya...

      Delete
    8. Wah, ngeri juga ya dok kalo sampe patah kakinya.. Kasian..

      Yah, saya kemarin pakein dia angklett dok, karna temen2 saya main di kosan kemarin, jadi saya angkletin trus iketin ke kandang nya. Tapi skrg udah dilepasin dok, baiknya saya lepas lagi ga angklettnya?

      Engga pernah digaruk sih matanya, tapi kayanya mereka sehat2 aja dok.

      Oiya mau tanya lagi dok, kan bedanya owl jantan sama betina bisa dilihat dari besarnya kan? Nah, saya masih bingung bedainnya, kira kira yg difoto profil itu jantan apa betinanya dok? Soalnya kalo dibandingkan, cuma beda, yg difoto (momon) itu keliatan lebih bulet dan bantet daripada mini yg lebih ramping aja dan tinggi..

      Delete
    9. gak hanya dari besarnya, mas. kadang malah kurang akurat kalau dari postur. :)

      silakan mas baca artikel saya cara membedakan jenis kelamin burung hantu.

      mending lepas aja angklettnya biar dia lebih percaya sama masnya...

      maaf baru dibales ya mas. saya baru dinas ke luar kota... :(

      Delete
    10. Oohh gitu ya dok, okedeh nanti saya baca lagi artikel dokter..

      Sudah saya lepas dok angklettnya :)

      Gapapa dok, saya udah seneng dokter bisa sempetin bales.. Tetap jaga kondisi dok, cuaca lagi ga beres.. Supaya tetep bisa jawab pertanyaan2 saya.. Hehe salam buat errol dan padma dok :)

      Delete
    11. sama2 mas. kabarin aja kalau ada pertanyaan lagi.. :)

      sehat selalu buat owlnya...

      Delete
    12. oke dok siap, :)

      makasih dok, sehat juga buat Errol dan Padma :)

      oiya dok, saya baca blog orang tentang owl, katanya kalo owl udah dikarantina, lebih baik disimpan ditempat yang rame. benerkah dok? apa Errol juga begitu waktu dulu?

      Delete
    13. agak kurang tepat. kalau dia udah merasa klop dengan tempat baru (sudah mengenal lingkungannya), bisa dikenalkan dengan lingkungan yang lebih luas. misalnya, saat masa karantina dia hanya ditaruh di satu ruangan, setelah karantina bisa dibawa ke ruangan lain misalnya ruang tamu dan sebagainya. jangan terlalu ramai juga, bertahap aja..... jangan langsung dibawa ke pasar, heuehehehe....

      Delete
    14. Ooh gitu dok, soalnya kata penulisnya begitu, malah ada yg lebih ekstrim dok, mereka bilang kalau ga ada masa karantina. Karena bikin owl makin stres.

      Ya kalo dibawa ke pasar nanti momon ngira dirinya mau dijual hahaha

      Delete
    15. hihihihi... :D

      kasih saya kabar lagi ya mas.. :)

      Delete
    16. oke dok, jangan kemana-mana ya dok :)

      Delete
    17. nggak. saya tetep di blog ini aja. :D

      Delete
    18. hehe :)

      dok, momon sama mini bulunya rontok tapi kaya patah2 gitu dok, apa mungkin karena di dalam kandang ya? kena besinya.. soalnya kan mereka tiap defense sayapnya dibentangin lebar banget..

      Delete
    19. bisa jadi sih mas. emang kandang besinya gak besar? :)
      jangan yang sempit karena rentan stress. kalau besar sih gak apa2.

      bagusnya sih taruh di perch. jangan di dalam sangkar karena rentan stress...

      Delete
    20. bisa dibilang kecil sih dok, tapi udah saya keluarin kemarin..

      mini saya kemarin mati dok, tiba-tiba pas pulang kuliah, dia udah tergeletak di depan momon, :'( kira-kira momon stress ga ya dok karna liat mini mati?

      Delete
    21. gak kok. gak akan stress.

      jaga kesehatan momon ya mas. saya tunggu kabarnya.. :)

      Delete
    22. alhamdulillah kalo ga akan stress.. :)

      momon sehat dok, cuma saya liat bulu sayapnya ada yang rusak dok jadi kaya patah keliatannya, harus digimanain ya dok? mohon maaf ya dok saya baru aktif lagi..

      Delete
    23. biarin aja nanti akan betul sendiri. :)

      momon hati2 ya. soalnya lagi pancaroba, masuk musim ujan. banyak owl sakit. kabari saya kalau ada apa2, tapi mudah2an gak kenapa2... :)

      sehat terus momon.. :)

      Delete
    24. ooh oke dok kalo gitu..

      iya dok, mudahmudahan ga kenapa2.. saya bakal jagain momon baik baik.. makasih dok..

      sehat juga buat Errol dan Padma dok :)

      Delete
    25. dok, mau tanya lagi hehe

      sebelum mini mati, momon itu kalo malem suka aktif terbang ke sana kemari dok, tapi pasca mini mati, dia agak keliatan kurang aktif terbang.. paling cuma lompat2 aja..

      apa mungkin karena sayapnya juga yang agak rusak?

      Delete
    26. selama ini momon di perch atau di kandang jeruji mas?
      dan seberapa sering dimanning? makin sering biasanya dia makin aktif. dia kayak begitu karena masih merasa segan dengan tempat barunya. sama kayak kita, kalau lagi bertamu sama orang yang baru sekali kita ke rumahnya, pasti merasa segan kan?

      sering2 di manning, itu intinya. ajak ngobrol juga sambil liat matanya... :)

      boleh infokan fesesnya ke saya, mas... :)

      Delete
    27. momon selama ini di atas kandangnya dok, soalnya saya belum ada perchnya..

      dimanning paling pas mau makan aja dok sama pas saya bangun tidur.. oooh gitu ya dok, mungkin emang dia makin segan.. tapi dia itu masih defense banget dok, padahal saya cuma mau suapin makan dia, tapi dia selalu fight ke saya.. jadi kadang saya suapin pake lidi (jangkriknya ditusuk lidi) soalnya takut dia ga nyaman aja kalo pake tangan, dia keliatan takut banget dok..

      fesesnya normal dok, ada 3 elemen, paling agak padat aja fesesnya + lebih dominan bagian hitamnya..

      Delete
    28. sering2 ajak ngobrol. dan coba baca artikel saya cara menjinakkan burung hantu.

      lagi pancaroba, lagi2 saya ingatkan, hehehe. jaga betul2 kesehatan owlnya... :D

      kabari saya terus. :)

      Delete
    29. dok, burung hantu emang cuma setahun sekali ya??

      Delete
    30. iya. rata2 hanya sekali setahun.
      bergantung ke jenis owlnya sih mas. mungkin nanti saya buatkan artikelnya...

      Delete
    31. ooohh.. jadi emang cuma antara maret-mei ya dok? kalo jenis celepuk gimana dok?
      soalnya saya mau breeding celepuk hehe

      okee makasih banyak dok :)

      Delete
    32. sama, celepuk juga gitu. :)

      saya udah bikin artikel cara ternak burung hantu kayaknya. baca2 aja buat referensi.. :)

      Delete
  11. Dok, kalo celepuk jawa sama sunda masih bisa dikawinkan nggak sih dok ? Mau ngawinin takut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari kasus di atas sih harusnya bisa. saya sendiri belum pernah nyoba... :)

      Delete
  12. dok, kalo burung hantu saya ketemu burung hantu liar di jalan, kirakira dia bisa menarik perhatian burung hantu liar itu ga ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja. kadang si errol juga ngajak 'temennya' maen ke rumah. kadang dia manggil temennya juga dari balkon. tau2 rame aja di atas pohon di halaman rumah, ada 3 burung hantu.... :)

      Delete
  13. Selamat malam Drh. Fira, saya mau tanya. Saya punya burung hantu jenis strix untuk membedakan jenis betina dan jantan bagaimana caranya? Pernah saya dekatkan keduanya tidak bertengkar. Kalo memang burung hantu saya sepasang bagaimana caranya untuk mengkawinkannya? Apa bs di kawin suntik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca artikel saya, cara membedakan jenis kelamin burung hantu. cara mengawinkan burung hantu secara singkat sebenarnya butuh tempat yang tenang. tempat yang dia percayai bahwa dia aman di tempat itu.... agak susah sebenernya, karena burung hantu emang jenis burung yang susah mempercayai 'rumahnya manusia' untuk berkembang biak. si padma aja baru mau bertelur setelah 4 tahun di rumah kami.... :)

      Delete
  14. Klo sesama tytonid mungkin bisa ya dok? Kyk misalnya seraj jawa dg grass owl

    ReplyDelete
  15. Bonus Bonus Super Heboh Dari LIGA108
    ~ Bonus New Member : 20%
    ~ Bonus Next Deposit : 5%
    ~ Bonus Cash Back : 5%

    LIGA108 & WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
    Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
    anda dapatkan setiap hari nya!!

    Minimal Deposit : Rp.25.000
    Minimal Withdraw : Rp.25.000

    Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama LIGA108 dan jadilah
    pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

    Contact Person LIGA108 :
    BB : 55A567BC
    LINE : LIGA108
    WA : +855 78 633 425 ( LIGA108 )
    WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.