Cara Ternak Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Breeding burung hantu

atau ternak burung hantu memang masih jarang di lakukan di indonesia. Namun jelas, burung hantu bisa membantu petani dalam mengatasi hama tikus atau ular yang menyerang ladang atau sawahnya. Beberapa daerah di indonesia sudah melakukan cara ini. Para petani biasanya menempatkan beberapa owl box (kandang khusus burung hantu) di ladangnya untuk menekan populasi tikus dan hama ladang lainnya. Dengan alasan inilah, burung hantu mulai diternakkan oleh manusia. Burung hantu yang digunakan untuk mengusir hama tikus dan ular pada ladang dan sawah adalah burung hantu jenis barn owl. Cara memelihara burung hantu jenis barn owl bisa baca di artikel cara memelihara barn owl.
Cara Ternak Burung Hantu
Image taken from urbanraptorproject.com
Cara merawat barn owl di artikel tersebut adalah memelihara barn owl untuk tujuan hobi dan hanya ditujukkan untuk satu ekor barn owl saja. Jika anda ingin beternak burung hantu, anda bisa mengikuti beberapa panduan ternak burung hantu berikut ini. Inilah beberapa cara ternak burung hantu.
  1. Seperti saya tulis di artikel siklus hidup burung hantu, burung hantu adalah hewan soliter. Mereka biasanya hidup sendiri hingga musim kawin tiba. Untuk itu, satu owl box hanya boleh ditempati oleh satu burung hantu. Cara membuat owl box bisa anda baca di artikel cara membuat kandang khusus burung hantu.
  2. Meski termasuk hewan monogamy, anda bisa menempatkan dua atau tiga owl box masing-masing berisi sepasang burung hantu di sebuah aviari (kandang permanen besar). Cara membedakan jenis kelamin burung hantu bisa anda baca di artikel bedanya burung hantu jantan dan betina. Bagian atas aviari hendaknya dilindungi pelindung baik itu berupa asbes dan semacamnya.
  3. Beri makan burung hantu 3 kali sehari menurut jenis makanannya masing-masing. Makanan burung hantu berbeda setiap jenisnya. Makanan burung hantu bisa anda ketahui dengan membaca makanan burung hantu menurut jenis burung hantu. Pagi dan siang hari beri makanan secukupnya, dan agak banyak diberikan pada malam hari.
  4. Perlu saya beritahukan bahwa makanan terbaik untuk burung hantu adalah pakan mentah atau pakan hidup. Saat pemberian pakan, sebaiknya anda sendiri yang masuk ke aviari untuk memberi pakan. Pancing agar burung hantu mau terbang ke arah anda, menghampiri mangsanya. Dengan cara begitu, burung hantu yang dipelihara akan mengenal anda dengan baik.
  5. Tempatkan wadah besar berisi air mineral di dalam aviari. Burung hantu yang dipelihara berkoloni di dalam aviari biasanya akan belajar minum sendiri.
  6. Kenali tanda-tanda penyakit pada burung hantu. Anda bisa membaca artikel saya tentang jenis penyakit pada burung hantu.
Burung hantu yang dipelihara dalam aviari akan dengan sendirinya berkembang biak. Jika anda mendengar cericit anak burung hantu pada malam hari di salahsatu owlbox, itu artinya anda sudah berhasil dalam

beternak burung hantu

. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Thank you.(FS)

53 Responses to "Cara Ternak Burung Hantu"

  1. Dok si pow burung saya tadi saya mandiin pake air dari selang terus kayaknya kedinginan gitu , awalnya mau dijemur tau tau mendung , untung ada hairdry saya keringin sama semuanya kering , awalnya dia kedinginan gitu mengigil gamau bertengger tapi lama lama dia jadi aktif lagi jadi biasa lagi , untuk kedepannya gpp dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo udara lagi dingin seperti ini, sebaiknya jangan dimandikan dulu. meski udara udah hangat juga sebenernya gak usah dimandikan seperti itu. cukup disemprot dikit2 aja pake semprotan tangan yang biasa buat mandikan burung, itupun jangan sampai basah......

      sebaiknya jangan dimandikan seperti itu lagi...

      Delete
  2. dokter,saya baru pelihara BK/elang bondol juve awal.saya mau nanya kotoran elang yang normal warna apa? bop saya kotorannya putih ada hijau terang gitu dok.makannya saya kasih lele dok.gimana tu dok?

    ReplyDelete
  3. Permisi dok sya mau konsultasi, Partner saya si jeje jenis buffy fish syapnya seperti habis di potong dok, sya tnya ke owner sebelumnya ktanya hbis kena kandang waktu di paket in, trus saran dri owner sblumnya suruh kasih minyak ikan sma vit b12, seminggu ini sudah sya terapkan minyak ikan 3hri sekali vitamin nya bru sya kasih sekali saja, apa dgn cara itu bisa menumbuhkan bulu sayap jeje yg ke potong dok? apa ada cara pengobatan lain dok supaya lebih mmpercepat prtumbuhan bulu sayap nya yg kena potong gunting :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. bulu sayapnya terpotong maksudnya mas?
      dengan cara di atas sebenernya ngaruh gak ngaruh juga sih mas. gak ada istilah mempercepat bulu yang terpotong karena semuanya sama. tidak seperti kita, rambut lebih cepat tumbuh dibandingkan bulu tangan atau bulu lainnya. bulu burung tidak seperti itu. bulu burung sama saja intensitas tumbuhnya mas. rata2, butuh waktu 8 bulan hingga satu tahun agar bulu burung yang terpotong bisa kembali ke sedia kala....

      threatment yang disebutkan di atas bisa dilakukan, mas bisa juga baca artikel cara mengobati bulu burung hantu yang rontok... :)

      Delete
    2. sayap ujung sama ekornya itu seperti bekas di gunting dok...sya tnyain ke owner sblum sya, orang nya nggk ngaku dok pdhal klu sya perhatikan betul2 itu bekas kena gunting dok, owner lma mlah bilang akibat terlalu lama di kandang, secara logika klu mmng bekas defend kndang, ya nggk mungkin ekor sma syapnya kepotong rata lurus.. apa biar tumbuh nya sempurna lgi, sya cabutin syap nya dok?? soalnya ktanya tmen saya suruh cabutin dok biar tumbuh rapi dan cepat..

      Delete
    3. jangan dicabut. sebaiknya biarkan saja mas.
      kalau dicabut nanti bisa mengakibatkan pendarahan akibat bulu yang dicabut.

      lebih baik biarkan saja tumbuh secara alami.... :)

      Delete
  4. oke dok makasih bnyak ya dok atas info nya... tp ini sya mau tnya lgi dok...hehe, apa dlam menjinak kan burhan kadang perlu di keras'in sedikit dok?? si jeje masih sering matuk/gigit dok klu sya latih di glove ... dia masih blum mau nangkring di glove dok... pdhal klu sya elus kepalanya mau dok...??? slam buat errol ya dok... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikerasin karena kalau dikerasin malah stress mereka, mas.
      intinya yang penting sabar. si errol juga dulu galak banget ama saya, dan saya dapet si errol kan udah tua. umur setahunan. tapi dia bisa jinak total juga sama saya.... :)

      ya, salam juga buat owlnya, ya mas... sabar aja, latih terus...

      Delete
  5. Dok sy punya barn owl chick 4 ekor,, ßiÅŸ̲̅α̅ Ъќ>:/ sy ternakin? Dg mengikuti cara2 diatas kira2 ßiÅŸ̲̅α̅ berhasil Ъќ>:/?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa gak? kalau serius, pasti berhasil mas. :)
      silakan baca2 dulu artikel2 mengenai burung hantu di blog ini... :)

      Delete
    2. Utk menyiasati makannya gmn Ɣα;) dok supaya ßiÅŸ̲̅α̅ lebih terjangkau biayanya?apalagi sampe ada 4 ekor gtu dok,"̮ћϱћϱћϱћϱ"̮

      Delete
  6. dok kalo aviar aau kndang 1 x 1 meer aau lebih bisa gak bua owl saa #hehe dok bukana burhan monogami ah jadi gak bisa selingkuh2 dong #wkwkwk berari breedingna gak bisa pakai 1 jnan ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya sepasang owl, 1x1 meter itu sudah mencukupi.
      kalau soal owl monogami, sampe sekarang masih diperdebatkan. dalam beberapa kasus, satu owl jantan kadang kawin dengan banyak betina. kasus lain ada pula owl jantan yang hanya kawin dengan 1 betina saja. itulah kenapa kasus ini banyak diperdebatkan.... si errol sendiri pernah kawin dengan owl lain sebelum si padma (istrinya yang sekarang).... :)

      Delete
  7. Kalo breeding owl jenis Bubo sumatranus gimana dok.. ? Apakah siklus hidup nya sama dengan barn owl ? Dan ukuran aviari sama box nya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya lebih susah dari ternak barn owl mas. karena tingkat stress lebih tinggi.
      siklus hidupnya relatif sama seperti barn owl, hanya ada beberapa poin yang berbeda. nanti saya buatkan artikelnya...

      Delete
  8. dok saya mau tanya
    1.kalo saya mau ternak tampa aviari bisa gak ya.?

    2.dan bagaimana owl bisa giring kandang untuk sarana pembasmi hama. soalnya kalo hanya di taruh di box takut kabur. apa harus paka equip?
    tolong ppencerahannya dok

    ReplyDelete
  9. dok saya mau tanya
    1.kalo saya mau ternak tampa aviari bisa gak ya.?

    2.dan bagaimana owl bisa giring kandang untuk sarana pembasmi hama. soalnya kalo hanya di taruh di box takut kabur. apa harus paka equip?
    tolong ppencerahannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. tanpa aviari agak susah sebenrnya, mas... meski bisa aja sih. tapi pake ruangan... alias indoor... :)
      2. bisa. di beberapa daerah udah ada petani yang menggunakan burung hantu barn owl untuk dijadikan pembasmi hama.... dan rata2 udah bisa pulang ke sarangnya sendiri.. :)

      Delete
  10. saya cewek tulen dok.

    oh iya dok. tolong dibuat artikelnya agar owl giring kandang. soalnya saya goggling belum ada yang membahas step by step pelatihan owl agar giring kandang.

    mohon di bantu dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya cara agar burung hantu bisa berburu sendiri... :)

      hahaha, maaf. saya kurang fokus.. :D

      Delete
  11. hallo dok,
    maaf ijin bertanya,

    1. umur berapa buffy bisa di breeding?
    2. saya punya sepasang buffy, mereka tumbuh bersama dari chick/brancher, mereka ditempatkan di ruang ukuran 1,5 meter x 1 meter tinggi 4 meter.
    apakah ruangan itu bisa dianggap aviary? ( ruangannya atapnya acrilic tembus matahari)
    3.apakah mereka otomatis bisa breeding sendiri secara alami?
    4. apa lagi yang perlu sy siapkan di ruangan tersebut untuk memfasilitasi breeding mereka dok?


    trimkasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. makasih atas pertanyaannya. saya coba jawab...
      1. jujur kalau untuk buffy fish, saya kurang tahu. tapi sepengetahuan saya, diatas umur 1,5 tahun deh. CMIIW. :)
      2. iya, saya kira itu udah termasuk aviari... :)
      3. kalau kemungkinan mereka breeding sendiri atau kawin sendiri, kemungkinannya 50%-50%. saran saya, cukup buat lingkungan mereka senyaman mungkin. itu aja dulu. mas udah pernah liat mereka mating (kawin)? :)
      4. makanan cukup, kandang berupa owlbox (udah ada artikelnya), lingkungan yang nyaman, dan suhu yang mendukung... :)

      ukuran owlbox disesuaikan dengan jenis burung hantu, tapi biasanya tinggi dan lebarnya antara 1,5 hingga 2,5 kali tinggi dan lebar burung hantunya... :)

      Delete
    2. halo dokter,

      dokter, saya belum pernah liat mereka matting dok.

      Dok maaf klo owl box sperti yg di artikel dokter, saya agak bingung,
      untuk dasar/lantai owl box bila seperti gambar, bgmn membersihkannya ya dok?

      dan apakah owl box harms ditancap di tembok di tempat tinggi?

      dalam owl box apakah perlu diberi jerami dll?

      Delete
    3. kalau mau, bikin owlbox sederhana aja dari kardus besar. kalau untuk buffy, bekas kulkas bisa. kasih tangkringan di dalamnya, bagian atasnya ditutup, dan salahsatu sisinya dicoak hingga bisa dibuka tutup buat jalan masuknya... :)

      gak usah dikasih alas di bagian bawahnya. atau kalau emang mau, bagian atas kardus kulkasnya dijadikan sebagai bagian bawah (dibalik) hingga mas gampang nanti bersihin kotorannya.... bisa juga dialasi koran di bagian bawahnya... :)

      Delete
  12. oh ya do geek tetap diperlukan owl box ukuran until speaking buffy berapax berapa? panjang, lebar dan tinggi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya do bila tetap diperlukan owl box ukuran untuk buffy berapax berapa? panjang, lebar dan tinggi?

      buffy saya keduanya sekarang sudah juve akhir mau ke matur

      Delete
  13. Salam dokter mau tanya cara pemberian vitamin buat burhan gimana cara yg bener dan dosisnya pemberiannya Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung vitamin apa. dan biasanya, di kemasan vitaminnya udah tercantum kok dosisnya. kecuali emang vitamin yang diberikan khusus oleh dokter hewan... :)

      maaf baru balas ya mbak, abis weekend, hihihi.... kabari lagi... :)

      Delete
  14. Cari cari cara pemberian vitaminnya di blog belum ketemu bu dokter bhihihiii, seperti scott boleh ngga di berikan sebab kebetulan sy lg jodohkan musang bulan, yg rutin sy berikan 2 kali seminggu klw musang tinggal campur ke makannya nahh. Untuk burhan agak bingung nih, Trimakasih sarannya selamat pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. burung hantu gak usah kasih scott emulsion mas. malah sakit nanti... :D

      untuk artikel pemberian scott emulsion ada di artikel ini http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2015/05/dosis-pemberian-scott-emulsion-untuk-musang.html

      Delete
  15. Maksud sy untuk musang dan tupai sy kasih scott dok dan rutin diberi seminggu 2 kali

    ReplyDelete
  16. Dok mau nanya, gimana yah cara membedakan mana yang jantan dan mana yang betina Alap-alap Jambul/CG (Crested Goshawk)? Dan juga cara menternakannya ? Thanks Dok.

    ReplyDelete
  17. Dok mau nanya, gimana yah cara membedakan mana yang jantan dan mana yang betina Alap-alap Jambul/CG (Crested Goshawk)? Dan juga cara menternakannya ? Thanks Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti mungkin akan saya publish artikelnya mas.
      hmm, jujur aja, kalo burung emang agak susah sih buat sexingnya.

      Delete
  18. tanpa Aviari bisa dok?
    ada cara lain ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. pake ruangan khusus/ruangan kosong aja. syaratnya: harus tenang, jangan banyak suara2 mengagetkan atau berisik... :)

      Delete
  19. Dok kan saya melihara owl celepuk, waktu tak adop masih bulu kapas sampe sekarang udah hampir setahun. Kalau mau nyariin pasangan bisa nggak ya dok? Soalnya sendirian terus kasihan. Kayaknya sih kelaminnya jantan dok
    Mohon dijawab ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mas yakin dia jantan, coba aja cariin betina mas buat dia. :)

      udah jinak dong celepuknya? namanya siapa mas? :)

      Delete
  20. Tadi malem saya cek lagi dok supit urangnya tapi malah jadi bingung jantan apa betina, belum nyoba pake pendulum sih

    Udah dok, sama manusia yg baru ketemu juga gak posisi defense. Namanya Anan dok tak ambil dari bahasa jawanya cowok(karna taunya cowok), lanang
    Salam buat Errol sama Padma dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja pake pendulum, beberapa kali. :)

      salam balik dari padma. errol udah nggak ada. :)

      mas dulu dapet anan dari mana? pasar hewan? coba aja ajak dia ke pasar hewan, kemudian temuin dengan calon pasangannya. biasanya kalau nggak jodoh, dia akan nyerang. kalau jodoh, mereka berdua akan langsung anteng berdua. temen saya dulu begitu cara cari jodoh buat owlnya, hehehehe....

      Delete
  21. Oke dok nnti saya coba dulu

    Sorry dok gak tau

    Iya dari pasar burung. Terima kasih dok atas tanggapannya

    ReplyDelete
  22. Halo Dr Fira maaf kalo untuk breeding jenis Bubo Sumatranus bagaimana untuk detail nya mulai dari cara bedakan jantan dan betinanya?(saya punya 2 usia juve awal dan bc akhir)
    Umur yang siap untuk breeding?
    Minimal ukuran aviari?
    Makasih Dr Fira

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk breeding bubo sumatranus, sejujurnya saya kurang tau ya mas. yang pasti, butuh aviari yang agak tinggi dan aman.... artinya, sebaiknya kedap suara...

      mungkin akan lebih baik jika mas konsul di forum burung hantu aja....

      Delete
    2. Makasih dr fira kalo untuk bedain jenis kelaminya gmn ya?mungkin dr fira bisa bantu

      Delete
    3. saya harus liat langsung sih mas. agak susah kalo nggak liat langsung. bisa sih dengan cara pendulum, udah saya jabarkan di artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu, tapi kalau emang untuk tujuan breeding, saya sarankan coba dengan minimal 2 cara sexing... :)

      Delete
  23. Assalamulaikum dok ..mw nnyank dok apa bener klu ngasi minum barn owl atw owl" yg lain gg trlalu pnting karena mereka minum dri darah makanan yg merek makan dok ? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara alami, mereka juga minum mas. meski cuma sedikit. tapi mereka tetap minum. :)

      kadang juga kalau mereka memakan mangsa hidup yang darahnya banyak, mereka gak minum air lagi...

      Delete
  24. klo misalnya ternak tanpa aviari, dgn dipasangkan angklet apakah bsa dok burung hantunga kawin? trus musim kawin burung hantu kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah. meski bisa, si buurung hantu harus sudah sangat bonding ke ownernya....

      soal musim kawin burung hantu, sudah saya bahas di artikel siklus hidup burung hantu

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.