Mengobati Burung Perkutut Yang Ngorok | Drh. Fira Sovica

Ngorok pada burung perkutut

memang menjadi momok bagi pecinta burung kicau. Apalagi saat musim hujan seperti ini saat udara dingin. Kasus suara burung perkutut terdengar ngorok memang menjadi lebih sering terjadi pada burung perkutut peliharaan. Artikel singkat kali ini akan membahas cara mengobati ngorok pada burung perkutut secara alami dan cara mencegah perkutut yang ngorok. Bagi anda yang ingin memelihara lovebird, anda bisa membaca artikel memelihara lovebird.
Mengobati Burung Perkutut Yang Ngorok
Image taken from wikipedia.org
  • Penyebab Perkutut Yang Ngorok.
  • Ngorok pada burung perkutut sebenarnya tidak semuanya bisa dikatakan penyakit. Ngorok pada perkutut biasanya terjadi karena saluran pernafasan burung perkutut terganggu. Sebab perkutut ngorok bisa terjadi banyak sebab. Kondisi kandang yang kotor, udara dingin yang menyebabkan pilek, dan lain sebagainya.
  • Mencegah Ngorok Pada Perkutut.
  • Saat menulis artikel ini, saya sedang bersama sepupu sayang kebetulan seorang kicau mania. Iseng saya bertanya cara mencegah ngorok pada burung perkutut kepadanya, dan dengan bijak, sepupu saya tersebut berkata: "silakan jaga burung masing-masing saat udara dingin." Meski disebutkan dengan cara bercanda, namun ucapan sepupu saya tersebut ada benarnya juga. Saat udara dingin, penyakit perkutut yang ngorok bisa dicegah dengan cara sering-sering membersihkan kandang perkutut dan menjaga kesehatan perkutut kesayangan anda dengan memberinya suplemen khusus burung dan makanan bergizi, terutama jika cuaca dingin. Selain itu, memindahkan kandang perkutut peliharaan anda ke dalam rumah jika udara terlalu dingin juga bisa dilakukan.
  • Mengobati Ngorok Pada Perkutut Secara Alami.
  • Mengobati ngorok pada perkutut bisa dilakukan dengan cara memberikan air rebusan daun sirih sebagai air minum perkutut. Lakukan secara terus menerus hingga penyakit ngorok pada burung perkutut sembuh. Mengobati burung perkutut yang ngorok dengan cara memberikan air rebusan sirih ini juga bisa dilakukan berbarengan dengan pemberian multivitamin burung yang bisa dibeli di toko makanan burung terdekat. Dengan demikian, metode

    mengobati burung perkutut yang ngorok

    tersebut akan lebih cepat sembuhnya. (FS)

5 Responses to "Mengobati Burung Perkutut Yang Ngorok"

  1. Makasih atas cara pengobatan nya!mau dicoba buat DenJaka Bangkok 🐦😉

    ReplyDelete
  2. cara pelihara burung perkutut tanpa kandang / kurungan gmn dok ? apa sayapx harus di wing clipping dulu biar gk kabur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mas peliharanya dari anakan (piyik), bisa aja tanpa kurungan. jadi cukup pake perch (tangkringan) aja. itu juga mas harus rutin loloh dan latih dia.

      kalau pelihara perkutut dewasa, mending dibuat bonding dulu mas. biar dia kenal sama kita. pake wing clipping boleh aja, tapi saya takut malah bikin perkututnya stress. mending jangan. :)

      Delete
  3. bu dok burung elang saya usia brancher suaranya serak mulut/paruh terbuka terus abis terkena pilek bolehkan dikasih super N sama metrodinazole jg??

    ReplyDelete
    Replies
    1. super-n boleh aja. kalo metrodinazole, mending nanti dulu mas.
      cukup kasih super-n aja.

      fesesnya gimana? cek artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. bisa juga kok buat elang. biar mas bisa tahu feses burung yang sehat kayak gimana... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.