Siklus Hidup Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Mengetahui

siklus hidup burung hantu

adalah hal penting bagi mereka yang ingin ternak burung hantu. Breeding burung hantu memang masih jarang dilakukan di indonesia. Hampir semua jenis burung hantu yang dipelihara adalah hasil tangkapan liar. Bagi anda yang mau memelihara burung hantu celepuk yang merupakan burung hantu yang paling gampang dipelihara, anda bisa membaca cara memelihara celepuk.
Siklus hidup burung hantu terdiri dari beberapa fase. Fase atau siklus hidup burung hantu tersebut adalah sebagai berikut:
Siklus Hidup Burung Hantu
Image taken from http://en.wikipedia.org/
  • Fase Mating.
  • Mating disebut juga masa kawin. Umumnya, masa kawin burung hantu terjadi pada akhir bulan penghujan dan awal kemarau (antara bulan maret hingga mei). Meski terkenal sebagai hewan soliter, pada fase mating burung hantu jantan dan betina biasanya akan bertemu dan membuat sarang di lubang pada batang pohon untuk melaksanakan ritual kawin dan membesarkan anak-anak mereka.Usia burung hantu siap kawin adalah yang berumur diatas satu tahun (13 atau 14 bulan). Setelah ritual kawin selesai, burung hantu jantan akan akan tetap tinggal bersama burung hantu betina.
  • Fase Bertelur.
  • Dua minggu Jumlah telur burung hantu berjumlah 3 hingga 12 butir, tergantung jenisnya.Umumnya, jumlah telur burung hantu adalah 3 hingga 4 butir yang keluar dari induk burung hantu dalam jangka waktu 1 hingga 4 hari. Telur-telur tersebut tidak menetas dalam waktu yang bersamaan. Sejak dimulainya masa bertelur, kedua orangtua burung hantu akan sangat protektif terhadap telur-telurnya. Tugas mencari makanan adalah tugas burung hantu pejantan, sementara burung hantu betina akan tetap berada di sarang sambil mengerami telur-telurnya.
  • Fase Pengeraman dan Penetasan.
  • Burung hantu betina tidak akan mengerami telur-telurnya sampai semua telur sudah ia keluarkan. Selama masa pengeraman telur, induk jantan akan keluar mencari makan untuk betinanya. Normalnya, telur burung hantu akan dierami oleh induk betina selama 32 hingga 36 hari. Setelah 32 hari, telur burung hantu akan menetas. Induk betina burung hantu akan tetap mengerami telurnya hingga semua telur menetas. Interval waktu dari telur pertama yang menetas hingga telur terakhir kurang lebih 2 hingga 3 minggu. Bayi burung hantu akan memecahkan telurnya dengan ‘paruh telur’ (egg beak) yang dimilikinya. Bayi burung hantu lahir dalam keadaan buta dan tanpa bulu. Dalam 2 hingga 3 hari, secara perlahan-lahan akan muncul bulu halus yang disebut bulu jarum, dan dalam 5 hingga 7 hari, mata burung hantu akan terbuka. Pada fase pengeraman telur dan penetasan telur burung hantu, induk jantan tetap pada tugasnya sebagai pencari makanan.
  • Fase Penyapihan dan Latihan.
  • Pada fase ini, kedua induk burung hantu akan memberi makan dan mendidikan anak-anaknya hingga si anak burung hantu mampu terbang dan mencari mangsa sendiri. Tidak semua anak burung hantu yang ditetaskan akan bertahan. Seperti hukum alam lainnya, anakan burung hantu yang terkuat adalah yang akan bertahan. Anak burung hantu yang lemah biasanya akan mati karena berbagai sebab: terjatuh dari kandang, kurang mendapatkan makanan karena persaingan perebutan makanan antar-anak burung hantu, dan lain sebagainya. Anakan burung hantu mulai bisa terbang pada usia 9 hingga 10 minggu setelah menetas, dan mereka akan mulai belajar berburu sendiri di luar kandang pada usia 11 hingga 13 minggu. Anak burung hantu akan benar-benar meninggalkan kandangnya untuk hidup independent saat menginjak usia 15 hingga 16 minggu setelah dilahirkan.
  • Fase Hidup Independen.
  • Setelah meninggalkan sarang, burung hantu akan hidup sendiri-sendiri (soliter). Burung hantu akan berburu pada malam hari, dan menghabiskan waktu siang hari dengan tertidur di dahan pohon dan lubang pohon yang tak terpakai yang aman dari predator. Burung hantu baru akan hidup bersama pasangannya saat memasuki usia siap kawin (mating).
Demikian adalah

siklus hidup burung hantu

di alam. Fase siklus hidup burung hantu itu akan terus berulang terus di alam. Pertanyaan, komentar, dan konsultasi mengenai kesehatan burung hantu bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

46 Responses to "Siklus Hidup Burung Hantu"

  1. Dok, tolong beri penjelasan kalo burung hantu yg kita pelihara.
    Q ni lg niat pelihara celepuk, trus siklusnya gmn? Mksdnya, klo misal q udh bs breeding celepuk trus udh bertelur dan menetas.
    Kapan ank'y bs q latih lg sprti burung hantu yg udh jd dewasa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak owl bisa dilatih saat memasuki fase penyapihan dan latihan... :)
      cara melatih burung hantu bisa mas baca di artikel cara melatih burung hantu, silakans search di menu di atas... :)

      Delete
    2. Nah masa penyapihan itu brp hari? 1Minggu kah?
      Dan burung hantu bulu kapas bs mulai terbang usia brp minggu dok?
      Salam dari Alpha buat erol.

      Delete
    3. masa penyapihan itu beberapa minggu hingga beberapa bulan, mas... :)
      anak burung hantu mulai bisa terbang pada ada keterangannya di artikel di atas...

      Delete
  2. Dok.. Burung hantu saya banyak kutunya. Terus kalk saya mandiin n jemur dia malah mogok makan.. Saya harus gimana ya dok :( . terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dateng aja ke klinik hewan terdekat, beli obat semprot khusus burung untuk menghilangkan kutu. biasanya ada... :)

      bilang aja anti-tick

      Delete
  3. Dok punya pertanyaan nih :
    1. saya baru adopt burhan celepuk masih bulu jarum, untuk penempatannya ditaruh kardus yg berisi kain untuk menghangatkan didalam rumah, apa itu udah cukup ?
    2. Untuk pakan seusia itu cukup dengan jangkrik, dan sehari brp kali pemberian ? Bagaimana dengan pemberian minumnya ? Dan usia brp dia siap untuk memakan tikus putih ?
    3. Sampai usia brp si burhan harus dikerdus dan usia brp dipindahkan ke tangkringannya ?
    4. Amankah bila si celepuk sudah ditaruh tangkirannya yg berada diatas teras rumah, yg kondisi rumah saya banyak kucing liar ? Dan juga kalo pagi sedikit terkena matahari ?
    5. Dok dirumah saya juga pelihara sugar glider, apa nnti si burhan ketika sudah dewasa akan melihat SG sebagai makanannya ?
    6. Yg ini OOT dari celepuk dok, membahas SG saya, SG saya berumur 10 bln betina, tiap hari saya kasih bubur dan ulet , tp badanya tidak besar ? Apa ada gangguan ? Tapi kondisi licah dan kalo pagi sampe magrib dia selalu dipouch untuk tidur wajar tidak ?

    Mohon pencerahannya dok, maaf newbie banyak tanya. Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab.
      1. kalau ada ruangan kosong, ditaruh di dalam ruangan itu aja mas. kalau toh mau ditaruh di kardus, jangan yang kecil. pilih yang ukuran besar biasanya bekas tv atau bekas kulkas.
      2. untuk pemberian pakan, silakan mas baca artikel cara memelihara celepuk.
      3. kalau dia sekarang sudah bisa nangkring sendiri, mas bisa taruh dia diperch mulai umur sekarang. karena owl sendiri secara naluriah lebih seneng bertengger, bukan berjalan di permukaan datar seperti permukaan kardus atau ubin. kaki mereka didesign untuk nangkring di dahan atau semacamnya... :)
      4. kalau masih bulu jarum, sebaiknya jangan ditaruh di luar. mereka sangat peka dengan perubahan suhu dan cuaca. si Errol, burung hantu barn owl saya, kemarin sakit karena memang cuacanya tidak bagus.... :)
      5. secara naluriah, iya. mereka (burung hantu) biasanya memiliki basic instinc, mau sejinak apapun. sebaiknya pisahkan sg dan burung hantu saat burung hantunya sudah mulai dewasa... :)
      6. postur tubuh sugar glider dan musang ditentukan oleh faktor genetik. ada yang mudah gemuk, ada juga yang susah. kalau mas badannya gemuk, pasti ngerasain gimana rasanya pengen kurus tapi gak bisa-bisa, hehehehe. begitu juga sebaliknya.
      nah sugar glider dan musang juga seperti itu. yang terpenting sehat, itu saja sudah cukup. malah kalau terlalu gemuk, resikonya gagal jantung. banyak loh mas sg dan musang yang sudden death karena terlalu obes....

      sama2. saya malah seneng kalau ada yang nanya. :)
      mampir lagi kemari jika ada yang ditanyakan, dan silakan baca2 artikel saya yang lain. :)

      Delete
  4. Makasih dok kejawab pertanyaannya semua hehe, jadi baiknya untuk awal owl saya yg masih bulu jarum didalam ruangan, apa dikamar boleh dok ? Niatnya dikerdus hanya sampai dia bisa ditaruh pearchnya dok.
    Dok Celepuk dewasa aman dari kucing tidak ?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau di kamarnya gak pakai AC, di kamar saja. kalaupun ada AC sebaiknya dimatikan saja, pakai kipas angin. soalnya suhu dingin amat mematikan buat owl yang masih bulu jarum. :)
      iya, di kardus agak besar aja....

      soal celepuk dewasa takut kucing apa gak, lebih baik dihindari meski sedikit kemungkinan kucing menyerang/memangsa si owl...tapi kan sebaiknya dipisahkan saja... :)

      Delete
  5. Dok Kok UMUR 3 - 4 bulan belum nisa terbang -_- Sedangkan dn 9 minggu dah bs terbang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar tidak dok jika umur segitu belum bisa terbang

      Delete
    2. umur 9 minggu itu hanya latihan berburu. biasanya dengan orangtuanya di luar kandang. itu bukan berarti owlnya udah bisa terbang, mbak. hanya penajaman insting. owl biasanya mulai bisa terbang di usia 16 minggu hingga 20 minggu. sekitar 4 hingga 6 bulanan.... :)

      Delete
    3. Oh makasih dok BTW s laki2 tulen loh dok :D #hihi

      Delete
  6. Sok Saya Mau nanya, gimana Cara nyembuhin anak barn owl yang kena flu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya udah saya buatkan artikelnya... cara mengobati burung hantu pilek

      Delete
  7. Dok mau curhat, td sore cilepuk saya yg masih bulu kapas tapi udah bisa jalan dan mulai latian terbang, lah td sore saya kasih makan, dan niat mau dipindah ke kardus lg, eh tp terjatuh dok, lumayan tinggi, itu gapapa dok ? Sekarang dia malah tidur mulu dok, itu karena kenyang ato sakit karna jatuh tadi ?? Tp setelah jatuh dia bisa bertengger dn jalan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua hari ini, silakan observasi dulu. kalau tidak ada indikasi kalau dia sakit, berarti masih sehat... :)

      Delete
    2. Siap dok, saya takut MILO (nama cilepuk saya) kenapa" dok, soalnya sewaktu milo jatoh, kaya merasa kesakitan dok teriak" gitu kaya stres, dipegang malah berontak, ga mau bangun juga, kalo semisal milo kenapa" itu tanda"nya gimana dok ? Saya baca artikel salah satu penyebab cilepuk meninggal ya terjatuh dan stres,

      Delete
    3. kebanyakan celepuk mati karena stress. kalau hanya jatuh, kecuali jatuh dan menyebabkan fracture pada tulang, kayaknya aman2 aja....

      kayak milo sakit, tanda2nya dia matanya sering merem. nafsu makan juga berkurang. sayangnya saya tidak bisa melihat milo langsung, jadi saya sarankan bawa aja ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  8. Dok saya baru adobsi celepuk , usia nya 6 bulan ,sudah jinak,tapi kok susah banget ya dok ngelatih nya , apa usia segitu udah tua , sama usia segitu udah siap kawin kah ?ciri burhan yang stres itu gimana ya ?? Saya penasaran , makasih ya dok saya mengharapkan balasan yang cepat hehehe:-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal usia 6 bulan udah siap kawin atau nggak, silakan mas cek artikel di atas.
      mas udah pernah pelihara owl sebelumnya? kalau belum, kayaknya iya. untuk ukuran pemula, milih celepuk berusia 6 bulan agak lebih 'menantang' karena emang agak susah untuk dijinakkan, tergantung karakter celepuknya juga. ada yang bisa jinak dgn cepat juga. namun rata2 usia segitu relatif agak susah untuk dijinakkan. asalkan sabar, pasti bisa jinak. selengkapnya, mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan musang....

      ciri celepuk yang stress biasanya dia keliatan merem dan tidak mau makan. selengkapnya silakan mas search di bagian cari artikel: burung hantu stress...

      Delete
  9. Dok saya mau tanya apa burung hantu bisa dikawinkan dengan berbeda jenis ( orintal bay owl dengan barn owl) trus cara pengawinannya/penjodohannya gmn ya??
    Trims

    ReplyDelete
  10. dok,saya punya BO...saya taruh di pearch ,tapi kok suka terbang gitu ya dan
    kakinya ketarik sama talinya
    itu gak papa dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending lepas dulu talinya. dan jangan pakai tali dulu sampe dia anteng. fatal kalo kakinya sampe luka atauh bahkan patah.... :(

      Delete
  11. Dok saya mau nanya
    Saya punya celepuk yang sudah saya pelihara sejak fase bulu jarum akhir saya training dia sampai dipanggil dengan jarak 15meter kurang lebih burungnya pun gak pernah saya ikat atau kandangkan setiap malam saya lepas keluar dan pagi harinya sudah pulang kembali ke dalam rumah sudah saya pelihara selama lima bulan tapi sudah dua bulan ini dia pergi dan tidak pulang saya ingin tahu kira2 apa penyebabnya ya dok memang belum lama ini saya pelihara otter tapu menurut saya bykan karena otter karena dia suka bermain dengan otter atau karena ada kucing dok ? Memang saya memelihara kucing kecul sebagai temam bermain otter saya otter saya saat itu umur 4 bulan tapi menurut dokter kucing tidak tertarik dengan burung hantu atau karena memasuki musim kawin dok jika iya apakah dia akan kembali lagi dok setelah musim kawin selesai

    Terimakasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini mirip kasus saya dengan si errol dan pasangannya si padma dulu, mas.

      dulu waktu pertama kali si padma dateng, si errol sempet 'minggat' keluar rumah, gak pulang selama hampir 3 bulan. jujur saya waktu itu juga udah pasrah meski dalam hati saya yakin dia pasti balik lagi. dan saya tahu pasti (meski nggak tau saya tahunya dari mana) bahwa si errol itu cemburu dengan si padma. saya gak tahu feeling ini darimana asalnya, tapi saya yakin emang karena itu.

      kalau mas udah bonding dengan burung hantu mas, kalau kenapa2 biasanya dia akan 'menghubungi' mas lewat auranya. yap, emang agak kurang masuk di akal, tapi sepengalaman saya dengan errol seperti itu. kadang kalau malam hari hujan deras, entah kenapa tiba2 saya merasa sedih yang gak bisa dijelaskan darimana. saya tebak itulah perasaan si errol... :)

      nah, untuk kasus mas, apakah mas merasakan hal yang sama? apakah mas merasa yakin si celepuk akan balik lagi? ataukah ada entah bisikan atau feeling bahwa si celepuk cemburu atau entah kenapa? kalau mas masih merasakan bisikan atau feeling, besar kemungkinan si celepuk masih ada di luar sana. cukup yakini bahwa dia bakal balik lagi. hmm, sesekali coba meditasi, 'panggil' dia....

      kemungkinan lain: semua hewan akan meninggalkan masternya saat dia merasa hidupnya tidak lama lagi. kucing, anjing, kelinci, burung, semuanya akan begitu. itu karena mereka gak mau tuannya melihat mereka sekarat atau meregang nyawa. daripada tuannya sedih melihat mereka mati, biasanya mereka memilih pergi.... untuk hewan yang sudah sangat bonding dengan tuannya, biasanya mereka 'mengirimkan pesan' berupa "jangan cari saya" sebelum pergi, dan 'pesan' ini bisa 'dibaca' lewat feeling....

      maaf kepanjangan ceritanya. hehehe. kabari saya :)

      Delete
    2. iya dok bener bangeet saya juga ngeerasa kalo dia ada sih kadang kalau dimalam hari dia seperti manggil seperti biasa ketika ada saya tapi ketika saya panggil dia ngga datang dok
      waktu errol punya dokter dia punlang bawa pasangannya atau sendiri dok ? atau sama anak-anaknya juga dok ?
      terus kalo kasusnya celepuk saya itu jantan atau betina apa berbeda dok ? soalnnya saya gak tau jenis kelaminnya dok

      Delete
    3. dia pulang sendiri kok.. :)
      kadang emang dipanggil2 ama si padma dari balkon. dan saya tahu (entah bagaimana) si errol tahu kalau dia dipanggil2... :)

      sekarang gimana keadaan terkininya mas?

      Delete
  12. salam. dok saya mau nanya nih.

    dulu saya pernah prlihara crlepuk dari bulu jarum. udah bisa fof dan jinak sama semua orang. suatu hari saya pulang kampung. saya bawa dia. di kampung dia di datengin burung hantu lain, terus pas saya pulang lagi ke kota . burung hantu saya kabur. lengkap sama leash nya. lama gak ada tanda2 kehadiran di pohon ada suara burhan. tapi beda sama burhan saya suaranya. saya cari gak keliatan. saya panggil gak datang2.

    pertanyaan.

    1.apa mungkin dia pergi ingin kawin?
    2. kalo iya, apa bisa owl yang di pelihara dari bulu jarum di ternakkan dengan owl lain yang kita jodohkan?
    3. kalo ya bagaimana caranya. tolong dong dibuat artikelnya dok. biar owl gak punah di beli orang.

    last.
    metode aura itu bagaimana ya dok caranya. soalnya saya baca artikelnya bahasanya masih tersirat, saya yang awam masih kurang ngerti dok. padahal menurut saya itu metode yang bagus.

    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu mbak pahami bahwa burung hantu bersifat pemberontak. semua BOP alias burung pemburu memiliki sifat yang sama. sejinak apapun burung hantu, ada kemungkinan kabur. selalu ada resiko itu...

      1. kalau menurut saya, owl mbak pergi karena kurangnya imprint sama mbak. juga, karena dia dipengaruhi oleh owl lain. ya, biasanya ini terjadi kok. si errol aja beberapa kali minggat dari rumah, tapi karena emang errol dan saya sudah sangat imprint, jadi dia balik lagi... mengenai imprint, mbak bisa baca artikel imprint pada burung hantu...
      2. owl cenderung pemilih saat dikawinkan dengan owl lain. emang, bisa aja dikawinkan, tapi kadang mereka butuh waktu agak lama untuk bisa mating dengan owl lain yang 'diberikan' oleh masternya..... si errol dan padma aja sampai sekarang masih dalam proses 'pdkt', padahal udah 1 tahun lebih si padma saya dekatkan dengan si errol... yah, kadang si errol juga ngerti sih bahwa dia mau saya kawinkan, makanya kadang dia sok-sok-an cari tikus buat si padma keluar rumah, hehehehe....
      3. udah saya buat artikelnya: cara mengawinkan burung hantu...

      soal aura sebenernya lebih ke pengalaman saya aja. saya sih pake istilah imprint. tapi kalau mbak serius, chat aja sama saya ya... :)

      Delete
  13. Salam dok.
    Saya mau tanya untuk pemasangan equip pada celepuk sebaiknya pada usia brp ya?

    Mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari usia berapanya jujur aja gak terlalu penting. yang paling penting adalah, si owl terbiasa atau nggak. mau mas pasangin dia di usia tua pun kalau dia emang udah terbiasa, ya pasang aja.

      namun menurut pendapat pribadi saya, equipt sebenernya gak dibutuhkan dibutuhkan amat, mas. si errol aja gak pernah saya pasangin equip sampe sekarang. soalnya kalau dipasangin equip dia gak mau nurut ama saya. kadang ngambek, kamar saya diacak2/....

      Delete
  14. Dok saya mau tanya, kalo barn owl bertelur hanya 1x setahun ya?

    ReplyDelete
  15. Hallo dok,apa kabar?lama saya ndak mampir,hehehe..ttg rencana breeding yg saya sampaikan dl,benar2 sedang saya kerjakan dok,hehehe...saya sudah ada pasangan untuk milo (obay),namanya juli.sudah sebulan saya jodohkan.saya ambil juve.postur lebih besar,dan porsi makan 2x yg jantan.untuk kelamin sudah saya pastikan keduanya,termasuk cek kloaka dok.sepertinya sudah menunjukkan tanda jodoh dok.saling bermain paruh,selalu berdekatan,saling menggigit2 kecil bulu pasangan dsb.hanya sampai saat ini blm menunjukkan tanda akan kawin dok.saya memberikan suplemen vitalur sudah 2 minggu ini.tp tdk tahu sejauh mana kemajuannya.mungkin ada masukan dok dimana kendalanya?untuk usia sama2 juve.terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, saya seneng dengernya! :D
      emang agak lama sih biasanya biar mereka saling kenal, mas. kayak dulu si errol sama si padma juga butuh setahun lebih.
      jadi menurut saya, perlakukan aja kayak biasa. kayak mas lagi pelihara mereka berdua. biar mereka nyaman sama lingkungannya.... dengan begitu, nantinya keduanya bisa yakin untuk ber-reproduksi... :)

      untuk masukan dari saya, berikan super-n setetes setiap hari... :)

      Delete
  16. Dok mau tanya kalo BO yang masih bulu kapas perlu kita kasih minum tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep kasih minum, mas. yah sekali sehari aja cukup kayaknya.

      Delete
  17. Dok saya mau prihara baby burung hantu celepuk yg masih bulu kapas kira kira untuk terbang itu butuh berpa lama dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di atas udah ada keterangannya, mas... :D

      Delete
    2. dok saya baru adopsi burung celepuk udah tua udah saya karangtina 3hari kok masih bating aja ya apa kurang masa karangtina ya

      Delete
    3. masih perlu manning/penjinakan lagi mas. gak cukup karantina aja.

      dan lamanya penjinakkan tergantung karakter owlnya... :)

      Delete
  18. Dok, sekarang kan udah mulai musim hujan ya, saya sering baca kalau musim hujan itu agak kurang bagus buat unggas, nah gimana caranya biar burhan gak gampang sakit pas musim hujan dok ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.