Imprint Pada Burung Hantu | Drh. Fira Sovica

Meski termasuk pseudoscience, mempelajari

imprint pada burung hantu

memang sedikit banyak bisa menambah wawasan kita mengenai cara memelihara burung hantu. Hampir semua hewan sebenarnya bisa imprint ke manusia yang memiliki tipe aura yang sesuai dengan aura si hewan. Terkoneksinya aura hewan dan aura manusia akan membuat si hewan mempercayai manusia tersebut dan burung hantu jinak tanpa dilatih. Saya pernah membahas mengenai imprint di blog ini, yaitu imprint pada musang. Anda bisa membaca imprint pada musang untuk menambah wawasan anda.
Imprint Pada Burung Hantu
Image taken from http://en.wikipedia.org/
Meski kebanyakan terjadi pada hewan nocturnal (hewan yang aktif di malam hari), namun sebenarnya semua hewan bisa imprint kepada manusia. Metode agar burung hantu imprint kepada kita sebagai ownernya adalah dengan cara sering berinteraksi dan berbicara kepada burung hantu peliharaan kita. Memang mungkin agak sedikit aneh, tapi dengan sering berbicara kepada burung hantu peliharaan kita, mereka akan tahu kalau kehadiran mereka dianggap oleh manusia yang memelihara mereka. Selain itu, sering-seringlah menatap mata burung hantu kita saat berbicara kepada mereka. Biarkan mereka memahami dan 'membaca' pikiran kita hingga mereka tahu apa yang kita ucapkan.
Iya. Semua hewan sebenarnya bisa membaca pikiran manusia yang di sekelilingnya. Kuda, misalnya, akan membaca pikiran penunggangnya dari sentuhan tangan si pengendara. Dia akan tahu apakah si pengendara tersebut sedang merasa takut, tegang, merasa senang, merasa sedih, dan lain sebagainya.
Lain halnya dengan hewan nocturnal atau hewan yang aktif di malam hari seperti burung hantu, sugar glider, musang, dan lain sebagainya. Hewan nocturnal mampu membaca isi pikiran kita hanya dari tatapan mata. Secara alami, insting berburu dan sense burung hantu dan hewan nocturnal lainnya memang lebih tajam dibanding hewan lain. Bahkan, teknologi sonar yang dibuat oleh manusia diadaptasi dari kelelawar.
Beberapa penyebab imprint pada burung hantu sebenarnya sama saja dengan sebab imprint pada musang. Anda bisa membaca artikel imprint pada musang. Anda juga bisa membaca artikel hal-hal yang salah dalam menjinakkan burung hantu dengan membaca artikel hal salah yang sering dilakukan saat memelihara burung hantu. Saran, kritik, dan konsultasi mengenai kesehatan burung hantu bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

98 Responses to "Imprint Pada Burung Hantu"

  1. Dok barn owl saya kga mau makan terus matanya tertutup sebelah apa solusi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada banyak variabel sebenernya yang harus saya tanyakan.
      fesesnya gimana? sebelumnya dikasih makan apa? cara perawatannya seperti apa? dll.... saya juga perlu memeriksanya juga, terutama bagian lidah dan mata. kalau hanya mas sebut "gak mau makan dan matanya tertutup sebelah", jujur saya kesulitan mengetahui penyebabnya....

      saran saya, bawa aja ke dokter hewan agar bisa dicek-up sekalian mas... atau mungkin mas lebih detailkan lagi...

      Delete
    2. Bu owl saya ngeluarin lgi makannya yg dikasih

      Delete
    3. silakan baca artikel saya burung hantu muntah

      Delete
  2. Dok B.O saya usia brancher awal, makan lahap bgt sampe seolah-olah ga kenyang2 .. berisik terus minta mkn itu knp ya dok ? satu lg yg saya bingung itu gmn cara latih B.O supaya mau nangkring di tangkringan? apa ada latihan khusus ? mohon petunjuknya, trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama dia mencaplok makanannya, kasih aja terus. tapi dikit2 aja dikasihnya (dagingnya dicacah dulu)...
      gak kok. owl biasanya bisa nangkring sendiri... :)

      Delete
  3. Dok bo saya chick akhir, dan akhir" ini dia kgamau makan itu knp ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebabnya. coba dijelaskan lagi terutama:
      1. makanan yang biasa diberikan
      2. cek juga fesesnya. samakan dengan gambar feses di artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya.
      3. udara juga sedang gak bagus buat owl. banyak owl yang sakit sekarang2 ini, mungkin karena pancaroba.....

      coba lebih dijelaskan lagi ya mas... :)

      Delete
    2. Makannya daging sapi, warna feses nya putih coklat dok udh itu aja

      Delete
    3. kalau memang daging yang diberikan adalah daging sapi segar (bukan beku-an), berarti ada sebab lain. lebih baik bawa ke dokter hewan aja agar bisa dicek langsung apa sakitnya.... :)

      Delete
    4. Kalo dokter hewan jakarta utara yg khusus burung hantu dmn ?

      Delete
    5. di blog saya ini ada daftar nomor telepon dan alamat dokter hewan sejakarta raya... :)

      Delete
    6. Dok owl saya sayapnya patah karna jatuh itu penanganannya gmn ?

      Delete
    7. bawa saja ke dokter hewan. soalnya dokter harus liat langsung kondisi sayapnya...

      Delete
    8. Kira" owl saya bisa pulih kembali atau ada yg cacat dok ?

      Delete
    9. kalau memang belum terlalu parah dan dapat penanganan dokter, pasti bisa pulih kembali... :)

      Delete
  4. Dok, saya saat ini sedang berusaha menjinakkan celepuk saya yang sudah mature. Jika pagi dan magrib saat jam makannya, kandangnya biasa saya buka dan saya elus tapi dia tidak kabur dan jinak (senang).
    Ketika malam, sebelum saya tidur, saya melepasnya di kamar saya, tapi dia terus menabrakkan dirinya ke jendela (ingin keluar sepertinya). Jadi sebaiknya saya harus bagaimana?
    Karena kasihan, saya memutuskan untuk menaruhnya ke kandang.
    Saat di kandang, dia masih saja berisik dan akan berhenti saat saya mulai berbicara. Apa tindakannya ini artinya dia mulai mengenali suara saya atau hanya sebuah bentuk alert?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya senang mbak mengajaknya berbicara. terus lakukan seperti itu. dulu si errol juga kayak gitu.
      yang pasti, jangan putus asa. lakukan langkah dalam artikel cara menjinakkan burung hantu.

      maaf baru bales ya mbak. saya baru pulang dinas...

      Delete
    2. Ga papa, dok..
      Makasih juga udah dibales.. :)
      Btw, saya mau nanya lagi dong, dok hehehe..
      Biar dia biasa nangkring di perch yang saya kasih, harus diapain ya?
      Saya biasa melepas dia tiap malam saja di kamar saya. Kalo pagi sampe malem biasa saya taruh kadang biar lebih mudah dikasih makan dan saya liat dia pun memang tidur saja sepanjang siang jadi walau ditaruh di kandang, tidak akan merusak sayapnya.

      Delete
  5. Dok, saya baru punya bururng hantu, ada 2. karena saya masih belum punya tempat, jadi saya jadiin satu ruangan di kamar mandi. yang belum bisa terbang di bath tub, yang udah bisa terbang di saya taro di tenggeran.

    saya punya beberapa pertanyaan:

    1. maksudnya adaptasi 12 jam, saya tetep masuk kasih makan mereka kan? soalnya tiap 4 jam sekali saya masuk kasih mereka makan, apa itu boleh? setelah masa adaptasi apakah saya hanya perlu memberikan makan 2 kali sehari?

    2. Saya berencana masukin salah satu ke dalem kardus kulkas dan rencananya yang lebih agresif yaitu si burung yang masih belum bisa terbang. apakah itu lebih baik? karena saya kira, karena temennya berisik dia jadi stress dan ikut berisik + agresif
    Dan, apakah saya harus kasih tongkat tangkringan dalam kardus waktu dia adaptasi?

    3. Dua-duanya berisik terus dari perjalanan sampe ke rumah hingga malem, cuma siang doang mereka nggak berisik benatar (tadi mereka tidur, matanya merem, yang satu berdiri pake satu kaki merem tapi mulutnya masih bunyi terus) apakah itu normal? mereka sehat?

    4. apakah setelah mereka beradaptasi salah satu boleh saya taro di dalem kandang kalo malem doang biar saya taro di samping tempat tidur saya? (saya belum punya equipment karena saya pikir mereka masih kecil, kasian kalo dipasang)

    5. saya baca beberapa artikel dokter, bagaimana caranya mengajari burhan itu biar buang kotoran di tempatnya?

    6. Lebih baik burhan itu saya 'perkenalkan' kepada keluarga saya itu kapan? saya takut kalo mereka tiba-tiba stress karena takut kebanyakan orang yang lihat.

    Kira-kira segitu pertanyaan saya dok, maaf kalo banyak tanya, mohon dijawab karena saya
    bingung sama no 4, takut habis itu jadi pada takut dan jadi stress.

    Maaf merepotkan, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya saya mohon maaf karena baru sempet bales sekarang. sibuk banget akhir2 ini. ini jawaban saya.
      sebelumnya saya mau tanya: apakah mbak siap memelihara 2 owl sekaligus? udah pernah piara sebelumnya? soalnya kalau untuk pemula, 1 juga kadang repot loh mbak. :)

      1. maksudnya adaptasi 12 jam, saya tetep masuk kasih makan mereka kan? soalnya tiap 4 jam sekali saya masuk kasih mereka makan, apa itu boleh? setelah masa adaptasi apakah saya hanya perlu memberikan makan 2 kali sehari?
      jawab: iya, masa adaptasi sambil kasih makan. boleh aja sesekali masuk. mau mbak diem di ruangan tempat owlnya adaptasi juga oke, asalkan jangan berisik. setelah masa adaptasi kasih makan sesuai aturannya. silakan baca artikel cara memelihara burung hantu lainnya.

      2. Saya berencana masukin salah satu ke dalem kardus kulkas dan rencananya yang lebih agresif yaitu si burung yang masih belum bisa terbang. apakah itu lebih baik? karena saya kira, karena temennya berisik dia jadi stress dan ikut berisik + agresif
      Dan, apakah saya harus kasih tongkat tangkringan dalam kardus waktu dia adaptasi?
      jawab: kalau menurut saya, dua duanya aja masukkin ke dus kulkas. kasih tangkringan 2 buah agar masing2 owl punya tangkringan sendiri. :)

      3. Dua-duanya berisik terus dari perjalanan sampe ke rumah hingga malem, cuma siang doang mereka nggak berisik benatar (tadi mereka tidur, matanya merem, yang satu berdiri pake satu kaki merem tapi mulutnya masih bunyi terus) apakah itu normal? mereka sehat?
      jawab: itu normal. saya malah seneng kalau owl berisik. itu artinya mereka sehat. kalau owl yang diem aja malah itu artinya dia sakit.

      4. apakah setelah mereka beradaptasi salah satu boleh saya taro di dalem kandang kalo malem doang biar saya taro di samping tempat tidur saya? (saya belum punya equipment karena saya pikir mereka masih kecil, kasian kalo dipasang)
      jawab: kalau emang masih chick, jangan dipakaikan equipt dulu. biar dia lebih percaya kepada ownernya. mau ditaruh di samping tempat tidur itu lebih bagus. dia bisa lihat ownernya tidur kadang bisa membuat dia cepat jinaknya.

      5. saya baca beberapa artikel dokter, bagaimana caranya mengajari burhan itu biar buang kotoran di tempatnya?
      jawab: pembiasaan, latihan, dan coba ciptakan 'koneksi' kepada si burung hantunya. silakan baca artikel saya imprint burung hantu. baca juga artikel2 saya yang lain. si errol bisa sendiri tanpa diajari. saya cuma kebiasaan naro koran di bawah perchnya, akhirnya dia tahu kalau mau pup itu di koran...

      6. Lebih baik burhan itu saya 'perkenalkan' kepada keluarga saya itu kapan? saya takut kalo mereka tiba-tiba stress karena takut kebanyakan orang yang lihat.
      jawab: bisa dari sekarang, dari sejak chick. kalau kebanyakan lihat orang sih apa. yang harus dihindari adalah suara dan musik yang keras banget. yang mengagetkan. kalau hanya banyak orang tapi gak berisik banget ya gak apa2.. saya di rumah semuanya pecinta burung pemburu. kakak2 dan ayah saya pelihara BWK, alap-alap, cuma saya aja yang pelihara owl. kebayang gimana ramenya rumah saya... tapi si errol baik2 aja. soalnya suaranya gak mengagetkan atau tidak terlalu keras.

      seneng bisa bantu. kalau ada apa2, bisa ke blog ini lagi...

      Delete
  6. Dok, saya baru punya bururng hantu, ada 2. karena saya masih belum punya tempat, jadi saya jadiin satu ruangan di kamar mandi. yang belum bisa terbang di bath tub, yang udah bisa terbang di saya taro di tenggeran.

    saya punya beberapa pertanyaan:

    1. maksudnya adaptasi 12 jam, saya tetep masuk kasih makan mereka kan? soalnya tiap 4 jam sekali saya masuk kasih mereka makan, apa itu boleh? setelah masa adaptasi apakah saya hanya perlu memberikan makan 2 kali sehari?

    2. Saya berencana masukin salah satu ke dalem kardus kulkas dan rencananya yang lebih agresif yaitu si burung yang masih belum bisa terbang. apakah itu lebih baik? karena saya kira, karena temennya berisik dia jadi stress dan ikut berisik + agresif

    3. Dua-duanya berisik terus dari perjalanan sampe ke rumah hingga malem, cuma siang doang mereka nggak berisik benatar (tadi mereka tidur, matanya merem, yang satu berdiri pake satu kaki merem tapi mulutnya masih bunyi terus) apakah itu normal? mereka sehat?

    4. apakah setelah mereka beradaptasi salah satu boleh saya taro di dalem kandang kalo malem doang biar saya taro di samping tempat tidur saya? (saya belum punya equipment karena saya pikir mereka masih kecil, kasian kalo dipasang)

    5. saya baca beberapa artikel dokter, bagaimana caranya mengajari burhan itu biar buang kotoran di tempatnya?

    6. Lebih baik burhan itu saya 'perkenalkan' kepada keluarga saya itu kapan? saya takut kalo mereka tiba-tiba stress karena takut kebanyakan orang yang lihat.

    Kira-kira segitu pertanyaan saya dok, maaf kalo banyak tanya, mohon dijawab karena saya
    bingung sama no 4, takut habis itu jadi pada takut dan jadi stress.

    Maaf merepotkan, terima kasih.

    ReplyDelete
  7. dok mau tnya nih.. pada usia brapakah burung hantu bru bisa terbang? lantas gimana caranya agar burung hantu tidak membuang kotoranya di sembarang tempat? itu saja. mohon di tanggapi. trimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. keterangan burung hantu mulai bisa terbang bisa dibaca di artikel saya siklus hidup burung hantu.
      cara agar burung hantu tidak pup di sembarangan tempat bisa dibiasakan dan dilatih. artikelnya sedang saya susun. sebenernya udah saya bahas juga sekilas di artikel lain.
      coba mas search2 aja dulu di bagian cari artikel...

      Delete
  8. Salam kenal dok, saya sering baca-baca artikel anda terutama mengenakan burung hantu, yang ingin saya tanyakan tentang erol burung hantu anda yang dilepas malam hari dan berburu di alam, bisa seberapa Jauh jarak burung hantu terbang? lalu bagaimana bila dilepas di lingkungan perkotaan? apakah rumah erol juga diperkotaan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, salam kenal juga.
      errol masih tinggal di tempat domisili saya di bogor utara, mas. tempatnya emang masih asri. banyak pohon dan bukit2. dan dia hanya kenal daerah situ aja. soal jaraknya berburunya, agak lumayan luas sih. dulu ada temen saya yang rumahnya kurang lebih 8km, katanya dia liat si errol di depan rumahnya. tapi errol selalu nyamperin kalau saya panggil dari balkon rumah.

      apakah saya pernah melepas errol di lingkungan perkotaan? pernah. saya kalau mudik (termasuk sekarang) ke rumah eyang kakung di daerah jawa timur, biasanya errol dan padma saya bawa. dan saya berani lepas dia di sana. errol udah tahu kok lingkungan itu, karena emang sering saya bawa kalau mudik... :)

      kalau toh misalnya saya sedang dinas keluar kota, dan errol saya bawa, saya nggak berani melepas dia di kota yang baru saya singgahi. biasanya errol butuh mengenali lingkungan barunya, sekitar 3 hingga 10 hari sebelum akhirnya dia free flight di lingkungan itu... :)

      Delete
  9. Dok apakah berdampak buruk bagi kesehatan saya jika owl saya di tempatkan di kamar saya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pelihara si errol burung hantu saya sejak saya kuliah. dan dulu saya ngekos. saya dan si errol satu kamar. selama kita bisa jaga kebersihan dan sirkulasi udaranya bagus, dan kita bisa menjaga kebersihan owlnya, saya kira gak ada masalah... :)

      Delete
  10. terus,gmana klo mlm lampu kamar saya gadi matin gapapa?

    ReplyDelete
  11. ok makasih dok,terus dok saya mau beli barn owl, kira" mending usia chick atau brancher?

    ReplyDelete
    Replies
    1. chick atau brancher oke, asalkan jangan yang juvenile atau adult...

      kalau masih brancher atau juvenile, mending jangan dipasangin angklett dulu biar dia lebih percaya sama kita. dengan begitu dia bisa lebih gampang jinak...

      Delete
  12. terus klo usia BO usia brancher di pasangin anklet gmana?

    ReplyDelete
  13. Terus gmna kotorannya dok soalnya mau di simpen d kamar saya??:D

    ReplyDelete
  14. Kamar sya lumayan sempit 3×1.5

    ReplyDelete
  15. Dok saya mau nanya nih, saya mau pelihara celepuk kira2 bagusnya ngambil dimana ya? Saya domisili jakarta timur bisa email ke amransuarezz@gmail.com
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ngambil mas. nanti digebukin orang. beli di jatinegara murah kok... :)

      Delete
  16. Dok saya mau tanya nih,,,
    Saya kan sekarang lg keep celepuk,,usia nya juvenille dan skarang lg moulting...
    Nah yg saya mau tanyakan...
    Setiap saya latih JTTF ke arah luar ruangan dia ngga mau nyamperin,,tp kalo dari luar ke arah dalem ruangan ngga pake manggil berkali" dok...
    Nah itu gimana yah cara mengatasi nya agar dia mao nyamperin ke arah luar ???
    Sebelum nya saya ucapkan terima kasih dok untuk saran dan masukan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas jarang ajak dia jalan2 ke luar ya?
      bener? coba lebih sering diajak main ke luar, biar dia kenal juga sama suasana di luar...

      kalau mas latihnya malem gimana? masih sama? karena kemungkinan lain, dia canggung buat keluar karena siang....

      Delete
    2. Setiap malem saya taro diluar dok dan ngga jarang orang yg ajak main sekedar pegang,,karna lokasi saya keep ini rental playstation dok,, jd kan ngga sedikit aktifitas nya..

      Tetep sama dok,,kalo di train malem cuma di goyang" kepala ajja,,sesekali sih mau nyamperin itu jg saya coba terapi puasa seharian dok dan kalo udah masuk Dua tiga jangkrik udah males lg nyamperin padahal mah perut nya masih kosong dok

      Delete
    3. yang penting jangan dipaksa. kalau emang dia maunya latihan 2 ekor jangkrik aja, ya udah. ikutin aja. saya juga dulu sama si errol gitu kok.

      dengan cara tidak memaksanya saat berlatih, nantinya malah dia yang nurut sama kita. percaya sama saya. :)

      mungkin itu juga masalahnya. dia belum 'trust' sama masnya karena masnya terlalu 'ingin dia begini dan begitu'. owl egonya gede, mas. mereka gak suka dikekang... :)

      rutin kasih super-n, setetes setiap hari...

      Delete
  17. Oia dok satu lg yg pengen saya tanya nih..
    Semalem kan saya baru dapet lg nih celepuk dua ekor usia chick,,yg satu big size kaya nya (agak gede soal nya)..
    Nah pas di tempat penjual itu aktif bgt dua" nya,,sampe dirumah pun masih aktif sampe" masuk jangkrik 8 ekor..
    Nah pas pagi hari nya sampe sore ini nafsu makan nya agak kurang dok cuma 4/5 jangkrik udah ngga mau lg..
    Nah yg agak gede jg terlihat lesu dok,,mojok di sudut kardus terus dan ngga berisik lg..
    Itu knapa yah dok kira"..

    #feses nya yg satu hitam pekat 1 warna,,nah yg satu lg hitam ke hijauan,,jg satu warna...

    Skali lg saya ucapkan banyak" terimakasih dok untuk saran dan masukan nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk yang agak besar (yang diem), coba mas kasih super-n dan karantina. cekk artikel saya CARA KARANTINA BURUNG HANTU.

      kedua owl jangan disatuin. pisah aja.


      sama 22nya kasih super-n, setetes setiap hari.

      untuk makanannya, gak apa2 sedikit juga. wajar. mungkin masih stress.

      Delete
    2. Memang gpp dok usia segitu dikasih super-N??
      Skarang sih masih saya rutinin bubuk sotong dok..
      Oia,,boleh kan dok usia chick di jemur panas pagi dibawah jam 8??

      Delete
    3. nggak apa2, dikasih super-n.
      tulang sotong cukup seminggu sekali atau dua kali aja mas. jangan keseringan. malah ganggu sistem cernanya ntar

      jemur juga boleh, asal jangan kelamaan ya. maksimal 10 menit aja. maksimal.

      Delete
    4. Ok dok skali lg terima kasih untuk saran dan masukan nya..

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. https://postimg.org/image/af736aboz

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Dok saya mau tanya ciri ciri klo burung hantu udh imprint kepada pemiliknya itu ciri cirinya gmana yh dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya kalo menjelaskan secara tepat apa ciri burung hantu yang sudah imprint. saya akan coba menjelaskan sebisanya ya mas... :)

      burung yang sudah imprint biasanya mudah memahami apa yang masternya perintahkan karena mereka berdua sudah saling terikat. kalo hewan lain, ada istilah bonding, yaitu terikat secara batin dengan hewan peliharaan. kalo imprint, lebih erat lagi terikatnya. bisa dikatakan, kalo imprint itu udah kayak satu jiwa.

      nggak ada bahasa yang bisa menjelaskan bagaimana imprint terjadi. tapi biasanya si master bisa paham apa yang diinginkan burung hantunya, dan si burung hantu juga bisa tahu apa maksud masternya.

      contoh: kadang ada kucing yang suka duduk di beranda kalau tuannya mau pulang, kan? nah bisa jadi karena dia tahu masternya mau pulang. meski tuannya pulang di jam yang tidak ditentukan, si kucing pasti akan duduk di depan rumah, nunggu tuannya pulang.

      nah burung hantu juga ada yang kayak gitu. dulu si errol suka nunggu saya di depan rumah kalo saya lagi di jalan pulang. dan saya juga entah kenapa suka kesel mendadak kalo malem hari turun hujan. nggak tahu aja kenapa. saya rasa ini perasaannya si errol yang tentu aja nggak bisa main keluar kalo malam hujan....

      si errol juga tahu kalo saya lagi sedih. dia suka mendadak menclok di bahu saya, dan sayapnya di naikkan ke kepala saya kalo lagi sedih.... kayak ngelus2 gitu....

      itulah contohnya.... :)

      Delete
  22. Terima kasih dok atas infonya soalnya saya msih newbie dok mkasih atas infonya sangat membantu😊😊

    ReplyDelete
  23. maaf dok mau tanya apakah imprint ini juga berlaku kepada alap2 kawah? itu saja pertanyaan saya makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hewan sebenernya lebih memahami kita daripada yang kita kira selama ini. iya, semuanya... jadi secara prinsip, semua hewan bisa aja imprint sama manusia... :)

      Delete
  24. dok klo misalkan bop di ajak ngobrol trus dia ada respon semacam "cik cik cik" trus klo misalkan di panggil nama udah nengok tpi pas udah nengok dia malah merhatiin yg lain apakah itu tandanya burung sudah mulai percaya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjutkan, udah mulai ada progress, mas... :)
      udah mulai mengenal, tapi mulai ragu2...

      Delete
    2. maksudnya mulai mengenai, tapi masih ragu2... :D
      maaf salah ketik... :D

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. supaya bop ga ragu itu selain di ajak ngobrol klo tiap ngasih makan harus sering bertatap muka dan interaksi dok ?

      Delete
    5. dok klo cara mengobati bop bersin dan bersiin lendir di idungnya supaya ga nutupin pke apa yah ?

      Delete
    6. disedot pake pipet, mas. disedot ya, buat disemprot pake udara pipet. jadi pipetnya mas teken semua sampe anginnya keluar, ujung pipetnya mas taro di depan lubang hidung, terus lepas karet pipetnya biar udaranya ketarik lagi dari ujung pipet...

      kalo gak jijik sih sedot aja pake sedotan akua, hehehe. itu juga kalo gak jijik. :D

      atau bisa mas jemur. jangan lama2. cukup 10 menit aja pagi2 pas lagi ada matahri...

      kasih super-n, dan pastikan kandangnya gak dingin...

      Delete
    7. klo lendir yg kering bersiin pke cotton bud trus air anget ga apa apa dok ?

      Delete
    8. bisa sih. tapi kalo pake cotton bud kan cuma di bagian luar lubang hidungnya aja mas. :)

      Delete
    9. allhamdulilah dok sejauh ini kondisinya tambah sehat tidak ada perubahan apa apa cman untuk skrg msih saya simpan di dus trus di kasih lampu supaya hangat dan di jemur dan di beri super n tentunya terimakasih dok atas saran nya

      Delete
    10. sekarang gimana keadaannya mas? :)

      kasih super-n setetes setiap hari

      Delete
    11. makan masih lahap dan jga aktif sekali dok mulai testing sayap jalan jalan di sarang (jerami yg di buletin jdi saran)
      tpi kadang bersin dok tpi ga sering misalkan sehari cman 1-2
      saya kasih super n setetes tiap malem dok sesudah makan malam hehe

      Delete
    12. sip. sekarang gimana keadaannya? kalo masnya libur, bisa jemur dia, mas. jangan kelamaan, cukup 10 menit aja. :)

      Delete
  25. Dok saya ada che dm.
    Jitot dpet beli.
    Makan bagus selalu diglove.
    Tp yg aneh.
    Gamau makan pakan hidup dok.
    Udah saya coba, dari mencit puyuh (doq) emprit.
    Semuanya gamau dimakan dok diliatin doang. ( posisinya saya jepit pake jempol pakan hidupnya diglove)
    Kaya yg ilang insting membunuhnya.
    Gmana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih bayi tikus putih yang masih merah, yang belum melek. pokoknya yang bayi banget. biasanya disebut pinkies. cara kasihnya, taro aja deket burungnya, terus tinggal. jangan diliatin. tiap 10 menit, cek. :)

      udah pernah saya bahas di artikel https://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.co.id/2017/04/cara-agar-burung-hantu-mau-makan.html

      Delete
  26. Iya dok terimakasih saranya.
    Dan mau tanya 1 lagi dok.
    Saya ada CG umur brancer menuju juve awal.
    Dia kalo ngedenger suara nyaring kepalanya langsung geleng2 ( kaya isyarat bilang ngga kalo dimanusia) tapi cepet bgt, dan idungnya aga berair dok.
    Apakah kena pilek?
    Atau karna efek pilek jadi ngedenger suara nyari langsung geleng cepet.
    Terimakasih dok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya bukan karena suara, tapi emang lagi pilek aja.
      yah, suara juga ganggu dia sih. maka dari itu, coba pindahin aja ke ruangan yang sepi suara yang gak dingin udaranya, terus untuk pileknya, mas kasih super-n. setetes pagi, dan setetes sore.

      Delete
  27. Denger suara nyaring manusia juga langsung geleng2 dok.
    Ngomong vokal E dan I.
    Dengan suara aga keras dideket dia -+ 1 meter.
    Tetesin ke mulutnya dok?
    Atau hidungnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, tetes ke mulutnya.
      kayaknya dulu juga awal2 pelihara si errol, sama deh, errol juga kayak gitu. kalo denger suara ayah saya yang tegas biasanya dia ngumpet di balik kepala saya :D

      nanti juga terbiasa sih mas. jadi yang terpenting sekarang adalah gimana caranya agar dia kenal sama mas. sering2 main sama dia, biar dia kenal... :)

      Delete
  28. Oke mba makasih banyak penjelasannya.
    Iya ini juga setiap pagi dan malam.
    Kalo sama saya sih udah gatakut.
    Tp kalo saya pake glove takut dia ampe kabur kaburan 😂

    ReplyDelete
  29. Dok, saya mau pasang anklet sama jesse buat si feto, tp dia berontak terus, mau saya paksain tapi kasihan. Gimana ya caranya ? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dipaksain, mas. stop aja.
      lebih sering manning lagi. biar dia kenal sama masnya. bagusnya sih kalau masnya mau tidur, masukkan dia ke kamar. biar dia bisa lihat pas masnya tidur. nantinya dia akan lebih percaya sama kita sebagai masternya.... :)

      si feto mas pelihara sejak kapan? :)

      fesesnya sehat?

      Delete
    2. Baru sebulan lebih sih dok, tp baru seminggu ini saya taro di kamar saya, tidur di kamar saya, tadinya di gudang. Alhamdulillah selama saya pelihara fesesnya sehat terus dok, makan pun rakus, pagi malam pun cerewet :D masih fof dok, tp kalau abis makan maunya ndusel2 mulu di kaki saya, kan sayanya sambil duduk sila dok, kadang dia naik ke pangkuan saya terus saya elus2 kepalanya, kadang kalau lg di tangan, maunya naik mulu ke pundak.
      Oh iya pernah saya kasih pinkies dok, saya lukain dikit, terus saya tinggal setengah jam, gak dimakan2 jg, padahal udah waktunya makan. Terus saya coba suapin 1, dimakan, terus saya lukain lg 1 lg, trs saya tinggal lg udah 3 jam, dimakan 1 tp yg gak dilukai, nah malah sampe disemutin si pinkies nya dok, daripada mubadzir akhirnya saya suapin aja lah sisanya, dimakan semua malah sama dia lahap bgt. Terus beberapa hari yg lalu saya kasih pinkies lg, sama, yg dimakan sendiri cuma satu. Suka sedih dok kalau ingat itu, ngerasa kalau dia belum bisa berburu sendiri.

      Delete
    3. nah itu sebenernya progressnya udah bagus. tinggal kurang manning lebih lama lagi. :D

      jadi dia lebih suka yang gak dilukain ya? ya udah kasih aja coba yang gak dilukain. nggak apa2. mungkin karena dia lebih gede pd-nya. merasa kalau dia bisa sendiri, hehehehe. si padma kayak gitu juga wataknya... :D

      super-n lancar? rutin? :)

      Delete
    4. Super N lancar tiao hari, tp dia selalu mundur2 kalau mau dikasih super N, saya gak tega buat buka mulutnya, akhirnya selalu saya tetesin di paruhnya aja, biar ngalir sendiri ke dalam mulutnya, dia selalu ngecap2in mulutnya tiap abis ditetesin super n, kaya manusia kalau ada rasa aneh di mulutnya gt lho dok.

      Lebih aneh lg td sore, saya kasih pinkies 5, biasa lah saya lukain dl, sampe malam ga dimakan2 jg, akhirnya saya suapin, eh..cuma digigit2 aja sambil dipegangin pake cakarnya, abis itu dilepasin,saya suapin lg malah mundur2. Terus saya coba deh kasih jangkrik aja, eh dia malah rakus bgt kaya kelaparan. Kenapa ya dok? Terakhir saya kasih pinkies hari jumat, ke hari selasa, apa terlalu rapet ya jaraknya? Jd dia bosen

      Terus semalam pas saya mau tdr, udah baring2 di kasur, si feto terbang dr perch nya nyanperin ke kasur saya, saya ajak main bentar sambil elus2, terus saya taro lg di perch nya, maksudnya biar dia gak eek di kasur dok hahaha...terus jg saya mau tdr takut ketendang atau apa kan. Abis saya taro di perch, ga lama nyamperin lg, ada 3 kali nya begitu trs. Terus saya pikir, dia lapar kali ya, langsung deh kasih makan, udah kenyang saya taro lg di perch, eh malah anteng dia hahahaa

      Delete
    5. ya, nggak apa2 kayak gitu ngasih super-n nya... :)

      dia bosenan kayak nya. feto jenis owl yang bosenan. feto itu celepuk? jenisnya apa?
      kalo kayak gitu, emang lebih baik ganti2.

      dia antara mau ngusilin masnya, ajak main, sama laper, hehehehe. untung masnya peka, jadi tahu sebenernya dia mau apa. :D

      good. lanjut lagi. perkembangannya bagus banget. :)

      Delete
    6. Iya feto itu celepuk dok.

      Mau tanya lg dok, penasaran aja. Dokter pernah punya celepuk jg kan ya? Setau dokter, ada berapa jenis suara celepuk?
      Soalnya yg sering saya denger ada 3, pertama suara cerewet biasa kalau pagi atau kpn pun itu, kedua suara ciap2 kalo pas kita pegang badannya kaya mau angkat dia dr perch dll, ketiga suara cetok cetok kaya org jentikin jari. Nah ceritanya saya mau mindahin dia dr kamar saya ke gudang, nah kebetulan saya saya pelihara alligator gar jg di akuarium samping kamar saya dok, lumayan gede, terus si feto merhatiiiiin terus, saya jg biarin aja berhenti dl di akuarium itu biar dia perhatiin aja sampe puas, nah sambil merhatiin, terus dia ngeluarin suara lg yg beda dr yg 3 diatas td dok, kaya burung berkicau suaranya, sayang bgt gak sempet saya rekam. Itu suara menandakan dia knp ya dok? Penasaran kah, takut kah? Secara kan serem tuh alligator

      Delete
    7. maaf baru balas, mas. iya, dulu burung hantu pertama saya celepuk.
      soal suara emang banyak sih jenis suaranya. mungkin nanti akan saya buatkan artikelnya.

      kalau suara pas dia dipindahkan ke tempat yang menurut dia asing, biasanya karena dia ingin tahu atau terasa asing aja. :)

      sekarang gimana? masih mengeluarkan suara yang sama? :)

      Delete
    8. Udah ga lg dok. Tadinya setiap lewat akuarium yg isinya alligator itu, pasti dia bunyi begitu dok, setelah beberapa kali saya coba deketin dia ke akuarium, udah ga bunyi begitu lg

      Delete
    9. oh, sekarang mungkin udah kenal. :)

      sehat semuanya? owlnya? L:)

      Delete
    10. Alhamdulillah semuanya sehat, sehat jasmani rohani dan ekonomi 😁
      Cuma si Feto lg mabung dok, banyak bulu2 rontok di kamar, terus dia jg ga begitu cerewet skrg, saya jg jarang ajak main, sesekali aja kalau mau tdr.

      Delete
    11. iya, biarin aja, hehehe.

      soal merawat burung hantu mabung, udah saya tulis kok artikelnya... :)

      Delete
  30. dok, umur berapa barn owl mengurangi teriakannya ? karena sekarang bersuara tanpa henti. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak bakal berkurang, mas. karena itu udah karakternya dia. ada burung hantu yang emang 'rame', ada juga yang emang pendiem...

      justru mas harus seneng. kalau karakter burung hantu mas termasuk 'rame', artinya sering bersuara, mas lebih gampang tahu dia sehat atau nggak. kalau dia bersuara, berarti dia sehat. kalau dia diem aja, mas kudu curiga.... coba cek artikel parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Sesekali berhenti bersuara klo gak ada orang. Tapi klo ada saya datang atau orang lain bersuara trus tanpa henti berteriak, apa lagi klo jam makan, kadang bikin kuping kita sakit.. Trus saya mau tanya soal jumlah pakan dok, maksimal nya berapa ekor tiput ukuran sedang saya kasih nya? B0 saya rakus banget, sekali makan saya kasih 3 ekor tiput ukuran sedang tapi masih minta lagi.. Mau kasih lagi takut kebanyakan. Sehari 2x makan. Dari chick sampe skrg remaja makan nya ruar biasaa hahah Trus cara nya supaya dia di tangkringan gmana ya, tiap saya dateng ke gudang selalu terbang ke lantai ke kaki saya, kemana2 ngikutin kaki saya.. hahah.. sorry dok klo kepanjangan. Terima kasih.

      Delete
  31. Oh iya dok, klo saya ganti pakan nya pakai anakan puyuh bagus juga kan ya ? Jumlah berapa ekor anakan puyuh ya ? Sebelum Biasa saya kasih 3 ekor tiput ukuran sedang sekali makan. Terima kasih dok.

    ReplyDelete
  32. Dok sy mw nanya klo owl yg di biasakan makan di suapin dari kecil bisa di latih instingnya berburunya lg ga?

    ReplyDelete
  33. Salam dok. Hari ini si Feto belum pulang, khawatir, cemas, sedih. Emang ini baru hari kedua saya keluarin kalau malam dok, kemarin dia masih balik lagi. Tapi ada "kecelakaan". Ceritanya bapak saya liat pintu kamar mandi kebuka, terus dia mau nutup, ko gak bisa2, akhirnya dia paksa tutup, terus si Feto jatuh, ternyata ada Feto di atas pintu itu, bapak saya gak lihat. Terus bapak saya teriak2 bangunin saya, ceritai itu, terus si Feto saya deketin, tp dia ketakutan terbang tapi nabrak nabrak gt dok, terbang nabrak jatuh, gt2 aja, terus sempat ngasih sikap difensif jg. Terus saya elus2 sampe akhirnya dia tenang, dan untungnya gak knp2, awalnya saya kira kaki nya patah, kejepit pintu,ternyata gak, kayanya cuma pusing aja mungkin pas bapak saya paksa tutup pintu terus dia kejedut, makanya nabrak2 pas terbang. Udah seharian itu saya sedih takut kenapa2, saya coba setiap 2 jam sekali saya kasih makan biar gak stress, alhamdulillah normal lg, bisa diajak main. Semalam saya emang agak ragu2 mau ngeluarin dia dok, tp akhirnya saya keluarin jg, eh sampe sekarang blm pulang2, apa dia gak betah ya dok ? atau marah ?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.