Monday, May 12, 2014

Imprint Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Sebagai dokter hewan, penulis banyak menemui kasus dimana ada musang galak yang langsung jinak tanpa dijinakkan atau dilatih bahkan pada saat dia pertama kali bertemu ownernya tanpa melalui proses melatih musang atau menjinakkan musang terlebih dahulu. Kasus dimana musang galak bisa langsung jinak tanpa dijinakkan atau dilatih disebut imprint. Dan bukan hanya musang yang punya kasus imprint. Hewan-hewan lain seperti kasus imprint pada kuda, imprint pada keledai, imprint pada sugar glider, imprint pada anjing, dan lain sebagainya.
Imprint Pada Musang
Image taken from kaskus.co.id
Sama halnya dengan kasus imprint pada hewan lain, imprint pada musang juga tidak bisa dijelaskan oleh logika.
Imprint terjadi karena kedekatan secara emosional dengan hewan tertentu tanpa melalui proses latihan. Artinya, imprint terjadi karena kecocokan emosi antara manusia dan hewan, entah karena apa sebabnya.
Namun penulis sendiri memiliki teori tentang imprint. Menurut teori penulis, imprint terjadi saat aura manusia dan aura hewan bisa saling terkoneksi satu sama lain, dan aura hewan tersebut menerima koneksi dari aura si manusia alias tidak menolaknya. Meski kebanyakan aura hewan menolak aura manusia yang mencoba terkoneksi ke auranya, namun ada kasus khusus dimana aura si hewan menerima aura manusia yang terhubung ke dirinya. Nah, kasus terhubungnya aura hewan dan aura manusia pemiliknya penulis sebut sebagai imprint.
Ciri musang yang imprint ke pemiliknya.
Tidak ada ciri atau tanda imprint musang pada manusia tertentu. Namun dari kasus yang penulis pernah tangani sebagai dokter hewan, musang yang masih bayi kerap lebih mudah imprint kepada manusia, meski si musang harus tetap menyingkirkan koneksi ke induknya terlebih dahulu.
Musang yang telah imprint ke pemiliknya akan sangat mudah untuk patuh (nurut) ke pemiliknya, bahkan saat si musang baru pertama kali bertemu atau musang yang sangat galak ke pemiliknya yang terdahulu.
Penyebab imprint pada musang.
Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab imprint pada musang. Para pecinta hewan banyak berspekulasi soal imprint. Dan berikut ini adalah penyebab imprint pada musang berdasarkan perkiraan-perkiraan para pecinta hewan:
  1. Aura kuat si manusia.
  2. Teori tentang penyebab imprint pada musang (baca: hewan) yang pertama adalah aura kuat dari si manusia. Sama halnya seperti sinyal handphone, aura akan mudah terkoneksi ke sekitarnya jika bersifat kuat.
  3. Karakter si hewan yang mudah menerima.
  4. Teori kedua tentang penyebab imprint pada musang adalah karakter si musang yang mudah menerima manusia. Seperti yang saya kemukakan di artikel cara memelihara musang pandan dan di artikel cara menjinakkan musang, setiap musang memiliki karakter dan sifatnya masing-masing, sama seperti kita. Dan musang yang memiliki sifat easy-going akan mudah imprint ke manusia.
  5. Faktor X.
  6. Penyebab imprint pada musang yang ketiga adalah faktor X. Faktor X ini bisa saja menyingkirkan dua penyebab imprint yang sudah disebutkan sebelumnya, namun si musang tetap imprint ke pemiliknya. Imprint pada musang karena faktor X ini adalah salahsatu penyebab imprint pada musang karena faktor yang tidak bisa dijelaskan.
Demikian adalah pembahasan mengenai

imprint pada musang

. Penulis tahu, ada beberapa bagian dari artikel imprint pada musang diatas yang tidak masuk diakal samasekali, mungkin lebih masuk ke area pseudoscience. Artikel diatas diharapkan hanya untuk wawasan dan pengetahuan semata, dan percaya atau tidak anda terhadap artikel imprint pada musang di atas, penulis kembalikan ke diri pembaca masing-masing. Saran, komentar, serta kritik bisa pembaca tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

48 comments

Saya pernah begitu.... musang saya dikasih sama om saya... om saya nemu di got... trus musang nya dikasih ke saya habis itu... saya bawa ke lapangan.. taunya dia udh nurut sama saya.. dia ngikutin saya trus... tapi saya sakit 2hari ga ketemu dia.. dia ga jinak lg sama saya....-_-... itu kenapa bisa begitu.... mohon infonya...

sakit kadang bisa merubah warna aura kita jadi lebih gelap. mungkin karena itu si musang tidak mengenali mas lagi.... :)

Kalo begitu... jinakin musangnya harus dari proses awal lagi...???

tergantung. kalau memang dari awal dia imprint sama mas, pasti cepet jinak lagi.... tp kalau memang dia ternyata awalnya gak imprint, ya mau tidak mau harus dijinakkan lagi dr awal... :)

Udh dari awal sihh imprintnya.... musangnya masih semijinak sekarang... kadang mau ngikutin kadang kaga mau....

musangnya cacat gak mas?
kayaknya awalnya dia dibuang atau ditinggalkan oleh induknya kalau kasusnya seperti yang mas bilang. itu hanya tebakan saya aja. jinakkin aja mas, biasanya kalo kayak gitu cepet jinaknya... :D

Iya.. dia ditinggalin sama induknya...

jinakkin aja mas kalo gitu. saya jamin cepet jinaknya kok..... :)

Kok musangnya kalo didatengin dia malah kabur ke kandangnya sihh....?? Kenapa...???

kalo dikasih makan, makanannya mas tinggal di kandang atau mas suapin??
coba sering2 suapin makannya... kasih makan buah aja... :)

musang saya sekarang 3 bulan.... dulu musang saya makan nya banyak... tapi dia gigit kodok trus kena semprotan kencingnya... trus mulutnya keluar busa... habis itu nafsu makannya berkurang... saya takut dia tuhh sakit..??? BAB nya lancar dan normal.. kencingnya juga sama normal... aktif juga... itu biar nafsu makannya nambah dikasih apa...???

sepertinya ada masalah di sistem pencernaannya. coba kasih makan pepaya, selama 3 hari sambil dilihat nanti pupnya warna apa. musang sehat biasanya kalo makan pepaya nanti pupnya juga masih berwarna seperti pepaya juga (merah)......

biar nafsu makannya bagus, coba mas baca artikel cara menggemukkan musang

pupnya normal... habis makan pepaya warnanya merah...

oke. bagus. selama 3 hari ke depan coba tetep kasih pepaya. kasih sedikit madu di minumnya..... jangan lupa kasih nama dan sering2 dipanggil pake nama itu.... sehat terus buat musangnya... :)

dia jarang mau makan pepaya.. :(, yg lain juga juga jarang... kenapa yaa... :(

beri saat dia benar-benar lapar. puasakan dulu sampai dia benar-benar lapar, lalu coba beri makan buah. musang cenderung memakan apa saja saat dia lapar.... :)

Musang ny jd mudah panik krn owner sblm nya kasar trs mungkin gk masih bs jinak ke owner selanjutnya?

bisa banget mas.
menghadapi musang itu sama seperti kita menghadapi manusia yang keras kepala sebenernya, hehehe. gak usah digalakin lagi, tapi coba dibaekin. musang bulan saya dulu juga begitu, bahkan saya dapet dia di usia 1 tahun lebih, tangkapan liar pula, tapi toh akhirnya bisa jinak total sama saya....

yang penting sabar.... :)

mau tanya nih dok,..
musang pandan saya kira-kira usia 2 bulan, musang saya ini kalo di pegang masih agak giras, tapi kalo udah di pegang trus di letakan di pundak saya, dia nurut. itu knapa ya dok.

halo mas.
silakan baca cara agar musang anteng. search di bagian cari artikel... :)

cara jinak kin muspan semi jinak itu gimana ya

silakan baca artikel saya cara agar musang anteng dan cara menjinakkan musang

Salam dok.
Dok saya mau tanya, apakah imprint juga bisa terjadi antara manusia dan tupai (kelapa), mungkin dok masi ingat atau udah lupa saya pemula yg pernah minta saran dokter untuk melihara tupai kelapa atau kekes.
Kemarin saya ma temen mampir ke pasar satwa, trus saya liat2 tupai kelapa dan saya hampiri, awalx dia lagi tidur tindih-tindihan tiba2, kebangun trus jalan kehadapan saya, sambil berdiri2 begitu. Apakah itu imprint ?

bisa saja itu tanda awal imprint. :)
kayak dulu saya sama si errol juga begitu mas.

semua hewan secara prinsip bisa menjalin kedekatan secara khusus atau imprint. namun yang diketahui adalah anjing, kucing, musang, burung hantu, sugar glider, dan semacamnya... :)

Sore dok, musang pandan saya galaknya cuma di kandang aja tapi diluar kandang jinak, kenapa ya? Sama nggak bisa diem dok

Sore dok, musang pandan saya galaknya cuma di kandang aja tapi diluar kandang jinak, kenapa ya? Sama nggak bisa diem dok

Sore dok, musang pandan saya galaknya cuma di kandang aja tapi diluar kandang jinak, kenapa ya? Sama nggak bisa diem dok

dia belum percaya sepenuhnya sama mas. :)
coba mas baca artikel saya cara agar musang anteng.

kasih saya kabar lagi ya mas.. :)

This comment has been removed by the author.

MALem dok,sy mau nanya...apa bener musang itu cuma gigit bagian jari kita aja? Soalnya sy punya muspan yg umurnya kurleb stahun lebih,sy kepengen gendongnya di atas pundak syacuma takut dia gigit telinga sya. Slama ini sih sy blom pernah coba dok.... trima kasih

nah itu dia salahnya.. :D
kalau mas takut, musangnya pasti tau mas. dan itu ngebuat dia malah beneran gigit. semua hewan bisa baca pikiran kita kok, apalagi hewan malam kayak musang dan burung hantu. kalau kita takut, mereka malah makin berani ke kita....

kalau mas ragu2, coba pakai aja topi kupluk. tahu kan? topi yang dari woll yang nutupin kepala sampai kuping itu loh....

iya, musang hanya gigit tangan kita aja. ini sepengalaman saya. CMIIW.

Yah klo gt harus branikn diri nih...soalnya pnasaran sm tu musang dok,udah lama juga sy plihara blom pernah saya gendong smpe skr. Paling sy lepasin gt aja...
Kupluk,ohh tw...tp gada kupluknya,pake jaket aja kalik ya...

bisa pakai jaket kok.. :)
kalau mas takut, nanti dia malah makin berani ama mas. akhirnya malah gak jinak2....

Ohh gitu ya dok...
Sebenernya bukan takut sih dok,cuma lebih ke waspada ajah 😁
Ngeri liat taringnya itu looh hhe...untungnya handsfeed dia udah mau ,trus dibelai juga mau...klo handsfeed tu ada kemungkinan bisa jinak gx dok?? MAaf ni bnyak nanyak hhe

dulu musang bulan saya, umur setahun lebih dan hasil tangkapan liar juga akhirnya bisa jinak ama saya mas. saya sih optimis masih bisa jinak musangnya mas....

menjinakkan musang erat kaitannya dengan cara berpikir kita. kalau masnya ragu2 dan takut, musangnya pasti tahu, dan pada akhirnya dia malah makin berani ama mas, jadi gak jinak2... :)

yakin aja pasti bisa. apalagi dia dah mau dihandsfeed. yang susah sebenernya membiasakan diri di gigit. kalau udah biasa digigit, gak bakalan takut lagi kok... :)

salam kenal bu dok, artikelnya bagus sekali, kolom koment sudah hampir sy baca smua dan sangat membantu saya, kebetulan saya baru 4 hari dapat anak muspan -+ umur 3bln

saya seneng bisa bantu. mas bisa kembali kemari jika ada yang ingin ditanyakan..

saya tunggu... :)_

dok supaya musang gak oneman gimana ya, musangku umur 5 bulan

agak susah sebenernya, mas. apalagi kalau mas udah imprint ama dia. mungkin bisa, dengan cara sering2 diajak main sama orang lain dan melihat kerumunan orang. atau sering2 ikut gathering di komunitas pecinta musang, tapi itupun kadang susah kalau emang dasarnya udah oneman.

saya hanya bilang susah ya, bukan bilang nggak mungkin.. :D

Dok menggunakan harnes pada musang yang masi semi itu gmn?soalnya waktu ngemndiin pengen nge hadle

kalau masih semi, mending jangan dipakein harness dulu, mas. takutnya kegesek2, malah bulunya rontok nantinya.... mending fokus dijinakkin dulu... :)

This comment has been removed by the author.

Dok saya area nologaten (belakang amplaz) ,
tanya klo musang pandan dikasih nasi kecap sebagai makanan utamanya apakah kebutuhan nutrisinya cukup ?

musang saya umur 2,5bln dan saya baru keep 2 hari sudah bayak digigit sekarang sudah mau digendong tapi kok belum anteng anteng ya ??

bagaimana agar cepat anteng, biar bisa hanfed pakai pakan apa ya dok ?

maaf banyak pertanyaannya, Terimakasih dokter Fira

Malem dok,saya sering baca artikel dokter yg membuat musang obesitas,saya udah coba hampir tiap malem selama seminggu saya kasih kepala ayam rebus,tapi dia ga obes malah tetep semok aja body nya dok,kenapa ya dok?

Malem dok,saya sering baca artikel dokter yg membuat musang obesitas,saya udah coba hampir tiap malem selama seminggu saya kasih kepala ayam rebus,tapi dia ga obes malah tetep semok aja body nya dok,kenapa ya dok?

sama aja kayak manusia, ada yang gampang gendut ada juga yang nggak, mas. contohnya saya, mau makan atau nggak makan, tetep aja kurus, hihihi. emang genetiknya kurus. :D

nah musang juga gitu. posturnya tergantung genetik. :)


Silakan upload gambar.