Mau Bisnis Kopi Luwak? Pikirkan Dulu Beberapa Hal Berikut | Drh. Fira Sovica

Bisnis kopi luwak

memang amat menjanjikan. Satu cangkir kopi luwak original bisa dihargai ratusan hingga jutaan rupiah, tergantung asal kopi luwak dan kualitas kopi luwak tersebut.
Namun, idealkah bisnis kopi luwak sebagai sarana investasi? Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak.

Mau Bisnis Kopi Luwak? Pikirkan Dulu Beberapa Hal Berikut
Image taken from budidayaukm.blogspot.com
Para konsumen kopi luwak dari luar negeri sudah tidak mau menerima kopi luwak dari indonesia. Banyaknya kasus animal abuse yang diangkat salahsatu tv kabel terkemuka di dunia tentang pembuatan kopi luwak membuat para konsumen kopi luwak dari indonesia akhirnya menolak kopi luwak indonesia dan tidak mau membeli kopi luwak dari indonesia. Anda bisa menonton sendiri tayangan tentang animal abuse saat pembuatan kopi luwak indonesia di video youtube berikut ini:
Kopi luwak Indonesia dianggap tidak original karena dalam proses pembuatan kopi luwak, luwak yang digunakan melalui proses "pemaksaan makanan", artinya musang hanya diberikan makanan biji kopi saja. Hal ini tentu saja salah.
Musang sangat pandai dalam memilih biji kopi yang benar-benar matang. Musang hanya memakan biji kopi yang benar-benar matang untuk dimakannya. Dan hal ini hanya terjadi di alam. Musang yang ditangkarkan atau musang yang dipelihara untuk tujuan menghasilkan biji kopi akan memakan setiap butir biji kopi yang diberikan kepada si musang, baik itu yang matang maupun yang masih mentah. Hal ini tentu akan membuat kualitas kopi luwak yang dihasilkan menjadi lebih rendah.
Meski demikian, masih banyak konsumen baik dalam maupun luar negeri yang masih mau membeli kopi luwak hasil penangkar indonesia. Beberapa konsumen kopi luwak indonesia dari eropa dan amerika hanya mau membeli kopi luwak dari alam, kopi luwak yang dihasilkan oleh luwak liar, untuk memastikan kualitas kopi luwak yang dijualnya. Para konsumen kopi luwak eropa dan amerika berani membayar sangat mahal untuk kopi luwak alam, kopi luwak yang dihasilkan oleh musang liar di alam.
Demikian adalah artikel singkat tentang

bisnis kopi luwak

. Semoga artikel tersebut bisa menambah wawasan pembaca tentang bisnis kopi luwak. Saran, kritik, dan komentar bisa disampaikan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

5 Responses to "Mau Bisnis Kopi Luwak? Pikirkan Dulu Beberapa Hal Berikut"

  1. Replies
    1. makasih banyak, mas. :)
      silakan mampir lagi kemari kalau ada yang ingin ditanyakan... :)

      Delete
  2. Siap dok. Rencana nya sih pengen kayak dia atas dok. Melihara sambil hasilin luak nya. Eheheh

    ReplyDelete
  3. Siap dok. Rencana nya sih pengen kayak dia atas dok. Melihara sambil hasilin luak nya. Eheheh

    ReplyDelete
  4. Dok saya mau tnyk. Musang lombok musang bali musang akar apa bisa di ksh makan biji kopi?apa bisa menghasilkan kopi luwak dgn musang yang saya sebut di atas?
    Makasi dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.