Cara Memelihara Ikan Koi | Drh. Fira Sovica

Bisa dikatakan,

cara memelihara ikan koi

termasuk mudah jika anda tahu trik dan cara-caranya. Tidak banyak pemain ikan koi pemula yang mendapati ikannya mati secara mendadak karena kurangnya pengetahuan akan memelihara ikan koi yang baik dan benar. Bagi anda yang ingin tahu bedanya ikan koi dengan ikan mas, anda bisa membaca artikel perbedaan ikan koi dengan ikan mas.
image taken from akuariumhias.blogspot.com

ikan koi memang dipercaya membawa hoki, namun anda akan mengalami hal sebaliknya jika tidak tahu cara merawat dan memelihara ikan koi tersebut. Berikut adalah beberapa tips cara memelihara ikan koi:

1. perhatikan kedalaman kolam
hal pertama yang harus dilakukan untuk memelihara ikan koi adalah ukuran kedalaman kolam. kolam ikan koi yang sesuai adalah 80cm pada bagian yang terendam air. pastikan kolam bersih dan bebas dari berbagai jenis kotoran karena ini akan mempengaruhi kualitas air.

bila anda membuat kolam koi di luar ruangan (outdoor), pastikan anda membuat pelindung kolam agar tidak semua bagian kolam terkena sinar matahari. lebih baik jika anda membuat kolam koi di dalam ruangan atau yang terlindung dari sinar matahari. paparan sinar matahari langsung dapat menaikkan suhu dan membuat lumut serta jamur tumbuh di kolam. beberapa aksesoris kolam ikan koi juga dibutuhkan antara lain aerator kolam air, alat sterilisasi ultraviolet, pompa, filtrasi, pemanas air, dan cat khusus kolam ikan koi.

siapkan juga sebuah kolam karantina dengan spesifikasi yang sama dengan kolam utama untuk mengobati ikan yang sakit dan mempersiapkan ikan baru yang akan masuk ke kolam utama.

2. perhatikan kualitas air
seperti halnya memelihara ikan yang lain, hal utama yang musti diperhatikan dalam memelihara ikan koi adalah kualitas airnya. pastikan air dalam kolam yang digunakan bebas dari bahan kimia. kolam yang baru dibuat biasanya masih berbau semen. untuk itu, hendaknya anda menempatkan air di dalam kolam tersebut selama satu minggu hingga bau semennya hilang.
setelah yakin bahwa air tidak lagi berbau semen, cek kualitas air kolam. kualitas air kolam yang pas untuk ikan koi adalah:

volume nitrit maksimal 0,2
volume CO2 maksimal 10 ppm
volume oksigen minimal 3 s/d 5 ppm
pH air berkisar 7,2 s/d 7,4 (agak basa)
suhu air berkisar 24 s/d 26 derajat celcius.

3. cara memilih dan ciri-ciri ikan koi sehat
setelah semua persiapan sudah rampung, langkah selanjutnya dalam tips memelihara ikan koi adalah memilih ikan koi. hal ini bisa menjadi hal yang paling krusial karena pemilihan ikan yang salah hanya akan membuat anda rugi.
adapun ciri-ciri ikan koi yang sehat antara lain:

a. insang berwarna merah cerah
hal pertama untuk mengetahui ikan koi sehat atau tidak adalah dari insangnya. ikan koi yang sehat berwarna merah cerah, tidak terlalu merah, tidak terlalu pucat, tidak juga berwarna membiru. sebaiknya anda mengajak orang yang sudah berpengalaman dalam budidaya ikan koi ketika akan membeli ikan koi atau bisa juga membeli dari peternak yang sudah berpengalaman.

b. nafas ikan koi tidak terburu-buru
ikan koi yang bernafas cepat menandakan ikan tersebut stres. stres pada ikan koi biasanya terjadi karena pengiriman jarak jauh. sebaiknya jangan membeli ikan yang dalam kondisi stress karena hanya akan menambah resiko.

c. tubuh ikan koi bebas dari noda dan tidak ada bercak merah di tubuh dan siripnya.
penyakit pada ikan koi bisa dilihat dari munculnya bintik merah di tubuh dan sirip ikan koi. jangan membeli ikan yang memiliki kondisi tersebut.

4. karantina ikan sebelum dimasukkan ke kolam
langkah keempat dan terakhir dalam artikel cara memelihara ikan koi ini adalah mengkarantina ikan sebelum masuk ke kolam.
tempatkan ikan koi dalam kolam karantina yang telah disiapkan dan perhatikan tingkah laku ikan. jika ikan dalam kondisi mengambang sambil megap-megap di waktu subuh, itu menandakan ikan kurang oksigen. segera tambahkan aerator.

selain itu, anda bisa menambahkan obat healty fish jika ikan tersebut sakit. Tambahkan obat healthy fish ke dalam air kolam karantina dan rendam koi dalam selama setengah hari, kemudian ganti air bersih dan perhatikan perilaku ikan. apabila ikan sudah sembuh, diamkan di kolam tersebut selama setengah hari lagi kemudian pindahkan ke kolam utama. namun jika ikan dirasa belum sembuh, diamkan ikan selama 3 jam, kemudian beri lagi obat healthy fish dan diamkan ikan selama sehari, terus begitu hingga dirasa ikan sudah cukup fit untuk kembali ke kolam utama.

cara diatas juga bisa dilakukan jika ada ikan yang sakit.

demikian tips

cara memelihara ikan koi

. semoga tips diatas bisa menjadi acuan baik bagi pemula ataupun expert dalam pemeliharaan ikan koi.

6 Responses to "Cara Memelihara Ikan Koi"

  1. Dok, ikan koi saya kadang saya kasih daun ubi jalar. Gak bahaya kan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini gimana? dia mau makan?
      sebenernya sih agak kurang cocok, tapi kadang owner koi ada yang pake pakan daun ubi.... jadi ya, boleh nggak boleh sih...

      tapi kalau saya sarankan, mending jangan, mas... :)

      Delete
    2. Baru beberapa kali saya kasih, Dok. Sore saya kasih, paginya habis, sisa batang-bantangnya saja. Aman gak yah dok? Takutnya bahaya buat si koi...

      Terima kasih

      Delete
    3. kalau soal bahaya atau nggak, mungkin nggak.
      karena banyak petani koi yang pake pakan ini.

      hmm, mungkin akan lebih baik jika mas tanya ke petani koi langsung. di facebook ada kok grup pecinta koi.

      buat second opinion aja.
      dari saya, saya membolehkan meski sebaiknya jangan. jadi, dari saya YES. :D

      Delete
    4. Baik, makasih atas penjelasannya Dok.

      Selamat menjalankan Ibadah puasa :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.