Cara memelihara dan merawat gecko | Drh. Fira Sovica

Seperti halnya memelihara reptil lain,

cara memelihara gecko

dan merawat gecko bisa dibilang sangat mudah. gecko banyak menarik hati para pecinta binatang karena corak warnanya yang menarik dan kemudahannya dalam perawatan. Oh ya, bagi anda yang menemukan kasus dimana telur gecko penyok sendiri, anda bisa membaca artikel saya apakah telur gecko penyok sendiri bisa menetas.
perlengkapan untuk

memelihara gecko


untuk memelihara gecko tidak diperlukan perlengkapan yang banyak. minimalnya, cukup sediakan akuarium atau tupperware berukuran sedang, alas kandang berupa tepung zeolit, dan sebuah hiding part. hiding part di sini adalah sebuah tempat tersembunyi bagi gecko yang bisa ia gunakan untuk sheding atau berganti kulit. hiding part bisa berupa potongan pipa paralon atau bambu yang diletakkan di dalam kandang. tepung zeolit bisa anda dapatkan di toko-toko reptile, bisa juga diganti dengan menggunakan cocopeat atau koran bekas yang bersih. cocopeat bisa dibeli di toko tanaman hias.


cara merawat gecko
cara merawat gecko tidaklah sulit. cukup penuhi asupan makanan sehari dua kali berupa jangkrik. pakan juga bisa berupa ulat hongkong atau laron.

kandang gecko lebih baik jika diberi penerangan lampu khusus reptil. lampu seperti ini biasanya banyak dijual di toko-toko reptil dengan harga yang bervariasi. gecko memerlukan suhu ruang sekitar 30 s/d 32 derajat celcius pada siang hari dan minimal 27 derajat celcius pada malam hari. lampu ini bisa anda siasati dengan menggunakan lampo bohlam 20 watt yang dicat atau di-pilox dengan menggunakan warna merah. warna merah digunakan karena gecko tidak bisa melihat warna merah, maka cahaya lampu berwarna merah tidak akan membuat gecko silau.

cara mengawinkan gecko

usia gecko akan menentukan kualitas telur yang dihasilkan. gecko jantan siap kawin pada umur 8 bulan, dan gecko betina siap kawin pada usia satu tahun. cukup satukan indukan gecko dalam satu kandang yang agak redup agar proses perkawinan berlangsung lancar. jika proses perkawinan berhasil, maka dalam beberapa minggu kedepan akan terlihat gecko betina mengandung telurnya. siapkan vermiculite sebagai media tempat gecko meletakkan telurnya. saat gecko betina telah meletakkan telurnya, segera pindahkan gecko betina ke kandangnya dan beri makan serta minum agar tenaganya pulih.

telur gecko bisa langsung dimasukkan ke dalam tupperware dengan alas vermiculite. harus diingat bahwa posisi telur gecko di dalam tupperware harus sama posisinya dengan saat induk gecko meletakkan telurnya. hal ini untuk mencegah kegagalan penetasan bayi gecko nantinya. diamkan tupperware inkubasi selama 2 bulan hingga bayi gecko menetas, buka hanya sekali dalam seminggu untuk mengganti sirkulasi udara.

Demikian adalah artikel cara memelihara gecko atau cara merawat gecko yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara gecko.

22 Responses to "Cara memelihara dan merawat gecko"

  1. dok dok. mau nany.
    tuk kndang gecko perlu dkash wadah air apa g y? .

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah. cukup pipetin aja air sekali atau dua kali sehari. :)

      Delete
  2. Malam dok..numpang tanya..gmn cara nya supaya gecko cepat panjang dan dlm setahun bisa brp cm dan supaya cepat panjang dksh obat apa?tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      nggak ada treatment khusus selain pemberian asupan pakan yang bagus dan asupan kalsium yang bagus, mas... :)

      Delete
  3. Dok, sekarang saya baru punya gecko, semalam baru ambil dari penjual.. nah keliatan lemes pagi ini.. padahal semalam jalan jalan terus..apa gecko bisa stres?

    Trus ada tanda tandanya ga sih kalo gecko sedang was was? Soalnya setiap mau disentuh kaya gamau gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. semua hewan bisa stress. coba kandang geckonya pindahin ke ruangan yang sepi suara dulu, dan ruangannya juga gak terlalu panas atau terlalu dingin...

      jangan dipegang2 dulu, mas. biar dia beradaptasi dengan lingkungannya dulu. oke? :)

      fesesnya gimana? mencret nggak?

      Delete
  4. Ohh gitu ya dok, oiya saya kandangnya cuma terrarium yg 20cm, dalemnya di kasih tisu gitu. Dari pagi tuh tidur aja dok.. normal ga?

    Saya belum pegang sama sekali ko, dan gatau fesesnya gimana :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ditutup terrariumnya, biar suhunya normal...

      gecko yang sehat biasanya fesesnya kayak tahi cicak, gedean dikit. coba cek fesesnya...

      dia mau makan?

      Delete
  5. jangan ditutup gimana ya dok? hehe maaf oiya buat feses sesuai sama yang dokter bilang, berarti sehat ya dok?

    dan alhamdulillah dia mau makan dok. nah mau tanya lagi dok, dia kok selalu ga mau di pegang ya? kalo terrariumnya saya buka aja, dia langsung kaya waswas gitu, trus di sentuh dikit kaya kaget.. kan takut saya dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pake kandang apa? kandangnya jangan ditutupin bagian atasnya... :)

      iya gecko mas sehat, mungkin karena agak stress aja...

      sementara jangan dipaksa pegang dulu. mungkin sentuh aja dikit2, itu juga pelan2 jangan sampe dia kaget... karena fatal kalo dia kaget, ketakutan, terus mutus ekornya...

      Delete
  6. Pake terrarium dok hehe.. oke dok atapnya saya buka..

    Alhamdulillah kalo sehat hehe, iya dok saya takut dia mutusin ekornya.. soalnya kesentuh dikit pasti kaget..

    Sebelumnya makasih banyak dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip. kabari terus ya mas.
      intinya sebenernya pertahankan suhu agar gak turun naik. namanya reptil paling sensitif sama suhu. kebersihan makanan juga dijaga.

      kalo bedding kandang sampe kemakan, biasanya dia jadi mogok makan...

      Delete
  7. Dok, kalau gecko boleh kena air ga? Soalnya badannya bau banget.. mungkn karna beddingnya saya cuma pakai koran aja.. jadi boleh ga dok saya bersihkan dengan air?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas, pake air hangat.
      tapi pelan2 aja.

      mungkin nanti artikelnya saya publish... :)

      Delete
  8. Okedeh makasih banyak dok.. 😊

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya donk kh sya susah banget makan yah .. sya ksh ayam mentah/rebus, whizkas tuuna , ati ayam mentah msh aja ga d makan .. tlong di bantu dok langkah yg saya hrus ambil apa ? Feses nya mencret warna gelap agak berbau

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas....kucing hutan anakan emang masih sangat rentan, mas. cacah dagingnya, kalo bisa pake daging burung emprit.sekarang gimana keadaan KH-nya mas?

      Delete
  10. Dok apa ada blog anda yang membahas tentang tokek?
    Kl misal masih belum ada.. bagaimana cara membedakan kelamin tokek dengan ukuran yg masih kecil? Atau baru kelihatan kelamin pada ukuran berapa? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau masih anakan, agak susah sih mas. bisa sih, tapi nggak akurat. mungkin nanti saya post aja artikelnya ya... :)

      Delete
  11. Dok kalau dikandang gecko nya dikasi water dish gpp kan ?,soalnya saya kasi minum pake pipet agak susah

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski boleh, tapi sejujurnya agak riskan. gini aja. mas taro aja water dish, tapi usahakan jangan sampe berantakan airnya ya mas. jangan sampe kandangnya lembab.

      pas dia udah selesai minum, mas angkat lagi aja dari kandang.

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.