Cara Memelihara Musang Biul | Drh. Fira Sovica

Memelihara musang biul tergolong lebih mudah dibandingkan dengan memelihara musang rase atau memelihara musang pandan. Namun, ada beberapa poin penting dalam pemeliharaannya. Dan seperti halnya memelihara musang jenis lain,

memelihara musang biul

membutuhkan konsistensi dan ketelatenan dalam merawatnya. Patut saya ingatkan bahwa meski 'musang' biul masih sering disebut musang oleh orang indonesia, secara ilmiah sebenarnya biul bukan musang. Anda bisa membaca penjelasan saya bahwa biul bukan musang.
Cara Memelihara Musang Biul
Image taken from kaskus.co.id

Musang biul atau sering disebut oleh orang barat sebagai javan ferret badger adalah jenis keluarga musang. Tidak seperti musang pandan yang bersifat arboreal atau hidup diatas pohon, musang biul lebih suka berada di atas tanah dan menempatkan sarangnya di lubang-lubang dangkal atau dibalik batu. Musang yang memiliki bentuk kaki seperti sekop ini memiliki indera penciuman, kecerdasan, dan insting yang lebih tajam daripada jenis musang yang lain.

Tidak diperlukan perlengkapan khusus untuk dapat memelihara musang biul. Perlengkapan standar berupa kandang dari besi dengan tinggi dan luas yang memadai, kebersihan kandang yang harus selalu dijaga, memandikan musang biul, memotong kuku musang biul, serta pemberian pakan dengan pola yang seimbang. Nah, berikut adalah beberapa tips cara memelihara musang biul yang penulis saripatikan berdasarkan pengalaman sendiri:

  • Aroma tubuh musang biul lebih kuat dibandingkan dengan aroma tubuh musang lainnya. Aroma musang biul mirip bau ban terbakar. Bagi anda yang menyukai aroma ini, tentu tak masalah. Namun bagaimana dengan anda yang tidak menyukai aroma musang biul? Anda bisa menyiasati aroma tubuh musang biul dengan rajin memandikan musang biul dan menaburkan bedak bayi ke tubuhnya. Aroma tubuh musang biul juga bisa dikurangi dengan memberikan pakan berupa buah-buahan dan menghindari pakan berupa daging-daging dan makanan lain yang mengandung protein.
  • Dari semua jenis musang yang pernah penulis pelihara, memelihara musang biul cenderung lebih mudah. Pakan berupa potongan buah-buahan (pepaya dan pisang) bisa diberikan di pagi, siang, sore, dan malam hari. Air minum bisa diberikan di wadah yang terikat dengan kandang karena musang biul kerap menumpahkan tempat air minum. Sesekali berikan bubur bayi ke musang biul agar zat gizi yang ia dapatkan terjaga dengan baik.
  • Musang biul lebih cerdas dibandingkan jenis musang yang lain. Tidak seperti kerabatnya seperti musang pandan dan musang rase, musang biul bisa mengenali lingkungan tempat hidupnya hanya dalam beberapa hari saja. Musang biul juga piawai dalam menggunakan hidungnya layaknya tangan pada manusia. Musang biul kerap meloloskan diri dari kandangnya jika pintu kandang tidak digembok atau dikunci. Musang biul akan mengangkat atau mendorong pintu kandang dengan ujung hidungnya dan melarikan diri. Maka dari itu, selalu pastikan kandang musang biul dalam keadaan tergembok atau terkunci.
  • Memandikan musang biul bisa dilakukan setiap hari, 3 hari sekali, atau bahkan seminggu sekali (maksimal), sesuai dengan seberapa tahan anda dengan aroma musang biul. Cara memandikan musang biul sama dengan cara memandikan musang pandan di artikel cara memandikan musang pandan.
  • Cara memotong kuku musang biul sama dengan cara memotong kuku musang pandan. Dibutuhkan 2 orang untuk memotong kuku musang biul: satu orang untuk memegang tubuh musang dengan posisi terbalik (bagian bawah perut ada di atas) dan seorang lagi bertugas memotong kuku musang biul. Lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel tentang cara memotong kuku musang.
  • Seperti saya katakan di poin ketiga, musang biul lebih cerdas daripada musang pandan dan memiliki daya tahan tubuh yang jauh lebih kuat dibandingkan musang rase. Salahsatu pantangan dalam memelihara musang rase adalah tidak boleh telat memberi makan, sementara musang biul bisa tahan meski anda telat memberinya makan. Namun demikian, selalu perhatikan pola pemberian makan kepada musang biul anda.
  • Musang biul adalah hewan tanah. Meski bisa 'dipaksa' untuk digendong, musang biul tidak terbiasa digendong oleh manusia. Akan lebih baik jika anda memakaikan harness kepada musang biul dan membiarkannya bermain di lantai atau tanah dibandingkan menggendongnya di pundak.
Demikian adalah trik dan tips cara

memelihara musang biul

Saya berharap artikel diatas bisa menjadi acuan anda dalam memelihara musang biul. Saran, komentar, serta kritik bisa ditulis di kolom komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

119 Responses to "Cara Memelihara Musang Biul"

  1. gan, lebih gampang melihara musang rase ato biul ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jauh lebih mudah memelihara musang biul.
      rase sangat rentan dan mudah rontok bulunya.
      masnya bisa membaca di postingan saya soal musang rase
      di
      http://jual-beli-hewan-peliharaan.blogspot.com/2013/11/cara-memelihara-musang-rase.html

      Delete
  2. jadi tertarik sama musang biul nih, setelah baca ini blog \

    ReplyDelete
  3. ane punya musang biul umue 3 bulanan tpi suka gigit cra jinakin nya gmna y mass

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya, arti gigitan musang biul lebih ke "ini bisa dimakan
      tidak ya?" daripada "ini tangan bikin gue kesel aja!! gue gigit aja
      biar dia kesakitan". coba sering2 tunjukkan wajah anda ke si
      musang biul, sering2 diajak main. handsfeed (pemberian makan
      pake tangan) juga bisa dilakukan. yang pasti, musang biul lebih cerdas dibanding jenis musang lainnya. semoga membantu.

      Delete
  4. Gal lw makanan musang biul tu apa mohon bantuan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di artikel diatas sudah sangat jelas: "Pakan berupa potongan buah-buahan (pepaya dan pisang) bisa diberikan di pagi, siang, sore, dan malam hari. "

      Delete
  5. Bu dokter, kalo musang biul disatuin kandangnya sama musang jenis lain apa ga bakalan fight?

    ReplyDelete
  6. Bu dokter, kalo musang biul disatuin kandangnya sama musang jenis lain apa ga bakalan fight?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dia biasa disatuin atau gak. sebaiknya sebelum disatukan dalam satu kandang, letakkan kandang biul dengan kandang musang lain secara berdekatan. biarkan mereka "kenalan" dulu. biarkan begitu selama satu hingga dua minggu. kalau keduanya tidak saling serang di kandang masing2, bisa disatukan dengan pengawasan. kalau ada indikasi bakalan berantem, sebaiknya segera pisahkan lagi....

      salam...

      Delete
  7. dok apakah biul juga punya kelenjar seperti sigung yg jika disemburkan berbahaya bagi manusia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak... biul dengan sigung beda mas... :)
      bau biul juga tidak se'busuk' bau sigung...

      Delete
  8. oh gitu ya..status biul dilindungi atau tidak dok?

    ReplyDelete
  9. Dok apakah biul ekornya ga bisa panjang ja???

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena habitat biul lebih banyak di tanah, maka biasanya ekor mereka lebih pendek dari jenis ferret lain dan agak berotot di pangkalnya.... :)

      Delete
  10. Kalo besar maxnya seberapa dok ya sorry baru pemula dok... heehe thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk besarnya sendiri, saya tidak tahu. semua ferret posturnya dipengaruhi oleh genetik biasanya mas.
      saya pernah menangani biul sepanjang 30cm lebih.

      Delete
  11. Replies
    1. silakan baca artikel daftar penjual hewan terpercaya... :)

      Delete
  12. Dok apakah biul itu sejenis sigung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya sih beda....
      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
    2. Wah, bu dokter bisa sakit juga ya ?

      Delete
    3. Wah, bu dokter bisa sakit juga ya ?

      Delete
  13. Di sekitar rumah saya ada . Saya ingin menangkap, tapi khawatir kalau termasuk binatang dilindungi uu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak kok. biul setau saya bukan jenis hewan dilindungi... :)
      iya mas, dokter hewan juga manusia, bisa sakit. hehehehe...

      pelihara aja mas, biul termasuk hewan cerdas kok. :)

      Delete
  14. Dok, jika musang ini mengigit bahaya gak dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah memelihara biul hasil tangkapan liar. gigitannya tidak separah gigitan musang lain mas.. :)

      Delete
  15. Dok apakah biul bisa dilatih melakukan atraksi sirkus, saya punya biul yang sudah jinak, trm kasih sebelumnya dok......

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja. karena bangsa ferret yang lain juga di luar negeri sana kadang diikutsertakan dalam pertunjukkan sirkus... :)

      jangan tanya saya gimana cara melatihnya, hehehe.... :D

      Delete
  16. Trm kasih informasinya dok, awalnya memang saya mau tanya tentang cara melatihnya....sy cari lewat google gak ketemu , kalau melatih anjing banyak artikel.....mungkin artikel bhs inggris ada

    ReplyDelete
  17. Dok klo biul slentek trmsuk hewan yg suka mkn herbivora tau karnivora ...
    Trmasuk hewan glak pa bkn...
    Makasih

    ReplyDelete
  18. Bu dokter yg cantik baik hati & tdk sombong, sya mau tanya kemarin sya tngkap anak biul mungkin usia 2-3 bln. Skrg sudah 24jm di kandang blm juga mau makan. Kira2 makanan yg paling di sukai apa? & maximal hidup berapa lama tnpa makan?? tq....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tangkapan liar ya mas?
      coba kasih ati ayam rebus. dicacah dulu. taruh aja di kandangnya, jangan diliatin....

      Delete
  19. dok, musang biul baby kalau telapakan tanga nya pucet terus mulutya dingin mulu itu kenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. telapak tangan pucat dan mulut dingin bukan parameter kesehatan biul, mas.... cek fesesnya/tahinya, karena parameter kesehatam biul bisa dilihat dari fesesnya....

      cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... secara prinsip sama...

      Delete
  20. Permisi dok mau tanya,,saya baru pelihara musang biul, dan saya baca2 musang biul ini hewan karnivora, apakah gak masalah kalo hewan karnivora diberi makan pisang sama pepaya dok?
    Terus cara mengetahui umur musang biul bagaimana dok? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. meski karnivora, biul juga kerap memakan buah2an, daun2an, dan sebagainya. soal pisang dan pepaya, mas bisa baca artikel di atas....

      soal umurnya, sebenernya bisa dilihat secara visual. mungkin mas bisa kirim gambarnya di sini? ganti aja foto profile mas pake foto biulnya....

      cara yang paling tepat selain perkiraan umur secara visual sih biasanya dari jumlah gigi.... tapi mungkin agak repot kalau musang biulnya lebih aktif... :)

      Delete
  21. Permisi dok mau tanya,,saya baru pelihara musang biul, dan saya baca2 musang biul ini hewan karnivora, apakah gak masalah kalo hewan karnivora diberi makan pisang sama pepaya dok?
    Terus cara mengetahui umur musang biul bagaimana dok? terima kasih

    ReplyDelete
  22. fotonya udah saya jadikan foto profil dok namanya coco, kira2 umur berapa ya dok? terus kalo dilihat dari jumlah giginya gimana cara mengetahuinya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk umur sepertinya gak lebih dari 5 bulan, perkiraannya sekitar 3-4 bulan... :)

      Delete
  23. fotonya udah saya jadikan foto profil dok namanya coco, kira2 umur berapa ya dok? terus kalo dilihat dari jumlah giginya gimana cara mengetahuinya dok?

    ReplyDelete
  24. untuk umur segitu saya kasih makan pisang saya campur sama sun rasa pisang boleh apa gak dok? terus kaki belakangnya kayak ada jamurnya gitu dok, cara nuembuhinnya dikasih apa ya dok? maaf banyak tanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih aja gak apa2 kok...
      soal kakinya yang ada jamur, mas bisa lap pakai handuk yang dibasahi air campur dettol cair... lakukan 2 kali sehari....

      jaga kebersihan kandang ya mas...

      kabari saya lagi kalau ada apa2... :)

      Delete
  25. dok si coco kemaren saya kasih air campur dettol di jamur kakinya,, terus dia sakit perut kayaknya dok, kalau pup kayak ngeden dok padahal sudah saya kasih pepaya matang dok,, apakah si coco keracunan dettol itu ya dok?
    terus kalo misalnya memberi VCO untuk menyembuhkan sakit perut musang dan penyembuhan buat jamur apakah boleh dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. kalau musang keracunan dia gak ngeden, yang ada malah dia mencret, ileran, dll....

      saya nggak pernah coba pake vco. kalau pake vco malah jadi lembab, dan nantinya, jamurnya malah parah...

      ya terserah mas, sih. saya hanya menyarankan apa yang menurut keilmuan saya benar... :)

      Delete
  26. dok si coco kemaren saya kasih air campur dettol di jamur kakinya,, terus dia sakit perut kayaknya dok, kalau pup kayak ngeden dok padahal sudah saya kasih pepaya matang dok,, apakah si coco keracunan dettol itu ya dok?
    terus kalo misalnya memberi VCO untuk menyembuhkan sakit perut musang dan penyembuhan buat jamur apakah boleh dok?

    ReplyDelete
  27. dok si coco kemaren saya kasih air campur dettol di jamur kakinya,, terus dia sakit perut kayaknya dok, kalau pup kayak ngeden dok padahal sudah saya kasih pepaya matang dok,, apakah si coco keracunan dettol itu ya dok?
    terus kalo misalnya memberi VCO untuk menyembuhkan sakit perut musang dan penyembuhan buat jamur apakah boleh dok?

    ReplyDelete
  28. dok cara menghilangkan bau biul secara permanen bisa gak,apa kaya sigung yg di ambil kantung kelenjarnya lalu hilang baunya di badannya?

    ReplyDelete
  29. permisi dok mau tanya,, apakah boleh musang biul umur 2 bulanan dikasih susu kedlai dok?

    ReplyDelete
  30. Udh setahun piara muspan 2 ekor,alhamdulillah jinak anteng.iseng beli biul usia 2 bln..mkn lancar tp ko Kl malam berisik Ya,ngeluarin suara.knp bu?? Apa kesepian/ ketakutan krn kandang berdekatan dgn muspan.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hewan yang sehat biasanya emang berisik. kalau ada hewan yang diem aja, murung, justru itu yang harus dipertanyakan kesehatannya... :)

      makan gimana? lancar?

      Delete
  31. dok saya mau tanya musang biul ukuran dan beratnya bisa sampe brp ? dan umur nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang biul bisa di breeding. asalkan musangnya sepasang, maksudnya. hehehe... soal beratnya, saya kira nggak bakalan bisa obesitas kayak musang jenis lain. CMIIW. :)

      Delete
  32. dok kalau musang bius bisa saya kawinin gak ya

    ReplyDelete
  33. DOK, ada penyakit dari musang yang bisa menular ke manusia??, khususnya musang biul yang baunya seperti ban terbakar itu bisa berdampak negatif sama pernafasan manusianya atau tidak??, sebelumnya trimakasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dulu pernah pelihara musang biul, dan jujur saja, musang biul adalah hewan favorit saya. yah, emang agak bau sih.

      dan nggak ada efek kesehatan apa2 dari bau musang biul. kecuali mungkin orang yang sesitif terhadap bau sesuatu. karena ada orang yang kalo nyium sesuatu, dia jadi mual2. kalau mas gak termasuk yang sensitif, saya kira aman... :)

      Delete
  34. Dok saya baru nangkep mmusang biul dirumah,
    Saya baru tau itu musang biul dari browsing internet,.
    Awalnya ga niat pelihara karna takut n karna ga tau karakternya,.
    Kalo dielus elus sih diem tapi sempet kabur dari kandang pas mau saya tangkep pake dielus saya kira jinak eh malah tangan saya digigit sampe berdarah,.dari situ saya jadi makin canggung sama sibiul,.
    Ga berani angkat pake tangan,. Kalo ngelus sih diem aja,.
    Pertanyaanya apa biul itu galak atau memang terdesak jadi gigit saya?
    Trus dari pertama saya tangkep sampe sekarang udah 3 hari dia diem aja,mau makan tapi kalo ngga diliatin,.
    Apa karakternya emang kurang aktip atau gimana sibiul ini? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelihara aja mas. mereka mudah jinak kok. dulu juga saya pelihara. gampang jinaknya.
      mereka gigit karena mereka tahu masnya takut2 atau ragu2. iya, mereka cerdas, bisa tahu pikiran kita hanya lewat tatapan/kontak mata. sama aja kayak kuda, yang bisa tahu sifat penunggangnya dari elusan tangan. nah bedanya kalo biul dari tatapan mata....

      elus aja terus, tapi pake glove/sarung tangan tebal... :)

      untuk cara memeliharanya, udah ada di artikel dia atas....

      Delete
  35. Dok klok musang biul saya umur -+2 bulan boleh saya mandikan pa gak dok ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dulu. cukup dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat, lalu lap lagi pake handuk kering biar bulunya gak terlalu basah... :)

      Delete
  36. Dok, musang biul bisa pilihin biji kopi kya musang pandan tidak?, terus biul termasuk hewan asli Indonesia ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, tapi emang kualitasnya lebih rendah dibandingkan kopi yang dihasilin sama musang pandan atau musang bulan. karena aromanya lebih gak enak kalo dihasilkan sama biul...

      iya, mbak. musang biul adalah hewan asli indonesia. selain pulau jawa dan bali, musang biul tidak ditemukan lagi di dunia. :)

      Delete
  37. Bu dokter mw tanya nih .. Biul lebih bau yg jantan atau betina yaa ?
    Terus perbedaan karakternya gmn ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepengalaman saya, musang biul jantan lebih bau dibandingkan yang betina. kenapa? karena biasanya musang biul jantan memimpin koloni, dan mereka menandai daerah kekuasaannya pake bau. juga, bau musang biul jantan biasanya untuk menarik perhatian betina juga. terutama di musim kawin. :)

      Delete
  38. Nanya lg bu dokter ...
    Musang biul betina klo birahi galak ga bu ?
    Soalnya klo musang pandan betina klo birahi galak .
    Makasih ...

    ReplyDelete
  39. Nanya lg bu dokter ...
    Musang biul betina klo birahi galak ga bu ?
    Soalnya klo musang pandan betina klo birahi galak .
    Makasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, secara prinsip semua musang (dan bahkan semua hewan) relatif sedikit galak kalau lagi birahi. :)

      Delete
  40. Bu dokter biul,bisa di mandiin usia berapa bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diatas 3 bulan, mas. Dibawah itu, spray aja pake semprotan burung beberapa kali, abis itu langsung di lap pake lap kering

      Delete
    2. Bisa langsung di pakein bedak umur 2 bln?

      Delete
    3. bisa. cukup pastikan gak ada kotoran di bulunya sebelum dibedakin. :)

      Delete
    4. Bu dokter, si biul knp ya gan mau pisang..? Tp di kasih bubur bayi mau..

      Delete
    5. umur musangnya masih 2bulan?
      kalau masih 2 bulan, sementara ini kasih aja yang dia mau makan. yang penting biulnya sehat dulu...

      setelah 4 bulan, nanti mas bisa praktekkan artikel CARA AGAR MUSANG MAU MAKAN APA SAJA

      Delete
    6. Oke siap, kira kira sih umurnya 2 bulan

      Delete
  41. Aku baru nangkep musang biul tp di kasih mkn gak mau,, soal.nya masih kecil biulnya... Biar mau mkn di kasih apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih makan bubur bayi aja, pake dot atau suntikan yang buat kasih makan burung. bisa juga bikin suntikannya sendiri. udah ada artikelnya....

      Delete
  42. Ikutan nanya dok
    Se menyengat apa si bau nya si biul ini?
    Kalo di nilai dari 1 - 10
    Kebetulan saya juga breeding reptil di rumah, ada efek tertentu kah kalo biul hidup satu lingkungan dengan para reptil?
    Thanks for the answer dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jarang dibersihkan, bau biul bisa 7 sampe 8.
      kalo rajin dibersihkan, terutama badan dan kandangnya, range baunya hanya 2 sampe 3.

      mending jangan disatukan sama reptil, mas. takutnya nanti malah diserang sama biulnya... :)

      Delete
    2. Maksud saya di dlm satu lingkup ruangan ttp kandang kepisah si dok
      Kalo kasih dog food kalengan aman ngga dok?

      Delete
    3. oh, kalo gitu nggak apa2.
      dogfood kasih yang basah (wetfood)... :)
      tapi coba aja dulu dikit, kalo jadi mencret, stop...

      Delete
  43. Finally memutuskan untuk beli nih dok
    Umur sekitar 1,5 bulanan
    Kalo di kasih dancow fortigro excelnutri aman ngga dok?
    Di kemasannya ngga ada keterangan mengandung laktosa apa ngga soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. great! jenisnya musang apa mas?
      kalau boleh saya saran, jangan dikasih susu. kasih aja bubur bayi.

      sama owner lamanya, dikasih makan apa?

      Delete
    2. Biul nih dok
      So far saya kasih susu tapi kok ya berontak terus ya dok, kaya ngga doyan
      Mau si mau
      Sblm nya yg keep bilang kasih susu pisang sama gula jawa
      Any advice dok?
      Satu lagi dok,musang bisa melek umur berapa ya dok?
      Mksh dok

      Delete
    3. mending jangan dikasih susu dan gula jawa. bisa kasih pisang atau pepaya. atau bisa juga kasih bubur bayi promina...

      umur biulnya berapa?

      biasanya biul mulai melek umur 2 bulanan.

      Delete
    4. Hari ini pertama kali melek ni dok
      Thanks for advice ya dok
      Gbu

      Delete
  44. nanya dok, kalo oprasi angkat kelenjar bau pada musang biul bisa gak, trus biaya berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya, saya kurang tau mas. secara teori sih bisa. tapi mengenai biayanya, jujur saya kurang tau. ...
      mungkin agak mahal....

      Delete
  45. Kalo umur musang biul biasanya sampai berapa lama yah dok ? Mohon jawabannya dok terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sehat terus, biasanya bisa sampe 10 atau 12 tahunan, mas... :)

      Delete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. dok minta tolong nih.
    saya baru beli sama org musang biul,tapi dia blom makan sm sx qlo minum mau.dan kira kira umur brp nih biul kata yg jual bru 3 bulanan tapi perkiraan saya udah dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana mas?
      mencret?

      coba kasih bubur bayi promina. seduh pake air mineral, dibuat agak kental (bukan encer), terus taro aja di kandangnya. terus tinggal. . jangan diliatin...

      Delete
  48. Dok saya baru nangkep biul tapi dia ga mau makan udah dua hari harus dikasih apa ya dok biar dia mau makan kasian soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur biulnya berapa?
      coba kasih makan bubur bayi promina, mas. dibuat agak kental (jangan encer), sekira masih bisa dibentuk pake tangan gitu bubur bayinya. terus taro aja di deket dia, dan tinggalin. jangan diliatin.

      Delete
  49. Bu dokter saya punya biul baru melek..saya abis kasi susu n makan sesuai petunjuk yg saya baca dr ibu.. kok tumben ya hari ini suara ga bs diem brisik biasa.a engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah bagus. itu artinya dia sehat. karena salahsatu parameter kesehatan biul ya dari aktifnya dia...

      coba cek nafsu makannya. apa dia mau makan?

      terus cek fesesnya. apakah dia mencret?

      kalau mencret, mas bisa stop susunya...

      Delete
  50. Memberi makan ke baby musang biul yang blm melek itu kira kira berapa kali sehari ya dok? Trus kira kira meleknyaa itu umur berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3 hingga 4 kali sehari, mas. masnya kasih makan apa?
      jangan dikasih susu, ya. cukup kasih bubur bayi promina aja.

      meleknya biasanya di usia 2 bulanan.

      Delete
  51. bu di landang saya banyak biul slentek, kalo di ladang tanaman kentang mereka cari makan apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari cacing atau orong orong, atau makan kentang

      Delete
    2. mereka biasanya cari serangga, bisa jadi jangkrik atau semacamnya.

      emang mereka gak makan kentangnya, mas?

      Delete
  52. Dok saya mau nanya tempat praktek dokter dimana? Soalnya disini gak ada yang bisa nerima menyembuhkan sugar glider?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sini. saya praktek di blog ini, mas. hehehe... :)

      emang kenapa sgnya?

      Delete
  53. disini ada yg jual biul gak atau saran seller biul terpercaya

    ReplyDelete
  54. Bu Dok... Saya tertarik miara musbil setelah baca artikel anda...
    Umur 2 bulan masih bisa dijinakin dok?

    ReplyDelete
  55. Dok biul saya sakit BAB trus n suka kaya mau muntah gtu trus d kasih makan jga gga mau n kira2 obat apa yaa yg cocok ataw apa yg hrua saya lakukan ...
    Terima kasih seblumnya

    ReplyDelete
  56. Dok biul saya sakit BAB trus n suka kaya mau muntah gtu trus d kasih makan jga gga mau n kira2 obat apa yaa yg cocok ataw apa yg hrua saya lakukan ...
    Terima kasih seblumnya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.