Biul Bukan Musang, Ini Penjelasannya | Drh. Fira Sovica

Meski banyak orang indonesia yang menyebutnya musang biul, namun sebenarnya

biul bukan musang

. Hewan yang kita sebut sebagai musang biul lebih pas disebut ferret tanah. Berikut adalah penjelasan bahwa biul bukan musang. Oh ya, artikel ini juga pernah dibahas di perbedaan musang dan ferret.
Ada beberapa alasan kenapa biul bukan termasuk musang. Alasan biul bukan musang adalah dari asal familinya. Javan ferret badger atau umum disebut biul oleh orang indonesia, adalah hewan dari keluarga mustelidae. Sementara itu musang adalah hewan dari keluarga viverridae.
Penjelasan Biul Bukan Musang
Image taken from kaskus.co.id
Dari perbedaan family hewan tersebut, bisa diketahui bahwa biul sebenarnya bukan musang. Family mustelidae dan family viverridae memiliki beberapa perbedaan antara lain:
  • Seperti kebanyakan keluarga mustelidae lain, biul banyak menghabiskan waktu di atas tanah. Sementara bangsa musang (family viverridae) tersebar di beberapa habitat hidup: ada yang hidup di atas pohon (arboreal), ada pula yang semi akuatik.
  • Baik musang (keluarga viverridae) dan biul (keluarga mustelidae) memiliki kelenjar bau. Letak dari kelenjar bau pada musang terletak dibawah kulit, sementara letak kelenjar bau pada biul berada di bagian anal (dekat anus).
  • Sama seperti family felidae (kucing), family viverridae (musang) memiliki cakar yang bisa ditarik ke dalam jari (retractable claws), sementara keluarga mustelidae (termasuk biul) memiliki cakar yang tidak bisa ditarik ke dalam jari (non-retractable claws).
  • Struktur gigi rahang atas biul memiliki struktur 3.1.3.1 dan struktur gigi rahang bawah biul berstruktur 3.1.3.2. Susunan gigi rahang atas dan rahang bawah musang berstruktur 3.1.4.2.
  • Beberapa anggota keluarga musang menggunakan bau tubuhnya sebagai pertahanan diri dari predator, sebagian besar yang lain menggunakan bau tubuh sebagai penanda daerah kekuasaan. Sementara biul hanya menggunakan bau tubuh sebagai penanda daerah kekuasaan saja.
Demikian adalah penjelasan singkat mengenai

bedanya biul dengan musang

. Dari artikel di atas diketahui bahwa sebenarnya 'musang biul' yang kita ketahui selama ini ternyata lebih pas masuk ke dalam keluarga ferret. (FS)

8 Responses to "Biul Bukan Musang, Ini Penjelasannya"

  1. Dok, tolong posting ttg cara bedain jenis kelamin biul dong... :D thx

    ReplyDelete
  2. Dok... buat artikel tentang perbedaan musang dan otter/berang-berang, terima kasih dok...

    ReplyDelete
  3. Dok cara mengurangi bau badan biul gmna ya dok? Sama mengetahui usia biul? Dan apakah biul bisa berenang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mengurangi bau musang biul, udah ada artikelnya... cara mengurangi bau musang biul...

      kalo mengetahui usia pasti musang biul, agak susah sebenernya. bisa sih dilihat dari jumlah giginya, tapi inipun dilakukan oleh dokter hewan biasanya.
      kalau mbak upload gambarnya ke postimage.org, terus linknya ditaro di sini, saya bisa tebak kok ntar umurnya... :)

      biul gak bisa berenang. mereka hewan tanah/darat. :)

      Delete
  4. Dok,kemarin saya cari artikel ttg musang, karena ada hewan liar yang masuk rumah mirip musang, setelah lihat di google mirip banget sama biul,motif putih diwajah, garis punggung putih pendek dan ekor. Sebaiknya gimna ya dok? Klo mau mengusirnya caranya gmna? Soalnya dirumah ada kucing n kucingnya ga berani.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah aja pake sapu, mas. gebrak2. atau bisa juga ditangkep pake karung/kain yang tebal, di-tegrep gitu... kalo udah ketangkep, buang aja ke kebun2 gitu...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.