Bedanya Musang Dan Ferret | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa

perbedaan musang dengan ferret

. Bedanya musang dan ferret ini diharapkan bisa membantu para pecinta musang dan ferret dalam mengetahui dan mengenai mana yang termasuk musang dan mana yang termasuk ferret. Bagi anda yang mau mencoba asyiknya memelihara musang, anda bisa mencoba memelihara musang pandan. Dan bagi anda yang ingin mencoba memelihara hewan jenis ferret, anda bisa mencoba memelihara biul atau memelihara ferret.
Bedanya Musang Dan Ferret
Image taken from en.wikipedia.org
Perbedaan utama musang dan ferret terletak pada asal keluarga (family). Musang termasuk keluarga viverridae, sementara ferret masuk ke dalam keluarga mustelidae. Dari kedua perbedaan keluarga tersebut, musang dan ferret memiliki beberapa perbedaan spesifik, antara lain:
  1. Seperti kebanyakan keluarga mustelidae lain, ferret adalah hewan yang banyak menghabiskan waktu di atas tanah (terestrial). Sementara bangsa musang (family viverridae) mayoritas tersebar di atas pohon dan diatas tanah.
  2. Baik musang (keluarga viverridae) dan ferret (keluarga mustelidae) memiliki kelenjar bau. Letak dari kelenjar bau pada musang terletak dibawah kulit, sementara letak kelenjar bau pada keluarga ferret berada di bagian anal (dekat anus).
  3. Sama seperti family felidae (kucing), family viverridae memiliki cakar yang bisa ditarik ke dalam jari (retractable claws), sementara keluarga mustelidae memiliki cakar yang tidak bisa ditarik ke dalam jari (non-retractable claws).
  4. Susunan gigi rahang atas dan rahang bawah musang berstruktur 3.1.4.2, sementara struktur gigi rahang atas ferret memiliki struktur 3.1.3.1 dan struktur gigi rahang bawah ferret berstruktur 3.1.3.2.
  5. Beberapa anggota keluarga viverridae menggunakan bau tubuhnya sebagai pertahanan diri dari predator, sebagian besar yang lain menggunakan bau tubuh sebagai penanda daerah kekuasaan. Sementara semua anggota mustelidae hanya menggunakan bau tubuh sebagai penanda daerah kekuasaan saja.
Ada beberapa jenis ferret yang masih dianggap sebagai musang oleh masyarakat Indonesia. Beberapa jenis ferret tersebut antaralain biul dan marten. Biul dan marten bukan musang karena keduanya termasuk bangsa mustelidae dan memiliki ciri seperti kebanyakan mustelidae. Artikel

bedanya musang dan ferret

ini diharapkan bisa menyadarkan mereka yang masih mengganggap biul dan marten sebagai musang. Terima kasih. (FS)

8 Responses to "Bedanya Musang Dan Ferret"

  1. yang dimaksud rahang atas d
    an bawah 3.1.4.2 apa ya dok ? saya masih blum paham ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu pola giginya berdasarkan jenis gigi. agak susah juga untuk menjelaskannya, hehehe. bahasa awamnya sih jumlah giginya:
      coba mas pelajari dulu gambar di https://en.wikipedia.org/wiki/File:Paradoxureskull.png

      Delete
  2. ywdah dok terima kasih :) .

    saya ada niat buat breed nih dok . kalo misalkan musang betina dan jantan sudah kenal 1satu sma lain , apakah boleh disatuin dalam 1 kandang ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. namun awal2, mending sambil diawasi. minimal 2 jam setelah disatukan satu kandang, mas tongkrongin dulu dei depan kandang... takutnya strike... :)

      Delete
  3. saya ada niat buat breed nih dok . kalo misalkan musang betina dan jantan sudah kenal 1satu smalain , apakah boleh disatuin dalam 1 kandang terus menerus ?

    ReplyDelete
  4. Apakah garangan juga keluarga mustelidae?

    ReplyDelete
  5. Dok... apakah otter itu termasuk musang? Mohon penjelasane :)

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.