Monday, November 3, 2014

Karakter dan Sifat Otter | Drh. Fira Sovica

Menarik untuk membahas

sifat dan karakter linsang

atau sering juga disebut otter atau sero karena hewan ini memiliki karakter unik. Hewan yang juga dikenal sebagai pembuat bendungan di sawah ini adalah mamalia semi akuatik yang tinggal di kali atau sungai berarus pelan atau sedang, dan mereka memiliki karakter yang sangat unik. Artikel berikut akan membahas tentang karakter dan sifat sero yang penulis tulis berdasarkan pengetahuan sebagai dokter hewan.
Oh ya, anda juga bisa membaca mengenai cara memelihara otter dan cara merawat linsang. Bagi anda yang memiliki otter galak, anda juga bisa mencoba menjinakkan otter galak dengan membaca cara menjinakkan otter.
Image taken from otterspotter.com
Berikut ini adalah beberapa sifat otter yang penulis tulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sebagai dokter hewan:
  1. Otter adalah hewan karnivora (pemakan daging), tapi juga kadang memakan rumput liat dan lumut sungai untuk memperlancar pencernaannya. Tingkah laku otter ini sama dengan perilaku kucing yang kerap makan rumput untuk memperbaiki sistem pencernannya.
  2. Sifat unik otter lainnya adalah sifat kekeluargaannya yang sangat erat terjalin antara otter satu dengan otter lain. Tak jarang, pemburu otter harus membunuh seluruh koloni otter untuk menangkap bayi atau anakan otter. Hal ini dikarenakan karena sifat keterikatan antar anggota koloni otter tadi. Jika anda mengambil satu ekor otter dari koloninya, makan otter-otter yang lain akan menyerang anda. Dan meski anda kabur atau melarikan diri, otter lain akan tetap mengejar anda, kalau perlu hingga ke rumah anda. Bisa dikatakan, mereka rela mati untuk otter lain.
Itulah beberapa

karakter unik dari sifat otter

. Semoga artikel singkat di atas bisa menambah wawasan anda dalam memelihara otter atau merawat linsang. Kontribusi anda berupa komentar, saran, kritik, atau konsultasi mengenai kesehatan hewan saya tunggu. Silakan tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

13 comments

Gigi anak saya copot dok apakah bsa tumbuh lg dan dia biasanya menggosol bagian bawah badan nya d kandang itu kenapa dok ?
Untuk med sos apakah ada dok .
Saya ingin mengirimkan video atau pun foto nya biar lebih jelas .

"pemburu otter harus membunuh seluruh koloni otter untuk menangkap bayi atau anakan otter", gak kuat bayanginnya :(

iya, emang kenyataannya gitu :(
kalau anakannya cuma 2 ekor, jumlah keseluruhan koloninya aja 30 ekor, ya semuanya dibunuh kecuali 2 ekor anakan tadi......

tapi denger2 sih pemburu juga ngitung2. kalo anakannya dikit, biasanya dibiarin aja. gak diburu. kalo jumlah anakan otternya lebih dari 5 atau 10, baru mereka buru....

dulu soalnya sempet riset waktu semester berapa gitu di kampus...

dok otter saya selalu berliur kalau di ajak ke tempat ramai kenapa yah?

belum terbiasa sama tempat ramai kayaknya mas. wajar kok. lebih sering dibawa ke keramaian aja biar gak stress... :)

setiap minggu selalu di bawa ke tempat ramai dok, sudah sering tapi masih begitu dok,,

hmm, fesesnya gimana?
mungkin emang karakter otternya gitu, gak nyaman kalo banyak orang. ada otter yang seperti itu.

dia berubah jadi agresif kalo banyak orang?

Dok saya mau tanya ,pada usia berapa bulankah otter bisa disebut otter remaja ?

otter bisa disebut remaja saat bisa berenang dan bisa cari makan sendiri.
udah ada keterangannya di artikel SIKLUS HIDUP OTTER.

Apa gak ada cara lain selain di buru dok ...
Kasian kan jadi mkin sediikit dok

cara satu2nya ya dengan cara dikembangbiakkan mas. diternak.
tapi setau saya emang belum pernah ada yang berhasil menernakkan otter... mau mau coba breeding otter? :)

Wah jahat ya.. Niat baik melihara ternyata dibaliknya ada pembunuhan mahluk tuhan.. Sedih bacanya..

apalagi kalo mbak tau cara pemburu ngambil anakan musang bulan. sama kayak gitu, pemburu harus ngebunuh induk musang bulan demi buat dapetin anaknya....


Silakan upload gambar.