Sugar Glider Tidak Bisa Hamil | Drh. Fira Sovica

"Dok, sugar glider morph saya tidak kunjung hamil meski sudah berkali-kali dikawin oleh pejantannya, kenapa ya dok?"
Begitu pertanyaan dari salahsatu owner hewan kepada saya. Pertanyaan tentang SG tidak hamil-hamil ini juga membuat saya menulis artikel

kenapa sugar glider tidak bisa hamil

. Bagi anda yang mau memelihara sugar glider, anda bisa membaca artikel cara memelihara sugar glider.
Sugar Glider Morph Tidak Bisa Hamil
Image taken from sugar-glider.co.uk
  • Penyebab kenapa sugar glider tidak bisa hamil

    atau tidak bisa berkembang biak sebenarnya lebih ke genetiknya. Kasus sugar glider tidak bisa hamil biasanya lebih sering terjadi pada sg morph. Jarang ada sg dengan segi genetik sempurna tidak bisa hamil. Artinya, sg tidak bisa hamil biasanya terjadi akibat faktor genetika.
Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan kalau sugar glider dengan perubahan genetik seperti sugar glider albino atau sugar glider morph lebih beresiko tidak bisa hamil (steril). Maka dari itu, penting untuk mengetahui silsilah sugar glider yang akan dibeli, apakah dari susunan silsilahnya memiliki keturunan steril (tidak bisa hamil) atau tidak. Jika ada, maka sebaiknya berhati-hati, terutama bagi anda yang membeli sugar glider morph atau sugar glider dengan kelainan genetik yang lain seperti sugar glider albino untuk tujuan ternak sugar glider atau breeding sugar glider agar investasi melalui beternak sugar glider anda tidak sia-sia. (FS)

31 Responses to "Sugar Glider Tidak Bisa Hamil"

  1. Dok, kalau jenis leucistic dan creamino itu apa termasuk kelainan genetik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau leucistic dan creamino memiliki struktur genetik yang sempurna.
      tidak seperti morph yang lebih rapuh... :)

      Delete
  2. Dok mau tanya nih, kalo sugar glider yang lagi hamil boleh di lap sampe basah ga dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebaiknya jangan dulu sampai joeynya sudah mandiri... :)

      Delete
  3. Dok kalo SG yang lagi hamil atau IP boleh di bawa jalan ga?

    ReplyDelete
  4. misi dok, saya mau nanya nih
    SG saya yang jantan sepertinya scrotum/ball nya hilang atau putus/dimakan SG nya sendiri, jadi SG jantan nya gak punya scrotum/ball saat ini
    pertanyaan apa scrotum akan tumbuh kembali? apakah SG saya tidak apa2? apakah SG saya dapat membuahi SG betina?
    mungkin dapat diberikan solusi yang terbaik dok
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. scrotum yang sudah hilang/putus, tidak bisa tumbuh lagi.
      kalau dari segi kesehatan sih gak masalah. hanya kalau soal bisa membuahi sg betina atau tidak, sepertinya tidak bisa....

      solusi dari saya: tetap pelihara sg tersebut, apapun keadaannya... :)

      Delete
  5. Dok,saya mau tanya.
    Sg jenis mosaic d kawinkan dgn sg jenis leucustic,dan menghasilkan ank sg jenis grey normal.
    Bila anak nya tersebut di kawinkan dgn sg jenis grey(murni grey),,apa mungkin bisa mempunyai keturunan seperti indukan awalnya.(kakek,nenek,yg mosaic n leucustic).
    Bila ya,presentasi nya ,seperti apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya kalau dikawinkan dengan grey lagi, agak lebih sedikit presentasi keturunannya akan leu atau mosaic. namun kalau dikawinkan lagi dengan leucistic, kemungkinan lebih tinggi....

      saya kurang tau kalau presentasinya berapa, tergantung het mosaic dari ortunya mas. kan saya tidak melihat langsung sg mosaicnya seperti apa... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Dok,
    sg saya jantan jenis platmos(platinum mosaic x platinum mosaic) apakah itu termasuk dalam sg morph yang lebih rapuh??

    saya masih kurang paham dok maksud dari jawaban ini bisa di perjelas lagi dok, bagian tidak seperti morph rapuh itu maksdunya gimana, bukanya leu dan cremino jga morph..
    ""kalau leucistic dan creamino memiliki struktur genetik yang sempurna.
    tidak seperti morph yang lebih rapuh... :)""

    dan misal di kawin sama betina grey apakan kemungkinan anaknya bisa keluar morph atau grey lagi..

    terimakasih dok,,, maaf banyak tanya hehehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kok kalau ada yang tanya hehehe.
      Saya coba jawab..

      sugar glider platinum-mosaic sebenernya sama saja seperti sugar glider mosaic. white-mosaic juga sama kok, 'kelasnya' masuk ke mosaic juga.

      setau saya, kalau mosaic itu termasuk gene yang dominant jika dibandingkan dengan grey. jadi kemungkinan jika sugar glider mosaic dikawinkan dengan grey, bisa saja menghasilkan mosaic, tergantung seberapa kuat bloodline si mosaic....

      nah, maksudnya "kalau leucistic dan creamino memiliki struktur genetik yang sempurna. tidak seperti morph yang lebih rapuh... :)" tergantung ke bloodline si sugar glider itu sendiri. kalau si sugar glider morph dihasilkan dari sugar glider grey yang memiliki bloodline kuat, kemungkinan dia akan tetap kuat secara genetik.

      nah, morph yang lebih rapuh gimana? agak ngejelimet juga jelasinnya, tapi saya coba jelaskan: jika seekor leucistic dikawinkan dengan sugar glider morph, kemudian anaknya dikawinkan lagi dengan anakan hasil kawin seekor leucistic dikawinkan dengan sugar glider morph juga, maka kemungkinan secara genetik akan lebih rentan karena secara bloodline-nya sudah tercampur2. joeynya mungkin akan tetap lahir, mungkin juga bisa hidup, namun kita tidak bisa menebak apa yang terjadi ke depannya.

      makanya, selalu kawinkan sugar glider yang memiliki bloodline kuat. misalnya, anakan dari indukan 100% leucistic dikawinkan dengan anakan dari indukan 100% classic grey, kemudian anaknya nantinya dikawinkan dengan leucistic 100%. secara genetika itu cenderung lebih kuat dibandingkan yang secara gene udah tercampur2.... :D

      demikian penjelasan saya, berdasarkan apa yang saya ketahui. :)

      Delete
  8. dok, apakah bisa breedingan SG grey x Grey hasilnya menjadi albino/leu?

    ReplyDelete
  9. dok, apakah bisa breedingan SG grey x Grey hasilnya menjadi albino/leu?

    ReplyDelete
  10. Dok, mau nanya
    Aku ad sepasang classic grey sg 2 bln, tapi aku tidak mau mengembang biakan joey, bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. joey = anakan sugar glider... :)

      bisa sih kalau mbak gak mau mengembangbiakkan sg. caranya, ya tinggal jangan dikawinkan. jadi, pisahkan kandangnya, tapi berdeketan. kandangnya ditaruh samping-sampingan... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya
    kalo sg sepasang disatu kandangkan apa pasti akan melakukan perkawinan atau ada kemungkinan tidak melukakuan perkawinan? dan apa setiap perkawinan akan menghasilkan?
    termakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasti, nggak pasti juga mas. kalau kemungkinan besar, iya. kalau sg disatukan, kemungkinan besar akan kawin jika keduanya sudah masa birahi dan siap kawin.

      nah apakah setiap perkawinan menghasilkan anak, tergantung berhasil atau tidaknya. banyak sekali kemungkinan gagal yang bisa terjadi. silakan baca2 aja artikel saya mengenai sg di blog ini dulu... :)

      Delete
  12. Dok, saya punya betina white face dan jantan mosaic, namun tak kunjung juga hamil, apa krna sang betina agak gemuk ya dok, pdhal rutin dan sangat saya beri merekaa ulat hongkong, perut sg betina nya besar dan gemuk, apa krna ini sang betina tak kunjung hamil juga???

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas satuin?
      tunggu aja, mungkin belum siklusnya...

      saran saya, mending jangan terlalu sering dikasih ulhong mas. ganti pake bubur bayi promina aja. bukan karena terlalu gemuknya, tapi demi keseimbangan gizinya... :)

      Delete
  13. dok saya punya jantan sama betina yang grey dok....
    udah dari bulan januari di satuin dok ,tapi gak kunjung hamil2 dok... klo diperhatikan yang betinanya suka jungkir balik kebelakang dok... aapakah inin penyebab yg betina tidak hamil2?
    betinanya juga suka tidak mau diem dok, berisik, suka pingin keluar ,mulu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jungkir balik kebelakang gimana mas?
      umur betinanya berapa mas?

      gak coba kawinin ke betina lain aja?

      cek juga parameter lainnya: kandangnya nyaman nggak? bersih? tenang (gak banyak suara mengagetkan)? makanannya cukup?

      Delete
  14. Dok, sya punya sg leu jantan. Kawin lebih dari 3 kali tp kenapa betinanya ga pada hamil
    Udah di coba ke 4 betina beda2 hasilnya nihil semua.
    Umur jantan leu nya 14 bulan.

    Tolong di jawab dok, sblmnya terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas yakin semua perkawinan itu berhasil?
      dan mas kawinkannya ke jenis leucistic juga atau ke jenis yang lain?

      kalau mas mengawinkannya ke jenis leucistic juga, coba kawinkan dulu ke jenis gray....

      ada sih kemungkinan mandul, tapi tentu saya nggak bisa langsung memutuskan kayak gitu....

      Delete
  15. Berarti ga berhasil ya dok.

    Sya kawinkan dgn grey , platmos ,grey ,grey
    Semuanya nihil.

    Penanganannya gmna dok kira2 .
    Apa tetep berusaha dikawinkan trus bgtu kah?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas coba kawinkan dia?
      sgnya jantan kan? cek, apakah ada testikelnya?

      saya sih khawatir, jujur saya khawatir, kemungkinannya mandul.... apa nggak lebih baik mas bawa ke dokter hewan aja?

      Delete
  16. Dok.. tanya dong SG grey saya udah umur 1 tahun lebih.. sering kawin tapi ga pernah menghasilkan anak.. saya punya dua pasang.. sama sering kawin tp ga hamil hamil.. mandulkah ?

    ReplyDelete
  17. dok sya punya SG grey yg betina A postur biasa jantan A obes prnah IP 2x mski sama2 IP 1ekor, stelah itu g pernah IP sma skali setaunan lbih akhirnya jantan sya ganti B sering kawin tp lama tidak IP tp jantan B jadi obes, akhirnya jantan B sya pindah sama betina baru tp uda hampir setaun smpe skrg blom hamil jga tp malah betina B jadi obes, yg jantan A sya satukan kembali sama betina A tp tetep smpe skrg g bisa hamil. sya smpe menarik ksimpulan sndiri kalo itu smcam penyakit menular yg menyebabkn g bisa hamil. apa ada penyakit sprti itu? bagaiman pnjelasan tentang kasus sprti itu dok? trima ksih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.