Penyebab Burung Hantu Sering Megap-Megap | Drh. Fira Sovica

Sebenarnya,

burung hantu sering mangap-mangap

tidak perlu dikhawatirkan. Hal itu lumrah selama tidak ada indikasi lain dari penyebab megap-megap pada burung hantu. Dan memang tidak ada sebab lain dari burung hantu sering mangap-mangap selain kehausan atau kepanasan. Burung hantu celepuk, burung hantu barn owl, dan jenis burung hantu lain memang kerap melakukan hal tersebut jika kepanasan atau kehausan.
Burung Hantu Megap-Megap
Image taken from owls.org

Ya. Kadangkala, burung hantu terlihat membuka paruhnya dan lehernya bergerak-gerak saat ia merasa kepanasan. Hal ini juga terjadi pada jenis burung pemburu (BOP, bird of prey) yang lain. Sering, burung hantu membuka paruhnya lebar-lebar dan lehernya terlihat bergerak-gerak bila ia sedang dijemur.
Jika gejala diatas terjadi, penting untuk segera memindahkan burung hantu yang sedang dijemur ke tempat yang lebih teduh dan beri ia minum, lalu diamkan selama beberapa menit. Burung hantu tersebut akan kembali normal.
Demikian adalah bahasan singkat tentang

penyebab burung hantu sering membuka paruhnya

atau burung hantu sering mangap-mangap. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda untuk merawat burung hantu dengan sebaik mungkin. Terima kasih. (FS)

56 Responses to "Penyebab Burung Hantu Sering Megap-Megap"

  1. dok gmn caranya nglatih spy barn owl bisa minum sndri, soalnya tiap hr dksih minum sllu ga diminum. btw cara upload fotonya gmn dok di blog ini, mo kasih liat barn owl aku :)

    ReplyDelete
  2. dok gmn caranya nglatih spy barn owl bisa minum sndri, soalnya tiap hr dksih minum sllu ga diminum. btw cara upload fotonya gmn dok di blog ini, mo kasih liat barn owl aku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan search cara memberi minum burung hantu di menu cari artikel diatas.... :)

      Delete
  3. Dok... saya punya bubo chick, Taylor. Dia sering mangap2 dok, padahal sudah sy taruh di tempat yang sejuk. Apa karena harus di semprot2 air? Atau harus di beri minum? Padahal dia baru saya beri minum, dok. Tolong balas

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa? :)
      ada pengaruhnya juga dari makanan. fesesnya gimana? tahinya? coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. cari di bagian cari artikel

      Delete
    2. Makannya sih tikus putih, dok. Sejauh ini feses nya normal kok.

      Delete
    3. cukup pindahkan ke ruangan yang sejuk aja mas. :)
      mungkin dia juga mau memuntahkan pellet..

      sekarang keadaannya gimana?

      Delete
  4. Kalo mangap" disertai bersin dan gemeteran gmna dok ?
    Makasih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tanda2 di atas disertai dengan tanda gak mau makan/mogok makan, lebih baik dibawa ke dokter dengan segera. kalau masih mau makan, coba sering2 dijemur dibawah sinar matahari pagi2 sebelum jam 9 pagi sambil diobservasi

      Delete
  5. dok BO saya kok suka mangap" mulu ya padahal udah di tempatkan di tempat yang teduh?

    ReplyDelete
  6. tetep masih mangap" dok
    kalo mangap" seperti itu apa dia terkena penyakit dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya nggak. mas udah coba kasih minum?
      sekarang gimana keadaannya? makannya masih normal? :)

      Delete
    2. sudah dok
      kemaren si agak lemes dok tapi saya taro di gudang sekarang udah mendingan dok tapi tetep dia masih mangap" dok

      Delete
    3. observasi aja selama 2 hingga 7 hari ke depan.
      coba kasih tau juga fesesnya. feses burung hantu yang sehat biasanya ada 3 warna: putih susu, bening air, dan kehitaman/kecoklatan. cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... :)

      sehat selalu.. :)

      Delete
    4. oia dok burung hantu saya kok kalo tidur dia gak berdiri ya dok tapi malah tiduran kaya burung hantu mau mati?

      maaf dok jadi banyak tanya ni

      Delete
    5. harusnya sih berdiri, umur burung hantunya berapa mas? makannya masih normal/rakus?
      coba kasih saya fotonya. ganti aja foto mas pakai foto owlnya...

      Delete
    6. burung hantu saya yang satu lagi dok umur nya sekitar 2 bulanan dok jenis oriental

      Delete
    7. owl saya udah sembuh dok setelah membaca artikel dokter yang cara menyembuhkan kaki pincang.
      terima kasih dok :)

      Delete
    8. syukurlah, mas. saya ikut senang.
      bisa kembali kemari jika ada problem...

      Delete
  7. dok mau tanya umur brpa owl bisa diajarin JFFT ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia udah mulai bisa terbang atau bisa sedikit2 terbang.... :)

      Delete
    2. oh gtu dok
      oia dok saya juga pernah baca komentar dokter yang ceritain tentang burung hantu dokter yang namanya errol yang bisa nyari makanan sendiri, kalo mau seperti errol bisa pintar seperti itu kira" butuh di latih berapa lama dok?

      maaf banyak tanya dok :D

      Delete
    3. sebenernya, saya dulu gak niatin errol buat bisa berburu sendiri.
      saya cuma memelihara si errol sebaik2nya. namanya juga bakat keluarga (semua keluarga saya pelihara falcon/burung pemburu), jadi ya ada bakat. gak lama setelah si errol bonding sama saya, saya panik waktu liat si errol gak ada di perchnya waktu saya pulang kuliah (waktu itu saya masih kuliah semester akhir). tapi ada sesuatu yang ngasih tau saya (entah apa 'sesuatu' itu) bahwa errol cuma sebentar keluar rumah, mau cari makan, laper..... dan bener aja, tengah malem waktu saya ngerjain paper, dia pulang bawa anak tikus di paruhnya. biasa, pamer. (sifat pamer burung hantu ini kayak sifat pamer kucing yang suka nunjukkin hasil buruannya ke tuannya)......


      itulah mas. kalau kita udah menjalin ikatan ama owl kita, entah gimana caranya dia bisa 'berkomunikasi' ke jiwa kita.... :)

      Delete
    4. oh ya. si errol itu saya dapet udah tua. galak. dia udah bisa berburu sendiri di luar kayaknya setelah saya memelihara dia kira2 1,5 tahun.

      Delete
    5. apa dokter pernah mengajarkan errol buat JFFT atau FF ?
      soal saya pernah denger cerita orang yang melihara burhan juga dok dia gak pernah melatih burung hantu nya untuk bisa JFFT atau FF dia hanya memelihara burung seperti biasa yang hanya di berikan makan gak pernah di latih tapi burung hantu dia malah jinak total sama seperti errol dia sudah bisa berburu sendiri

      Delete
    6. tapi ngomong" dokter hebat juga burung hantu pelihara saat udah tua tapi bisa pintar
      oia ngomong" si errol jenis burung hantu apa ya dok?

      Delete
    7. hanya kalo ada waktu aja saya training biar insting berburunya tetep tajem.
      gak hebat kok. mungkin karena ada bakat keluarga aja karena semua keluarga saya pelihara burung pemburu (falcon)....

      errol dan padma jenis burung hantu barn owl

      Delete
    8. wah apa gak berantem dok kalo burung hantu sama falcon di gabung gtu?

      apa si padma udah bisa berburu sendiri juga dok seperti si errol?

      Delete
    9. kadang2 juga berantem sih mas, hihihi. tapi si errol sih ngerti kalau saya bilangin. kalau dia berantem sama alap2 kakak saya, saya suka marah ke si errol. dan kalau dia marah, dia pasti langsung nunduk sambil angguk2 kepalanya..... :)

      padma belum bisa kayak errol. dan saya pernah bilang ke errol kalau padma yang urus dia. lumayan mas, errol kadang cari anak tikus 2 ekor di alam. satu buat dia, satu buat padma.... :)

      Delete
    10. hahaha si errol udah kaya manusia aja bisa ngarti apa yang diomongin sama dokter

      wah si errol baik banget mau nyariin makanan buat si padma
      salut sama si errol :)

      Delete
    11. kalau udah bonding banget ama kita, iya, mereka bisa ngerti apa yang kita omongin, mas... :)

      Delete
  8. Perkenalkan dok sy pemula di dunia bop, sy punya celepuk namanya jack,(brancher kayae bisa lompat n terbang dikit2), minggu pertama karena ga tau sy kurung di kandang kucing, nah hari ini sy taruh di T perch buatan sendiri, nah kuatir nya sy dia kalo loncat ato terbang sayanpnya ke nemplok ke tanah dan ga bisa terbang balik, akhirnya sy putuskan kalo malam sy kurung lagi dan pagi sy taruh di perch lagi, gpp kan dok? Oh ya megap2 nya makin sering dok, megap sy minumin pake pipet begitu terus, aman kah yg sy lakukan ini dok? Terimakasih sebelumnya,

    ReplyDelete
  9. Fyi, makan si jack 10 sd 20 jangkrik 2x sehari pagi, magrib dok. Feses, tiga warna normal dok, tapi karena sering sy minumin pake pipet beberapa kali dia nembak dan air aja ky mencret, gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. so far, bagus kok.
      untuk perch, mending jangan dibiarkan sendiri tanpa diawasi. emang perlu dibiasakan...

      untuk tahu parameter kesehatan burung hantu, mas bisa baca artikelnya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      maaf baru balas. gimana keadaan jack sekarang, mas? :)

      Delete
  10. Alhamdulillah sehat dok, udah ke drh kapan hari, suruh kasih vitamin aja buat jaga2 seminggu 2X (vitachick sachet) di wadah minumnya, sama dikasih disinfektan buat disemprotin ke kandangnya seminggu sekali, biar bersih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabar baik untuk hari ini.
      observasi terus, jangan lengah. kabari saya lagi ya mas... :)

      Delete
  11. Dok mau tanya, barn owl saya suka megap", padahal saya taro dia di tempat adem, dan selalu di kasih minum.. tapi sering sekali megap" knp ya dok? Warna feses normal dan makan yang saya kasih anak ayam negeri hidup(yg warna kuning)dan tiput, apa ada yg salah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya?
      ada kemungkinan stress? ruangan tempat memeliharanya bising gak?

      nasfu makan gimana?

      kabari saya lagi ya mas... :)

      Delete
  12. Dok.. Saya mau tanya nih... Saya punya burhan bran owl usia brancher akhir, udah mulai 3 hari ini megap2 terus knp yah?, udah di kasih minum tetap megap2, di tempat adem juga megap2, nafsu makan agak berkurang yang awal sehari habis 6 tiput, yang skrng cuma hbs 4-5 tiput sehari. Bisa ksh solusi... ?. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek parameter kesehatan burung hantu lain, silakan baca artikel saya parameter kesehatan burung hantu.

      dan pindahkan ke ruangan yang agak sepi suara dan bebas asap rokok.

      Delete
  13. Dok..BO saya sering megap2,padahal sudah saya pindahkan ditempat teduh sma saya kasih minum,dok.trus dia itu makannya juga mogok,klo begitu bagaimana dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamkan dulu selama 10 atau 15 menit.
      kalau masih sama, cek fesesnya.....

      Delete
  14. dr, mau tanya perawatan barn owl yang baru berumur 2 bulanan, masih bulu jarum..
    barn owl nya tidak mau makan dan harus di suapin..
    apa karena masih beradaptasi lingkungan baru..
    barn owl nya masih sangat pendiam.
    apa karena masih anakan.
    dari fesesnya masih kelihatan normal warna putih, air, dan hitam.
    kendalanya masih tidak mau makan..
    mohon infonya ya dok..
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mas. untuk barn owl umur segitu emang sebaiknya masih disuapi. dia udah bisa berdiri?
      kalau dia udah bisa berdiri, coba aja kasih pakan hidup kayak bayi tikus putih atau emprit hidup. taro aja di deket dia, terus tinggal.

      rutin kasih super-n ya mas. biar dia sehat terus. kabari lagi

      Delete
  15. Dok, saya mau tanya
    Tadi burung hantu saya kasih makan jangkrik 10menit kemudian saya mandikan dan tiba2 dia mengap2 paruhnya terbuka lidahnya ke atas kayak sesak nafas, badannya pucat. Saya bingung saya mau bawa dia ke dokter hewan tapi tutup prakteknya.
    Dan skrng keadaannya masih bisa makan tapi dikit, dan pas tidur burung hantu saya paruhnya terbuka kayak susah ambil nafas.
    Dari kecil sampai skrng sekitar umur 4th dia gak pernah gitu.
    Mohon penjelasannya dan yg saya harus lakukan apa. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya ngasih makan kebanyakan atau jangkriknya kegedean kali. biasanya kalo kayak gitu, dia mau muntah akibat overfeeding.

      sekarang gimana keadaan owlnya mas?

      Delete
  16. Dokter, obay saya brancher sering megap2 padahal malem, udah kalo tidur terlentang kyk mati, makan lancar feses normal (hitam, ada cairan, trus ada putih), kenapa dok ya? Saya khawatir

    ReplyDelete
  17. Oya baru pernah seperti ini dok, sorenya padahal hiperaktif (setelah saya kasih minyak ikan) sorenya berisik bgt, ga mau diem, malemnya megap2 kyk nafas pake mulut, kadang bersin

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya dia kena tetelo sih mas. :(
      udah berapa lama? kalo bisa sih mending bawa ke dokter hewan aja. buat penanganan pertama, mas bisa kasih super-n. makan rutin. dan jangan dikasih minyak ikan dulu. malah tambah sakit nantinya...

      Delete
  18. Assalamualaikum dokter, saya mau tanya..
    Saya pelihara alap jenis Cg, tiap makan kenapa sering ngeluarin air dari hidung.. dan itu terjadi tiap bop saya makan dok walaupun sedikit. Apa itu normal / terindikasi sdng sakit? Terima kasih
    Wasslm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      coba mas baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu. itu bisa juga buat cg. selama parameter di sana ada semua, CG mas termasuk sehat kok.

      untuk treatmentnya, mungkin bisa kasih super-n aja, setetes setiap hari. dengan cara diteteskan langsung ke mulutnya.

      Delete
  19. Dok apakah tbc pada burung hantu bisa menular ke manusia?

    ReplyDelete
  20. Dok kalau celepuk di kasih makan daging ayam di potong potong kecil boleh nggak dok


    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.