Daftar Alamat Praktek Dokter Hewan (Jakarta Raya) | Drh. Fira Sovica

Dalam artikel sebelumnya, saya telah membuat artikel daftar alamat dan nomor telepon dokter hewan di daerah jawa tengah dan jawa timur. Kali ini, saya telah membuat daftar nomor handphone dokter hewan dan

alamat dokter hewan daerah jakarta raya

. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang memerlukan informasi alamat dokter hewan terdekat dari lokasi anda.
Daftar Alamat Praktek Dokter Hewan di Jakarta
Image taken from vet.cornell.edu
Dan inilah daftar praktek dokter hewan daerah jakarta:
  • Alamat dan Nomor Telepon Dokter Hewan Daerah Jakarta Barat.
    1. Drh. AE Perdanawinata
    2. Jl. Perjuangan Kelapa Dua Raya No. 2A Jakarta Barat Telp. (021) 5367-0811
    3. Drh. Betty Lestari
    4. Jl. Arteri Kelapa Dua No. 2 A Kebun Jeruk - Jakarta Barat Telp. (021) 5367-0811 Hp: 0815-891-4156
    5. Drh. Chaidir Taufik
    6. Jl. Muwardi I / 2, Grogol Jakarta Barat Telp. (021) 568-0672
    7. Drh. Cucu Kartini Sajuthi
    8. Praktek Bersama Jl. Panjang Green Garden Blok I-9 No. 35 Jakarta Barat Telp. (021) 5830-2918 / 5830-2919 Jadwal Praktek: Senin 09:00 - 20:00 Drh. Tan Siu Ing Selasa 09:00 - 15:00 Drh. Nyoman Sri Widiasih Selasa, 15:00 - 20:00 Drh. Cucu Kartini Sajuthi Rabu 09:00 - 20:00 Drh. Erita Soyanti Kamis 09:00 - 15:00 Drh. Nyoman Sri Widiasih Kamis 15:00 - 20:00
    9. Drh. Heny Widiastuti, Drh. Medika Satwa
    10. Jl. Kemuning Bambu Larangan No. 199 Cengkareng Jakarta Barat Telp. (021) 921-7978
    11. Drh. Ida Aryani H
    12. Jl. Puri Kembangan Raya No.77H RT 11/05 Kedoya – Jakarta Barat Telp. (021) 5818662 / 70132664
    13. Drh. Irfan
    14. Jl. Kembang Kerep No.18 Meruya Utara - Jakarta Barat Telp. (021) 7332124
    15. Drh. Made Suwardana
    16. Jl. Puri Kembangan Raya No.77H RT 11/05 Kedoya - Jakarta Barat Telp. (021) 5818662 / 70132664 HP : 0818756829
    17. Drh. Martina
    18. Jl. Mandala Timur No. 9, Tomang Jakarta Barat Telp. (021) 568-6345
    19. Drh. Mona Bustami
    20. Jl. Lapangan Bola no. 5D Kebon Jeruk - Jakarta Barat Telp. (021) 53650946 / 33000658 Jadwal Praktek: Senin – Rabu- Kamis- Jumat : 09.00-21.00 Sabtu – Minggu : 10.00-16.00
    21. Drh. Muhammad Munawaroh
    22. Jl. Kemuning Bambu Jakarta Barat Telp. (021) 8760963
  • Alamat dan Nomor Handphone Dokter Hewan Daerah Jakarta Pusat
    1. Drh. A. E. Perdanawinata, dkk
    2. Jln. Kartini Raya No.46 Pasar Baru - Jakarta Pusat Telp. (021) 70113030
    3. Drh. Gunawan Rahardja
    4. Jl. Moti No.1 Cideng Jakarta Pusat Telp. (021) 6344170
    5. Drh. Sutarman
    6. Jl. Kebon Sirih Barat Dalam No.35 Jakarta Pusat Telp. (021) 3151989
    7. Drh. Eka
    8. Jl. K. H. Mas Mansyur No. 8A Seberang London School - Jakarta Pusat Telp. 021 – 36965333 Hp: 087877111499
  • No Hp dan Alamat Dokter Hewan Daerah Jakarta Selatan
    1. Drh. Alit
    2. Jl. RC Veteran No. 4, Bintaro Jakarta Selatan Telp. 021-7361502
    3. Drh. Ambang
    4. Jl. Merawan N0. 22, Cinere Sawangan – Jakarta Selatan Telp. (021) 754-5193
    5. Drh. Bowo
    6. Jl. Harsono RM No 10, Ragunan Jakarta Selatan Telp. (021) 780-4993
    7. Drh. C.Koesharjono
    8. JL. Wijayakusuma I No.26, DEP - KES RI FATMAWATI. Jakarta Selatan Telp. (021) 7063-2339 / 0811-802-196 HP. 0855-101-3970 Praktek: Senin hingga Sabtu, 08.30 - 17.00
    9. Drh. Gustav A. Mueller
    10. Jl. Cidodol Raya Ruko No. 1 D Kebayoran Lama - Jakarta Selatan Telp. (021) 725-8410 HP. 0818687595 Praktek : Senin-Rabu-Jumat Pk. 10.00-16.00
    11. Drh. I Ketut Artanawa
    12. Jl. RS Fatmawati No. 38 Jakarta Selatan Telp. (021) 751-3247
    13. Drh. Ina
    14. Jl. Kemang Utara 47 Jakarta Selatan Telp. (021) 719-3777
    15. Klinik Hewan Nature Vet
    16. Jl Tebet Barat Dalam VIII No 14 Tebet, - Jakarta Selatan Telp : 70720081, 98275717 Praktek: Senin hingga Jumat 10.00-20.00, Sabtu dan Minggu 10.00-18.00 Melayani juga terapi akupuntur dan laser akupuntur untuk hewan.
    17. Klinik My Pet
    18. Jl. Kemang selatan No. 7A Jakarta Selatan Telp. (021) 766-8241
    19. Drh. Kristanto
    20. Jl. Tarogong Jakarta Selatan No. Hp. 0815-963-5750
    21. Drh. Puguh Supriyanto
    22. Jl. Tanah Baru Raya No. 20 A Depok - Jakarta Selatan Telp. (021) 775-6222
    23. Rumah Sakit Hewan Jakarta
    24. Jl. Harsono RM, Ragunan Jakarta Selatan Telp. (021) 789-1093 / 789-1095
    25. Dr. Siti Zaenab
    26. Animal Clinic My Vets Jl. Kemang Selatan 8 no 7a Telp. 0217668241 HP. 081672729
    27. Klinik drh. Sj. Sikar
    28. Jl. Taman Radio Dalam VII No. 30 Telepon: (021) 723-6746
    29. Drh. Prijono
    30. Jl. Tebet Barat Dalam VIII
  • Alamat Dokter Hewan Daerah Jakarta Timur
    1. Drh. Amir
    2. Jl. Radar AURI No. 4, Cibubur Jakarta Timur Telp.(021) 912-8790
    3. Drh. Cholilah K
    4. Jl. Kayumanis X No. 23 Jakarta Timur Telp. (021) 856-5762
    5. Drh. Dewi Suryani Kurniasih
    6. Komp. Bumi Makmur Jl. Beo No. 4 Jatimakmur, Pondok Gede Jakarta Timur Telp. (021) 847-3851 Praktek: Senin s/d Jumat, Pagi: 08:00 - 10:00 Sore: 17:00 - 20:00 Melayani pada hari libur dan kunjungan ke rumah dengan perjanjian
    7. Drh. Fiqrie
    8. Jln. Manunggal 2 No.14 Ceger-Cipayung Jakarta Timur Telp : 08567338834 Dokter hewan kunjungan rumah dengan perjanjian
    9. Drh. Husnul Hamdi
    10. Jl. Haji Naman No. 10, Pondok Kelapa Bisa masuk dari arah Raden Inten atau dari Jl. Kalimalang, Jakarta Timur Nomor HP. 0818711721 Praktek juga di Rumah Sakit Hewan Jakarta
    11. Drh. Ida Sunar Indarti
    12. Jl. Anyelir G 33, Cijantung II Jakarta Timur No. Telp. (021) 840-0553 No. HP. 08129016004
    13. Drh. M. Th. Widiastuti
    14. Jl. Dermaga No 26 Duren Sawit - Jakarta Timur Telp. (021) 861-1631
    15. Drh. Nurmansyah
    16. Jl. H. Dogon Blok G 5 no. 10B Komplek DKI Pondok Kelapa Jakarta Timur Telp. (021) 68785885 No. HP. 081573126359 Praktek: Setiap hari, 9.00 s/d 21.00 Menerima house call
    17. Drh. Porindra
    18. Cipinang Jakarta Timur Telp. (021) 850 1143 HP. 0816 189 9425
  • Nomor Telepon Dokter Hewan Daerah Jakarta Utara
    1. Drh. Antonius S.
    2. Jln. Kelapa Sawit Raya Blok EE9/10 Jakarta Utara Telp. (021) 452-0008
    3. Drh. Cucu Kartini Sajuthi
    4. Praktek Bersama Dokter Hewan Ruko Nirwana Blok J-1 No. 2 Jl. Sunter Permai Raya Sunter Asri Tahap III Jakarta Utara Telp. (021) 651-5261 / 651-5262 Buka 24 jam
    5. Drh. Gunawan Rahardja
    6. Jln. Kelapa Hybrida Raya Blok QG 10/21 Kelapa Gading Permai - Jakarta Utara Telp. (021) 4523136 / 4534658
    7. Drh. Reagansan Purba
    8. Jln. Pulau Pelangi Blok E12/5 Sunter Kodamar - Kelapa gading barat Kompleks TNI - AL (Jakarta Utara) Jakarta Utara Telp: (021) 45847648 No. Hp: 0813 1146 5527 Praktik: 09.00 - 18.00 WIB Praktik juga di Rumah Sakit Hewan Jakarta
    9. Drh. S. Wiradja
    10. Jl. Gading Elok Timur No. 4 Kelapa Gading Permai Jakarta Utara Telp: (021) 452-0175 Praktek: Senin s/d Sabtu: Jam 17:00 – selesai
    11. Drh. Tatang Cahyono
    12. Jl. Pademangan VIII RT 016/010 No. 162, Jakarta Utara. No. Hp: 081330755112, 08881354501 Spesialis akupuntur hewan, praktek di klinik bersama drh. Cucu (Sunter) dan house call (Appoitment by phone)
    13. Drh. Magda R.
    14. Jl Muara Karang Bl. C 2 B No.128 Jakarta Utara Telp: (021)6628702 , 021-662 2340
Itulah

daftar alamat dokter hewan daerah jakarta

, nomor telepon dokter hewan daerah jakarta, dan alamat dokter hewan daerah jakarta raya. Semoga artikel diatas berguna bagi anda yang memerlukan informasi mengenai alamat dokter hewan daerah jakarta raya. Terima kasih. (FS)

96 Responses to "Daftar Alamat Praktek Dokter Hewan (Jakarta Raya)"

  1. Dokter..
    Drh fira sendiri praktek nya dmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu saya buka klinik di deket rumah, daerah bogor kota, jawa barat. tapi tutup karena saya lebih banyak sibuk di luar, mas... :)

      Delete
  2. Oo gt y drh..
    Drh Fira,
    Jgn marah y klu sy agak bawel bnyk tanya" mnt ilmunya drh.
    (Bs sering sharing sm drh nh..)
    Krn sbnrny sy sk dunia binatang tp ga ksampaian blajar aplg dpt gelar Drh.
    Hehehe..
    Dan mohon drh jgn kecewa y.. Krn sy konsul tp ga bs bayar jasa drh.
    Harap maklum.
    Dan terus terang, sy sk dgn adanya blog spt ni. Aplg drh 'welcome banget' dgn jawaban"ny.
    Terimakasih dokter..
    Semoga kbaikkan drh mdptkn 'lgsg n segera' balasan dr YANG MAHA SUCI berupa: kesehatan, kekuatan, usia panjang, kecantikkan dan kekayaan.
    Semoga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekali lagi saya tegaskan bahwa saya malah senang bisa bantu2 orang via blog ini mas, kalau saya bisa bantu lebih, pasti saya bantu. cuma untuk saat ini saya hanya bisa bantu lewat blog ini aja... :) mas bisa terus nanya2 di blog ini, gratis. dan pasti saya jawab. :)

      Delete
  3. Replies
    1. sama2... jangan lupa kasih saya kabar lagi ya mas.... :)

      Delete
  4. Malam dokter fira..
    Saya mau tanya musang pandan saya (billey) usia sekitar 1 stgah bln.
    Kandang bersih,makan pisang sunpride+madu menggunakan pipet,terkadang mkn bubur bayi.
    Dan baru skitar 2hari ini,saya perhatikan kalau bola mata sblah kanannya agak menonjol/bengkak,dan warnanya agak putih keabu2an.
    Apa itu katarak atau hanya iritasi mata saja?
    Dan masih bisa sembuh gak y dok?
    Mohon penjelasan dan bgaimana cara penyembuhan..
    Trimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya iritasi aja kayaknya. silakan lakukan langkah2 di artikel cara mengobati musang katarak, secara prinsip sama. jangan pernah memberikan asupan protein kalau musangnya lagi sakit mata ya mas.... selengkapnya baca artikel tersebut....

      masih, masih bisa sembuh. tergantu seberapa serius mas menjalankan instruksi saya di artikel cara mengobati katarak pada musang. sekali lagi saya tegaskan bahwa jangan memberikan asupan protein apapun ya mas, cukup kasih buah aja...

      kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
  5. Dokter, klo dokter fira bekerja dimana.. Apakah dokter fira bisa mengobati kura2

    Atau dokter mana ya yag bisa mengobati kura2 di daerah jakarta timur, mungkin teman dokter ada yg bisa mengobati kura2

    Kura2 saya tempurungnya agak lembek..
    Terimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah jakarta timur kan ada RSH ragunan, mbak. kesana aja. rumah sakit hewan ragunan, posisinya deket bonbin.
      maaf baru balas, saya sedang sakit sekarang... doakan biar cepet sembuh ya mbak...

      Delete
  6. pgi dok,mo nanya ap semua dokter hewan bisa mengatasi klo misal ad burung hantu sakit

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih bisa, hehehe. cuma kadang ada yang belum terbiasa aja. tapi secara teori mereka pasti bisa.

      benjolan di kakinya mengandung air nggak? terus dia suka garuk2 bagian yang bentol?

      Delete
  7. bu dok,sakitnya di kaki ad benjol2 spt cacar dan di paruh bengkak gt.ap msih iza di sembuhkan total??

    ReplyDelete
  8. Dok mau tny,sy pelihara sugar glider,sudah 2 hari susah makan. Hari 1 sy suapin paginya msh biasa aja,sorenya beda sy plg kerumah dia lemas,ga mau makan,ga buang air,minum trs(ga biasanya sering minum) dan matanya sayu. Keluar pouch,diam sebentar,jalan lg,diam lg,manjat,diam lg,masuk batok,keluar lg. Kaya ga tenang gitu. Dan dia begitu di saat sore,jam biasanya dia tidur dan ga keluar pouch. Sy sampe suapin paksa minum susu,air madu,bubur bayi yg di encerkan supaya perutnya ga kosong. Dia sk bgt ayam rebus. Sy kasi malah buang muka. Akhirnya sy kasihin air kelapa krn takut perutnya yg ga enak atau salah makan. Krn malemnya pup warnanya kuning terang yg biasanya coklat gelap. Hr ini sdh mendingan,makan semangka mau dan matamya sudah ga terlalu sayu lg. Tp blm benar2 normal. Blm aktif ky wktu sehat dl.Makan bubur bayi msh ga mau. Kira2 knp ya dok? SG sy umur 6 bulan up dan msh sendiri

    ReplyDelete
  9. Dok..
    Klu potong ekor anjing, bs dilakukan sendri ga?
    Gmn carany?
    Atw HARUS ke drh?
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending ke dokter atau rumah sakit hewan, mas... :)

      Delete
  10. pgi bu dokter,mengandung air mksdnya gmn dok? kta sodara spt bubul pda ayam dok,udah sya bwa ke dokter ga ad tnda2 sembuh . .mngkn dokter ad saran diksih obat oles ap yg manjur gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, maksudnya bubblefoot? udah saya bahas sebenernya pada artikel cara mengobati bubblefoot pada burung hantu. secara prinsip sama. coba aja mas cek dlu artikelnya... :)

      Delete
  11. klo soal makan rakus dok,dipanggil respon tanggap,cm ngeliat partner sya ngrasa ksian.pngn si boy sembuh dok.bru msuk usia bc akhir

    ReplyDelete
  12. Hallo Drh. Fira Sovica saya mau bertanya, saya memiliki seekor burung jenis murai batu. dan burung saya mengalami katarak pada kedua matanya. apakah bisa dilakukan operasi katarak pada burung saya ?

    ReplyDelete
  13. dok, mau bertanya soal burhan celepuk saya yang sedang sakit.
    burhan saya kok lumpuh ya, tapi masih mau makan jangkrik.. kotoran fesesnya warnanya agak hitam, cuma air disekitar fesesnya warna hijau..
    saya udah ke PUSKESWAN. kata Dokternya, kemungkinan burhan saya kurang vitamin kalsium dll.. habis itu sama dokternya dikasih obat Vita Stress.

    yang ingin saya tanyakan, apa benar burhan saya kekurangan vitamin, kalsium dll?? sejujurnya saya agak kurang yakin dengan pernyataan dokter hewan yang ada di puskeswan.

    ReplyDelete
  14. Dok saya boleh minta alamat dokter hewan daerah bogor kota dok ? Untuk burung hantu saya dia mengalami patah sendi kaki dok
    Maaf tolong di bls secepatnya dok, kasian burung hantu saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh, kenapa mas gak baca artikel saya? ada kok list alamat dokter hewan artikelnya...

      atau kalo saya sarankan ke kampus IPB aja mas... fakultas kedokteran hewan.... di sana ada RSH kalo gak salah...

      Delete
  15. Hi, Drh. Fira, Boleh tau untuk dokter khusus musang atau ferret ada rekomendasi gak yah didaerah jakarta barat? bisa minta list untuk daerah di jakarta apabila tidak ada untuk daerah jakarta barat.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, coba mas gabung ke grup komunitas pecinta musang jakarta, biasanya mereka tahu dokter hewan mana yang bisa handle musang....

      Delete
  16. Dok . Saya mau konsultasi monyet saya ? Untuk warna fasesnya agak kuning lembek . Makanan pisang yg d alusin , minum air putih , susu sgm 0-6 bln . Saya baru di kasih hadiah monyet tgl 16 agustus kmrn . Dan paas saya bersih2in monyetnya saya liat ada masalah di kemaluannya . Kebetulan monyetnya perempuan . Saya mau konsultasi apa bisa d line atau via email langsung dok ? Di tunggu balesannya ya dok . Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya cuma membuat konsultasi via komentar di blog dan chatting di blog ini kalau lagi online... bentar lagi saya online kok.. :)

      jangan dikasih susu, itu yang pertama. susu bikin sistem pencernaannya berat. mending stop aja, ganti pakai air sari kurma. beli sari kurma, campur 3 sendok makan sari kurma dengan segelas air,,, kasih aja itu ke monyetnya... :)

      Delete
  17. Dok . Saya mau konsultasi monyet saya ? Untuk warna fasesnya agak kuning lembek . Makanan pisang yg d alusin , minum air putih , susu sgm 0-6 bln . Saya baru di kasih hadiah monyet tgl 16 agustus kmrn . Dan paas saya bersih2in monyetnya saya liat ada masalah di kemaluannya . Kebetulan monyetnya perempuan . Saya mau konsultasi apa bisa d line atau via email langsung dok ? Di tunggu balesannya ya dok . Trimakasih

    ReplyDelete
  18. Dokter salam kenal,saya mau tanya burung hantu saya jenisnya strix owl,dia mengalami masalah dikaki kanannya,kakinya bengkak dan patah.apakah bisa disembuhkan..mohon petunjuknya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.... :(

      sekarang gimana keadaan owlnya? dia masih mau makan? mbak yakin benar dia kakinya patah? awalnya kenapa, kok bisa patah?
      saran saya sih bawa ke dokter hewan terdekat biar sekalian dicek.

      Delete
  19. Malam sus
    Saya mau tanya mengenai penyakit burung
    Saya memounyai burung parkit yang tidak bs bertengger hanya bisa berdiam lemas dan tidur juga jalan yang tidak terarah (limbung) di dasar kandang

    Ini jrnis penyakit apa sus??
    Dan obatnya untuk mengatasi penyakit ini ??

    Sekian dan terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang kalsium kayaknya. masih anakan ya? bener?
      coba baca artikel saya cara mengobati burung yang kakinya ngangkang....

      Delete
  20. ibu vina...
    bagaimana cara agar burung lovebird saya bisa ngekek panjang ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting, pakannya ditambah. ketersediaan pakan, daya tahan tubuh, dan menurut pengalaman beberapa pecinta lovebird, dikasih jangkrik kering Markel, mas... coba cek ke situs http://www.extrafoodingmarkel.com/testimoni-produk-markel/manfaat-makanan-markel-untuk-lovebird

      Delete
  21. Halo dok kucingku umur 4 bulan kok sering mogok makan ya padahal sodaranya makan makanan yg sama sehat2 aja. Dia kl mogok makan suka duduk diem2, kalopun mau makan harus dipotong kecil2 sekali,itu juga sedikit sekali, kadang kadang juga cuma dibauin aja. Kalo lagi gak sakit lincahnya minta ampun jd ketara bgt perbedaannya. Itu kenapa ya dok? Udah 3x kayak begini. Mogok makannya bisa 2-3 hari tp dia masih mau minum susu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      agak susah sih tahunya kalau gak liat kucingnya langsung, tapi coba kabari fesesnya....

      dan jangan kedinginan. saya punya tebakan sih, tapi coba baca dulu artikel cara mengobati kucing kembung

      Delete
  22. Selamat Siang Dokter Fira, maaf mengganggu, saya mau tanya, Dokter yg special untuk kura2 di daerah Jakarta Selatan atau Jakarta dimana ya??
    Maaf ya sebeum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk daerah jakarta selatan, bisa langsung ke rumah sakit hewan di daerah ragunan, deket kebun binatang ragunan, mas... :)

      Delete
  23. Please kalo ada nomer dr yuke kabarin mbak. Urgent

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter yuke yang mana ya mas? :D
      dokter hewan daerah jakarta utara bukan?

      soalnya banyak dokter hewan yang namanya yuke... :D

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Selamat Siang Dokter Fira, maaf mengganggu, saya mau tanya, saya punya burung lovebird pernah kena patek dilingkaran matanya, sekarang sudah hilang tetapi seperti rabun gitu dok matanya putih, dokter terdekat utk masalah burung dimana ya utk jakarta utara dan tolong cantumkan harga konsultasinya..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. patek tipe basah apa kering, mas?
      yang harus mas lakukan adalah memisahkan burung yang sakit ke kandang sendiri. jangan disatukan sama burung yang sehat. jaga juga kebersihan kandangnya.
      untuk pengobatan pertamanya, mas bisa pake obat yang namanya KitolotPlus cream dengan cara mengoleskannya ke lukanya setiap pagi dan sore sampe burungnya sembuh...

      soal dokter hewannya, mas bisa baca di artikel di atas...

      Delete
  26. Selamat Siang Dokter Fira, maaf mengganggu, saya mau tanya, saya punya burung lovebird pernah kena patek dilingkaran matanya, sekarang sudah hilang tetapi seperti rabun gitu dok matanya putih, dokter terdekat utk masalah burung dimana ya utk jakarta utara dan tolong cantumkan harga konsultasinya..terima kasih

    ReplyDelete
  27. do saya mau tanya, kucing persia saya tidak mau makan.. Lemes banget, kadang muntah2 itu gejala sakit apa dok? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya gimana? mencret gak?
      kalo mencret, kemungkinan infeksi bakteri di ususnya. saran saya, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  28. Mlm saya shandi saya minta tolong dok minta no tlp dokter hewan yg bisa pangur gigi musang dong dok yang bener2 bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gabung ke komunitas musang mana? mungkin di grup facebook? coba tanya aja sama orang di grup masnya, biasanya mereka punya referensi...

      Delete
  29. Mlm saya shandi saya minta tolong dok minta no tlp dokter hewan yg bisa pangur gigi musang dong dok yang bener2 bisa

    ReplyDelete
  30. Halo dok, saya mau tanya terkait neuter untuk sugar glider. Apakah di Jakarta ada drh yg bisa? Kemudian bagaimana perawatannya setelah neuter? Berapa lama recoverynya? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah sakit ragunan kayaknya bisa, mas. di puskeswan ragunan. selengkapnya, nanti dijelaskan di sana kok... :)

      Delete
  31. dok,

    dokter hewan yang berpengalaman sama owl yang mana ya?
    yang dokter tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau, mas langsung ke rumah sakit hewan di daerah ragunan aja, mas. :)

      Delete
  32. Dokter, che lm sodara saya kakinya pincang satu. Kayanya keseleo. Gmn cara nanganinnya? Makannya sih masih mantap. Kl bisa saya minta rekomendasi dokter hewan yg bisa nanganin che lm sodara saya. D daerah jakarta. Atau kl boleh saya bawa ke dokter fira aja biar d tanganin. Saya bingung mau ngasih liat fotonya via apa. Makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya MENGOBATI KAKI PINCANG PADA BURUNG HANTU. secara prinsip sama.

      sementara kasih super-n aja. cek artikel saya CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT. di sana ada keterangan mengenai super-n.....

      Delete
  33. [url=https://postimg.org/image/cjdgmterj/][img]https://s19.postimg.org/cjdgmterj/IMG_6909.jpg[/img][/url]

    [url=https://postimg.org/image/xub0r2wvz/][img]https://s19.postimg.org/xub0r2wvz/IMG_6910.jpg[/img][/url]

    [url=https://postimg.org/image/3qwhz4tmn/][img]https://s19.postimg.org/3qwhz4tmn/IMG_6911.jpg[/img][/url]


    [url=https://postimage.org/app.php]pc screenshot[/url]

    Dok ini link foto che lmnya. Mohon segera d bantu dok

    ReplyDelete
  34. dok ini yang sudah terbiasa menangani burung hanttu yang mana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya saya kurang tahu, mas... bisa telepon aja dulu...

      Delete
  35. Assalamualaikum dok.sya konsultasi pet musang saya. Ini no tlp sya 085946046699(ali).coba d miscol dok biar sya yg tlp dokter.

    ReplyDelete
  36. Selamat sore dokter
    Saya baru adopsi 2 burhan
    Bolehkah saya bertanya
    1. Yang besar mau makan dan banyak, jenis hurhan ini apa namanya ya
    2. Yang kecil, makannya susah, jenis burhan apa ini ya dokter

    Sekarang dikasih makan jangkrik disuapin dan tetes air putih
    Diberikannya pagi, siang dan sore
    Mohon petunjuknya ya dok
    Terima kasih
    Dicki

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas nggak ngasih fotonya. tapi coba mas baca artikel saya, JENIS BURUNG HANTU DAN TINGKAT KESULITAN MEMELIHARANYA...

      baca juga artikel saya, cara agar burung hantu tetap sehat. kasih obat yang saya tulis di situ....

      Delete
  37. Sore dok. Mau nanya Alamat dokter hewan di makassar dimana aja yach. Trus aq khan punya partner owl jenis BO. Yg mau saya tanyakan bisa gak dikasih makan doc yg mati gara2 keinjak dikandangx.

    ReplyDelete
  38. Sore dok klo kura2 nutup matanya terus dan ga mau mkn itu sakit apaa yaa. Mohon pencerahannya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan besar sakit. soal sakitnya apa, sebenernya sangat banyak kemungkinannya....

      udah berapa lama? jenis kura-kuranya apa?
      umur kura-kuranya berapa?

      Delete
  39. Pagi dokter saya mau tanya untuk penanganan pertama apabila sugar glider kena gigitan tikus gitu gimana caranya?masalahnya jarinya itu bengkak dan biru, kira2 apa yg harus saya lakukan dok?makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada lukanya, kasih betadine.
      terus coba lakukan langkah seperti yang saya tulis di artikel cara mengobati kaki bengkak pada sugar glider

      Delete
  40. selamat sore bu Dokter, saya ada pertanyaan terkait burung lovebird peliharaan saya.
    Kondisi burung :
    1. Bagian perut besar seperti menyimpan telur yang tidak keluar, tp setelah diamati sepertinya lemak.
    2. Mata burung katarak.

    Pertanyaan saya :
    1. Apakah untuk mengeluarkan lemak pada bagian perut burung dapat dilakukan dengan cara pembedahan, dimana saya harus membawanya.
    2. Apakah kataran pada burung ada obatnya, dimana saya bisa membeli.

    Terima kasih sebelumnya.

    Agus

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. ada dua kemungkinan, bisa jadi egg binding atau pembesaran perut. kalo egg binding itu, si burung tidak bisa mengeluarkan telurnya akhirnya tertahan di dalam. penyebabnya bisa karena gizinya kurang begitu bagus sehingga si burung tidak punya tenaga untuk mengeluarkan perut atau mungkin karena penyakit yang membuat si burung nggak ada tenaga karena sakit.
      kemungkinan kedua pembesaran perut. penyebabnya banyak, biasanya karena penumpukan lemak, kebanyakan minum cairan, pembesaran organ, atau mungkin tumor.
      nah, saya tebak sepertinya ada kaitannya dengan hal nomor 2 yang mas tanyakan: katarak....
      2. mas tahu apa penyebab katarak? bisa karena terpapar cahaya matahari langsung ke matanya, atau bisa juga karena lemak yang terlalu tinggi. :)
      nah jadi nomor 2 ini ada kaitannya dengan pertanyaan nomor 1. tebakan saya, mas ngasih banyak lemak sebagai makanannya. lemaknya nggak kecerna sempurna, akhirnya ngaruh ke mata.
      biasa mas kasih makan apa? mending ganti makanannya dengan yang rendah lemak. misalnya pake jagung. saya tebak, mas pake makanan burung buatan pabrik kemasan yang dijual di toko makanan burung ya?

      Delete
  41. Dok, apa perbedaan virus ND/tetelo dengan defisiensi thiamin. Bagaimana mengatasi permasalahan jika burung ternak yang terkena penyakit diatas. Apa ada obatnya?. Saya ada burung yg memiliki gejala penyakit diatas. Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ND kan disebabkan oleh virus, kalo thiamine deficiency kan 'hanya' kurang vitamin, bukan karena virus.
      secara efek, sebenernya lebih bahaya ND dibanding thiamine deficiency, meski kalo udah parah banget, thiamine deficiency juga bahaya sih. dari segi pengobatan dan antisipasi, thiamine deficiency lebih mudah diobati dan diantisipasi.

      mungkin nanti akan saya tulis artikel khususnya buat mas... :)

      Delete
  42. Permisi, dok...
    Daftar alamat dokter hewan diatas yang juga menangani berobat BOP untuk daerah JakTim yang mana ya?
    Sekedar antisipasi...
    Makasih sarannya tempo hari dikomen artikel halaman sebelah, sangat membantu... :D
    Salam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas coba aja coba telpon. :)
      Drh. Amir juga bisa sih mas... :)

      Delete
  43. Selamat pagi dok...saya izin bertanya dok,love bird saya terkena snot,matanya berair..bagaimana cara penanganannya dok??terima kasih dok

    ReplyDelete
  44. Selamat sore dokter, saya mohon bantuannya dokter untuk pertanyaan beberapa hal berikut, Terima kasih dokter sebelumnya :
    1. SG kelamin jantan terlahir cacat dengan kaki kiri jari rapat dan pendek jempolnya, pas saya lihat lagi ternyata kakinya sudah buntung entah dia mutilasi sendiri atau digigit, badan sehat dan aktif juga, cuma kakinya yg buntung itu terlihat tulangnya, bagaimana ya dok? Apakah bahaya kalau didiamkan

    2.SG kelamin jantan kakinya bengkak karena terlilit benang pouch nya, sekarang jalannya pincang dan duburnya keluar gitu seperti menahan sakit, tapi makan mau dan aktif juga, bagaimana pengobatan nya ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. mending segera pisahkan dengan sg lain, taro di kandang sendiri. Untuk kakinya, bebat pake perban. kasih betadine dlu sebelum diperban. gunanya agar dia gak gigit2....
      kasih makan buah aja, jangan dikasih makanan lain selain buah. susu juga jangan. biar lukanya cepet kering. Buahnya boleh pake apa aja...

      2. agar bengkaknya mereda, sama kayak di atas: kasih buah aja. karena protein bisa memperburuk bengkaknya.

      kalo mbak mau, kasih amoxicillin untuk sgnya. dosisnya ada kok di artikel amoxicillin untuk hewan... :)

      Kabari lagi

      Delete
    2. Siang dokter, Terima kasih banyak ya dokter atas reply emailnya, kabar terbarunya :

      1. sudah dipisah kandang, saat ini lukanya sudah mulai mengering, tetapi ya gitu dok, tulang nya ttp terlihat seperti tulang kering gt, sedih sekali saya liat "si willy", tetapi dia semangat dok, apakah ada kemungkinan lagi nanti dia akan mutilasi? Faktornya apa ya dok? Apa karena dia merasa cacat?

      2. Sudah pisah kandang juga, alhamdulillah kakinya sudah mulai kempes bengkak nya, tapi ada kasus baru lagi dok, ujung ekornya skrg bondol seperti habis digigit in lagi, sehingga bulunya hilang dan ekornya ada luka terkelupas gt, sedih banget deh liat "si marvin", kakinya membaik skrg ekornya gitu, bagaimana ya dok bisa begitu?
      Terimakasih ya dok sudah mau sharing

      Delete
    3. saya seneng denger kabarnya. saya coba jawab...
      1. self mutation atau memutilasi diri sendiri biasanya lebih karena stress, bukan karena cacat fisik. yang terpenting, lukanya udah mulai mengering. itu udah cukup. yang penting focus ke penyembuhan lukanya aja dlu. yang lain, nanti bisa kita diskusikan lagi. so far, so good.

      jangan dikasih makanan yang mengandung protein dlu ya mbak. biar lukanya cepet kering. kasih buah aja.

      3. sekarang si marvin di kandang sendiri juga? sepertinya stress. apakah selama ini banyak suara2 mengagetkan di sekitar rumah, mbak?
      kebersihan kandang gimana?
      treatment buat ekornya marvin dari saya, coba dibilas aja pake dettol antiseptik. tau kan? itu loh, yang cairannya kayak teh. coba klik pencarian gambar google, terus ketik: dettol antiseptik cair. Nah, yang kayak gitu. :D
      campur dua dua sendok makan dettol antiseptik cair dengan setengah gelas air hangat. aduk. terus bilas ekornya marvin.... :)

      Kabari terus. Jangan lupa klik follow. :D

      Delete
  45. Pagi dokter, kabar terbaru nya yaitu willy n marvin dalam satu kandang sendiri tetapi berdekatan dengan keluarga nya, mereka berdua setiap hari 2x sehari dikompres air hangat, dan seperti berendem juga di bathtub malahan keenakan kayanya, heee, kandang dicuci setiap hari dok semuanya, cuma mmg ini keluarga nya udh kebanyakan dok, sg ini sebenarnya kami dikasi sama temen yg awalnya mereka pelihara sepasang jd beranak pinak 8 ekor, nah setelah dikasi kan ke kami beranak pinak jadi 18 dok, termasuk baby op 2 n ip 3,bayangkan dok, bingung kami tuh sekaligus gak tega utk berpisah, tetapi kasus penyakit nya mulai timbul dok, yang kaki bengkak, mutilasi, dulu pernah sariawan dan lidahnya melet terus tapi alhamdulillah udh sembuh, terimakasih dokter sudah menjadi penyelamat di tengah kegalauan kami, hee, aku udh follow ya dok, kalau boleh minta no WA dong dok :)

    ReplyDelete
  46. Pagi dokter, dimana dirimu? Hiks, mau tanya lg dok, si willy kakinya sudah mengering, masih harus pisah kandang atau engga dok, si marvin buntut nya sebagian mengering sebagian masih luka jg, boleh di hebat perban dikasih betadine gak dok? Kayanya masih digigit i lg, terus marvin boleh pulang ke kandang kapan ya dok? Mohon pencerahan nya dok, terimakasih banyak ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih ada kok di sini, hehehe...

      marvin yang ekornya masih luka, boleh dikasih betadine lagi dan diperban. biar gak digigitin juga.
      mending pisah aja mbak. willy dan marvin.

      nanti bisa disatuin lagi setelah sembuh. sekarang pisah aja tapi taro kandangnya berdekatan... :)

      padahal kemaren saya bales loh pertanyaan mbak shinta, hehehe...

      kabari terus

      Delete
  47. Siang dokter, makasih dok replynya, aku baru liat balasan dokter yang ini lho dok, gak muncul disini kok ya yg dokter bilang udh jawab pertanyaan ku, apa karena aku gak ngerti juga dok blog ini bagaimana, hee, kabar terbaru hari ini dari dua "anak"ku yang barusan aja nih kita mandiin air anget n kompres air dettol lagi : willy udh kering tulangnya dok, apakah udh bisa disatuin lagi? Kalo marvin ekornya udh gak luka seperti kemarin, tapi melendung dok, dan masih terus digigitin setiap kali abis mandi n kompres pake dettol n dikasi betadine, dia masih dipisah kandang dulu kan dok? Tapi kasian malahan sendirian nanti kalo willy pulang, gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending pisahkan dlu sampe marvin gak gigitin ekornya.. saya kira sih dia stress.... coba mbak sering2 ajak main, mungkin dia kesepian. mbak juga bisa taro baju bekas pakai mbak yang masih bau keringet di dalam kandang, biar dia kenal bau tubuh mbak Shinta...

      ajak main maksudnya mbak elus2 aja kepalanya dia pake jari. inget, kalo dia gigit, bukan berarti dia mau menyakiti kita. sg biasanya gigit karena "ini bisa dimakan nggak ya?" daripada karena mau nyerang....

      kalau saya dulu saya ungkup di dua telapak tangan saya....

      willy saya kira cukup oke. cuma marvin yang masih agak bermasalah ya?
      kandangnya tetep dideketin ya mbak.. kabari terus

      Delete
    2. Dokter, willy pas pulang ke kandang utama lgsg dikerubutin ama yang lainnya terus berantem jadinya, alhasil tulang nya berdarah lagi dok, apakah ini berarti dia udh gak diterima lagi sama koloninya ya? Padahal ada ibu n bapaknya willy di kandang itu, huhuhuhuhu

      Delete
  48. Pagi dokter, barusan mandiin n kompres willy n marvin, bisa kirim foto gak sih dok kl lewat blog gini, aku kau kirim foto tulang willy udah oke blm kl pulang,soalnya kadang masih kaya basah gt dok, apa karena tiap hari kena air, terus untuk marvin kondisinya RIP utk buntutnya bagian bawah putus dok, sekarang buntut bagian atas juga udh mulai digigitin lg terus, udh ku perban, mau aku kirim foto juga, hiks hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. marvin... meninggal? :(
      maafin saya mbak, saya baru pulang dari luar kota, tugas negara. kasian marvin. tapi mungkin ini yang terbaik....

      dia lagi sakit, memang sudah seharusnya dipisahkan sampe lukanya benar2 sembuh. wajar kalau dia diserang sama sg lain, karena mereka liat ekor marvin masih luka...

      iya, kemungkinan dia direject sama koloninya karena kondisinya. dan ini pun sebenernya gak kenapa2 karena dia masih punya kita. kita bisa urus dia....

      maafkan saya karena saya baru bisa balas sekarang ya mbak... :(

      Delete
  49. Pagi dokter,

    Terima kasih dokter replynya, semangat terus ya dok buat tugas negara nya.

    Dokter sepertinya masih jetlag baca ceritaku, hehehhehe bercanda ya dok aku

    Alhamdulillah Marvin masih sehat n semangat dokter, cuma buntut nya makin lama makin pendek karena digigitin terus dokter, yang aku maksud rip adalah buntut nya Marvin dok, jadi kondisinya masih aku hebat perban n betadine terus

    Nah si willy yang aku bilang sepertinya dia direject koloninya, sekarang willy di kandang sendiri juga, daan tulangnya yang kering digigitin juga dok, alhasil sudah tidak ada lagi tulang nya tersisa, langsung tinggal pahanya aja skrg, cuma alhamdulillah sehat n semangat dok

    Jadi begitu kondisi Marvin n willy sekarang.

    untuk koloninya masih beranak pinak malahan baby loui n baby marchi udh pecicilan

    Makasih dokter sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, alhamdulillah. iya bener mbak, saya masih jetlag banget kmaren malem, hehehe. soalnya saya baca kata kata: terus untuk marvin kondisinya RIP, jadi saya pikir dia udah RIP (rest in peace, meninggal)

      alhamdulillah kalau dia masih sehat. saya ikut seneng...

      untuk makanan willy dan marvin masih kasih buah aja kan? coba mbak beli amoxicillin 500mg aja di apotik. ambil satu tablet, potong jadi 5 bagian, ambil satu bagian, kemudian tumbuk sampe halus, kasih satu sendok makan air, aduk hingga rata, kemudian minumkan ke marvin dan willy...
      lakukan setiap 2 hari sekali.


      makan tetep harus pake buah ya mbak. :)

      saya tunggu terus kabarnya...

      mbak bisa foto ekornya marvin dan kondisi lukanyanya willy? saya tunggu di fanpage...

      jangan lupa lakukan pemberian amoxicillin tadi

      Delete
  50. Dokter, buntut nya marvin msh terus digigit, ujungnya berdarah, merah dan bengkak dok, malahan hampir membiru skrg, sudah diperban digigitin terus perban sampe copot, gimana supaya gak digigitin terus ya dok, gimana dok kl buntut nya gt, bengkak n membiru gt, minum obatnya juga susah sekali, sampe dipaksa aja supaya obatnya keminum

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mbak? maaf karena saya baru baas...
      iya, gak apa2 paksa minum aja....biar lukanya cepet sembuh...

      Delete
    2. Siang dok, apa kabar nih dok?
      Alhamdulillah kondisi marvin n willy sehat2 aja, buntutnya marvin udh mulai mengering juga, cuma dok, untuk marvin dia semalam narik2in kelaminnya gitu dok, apa tandanya itu birahi atau gmn dok?

      Delete
    3. buntutnya mengering sejak diminumin amoxicillin bener?

      soal marvin narik2 kelaminnya, wajar kok. udah pernah saya bahas di artikel sugar glider mengeluarkan benang berwarna merah

      Delete
    4. Ya dok, karena suka susah kl minum amoxicillin jadinya diolesi juga di lukanya, kakinya willy sama buntut nya marvin, Alhamdulillah mereka semangat aja, tapi nafsu makan agak berkurang juga, kadang saya suapin aja dan ttp dikasih vitamin juga dok

      Delete
    5. hmmm, minimal diminumkan, meski sedikit.
      soal nafsu makan, coba kasih madu. mbak tetesin madunya diujung jari, terus sodorin ke mulutnya. nanti dia jilat2....

      sementara kasih buah aja ya mbak. jangan dikasih makanan lain selain buah. pokoknya, yang mengandung protein jangan dlu...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.