Cara Menghilangkan Hissing Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Musang hasil tangkapan liar (wild caught, WC) biasanya melakukan hissing sebagai tanda dominasinya terhadap owner barunya.

Cara menghilangkan hissing

pada musang berikut ini diharapkan bisa membantu para pemilik musang untuk bisa menjinakkan musang. Cara menghilangkan hissing berikut bisa anda satukan dengan tips cara menghilangkan barking pada musang.
Cara Menghilangkan Hissing Pada Musang
Image taken from cintamusang.blogspot.com
  • Hissing adalah suara geraman khas musang saat melihat manusia di dekatnya. Suara geraman tersebut diharapkan membuat manusia tersebut takut hingga tidak lagi mengganggunya. Suara hissing musang mirip dengan suara geraman pada anjing.

  • Cara menghilangkan hissing pada musang adalah dengan cara menghilangkan rasa takut dan ragu-ragu anda pada si musang. Separah apapun si musang hissing hendaknya tidak membuat anda takut dan menghentikan langkah menjinakkan musang. Anda bisa tetap memegang musang yang hissing tersebut dengan mengangkatnya dari bagian bawah tubunya lewat ekor. Anda bisa melindungi pergelangan tangan dan jari anda dengan glove (sarung tangan tebal) saat melakukan langkah memegang musang galak tersebut. Dan JANGAN TAKUT, ini yang paling penting dalam menjinakkan musang. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang cara memegang musang galak tanpa terluka dengan membaca artikel cara menghandle musang galak tanpa terluka. Anda juga bisa membaca cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
  • Lakukan langkah tersebut selama beberapa minggu hingga musang terbiasa dengan tangan anda dan tidak hissing lagi. Dan ingat: sebuas apapun musang, dia pasti bisa jinak. Yang harus anda lakukan adalah terus mencoba, sabar, dan pantang menyerah. Biasakan diri juga untuk digigit musang karena dasarnya musang adalah hewan buas, dan digigit merupakan hal wajar dalam memelihara hewan buas. Untuk meminimalisir luka akibat gigitan musang, anda bisa memangkur taring musang atau memotong taring musang di dokter hewan terdekat atau dengan membaca artikel tentang cara memangkur taring musang.
Demikian adalah cara

menghilangkan hissing pada musang

. Artikel tersebut diharapkan bisa membantu para pecinta musang seluruh indonesia. Saran, komentar, serta kritik bisa disampaikan dibawah ini. (FS)

60 Responses to "Cara Menghilangkan Hissing Pada Musang"

  1. keren keren artikelnya Dok.. (y) sy juga pengen pelihara musang Dok,kayaknya lebih menantang kalo adop musang yg awalnya galak :)

    btw reticnya uda akrab banget sm sy Dok.. hehehe
    makasih artikel2nya Dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua hewan bisa dijinakkan, hanya saja kadang manusia melakukannya HANYA dari segi 'cara manusia' saja. sedikit sekali manusia yang mencoba memahami apa yang sebenarnya mereka (hewan yang galak itu) lakukan. saya biasanya menjinakkan hewan dengan cara ini. memahami apa yang hewan galak lakukan adalahh cara termudah untuk menjinakkan musang dengan cepat.... :D

      oh ya, mas bisa membaca juga artikel cara menjinakkan musang dengan cepat dan bisa juga baca IMPRINT PADA MUSANG.... semoga bisa menambah wawasan... :)

      Delete
  2. kalau musang gak mau makan, saya paksa dengan menyuapi gak masalah ya dok., mengingat bunyinya menyedihkan he..he..he.he..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, masih anakan ya mas?
      kalau belum bisa makan sendiri emang harus disuapi pakai pipet atau suntikan kecil (suntikan yang ada selang kecil di ujungnya, yang biasa dijual di abang2 tukang mainan anak2 di depan sekolahan sd)..... pelan2 saja agar tidak tersedak... :)

      Delete
  3. Dok saya baru dapet pemberian nihh musang hutan berumur sekitar 3 bulanan udah jinak, kenapa yahh kok musangnya mondar mandir terus di dalem kandang ga bisa diem gitu.. Minta sarannya dok, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh itu normal. kalau musang hasil tangkapan memang begitu mas. kan biasanya dia bebas di alam, sekarang di kandangkan. jadi wajar aja. nanti juga kalau sudah beberapa lama juga dia tenang... :)

      Delete
  4. Terima kasih banyak dok informasinya :)

    ReplyDelete
  5. Tlg dok.-___muspan saia strike lg+hissing trus klo d kash mkn-___ragara 4hr gk d belai-__pas hr k4 tgn saia d gigit ampe 2 jaitan-___muspan saia umur6 bln jenkel jantan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering2 diajak main. lebih sabar lagi dalam memelihara musang. :)
      namanya juga memelihara hewan buas, jadi mau tidak mau harus siap digigit.

      intinya, sabar. :)

      Delete
  6. Assalamualaikum dok kalo musang saya kenapa yah kalo di lepas di rumah suka lari lari engga jelas + kalo ketemu sama orang suka gigit ?..
    Tapi kalo di kandangin dia diem tidak ingin keluar kenapa yah ?..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari artikel saya di bagian cari artikel: cara agar musang anteng.
      baca juga artikel cara menjinakkan musang.. :)

      Delete
  7. misii dokk..
    muspan saya menjadi suka hissing dan gigit yaa dok padal sebelumnya gprnh bgtu sama saya udh seminggu kurang ,owner sebelumnya bilang gaprnh gigit / hissing tetapi sma saya berubah tingkah lakunya 2 hari belakang padahl juga sama saya jitot dan anteng skrg menjadi gelisah dikandang kalo saya keluarin pasti hissing dan mau gigit itukenapa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tingkah lakunya berubah ke saya udah 2 hari ini sebelumnya juga jinak dan anteng tetapi akhir akhir ini berubah

      Delete
    2. kadang musang yang baru pindah owner emang kayak gitu. buat ngetes ownernya yang baru, apakah owner barunya ini penakut atau tidak. musang sangat mudah membaca pikiran kita, kalau kita takut, nantinya malah dia akan tambah buas....

      silakan baca artikel saya perubahan perilaku pada musang. cari di bagian search...

      Delete
    3. bisa menjadi jinak kembali kah dok ? dan makanan apa y harus dihindari supaya tidak menjadi buas

      Delete
    4. bisa. kalau masnya gak takut, pasti bisa jinak lagi.
      silakan mas baca artikel saya Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak

      Delete
  8. Dok maaf saya mau tanya ko musang saya setiap naik kepundak selalu buang air ya dok ? Entah buabg air besar atau kecil dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. perilaku itu namanya marking (alias menandai wilayah kekuasaan pakai pup/pee). kayak kucing. :)

      justru mas harus bangga. itu artinya dia menandai mas sebagai miliknya. misalnya nama musangnya Joni. saat dia pup atau pee di pundak, secara tidak langsung dia ngomong ke sekitarnya 'orang ini milik Joni. dilarang mendekat'. :)

      bagus itu mas. artinya insting alamnya gak hilang. karena kadang musang yang dipelihara manusia hilang insting markingnya. :)

      Delete
    2. Oh gitu ya mba tapi kalau saat teman saya yang mainin musang itu dia juga sama mba suka buang kotoran gitu mba , berarti bukan karna stress ya mba ? Sukur deh mba walaupun jadi bau satu ruangan :')

      Delete
    3. ya wajar juga. atau mungkin mas bisa baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. cek kesehatan musang mas dengan liat ke bentuk fesesnya...

      biasa dikasih makan apa? coba kasih makan buah2, pisang dan pepaya khususnya...

      Delete
  9. Dok maaf saya mau tanya ko musang saya setiap naik kepundak selalu buang air ya dok ? Entah buabg air besar atau kecil dok

    ReplyDelete
  10. Dok saya mau curhat tentang muspan saya yg baru saya adop kira2 umur.a sekitar 3 bulanan. kondisi.a masih belum jinak, belum bisa d pegang. Setiap saya keluarin dari kandang dengan cara di tarik ekor.a si musang selalu buang kotoran dan menjerit histeris seperti kucing, apakah cara saya salah sehingga si musang merasa kesakitan sampai mengeluarkan kotoran ...... Tdi pagi saya mandikan dengan air hangat dengan cara d guyurin dok .... Setelah itu saya kasih makan pepaya tpi tidak mau makan sama sekali sampai dengan sekarang .... Saya coba dengan memaksa memberikan makan dengan cara paksa tapi cuma masuk sedikit ...... Apakah cara yg saya lakukan salah sehingga membuat musang stres , mohon pencerahan.a dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas ngambil musangnya jangan cara seperti itu. mas angkat pangkal ekornya dengan tangan kiri, lalu mas 'serok' bagian bawah tubuhnya dengan tangan kanan. tau kan maksudnya saya 'serok'? gmn ya ngejelasinnya, hehehe. diangkat dr bawah tubuh lewat ekor. :)

      sekarang gimana keadaannya mas? coba mas baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya. saya tunggu kabarnya.

      Delete
  11. Makin parah dok dia ga mau makan sama sekali udah d kasig pepaya pisang sama nasi ga ada yg d makan ........ Sekarang dia murung terus di pojokan kandang dok ......

    Apa yg harus saya lakukan dok ..... Saya takut dia mati dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin, mas. mas di daerah mana?

      saran saya sih gitu. bawa ke dokter hewan aja mas...

      Delete
  12. Dok mw nanya nih, sya pnya musang pandang umur 7 bln. sya baca artikel dokter sma pendapat dari tmn sya yg sudah tau tntang musang. sya ud handfeet dan si musang mau makan dari tngan sya langsung, saya elus badan dan ekor nya si musang tenang tapi kadang dia strike smpai tngan sya berdarah. saya ajak keluar dia gak mau. mau nya d dalam kndang nya trz. menurut dokter saya harus bgaimana supaya musang sya ini bisa jinak dan jrng strike ke saya..? sblmnya terimakasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 yang ingin saya tanyakan: mas takut ya sama dia? bener? :)
      semua hewan bisa baca pikiran kita. yap, semuanya. termasuk musang. dan kalau kita takut, mereka malah makin susah jinak karena mereka tau masnya takut. :)

      yang penting, biasa aja. soal digigit, sebenernya sih membiasakan diri digigit, itu yang paling penting. hingga pas masnya digigit lagi, mas gak kaget.

      yang lain lagi: sabar. menjinakkan musang bergantung pada karakter musangnya. ada musang yang emang gampang dijinakkin, ada yang nggak. tapi sesusah apapun musang dijinakkin, dia pasti bisa dijinakin... pasti... :)

      Delete
  13. Dok, izin bertanya. Saya punya musang pandan umur ± 1 bulan stengah. Dy semi jinak (versi kandang), masih suka gigit, kadang2 kuat gigitan nya, kadang lembut. Tiap di kasih makan pisang, bubur sun gak mau di makan, mau nya minum susu aja sampe abis. Khwatir perbaikan gizi nya kurang, karna saya gak pernah melihat dy makan, hanya minum susu. Mohon pencerahan dok. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas loloh/spet aja mas. pake suntikan.
      atau taruh aja mangkuk bubur bayinya di kandangnya. pake bubur bayi promina mas...

      susunya dikasih susu apa mas?

      Delete
  14. Permisi dok ... tanpa sepengelihatan saya ada cairan kuning dok didekat musang pandan saya .. pertanyaan nya..itu urine di atu muntahan dia ya dok soanya bau nya ga enak bgt.. yg saya takutkan itu adalah muntah karna sakit.. mohon jawabannya ya dok..terimakasih maaf mengganggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. urine musang biasanya baunya khas. pokoknya beda antara urine musang dan cairan penyakit. sayangnya, saya gak bisa liat langsung cairannya seperti apa. bagusnya sih mas kirim aja gambarnya ke sini. upload di facebook, set public, terus kasih linknya kemari... :)

      nafsu makannya gimana? bagus? :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Apakah baik anak musang umur 1 bulan lebih di kasih susu dancow.. Di tmbah di mau ny makan telur puyuh rebus.. Apakah baik dok telur puyuh rebus
    Dan di kasih tiap hari..
    Mohon bantuan nya dok..trima kasih🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. susu sebaiknya jangan, mas. jadi bikin mencret. mending ganti pake sari kurma aja.... untuk makanannya, kasih aja dulu apa yang dia mau... :)

      Delete
  17. Permisi dok mau Tanya.. Saya punya muspan jantan usia 1th. Dia dikandang strike sama hissing terus dok stiap saya dekati. Tapi pas dikasih makan pake tangan dia ga strike. Trus pas dilepas dia ttp strike ke saya. Cara biar ga strike lg gimana ya dok biar enak diajak main ?? Makasih dok

    ReplyDelete
  18. Dok musang berapa lama kalo jinak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada ukuran pastinya karena semuanya tergantung karakter musangnya. tapi biasanya musang anakan/bayi lebih mudah dijinakkin....

      Delete
  19. Paling lamanya dok musang kalo jinak

    ReplyDelete
  20. Maaf dok sayah mau nanya,cara menangani musang yang sedang birahi gimana terutama untuk musang dengan jenis kelamin jantan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kawinin, mas... :)
      kalo emang gak bisa dikawinin, ya mending jauh2 dulu, hehehe.... :D

      Delete
  21. Tolong dbntu dok, musang sya jntan umr 1th, skrg lg birahi tp tdk ada pasangannya itu gmn solusi nya y? Apa ga pa2 kalo dbiarin aja? N baik nya dbiarin dkandang aja pa dikluarin? Trus berapa lama wktunya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya sih mending kawinin aja...
      kalau toh misalnya nggak bisa dikawinin, tunggu aja. ntar kalo masa birahinya udah lewat, nanti anteng lagi.... ajak main kayak biasa... :)

      Delete
  22. dok mau tanya .
    musang saya di pegang gk gigit tapi rada risih gtu . trus kalo di kluarin dari kandang mau nya kabur terus . usia nya 2 blan lebih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih belum percaya sepenuhnya sama mas. mas naro kandangnya dimana? coba pas mas mau tidur, mas taro kandangnya di dalam kamar mas, biar dia lihat mas pas lagi tidur. dengan cara begitu, dia akan percaya bahwa mas gak akan menyakiti dia

      Delete
  23. dok kalo masa birahi musang jantan berapa lama yah
    ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan saya mau publish artikelnya, mas. tunggu aja. hari ini saya akan publish artikelnya. :)

      saya dan tim mengucapkan selamat hari raya idul fitri. maafkan jika banyak pertanyaan yang telat dibalas ya mas/mbak... :)

      Delete
  24. permisi dok , sedikit tanya., sayaa dapat muspan betina (Liar) awal ahak liar sekarang sudah berangsur baik, permasalahan nya , sekarang ini mata nya berair, flu,.. yg mau saya tanyakan , cara obati musang flu dan pola makan yg sehat seperti apa ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      dan mas taro dimana kandangnya? karena cuaca emang lagi gak bagus. kalau mas taro di luar, mending sementara pindahin aja ke dalam ruangan dulu... :)

      untuk daya tahan tubuhnya, mas bisa kasih air kelapa muda campur sari kurma. dan jangan dikasih susu.

      Delete
    2. thanks doc, buat penjelasan nya . muspan saya taro di luar sih, Alhamdulillah sekarang sdh agak baikan doc
      ada yg ingin saya tanyakan doc, saya newbie , apakah musang bisa kembali liar saat jam tertentu ya , muspan saya jam 5sore keatas sering kali kembali liar, tp tdk terjadi sewaktu pagi dan siang hari ? apakah tipikal nya memang sperti itu y doc

      Delete
    3. emang kadang ada musang yang saat malam dia berubah jadi agak buas. dulu musang saya si bruno juga gitu, kalo malam kayak jagoan kampung, hehehehe. tapi biasanya dia tahu kok saya masternya dia. jadi, segalak-galaknya musang, kalau dia udah bonding dan kenal sama kita, dia nggak bakalan nyerang kita dengan parah. ya gigit sih biasa ya mas, maklum, namanya juga hewan buas. tapi nggak sampe menyakiti. gigit, luka, paling cuma sedikit aja. itupun karena dia becanda.

      karena kalo musang gigit serius, kita pasti udah luka parah... :D

      jadi yang jadi PR mas adalah berusaha agar dia kenal sama mas. sering ajak main adalah salahsatu caranya. masnya merokok? kalau nggak merokok, bisa taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet di atas kandangnya dia, dijembreng biar bau tubuh mas kecium sama dia....

      karena musang mengenali tuannya salahsatunya dari bau tubuh. dulu si bruno biasanya kalo saya udah deket rumah, pulang dari kantor, dia udah nungguin di beranda. duduk aja gitu kayak kucing... :D

      Delete
    4. ahaha😅.. iya sih ya, si Mimin ( muspan betina ) saya kadang becanda nya agak keras jg sih ya, hihi
      .. iya doc saya perokok, harus nya gmn atuh , ttp kasih kaos aja ya?

      doc, asupan baik buat musang berapa kali sehats ya? klo saya biasa pagi pisang dua buah, siang satu buah, sore , pala ayam kadang ikan2an, Malam haru nya buah dan Nasi kecap + abon..
      betulkah seperti itu doc ?

      dan lagi akhir2 ini jarang sekali minum ya fov ?
      gk pernah saya kasih susu sih, pengaruh kah ?

      Delete
    5. gak usah. kalau masnya merokok, nggak usah. takutnya residu rokok yang nempel di baju malah masuk ke paru2nya...

      itu udah bagus makannya. dan masnya betul, gak usah dikasih susu.

      fesesnya selama ini gimana? nggak mencret kan?

      Delete
  25. taro kandangnya di tempat yang banyak dilalui orang. kalo saya, dulu saya taro di depan rumah. kebetulan emang jalan umum, jadi banyak yang liat.... :)

    dengan cara begitu, biasanya setelah 2 minggu dia jadi tenang kalau dibawa ke tempat ramai...

    ReplyDelete
  26. Dok mau tanya ,saya baru saja beli musang Kisaran umur 2 bulanan ,tadi ke orangnya jitot gak kabur ,tapi setelah dirumah dianya kabur terus kalo taruh bawah ,istilahnya "ngacir" gimana ya dok cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang di ownernya yang lama dia nggak ngacir, berarti perlu adaptasi. mas liat sendiri musangnya pas di rumah owner lamanya kayak gimana? bener2 gak ngacir?

      Delete
  27. thanks Dr. Fira. sy skalian mau tanya (maaf cerewet) untuk musang yg gk anten kayak kun cara motong kukunya gimna ya? tangan dan pundak sy baret2 kena kukunya. tapi klo di potong kuku dia brontak bahkan nyerang. mohon pnjlasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas tinggal di kota mana?
      coba mas gabung aja ke komunitas musang di kota mas, terus ikut gathering. dan minta mereka buat potongin...

      Delete
  28. Dok mau tanya, kalo musang itu bisa disteril ga? Kalo bisa mau minta rekomendasi tempatnya dong dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.