Cara Memegang Musang Galak Tanpa Terluka | Drh. Fira Sovica

Memegang musang galak

atau liar bisa membuat tangan kita luka-luka. Maka dari itu, ada cara memegang musang galak dengan meminimalisir luka gigit dan cakar pada tangan ownernya agar tangan tidak terluka. Teknik memegang musang tanpa terluka ini bisa dipelajari bagi mereka yang ingin menjinakkan musang.
Cara Memegang Musang Galak Tanpa Terluka
Berikut adalah

cara memegang musang galak tanpa terluka

.
  1. Cara memegang musang galak tanpa terluka yang pertama adalah gunakan sarung tangan.
  2. Gunakan sarung tangan tebal (glove) atau sarung tangan wol berwarna putih yang biasa digunakan oleh tukang bangunan.
  3. Setelah menggunakan sarung tangan tebal, langkah kedua dalam cara memegang musang galak adalah menarik ekor musang tersebut tanpa ragu dengan tangan kiri. Sebaiknya, pegang ekor musang dari pangkalnya.
  4. Setelah pangkal ekor musang terpegang, cara berikutnya dalam memegang musang galak tanpa terluka adalah mengangkat musang dari bagian bawah tubuhnya lewat bagian bawah ekornya hingga bagian perut.
  5. Sebaiknya, jangan ragu-ragu dalam langkah ini. Musang akan tahu jika anda ragu-ragu atau takut, dan ini akan membuat musang tersebut jadi makin berani melawan terhadap anda.
  6. Setelah terangkat dan kini musang berada di gendongan anda, biarkan dia nyaman di pergelangan tangan anda.
  7. Patut dicatat bahwa sangat kecil kemungkinan bahwa musang akan mengigit pergelangan anda. Musang hanya akan mengigit jari dan tangan anda, tidak dengan anggota tubuh anda yang lain. Maka, jangan ragu-ragu atau jangan takut.
Demikian adalah cara memegang dan menghandle musang yang galak tanpa terluka. Semoga artikel tersebut bisa membantu anda dalam menjinakkan musang. Terima kasih. (FS)

66 Responses to "Cara Memegang Musang Galak Tanpa Terluka"

  1. Apa berlaku juga buat binturong umur 2 tahun, baru d kasih, kmrn kan sya ad nanya2 soal bintu yg mogok makan d blog satunya, trus bintunya sya yg adop, masih galak nih, tp di handsfeed mulai bisa

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sangat membantu, saya coba ya, kadang dia untuk makan masih susah, tubuhny pun blm besar, mgkn krna asupan makanan yg kurang

    ReplyDelete
  3. dok, klo musangnya deff kandang trus kagetan gitu gmn caranya biar gak def kandang lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas search di menu cari artikel diatas: cara menjinakkan musang

      Delete
  4. Saya udah coba gendong ngangkat ekor tp tangan saya terluka dgn 20 gigitan yg harusnya dijahit...kalo diangkat tengkuknya sperti ibu kucing gendong anaknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak boleh, mas. memegang musang tidak boleh dr tengkuk.
      apakah musang yang mas pegang ini adalah musang yang memang benar2 hasil tangkapan liar? mestinya dijinakkan dulu, minimal mas pelihara dulu hingga beberapa minggu baru lakukan cara di atas....

      lukanya parah, mas? coba bersihkan pakai air campur dettol..... cepat sembuh ya mas...

      salam

      Delete
  5. Doc musang saya sekitar 4 bulanan udah jinak sih dia free room di kamar cuma sering main gigitan wajar kan ya ? Sama dia itu kenapa gak bisa tenang di elus" gt ya doc bawaan nya mau ngajak main gigit"an mulu. And doc musang ku mau nya minum susu mulu jarang bgt ngaisin makanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. mungkin emang karakternya seperti itu, suka iseng dan ajak becanda. kalau mas deketin terus dia (sering diajak main dll) dia nanti bisa imprint kpd mas... coba cari artikel imprint pada musang... :)

      Delete
  6. Bu dr..sebaiknya musang yg baru dpt dari tangkapan liar apa yg hrus dlkukan terlebih dahulu?apakah boleh lgsung di pegang dan di coba dijinakan dengan cara diatas..atau harus dbiarkan dlu di kandang beberapa hari..ni musangnya galak banget..liat org za lgsung marah dok..umur ktya sktar 4 blanan..terma kasih sblumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik diamkan dia selama 1 atau 2 jam dulu sambil diberi makan.
      gak usah dipegang dulu selama beberapa hari..... kasih makan aja....

      kalau dia udah 2 mingguan di rumah dan udah sering liat manusia, baru bisa mulai dijinakkin... cara menjinakkan musang pernah saya tulis di blog ini.. :D

      bisa konsul lagi ke saya jika ada masalah. saya tunggu... )

      Delete
  7. dok ..saya punya musang rase umur 2,5-3 bulanan ... nah dia tangkapan liar
    gimana ya dok caranya biar dia jinak ?
    kadang kalo dipegang dia malah lari'' gajelas dikandang ... terus nubrukin diri ke kandang .. kadang hissing .. juga kadang gigit dok .. gimana ya dok biar dia jinak .. sama lebih tenang dok ?
    mohon bantuannya dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel cara menjinakkan musang rase di blog saya ini....
      cari di bagian cari artikel..

      Delete
  8. Replies
    1. silakan baca artikel cara agar musang anteng...

      Delete
  9. doc.musang pandan ane umur 3 bulan namanya cymot dia udah mulai jinak,tp suka ggt telinga sampek area wajah juga di hantam ma dia dock saat naik ke pundak,minta saranya dong doc.fira.tenks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. mungkin emang sifatnya kayak gitu mas, suka iseng.... :)

      Delete
  10. siang doc.saya mw nanya gmana ya ngobatin ular retic yg sariawan kasian gx mw makan doc.sama di kepalanya ada tonjolan warna kuning itu apa ya doc. mohon saranya doc.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah buat artikel cara mengobati ular sariawan di blog ini...

      Delete
    2. saya pernah buat artikel cara mengobati ular sariawan di blog ini...

      Delete
  11. Maaf mbk kan saya pnya muspan umur4,5 bulan.. Dya dah jinak napa stlah saya ksih kandang sekarang gampang gigit udah12x tangan q di gigit,,,,, gimana cara mengatasinya tolong beri saya masukan trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mulai takut ya sama dia? biasanya kalau ownernya mulai merasa takut, dia bisa tahu. ya, semua hewan bisa tahu. termasuk musang. makanya dia jadi 'melawan'.

      gak apa2 sih, wajar aja kalau dia jadi sering menggigit. coba mas bca artikel saya cara agar musang anteng.... :)

      maaf baru balas, saya abis tugas keluar kota

      Delete
  12. Mva Dokter mau nanya dong kan dapet Musang liar masih kecil gak tau umurnyq terus kalo musangnya diganggu in ama anak kecil bisa stress gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik jauhkan dari jangkuan anak2, mas.... takutnya kenapa2 musangnya...

      maaf baru balas, saya abis tugas keluar kota

      Delete
  13. dok sy punya musang umur sktr kurleb 7bln...musang ini musang rawatan..emg jinak sih..kadang klo lg maen sma sy dlu sering ngajak bercanda sama gigit'' kecil gtu..nah ud hampir bbrp bln belakangan ini sy sibuk dgn kerjaan jd jrg diajak maen sma di tegor sekejap pun..nah kira'' musang sy ini bakalan galak gak ya dok klo sy coba ajak maen lg.. ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja. :)
      tergantung karakter musangnya sih. kalau udah lama mas rawat (dari kecil) biasanya dia akan tetep jinak kok... :)

      jenis musangnya apa mas? :)

      Delete
  14. Dok MUSANG SAYA SUKA HISING,Cara menjinakan nya gimana,Kalau dikandang mundar mandir mulu,suka gigit tangan Gimana Cara mengatasi supaya tidak hising

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menghilangkan hissing pada musang

      Delete
  15. Mau tanya ,saya baru aja dapar musang rase liar dewasa cara menjinakannya bagaimana ya... Apakah bisa langsung dengan cara di atas untuk karahkter musangnya galak kagetan .

    Dan untuk makanannya apa ya karna saya coba pakai roti.. Tadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. artikelnya ada kok, silakan search aja artikel cara menjinakkan musang. secara prinsip sama.

      hmm, kalau musang rase emang agak sedikit lebih susah dijinakkan, tapi kalau mas emang serius, masih bisa kok dijinakkan asalkan sabar.

      yap, sabar. itu kuncinya. :)

      Delete
  16. Malam Dokter Fira,saya punya 1 pasang muspan,umur 8 bulanan,setelah sudah umur 8 bulanan kenapa tidak mau di satukan kandang nya Dok,kalau di satukan sering berantem dok,apakah muspan kalau sudah besar harus di pisah yaa kandangnya.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang emang suka ada yang kayak gitu.
      triknya, mas pisahin aja di 2 kandang, lalu taruh kandangnya secara berdekatan tapi gak nempel. biarkan pelihara selama beberapa bulan, sambil sesekali diajak main bareng... :)

      Delete
  17. Malam lagi dok,dulu waktu Masiih umur 1 bulanan sampe 6 bln ga pernah berantem dok satu kandang,tapi setelah 8 bulan sering berantem,saya sudah pisahkan kandangnya sekarang dok,tapi kalau di lepas tetep aja yg betina selalu ajak bercanda yg jantan,tapi yg jantan tidak suka spertinya dok,jadi kalau di deketin betinanya selalu betinanya mau di gigit dok,tangan istri saya baru aja berdarah di gigit,sebelumnya blm pernah dok,karna istri saya juga ikut merawat dari kecilnya dok,apakah kalau musang dewasa seperti itu dok,terimakasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gitu. hmm, ada kemungkinan mereka memasuki masa kawin alias birahi.
      ada niat buat menternakkan musang, mas? :)

      coba aja baca artikel saya ciri musang birahi, cara mengawinkan musang, dan cara merawat musang hamil.

      soal mereka yang masih saja strike, silakan baca jawaban saya sebelumnya... :)

      Delete
  18. Perut saya digigit dok pas lagi gendong --" , jadi bukan cuma tangan 😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan emang bisa aja ngegigit bagian tubuh yang lain, tapi biasanya karena mas terlalu mendekatkan si musang dengan bagian tubuh itu dan mas takut atau ragu2... :)

      Delete
  19. Perut saya digigit dok pas lagi gendong --" , jadi bukan cuma tangan 😜

    ReplyDelete
  20. Dok saya dapet musang lepas piaraan orang, musang nya semi jinak cuman nya ngegigit dan yg di gigit itu ga cuma jari dan tangn tapi seluruh badan saya di gigit sampe pernah dia saya gendong lalu nyiumin perut saya eh malah digigit perut saya dan hidung saya pun juga kena sasaran, tapi kalau pake sweeter ga pernah gigit, dia gigit nya kalau ada anggota badan yg ga di lapisin kain , itu solusinya gimana dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini handle aja dengan menggunakan sweeter, mas. kalau bisa, sweeter mas janyan dicuci2, biar dia kenal bau tubuh mas gimana. nantinya malah mempercepat proses penjinakkan... :)

      lanjutin penjinakkannya... :)

      Delete
  21. dok saya dapet musang anakan dari gunung, kira" umuran 1,5 bulan cara kasih makannya gimanaya. soalnya baru kali ini handle baby musang galak. mukanya lucu banget pesek tapi galaknya duh bukan main

    ReplyDelete
    Replies
    1. disepet aja mas. pake suntikan yang ada selangnya. suka ada tuh di toko makanan burung. atau mas bisa bikin sendiri. caranya baca di artikel saya CARA MEMBUAT DOT UNTUK BAYI MUSANG.

      Delete
  22. Dok saya punya musang pandan umur 1 setengah bulan ,kalo mau di peganv pasti dia yosor , memnag baru 2 hari saya belik dengan kwn ,pas saya pake sarung tangan dan saya masukin tangan saya ke kandang dia gk yosor dan gak gigit cara ngatasin biar gak yosor lagi gimana tanpa mengunakan sarung tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya gak ngeklik NOTIFY ME/INGATKAN SAYA ya?
      soalnya ini udah saya bales.... ini saya copy paste jawaban sebelumnya:

      yosor tuh apa ya mas? maksudnya nyerang, gitu? kalau umur segitu, masih bisa dijinakkan kok mas. bahkan, bisa dibilang masih sangat mudah dijinakkan. sering2 ajak main aja... kalo digigit sih wajar... :)

      Delete
  23. Dok saya punya musang pandan umur 1 setengah bulan ,kalo mau di peganv pasti dia yosor , memnag baru 2 hari saya belik dengan kwn ,pas saya pake sarung tangan dan saya masukin tangan saya ke kandang dia gk yosor dan gak gigit cara ngatasin biar gak yosor lagi gimana tanpa mengunakan sarung tangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya gak ngeklik NOTIFY ME/INGATKAN SAYA ya?
      soalnya ini udah saya bales.... ini saya copy paste jawaban sebelumnya:

      yosor tuh apa ya mas? maksudnya nyerang, gitu? kalau umur segitu, masih bisa dijinakkan kok mas. bahkan, bisa dibilang masih sangat mudah dijinakkan. sering2 ajak main aja... kalo digigit sih wajar...

      Delete
  24. Dr... Aku kan udah punya luwak terus kira2 udah seminggu . Cara handsfeed apakah tangannya harus masuk ke kandang ato di luar aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending mas masukkin tangan ke dalam kandang aja. sekiranya aman (gak digigit).tapi kalo emang takut digigit, pake sarung tangan tebal dulu..

      kalo musangnya anakan sih jangan pake sarung tangan tebal, langsung aja suapin... :)

      Delete
  25. apa cara diatas berlaku buat rase anakan ya dok? soalnya rase saya mau saya gendong (angkat tubuhnya dari bawah) eh malah lari sambil manjat2 kandang 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara di atas cuma buat musang dewasa aja. kalau musang anakan, kayak biasa aja... :)

      Delete
    2. siap dok saya coba kalo uda agak anteng 😂

      Delete
  26. Dok kalo udh bisa di handle tapi dia sering lompat trus ngacir gitu dok..itu solusinya gimana? Boleh ga kita pake handglove terus sampai dia anteng di pergelangan kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh sementara pake handgloves....

      udah mas sering elus2 nggak? sering diajak main?
      masnya merokok? kalau gak merokok, taruh aja kaos bekas pakai mas di kandangnya. biar dia kenal bau tubuh mas.

      Delete
  27. Oke dok..terima kasih solusinyaa...btw kalo saya tinggal mudik dia balik galak lagi ga ya dok? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas mudik berapa lama?
      kalo gak lama banget, nggak kok. gak sampe 2 minggu kan mudiknya? :D

      sebenernya kalo lebih dari 2 minggu juga kalo owlnya udah jinak, gampang kok jinakin lagi... :)

      Delete
  28. Selamat siang dok, saya dapat musang umur 1 bulanan, perut dan dadanya botak, apakah bisa tumbuh atau tidak nnti buluhnya
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mas. jaga kebersihan kandang dan musangnya. terus olesin minyak kemiri buat musangnya. cukup seminggu sekali aja oles minyak kemirinya.

      ada kok artikel minyak kemiri khusus musang di blog ini...

      Delete
  29. Dokter Fira apa tipe kandang seperti ini baik untuk aktifitas muspan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sekira dia bisa leluasa mondar-mandir di dalam kandang, mas.... :)
      kira-kira kayak gitu kandang yang ideal untuk musang...

      Delete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Dok. Saya baru beli musang pandan tapi Ndak tau umurnya, dari owner sebelumnya sih katanya dapat di desa. Lihat Dari badannya dan taringnya sih kayaknya udh dewasa. Di suapin pisang pakai tangan dan di Elus Eluskepala dan badannya itu Ndak gigit . Tapi kalo mau di keluarin dari kadang . Posisi saya pakai jaket dan sarung tangan. Waktu mau buka pintu dia hissing. Jadi ndak berani ngeluarin misannya. Nah alangkah baiknya gimana Dok.? Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Dok saya mau tanya ni
    Saya baru adop muspan semingguan
    Saya cobak pegang ekor nya dianya petakilan di dalem kandang itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.