Cara Handraise Joey Sugar Glider | Drh. Fira Sovica

Kadang kala, ada joey (anakan) sugar glider yang direject atau "dibuang" oleh induknya. Jika ini terjadi, maka mau tidak mau anda harus mengurus joey sugar glider tersebut sendiri. Istilah mengurus dan membesarkan joey sugar glider oleh ownernya disebut handraise.
Cara Handraise Joey Sugar Glider
Image taken from http://thegliderpouch.com
Banyak para pemilik sugar glider yang gagal dalam

handraise joey sugar glider

yang direject induknya. Para peternak sugar glider (breeder sugar glider) biasanya mengalami kematian joey sugar glider yang ia handraise atau ia tangani sendiri. Dan berikut adalah cara handraise sugar glider yang penulis tulis berdasarkan pengalaman sendiri:
  • Joey sugar glider yang di-handraise hendaknya ditempatkan di box yang hangat dan kering. Usahakan suhu kandang tempat joey sugar glider tersebut bersuhu kamar serta stabil suhu udaranya.
  • Joey sugar glider handraise sebaiknya diberi makan setiap 3 atau 2 jam sekali dengan bubur bayi encer.
  • Cara memberikan makan kepada joey sugar glider yang di-handraise yaitu dengan memakai pipet kecil. Pastikan gizi yang diterima joey sugar glider yang handraise seimbang antara vitamin, mineral, dan kalsium.
  • Joey sugar glider handraise sangat rentan terkena hind leg paralysis.
  • Anda bisa membaca mengenai hind leg paralysis di artikel cara mengobati hind leg paralysis dan di artikel penyakit-penyakit sugar glider.
  • Pastikan joey sugar glider tersebut sudah bisa makan sendiri sebelum memutuskan untuk berhenti handraise.
  • Artinya, terus lanjutkan handraise joey sugar glider hingga si sugar glider bisa makan sendiri.
Demikian adalah

cara handraise joey sugar glider

. Artikel tersebut diatas diharapkan bisa membantu para breeder sugar glider dalam merawat sugar glider yang direject oleh induknya. Kritik, saran, dan komentar bisa anda tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

53 Responses to "Cara Handraise Joey Sugar Glider"

  1. Dok saya pnya joey udh bsa makan sendiri,tpi blom lepas sapih,
    Untk kondisinya skrg lemes bgt joey nya,klo untk makan dihandfeed ga pernah banyak,apa boleh selalu kita pegang di handfeed,soalnya kalo dikandang jarang mau makan,cenderung diam dn tidur aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan. kalau masih belom lepas sapih, biarin aja di kandang. dia sesekali masih nyusu ke induknya kan??
      kalau iya, biarin aja. umur segitu emang lebih sering tidur... :)

      Delete
    2. Itu masalah nya dok,saya beli itu joey dari bredeer ,,msh suka crying .apa cma bleh dkash bubur sun aja untk smentara ?.
      Klo untk minum boleh saya kasih susu freshmilk/uht kah dok ? ..
      Ane beli sepasang tpi beda bredeer,si betina ini sehat dok,suka jumpy sana sini,nah sijantan ini yg suka tidur dn crying ..

      Delete
    3. iya, kasih bubur bayi aja untuk sementara. saran saya yang merk promina. lebih bagus buat sg.

      sg joey sebaiknya jangan dikasih susu. bisa mencret nanti. mending air minumnya kasih madu.....

      mungkin emang karakter si jantan kayak gitu, mas. gak apa2. wajar kok... :)

      Delete
    4. Prtanyaan trakhir dok,
      Apa boleh kita pegang" trus untk handfeed,soalnya ga tega diem aja,atau kita biarkan bbrp hari/minggu didalam kandang smpai agak dewasa,dngan makanan trsedia dikandang ..
      Thnks dok

      Delete
    5. kalau untuk handsfeed sebenernya gak perlu diangkat pakai tangan. cuil bubur bayi pakai jari telunjuk mas, lalu sodorkan ke sgnya. jadi gak usah diangkat seluruh badan sg....

      si joey masih ama induknya atau nggak? kalau dia gak sama induknya sih boleh aja. kalau masih ama induknya (satu kandang ama induknya), lebih baik jangan diangkat dulu.... :)

      kapan2 boleh nanya lagi kemari kalau ada yang mau ditanyakan... :)

      Delete
    6. Prtanyaan trakhir dok,
      Apa boleh kita pegang" trus untk handfeed,soalnya ga tega diem aja,atau kita biarkan bbrp hari/minggu didalam kandang smpai agak dewasa,dngan makanan trsedia dikandang ..
      Thnks dok

      Delete
  2. Ada artikel tentang penyakit" pd sg dok?
    Terutama hair lost

    ReplyDelete
  3. Dok saya mau tanya, 3 hr yg lalu saya baru beli sg umur 1 bln 2 hari. Nah si sg ini susah sekali untuk minum. Cara agar dia mau minum sendiri gmn ya dok? Kadang suka berdesis, itu kenapa ya dok? apa si sg nangis nyari induknya? Trus 1 lg pupnya hri ini sedikit, keknya susah pup dia. Apa boleh saya kasih pepaya? Makasih dok. Di tunggu balasannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejadian lagi.
      kalau bisa tuker dengan sg yang agak lebih besar usianya, mending tuker aja mbak. kasian sg umur sebulan udah dipisah ama orangtuanya. iya, dia ngeluarin suara 'crying', dia nyariin ortunya itu mbak... :(

      saya dulu jualan sg juga, tapi sg yang saya jual diatas 3 bulan semua. perbuatan seller yang menjual sg joey usia 1 bulan adalah perbuatan keji.

      silakan baca artikel saya jangan membeli sugar glider berusia 1 bulan.

      bisa kasih pepaya yang dijus tanpa air...

      Delete
  4. Dok kalau joey yg masih merah di reject induknya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan hidup masih ada. kalau mas telaten memeliharanya. L:)

      Delete
  5. Dok, joey saya usia 1 bln, sdh 3 hari ini direject induknya kl mau nyusu dengan cara digigit bagian kepala sampai matanya bengkak. Asumsi saya karena giginya sudah tajam dan kalau nyusu gigit2 puting induknya sampai luka makanya diserang. Sekarang sudah belajar makan bubur lunak tp msh disuapi. Apakah sudah bisa dipisah dari induknya? Akan baik2 sajakah kl dibedakan kandang? Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang sekira membahayakan si joey, boleh aja dipisahkan ke kandang lain. yang pasti, masnya harus fokus kalau emang mau handraise. sebaiknya, ajari makan sendiri secepatnya... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas... :)

      Delete
  6. Dok apakah sg perlu untuk dijemur?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak perlu, mas... :)
      kabari lagi ya.... dan maaf karena baru balas... :)

      Delete
  7. dok mau nanya sg joy saya oop skitar 2 hari tpi kaya ditelantarin gitu, stiap mau nyusu atau mau ke pouch induknya, induknya malah ngluarin suara kaya crabing + nyegah si joy buat nyusu.
    apa itu emg di riject sm indukny ?
    joy nya ngluarin suara mirip nangis gitu.

    sg induknya baru pertama kali pnya anak.
    swaktu saya cek pouch induknya, induknya sperti ip lagi.
    gmana solusinya ?
    thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan sih iya, itu direject.
      emang mas pegang2 waktu joeynya baru OOP?

      umur induknya berapa?
      kalau baru pertama kali beranak emang kemungkinan direjectnya lebih besar sih...

      Delete
    2. cma pernah di sentuh sekali.
      umur induknya skitar 8 bln
      induknya msh suka jilatin anaknya, tpi ga mau nyusuin anakny, jdi skrg anaknya udh saya pisah.
      soalnya stiap anakny mau nyusu, induknya pastu ky gtu trus.
      susu yang bagus buat joy ny apa yah ?
      klo dikasih bubur bayi yang encer bgus ga ?

      Delete
    3. kemungkinan emang karena itu, karena mas pegang joeynya. harusnya jangan dipegang dulu, mas.... :)
      ya udah, mau gak mau kayaknya harus handraise.

      bisa kasih bubur bayi promina, dibuat agak encer...

      good luck, mas. pasti bisa. :)

      Delete
    4. iya dok, sebelumnya maksih yah dok.maaf banyak nanya.

      tpi si joynya susah buat makannya, pling shari 2x doang itu jg ga banyak.

      trus skrg si joynya kaki dpan yg kiri bengkak, sama kukunya mau lepas, trus ada luka di kpalanya didket mata. gara gara wktu itu saya taroh di tmpt induknya, karena saya tinggal.

      kukunya kmungkinan bisa tumbuh lgi ga dok, soalnya lepas gitu dari pangkal kulitnya ?

      Delete
    5. maaf karena baru balas...
      bengkaknya seberapa parah? sekarang gimana keadaannya??

      kalau emang bengkaknya belum sembuh sampe sekarang, coba makanannya ganti pake bubur pepaya. gak apa2 dikit2, yang penting dia mau makan....

      sekali lagi saya minta maaf karena baru balas. bisa mas kirim gambarnya kemari? upload aja di postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
    6. sekrang sih udh aga smbuh, msih bngkak dikit
      kuku nya pada lepas nyisa 2 doang
      ini link photo ny
      https://postimg.org/image/tpvx8494x/
      https://postimg.org/image/pj0xam7fz/

      Delete
    7. sebelumnya maaf karena baru balas...
      keadaannya sekarang gimana mas? masih bengkak? :)

      dikasih makan bubur bayi?

      Delete
  8. dok , tanya sg saya baru melahirkan masihn merah , dan bayinya belum melek. saat ini induknya mati .
    saya harus apa ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas... :(
      iya, kayaknya sih mau gak mau mas harus handraise dia deh...

      Delete
  9. Dok saya SG saya punya anak 2 ekor, yang masih menyusui, yang 1 hampir tiap hari sama induknya dan tampak sehat, nah yang 1 lagi kurus kecil dan lebih sering di luar dari kandang tempat tidurnya,, sudah saya masukan bersama induknya tapi gk lama kluar lagi.. apa bisa saya pelihara terpisah karena kasian dok jadi kurus kecil. kl bisa ksh makanan apa yah dok yang cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mau nenen sama induknya?
      kalau mas mau handraise, bisa. kasih makan bubur bayi encer aja mas. :)

      Delete
  10. Dok saya kan baru beli sg joey kok gk mau makan ya

    ReplyDelete
  11. Hi Dok
    Numpang nanya malam malam
    Tempo hari saya menemukan SG saya lagi gigit joeynya di bagian kepala sampai salah satu matanya gak bisa melek...apakah itu tanda direject?
    Gimana cara obatin mata dan mulutnya yg luka karena digigit....
    Pakai madu bisa gak Dok?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak, jangan pake madu. berdarah gak? ada lukanya?
      agak susah sebenernya, tapi mbak bisa betadine kalo emang ada lukanya.

      terus kalo bisa kasih buah aja. pepaya yang dijus, airnya dikit aja. soalnya kalo dikasih makanan yang mengandung protein, lukanya basah terus nanti. jadi gak sembuh2. jadi sementara kasih buah aja...

      Delete
  12. Dok mau tanya promina nya bebas kan rasanya? Terus sama sg yang handrise umur 3 mingguan kasih minum atau sudah minum lewat campuran bubur bayi tadi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lewat campuran di bubur bayi aja, mas... :)

      maaf karena baru balas. kabari lagi ya.

      Delete
  13. dok numpang nany ni semalam sg saya nge reject anaknya nih di telantarkan mnurut saya sih anak gkbsa diem dok blm saatnya kluatr tpi kakinya dah tekeluar trus saya biarkan kesokan harinya malah telantar di bawah tapi keadaan joey msih hidup dok ini joey msih hidup cuman lemes dan msih kecil banget mata blm bisa melek saya ksih mkan stiap 1,5 jam sekali untuk ksaih makan joey saya pegang pakai tangan apa boleh handraise joey di pegang dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kudu dipegang, mas. gak apa2, mas handraiuse aja ya.

      sekarang gimana keadaan sgnya? kabari lagi ya. dan maaf karena baru balas...

      Delete
  14. dok mau tanya, sg handraise saya ga mau makan. gimana itu dok? saya kasi susu sgm non laktosa dan sudah ada yang berhasil. yg ini ga mau makan gimana itu dok ? padahal udah saya kasi madu kasi pedyalite. ttep ga mau makan. tolong bales segera dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. kasih bubur bayi promina encer aja mbak.
      kabari terus

      Delete
    2. halo dokter.. joey saya yang kemaren ga mau makan akhirnya mau makan. ternyata dia maunya susunya harus di seduh pake air panas --". jadi di kasi ke dia anget2 gitu dok. sekarang makannya sudah banyak -+ 1ml per kali makan dengan interval pemberian makanan 3 jam sekali dan sehat sekali tambah gendut. pupnya lancar. ga bloating. fyi dok, saya waktu itu pake bubur bayi untuk joey reject tapi malah bloating gitu dok dan akhirnya meninggal :(. tapi kalo pake susu sgm non laktosa mereka bisa survive sampe sekarang -+ umurnya sudah 2 bulan sudah makan sendiri. tapi ini pengalaman saya aja loh dok..

      Delete
    3. oia dok, ketika joey udah melek, saya baru kasih bubur susu encer yang di kasih susu non laktosa itu dok sebagai karbohidratnya.

      Delete
    4. bagus. saya seneng mbak caca berhasil. :D

      pupnya gimana? gampang atau kayak ngeden gitu? umur joeynya sekarang berapa?

      sementara lanjutkan aja perawatannya... :)

      Delete
    5. sejauh ini pupnya agak cair tapi berwujud selayaknya joey yang reject dok. gampang sih pupnya . kurang lebih sekarang yang sedang saya handraise usia 3 mingguan deh dok, soalnya baru aja melek.

      Delete
    6. sip, sip... saya seneng denger perkembangannya... :D

      Delete
  15. dok saya baru beli joey umurnya masih 2 bulan, yang jantannya sih gaada masalah dok, tp yang betinanya kaya gemetaran gt terus dok dan kalau makan harus di suapin, itu kira2 kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, mas. selama makannya lancar, dan fesesnya normal, dia sehat kok.

      cuaca lagi gak bagus. mending pindahkan kandangnya ke dalam

      Delete
  16. Dok makanan yg baik untuk Joey yg di rijeck , sekitar umur 2 minggu apa ya contoh nya

    ReplyDelete
  17. Dok Saya mau Nnya nih..
    Saya Punya Joey baru 5 hari OOP.. Kjadian Mulai td mlm si joey kalau mau nyusu kaya di singkirin gtuh saya induk nya.. ituu knpa ya dok ? Di rijek apa gmn ya ??
    Soalnya pernah 1x saya pegang joey nya..
    Terima kasih..

    ReplyDelete
  18. Dok saya dapat joey masih belum melek & ekor masih hitam, ukuran joey segede jari dewasa, saya dpt dri tetangga yg suka k hutan, saya ambil dripada d buang, saya newbie cuma mngandalkan insting saya sbgai pcinta hewan, utk smentara sudah 2 hari saya kasih makan bubur promina brdasarkan instruksi google, saya tempatkan d kranjang plastik ukuran ember dkasih kain2 halus, yg 2 agak besar dri yg terakhir makannya lahap, tpi yg kecil harus agak sabar, dsni petshop hampir g ada harus k kota dlu, sarannya gman dok saya mau pelihara itu joey biar sehat & berkembang, terimakasih. Ini WA & email saya, 081221748779 & grubugz@gmail.com mohon sarannya dok

    ReplyDelete
  19. Dok saya dapat joey masih belum melek & ekor masih hitam, ukuran joey segede jari dewasa, saya dpt dri tetangga yg suka k hutan, saya ambil dripada d buang, saya newbie cuma mngandalkan insting saya sbgai pcinta hewan, utk smentara sudah 2 hari saya kasih makan bubur promina brdasarkan instruksi google, saya tempatkan d kranjang plastik ukuran ember dkasih kain2 halus, yg 2 agak besar dri yg terakhir makannya lahap, tpi yg kecil harus agak sabar, dsni petshop hampir g ada harus k kota dlu, sarannya gman dok saya mau pelihara itu joey biar sehat & berkembang, terimakasih. Ini WA & email saya, 081221748779 & grubugz@gmail.com mohon sarannya dok

    ReplyDelete
  20. selamat pagi dok, dalam beberapa hari ini saya baru saja memelihara SG anakan berjenis kelamin jantan usia kurleb 2,5 bulan (menurut breeder). jika sy perhatikan pada siang hari SG tersebut seperti kurang aktif dan lebih banyak tidur sehingga sy sempat khawatir. tetapi di malam hari dia sangat aktif dan mengeluarkan suara seperti mendengkur namun sepertinya masih belum bisa makan sendiri. pertanyaan saya apakah saya perlu memberikan pakan dengan cara di suapkan dan kira2 berapa lama saya perlu memberikan pakan dengan cara tersebut?. Demikian, terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  21. Dok cara biar Joey yg di riject mau makan gimana ya, Saya lg handraise Joey umur 3mingguan tapi ga mau buka mulutnya sama sekali dok.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.