Penyebab Stress Pada Iguana | Drh. Fira Sovica

Semua hewan bisa mengalami stress, termasuk iguana. Pada artikel

penyebab stress pada iguana

kali ini, penulis akan memberikan penyebabnya, ciri iguana yang stress, dan cara menangani iguana yang stress. Cara merawat iguana sebagai hewan peliharaan bisa anda baca di artikel cara memelihara iguana.
Penyebab Stress Pada Iguana
Perubahan warna, salahsatu ciri iguana yang stress.
Image taken from greenigsociety.org

Penyebab stress pada iguana
Penyebab stress pada iguana biasanya disebabkan oleh kandang yang terlalu sering dipindahkan, kurangnya asupan sinar matahari, suhu kandang yang terlalu tinggi (iguana kepanasan) atau suhu kandang yang terlalu rendah (kedinginan), kurangnya nutrisi, bosan terhadap makanan, kandang yang terlalu dekat dengan kandang iguana yang lain, dan lingkungan kandang yang terlalu ramai atau terlalu berisik.

Ciri iguana yang stress
Ciri-ciri iguana yang stress antara lain adalah penurunan nafsu makan, galak dan defensif, warna kulit gelap dan suram, dan bertingkah kasar dan mudah menyerang bila didekati. Jika iguana peliharaan anda mengalami gejala baru berupa ciri-ciri stress diatas, mungkin saja dia memang merasa stress.

Cara menangani iguana yang stress
Penanganan iguana yang stress yang paling utama adalah tentukan kenapa si iguana stress. Anda bisa membaca kembali penyebab stress pada iguana di atas. Baca baik-baik, lalu tentukan mana penyebab stress pada iguana anda. Perbaiki kondisi kandang serta jauhkan penyebab stress dari iguana anda.

Demikian adalah artikel

penyebab stress pada iguana

, ciri iguana yang stress, serta cara menangani iguana yang stress. Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam menangani iguana yang stress dengan tepat. Komentar, saran, serta kritik dapat ditulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

219 Responses to "Penyebab Stress Pada Iguana"

  1. Kalo pas di kasih makan bawaannya pengen kabur terus termasuk stress g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan.
      iguana yang berusaha kabur biasanya karena dia belum cukup mengenal lingkungannya. coba kasih makan pakai tangan / disuapin biar dia mengenal anda. semoga membantu. :)

      Delete
    2. bukan.
      iguana yang berusaha kabur biasanya karena dia belum cukup mengenal lingkungannya. coba kasih makan pakai tangan / disuapin biar dia mengenal anda. semoga membantu. :)

      Delete
  2. bgaimna caranya mngurangi karakter perasa'an tegang pada iguan? karena iggy saya klo tiap saya keep selalu tegang dari cara cengkraman kukunya yang keras pada tangan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sering ajak main aja mas, sama sering2 liat matanya.... saya percaya kalau iguana bisa membaca pikiran kita lewat tatapan mata, dan selama ini teori saya tidak keliru. saya pernah punya iguana juga dulu soalnya... :)

      Delete
  3. saya punya iguana baby..dia makannya sedikit..tapi kalo tidur lama..dia mau makan kalo di dekat kan ke tempat makannya (seperti ga bisa cari makan sendiri), terus kalo di deketin dia sperti terancam, tapi kalo sudah di tangan dia diam..
    pertanyaan :
    1. bagaimana caranya biar dia makan lahap, bisa nyari makan sendiri dan ga kebanyakan tidur..
    2. cara memberi makan iguana baby dan jenis makanannya nya apa yang bagus..
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. baby iguana memang seperti itu perilakunya. jangan takut, dia akan berubah seiring bertambahnya usia kok.
      2. makanan iguanya sebenarnya lebih ke faktor kebiasaan. saran saya, jangan semerta-merta mengganti makanan iguana anda kecuali secara perlahan (bertahap) selama beberapa minggu agar dia tidak stress.... :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. o gtu ya..takutnya dia sakit bu dr..soalnya tdur terus..:)
      jenis sayuran apa aja yang bagus untuk iguana baby, skrg saya cuma ngasih iguana dengan kangkung sama salada,apakah baik buat dia?atau harus ganti per beberapa minggu bu dr..terus apakah perlu di kasih buah2an jug..kmren saya coba kasih strawberi dimakan sdikit..cuma kalo pepaya engga di makan..
      satu lagi..apakah perlu di kasih vitamin tambahan?kalo perlu dikasih kira2 apa yang bagus untuk pertumbuhannya..

      Delete
    4. selama ini kasih aja selada sama kangkung dulu, bisa kasih tauge juga kalau dia suka. dikit-dikit aja kasihnya. Buah-buahan nanti aja kalau dia udah agak besar. vitamin tambahan tidak perlu dulu. Basking (penjemuran) juga jangan terlalu lama. kalau masih baby, cukup 1 atau 2 menit saja, jangan sampai kelamaan. bersihkan kandangnya secara rutin agar dia terhindar dari penyakit. sama satu lagi: kasih nama, dan sering2 panggil pakai namanya. iguana lebih cerdas daripada dari reptil lain, mereka kadang ngerti dan menghampiri kalau dipanggil namanya.... share fotonya dong mas di G+ blog ini, saya tunggu... :)

      Delete
    5. o gtu ya..saya kalo jemur sama kandang buat jemur nya suka setengah jam..soalnya kalo sudah di jemur makannya jadi banyak :D..ok siap..nanti saya foto dlu iguananya :)..terima kasih banyak bu dr..

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. saya punya iguana usia 1 tahun, sudah 2 hari ini dia tiba-tiba mogok makan, alhasil badannya kurus drastis, agar dia masih bisa bertahan akhirnya saya blander makanannya dan saya suapin sedikit-sedikit, sudah saya kasih calsium juga, mandi juga setiap hari, jemur setap hari, tapi masih saja tidak mau makan, bagaimana cara mengatasinya klo kasus seerti ini??? mohon sarannya donk, tidak tegal liat dia lemah... thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan lebih baik dibawa ke dokter hewan terdekat. coba cek juga fesesnya, apakah padat atau cair. kalau cair mungkin ada infeksi di saluran cernanya.... :)

      Delete
  6. oh begitu, ya nanti biar saya bawa ke dokter hewan, klo ada infeksi disaluran cerna obatnya apa ya????

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik mending bawa ke dokter hewan langsung agar lebih jelas. saya tidak bisa memutuskan obat apa karena tidak melihat langsung... :)

      Delete
  7. Dok,iguana saya masih baby susah makan, udah 2 hari ini tidur mulu. Klo disuapin makannya juga sedikit,trus klo lgi di suapin tidur. Padahal sebelumnya iggy nya aktif bgt, makan juga udah bisa sendiri. Itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk fesesnya gimana mas? cair? dia keliatan susah bab gak?
      untuk bedding (alas kandang), mas pakai apa? biasanya mas kasih makan apa?
      yang pasti kalau dia sering tidur, ada kemungkinan sakit. saya punya beberapa tebakan, tapi saya tunggu jawaban mas terhadap pertanyaan2 saya di atas. amannya sih mending bawa ke dokter hewan aja langsung biar langsung ketahuan... :)

      Delete
    2. Kalo fasesnya normal dok, alas nya saya pke ketas hvs/koran, klo makannya saya kasih kangkung/toge ga pernah yang lain. Kalo pagi habis saya mandiin air anget trus di jemur iggy aktif dok seger lgi, sorenya saya cek iggy nya tidur lgi dok,bangunnya pagi lgi dok,kira2 knpa ya dok?
      Terima kasih dokter fira

      Delete
    3. kalau dari perawatan sih oke. feses juga kalau emang normal berarti sehat. emang biasa dia tidur kayak gitu atau baru kali ini saja mas?
      coba observasi aja dulu selama 3 hari. kalau dalam 3 hari tidak ada perubahan, bisa mas bawa ke klinik hewan terdekat... :)

      Delete
    4. Baru 3 hari sama hari ini dok, klo skrg ga mau makan sama sekali,semalam cuma baru mkn 1 helai sayur.udah agak kurus iggy nya.
      Terima kasih dok

      Delete
    5. Gmn caranya ya dok biar makannya lahap lagi?
      Apa ada obatnya atau ada tindakan lain biar mau mkn lagi?soalnya kalo di suapin,sayurnya cuma digigit dok

      Delete
    6. saya sih lebih menyarankan agar iggy-nya dibawa ke dokter hewan mas, agar lebih tepat penanganannya. ada obat yang bisa menyembuhkannya, tapi tentu harus ada dosisnya, tidak sembarangan.... biayanya murah kok, gak sampe 100k. :)

      Delete
  8. Siang dok
    Saya dapat iguana merah ukuran kurang lebih 25cm badanya, cuma kurang dirawat samabowner sebelumnya.. kondisi sangat kurus dan nafsu makan kurang greget ditambah galak kandang gitu sehingga gak mau disuapin. Kmaren mau makan kangkung tapi dikit
    Apakah ada solusi dok?
    Dan ada rekomen domter hewan daerah ciputat?
    Terimakasih dok dan klo boleh balas ke email dimascule@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan search alamat dan nomor telepon dokter hewan jakarta raya di bagian cari artikel blog ini...
      fesesnya gimana mas? mencret? iya, saya sih menyarankan agar dibawa ke dokter hewan terdekat aja...

      Delete
  9. Dok,saya br diksh iggy kira2 usia 3 bulanan dan udah seminggu sy pelihara...apakah baik klo saya beri makan sawi,pepaya dan tomat setiap hari tp dia lahap dan banyak makannya,

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja. jaga kebersihan pakan ya mas.
      maaf baru balas, saya sibuk sekali akhir2 ini... :(

      Delete
  10. Saya punya Iggy Usia 1 1/2 Bulan, pada bagian Kaki dan Tangan ada Bintik2 hitam apakah Iggy saya pertanda sakit / sehat, mohon petunjuk bu.!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia sering menggaruk2 bagian itu?
      coba bagian kakinya sering2 dibersihkan/dilap pakai tisu basah non alkohol (yang merk dettol aja mas). lakukan sehari 2x selama 1 minggu. kasih saya kabar lagi... :)

      Delete
    2. Kalo garuk2 sih ngga., normal seperti biasa.

      Delete
  11. Malam dok.., pd bagian perut samping atas sebelah kiri baby iggy sy spt ada benjolan agak keras.,beda dgn sisi sblhnya.,tp tdk begitu keliatan menonjol, apakah itu normal atau ada penyakit.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nafsu makannya masih normal?
      kalau masih normal, kayaknya masih sehat. fesesnya gimana mas? masih kayak biasa?

      amannya sih mending bawa ke dokter hewan aja mas... :)

      Delete
    2. Makan normal, feses jg spt iggy sehat.. Trims infonya dok...

      Delete
    3. kayaknya masih sehat. mas sering jemur iggy-nya? :)
      kalau mas masih worried, mending bawa ke dokter hewan aja... :)

      Delete
  12. Siang dok.., apakah iggy inur 3 bulan sdh boleh dipotong kukunya.?

    ReplyDelete
  13. Cara share foto diblog gimana ya, soalnya aq habis nangkep klo menurut q sih itu iguana aq gk tau nama or jenisnya, panjang nya kurang lebih 25cm , warnanya kayak kayu kering, dikasih makan apa ja gitu gk mau dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas ganti aja foto profil google mas pakai foto itu... :)
      bisa juga dragon forest, mas. coba liat di artikel cara memelihara forest dragon...

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Replies
    1. Klo boleh tau jenis n umurnya brp ya?
      Trz ini udah 3 hari semenjak aq nangkep nggk mau makan, klo dipaksa malah dikeluarin pakek lidahnya dok
      Mungkin bu dr punya solusinya?
      Thx

      Delete
    2. kayaknya sih forest dragon, mas. tebakan saya sih itu. dan kalau dilihat dari perilakunya yang mas ceritain, saya makin yakin itu forest dragon. gak tau juga soalnya saya gak liat langsung, namun tebakan sementara saya ya itu.. :)

      Delete
  16. Dok...iggu sy sdh seminggu ini tidur terus, makan jg sedikit. 2 hr lalu sy bawa ke drh n si iggu disuntik trs kasih obat flu, antibiotik dan vitamin. Habis dr dokter iggu nya ga mau makan sm sekali, sy paksa kasih kangkung yg di blender tp kadang dimuntahin dan iggu nya kurus, lemes dan tidur trs. Kadang iggu jg bersin2. Kira2 si iggu knp ya dok? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikasih obat gak dari rs?? :)
      coba mbak cek fesesnya, bentuk dan warnanya kayak gimana. kalau emang udah dibawa ke rs, kasih obatnya ke dia.

      sering dijemur gak?? makanannya blender aja. kalau emang gak mau kangkung, coba jenis makanan lainnya....

      kabari saya ya mbak. saya tunggu. dan maaf baru dibalas...

      Delete
  17. Dok tolong, ko iguana sya jalannya aneh, kakinya kya yg gk mau gerak, trus kya ngden2 gitu dok, makannya dikit + sering bngt tidur
    Minta solusi dong dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan kurang kalsium?
      mending cek asupan kalsiumnya mas. biasa mas kasih makan apa?

      Delete
  18. dok saya punya iggy baby , selalu sya beri makan pepaya,soalnya mnurut artikel yg sya baca, buat menjaga warna cerahnya nya lancar, rajin saya jemur tiap pagi n sore, tp lama kelamaan kok warnanya jadi hitam ya? dan nafsu makannya menurun..tolong dok solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan stress.
      coba cek fesesnya. agak berair atau mencret ya?? :)

      kalau emang urgent, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  19. Dok baby iggy saya kakinya pincang karena jatuh ke got pas lagi jemur. Itu cara nyembuhin kaki pincangnya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jaga pola makan aja, sama kasih asupan kalsium. mas bisa kasih repcal, jemur minimal seminggu 3x.

      lakukan terus selama 2 minggu. saya tebak sih agak mendingan setelahnya. kalau dalam 2 minggu belum ada tanda2 baikan, mending bawa ke dokter hewan terdekat, mas...

      Delete
  20. saya baru membela iggy.. sangat ganas dan liar.. masih kecil tapi bukan baby.. puas saya cuba menjinakkan tapi dia tidak mahu ke saya.. bila saya pegang, dia berubah kaler hitam menandakan dia stress. so apa yang perlu dibuat.. saya buntu

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Malam dokter fira......
    Iguana saya matanya katarak (selaput berair dimata kanannya)
    Itu cara penyembuhan nya gimana ya dok ? Makasih dokter ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      saran saya mending jaga pola makannnya. sering mas kasih serangga ya? coba untuk beberapa minggu ke depan jangan kasih serangga dulu. cukup kasih sayuran aja.

      dan kalau emang parah, mending bawa ke dokter hewan terdekat, mas.... :)

      Delete
  23. Malam dokter Fira..

    Saya baru addopt iguana merah.. umur hampir 2 tahunan dan ekornya pernah putus dan menghitam.. itu bisa balik lagi ga ya dok ?
    Oia tadi baca" di blog dokter liat katanya bisa makan kacang hijau.. itu nga d halusin dlu ? Dalam bentuk biji keras gitu ya dok ?
    Terus dok bikin artikel cara ngelatih iguana donkkk.. buang air demennya di sofa.. kasian sofanya..

    Keep blogging :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung putusnya disebelah mana, mas. setau saya sih kalau putusnya gak lebih dari 10 cm dari ujung ekor, dia masih bisa kayak semula lagi... :)

      kacang hijaunya bisa dibuat berkecambah dlu. bisa juga direbus dulu biar agak empuk...

      ide bagus., nanti saya buatkan artikelnya... :)

      Delete
  24. Oke dokk.. di tunggu ya :D

    Dok minta referensi makanan yang baik untuk iggi donk ? Iggi saya cuma mau makan toge, kanngkung, mangga , pisang dan jeruk saja.. kalau di kasih yg lain ogah"an..
    trus cara biasain makan makanan lain sperti tomat dan pepaya gimana ya ?
    Apa ga ush d kasiin makanan yg lain dlu aja ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mas baca artikel saya Cara memelihara iguana.... Atau cek kategori iguana....

      Delete
  25. Dok saya mau tnnya untuk ekor baby iguana yang bengkok apa bisa lurus lagi? Apa nantinya bakal putus juga meskipun besar?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya sih nggak, mas. tapi bisa aja sih kalau kelak ekornya putus, terus terganti ekor yang baru...

      bisa saya tahu kenapa ekornya bisa bengkok, mas? apakah ketekuk atau semacamnya?

      Delete
    2. Sepertinya ketekuk. Dari awal beli uda agak bengkok dikit lupa cek. Jadi ekornya saya usahain jangan smpe ketekuk lagi. Berarti g bisa balik lurus ya dok? Dulu pernah pelihara bunglon ekornya juga panjang gt pas nekuk selang beberapa hari putus. Apa sama seperti iguana ya dok?

      Delete
    3. struktur ekor iguana dan bunglon kayaknya sih beda, mas. hmm, separah apa bengkoknya? derajat bengkoknya apakah sampe letter L gitu? atau bengkoknya berapa derajat?
      gini aja, pastiin asupan kalsiumnya bagus. sama sesekali dijemur, minimal seminggu 2x secara rutin. sambil terus diobservasi selama sebulan ke depan... :)

      Delete
    4. Ga sampai bentuk L kira2 5derajat si. Cuma rada nekuk sedikit gitu.setiap pagi saya jemur setengah jam dok.makanan kalsium yang cocok untuk baby iguana apa ya dok?selama ini saya cuma kasi kangkung dan daun slada saja.

      Delete
    5. mas bisa beli suplemen bubuk khusus reptil, merknya exoterra. :)

      hmm, ada kemungkinan bawaan lahir? coba tanya ke yang jualnya dulu... atau apakah emang masnya yang breeding? :)

      kabari terus ya mas.

      oh ya. dia suka makan makanan lain kangkung sama selada? jangkrik kecil mungkin? atau ulat? :)

      Delete
    6. Belinya waktu ada pameran reptil di mall. Lupa minta kontak nya.posisi uda agak nekuk waktu liat di rumah. Waktu belinya buru2 jadi g sempat cek. :D
      Ya slama ini saya jaga ekornya agar jgn sampai putus cuma lihatnya rada g enak kayak ada tekukan dikit gt waktu ekornya di lurusin.
      Slama ini belum pernah saya kasi serangga. Cuma tadi saya kasi kecamba makannya lahap. Untuk slupement bubuk ngasi nya gimana ya?dicampur sama makanannya gitu ya dok?makasih banyak ya dok info2 nya

      Delete
    7. oh ya, kasih tauge (kecambah) bisa. hmm, gini aja: tauge-nya mas powdering dulu pake bubuk kalsium. taro taugenya di satu wadah, terus masukkin satu atau dua sendok makan bubuk kalsium, tutup wadahnya, terus di shaking... diguncang2kan hingga taugenya kena bubuk kalsium semua.... :D

      agak susah menjelaskannya kalo pake kata2, hihihi. tapi mudah2an mas ngerti... :D

      biasanya sih powdering itu buat jangkrik atau semacamnya, tapi sayuran juga bisa kok dipowdering...

      Delete
    8. Mau tnya dok oprasi batu ginjal pada iguana itu biayanya mahal ta?

      Delete
  26. Iguana nya sekarang serng bersin2 . Uda saya jemur tiap.hari
    Padahal kandang saya bersihkan tiap hari. Apakah flue pada iguana dpt.memyebabkan kematian dok? Terima kasih y..artikel ini sangat membantu hihi

    ReplyDelete
  27. lubang hidungnya basah/ingusan? dia suka mangap2?
    karena iguana yang pilek biasanya kayak gitu....

    masih mau makan? usahakan tetep kasih makan. dan suhu kandangnya jaga agar tetep stabil...

    ReplyDelete
  28. Udah normal dok. Cuma duri pada iguana kapan hari waktu gnti kulit. Kena pup nya. Jadi mengering g jadi ganti kilit. Kyk jamur jadinya. Cara menanganinya gmn y dok

    ReplyDelete
  29. oh syukurlah. cuaca emang lagi gak bagus buat reptil ya mas. jadi, jaga suhu kandangnya...

    coba bersihin aja pake air hangat campur dettol antiseptik (yang cairannya kayak teh). basahi cotton bud/kain pake larutan itu (air hangat + dettol antiseptik), terus usapkan di bagian kulit yang kotor...

    ReplyDelete
  30. Iya. Matahari juga ga seberapa munculalias mendung. Pagi hari apalagi. Mendung terus. Terima kasih untuk info cara mengobatinya hihihi

    ReplyDelete
  31. Drh. Bisa minta pin bb atau wa? :D mau krm foto ig saya. Akhir2 ini makannya kurang. Sama dia g doyan berry2.

    ReplyDelete
  32. kalau mau kirim gambar, upload aja ke postimage.org, mas. lalu taro linknya di sini... bisa juga via chatting... :)

    saya hanya menerima konsultasi via chatting dan komentar di blog...

    ReplyDelete
  33. https://mobile.facebook.com/photo.php?fbid=1800625766849967&id=100007076829794&set=a.1614893578756521.1073741827.100007076829794&source=48&ref=bookmarks

    Fb aja yah.. Saya kasi buah gmau. Minta nya toge atau kecamba aja. Lainnya gmau. Pengaruh g y ama kesehatannya

    ReplyDelete
  34. https://postimg.org/image/p12xbzhah/

    ReplyDelete
  35. Dok iguana saya dari kecil di kasi buah gmau sama sekali. Gimana ya dok? Akhir2 ini nafsu makannya juga berkurang. Kemarin saya taruh kebon. Kok yang di makan tanah. Gw jadi bingung. Di kasi toge ama kangkung juga uda nolak kayaknya. Di kasi buah gmau juga. Kenapa y

    ReplyDelete
  36. sebelumnya maaf karena baru bales.
    gak apa2 kok dikasih kecambah aja. kalau dikasih ulat2 gitu dia mau nggak?

    nggak masalah dikasih kecambah juga mas.... :)

    kabari lagi///

    ReplyDelete
  37. https://postimg.org/image/tdbscpv2z/4d9ee40d/

    Fesesnya jadi gini. :(
    Tmbah kurus pula

    ReplyDelete
  38. baunya agak lebih busuk dari biasanya ya mas? bener?
    agak ada bakteri di sistem pencernaannya sih, mungkin akibat makan tanah kemaren.

    observasi aja selama 3 hari ke depan. jaga kebersihan pakannya. kalau dalam 3 hari makin parah (semoga aja nggak), saran saya bawa ke dokter hewan terdekat.....

    ReplyDelete
  39. Kasi ulat. Jangkrik jg gmau. Gtau sekarang sukanya makan apa. Nafsu makannya menurun terus

    ReplyDelete
  40. dia masih mau makan?
    kalau dia masih mau makan, usahakan tetap makan.
    soal obatnya, saya tunggu kabarnya besok atau lusa ya mas.... nanti saya kasih obatnya... :)

    ReplyDelete
  41. Rada kasar aku kasi makannya. Saya paksain. Kelebihan air apakah ada dampak negatif bagi iguana? Agak susah makannya :(

    ReplyDelete
  42. Hi dok,solusi biar gak takut ama iguana gmna sih? Soalnya saya mau melihara iguana

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang alasan mas takut sama iguana kenapa? iguana kan gak gigit, cuma kadang nyabetin ekornya doang kalo terancam, itu juga gak sakit... :)

      geli gitu sama kulitnya? sering2 aja sentuh, usap2 pake ujung jari masnya... ntar juga gak geli lagi... :)

      Delete
  43. sekarang fesesnya gimana? udah normal apa masih mencret?
    usahakan tetep makan, dan coba jemur kalau pagi selama 5 menit.

    kabarin soal fesesnya...

    oh ya, kelebihan air maksudnya gimana? kebanyakan minum atau kebanyakan makan makanan yang mengandung air?

    ReplyDelete
  44. 2hari saya g liat fesenya. Knapa ya?sama makan juga dikit skali. Kyk ada yg tersumbat d saluran pencernaan. Minum air nya kebanyakan. Slama ini saya cuma kasi kangkung sama toge tiap hari. Kadang2 kates. Terakhir kates si sama kangkung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap hari juga uda saya jemur

      Delete
    2. Uda bisa pup. Fese nya kecil tapi kayak keras

      Delete
    3. maaf karena baru balas, mas. sekarang gimana keadaannya?

      masih susah pup?

      kabari lagi ya mas. nanti saya kasih treatmentnya...

      Delete
  45. Udah normal si.agak hijau serat gitu. Ini lagi shading di muka sama perut. Cuma badannya rada anget. Untuk makan masih mau makan toge. Emang iguana bisa panas juga y kalo sakit? Atau memang suhu badannya lagi panas sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya karena emang suhu disekitarnya panas, mas.
      oh, fesesnya udah normal?
      coba observasi 2 atau 3 hari lagi, makannya dijaga dan kebersihan pakannya juga. :)

      Delete
  46. Udah normal si.agak hijau serat gitu. Ini lagi shading di muka sama perut. Cuma badannya rada anget. Untuk makan masih mau makan toge. Emang iguana bisa panas juga y kalo sakit? Atau memang suhu badannya lagi panas sendiri?

    ReplyDelete
  47. Gagal shadinv pada spike gimana yah?awalnya uda gagal. Lalu numpuk makin lama makin ke bawa uda deket kulit. Apakah spike lepas lalu g numbuh lagi?atau bisa g baik normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gagal shading pada spike biasanya akan menyebabkan spike lepas, mas. dan biasanya akan tumbuh lagi kok... :)

      sekarang gimana keadaan iguanya, mas? :)

      Delete
    2. Keadaan normal. Cuma gagal shadingnya blm lepas2 di spike. Kasar bntuknya sama kering. Mungkin ada alternatif lain biar bisa lepas cepat sama numbuh baru?

      Delete
    3. diemin aja dulu. nanti biasanya akan putus sendiri. sering2 dibersihin aja area spike yang gagal shedding, biar gak iritasi.

      infoin saya mengenai fesesnya ya mas... kalo bisa, fotoin. fotonya upload ke postimage.org, terus linknya taro kesini..

      Delete
    4. Fesesnya normal sepertinya dok. Soalnya sya biasa in pup di toilet. Jadi saya siram langsung . Cuma kalo di elus jadi sering merem matanya. Kayak ngantuk gitu. Kenapa ya dok? Apa ada penyakit?untuk makan normal si. Spike juga belum putus2 hahahaa

      Delete
  48. dok mau tanya..kalo lampu uv buat iguana sebaiknya berapa lama ya dinyalainnya ?? soalnya kalo saya nyalain terus iguana saya kerjaannya nongkrong dibawah sinar lampunya terus...
    kira-kira bahaya gak dok buat iggynya kalo kelamaan ?? thnks

    ReplyDelete
  49. dok mau tanya..kalo lampu uv buat iguana sebaiknya berapa lama ya dinyalainnya ?? soalnya kalo saya nyalain terus iguana saya kerjaannya nongkrong dibawah sinar lampunya terus...
    kira-kira bahaya gak dok buat iggynya kalo kelamaan ?? thnks

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan kelamaan. nanti dehidrasi, mas. :(
      mang gak pernah dijemur dibawah sinar matahari? asupan kalsiumnya gak mencukupi? kok pake lampu UVB, mas?

      lampu UVB itu sebenernya cuma opsi terakhir. kalau mas tinggal di kota yang suhu udaranya gak dingin2 amat, atau asupan kalsiumnya mencukupi, atau mas sering jemur iguananya minimal seminggu 2x, saya kira lampu uvb gak dibutuhkan.

      reptil itu sebenernya cuma butuh asupan kalsium dan kestabilan suhu, mas. suhu kandangnya jangan turun naik alias stabil. :)

      Delete
    2. iya dok soalnya saya taruh dia didalam rumah supaya dia terbiasa lihat orang...kata orang yg tempat saya beli,kalo indoor harus pake lampu kalo outdoor baru gak usah katanya, jadi saya pakai lampu uvb dok :(
      abisnya kalau diluar jarang liat orang jadi mangap and nyabet terus, semenjak didalem jadi agak tenang ( nyabet tapi gak mangap )
      tolong pencerahannya dok baiknya gmn yaa?? thks

      Delete
    3. hhmm, kalau emang lampunya gak terlalu panas sebenernya gak masalah... jangan sampe kepanasan ya mas....

      sering2 ajak main aja, biar dia kenal sama mas. biar berkurang nyabetnya... :)

      kabari saya mengenai fesesnya. dan maaf karena baru balas. :)

      Delete
    4. tadinya fesesnya agak banyak dok normal sih..tp skrg fesesnya sedikit, itu jg yg warna hitam aja gak ada putihnya..yg banyak air yg dari fesesnya itu dok udah 2 hari begitu...apa mungkin lg gak sehat ya dok? makannya jg jadi gak banyak gak kaya sebelumnya :( tp kalo saya handle masih aktif and ngacir

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. sebelumnya maaf karena baru balas. udah ada perbaikan sih kalau dari fesesnya.

      makannya masih mau? perbaiki asupan makanannya. dan kebersihan pakannya...

      kabari lagi ya mas..

      Delete
    7. maaf dok baru balas..makannya sudah normal dok tp kalau saya kasih sayur dan pepaya dia lebih pilih pepaya, yg sayuran pasti didiemin...akhirnya saya kasih sawi doang gak ada pepayanya baru deh dia terpaksa makan haha...yg saya denger2 katanya jgn terlalu sering kasih buah ya dok?? mohon koreksinya ya bu dokter..trmksh :D

      Delete
  50. Malam dok saya mau nnya saya punya iggy sekitar 5 bulan panjang kepala-ekor 60cm-+ apakah normal jika dia hnya makan waktu pagi saja?sementara sore saya handfeed pun gamau dan kalau menjelang malam sekitar jam 6 dia selalu tidur kadang dia tidur d batang phon kadang d bawah, terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu pagi, makannya banyak nggak? mas kasih makan apa?
      nggak masalah sih kalau banyak.

      fesesnya gimana mas? mencret nggak? kabari lagi ya. maaf karena baru balas.

      Delete
  51. Makannya sedikit dok soalnya kalau sore pulang kerja saya cek makanannya masih bnyak cuma sdikit yg dimakannya tpi klo sore d handfeed mau, feses normal dok . terus yg mau saya tnyain ini pencahayaan lampunya harus 24 jam non stop atau dari pagi sampe sore ikutin sinar matahari? Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. lampunya sepanas apa? jangan deket2 mas, takutnya igginya dehidrasi.
      fesesnya gimana? mencret nggak? gak ada makanan lain?

      Delete
  52. Oh iya saya kasih makan sawi dok

    ReplyDelete
  53. Dok, iggy saya masih baby kurleb 35cm.makan lancar, jemur pagi 15 menit rutin. Akhir akhir ini fesesnya agak menguning cairannya, itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanannya bersih gak?
      itu kayaknya karena makanan atau kondisi kandangnya yang kurang bersih, mas. coba cek kebersihan iggy dan kandangnya... :)

      Delete
    2. Makanan tiap kali di kasih di cuci kok dok..kandang juga bersih
      Apa karena makanannya monoton dok? Saya kasih kangkung+sawi

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. dia masih mau makan?
      hmm, bisa jadi sih. coba lebih bervariasi lagi. mungkin mas bisa kasih tauge.

      Delete
    5. Makan lahap dok.
      Oohh, tauge ya? yadeh nanti saya kombinasikan beberapa variasi sayur
      oke bu dokter, terima kasih atas sarannya..

      Delete
    6. Makan lahap dok.
      Oohh, tauge ya? yadeh nanti saya kombinasikan beberapa variasi sayur
      oke bu dokter, terima kasih atas sarannya..

      Delete
  54. https://postimg.org/image/6q3vsmbgn/fa382c52/

    Kenapa y dok kok di bawa nya agak mbengkak dikit?mungkin tahu akibat dari apa ini?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bagian yang mana ya mas yang membengkak? saya liat di fotonya normal2 aja... :)

      selama ini makannya apa? fesesnya gak mencret kan? kabari lagi

      Delete
    2. Kalo mencret ngga si. Cuma kadang makannya banyak kadang dikit. Di bagian ekor maaf dket pantat.hehehe..

      Delete
    3. oh iya, iya.
      kayaknya sih itu nggak masalah, mas. emang bentuknya gitu. :)

      Delete
  55. Dok, saya baru beli iguana sekitar 3bln yg lalu. Nah saya baru sadar ternyata ada benjolan di sebelah kiri perutnya. Apakah itu penyakit atau hanya kekekanyan setelah makan? tapi baru kerasa jika diraba dan sehabis dikasih makan (biasa saya suapin). terimkasih dok, ditunggu jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kayaknya sih karena kenyang itu mas.
      atau saya boleh minya gambarnya gak? upload aja dii postimage.org, terus linknya taro di sini...

      Delete
    2. ini dok, https://twitter.com/xLabbit/status/834102010865594368 gambarnya. benjolannya masih ada. dan juga di kakinya sperti ada nanah itu knp ya dok? dan bgmn cara obatinya? kemarin saya kay betadine saja tapi masih belum sembuh. terimkasih dok, ditunggu jawabanya

      Delete
    3. sebelumnya maaf karena baru balas.
      hmm, dia suka garuk2 kakinya itu?
      coba mas beli amoxicillin aja di apotik, terus satu tablet mas potong jadi 5 bagian sama besar, satu bagian mas tumbuk halus, kasih 1 sendok makan air mineral, aduk, lalu minumkan ke iguananya 2x sehari.

      makan rutin ya mas. jemur juga rutin.

      Delete
    4. oh ya. jaga kebersiha kandang dan iguananya.
      seminggu sekali bersihkan secara total kandangnya. dan jemur kandangnya.

      dia suka garuk2 punggungnya gitu?

      Delete
    5. ya kadang garuk2 punggung jg sih dok, apa itu jamur juga yg punggung? hhe iya dok kadang seminggu cuma jemur 2x aja karena pagi harus kuliah. ok dok nanti saya beli obatnya. oh iya soal benjolannya itu gmn ya? terimkasih dok masih sempet bales walau sibuk :D

      Delete
    6. iya, obat yang saya kasih tadi untuk ngobatin benjolan di kakinya.
      benjolan di kakinya suka dia garuk2in juga gak?

      kayaknya sih jamur itu mas, yang di atas punggungnya. coba sering2 mas mandiin pake air hangat + dettol cair (yang cairannya kayak teh). masukkin ke spray/semprotan yang buat mandiin burung, terus spray beberapa kali ke iguananya.... terutama bagian punggungnya...

      setelah itu bisa dijemur selama 5 hingga 10 menit, pagi2...

      Delete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Dok,iggy saya knp ya kok ekornya yg paling ujung mengering? Gmn cara obatinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur iggy-nya berapa mas?
      coba sering2 diolesin nutrimoist aja biar gak kering, dan pastikan kandangnya juga gak terlalu panas... sirkulasi udara di kandangnya bagus (gak pengap, gak terlalu tertutup)...

      Delete
  58. Dok cara penangan iguana yg kena bleder stone gmna ya bsa ilang gak ? Cara sembuhin selain cara bedah bisa gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bladder stone atau batu ginjal pada iguana sebenernya bisa dihilangkan kalau ukuran bladder stone-nya belum terlalu besar. caranya dengan perbaikan gizi, diantaranya dengan pembatasan asupan kalsium.
      emang agak susah sih, karena namanya hewan pasti butuh banyak kalsium untuk pertumbuhannya. kalau kurang malah bisa bikin penyakit lain....

      cara efektifnya, mau tidak mau kayaknya harus dengan cara operasi, mas.....

      Delete
    2. OK terimakasih sarannya dokter.

      Delete
    3. kabari lagi kalo ada apa2 ya mas.. :)

      Delete
  59. saya punya iguana umur 4bln suka tdr.tp mau mkn.kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret?
      kalau iya, coba mbak cek artikel saya, OBAT ALAMI KURA-KURA. Kasih obat air jahe yang resepnya saya tulis di sana. Ikutin langkah demi langkah pembuatan air jahenya... :)

      Delete
  60. saya punya iguana umur 4bln suka tdr.tp mau mkn.kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  61. Dok saya juga mau tanya ini..saya beli iguana sama orang..trus iguwna saya ga mau makan..kalo ga disuapin ga mau makan..2 hari saya lihat saya ngeliat ekor nya patah..sperti jya habis di siksa sama yg jual..saya kira pas lihat itu dia setres dok..trus ini udah 2 minggu tetep ga mau makan setiap hari saya suapin..coba dok saya minta pengarahan dan solusi nya..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaaaf banget karena baru balas :(
      mas cek fesesnya. tahinya. mencret nggak? kalau mencret, ada kemungkinan stress. coba karantina dulu. taro kandangnya di ruangan sepi suara.
      iya, kayaknya sih itu stress deh. coba mas baca artikel saya OBAT ALAMI UNTUK KURA-KURA, di sana ada resep antibiotik alami untuk kura-kura yang terbuat dari air jahe. baca baik2 dan praktekkan cara buatnya, minumkan ke iguananya...
      kabari lagi

      Delete
  62. Dok mau tanya,saya baru dapat iggy tapi makannya sedikit,padahal di ownernya makannya lahap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. karantina dulu. taruh kandangnya di ruangan sepi selama beberapa jam, 2 atau 3 jam.

      ruangan tempat memeliharanya jangan terlalu panas. :)

      samain makanannya dengan yang biasa diberikan sama ownernya yang lama. :)

      Delete
  63. dok pertanyaan saya kok gk di balas?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang mana ya mbak pertanyaannya? maaf banget kalo kelewat... :(

      bisa copas lagi pertanyaannya di sini?

      Delete
  64. saya baru beli iguana umur 4bln sukanya tidur trs dan tudak mau minum.paling byk makan kecambah,diberi makanan lain tidak terlalu banyak mkn.apa normal dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya/tahinya gimana? mencret?
      gak apa2, yang penting dia mau makan. mungkin emang di owner sebelumnya paling sering dikasih kecambah.

      selama fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat/

      Delete
  65. fesesnya ada cairan seperti lendir dok.apa normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirimin gambar fesesnya aj kemari bu? :)
      kalo nafsu makannya masih bagus, saya kira dia masih sehat...

      Delete
  66. Dok.iguana saya 3hr tidak BAB setelah pindah kota.tapi mkn tetap normal kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  67. Iguana saya sudah 2 hari ga mau makan dan sukanya tidur terus sampe badannya kurus , gimana cara mengatasi nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur iguananya berapa mbak?
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      kalau emang urgent, segera bawa ke dokter hewan aja...

      soalnya banyak kemungkinannya. saya takutnya sih crypto, tapi semoga aja nggak. coba aja baca artikel saya CARA MENGOBATI CRYPTO.

      Delete
  68. Pagi dok maaf mau nanya kmaren ekor iguana saya keluar cairan bening saya sangka urine bgtu pagi2 ekor nya langsing kering hitam itu knp pnyebabnya dokter dan ada tips untuk menghindari hal sprti itu lgi trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bagian mananya mas? kayak di bagian anusnya ya? bener?

      mas kasih dia makan daging atau serangga/jangkrik atau susu?

      karena biasanya kalau iguana dikasih makanan mengandung protein, ya biasanya gitu. keluar cairan dari anus/kemaluannya...

      coba cek dulu...

      Delete
  69. Ga bukan dri anus dari ujung lancip ekor kaya bocor stlah itu bgian ekor yg bcor ngelupas pagi hari ekor jdi kering dan putih tapi klo d oles lidah buaya normal.lgi bentuknya tpi klo keadaan kering ekor nya jdi hitam lgi saya dah keep iguana 3 tahun baru kejadian kaya gini mohoon bantuan nya dok mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas kasih makan apa?
      kalau saya tebak sih mungkin overprotein, mas. atapi kalau mas emang pengen yang lebih jelas lagi, saya sarankan bawa ke dokter hewan terdekat aja...

      Delete
  70. Dok igy saya tdur , saya pegang2 saya ganggu eh dia defend malah nyerang bru kali pertama dia nyerang owmerny pdhal keep dr baby
    Wajar atau gmn dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan stress?
      nafsu makannya gimana?

      mungkin juga karena dia kaget aja mas bangunin tiba-tiba...

      selama ini sering mas ajak main?

      Delete
  71. dok mau tanya.biasanya iggy saya yg umur 6bln suka diem aja tp hr ini jd nakal jln2 trs sampe jatuh dari meja.kira2 kenapa ya dok?wajar kah?fesesnya biasa aja gk mencret.thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannnya? :)
      masih sama, suka jalan2?

      saya kira kalau dia masih mau makan dan fesesnya normal (nggak mencret), saya kira dia sehat...

      Delete
  72. Dok mau Tanya saya baru beli iguana kira Kira ukuran 1 meter , pertama datang sih ok makan ga Ada masalah, tp karakter jumpy banget sampai sampai besi kandang di tabrak sampai rubing . Semenjak itu makan pun ga mau skrg kondisi lemes, udah berapa hari ga pup. Kira Kira ada solusi nya dok

    Terima kasih

    ReplyDelete
  73. Malam dok saya mau Tanya saya baru beli iggy ukuran 1 meter . Pertama datang iggy ga Ada masalah makan pun masih mau , tapi karakter nya sangat jumpy sampai sampai besi kandang di tabrak sampai rubing, setelah kejadian beberapa hari kemudian makan rada susah bahkan pup ga pernah kondisi sekerang lemah dok.

    Cara penangan nya gimana ya dok
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas gak karantina dulu? taro aja kandangnya ditempat sepi dulu. yang gak banyak suara. untuk makanan, taro aja di kandangnya....

      iguananya tangkapan liar ya mas?

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. Dok, saya kan punya iguana sudah keep selama 4 bln ini, permasalahan pertama yg saya hadapi adalah kaki belakang kalo jalan/lari di seret ternyata setelah sya cari info, kaki belakang kanan agak lumpuh meskipun respon masih ada, lalu saya bawa ke dokter dikasih vitamin b1 dan mineral trus sama ditreatment jemur dan obat, lalu sampai sekarang respon kaki kanan dah lumayan meskipun gak seperti semula. Lalu masalah lain yg saya hadapi adalah perutnya membesar, makannya banyak, pernah bab 3 hari sekali trus saya mandiin pake air anget trua dia bab di dlm air dok, tp warna bab nya ijo dan banyak, lalu perut kempes, lalu makan banyak lagi, lalu seminggu gak bab, saya mandikan dg air hangat lg tp tidak mempan, lalu saya berikan daun pepaya dan air pepaya, lalu bisa bab, lalu makan lagi, lalu perutnya gedhe lagi, nah itu kenapa ya dok kok bisa gtu ? Trus dok, kalo perut nya lagi kurus, ada benjolan di sekitar perut bagian kiri dekat kaki dok kalo di raba, nah itu tandanya apa ya dok ? Apakah penyakit bs ataukan feses padat atau apa ya dok ? Atau malah cacingan ? Soalnya pangkal ekor iggy saya itu kurus dok, egk gemuk gtu, trus semalam ketika iggy tidur, saya bangunkan untuk makan, saya suapin gtu, nah pas saya angkat iggy nya, (iggy masih tergolong baby mungkin, mungkin umur baby 7 bulan ) ada semacam lendir berwarna bening keluar dari anus nya. Nah itu kenapa ya dok ? Mohon pencerahannya dok, terimakasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      yang pasti, dia kurang kalsium dan kemungkinan ada infeksi bakteri di sistem pencernaanya... ada kemungkinan cacingan juga sih.... :(
      emang selama ini perawatnnya gimana mas? jarang mas jemur ya? mas kasih makan apa dia?

      Delete
    2. Jemur sih tiap pagi sudah jemur dok, tp kadang 2-3 hari bahkan 4 hari gak bisa jemur karna cuaca gak dukung, makanan sawi mangkok, bayam, kecambah, pisang, kadang kalo fesesnya agak kehijau2an atau gak hitam saya kasih makan daun pepaya. Gtu dok, mungkin cacingan kali ya dok, soalnya makan nya lancar. Aktif, tp pangkal ekor dan kaki belakang keliatan kurus, tp kdang perut nya besar, dan skarang kalo mau bab, mesti keluar lendir atau cairan kental bening baru keluar fesesnya, gtu dok, solusi nya gimana ya dok ? Trimakasih

      Delete
    3. kemungkinan cacingan sih ada aja, tapi saya rasa kecil kemungkinannya. selama fesesnya nggak mencret, saya kira dia aman alias gak cacingan...

      kalau emang mas ragu2, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas... :)

      Delete
  76. Siang dok....
    Iguana saya masih 3 bulan, tapi saya memberi dia sayuran dari lemari es.
    Jika seperti itu boleh atau tidak?

    ReplyDelete
  77. Siang dok....
    Iguana saya masih 3 bulan, tapi saya memberi dia sayuran dari lemari es.
    Jika seperti itu boleh atau tidak?

    ReplyDelete
  78. Dok gimana cara ngatasin iguana yang makanya dikit dan badanya kurus terus ngilangin jamur di badanya pakek apa? Dan fasesnya agak cair warnanya hitam putih?

    ReplyDelete
  79. Dok gimana cara ngatasin iguana yang makanya dikit dan badanya kurus terus ngilangin jamur di badanya pakek apa? Dan fasesnya agak cair warnanya hitam putih?

    ReplyDelete
  80. Saya baru beli iguana,tp dia makannya dikit dok, itu kenapa yah??

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih stress. coba karantina dulu di ruangan kosong/sepi.
      biar dia di situ dulu.

      umurnya berapa?

      bisa coba kasih makan pepaya matang yang dipotong kecil2 seukuran mulutnya juga mas...

      Delete
  81. jadi dok untuk penjemuran baby iggy itu sebaiknya berapa hari sekali dan berapa menit ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. baby iggy bisa dijemur seminggu 2x, jangan lama2, cukup 10 menit aja. waktunya sebelum jam 9 pagi.
      jam 8 oke.

      jangan lupa asupan kalsiumnya juga..

      Delete
  82. asupan kalsiumnya berupa apa dok? dari makanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas bisa kasih suplemen kalsium bubuk merk exoterra...
      bisa jemur juga

      Delete
    2. Dok mau tanya saya baru aja di kasih teman iguana usia nya mungkin baru 1 minggu lebih lah belum ada 2 minggu di rmh saya sudah 2 hari... Hari pertama makan nya saya blenderkan daun kangkung tp kelihatan nya gak mau makan terus hari ke 2 atau ini saya kasih buah naga kelihatan nya juga gak mau makan tempat saya kasih di aquarium alas saya kasih koran
      Minta solusinya ndong dok trimakasih

      Delete
    3. tanya sama temennya mas, biasa dikasih makan apa. kalau udah tau makanannya apa, taro aja di kandangnya, terus tinggal. jangan diliatin. :)

      atau mas bisa coba kasih toge. dikit aja. taro di kandangnya. terus tinggal. jangan diliatin.

      pastikan kandangnya gak terlalu panas...

      Delete
  83. Vitamin buat iggy apa yg dok pernah coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake pellet iguana aja mas.
      itu kandungan vitaminnya udah cukup kok. saya dulu pake GT Freek

      Delete
  84. Dok kalo ekor iguana kering di ujungbekor gimana cara mengatasinya biyar bisa sembuh seperti semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih minyak zaitun, mas.
      dan usahakan kandangnya jangan terlalu panas,,,

      Delete
  85. dok iguana saya baru selesai sheeding, tapi spike nya kok seperti mau lepas gitu, apakah wajar? trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarin aja. biar dia lepas sendiri.
      kalau ada lukanya, kasih betadine

      Delete
  86. Dok, Karakter iggy saya yg awal nya agresif & selalu nyerang kalo dideketin (efek birahi) stelah saya taroh ruangan knapa malah berbalik yah, jadi suka kabur kalo dideketin & warna nya juga malah jadi kusam kaya habis di jemur, minta saran nya biar gk kaburan & warnanya gk kusam lg dan minta tips nya buat free room hal apa aja yg harus di perhatikan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama mas pelihara? kayaknya sih dia kaburan karena emang belum terlalu mengenal masnya. jadi, lebih sering lagi diajak main....

      kalau soal warnanya kusam, banyak sebab sih mas. stress adalah salahsatunya. tapi kalau iguana stress biasanya gak mau makan. nafsu makan iguana mas gimana?

      oh ya, mas pelihara dia sejak dia umur berapa? udah dewasa?

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.