Menjinakkan Iguana | Drh. Fira Sovica

Cara

menjinakkan iguana

sangat mudah dilakukan. Iguana adalah sejenis kadal herbivora atau pemakan tumbuhan yang umum dipelihara oleh pecinta reptil. Kadal mirip dinosaurus ini sangat gampang dipelihara meski ada batasan-batasan tertentu dalam memelihara iguana. Merawat iguana dapat dibaca di artikel cara merawat iguana.
Menjinakkan Iguana
Image taken from http://id.wikipedia.org/
Kembali ke cara menjinakkan iguana. Iguana yang galak biasanya akan memecutkan ekornya saat akan dipegang. Tak jarang pula iguana yang galak akan menggigit. Hal umum yang biasa terjadi pada iguana yang belum jinak adalah kabur saat akan dipegang. Jika iguana peliharaan anda demikian adanya, maka diperlukan langkah menjinakkan iguana. Tips menjinakkan iguana bisa anda coba dengan cara-cara berikut:
  1. Hilangkan rasa takut, ubah pandangan anda terhadap iguana.
  2. Niatkan bahwa anda akan memelihara iguana peliharaan anda dengan baik. Sering saya katakan, berkali-kali saya tulis, reptil adalah makhluk tuhan yang sangat luar biasa. Meski memiliki bagian tubuh yang sangat sederhana seperti ular, sebenarnya bangsa reptil dianugerahi ketajaman insting. Mereka bisa membaca pikiran kita lewat sentuhan kulit, sama halnya seperti kuda akan mudah membaca pikiran penunggangnya hanya lewat sentuhan tangan. Hewan adalah kerabat kita yang paling dekat. Bedanya, kita memiliki akal, sedangkan mereka tidak. Menanamkan rasa sayang kepada iguana peliharaan kita adalah hal pertama dalam menjinakkan iguana. Hal ini sangat penting karena iguana akan 'membaca pikiran' kita saat kita menyentuhkan. Jika anda takut kepada iguana anda, maka dia akan galak. Jika anda berani, dia akan mencoba menekan anda. Dan jika anda sayang kepadanya, maka dia akan membalasnya pula dengan kesetiaan. Agak kurang dipahami secara logika, memang. Tapi saya selalu percaya terhadap hal ini. Maka dari itulah saya tidak pernah gagal dalam menjinakkan hewan.
  3. Hal kedua dalam menjinakkan iguana adalah sering-sering berinteraksi.
  4. Sering mengangkat iguana anda dan menempatkan dalam telapak tangan. Mengelus badannya. Membiarkan dia 'membaca' anda. Lakukan poin kedua dari cara menjinakkan iguana di atas selama 15 hingga 20 menit setiap hari.
  5. Beri makan dengan tangan.
  6. Aroma tangan anda yang tertinggal dalam makanan iguana akan membuat dia percaya pada anda. Hal ini akan mempercepat proses penjinakkan iguana.
  7. Terakhir, yakinilah bahwa sebuas apapun hewan pasti bisa dijinakkan.
  8. Tidak peduli sebuas apapun iguana anda, dia akan selalu bisa dijinakkan. Kesabaran dan ketelatenan adalah kunci utama keberhasilan menjinakkan iguana. Jangan putus asa, itu intinya.
Demikian adalah

tips menjinakkan iguana

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri. Artikel ini diharapkan bisa membantu anda dalam memelihara iguana dengan baik. Terima kasih. (FS)

74 Responses to "Menjinakkan Iguana"

  1. Malem Dok. Saya mau tanya, saya punya iguana panjang sekitar 40 cm, sekarang dia lagi ganti kulit tapi kok cuma kaki belakangnya aja ya dok? apa itu masih normal? dan apa ada obat atau cara biar proses ganti kulitnya bisa cepat? soalnya kasian dok lemes gitu. Terimakasih Dok, dan mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya pernah gagal ganti kulit?
      mas bisa merendam bagian kaki yang mengalami gagal ganti kulit dengan air hangat (jangan terlalu panas). tujuannya agar kulit mati yang masih menempel bisa terlepas. diamkan dalam beberapa menit direndam, kemudian lepaskan perlahan-lahan kulit yang masih menempel di kakinya dengan tangan tau menggunakan pinset jika kulit tidak lepas sendiri....

      semoga membantu

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Saya barusan adopt dok, selang 1 bulan kemarin jadi ngga tau apa pernah ganti kulit atau belum. Oh ya Terimakasih sarannya

    ReplyDelete
  4. Dok,,sy ingin memelihara iguana tp tdk tau hrs dapatkan dimana dgn fisik yg sehat dan jinak...tlng infonya dok,,trimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya penjual hewan terpercaya

      Delete
  5. Dok iguana saya ada bintik'' hitam di tubuhnya . Solusinya gimana ya biar bsa ilang . Saya baru adop .

    ReplyDelete
  6. https://postimg.org/image/iwjtmekgv/
    Punya saya ini jenis apa ya dok? Makannya uda mendingan cuma sukanya kabur keluar rumah. Memang begitu y dok?free room padahal di rumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya lihat sekilas sih kayak jenis green iguana, mas. apalagi sifatnya yang suka kabur. :)
      fesesnya gimana? gak mencret kan? :)
      maaf karena baru balas...

      Delete
  7. https://postimg.org/image/iwjtmekgv/
    Punya saya ini jenis apa ya dok? Makannya uda mendingan cuma sukanya kabur keluar rumah. Memang begitu y dok?free room padahal di rumah

    ReplyDelete
  8. Maaf juga baru balas. Fesesnya normal kok dok. Tapi kadang kalo ama jaket nggigit mau nya dipegang tangan tanpa sarung. Cakarnya yang g nguatin hahaha

    ReplyDelete
  9. Maaf juga baru balas. Fesesnya normal kok dok. Tapi kadang kalo ama jaket nggigit mau nya dipegang tangan tanpa sarung. Cakarnya yang g nguatin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau fesesnya masih normal, saya kira dia masih sehat.
      green iguana emang sifatnya gitu...

      Delete
  10. Itu green iguana elsavador apa colombia dok?btw umur brapa ya agar dapat bebas di rumah tanpa keluar dan pup jalan sndiri ke kamar mandi?soalnya slama ini saya yg bawa ke kamar mandi untuk pup in nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu pembiasaan dan bonding agar iguanya bisa freeroom sekaligus potty training, mas. udah berapa lama dilatih?
      maaf karena baru balas.

      setau saya sih green iguana itu elsalvador ya mas. CMIIW... :)

      Delete
  11. Itu green iguana elsavador apa colombia dok?btw umur brapa ya agar dapat bebas di rumah tanpa keluar dan pup jalan sndiri ke kamar mandi?soalnya slama ini saya yg bawa ke kamar mandi untuk pup in nya

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. oh, lanjut aja kalo gitu.
      sering2 diajak main, karena iguana bisa tau pikiran kita lewat sentuhan kulit kita. :)

      fesesnya gak mencret kan?

      Delete
  13. Dok,menjinakan iguana itu memerlukan waktu brp hari supaya jinak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung karakter iguananya, mas.
      sama aja kayak manusia, ada iguana yang emang keras kepala, ada juga yang nggak (kalem). yang keras kepala lebih susah dijinakkan...

      kalau mau aman, pilih iguana yang anakan... iguana anakan lebih mudah dijinakkan kok.. :)

      Delete
    2. oh ya, mas nanya berapa hari ya?
      segalak galaknya iguana, biasanya mulai jinak setelah 3 bulan manning. itu sepengalaman saya aja loh ya. saya gak tahu di luar sana gimana, tapi pengalaman saya sih segitu... mungkin di luar sana ada yang lebih cepet... :)

      Delete
    3. Iggy saya umur 3 bulan an
      Karakter lincah
      Kira" bisa jinak ga ya dok

      Delete
    4. dulu saya punya kenalan. dia dapet iguana umur setahun. awalnya galak banget. tapi akhirnya bisa jinak...

      nah iguananya dia yang umurnya setahun aja bisa jinak, apalagi yang 'cuma' 3 bulan? :)

      sering2 dielus, kasih makan disuapin pake tangan... :)

      Delete
  14. Dok, saya baru adopt Iguana ukuran 35cm, saya mau nanya, kalo Iguana ganti kulit ciri" nya apa ya.? dan apa yang harus saya lakukan selama proses pergantian kulitnya.? terima kasih

    ReplyDelete
  15. Dok saya punya iguana merah anakan 40cm+ kok sifat nya keras kepala ya?iguananya juga baru-baru ini galaknya tadinya pas ditokonya jinak cuman ngak mau diam aja,tolong jawab dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya juga sama ya? keras kepala juga? hehehe....bener?
      kadang gitu sih...
      karantina aja dulu mas
      kurang interaksi aja kayaknya sama masnya. coba aja ajak main. makannya gimana?

      Delete
  16. dok iguana saya umur 5bln tidak mau minum sama sekali sejak saya beli.apa normal dok?tp pipis sering.dan barusan saya potong kuku ujung tajamnya gpp kan dok?thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. makannya gimana? mas kasih makan apa?
      dan fesesnya, apakah mencret atau normal?

      kalau dia makannya masih mau makan, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat.... mungkin makanannya banyak mengandung air, jadinya dia gak minum. gak apa2, kok... :)

      maaf karena baru balas, mbak. kabari lagi

      Delete
  17. Dok sy mau tanya..., bgmna cara membiasakan toilet training...?

    ReplyDelete
  18. Dok antisipasi Kita ga kena Titus saat memelihara iguana itu gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. titus apaan mas?
      setau saya, penyakit reptil nggak ada yang namanya titus... cmiiw...

      Delete
  19. Replies
    1. nggak ada fotonya, mas?
      upload fotonya, terus link yang muncul setelah upload, di copy-paste di komen.. :)

      Delete
  20. Dok,saya punya iguana dari kecil kalo gasalah masih umur 4 bulanan terus saya tarok di taman belakang rumah saya setelah 5 tahun dia kenapa jadi liar gitu ya dok,setiap saya ambil dia mau sabet pake ekor nya terus lari itu kira2 gimanaa yaa dok jinakkin nyaa? makasih dokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama pelihara, jarang mas ajak main ya?
      minimal ajak main 10 menit sehari, meski cuma dielus-elus dan ajak ngobrol. selama ini cuma mas kasih makan aja ya?

      Delete
    2. iyaa dokk cuman saya kasih makan terus saya jarang ajak main. terus dok masalah makannya dia kayak malu gitu dok gamau makan kalo saya liatin jadi dia saya kasih tempat makan kayak piring gitu terus dia makan disitu

      Delete
    3. nggak apa2. sementara mas kasih makan aja dengan cara ditaro di deket dia.

      buat perkenalan lagi, coba ajak interaksi. mungkin elus2 aja.

      masnya merokok? kalau masnya nggak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas di kandangnya. dijembrengin di atas kandangnya, diampar gitu. biar dia kenal bau tubuh mas.

      inget, itu juga kalau masnya gak merokok. kalau masnya merokok, cukupe elus aja tiap kali mau kasih makan

      Delete
    4. Sekarang udah mau dieluss dokk tapi terkadang masih sering nyabett buntut nyaa hehe.

      Delete
  21. Iguana klo kepanasan gimna ya dok..

    ReplyDelete
  22. dok sy pny baby iguana, akhir desember taun lalu beli yg umur 1 bulan. awal2 mau dikasih makan pakai tangan dan kalo dielus2 diem aja. tpi mungkin karena sering sy tinggal ngampus sekarang kalo mau sy pegang lari sambil nyabet2 ekornya. senin-selasa kemarin pas sy tangkep mulutnya mangap2 kyk mau nggigit gitu dok. tpi setelah itu pas saya elus2 dia tenang aja dan malah merem. cuma rabu-kamis kemarin dia kalo lihat saya langsung masuk ke gua gk mau keluar. jadinya sy diemin aja gak sempet sy elus2 lagi. sampe jumat pagi ini dia masih di dalam gua dok. dia jadi kayak takut sama saya gtu. mau keluarnya kalo sy pergi aja. solusinua gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetep usahakan kontak fisik dengan cara elus2.. dan rutin. sesibuk apapun kita, sempatin minimal 5 menit buat elus dia, dan kasih makan dia pake tangan... jangan sampe gak ada kontak fisik samasekali, biar dia kenal sama kita... :)

      maaf baru balas, saya baru datang dari luar kota kemaren ini...

      Delete
  23. terima kasih dok sudah balas komen saya meski dokter sibuk. sy mau tanya lagi dok, sy bingung tiap kali mau dipegang si iggy malah lari2 terus dok. jadi saya bingung mau elus2nya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah yang minta maaf karena sering sibuk. kalau sabtu minggu emang saya gak buka blog. jadi agak lama kalo sabtu minggu... :D

      elus2 di dalam kandang aja. jangan sambil diangkat. jadi sambil dia di dalam kandang, elus aja. :)
      jangan lupa kasih makan pake tangan...

      Delete
  24. Dok saya punya iguana masih baby kira kira 40 cm ukurannya,, saya mau tanya kenapa klo di kandang lebih agresif dan masih liar,, apa karena takut atau belum terbiasa,, tapi klo di pegang berusaha untuk lari,, apa yang perlu saya lakukan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kasih makan pakai tangan. disodorin satu2 makanannya ke mulutnya.
      masnya merokok? kalau masnya gak merokok, coba tutup kandangnya pake kaos bekas pakai mas yang belum dicuci dan masih bau keringet... biar dia kenal sama bau tubuh mas..

      itu cuma kalo mas gak merokok. kalau mas merokok, jangan. malah bahaya. residu rokok dari baju bisa kecium ama dia,,,

      Delete
  25. halo dok..terima kasih atas sran2nya :D sekarang alhamdulilah si iggy udah gak lari waktu liat tangan saya masuk kandang, meski keliatannya dia masih sedikit was-was. kalo dielus-elus udah anteng meski masih di dalam kandang elus-elusnya, saya belum berani angkat dia dari kandang, takut kabur. cuma kalo dikasih makan pakai tangannya belum mau, padahal uda tiap hari saya coba. pernah sekali dia mau makan dri tangan saya tapi cuma 1 gigitan aja dan itu juga tangan saya sampai pegel karena kelamaan nyodorin di kandang habis si iggy gak gerak2 cuma lihatin tangan saya wkwk. semoga si iggy cepet nurut sama saya. sukses selalu dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2. emang kadang reptil kayak gitu. pasif. tapi nanti sekalinya udah kenal, dia bakalan setia terus sama kita....

      reptil bisa baca pikiran kita lewat sentuhan tangan. elus2 aja pelan2, biar dia bisa baca pikiran kita. dan dengan begitu, dia tahu kita beneran sayang sama dia, gak ada maksud buat menyakiti. biasanya, lebih gampang jinak kalau kayak gitu. jadi usahakan ada kontak antara tangan kita ke dia, meski cuma sebentar... lakukan terus menerus... :D

      feses gimana mbak?

      buat suplemennya, udah ada artikel mengenai suplemen kesehatan reptil. judul artikelnya: cara agar reptil tetap sehat

      Delete
    2. fesesnya alhamdulilah normal dok, item padat sama ada putih2nya gitu. si iggy juga jumpy banget kalau mau dipegang jdi saya anggap sehat2 aja hehe. dok saya nemuin artikel ini. saya mau ikutin perawatan yg ada di dalamnya. tapi beneran aman gak buat iggy saya? terutama sayur2nya dan yg iggy direndem pakai air sirih itu katanya bisa menghilangkan jamur? https://m.facebook.com/notes/lizard-keepers-indonesia-like/catatan-mengenai-makanan-iguana-dan-lampu-reptil/650218531726593/

      Delete
  26. dok saya punya red iguana Male umur sekitar 3 bulanan dengan panjang +- 40cm. saya manning baru 1 minggu lebih tapi masih suka kabur kaburan. kira kira butuh berapa lama sampai fase dia bisa kalem dan freeroom?
    lalu makanan apa yang cocok untuk iguana baby karna untuk makanan keras seperti wortel atau kol tidak mau dimakan jd hanya makan kangkung.

    dan apakah harus di belikan pasanganya juga agar tidak stres?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan mikirin kapan dia jinak dan kalem, mas. karena dia pasti tahu kalau mas mikirin itu. reptil kayak iguana dan ular bisa tahu pikiran kita lewat sentuhan tangan...

      yang penting, jangan menghendaki dia seperti yang kita mau. pelihara aja sebaik mungkin. nanti dia akan kalem dan jinak sendiri. percaya sama saya. :)

      soal iguana baby, bisa kasih tauge dan kangkung.

      nggak perlu, mas. iguana hewan penyendiri kok. mereka cuma gabung ke pasangannya pas mau kawin

      Delete
  27. terimakasih dok atas jawabanya. nanti kalau ada apa apa saya boleh bertanya lagi ya dok. hehe

    ReplyDelete
  28. dok apakah ada aarti dari perubahan warna pada iguana?
    karna warna iguana saya kadang merah cerah kadang agak menghitam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan stress, mas.
      cek, apakah nafsu makannya bagus? atau apakah ada perubahan dari fesesnya, misalnya jadi mencret?

      Delete
  29. karna kemarin saya beli jantan yg agak besar lalu karna kandang nya belum jadi saya gabung dengan yg kecil, eh yg kecil berubah menjadi hitam sekarang. baik terimakash dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, kayaknya karena disatuin itu mas. makanya yang kecil stress. mending pisah.

      Delete
  30. dok gimana ya mengatasai iguana mogok makan? sudah sampe kurus :(

    dan apakah baik jika pindah kandang lalu iguananya menjadi hitam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret?
      coba mas cek artikel saya, obat alami untuk kura-kura. di sana ada cara buat air jahe untuk kura-kura. kasih air jahe itu ke iguananya...

      opsi lain, mas bisa kasih air kelapa muda.

      opsi lain lagi, silakan mas beli obat yang saya tulis review-nya di artikel cara agar reptile tetap sehat

      Delete
  31. terimakasih banyak dok. sayacoba dulu

    ReplyDelete
  32. Dok cara menyembuhkan bengkak di jari seperti ini bagaimana ya dok ?

    ReplyDelete
  33. Cara menyembuhkan bengkak pada kaki iguana bagaimana dok ? Sepertinya bekas gagal ganti kulit

    ReplyDelete
    Replies
    1. bengkaknya kayak gimana mas? kalau ditekan sedikit, agak terasa keras? atau lunak? ada nanahnya?
      kalau ada nanahnya, mending tusuk aja pake jarum yang sudah direndam di air hangat. terus abis itu dikeluarkan nanahnya, dan dikasih betadine pake kapas, ditotol2 aja...

      Delete
  34. Bengkaknya agak keras pas di tekan iguananya kesakitan dok trs tidak mengeluarkan nanah

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih karena saya gak liat iguananya...

      sekarang gimana mas?

      maaf karena baru balas. saya abis sakit.

      Delete
  35. Http://i.imgur.com/inLX98F.jpg

    Ini dok gambarnya

    ReplyDelete
  36. Replies
    1. saya hanya menerima konsultasi via blog ini sama menu chat di blog ini aja mas... :(

      menu chat aktif saat saya lagi online...

      Delete
  37. Dok, gmn ya cara mengatasi baby iguana yg kurus pilek n agak lemes agar bs sembuh n gendut?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.