Mengobati Salmonella Pada Reptil | Drh. Fira Sovica

Semua jenis reptil seperti gecko, iguana, ular, bearded dragon, dan lain sebagainya bisa terkena salmonella. Penyakit salmonella pada reptil sekilas memang mirip cryptosporidiosis pada gecko yang tempo hari saya tulis artikelnya. Artikel kali ini akan mengupas

mengobati salmonella pada reptil

. Nah, bagi anda yang baru nimbrung di blog ini, anda bisa reverse ke artikel cara mengobati penyakit kripto pada gecko terlebih dahulu.
Mengobati Salmonella Pada Reptil
Iguana, salahsatu reptil yang bisa terkena salmonella.
Image taken from http://en.wikipedia.org/
  • Pengertian Salmonella
  • Untuk mengobati salmonella pada reptil hendaknya kita tahu apa itu salmonella. Sebenarnya, salmonella adalah sejenis bakteri yang kerap mengganggu sistem pencernaan dan kesehatan hewan dan manusia. Salmonella umumnya mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan mencret pada reptil.
  • Ciri Reptil Yang Kena Salmonella
  • Reptil yang kena salmonella umumnya memiliki ciri sering muntah, feses berbentuk cair dan berbau menyengat, dan diare. Pada kondisi parah, reptil yang kena virus salmonella akan mogok makan. reptil yang mogok makan karena salmonella disebabkan dengan banyaknya virus salmonella dalam sistem pencernaannya. Akumulasi dari semua tanda dan ciri salmonella di atas akan membuat bobot badan reptil menurun secara drastis.
  • Cara Menghindari Penyakit Salmonella
  • Virus salmonella bisa menular ke dalam tubuh anda. Namun jangan khawatir. Cara termudah untuk menghindari salmonella pada reptil adalah dengan sering mencuci tangan setelah memegang reptil. Selain mencegah penyebaran virus salmonella ke sesama reptil, mencuci tangan setelah memegang reptil juga bisa mencegah virus salmonella masuk ke dalam tubuh anda. Jauhkan peliharaan anda dari jangkauan anak-anak juga bisa menghindari terjangkitnya anak anda dari tertular virus salmonella.
  • Cara Mengobati Salmonella Pada Reptil
  • Mengobati reptil yang kena salmonella bisa menggunakan antibiotik khusus reptil yang antitesis terhadap virus salmonella. Saya menyarankan agar anda menghubungi dokter hewan terdekat agar bisa mendapatkan dosis yang sesuai dengan tingkat keparahan penyakit akibat virus salmonella pada reptil anda.
Demikian adalah artikel singkat mengenai

merawat reptil yang kena salmonella

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda dalam mengobati reptil yang kena salmonella. Saran dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. (FS)

13 Responses to "Mengobati Salmonella Pada Reptil"

  1. Assalamualaikum wr wb...

    Saya mau nanyak apa setiap iguana didalam tubuhnya terdapat bakteri salmonella?
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mas. tapi jika masih dalam jumlah kecil, salmonella bisa dikatakan tidak membahayakan. hanya jika bakteri salmonella jumlahnya berlebih, maka ia akan mengganggu sistem pencernaan.
      sering2 membersihkan kandang iguana dan reptil bisa menghambat meningkatnya bakteri salmonella dalam tubuh reptil... :)

      Delete
    2. Apakah dengan mencampur kombantrin cair pada makanan juga bisa menjadi solusi dok?

      Delete
    3. kayaknya kalau combantrine lebih ke obat-obatan manusia mas. saya gak bisa jamin keamanannya. toh kalau memang mau dikasih, jangan dicampur ke makanannya... kasih aja pakai cotton bud yang dibasahi....

      Delete
  2. Dok mau tanya ttg salmonela, savmon saya kalau pup selalu encer dan bau, dan nafsu makan sudah turun, mnurut artikel yg dokter tulis harus dibawa ke dokter hewan utk mndapatkan antibiotik..kemudian saya baca artikel lain ada bbrp obat sperti Bactrim atau flagyl yg dapat mengobati masalah bakteri sal.pencernaan... kira2 bgmn dok, jika obat itu bisa didapatkan diapotek akan lbh hemat tdk perlu ke jasa drh..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya sarankan, mending ke dokter hewan aja. karena kalau masnya kasih obat yang tadi pun, saya kurang yakin bisa sembuh. karena bisa jadi itu bukan salmonella. kalo dibawa ke dokter kan lebih tepat diagnosanya apa. :)

      Delete
    2. iya juga ya, btw boleh tau ga dok kira2 harga obat nya brp utk obat yg biasa dikasih utk pengobatan sperti ini..trmkasih

      Delete
    3. tergantung keparahannya biasanya. kalau emang bener salmonella, paling dikasih antibiotik sama penambah daya tahan tubuh. yah, kisaran 300an. kira2 segitu biayanya... :)

      Delete
  3. saya mau tanya di bagian pantat / pembuangan kotoran iguana saya klluar sperti daging menonjol itu apa ya ... mohon infonya , trus cara penanganannya bagaimana !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayak ambeien gitu mas? bener?
      selama ini dikasih makan apa?
      coba kasih makanan buah2an aja, kayak pepaya matang. potong2 kecil2. jangan dikasih makanan apapun selain pepaya.

      kalau emang udah parah, mending bawa ke dokter hewan aja

      Delete
  4. Permisi dok, saya punya baby salva WC ±30cm, udah sekitar 1bulanan di saya, waktu di handle dia anteng, tapi kenapa pas dilepas dibawah dia ngacir terus dok,bagaimana cara agar salva saya kalem pas di free room dok? Apakah masih bisa dijinakkan? Mohon pencerahannya dok, terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sering ajak main aja mas biar dia kenal sama mas... :)
      maksudnya sering ajak main, sering mas elus, dll... :)

      Delete
    2. Oh gitu ya dok, terimakasih atas jwabannya.. 😁
      Btw dokter cantik 😄
      Heheehehe...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.