Penyakit Kripto Pada Gecko | Drh. Fira Sovica

Cryptosporidiosis adalah salahsatu penyakit pada gecko. Cryptosporidiosis, biasa disebut penyakit kripto, adalah momok mengerikan bagi setiap orang yang memelihara gecko.
Penyakit Kripto Pada Gecko
Image taken from azeah.com
Banyak breeder gecko yang mengatakan bahwa kripto tidak bisa disembuhkan. Hal tersebut tidak selamanya benar. Saya pernah menangani kasus penyakit kripto pada gecko, dan alhamdulillah, gecko tersebut berhasil sehat kembali seperti sediakala. Selain menyerang gecko, cryptosporidiosis juga menyerang jenis kadal lain seperti savannah monitor, bearded dragon atau kadal berjenggot, dan lain sebagainya.
  • Penyebab Cryptosporidiosis Pada Gecko
  • Penyakit kripto pada kadal disebabkan oleh parasit bersel satu yang disebut crystosporidium varanii atau yang biasa disebut cryptosporidium saurophilum. Parasit ini bercokol di sistem pencernaan gecko, mengambil semua asupan makanan gecko, dan membuat gecko kehilangan berat badannya secara cepat.
  • Ciri Gecko Yang Kena Penyakit Kripto
  • Penyakit kripto biasanya menimbulkan gejala pada gecko dan kadal antara lain ekor dan badan gecko kurus, badan lemah, sering muntah, berat badan gecko menurun secara drastis, kulit gecko terlihat menggelambir, dan warna gecko terlihat pucat. Tanda gecko yang kena kripto diatas tidak selalu semuanya muncul pada gecko yang kena kripto. Cukup dua atau tiga tanda gecko yang kena kripto di atas, terutama jika gecko sering muntah, badan lemah, dan berat badan gecko menurun secara drastis, cukup untuk mengatakan bahwa gecko tersebut positif kena bakteri paresis cryptosporidiosis. Namun, tentu saja, membawa gecko yang yang terindikasi kena kripto ke dokter hewan yang biasa menangani reptil lebih menjamin diagnosa terhadap penyakit kripto.
  • Cara Mengobati Cryptosporidiosis

  • Seperti saya tegaskan di intro artikel tadi, penyakit kripto pada gecko masih bisa disembuhkan. Ya, masih bisa disembuhkan. Yang harus anda tekankan adalah bahwa kripto juga kerap kambuh lagi. Jadi, ada baiknya jika gecko anda memiliki riwayat penyakit cryptosporidiosis, maka anda harus siap jika suatu waktu penyakit kripto pada gecko muncul kembali. Cara mengobati kripto pada gecko adalah dengan memberikan antibiotik tertentu seperti paromomycin dan antibiotik sejenis yang bisa menekan jumlah crystosporidium di dalam saluran cerna gecko. Meski tidak akan sepenuhnya menyembuhkan, namun antibiotik diatas setidaknya bisa membantu gecko untuk terus bertahan dari penyakitnya. Berikan paromomycin selama beberapa minggu sambil terus diobservasi. Makanan khusus gecko yang kena bakteri crystosporidium disebut slurry, yaitu jus berbahan dasar jangkrik, ulat hongkong, oatmeal, madu, dan wortel. Blender bahan-bahan untuk membuat slurry di atas dengan ditambahkan sedikit air mineral hingga berbentuk krim, dan berikan slurry secara rutin sebagai makanan utama gecko yang kena kripto. Slurry berguna untuk membantu paromomycin untuk menekan bakteri cryptosporidiosis di sistem pencernaan gecko.
Demikian adalah bahasan mengenai

penyakit cryptosporidiosis pada kadal

dan gecko. Semoga artikel mengenai penyakit kripto diatas bisa menjadi acuan bagi anda para gecko lover. Konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

4 Responses to "Penyakit Kripto Pada Gecko"

  1. Trima kasih infonya Drh.Fira.. saya ingin bertanya dimana dokter yg bisa menangani reptil? Krn leopard gecko saya mengurus sudah 1 bulan dan spt nya terken penyakit crypto. Saya bingung apakah lgsg dikasih obat sesuai saran dokter atau perlu konsul ke dokter hewan. Mohon bantuannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Saya di jakarta utara. Mohon info dokter hewan yg bs menangani reptil di daerah Jkt utara dan sekitarnya

      Delete
    2. mungkin mbak aryani bisa gabung ke grup pecinta reptil jakarta, mereka bisa kasih info biasanya dokter hewan mana yang jadi rujukan....

      seberapa parah emang, mbak?

      Delete
  2. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.