Jagung Sebagai Makanan Musang | Drh. Fira Sovica

Jagung sebagai makanan musang

sebenarnya merupakan hal baru. Setelah artikel daging bekicot sebagai makanan musang saya tulis, banyak responden yang bertanya kepada saya tentang makanan alternatif lain untuk musang. Dari situ, akhirnya saya membuat penelitian lebih lanjut mengenai jenis makanan musang yang lain. Dan project penelitian ini saya mulai dari jenis protein nabati, yaitu jagung. Bagi anda yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai bekicot sebagai makanan musang, anda bisa membaca cara mengolah bekicot sebagai makanan musang.
Jagung Sebagai Makanan Musang
Image taken from en.wikipedia.org
Untuk mengetahui makanan musang berdasarkan usia musang, anda bisa membaca artikel jenis makanan untuk musang. Namun saya tekankan, jagung sebagai makanan musang hanya bisa digunakan untuk musang omnivora, musang pemakan segalanya seperti musang pandan dan musang bulan. Musang karnivora atau musang pemakan daging seperti musang biul atau musang rase sebaiknya tetap diberikan daging.
Nah, kembali ke cara memberikan jagung manis sebagai makanan musang. Jagung manis bisa digunakan sebagai alternatif makanan untuk musang karena memiliki kandungan serat yang cukup baik serta kemudahan musang dalam mencerna jagung rebus. Saya lebih menyarankan protein nabati yang dikandung jagung manis daripada protein hewani dari ceker ayam dan kepala ayam rebus juga protein hewani dari daging bekicot.
Cara memberikan jagung rebus sebagai asupan protein nabati untuk musang antara lain dengan cara berikut:
  • Bersihkan jagung manis dari daun penutup dan rambutnya.
  • Serut jagung manis dari bonggolnya dengan menggunakan pisau. Kumpulkan dalam suatu wadah.
  • Kukus jagung rebus dalam penanak nasi selama 10 hingga 15 menit hingga jagung lunak. Angkat, kemudian tiriskan hingga dingin.
  • Berikan jagung yang sudah dikukus kepada musang peliharaan anda. Jagung yang sudah dikukus dan diberikan diatas hanya bisa digunakan dalam sekali pemberian.
Demikian cara mengolah

jagung sebagai makanan musang

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam memelihara musang. Saran, komentar, dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

15 Responses to "Jagung Sebagai Makanan Musang"

  1. dok,musang saya umurnya 1 bulanan,biasanya sih klo bangu saya kasih susu n makanan habis itu dia tidur lagi ,,trus pagi ini dia ga mau tidur lag,dia cuma gigit2 kain alas tidurnya,,kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. itu wajar kok. umur segitu memang lagi masanya eksplor. jadi dia suka gigit2 gitu... :)

      sama sebenarnya dengan bayi manusia mas... :)

      Delete
  2. dok knapa muspan betina sya usianya 4 bln klau tdr bdanya slalu bergetar and baunya kurang sedam dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentuk fesesnya gimana mas?
      coba baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... :)

      Delete
  3. Dok gmn agar hair loss.cepat pulihnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari di bagian cari artikel: cara mengobati musang hairloss...

      Delete

    2. selamat pagi dok, apakah memelihara musang harus didalam kandang terus atau dikeluarkan dari kandang berapa lama diluar kandangnya tks

      Delete
    3. jangan ditaruh di dalam kandang terus mas... sesekali ajak main keluar. musangnya udah jinak? kalau belum, dijinakkan dulu. caranya silakan baca artikel cara menjinakkan musang.

      kalau udah jinak, sering2 aja ajak main... :)

      Delete
  4. dok mau tanya musang saya sedang mengalami hairlos cara mengobatinya gmna yaa ? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara mengobati hairloss pada musang dan artikel cara melebatkan bulu musang...

      Delete
  5. Dr. jika musang saya setiap siangnya saya beri makan nasi dan kecap apakah makanan itu baik untuk musang saya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngasih makan musang pakai nasi dan kecap sebenernya kurang begitu bagus. tapi mas bisa imbangi dengan memberikan selingan buah2an tiap 2x sehari berupa pepaya matang dan pisang matang.

      musang sebaiknya jangan dikasih makanan yang digoreng karena bisa mengganggu saluran cernanya.

      pokoknya makanan terbaik untuk musang jelas buah2an, mas. :)

      Delete
  6. Dr. apakah musang boleh makan yg di goreng setengah matang?

    ReplyDelete
  7. Selamat siang bu dokter izin bertanya bu dokter musang saya udah beberapa bulan tapi kenapa ngga gemuk"ya dan kenapa masih belum bonding umurnya sekitar 4 bulan mohon bantuan dan jawabannya bu dokter. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa? coba mas baca artikel saya cara menggemukkan musang. :)

      dan soal dia belum bonding, mas udah berapa lama pelihara dia? cek dulu artikel saya cara agar musang bonding

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.