Makanan Untuk Musang Pandan | Drh. Fira Sovica

Ada beberapa jenis

makanan musang pandan

yang biasa diberikan pemilik musang pandan kepada musang pandan peliharaan. Jenis-jenis makanan untuk musang pandan tersebut akan dibahas di artkel berikut ini beserta manfaatnya. Menentukan makanan terbaik untuk musang erat kaitannya dengan menjaga kesehatan musang.
Nah apa saja makanan musang pandan? Berikut adalah beberapa jenis makanan untuk musang pandan:
Makanan Untuk Musang Pandan
Image taken from reptileforums.co.uk
  1. Buah-buahan sebagai makanan musang pandan.
  2. Pisang bisa diberikan sebagai makanan musang pandan anda. Anda bisa memberikan pisang matang kepada musang pandan anda sebagai makanan sehari-hari ataupun makanan pelengkap. Sebaiknya, pisang yang digunakan sebagai makanan musang pandan adalah bukan pisang yang matang akibat proses karbitan. Gunakan pisang yang matang pohon atau pisang yang matang akibat pengemposan alami tanpa karbit. Kadangkala, musang pandan tidak mau memakan buah yang matang karena di karbit. Buah lain yang bisa digunakan sebagai makanan musang adalah pepaya matang. Sama seperti pisang, pepaya bisa digunakan sebagai makanan pelengkap maupun makanan pokok musang pandan anda. Potong kecil-kecil pepaya yang sudah makan, tempatkan dalam wadah makan, lalu berikan dengan cara disuapi dengan tangan (handsfeed) atau dengan cara menempatkan wadah makan di dalam kandangnya dan membiarkan musang makan sendiri. Kelebihan pemberian buah-buahan sebagai makanan musang pandan adalah buah-buahan dapat menjaga sistem pencernaan musang secara baik. Musang yang diberi makan buah-buahan relatif lebih sehat dibanding musang yang diberikan makanan lainnya.
  3. Kaki ayam rebus atau kepala ayam rebus sebagai makanan musang pandan.
  4. Kepala ayam rebus dan kaki ayam rebus bisa menjadi alternatif makanan musang pandan anda. Pemberian kaki ayam rebis atau kepala ayam rebus bisa menjadi asupan protein tambahan bagi musang pandan anda. Pemberian kaki ayam yang direbus atau kepala ayam yang direbus bisa sebagai makanan utama musang pandan bisa menggemukkan musang atau menjadikan musang obesitas. Namun ingat, musang gemuk atau musang obesitas sangat tidak baik bagi kesehatannya. Musang obesitas amat rentan terkena sudden death atau kematian mendadak akibat terkena gagal jantung. Para owner musang mungkin menganggap musang obesitas terlihat lucu dan terawat, namun sebenarnya musang obesitas amat tersiksa dengan keadaannya. Musang obesitas juga sangat rentan terkena penyakit batu ginjal yang diakibatkan oleh menumpuknya residu urin di dalam kandung kemih musang.
  5. Bubur bayi sebagai makanan musang pandan.
  6. Bubur bayi bisa menjadi makanan musang pandan. Selain lebih praktis dan siap pakai, bubur bayi juga lebih lengkap secara gizi. Cara pemberian bubur bayi untuk musang pandan adalah dengan cara menyeduh bubur bayi dengan air mineral di dalam mangkuk makan musang anda kemudian memberikannya langsung ke musang pandan dengan cara menaruhnya di dalam kandang. Namun pemberian bubur bayi sebagai makanan musang pandan juga baiknya dilakukan saat bubur bayi masih belum berubah bau dan warnanya. Segera keluarkan bubur bayi dari dalam kandang musang jika dalam 4 jam masih ada sisa bubur bayi di mangkuk makan musang pandan anda. Hal tersebut dikarenakan bubur bayi merupakan makanan musang pandan yang mudah basi.
Demikian adalah artikel singkat tentang

makanan musang pandan

. Artikel diatas diharapkan bisa membantu anda para owner musang dalam memilih makanan terbaik untuk musang pandan anda. Komentar, kritik, dan saran bisa ditulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

139 Responses to "Makanan Untuk Musang Pandan"

  1. saya punya baby musang 2 ekor umurnya sekitar 2 mingguan tapi mati satu dan matinya itu badannya basah tapi bukan karna kena air, padahal tiap hari udah rutin dikasin susu 3-4x sehari dalam porsi yang cukup. musang yang satunya juga sekarang jalannya sempoyongan gitu. apa makanan dan minumannya yang cocok? mohon sarannya yah saya baru pemula, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. baby musang memang sebaiknya tidak dipelihara oleh pemula dalam memelihara musang karena lebih ribet dan mas harus punya waktu lebih.
      untuk makanannya, jangan cuma kasih susu sebagai makanan utama, coba kasih bubur bayi dengan cara disepet ke mulutnya menggunakan pipet.
      saran saya, jangan memelihara musang yang masih baby kalo mas belum berpengalaman dalam memeliharanya. pilih anakan musang berusia satu atau dua bulan.

      Delete
  2. Siang pagi malam sore dok :D mau tanya lagi dok...kalo musang biar. gemuk di kasih mie instan apa kah itu benar dok..kata tmen sih bgitu dok,cuma kurang yakin nh. Dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak. untuk manusia saja mie instan tidak bagus dimakan, apalagi buat musang? hehehehe...
      untuk menggemukkan musang, mas bisa kasih kepala ayam rebus dan kaki ayam rebus. pastikan daging ayam yang diberikan sudah direbus dengan matang. selengkapnya, mas bisa baca cara menggemukkan musang

      Delete
  3. Malam dok, Saya mau tanya kalo untuk ayam rebus atau kaki ayam rebusnya musti di halusin ayam atau kaki ayamnya gak, atau kasih gitu aja. kalo kasih ikan untuk tambahan proteinnya boleh ga dok. Terimakasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia memang bisa makan langsung, langsung kasih aja gak apa2...
      amannya sih cacah kasar aja pake golok atau pisau daging. bisa kasih ikan, tapi pilih ikan yang sedikit duri/tulangnya... :)

      Delete
  4. Tanyak dok ... kalo musang d kasik kepala ayam rebus n kaki ayam rebus setiap hari gimna dok ?? Ap baik buat si musang ?? Ato dia bakalan galak n gigit ??? Ksik pnjelasan ya dok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ngaruh, mas. :)
      kalau emang dasarnya jinak, dia akan tetap jinak meski tiap hari dikasih kaki ayam dan pala ayam rebus.
      meski demikian, patut diperhatikan juga asupan protein, lemak, dan sertanya. makanan terbaik untuk musang pandan tetap buah2an... :)

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dok musang saya umur 2 bulanan,akhir2 ini susah makan semenjak dikasih susu di dot,dia maunya minum terus pake dot,padahal dulu makannya lumayan banyak,gimana ya dok? Apa baik dikasih susu terus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dibiasakan seperti itu. nanti dia jadi manja dan hanya mau makan/minum dari dot.

      triknya kayak begini:
      musang yang lapar cenderung mau makan dari mana saja. coba puasakan. misalnya, mas/mbak biasa memberi makan 3 kali sehari ke musangnya (pagi, siang, dan malam). coba sekarang kasih makan hanya 2 kali saja dalam sehari, siang tidak usah kasih makan. nah saat diberi makan, jangan pakai dot. langsung saja taruh di mangkuk anti tumpah atau wadah yang sekira tidak tumpah (misalnya seperti tempat makan kucing). nanti dia akan makan sendiri. :)

      semoga membantu dan sehat terus buat musangnya...

      Delete
    2. Dok musang sya tiap udah di kasih minum susu dancow yang d campur curcuma+ pup ny encer kuning ..tp klo udh aga lama normal lagi ,,itu knp ya dok ?

      Delete
    3. jangan dikasih susu dancow. gak cocok buat musang. cukup kasih bubur bayi aja.

      Delete
  7. dok . musang saya umurnya 1,5 bulan . setiap 2 jam setelah makan bubur bayi atau susu non laktosa, pisang yang di blender dengan cara dispet . dia pasti muntah dan fasesnya agak cair . saya memberikan dengan takaran kalo perut dia terlihat gendut saya baru brenti ngasih makananya
    . kira-kira kenapa ya dok . dia tetep aktif kok selama ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup berikan bubur bayi saja. jangan campur susu.
      pisang diberikan jangan berdekatan dengan pemberian bubur bayi, diselang 2 atau 3 jam saja mas..... sebaiknya dilatih makan sendiri.... coba saja taruh di dalam kandang.

      oh ya, takaran pemberian makannya jangan sampe perutnya gendut mas.

      semoga membantu.... :)

      Delete
  8. dok musang saya ga doyan buah2 murah2 gitu , doyannya buah naga ,kan tekor kali di kasih makan buah naga terus :"( , ini musang apa manusia , tau aja yg mana yg murah sama yg mana yg mahal -__-
    pala ayam sama ceker ayam mah doyan bgt dok , bingung saya masa mau di kasih pala ayam terus tiap hari , padahalkan makanan terbaik buat musang kan buah2an

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mas, makanan terbaik untuk musang adalah buah2an. coba puasakan terlebih dahulu, misalnya biasanya dikasih makan 3 kali sehari, sekarang kasih 2 kali sehari. yang terakhir kasih makan pisang. musang kalau lapar biasanya apa aja dimakan...

      usahakan pisangnya dah dipotong2. taruh saja, nanti juga dimakan...

      Delete
  9. dok selain pisang pepaya boleh ga kt berimakan nasi + kecap

    ReplyDelete
  10. Dok, klau muspan yg kena katarak makannya ada yg dipantang tidak ? eh iya dok muspan sya bdanya bergetar pupnya susuai dengan yg dia makan warnanya dok ? sya perhatikan dia bergetar sesuai dengan irama jantungnya jd kaki badanya ikut bergetar gtu pas dia rebahan atau tidur ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanan untuk musang pandan yang kena katarak ada pantangannya. silakan baca artikel cara mengobati katarak pada musang.
      kalau warna pupnya sama dengan yang dia makan, artinya dia masih sehat. coba kasih pepaya matang, apakah warna pupnya sama seperti warna pepaya? kalau masalah tremor (gemeter), gak apa2 selama dia masih mau makan... :)

      Delete
    2. yg kena katarak warna pupnya sama seperti warna pepaya dok. klau yg tremor makanya banyak tp 2 hri ini sya ksh pisang and paya g disentuh apa karna biasanya klau malam sya ksh nasi+telor+pala ayam y dok tp kenapa yg betina ini dialat klamnya suka bau ga enak dok itu wajar ga ?

      Delete
    3. YANG KATARAK MAS KASIH MAKAN TELOR? Coba mas baca dulu cara mengobati katarak pada musang di blog saya. Baca dulu baik2. :)

      yang betina itu sering dimandikan? kebersihan kandangnya gimana?

      Delete
    4. Dok mau tanya ciri ciri musang kurus itu gimana ya ? Dan cara gemukinnya gimana ?

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dok mau tanya ciri ciri musang kurus itu gimana ya ? Dan cara gemukinnya gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca artikel cara menggemukkan musang pandan.... :)

      Delete
  13. Dok kalo dikasih ssu SGM harus pakai gula lagi ga?
    Trus muspan saya ga mau makan pisang yg bagus, doyannya yg udah benyek2, gmn aman kn dok?
    Makasih jawabannya ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah. kasih SGM non laktosa ya mas. SGM LLM juga oke...
      kalau dia sukanya pisang yang udah benyek, mas bisa kasih dia pisang yang sudah dijus.... setelah makan, mas bisa bersihkan bulunya yang kena pisang...

      Delete
    2. Muspan saya adop umur sekitar 1th lebih kasih susu 1 hari sekali gpp kn dok?
      Trus kalo scot emulsionya setiap brapa hari sekali?

      Delete
    3. gak apa2, asalkan susunya sgm llm yang non laktosa.
      dosis pemberian scott emulsion untuk musang sudah saya buat artikelnya... :)

      Delete
    4. Dok saya baca artikel dosis pemberian scott emulsion di situ seminggu sekali. Tapi sy baca di artikel cara menggemukan musang scott emulsiom bisa setiap malam. Jd sy harus ikut cara yg mana nih dok. ;)

      Delete
    5. sebenernya balik lagi ke kondisi perut si musangnya. sama aja kayak kita, mas, ada yang emang sistem pencernaannya kuat, ada juga yang emang lemah. kalau yang lemah biasanya kalau kebanyakan dia akan menyebabkan mencret atau muntah kalau dikasih scott emulsion kebanyakan, tapi kalau kuat dia gak apa2... :)

      saya senang punya pembaca yang cerdas macam mas, yang langsung bertanya jika ada hal yang kurang dimengerti. kasih aja tiap malam. kalau dia baik2 aja, gak muntah dan mencret, bisa kasih tiap malam dengan dosis yang ada di artikel dosis pemberian scott emulsion... :)

      Delete
    6. Hehehe.. ya dr pada bingung sy dok.
      Kasian si ocol nanti kalo knp2..;-).
      Siap sarannya akan sy laksanin.. skarangg si ocol lg sy ajarin pup di toilet.

      Delete
    7. Dok masa birahi ocol smpe brapa lama y? Kemaren kn udah di kawinkan sm betina punya temen sekarang betinanya udah ga mau sama sekali ngusir ocol mulu. Tp ko birahinya belom ilang2 y.. ms harus cari betina laen y. Hehehe
      Bagusnya gmn ya dok?

      Delete
    8. mendingan diamkan aja di kandangnya. biasanya kalau hormon-nya sudah mulai stabil, nantinya dia tenang sendiri kok... :)

      cukup berikan makan dan ajak main pakai sarung tangan... :)

      Delete
    9. Iya makasih dok.. udah rada berkurang ocol resenya.. hehe
      Tp sekarang punya kebiasan baru dok. Suka gesek kaki belakangnya ke lantai (mirip gaya michel jackson gitu dok) dokter tau ga itu tandanya apa?

      Delete
    10. oh wajar. kalau lagi 'tinggi' musang memang kayak gitu... :)
      maaf baru balas. saya sibuk banget beberapa hari ini...

      Delete
    11. Iya dok gpp.. saya juga makasih banget dokter mau bales keluhan saya.. hehe.
      Trus perkiraan 'tingginya' bisa berapa lama y dok.. sebulan lebih bisa dok?

      Delete
    12. yah, sekitar segitu. sebulan, paling lama 3 bulan... :)

      Delete
    13. Oalah.. lumayan lama juga ya..
      Mohon maaf lahir batin dok.. ;)
      Msh suasana lebaran. Hehe

      Delete
    14. iya lumayan lama mas, hehehe.
      mohon maaf lahir batin juga. gak mudik mas? :D

      Delete
    15. Pantes aj kamar saya ack-acakan trus. Belom kelar masa birahinya ternyata. :-D
      Mudik? Ga dok jaga kampung aja saya mh.. hehe..

      Delete
    16. oh, kirain mudik mas. :D
      emang di-freeroom mas? :)

      Delete
    17. Iy dok saya freeroom trus. Abisnya ga tega liat muter2 kandang kalo malem. Tp di kamr sy doang dok ga smpe keluar ntr yg ada malah nyelonong nyari betinaan lagi. Heheh

      Delete
    18. bagus kalau di freeroom...
      sehat terus buat musangnya... :)

      Delete
    19. Pagi dok.. kabar dokter baik?
      Ada kebingungan nih saya dok. Hehe.
      Kalo musang hamil hampir 2 bulan trus dr kelaminnya nguarin darah apa dia keguguran dok? Trus juga kalau lebih dari 2 bulan belom lahir bisa kejadian ga dok kaya gitu?

      Delete
    20. mas udah baca artikel cara mengawinkan musang? :)
      coba baca dulu.

      emang mas yakin musangnya sudah hamil? kalau yakin, bisa aja sih keguguran. biasanya disertai dengan keluarnya bayi musang yang sudah mati dari jalan lahir musangnya mas...

      Delete
  14. dok tanyak ni..
    Ayam.nya knp kepala/ceker ?
    kalo bagian paha/dada gimana ?
    apa emang lebi bagus kepala/ceker ya ?

    makasih dok. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sih gak cuma kepala dan ceker ayam saja. semua bagian tubuh ayam bisa buat makanan musang asalkan direbus dulu hingga benar2 matang agar bakteri dan kumannya mati semua.... :)

      Delete
    2. kirain lebi bagus kepala/ceker gitu.

      biasanya ngasik ayamnya gimana ?
      soalnya biasanya saya potong dadu ayamnya buat di kasi ke si musang.
      yg bagus gimana ya dok ? apa kalo seandainya kalo kepala abis di rebus di kasi utuh kepala ayamnya .

      Delete
    3. mungkin karena ceker dan kepala ayam ada tulangnya, jadi kemungkinan si musang bisa makan bagian tulang yang lunaknya, jadi ada asupan kalsum dari situ.

      rebus, lalu cacah aja sampe agak halus dengan pisau daging, baru kasih ke musangnya. kalau bisa makan bulat2 juga oke2 aja sih....

      makanan terbaik untuk musang tetep buah2an ya mas. jadi usahakan dalam seminggu, kasih buah2an juga barang 1 atau 2 hari... kalau bisa lebih... cara agar musang mau makan apa saja bisa mas baca artikelnya di sini. cari aja di bagian cari artikel

      Delete
    4. iy dok musang saya tiap hari makan pisang/pepaya kalo g ada y terpaksa nasi+kecap+telur .
      makan ayam biasanya cuma hari sabtu-minggu aja.

      makasih dok buat info & sarannya.
      :)

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. dok,,kenapa musang saya udah setengah hari gk mau makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? bentuk dan warnanya? sebelumnya dikasih makan apa?
      faktor cuaca juga kayaknya bikin hewan peliharaan sakit. cuaca sekarang tidak bagus. jadi sebaiknya hewan2 peliharaan yang indoor, dimasukkan dulu ke dalam ruangan (indoor) selama beberapa bulan ini....

      Delete
  17. Dok telor bisa nggemukin musang nggk....

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang

      Delete
  18. Dok numpang tanya, musang saya beberapa hari ini tidak mau makan pisang atau pepaya, tp maunyanya makan nasi kecap, apakah itu bisa bermasalah pada musangnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 kasih makan nasi kecap, tapi sesekali ya harus dikasih buah.
      coba mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  19. ada yang mau saya tanyakan.
    Apa akibat dari pemberian makan musang hingga perutnya gendut..??

    Kalau buah buahan berserat seperti apel apakah di per bolehkan bila diberikan setiap hari..?
    Apelnya juga saya campur dengan pisang dalam satu wadah.

    Terima Kasih Dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya agar musangnya obes mas? kalau iya, mas bisa baca artikel saya cara menggemukan musang.
      apel dan pisang bisa diberikan kepada musang... :)

      Delete
  20. assalamu'alaikum..
    salam kenal dok, saya punya baby muspan.. yang sya ingin tanyakan, pemberian makan selain bubur bayi dan susu apa lagi ya dok selain buah pisang? lalu boleh tidak di beri jus mangga? dan muspan usia -+1,5 bln boleh tidak di mandikan? kalau boleh bagaimana cara memandikan baby muspan?
    terima kasih dr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jus mangganya asem, mending jangan. kalau manis, boleh2 aja namun saya sendiri tidak menyarankan. mending jangan.
      kalau umur segitu lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat.
      cara memandikan musang dewasa dah ada artikelnya di blog saya ini.. :)

      Delete
  21. assalamu'alaikum..
    salam kenal dok, saya punya baby muspan.. yang sya ingin tanyakan, pemberian makan selain bubur bayi dan susu apa lagi ya dok selain buah pisang? lalu boleh tidak di beri jus mangga? dan muspan usia -+1,5 bln boleh tidak di mandikan? kalau boleh bagaimana cara memandikan baby muspan?
    terima kasih dr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jus mangganya asem, mending jangan. kalau manis, boleh2 aja namun saya sendiri tidak menyarankan. mending jangan.
      kalau umur segitu lap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat.
      cara memandikan musang dewasa dah ada artikelnya di blog saya ini.. :)

      Delete
  22. Dok, saya punya muspan umur 5 bulan mau ke6 bulan, tapi makannya susah sehari sekali dan itu juga diacak2 terus sekarang jadi galak semenjak sempet kabur 2 minggu, pas balik jadi kaya gini dok, kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dijinakkan lagi.
      baca juga artikel saya cara menambah nafsu makan musang.

      trik lain, coba kasih sari kurma... campur ke makanannya.. :)

      Delete
  23. Dok, saya punya muspan umur 5 bulan mau ke6 bulan, tapi makannya susah sehari sekali dan itu juga diacak2 terus sekarang jadi galak semenjak sempet kabur 2 minggu, pas balik jadi kaya gini dok, kenapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dijinakkan lagi.
      baca juga artikel saya cara menambah nafsu makan musang.

      trik lain, coba kasih sari kurma... campur ke makanannya.. :)

      Delete
  24. mau nanya nih dok kan saya baru beli musang,waktu pertama sampe rumah di dah mau makan,dan musangnya gak bisa diem gitu pas malem,pas paginya saya keluarin dari kandang dia malah ngumpet di kolong trus tiduran.malem saya kasih makan, makannya cuma dikit dan pagi saya kasih makan ,makannya juga dikit dan sekarang musangnya malah tidur trus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu wajar. mas tahu kan kalau musang itu nocturnal? hewan yang aktif di malam hari?

      sekarang musangnya dimana? masukkin aja dlu ke dalam kandang. selama 2 minggu ke depan, usap2 aja di dalam kandang. sering diajak ngobrol sambil liat matanya, soalnya ngaruh juga... :)

      soal makanan, cukup taruh makanannya di kandang. oh ya, kasih sari kurma juga agar daya tahan tubuhnya lebih bagus... :)

      Delete
  25. Pagi dokter Fira...
    walaaaahhhh maaf nanya sepagi ini..
    saya mau tanya dok umur musang saya sekitar 3 bulan ke atas...

    saya mau tanya dok
    musang saya sudah saya coba beri makan pepaya dan pisang yang di jual di pinggir jalan tapi dia ga mau makan ( saya khawatir mungkin di karbit seperti dokter bilang )
    akhirnya saya beli pisang sunpride + pepaya california akhirnya di makan tapi itupun di makan kalo malem aja...
    saya kasih dari pagi sampe sore di makannya malem aja..

    tapi kalo di kasih nasi+kecap nafsu makannya kenceng banget...
    setiap 3 hari sekali saya tambahkan telur rebus di nasinya
    Kira2 akan masalah ga yah dok kalo makannya nasi + kecap aja..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 sehari2 dikasih nasi+kecap.
      namun usahakan minimal seminggu sekali tetep kasih buah biar sehat dan agar pencernaannya bagus.. :)

      Delete
  26. dok saya mau nanya musang saya umur 3 bulan ke atas saya kasih makan nasi + kecap atau kepala ayam sama kaki ayam rebus ngga mau sama sekali di makan dia maunya makan pisang sama pepaya aja dok. dan juga bulunya ngga lebat kaya rontok rontok gitu. tolong solusinya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar dia mau makan apa saja, silakan mas baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja.

      soal bulunya, banyak pertanyaan lanjutan: dia suka garuk2 kah? kebersihan kandang yakin dijaga? dimandikan brapa kali seminggu?

      coba baca juga artikel saya cara memberikan minyak kemiri ke musang.

      Delete
  27. kak mau nanya cara nambah nafsu makan untuk musang pandan umur sekitar 2 bulan gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. opsi pertama, silakan baca cara menambah nafsu makan musang. artikelnya udah ada di blog saya ini.

      opsi kedua, kasih sari kurma.

      jujur saja, opsi kedua lebih saya anjurkan. :)

      Delete
    2. oh gitu ka, nah mau nanya lagi kalo semisalnya musang dikasih asupan susu terus sampe di kasih makanan pisang sama telor rebus ga mau
      apa itu baik ka?

      Delete
    3. hmm, tergantung jenis susunya apa. mending kasih susu non laktosa soalnya kalau susu yang mengandung laktosa bisa membuat musangnya mencret.

      bagusnya sih jangan dikasih susu. kasih sari kurma aja...

      Delete
  28. gimana cara kasih sari kurmanya dok? soalnya dia susah makan
    makanan pepaya, telor rebus, pisang cuman di endus2 aja
    minum susu aja di paksa gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. campur ke makanan atau air minumnya... :)

      Delete
    2. ntar makanan sama minumnya di diemin sama dia dok, tadi aja di paksa dikit makan pepayanya

      Delete
    3. umur musangnya berapa mas? kalau masih dibawah 3 bulan, iya pipet aja. tapi kalau udah diatas 4 bulan, diemin aja di kandangnya. biasanya dia akan makan sendiri...

      Delete
  29. umur musang saya kurang lebih 2 bulan ka :D alhamdulillah tadi mau makan pisang yg di bejek sama susu bear brand ka :D heheh saya puasin dulu tadi pagi
    makasih ya ka info nya :D sukses ka (y)

    ReplyDelete
  30. Selamat pagi dok, saya mw bertanya saya punya musang akar umur sekitar 1,5thn ke atas, nafsu makannya kurang, tapi kotoran sehat, dan lincah, setiap saya kasi buah"an (pisang) dia kurang lahap, tpi kalau saya kasi kepala ayam lahap makannya, yg ingin saya tanyakan boleh gak dok musang saya di kasi makan pur ayam? Kalau boleh lebih baik di campur dengan apa pur ayam tersebut? Tolong jawabannya dok, terima kasih sebelum nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pur ayam dan jenis pur lainnya tidak cocok untuk musang. pur ayam ya buat ayam.
      saya pernah menangani musang mencret parah akibat dikasih pur ayam....

      Delete
  31. malam dokter, saya baru dapat musang dari seorang teman, musang nya kira2 berumur 6 bulan, dan hasil dari breeding sendiri (dikawinkan di rumah), kebiasaan musang ini katanya makan makanan kucing kering(dry food), yg jadi pertanyaan saya, aman kah dok jika menu utama nya pake Catfood?
    yang kedua untuk vaksinasi n obat cacing apakah sama seperti anjing/kucing??
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,
      saya udah bahas di artikel catfood dan dogfood dapat menyebabkan kanker. :)
      untuk referensi, mbak bisa baca artikel saya makanan terbaik untuk musang dan artikel sejenisnya...

      untuk vaksin, iya musang juga perlu di vaksin. udah ada rinciannya di artikel apakah musang perlu vaksin.

      kalau mengenai obat cacing, perlu diketahui jenis cacingnya apa. rata2 sih sama dengan yang diberikan ke anjing dan kucing.. :)

      demikian. silakan baca2 dlu artikel2 lain mengenai musang dan jangan sungkan bertanya... :)

      Delete
  32. Bu dr yg baik saya mau tanya; musang kan baiknya makan buah2an.. trs apa aja yg gk bagus untuk musang? Apakah semua buah baik untuk musang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah2an yang mengandung alkohol gak bagus untuk musang, kayak duren, atau singkong yang udah dibikin tape, paling itu aja sih. lainnya, selama buahnya gak beracun dan bersih, bisa diberikan... :)

      emang mau kasih buah apa ke musangnya, mas? :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  33. Selama ini muskar sy kasih pisang, semangka, ubi, jagung, wortel n jeruk..+ bubur sun.
    Klo nasi pke kecap gk mw makan. Muskar sy gk suka daging/kepala ayam.Muskar sy lebih suka nasi campur gula di blender.. gk papa bu dr?
    Muskar sy umur 10bln.

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal gula sebenernya saya kurang setuju, mas. bagusnya mending nasi campur sari kurma coba. awal2 campur sama gula aja sari kurmanya, tapi makin kesini, gulanya dikurangi sedikit2 hingga akhirnya habis samasekali. fesesnya gimana selama dikasih makan itu? mencret ya? maaf baru balas, saya lagi sakit skrng... :)

      Delete
  34. Gk sih,. Gk mencret bu. Apakah kurang bagus tuk kesehatan musangnya klo dikasih gula? Yg sy lihat musangnya suka yg manis2.
    Sy msh suka coba2 kasih kepala ayam tp sering sisa makananya.
    Semoga lekas sembuh n bs beraktivitas lg.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. agak kurang bagus buat musang kalau dikasih gula. kasih sari kurma aja mas, lebih bagus. bisa menambah nafsu makan musang juga... :)

      Delete
  35. Selamat malam dok mau tany nih, susu dan bubur yang bisa di beri ke musang merek apa ya dok, maaf menggangu terima kasih dok:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk susu, apa aja yang penting non laktosa. soalnya yang mengandung laktosa bisa bikin mencret. misalnya sgm llm....

      soal bubur bayi, bagusnya promina.

      Delete
  36. Siang dok maaf kalo saya nanya lagi di lain artikel hehe
    Oh iya saya mau tanya dok
    Gimana si cara mengajarkan musang 2 bulan makan yg berserat kyk telur rebus atau nasi dan ayam gitu dok?
    Kalo mau dipuasakan mengingat umurnya 2 bulan dokter bilang gk baik dipuasakan, jd apakah ada cara lain dok selain dipuasakan?
    Makannya sehari2 bubur+madu TJ dan minumnya air madu+gula? Apakah gpp dok?
    Mohon penjelasannya dok terima ksih sblmnya maaf ngerepotin dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk musang umur dibawah 3 bulan, yang penting adalah dia mau makan dulu. jadi kasih aja makanan yang dia mau....

      kalau udah diatas 3 bulan, baru bisa dipuasakan.... :)

      makanannya bagus... tapi boleh saya sarankan, jangan dikasih gula. kan dari madu udah manis....

      saya tunggu kabarn

      Delete
  37. Oke dok makasi ya sarannya
    Oh iya dok
    Saya kan memberikan alternatif 2 pilihan asumsi makanan
    Satunya bubur satunya air gula+madu
    Nah kadang si gembul itu sukanya minum aj makannya dikit ap gpp dok?
    Trus iy kenapa dia sering kyk batuk gitu y ngendus2 dok smbil garukin hidungnya itu knpa y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya jarang dijemur ya mas? bener? minimal seminggu sekali mandiin, terus jemur. bagusnya pagi2 yang ada matahari, sebelum jam 9... silakan baca artikel saya cara memandikan musang....

      di ruangan memeliharanya banyak debu? coba cek, apa dia suka ngiler2? apakah hidungnya basah banget?

      makanya saya sarankan jangan pake air madu + gula. bagusnya kasih air mineral + sari kurma. biar daya tahan tubuhnya bagus + nafsu makannya juga naik, mas... :)

      Delete
  38. Kalo mandiin si sering dok 2x seminggu caranya juga saya terapin make air hangat trus di usap pake handuk atau disemprot sama air yg kyk embun gitu biar gk basah kuyup bgt trus klo abis mandi saya jemur bentar kok dok
    Samponya juga pake sampo bayi dok
    Saya seeing bersihin kandang soalnya dia sering pipis tuh kan dibawahny jd basah saya sering lapin dok
    Menurut saya dia kayaknya kena debu dari hammock tmpat tidurnya kali y dok
    Soalnya dri pertama saya pasang smpe skrg blm saya cuci mgkn sekitar 1minggu lebih, gra2 sering ditidurin mknya berdebu gtu mgkn ya dok? Bener atau gk dok?

    Trus soal idungnya kykny normal gk basah berlebihan dok
    Kalo berlebihan air di hidungnya apakah bahaya bagi musang dan ownernya dok? Mohon pencerahannya dok
    Maaf y bu dokter saya bnyk tanya
    Mending bertanya dripda saya asumsi sendiri dengan tindakan yg belum tentu kebenarannya dok
    Saya banyak belajar dri berbagai artikel dokter semuanya sangat membantu terima kasih dok
    Oh iya dok saya saranin mending dokter buat web aj dok dripda blog,bisa ngehasilin uang juga dok klo web dokter sering dikunjungin karna maraknya MLI sekarang mngkn jd bagian dari daya tarik dibidang ekonomi dok
    Haha hanya saran dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi karena hammox-nya, mas. mending mas beli lagi hammox, jadi stoknya ada 2. pake secara bergantian, setiap minggu ganti...

      saya nanya soal hidungnya basah atau nggak, sebenernya ngecek aja musangnya pilek atau nggak. syukur kalau hidungnya gak basah berlebihan.

      hihi, makasih sarannya. untuk web sebenernya dulu udah pernah beralih, cuma akhirnya kembali ke blog karena alasan teknis. :D

      kalau urgent, chat aja ya mas... saya online di chat 24 jam kecuali kalo tidur.. :D

      Delete
  39. Kalo mandiin si sering dok 2x seminggu caranya juga saya terapin make air hangat trus di usap pake handuk atau disemprot sama air yg kyk embun gitu biar gk basah kuyup bgt trus klo abis mandi saya jemur bentar kok dok
    Samponya juga pake sampo bayi dok
    Saya seeing bersihin kandang soalnya dia sering pipis tuh kan dibawahny jd basah saya sering lapin dok
    Menurut saya dia kayaknya kena debu dari hammock tmpat tidurnya kali y dok
    Soalnya dri pertama saya pasang smpe skrg blm saya cuci mgkn sekitar 1minggu lebih, gra2 sering ditidurin mknya berdebu gtu mgkn ya dok? Bener atau gk dok?

    Trus soal idungnya kykny normal gk basah berlebihan dok
    Kalo berlebihan air di hidungnya apakah bahaya bagi musang dan ownernya dok? Mohon pencerahannya dok
    Maaf y bu dokter saya bnyk tanya
    Mending bertanya dripda saya asumsi sendiri dengan tindakan yg belum tentu kebenarannya dok
    Saya banyak belajar dri berbagai artikel dokter semuanya sangat membantu terima kasih dok

    ReplyDelete
  40. Oke dok makasih bnyak y sarannya dok sangat membantu
    Oh iya dok
    Musang kan punya karakteristik berbeda2 y dok
    Soal makannya apakah musang juga berbeda2 karakternya, soalnya si gembul kykny suka makan kalo makannya manis n beraroma gitu dok, kalo saya kasih sun pisang aj dia gak mau cm endus doang sedangkan bila ditambah madu dia baru mau dok, itu gimana dok apakah sampe dewasa dia hanya pengen makan yg manis saja trus gk mau makan nasi telur atau ayam gitu yg gak manis dok? Tolong penjelasan n penanganannya dok
    Maaf sekali lagi kalo banyak tanya dok hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar musang mau makan apa saja udah saya bahas di artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja. cek juga artikel monofeed dan polifeed pada musang... :)

      saya tunggu kabarnya ya mas...

      Delete
  41. dok saya mau tanya, musang saya umur 3 bulan suka sekali makan telur rebus, hampir setiap hari saya kasih telur rebus, kira kira baik ngga ya dok untuk si musang? soalnya setiap dikasih makan bubur bayi dan susu ngga dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini kasih aja yang dia mau. tapi coba beberapa minggu lagi (2 atau 3 minggu ke depan), mas puasakan. selengkapnya, silakan baca artikel saya cara agar musang mau makan apa saja...

      Delete
  42. mau tanya dok, kalau kepala ayam atau kaki ayam nya gak direbus baik nggk dok ? makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik direbus dulu, mas. biar bakteri dan kuman2 di dalam dagingnya mati.... :)

      Delete
  43. dok, kalo musang dikasih makan nasi dicampur telur boleh gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung. setelah dikasih makan itu, fesesnya jadi mencret nggak? kalau jadi mencret, mending jangan.

      karena ada musang yang gak cocok dikasih kuning telur. kalau putihnya doang sih rata2 gak masalah, cuma kuningnya aja yang kadang bisa bikin musang mencret. :)

      Delete
  44. Dok mau tanya. Muspan itu minumnya dikasih susu apa? Atau minuman lain susu itu untuk semua umur ap tidak

    ReplyDelete
  45. Dok mau tanya musang sya kan lepas trus mkan ayam sya yg masih idup
    Itu bsa ngerubah sikap musangnya sendiri ga ya dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya, dia jadi galak lagi?
      udah saya bahas di artikel: Apakah Daging Membuat Musang Jinak Jadi Galak?

      Delete
  46. dok saya baru beli musang pandan,,di beri makanyanya sehari berapa kali dan minta saran dong cara merawat musang pandan yang baik,,di mandikan ga,makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, CARA MEMELIHARA MUSANG PANDAN.
      silakan baca dulu....

      soal memandikan musang juga udah ada artikelnya: CARA MEMANDIKAN MUSANG

      Delete
  47. Dok mau nanya, apakah baik jika musang pandan diberi telur rebus setiap hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, mas. tapi minimal kasih buah minimal seminggu sekali. biar sistem pencernaannya tetep bagus...

      Delete
  48. Dok Saya Punya Musang Umur Kurang lebih 1 Tahun Gimana Ya dok kok Musang saya Kemaren abis Perjalanan Lumayan Jauh Kok sekarang ga Mau Makan?apa Karena stres masihan Dok?

    ReplyDelete
  49. Tak kasih Pisang nggk Mau tak Kasih kepala ayam rebus juga Gak mau dok Tapi Kalo Minum Mau

    ReplyDelete
  50. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  51. Dok,saya punya musang usia 1.5bln.., untuk makanannya boleh gak pisang benyek di campur sari kurma..? Dan boleh ga di kasih sari kurma sehari 3 kali?? Dan boleh ga bubur sun rasa pisang di campur dengan pisang.?Terima kasih dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, mas.
      lebih bagus sebenernya kasih bubur bayi promina... campur pisang boleh... :)

      Delete
  52. Dok cara ngasi nasi kecap pada musang pandan usia 5 bulan gmna ya dok ?
    Soalnya abis makan palayam slama beberpa bulan yg lalu makan palayam trus krang nasi kecap ga mau dok gmana supaya muspan saya mau nasi kecap ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek artikel saya: cara agar musang mau makan apa saja..

      Delete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Dok saya mau tanya , musang saya umur 8 bulan dan gigi ori , apa sudah bisa di kasih makan kepala ayam rebus utuh

    ReplyDelete
  55. dok, saya beli musang usia 2 bln tp dikirim dari jawa timur ke Jakarta.. apa usia 2bln kuat perjalanan jauh bgtu dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya agak riskan. tapi kalau toh mau dikirim, pake kereta aja. yang sehari sampe, mas...

      Delete
  56. Boleh tidak dok musang dikasih alpukat yg dipenyetin campur madu.

    ReplyDelete
  57. dok kalau musang saya kasi makan nasi+telor di campur kecap bagus ga dok?saya dapet saran dari tmn katanya sih musang dia sehat sehat aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus kok.
      tapi minimal seminggu sekali kasih buah. :)

      Delete
  58. Dok mau tanya musang saya tidak mau makan kulit pala atau ceker ayam ya ..saya ingin fia ada protein lebih walau 1 minggu 1 kali .biyar agak grmukan dikit tapi tetap ideal ..dia cuma mau makan pisang saya umurnya sie 3 bln dock tapi badanya kurus .hehhe gimana ya solusinya ?? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau belum 4 bulan atau 5 bulan, sementara kasih makanan yang dia mau makan aja dulu mas. jangan dipaksa. :)

      kalau mau kasih asupan protein, kasih bubur bayi udah cukup untuk musang umur 3 bulan...

      Delete
  59. Doc mw tanya..saya punya musang pandan saya pelihara dari bayi sekitaran umur seminggu dan sekarang sudah besar berumur 1 thn lebih tetapi saya bingung doc..musang saya hanya jinak dengan saya aja..klo dengan orang lain galak dan tidak suka dengan keramaian..maunya ngacir aja dok klo ada orang lain..tapi klo dengan saya sendiri tidak...itu kenapa ya doc..mohon penycerahan'y..trimakasih

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.