Mengobati Sembelit Pada Gecko | Drh. Fira Sovica

Sembelit biasa disebut impaction.

Mengobati impaction pada gecko

membutuhkan penanganan cepat dan tepat. Impaction pada gecko artinya ketidakmampuan gecko untuk buang air besar secara wajar karena berbagai hal. Artikel cara mengobati sembelit pada gecko ini akan mengupas cara mengobati impaction pada gecko. Bagi anda yang baru mengunjungi blog saya ini, anda bisa membaca cara memelihara gecko di artikel cara merawat gecko.
Mengobati Sembelit Pada Gecko
Image taken from westcoastroaches.com
Mari kita telanjangi bersama-sama penyakit impaction pada gecko.
  • Penyebab Sembelit Pada Gecko.
  • Impaction pada gecko biasanya disebabkan oleh material yang termakan oleh gecko dan tidak tercerna di dalam sistem pencernaan. Sembelit pada gecko biasanya disebabkan oleh substrat yang digunakan sebagai alas kandang gecko yang ikut termakan saat gecko sedang makan. Selain substrat, material penyebab sembelit pada gecko antara lain adalah pasir kerikil.
  • Ciri Gecko Yang Sembelit.
  • Gecko yang kena impaction atau sembelit biasanya tidak mampu mengeluarkan feses secara normal. Gecko yang menderita impaction juga biasanya tidak aktif dalam bergerak dan memiliki ukuran perut yang lebih besar dari gecko lainnya. Jika dibiarkan, gecko yang menderita sembelit biasanya akan mogok makan yang berakhir pada kematian. Penting untuk menangani gecko yang kena sembelit secepat mungkin.
  • Cara Mengobati Sembelit Pada Gecko.
  • Banyak dokter hewan yang menyarankan agar gecko yang kena sembelit dioperasi oleh dokter hewan yang berpengalaman dalam mengoperasi reptil. Saya setuju dengan hal ini. Namun saya sendiri memiliki metode sendiri dalam menyembuhkan gecko yang kena sembelit. Saya pernah memelihara beberapa jenis gecko. Pernah, suatu waktu gecko saya kena sembelit akibat memakan subsrat yang menjadi alas kandangnya. Berbekal pengetahuan mengenai sistem pencernaan reptil, saya akhirnya memberikan jus pepaya matang yang saya berikan kepada gecko yang kena sembelit tersebut. Saya memberikan jus pepaya kepada gecko yang impaction tersebut selama satu minggu. Pada hari keempat, akhirnya si gecko bisa kembali buang air secara normal, sekaligus bisa membuat partikel substrat yang dimakannya terurai dan keluar dari dalam tubuh. Meski demikian, saya tidak menjamin cara menyembuhkan impaction pada gecko di atas bisa berhasil ke semua kasus impaction pada gecko. Faktor keberhasilan cara mengobati impaction pada gecko diatas tergantung pada ukuran benda yang tertelan oleh gecko. Semakin besar benda yang tertelan dan menyebabkan impaction, maka semakin susah juga cara mengobatinya. Untuk kasus seperti ini, saya menyarankan operasi oleh dokter hewan berpengalaman.
Demikian adalah artikel

cara mengobati sembelit pada gecko

. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam menyembuhkan sembelit pada gecko. Komentar dan konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

1 Response to "Mengobati Sembelit Pada Gecko"

  1. Dok ini gecko saya mau makan tapi di tidak mau buang air besar kenapa ya dok tolong penangannya

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.