Thursday, June 5, 2014

Cara Memelihara Binturong | Drh. Fira Sovica

Binturong adalah hewan dilindungi, dan memelihara binturong, memburu binturong, membunuh binturong, serta menjual binturong dan beli binturong termasuk tindakan ilegal. Di alam sendiri, binturong termasuk hewan yang sangat langka. Data dari wikipedia menyebutkan bahwa binturong sudah termasuk kategori apendix 1 karena maraknya perburuan. Namun, anda tetap bisa memelihara binturong secara sah dan legal dengan membuat surat izin memelihara binturong di BKSDA setempat. Cara membuat surat izin memelihara binturong dari BKSDA bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara binturong.
Cara Memelihara Binturong
Image taken from wikipedia.org
Meskipun demikian, masih banyak orang yang

memelihara binturong

. Meski sudah dinyatakan ilegal dipelihara, binturong masih banyak dipelihara oleh para pecinta musang. Perlu ditekankan bahwa memelihara binturong tanpa izin dari BKSDA setempat adalah ilegal. Untuk dapat memelihara binturong, anda harus mendaftarkan binturong yang dipelihara ke BKSDA setempat. Binturong dapat dipelihara dengan syarat-syarat tertentu.
Memelihara binturong memang susah-susah gampang. Perilaku binturong lebih mirip kucing, itulah kenapa binturong disebut bearcat di barat. Memelihara binturong memiliki tantangan tersendiri.
Dan berikut adalah cara memelihara binturong:
  1. Kebutuhan kandang binturong.
  2. Binturong dapat ditempatkan di kandang kucing 2 tingkat atau kandang anjing 2 tingkat. Kebersihan kandang harus selalu dijaga karena bulu binturong sangat rentan rontok.
  3. Makanan binturong.
  4. Binturong adalah hewan omnivora. Di alam, binturong memakan buah-buahan, daun-daunan, telur, burung, serta hewan pengerat. Anda bisa memberikan kepala ayam rebus dan buah-buahan matang seperti pepaya dan pisang sebagai makanan binturong peliharaan anda.
  5. Cara merawat binturong.
  6. Hal terpenting dalam memelihara binturong adalah menjaga kebersihan kandang dan keseimbangan gizi yang diberikan. Bulu binturong amat rentan rontok. Anda bisa memandikan binturong peliharaan anda setiap minggu sekali dan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Cara memandikan binturong sama dengan cara memandikan musang di artikel cara memandikan musang.
Demikian adalah

cara memelihara binturong

. Artikel diatas diharapkan bisa menambah wawasan bagi anda. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

46 comments

Dok mau nanya, apa pengaman mulut yg biasanya untuk anjing, bisa di gunakan ke binturong,terimaksih

tidak bisa. untuk binturong yang masih galak, hal tersebut justru membuat binturong stress.... :)

Dok ada biaya administrasi yg di tentukan BKSDA?
Untuk pembuatan surat ijin itu kl ada kisaran brapa ?

kalau semua syaratnya lengkap, biasanya hanya untuk biaya administrasi saja. tapi masing2 kantor biasanya punya standart masing2.... bahkan ada yang gak pake biaya... :)

Mohon ijin bu dokter... Sy punya bintorung... Kata temen sich dia stress karna bis perjalanan dr jakarta ke madura... Yg sy tanyakan... Bagaimana crnya biar dia gak stress lg... Mohon petunjuk... Terima kasih

Mohon ijin bu dokter... Sy punya bintorung... Kata temen sich dia stress karna bis perjalanan dr jakarta ke madura... Yg sy tanyakan... Bagaimana crnya biar dia gak stress lg... Mohon petunjuk... Terima kasih

diamkan saja di tempat sunyi dan sepi selama 1 hingga 3 jam. tinggalkan makanan dan minuman, biarkan dia makan sendiri...

Mau tanya mohon pencerahanya. Mw beli binturong tapi gatau dimna.. adakah yg punya rekomendasi.?

silakan gabung ke grup jual beli musang di facebook... :)

Dok kok binturong saya pup nya agak mencret ya Cma kental gk encer tp makan rakus dok karakter semi jinak tp di elus sama handfeed Udh mau tinggal kluar kandang aja yg belum apa emang pup nya Sprti itu dok? Mohon pencerahan nya dok mksh

biasanya tergantung makan dan minumnya mas. mas kasih susu gak?
kalau dikasi susu, usahakan susu-nya yang non laktosa seperti SGM LLM. jangan pake susu kental manis atau dancow.

mas bisa baca juga artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya..... :)

Gk saya kasih susu dok Cma air putih Mateng aja makannya pala ayam rebus sama pisang dok. Oke mksh ya dok atas info nya

Dok saya mau tanya lagi bintu saya mulai rontok bulu nya dok baru akhr2 ini si sblm nya engga solusi nya gmna ya dok? Mksh dok

sbaiknya dianalisa dulu apa penyebab bulu rontoknya mas. pakah kebersihan kandang terjaha dengan baik? apakah si binturong diberi makan dengan benar?
mas bisa coba mandikan jika pagi hari dan dijemur agar kebersihan kulitnya bisa terjaga. coba juga untuk mengoleskan minyak kemiri ke bulunya, tapi jangan terlalu basah. dikit2 aja... :)
semoga membantu...

dok saya mau beli baby binturong di mana yahh ,

aku udah cari , di jual beli musang di Fb tapi ga ada dok :(

agak susah sebenernya. soalnya binturong termasuk hewan appendix 1 mas. wajar kalo orang takut.
ada kok yang jual, biasanya exotic pets yang jual. search aja di facebook exo pets atau exotic pets, add friends, lalu tanyakan. hati2 jika ingin memelihara binturong. kalau mau legal, mas bisa bikin surat izin memelihara binturong di bksda setempat. cara membuat surat izin memelihara hewan dilindungi pernah saya buat di blog ini...

Terimakasih sy menyimak dan alhamdulillah jadi tambah pengetahuan

berarti ini musang paling males ya geraknya dari pada musang lain?

iya. balik lagi ke karakternya sih mas, ada yang emang males2an, ada yg aktif juga...

Dok saya punya binturong umur 5 bln betina. Awalnya dia sangat lincah dan makannya sangat lahap. Dia saya kasih makan 2x sehari pisang dan sedikit makanan kucing. Fesesnyapun normal. Tp tiba2 sdh beberapa hari ini dia jd tdk lincah, susah makan, hidungnya berair dan sering membuka mulutnya klo bernafas. Dia lbh sering di ruangan ber AC. Skrg klo tdr slalu menyembunyikan kepalanya. Untuk saat ini cara makannya saya suapin dgn pisang atau pepaya dihaluskan. Fesesnya tdk keras jg tdk encer tapi ada cairannya. Apakah binturong saya terkena flu atau distemper yaa dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih

kenapa ditaruh di ruangan ber ac?
kemungkinan pilek atau pneumonia. coba jemur kalau pagi. dan kasih sari kurma di makanannya. biar daya tahan tubuhnya bagus. lebih baik, kandangnya taruh di ruangan non ac, atau set ac-nya agar tidak terlalu dingin, mbak.... kasian....

kalau dalam 5 hari belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

Ooo baik dok. Skrg sdh tdk di ruangan AC lg. Dok skrg saya kasih stimuno karena klo saya kasih madu atau air gula dia malah g mau minum. Skrg matanya malah agak belekan dok. Sblm stimuno saya kasih nutriplus gel. Lbh baik yg mana yaa dok?

coba untuk 2 atau 3 minggu ke depan, kasih buah aja. jangan kasih asupan protein dulu. cukup kasih buah aja...

stimuno boleh dikasih, meski saya lebih menyarankan sari kurma aja. lebih alami... air madu dan air gula stop aja, terlalu berat buat sistem cernanya... :)

Bu dokter saya punya binturong,dia mgok mau mkan..trhitung sudah 5 hari.maunya cuma minum susu ma air putih saja..gmana cranya biar doi mau mkan lg?

jangan dikasih susu, mas. kasih sari kurma aja sebagai gantinya....

bintu-nya umur berapa, mas? biasa dikasih makan apa? fesesnya gimana? mencret gak? infokan lagi ya mas...

Siang Drh FIra

Mohon penjelasannya lebih lanjut mengenai proses pengajuan izin pemeliharaan hewan langka ke BKSD berikut :

1. Apakah hanya diperuntukan untuk penangkaran ?
2. Apakah bisa diperuntukan untuk pribadi (hanya dipelihara sendiri)?
3. Apakah hewan yang diajukan harus sepasang (jantan/betina) ?
Mengingat ada kerabat saya yang hanya memiliki satu ekor hewan Appendix1 memiliki izin dari BKSDA. Bukankah justru hal ini yang mengancam kepunahan.

Saya berniat untuk memelihara dan mengembangbiakannya secara legal, saya sudah konfirmasi ke BKSDA setempat untuk meninjau lokasi pemeliharaan. Tapi alhasil semuanya gagal, padahal saya memiliki lahan uk.18x5 meter untuk tempat penangkaran.

Menurut saya peraturan yang dibuat BKSDA justru membuat hewan Appendix terancam punah ? Seharusnya BKSDA membuat peraturan untuk mempermudah pemeliharaan hewan Apenndix dgn penambahan syarat, kepemilikan harus sepasang, dan bisa diperjual belikan jika sudah dihasilkan minimal 3 generasi. Dan dengan pemberian sangsi jika hewan tersebut mati krn kurang perawatan.

Saya rasa dengan begini banyak pecinta hewan terus berusaha melestarikan kelangsungan hidup secara modern (krn habitat asal mulai tergeser menjadi bisnis dan banyaknya perburuan liar).

Banyak kasus justru banyak hewan mati ditempat penangkaran BKSDA.

Impian saya adalah, manusia dan hewan dapat hidup berdampingan tanpa ada rasa takut antara hewan dan manusia.

Terima Kasih

Dokter :(
Saya punya binturong
Saya rawat sejak dia berumur 2 bulan
Selama beberapa bulan awal saya taruh kandang luasnya 1x1m ingginya 1x1m (diluar rumah)
Umur 5 bulan. Saya buatkan kandang baru luas 4x2m tinggi 2m (di kuar rumah) biasanya tetangga pada lihat
Selama ini saya kasih pepaya/pisang
Biasanya saya selingi nasi+telur mentah dan daging ayam serta rempelo ati... Saya suapin biasanya
Tapi dok :(
Dia sampe sekarang (umur 1,5 tahun) masih aja gk jinak sama saya
Kalopas saya suapin. Saya senggol apa dikit dia kaget trus lari
Trus baru perlahan2 balik ke saya lagi. saya elus juga malah nyakar dan pengen gigi
Kenapa gk jinak ya dok?
Apa dia ingin kandang yang lbih besar dan didalam rumah?
Apa dia takut dg tetangga sekitar?
Kenapa dia gak jinak2 ya dok ? :(
Apa karna jarang saya mandikan? Knpa dok dia gak jinak2?

perlu mas ketahui kalau binturong emang sifatnya kayak gitu. kagetan dan kalau becanda suka kebangetan. mirip kayak musang rase, cuma lebih anteng rase. ada sih binturong yang jinak bener2 jinak, terutama binturong yang dirawat dari kecil... tapi itu juga jarang yang jinak 100%, rata2 jumpy...

dan kalau boleh saya tanya, mas berapa lama main sama si binturong sehari2? coba ajak main, 10 atau 15 menit sehari. kalau mas masuk ke dalam kandangnya, gimana? diserang nggak?

kalo menurut saya, bintu mas udah tergolong jinak. karena emang bintu kadang2 gitu, jumpy-an. cuma dia belum kenal mas aja, mungkin karena jarang mas ajak main...

coba taruh kaus bekas pakai mas di tempat dia tidur, biar dia kenal bau tubuh mas. sering2 ajak main... tinggal dikenalin lagi aja sama masternya.... :)

kabari saya lagi..

Dok saya punya bintu tapi msih kecil katanyasih baru 2bulanan, makannya cumn mau minum susu itu pun ga mau disuapin maunya minum sendiri, udh di coba kerokin pisang namun ga mau makan maunya minum susu aja.tapi badnya sehat dan kotorannya juga normal, keras. Itu gimna ya dok? Atau memang dgn umurnya segitu masih blm bsa makan

kalau dikasih makan lain kayak bubur bayi, dia mau?
kalau emang fesesnya normal2 aja, sebenernya sih gak apa2 dikasih susu. tapi ya kudu dilatih makan. coba aja kasih bubur bayi dulu. airnya dikit aja, jadi dibuat kental, sekitar bubur bayinya bisa dibentuk pake tangan... :)

Dok sya mau tanya
tips memelihara bintu itu di usia brp..??
trus tuk yg masih pemula gimana yaa..

kalau untuk pemula, pilih binturong yang udah jinak atau minimal pilih yang masih anakan karena lebih mudah dijinakkan.

Selamqt siang dok, 2 hari yg lalu sama nemu anak binturong di gudang belakang rmh saya, karna g tau jinak atau nggk akhir nya saya tangkep pake tali yg di jerat ke leher nya, sempet tercekik sih tp berhasil saya masukin kandang dan tali nya jg udah lepas, saya liat sih kuku nya seperti udah sering di potong, g tajem dan gigi nya pun baru tumbuh kecil". Saya kasih makan pepaya dan pisang sih g nyerang. Mlm nya saya coba deketin pake kayu kecil ke sekitar muka dan badannya, tp saya liat reaksinya tidak bener" gigit dan tdk agresif. Kemungkinan besar itu milik orang yg lepas, nah sampe saat ini blm ada yg mencari kerumah saya, mau saya pelihara dok tetapi saya bingung buat surat ijin nya, kan saya nemu. Gimana ya dok solusinya?
Terimakasih

kalau emang mbak mau izin sama BKSDA, resikonya nanti diambil sama orang BKSDA. dilema juga sebenernya.

kalau saya jadi mbak, mungkin saya akan pelihara aja. hehehe. tapi saya bukan ngajarin nggak bener loh, semuanya kembali lagi ke mbaknya... :)

Ooh begitu ya dok, iya sih dipikir" juga pasti g mungkin dpt 😅.
Saya jg udah buatin kandang yg lumayan besar tp dia perlu tempat sembunyi gitu g sih dok? Saya cuma buat alas kayu datar aja agak tinggi, kalo g saya mau beliin tempat tidur anjing/kucing gitu..
Sama jadwal makanannya itu yg baik kaya gimana ya? Brp kali sehari dan menu mkn nya bagaimana? Saya sering nya kasih buah, kalo kepala ayam rebus sesekali aja, telur juga sehari bisa 1 sampai 2, bener g sih dok? Saya takut ngasih mkn nya g tepat..

*newbie*
Mohon bimbingannya 🙏

gak usah kasih tempat sembunyi, cukup taro di kandang aja. dan sering2 ajak main biar jinak... :)

kasih makan 3 atau 4 kali sehari, jenis makanannya udah ada di atas, hehehe...

untuk menu makan yang sekarang juga udah oke, kok... :D

Dok mau tanya ,saya punya bintu umur ± 4 bulanan.baru dapat dari alam liar.dlunya 1 bulan terakhir dia aktif sama ownernya yg lama.tpi skarang sama ownernya yg baru dia agak malu2 .males bergerak.cuma tiduran aja.gimana dok solusinya.mau di pegang pun dia bunyi menggerang.makasih

Dok mau tanya ,saya punya bintu umur ± 4 bulanan.baru dapat dari alam liar.dlunya 1 bulan terakhir dia aktif sama ownernya yg lama.tpi skarang sama ownernya yg baru dia agak malu2 .males bergerak.cuma tiduran aja.gimana dok solusinya.mau di pegang pun dia bunyi menggerang.makasih

Dok mau tanya dong, saya baru adopt bintu sumatra usianya 2 bulan. baru 3 hari saya rawat, dia saya elus, dikandang maupun diluar sudah mau, tapi kalau saya aja bermain didalam / luar kandang masih gigit2x kepo dan belum mau di angkat dan gendong dipundak. dia masih belum anteng dan ingin lepas dari tangan saya dan turun. bagaimana ya caranya supaya dia bisa di angkat dan di gendong saya. untuk makan saya handsfeed terus dan nurut, cuma tidak mau diangkat dan di gendong saya. mohon solusi dari dokter. terima kasih

kalau gigit, pasti gigit kok mas. tapi biasanya arti gigitannya cuma "ini bisa dimakan nggak ya?"

kalau mas mau ngebiasain gendong dia, bisa dibiasakan dari sekarang. awalnya gendong sambil duduk aja. kalo dia udah biasa digendong saat mas duduk, baru nanti gendong sambil berdiri. dan jangan ragu2 dan jangan takut.

Dok alhamdulillah bintu saya sudah bisa saya pangku dan gendong semalam, tapi ada masalah lagi dok, kenapa bulu dibagian atas mata bintu saya botak sebagian ya. padahal tadi malam saya gendong dan kasih makan tidak apa2x. eeh tadi pagi pas saya mau maksih sarapan, ada botak di bagian atas kedia matanya. itu kenapa ya Dok, apakah itu penyakit jamur atau scabies ? dan bagaimana mengatasinya. berikut gambarnya saya sertakan juga. terima kasih banyak

This comment has been removed by the author.

belum tentu scabies, mas. karena biasanya kalo scabies pasti parah banget botaknya, dan ada bintik2 juga.... coba mas baca artikel cara mengobati scabies di blog ini...

saya tebak itu karena faktor cuaca aja. karena cuaca emang lagi kurang bagus. mending pindahkan kandangnya ke dalam ruangan dulu. jangan di luar.... :)

kalau saya oleskan vco di bagian yang botaknya, numbuh lagi kah dok bulunya. kemudian progress terakhir, bintu saya Alhamdulillah sudah anteng digendong di pundak, di pangku baik saya duduk ataupun berdiri. tinggal ngebuat dia ngikutin saya jalan, dan nurut kalo dipanggil, gimana caranya ya Dok ? terima kasih


Silakan upload gambar.