Tuesday, May 16, 2017

Cara Memelihara Monyet Pantai | Drh. Fira Sovica

Nama ilmiah monyet pantai adalah macaca fascicularis. Merawat monyet pantai sebagai hewan peliharaan memang mengasikkan karena jenis hewan primata ini termasuk hewan yang lucu dan mudah dijinakkan jika dipelihara pada usia muda. Berikut adalah

cara memelihara monyet pantai

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Anda bisa membaca artikel saya mengenai hewan eksotis lain, diantaranya cara memelihara binturong.



Cara Memelihara Monyet Pantai
Image taken from wikimedia.org
Berikut adalah cara memelihara monyet pantai:
  • Pilih monyet pantai anakan. Bukan monyet pantai bayi, namun monyet pantai anakan yang sekira bisa makan sendiri.
  • Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam memberi makan, karena monyet pantai yang masih bayi 'banget' harus anda suapi saat makan. Berbeda dengan musang anakan yang sudah bisa makan sendiri. Anda cukup menaruh makanan di kandang, dan dia akan makan sendiri nantinya. Meski demikian, sesekali anda bisa memberi makan monyet pantai peliharaan anda dengan cara handsfeed (disuapi) agar dia mengenal anda sebagai ownernya.
  • Pilih kandang yang memadai untuk musang pantai peliharaan anda.
  • Semakin luas kandang yang digunakan, semakin bagus. Namun jika dana anda terbatas, anda bisa menggunakan kandang kucing berukuran besar atau kandang kucing 2 tingkat. Berikan aksesoris beruba dahan-dahan kering dan rantai plastik agar monyet pantai peliharaan dan bisa bermain di dalam kandangnya.
  • Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai makanan monyet pantai anda.
  • Jenis buah-buahan yang biasanya digunakan sebagai makanan monyet pantai adalah potongan pisang lampung atau potongan pepaya matang. Selain itu, jika anda menginginkan makanan yang lebih praktis, anda bisa memberikan bubur bayi promina sebagai makanan monyet pantai anda. Bubur bayi promina untuk monyet pantai dibuat kental, airnya sedikit saja, dan sekira bisa dibentuk dengan tangan (berbentuk adonan, tidak encer).
  • Luangkan waktu untuk bermain dengan monyet pantai peliharaan anda agar dia jinak dan bonding kepada anda.
  • Minimal, ajak bermain dan berinteraksi monyet pantain peliharaan anda setidaknya 10 menit setiap harinya.
Demikian adalah

cara memelihara monyet pantai

. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pemahaman bagi anda dalam merawat monyet pantai peliharaan. Terima kasih (FS)

21 comments

Halo dok... bagaimana yah mengatasi monyet yg nakal...
kata orang cara menjinakan monyet dgn membuat dia takut dengan kita...

apakah benar dok... misalnya klo gigit kita pukul asal gak terlalu kencang

salah mas. malah sebaliknya, kalau gitu caranya, malah dia makin nakal...
sering2 aja diajak main, dan coba mas ajak dia ngobrol sambil liat matanya. dia ngerti kok,cuma gak bisa balas ucapan kita aja... :)
maaf karena baru balas.

Bu dr monyet pantai boleh dipelihara kan tidak termasuk hewan di lindungi

Boleh minta email or wa gak dok biar saya bisa tanya'' saya baru melihara monyet

masih boleh kok... :)

saya tidak menerima japri, mas.. :)

Hallooo dokter..
Mau nanya lagi dong masalah monpai, sore ini baru ambil anak monpai dari temen

Kata owner sebelumnya dia dikasih susu kental manis kaleng
Apa itu boleh Dok?

Setau saya susu yang bOleh untuk usia anak adalah susu yang non laktosa seperti Dancow yang non laktosa

Untuk pup nya encer gitu dok, warna dominan coklat dan pee nya berwarna kuning


Untuk masalah makan masih agak bikin kesel, soalnya dikasih pisang cuma digigit abis itu di lepeh/ dibuang lagi.. tapi giliran ada kotoran/sampah di masukin ke mulut


Dokter ada saran ga???
GBU Dok 🙏

sebelumnya maaf karena baru balas, mas... :(
jangan dikasih susu kental manis, mas...

untuk makanannya, kasih bubur bayi promina aja.

Sy baru mau beli monpai usia 3 bulan dok. Ap usia trsebut recomended untuk dijinakkn? Ad yg blg. Mnjinakkn monpai lbh mudah apbla diadopsi sejak bayi.

nggak harus dari bayi. yang penting, masih anakan alias belum dewasa.
kalo baru 3 bulan, masih gampang dijinakkin... :)

Malam dok, saya baru beli monpai umur 1 bulan, kira2 makanan untuk umur 1 bulan dikasih apa ya dok? Terima kasih sebelumnya

bisa kasih bubur bayi promina, mas... :)

monyet pantai?
sering2 diajak main. kalau mas nggak merokok, mas juga bisa taro kaus bekas pakai yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin.

Dr fira sovika. Mohon artikel ny tentang lutung. Lutung sy sedang sakit. 2 hari lalu muntah2 hebat. Kejadian ny mendadak tanpa gejala. Sekarang hari ketiga lutung sy sakit. Kemajuan sudah ada, frekuensi muntah 1/hari, sudah mau nyusu (non laktosa), sudah mau makan (bubur sun). Tapi keadaan ny lemas, sering tidur, tapi masih mau main. Sy mau bawa lutung sy ke dr hewan, tapi dr hewan ny sedang di luar negeri dan baru bisa praktek tgl 18. Tolong dok ap yg harus sy lakukan sekarang, tentang obat hingga penanganan yg baik.
Terima kasih drh fira sovika.

waduh, maaf banget karena saya baru balas, mas...
mending stop susunya, terus kasih air kelapa muda, sehari dua kali. untuk makanan, seminggu sekali kasih buah.
fesesnya gimana? mencret?
sekali lagi, maaf banget karena saya baru balas ya mas.

Apakah monpai bsa free room y dok?

Maaf dok diatas ada balasan dokter tentang taro baju bekas kita pakai diatas kandang.... Asal nggak ngeroko.... Maksudnya gimana dok

Selamat malam,
Mau tanya, saya baru adopt monpai 2 hari yg lalu, jinak bgt , umur kata yg punya kemarin 7blnan, nah pas hari pertama saya rawat kasih makan becanda dll, habis itu saya tinggal saya iket di rantai, nah ketika saya tinggal ada kucing berantem di deket monpainya , dia kagetan berisik bgt, trs saya ambil kan monyet nya (maksudnya biar monyetnya tenang) , pas udah tenang trs saya taro lagi kan saya iket di tiang pakai rantai trs dia ga mau, malah peluk2in saya terus ga mau di tinggal sampe sekarang (jd sayanya yg agak repot kalo ada urusan -_- )
Pertanyaannya
Apakah monyet ini ketakutan atau knp ya
Lalu gimana solusinya ya supaya monyetnya ga ketakutan lagi dan bisa mandiri
Mohon pencerahannya kk kk

dia udah mulai terikat sama mbak. saran saya, taro aja di kandang jeruji. nah di dalam kandangnya, taro kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringet. karena sama aja kayak bayi manusia, monpai biasanya mengenali tuannya dari bau tubuh kita....

emang agak gak tega sih awalnya, hehehe. tapi nanti terbiasa kok. :)

Dok mau tanya dong. Udh 2hari ini monpai nya sakit, keadaan lemas, mau ketemlat panas sperti trik matahari.
Umurmya 3 bulan, lagi kecil. Dok.
Ini kenapa ya dok.
Bingung harus apa, dan ngasih makan apa. Tolong di jawab ya dok 😊

maksudnya mau ketemlat apa ya mas?

fesesnya gimana? mencret?
sebelumnya ada gejala apa?

terlalu general sebenernya, mas. mending mas bawa aja ke dokter hewan aja...


Silakan upload gambar.