Tuesday, May 16, 2017

Cara Memelihara Monyet Pantai | Drh. Fira Sovica

Nama ilmiah monyet pantai adalah macaca fascicularis. Merawat monyet pantai sebagai hewan peliharaan memang mengasikkan karena jenis hewan primata ini termasuk hewan yang lucu dan mudah dijinakkan jika dipelihara pada usia muda. Berikut adalah

cara memelihara monyet pantai

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Anda bisa membaca artikel saya mengenai hewan eksotis lain, diantaranya cara memelihara binturong.
Cara Memelihara Monyet Pantai
Image taken from wikimedia.org
Berikut adalah cara memelihara monyet pantai:
  • Pilih monyet pantai anakan. Bukan monyet pantai bayi, namun monyet pantai anakan yang sekira bisa makan sendiri.
  • Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam memberi makan, karena monyet pantai yang masih bayi 'banget' harus anda suapi saat makan. Berbeda dengan musang anakan yang sudah bisa makan sendiri. Anda cukup menaruh makanan di kandang, dan dia akan makan sendiri nantinya. Meski demikian, sesekali anda bisa memberi makan monyet pantai peliharaan anda dengan cara handsfeed (disuapi) agar dia mengenal anda sebagai ownernya.
  • Pilih kandang yang memadai untuk musang pantai peliharaan anda.
  • Semakin luas kandang yang digunakan, semakin bagus. Namun jika dana anda terbatas, anda bisa menggunakan kandang kucing berukuran besar atau kandang kucing 2 tingkat. Berikan aksesoris beruba dahan-dahan kering dan rantai plastik agar monyet pantai peliharaan dan bisa bermain di dalam kandangnya.
  • Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai makanan monyet pantai anda.
  • Jenis buah-buahan yang biasanya digunakan sebagai makanan monyet pantai adalah potongan pisang lampung atau potongan pepaya matang. Selain itu, jika anda menginginkan makanan yang lebih praktis, anda bisa memberikan bubur bayi promina sebagai makanan monyet pantai anda. Bubur bayi promina untuk monyet pantai dibuat kental, airnya sedikit saja, dan sekira bisa dibentuk dengan tangan (berbentuk adonan, tidak encer).
  • Luangkan waktu untuk bermain dengan monyet pantai peliharaan anda agar dia jinak dan bonding kepada anda.
  • Minimal, ajak bermain dan berinteraksi monyet pantain peliharaan anda setidaknya 10 menit setiap harinya.
Demikian adalah

cara memelihara monyet pantai

. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pemahaman bagi anda dalam merawat monyet pantai peliharaan. Terima kasih (FS)

5 comments

Halo dok... bagaimana yah mengatasi monyet yg nakal...
kata orang cara menjinakan monyet dgn membuat dia takut dengan kita...

apakah benar dok... misalnya klo gigit kita pukul asal gak terlalu kencang

salah mas. malah sebaliknya, kalau gitu caranya, malah dia makin nakal...
sering2 aja diajak main, dan coba mas ajak dia ngobrol sambil liat matanya. dia ngerti kok,cuma gak bisa balas ucapan kita aja... :)
maaf karena baru balas.

Bu dr monyet pantai boleh dipelihara kan tidak termasuk hewan di lindungi

Boleh minta email or wa gak dok biar saya bisa tanya'' saya baru melihara monyet

masih boleh kok... :)

saya tidak menerima japri, mas.. :)

PERHATIAN

1. Jangan lupa untuk mengklik NOTIFY ME atau INGATKAN SAYA agar setiap jawaban yang saya tulisa bisa anda cek via email.
2. Kolom konsultasi ini bukan untuk kasus urgent. Sebaiknya segera bawa hewan yang sakit ke dokter hewan terdekat jika sakitnya sudah parah atau urgent.
3. Saya akan sangat berterima kasih jika anda mengirimkan FOTO FESES/TAHI hewan yang sakit. Anda bisa mengupload gambar feses hewan di postimage.org, lalu mengirimkan linknya beserta pertanyaan yang anda tanyakan.
4. BEBAS COPY PASTE dengan MENCANTUMKAN LINK ke blog saya. Anda bisa sharing artikel ini di facebook atau media sosial lainnya sebagai ucapan terima kasih, hihihi.....
EmoticonEmoticon