Tuesday, May 16, 2017

Cara Memelihara Monyet Pantai | Drh. Fira Sovica

Nama ilmiah monyet pantai adalah macaca fascicularis. Merawat monyet pantai sebagai hewan peliharaan memang mengasikkan karena jenis hewan primata ini termasuk hewan yang lucu dan mudah dijinakkan jika dipelihara pada usia muda. Berikut adalah

cara memelihara monyet pantai

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Anda bisa membaca artikel saya mengenai hewan eksotis lain, diantaranya cara memelihara binturong.



Cara Memelihara Monyet Pantai
Image taken from wikimedia.org
Berikut adalah cara memelihara monyet pantai:
  • Pilih monyet pantai anakan. Bukan monyet pantai bayi, namun monyet pantai anakan yang sekira bisa makan sendiri.
  • Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam memberi makan, karena monyet pantai yang masih bayi 'banget' harus anda suapi saat makan. Berbeda dengan musang anakan yang sudah bisa makan sendiri. Anda cukup menaruh makanan di kandang, dan dia akan makan sendiri nantinya. Meski demikian, sesekali anda bisa memberi makan monyet pantai peliharaan anda dengan cara handsfeed (disuapi) agar dia mengenal anda sebagai ownernya.
  • Pilih kandang yang memadai untuk musang pantai peliharaan anda.
  • Semakin luas kandang yang digunakan, semakin bagus. Namun jika dana anda terbatas, anda bisa menggunakan kandang kucing berukuran besar atau kandang kucing 2 tingkat. Berikan aksesoris beruba dahan-dahan kering dan rantai plastik agar monyet pantai peliharaan dan bisa bermain di dalam kandangnya.
  • Anda bisa memberikan buah-buahan sebagai makanan monyet pantai anda.
  • Jenis buah-buahan yang biasanya digunakan sebagai makanan monyet pantai adalah potongan pisang lampung atau potongan pepaya matang. Selain itu, jika anda menginginkan makanan yang lebih praktis, anda bisa memberikan bubur bayi promina sebagai makanan monyet pantai anda. Bubur bayi promina untuk monyet pantai dibuat kental, airnya sedikit saja, dan sekira bisa dibentuk dengan tangan (berbentuk adonan, tidak encer).
  • Luangkan waktu untuk bermain dengan monyet pantai peliharaan anda agar dia jinak dan bonding kepada anda.
  • Minimal, ajak bermain dan berinteraksi monyet pantain peliharaan anda setidaknya 10 menit setiap harinya.
Demikian adalah

cara memelihara monyet pantai

. Semoga artikel singkat ini bisa memberikan pemahaman bagi anda dalam merawat monyet pantai peliharaan. Terima kasih (FS)

108 komentar

Halo dok... bagaimana yah mengatasi monyet yg nakal...
kata orang cara menjinakan monyet dgn membuat dia takut dengan kita...

apakah benar dok... misalnya klo gigit kita pukul asal gak terlalu kencang

salah mas. malah sebaliknya, kalau gitu caranya, malah dia makin nakal...
sering2 aja diajak main, dan coba mas ajak dia ngobrol sambil liat matanya. dia ngerti kok,cuma gak bisa balas ucapan kita aja... :)
maaf karena baru balas.

Bu dr monyet pantai boleh dipelihara kan tidak termasuk hewan di lindungi

Boleh minta email or wa gak dok biar saya bisa tanya'' saya baru melihara monyet

masih boleh kok... :)

saya tidak menerima japri, mas.. :)

Hallooo dokter..
Mau nanya lagi dong masalah monpai, sore ini baru ambil anak monpai dari temen

Kata owner sebelumnya dia dikasih susu kental manis kaleng
Apa itu boleh Dok?

Setau saya susu yang bOleh untuk usia anak adalah susu yang non laktosa seperti Dancow yang non laktosa

Untuk pup nya encer gitu dok, warna dominan coklat dan pee nya berwarna kuning


Untuk masalah makan masih agak bikin kesel, soalnya dikasih pisang cuma digigit abis itu di lepeh/ dibuang lagi.. tapi giliran ada kotoran/sampah di masukin ke mulut


Dokter ada saran ga???
GBU Dok 🙏

sebelumnya maaf karena baru balas, mas... :(
jangan dikasih susu kental manis, mas...

untuk makanannya, kasih bubur bayi promina aja.

Sy baru mau beli monpai usia 3 bulan dok. Ap usia trsebut recomended untuk dijinakkn? Ad yg blg. Mnjinakkn monpai lbh mudah apbla diadopsi sejak bayi.

nggak harus dari bayi. yang penting, masih anakan alias belum dewasa.
kalo baru 3 bulan, masih gampang dijinakkin... :)

Malam dok, saya baru beli monpai umur 1 bulan, kira2 makanan untuk umur 1 bulan dikasih apa ya dok? Terima kasih sebelumnya

bisa kasih bubur bayi promina, mas... :)

monyet pantai?
sering2 diajak main. kalau mas nggak merokok, mas juga bisa taro kaus bekas pakai yang masih bau keringet di atas kandangnya. dilebarin.

Dr fira sovika. Mohon artikel ny tentang lutung. Lutung sy sedang sakit. 2 hari lalu muntah2 hebat. Kejadian ny mendadak tanpa gejala. Sekarang hari ketiga lutung sy sakit. Kemajuan sudah ada, frekuensi muntah 1/hari, sudah mau nyusu (non laktosa), sudah mau makan (bubur sun). Tapi keadaan ny lemas, sering tidur, tapi masih mau main. Sy mau bawa lutung sy ke dr hewan, tapi dr hewan ny sedang di luar negeri dan baru bisa praktek tgl 18. Tolong dok ap yg harus sy lakukan sekarang, tentang obat hingga penanganan yg baik.
Terima kasih drh fira sovika.

waduh, maaf banget karena saya baru balas, mas...
mending stop susunya, terus kasih air kelapa muda, sehari dua kali. untuk makanan, seminggu sekali kasih buah.
fesesnya gimana? mencret?
sekali lagi, maaf banget karena saya baru balas ya mas.

Apakah monpai bsa free room y dok?

Maaf dok diatas ada balasan dokter tentang taro baju bekas kita pakai diatas kandang.... Asal nggak ngeroko.... Maksudnya gimana dok

Selamat malam,
Mau tanya, saya baru adopt monpai 2 hari yg lalu, jinak bgt , umur kata yg punya kemarin 7blnan, nah pas hari pertama saya rawat kasih makan becanda dll, habis itu saya tinggal saya iket di rantai, nah ketika saya tinggal ada kucing berantem di deket monpainya , dia kagetan berisik bgt, trs saya ambil kan monyet nya (maksudnya biar monyetnya tenang) , pas udah tenang trs saya taro lagi kan saya iket di tiang pakai rantai trs dia ga mau, malah peluk2in saya terus ga mau di tinggal sampe sekarang (jd sayanya yg agak repot kalo ada urusan -_- )
Pertanyaannya
Apakah monyet ini ketakutan atau knp ya
Lalu gimana solusinya ya supaya monyetnya ga ketakutan lagi dan bisa mandiri
Mohon pencerahannya kk kk

dia udah mulai terikat sama mbak. saran saya, taro aja di kandang jeruji. nah di dalam kandangnya, taro kaus bekas pakai mbak yang masih bau keringet. karena sama aja kayak bayi manusia, monpai biasanya mengenali tuannya dari bau tubuh kita....

emang agak gak tega sih awalnya, hehehe. tapi nanti terbiasa kok. :)

Dok mau tanya dong. Udh 2hari ini monpai nya sakit, keadaan lemas, mau ketemlat panas sperti trik matahari.
Umurmya 3 bulan, lagi kecil. Dok.
Ini kenapa ya dok.
Bingung harus apa, dan ngasih makan apa. Tolong di jawab ya dok 😊

maksudnya mau ketemlat apa ya mas?

fesesnya gimana? mencret?
sebelumnya ada gejala apa?

terlalu general sebenernya, mas. mending mas bawa aja ke dokter hewan aja...

Dok kalau ngurus kebersihan kandang dan ngatur kotorannya gmn ya ??

seminggu 2x dibersihkan kandangnya. bagusnya, punya 2 kandang, jadi kalo yang satu dibersihkan, satu lagi sebagai gantinya (dipakai bergantian)...

sering2 ajak main, sering2 kasih makan pakai tangan. biar dia kenal sama mas...

Selamat malam dok, mau nanya.. Kalo melihara monyet pantai harus dimandikan atau tidak ? Dan biar monyet bisa nurut saat dimandikan gimana dok?
Satu lagi, monpai bisa free room gak dok? Intinya diajak main bebas tanpa rantai.. Apakah dia akan nakal atau hilang kendali kalo kita lepas free room?
Terimakasih.

dilap aja pake handuk kecil yang dibasahi air hangat, mbak.. atau mas... :D
bisa kok dibikin freeroom. asalkan dijinakin dulu. jangan sampe malah ngerusakin barang di rumah. amannya sih mending di kandang besar aja...

Dr beli monpay daerah jkt dimana ya

Dr beli monpay daerah jkt dimana ya

dok mau tanya, monpai saya umur 2 bulan dan tidak doyan susu. Dia malah lebih doyan madu. Saya mau tanya apakah tidak kenapa napa kalau saya beri madu ? Apa dapat mengganggu kesehatannya jika ia tidak minum susu ?

nggak apa2. malah menurut saya lebih sehat madu. :)
makanan utamanya apa mas? minimal seminggu sekali kasih buah... :)

Jadi tidak apa-apa dok kalau saya kasih madu tapi dia engga nyusu ? makanan utamanya buah-buahan dok. Pisang, wortel, timun, dll

nggak apa2, kok....
fesesnya gimana? nggak mencret kan? pokoknya kalau pengen tahu monyet pantai sehat atau nggak, bisa dilihat dari fesesnya. kalo gak mencret (mencret air bgt), saya kira dia masih sehat.....

atau bisa mbak kirim foto fesesnya kemari? biar saya analisa. upload di bagian silakan upload gambar, kalo udah dapet linknya, copas di komentar....

Dok, feses monpai saya mencret. Padahal kemarin engga. Langkah apa yg harus saya lakukan dok ? Sementara saya belum bisa membawanya ke dokter hewan

terakhir kali makan apa?
bagusnya sih bawa ke dokter hewan...

atau kalau belum bisa, kasih air kelapa muda aja....

Dok mw nnya jenis monpay ini ukurn badan nya klw da besr gimna y...trus kkw udh besr sama nggk siftnya kyk monyet atw kera yg jail. .nakal...

yang pasti, monpai itu ukurabn badannya tetep kecil meski sudah dewasa. nggak sebesar monyet pada umumnya.
soal jail atau nggak, kan bisa dilatih. kalau dia udah bonding sama kita, nggak kok. ya kuncinya ke jinak atau bonding apa nggak. coba mas baca artikel saya: perbedaan jinak dan bonding.

Dok, monpai bs dibreeding gk ya? Kira2 susah gk breeding monpai dlm kandang?

bisa. kalau susah atau nggak, sebenernya tergantung. saya sendiri optimis, monpai bisa dibreeding...

Siang dok..mau tanya,monpai saya 3bln kata yg empunya sblmnya..br 4hruan dg saya udh nurut dan maunya nempel aja,tapi yg jd kendala monpay nya gk mau masuk kandang lg dok,selaku oingin digendong pagi siang malam,kan ganggu banget..gmn solusi nya dok? Dimandikan br sekali,itupun saya smpai digigit krn shock x monpay nya,,bau nya apa krn kena pipis nya lg atau apa ya? Smnjk dimandikan sih gk trlalu bau,cm lama2 bau lg krn saya suka cb dikandangkan lg monpay nya walau dia gelisah.

Maaf nih,numpang lapak sapa tau ada yg kinat dg monpai betina usia 3bln up yg saya,lucu,baik,jinak,tdk gigit,makan minum normal,,alasan dijual takut mati kalo saya keluar pulau krna tak ada yg ngajak main..yg minat wa 081214931380,no sms phone,thanks

kenapa dijual, mas?
maaf karena saya baru balas. abis keluar kota.

coba aja kandangin, dibiasakan. emang kalo udah terbiasa nempel sama orang ya gitu, maunya nempel terus... karena waktu diambil dari hutan, ya dia gak punya siapa2 lagi.... dia gak punya temen, gak punya orangtua... maka dia cenderung nemplok sama orang yang dia anggap baik sama dia....

emang butuh komitmen besar sih kalo pelihara hewan.... karena saat direnggut dari habitat aslinya, dia udah gak punya siapa2 lagi....

dok saya mau tanya, boleh gak monpai dikasih minum Yakult ?

Permisi Dok, boleh saya bertanya? Saya punya monpai umur 3 bln, itu juga baru saya adopsi, kenapa ya kalo saya gendong mau gigit terus, cara biar tidak gigit dan jinak gmn dok! Tks

dijinakin dulu, mas. jangan gendong dulu. awal2 elus2 aja di kandang atau ajak main, minimal 10 menit sehari. suapin makanannya ke mulutnya. elus2 di lantai. lakukan terus selama minimal 2 minggu...

maaf karena baru balas...

This comment has been removed by the author.

Saya jual krna takut tak ada yg merawat selama saya ada kegiatan keluar pulau dok..dirumah cuma akrab dg saya aja,tidur pun cuma mau dg saya. Alhamdulillah sudah dipegang keluarga baru nya yg amat sayang padanya..dan molly pun terlihat betah dg empunya yg baru dilihat dr perkembangan2 yg dikirim via wa empunya baru nya.

Drh.fira,,boleh gak mnta kontak wa nya utk bisa lbh lnjut tnya2 soal binatang peliharaan nya..sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasi

Dok monyet pantai umuran 3 atau 4 tahun kalo gigit bahaya gak? (Rabies) tks dok... Mohon jawaban nya!

saya gak buka konsultasi via japri, mas. maaf banget.

wah, saya seneng dengernya! :)
mas kasih aja url blog saya ke ownernya dia yang sekarang. kalo mau ada yang ditanyain, suruh kemari aja..... :)

bisa aja, mas.
terutama kalo kebersihan kandang dan monyetnya gak terjaga. selama dia bersih, saya rasa aman. ya paling luka aja dikit, hehehe.

kalo soal rabies, bisa aja. mungkin bisa mas vaksin ke dokter hewan terdekat. mas tinggal di kota mana?

Oh gitu ya dok... Kalo kandang sih di bersihkan kan tiap hari, umuran 3 atau 4 bln boleh di suntik vaksin dok?
Daerah KARAWANG dok. Mksi buk DOKTER!!!

Bawa ke Klinik Hewan Galuh Mas aja.
Alamat: Perumahan Galuh Mas Ruko Acardia Blok D, 30, Sukaharja, Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41361
Jam buka: Buka pukul 10.00
Telepon: (0267) 8633448
Provinsi: Jawa Barat

Saya kemarin baru beli monyet pantai usia nya sekitar 3 bulan lebih, Cara agar monyet dekat dengan kita gimana ya soalnya monpai punya saya kalo pengen di pegang ngejauh mulu apalagi pas saya ingin membuka pintu kandang dia ingin berusaha kabur, supaya dia jinak dan dekat dengan kita gimana ya 😰

sementara jangan diganggu dulu. jangan dipegang. cukup sodorin aja makanan dari luar kandang pake tangan, dari sela2 jeruji. biar dia percaya sama mas.

masnya merokok? kalau masnya gak merokok, mas bisa taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet, taro kaos bekas pakai mas di atas kandangnya. dilebarin, dijemberingin, di atas kandangnya, biar dia kenal bau tubuh mas.

lakukan terus menerus ya mas. atleast, kalau dia sering liat mas, lama2 dia akan percaya sama masnya...

Dok Sampe berapa lama ya monyet bisa dekat dengan kita?

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

kalau mas intens terus dengan cara yang saya tulis sebelumnya, cepet kok. nggak sampe sebulan biasanya udah mulai kenal sama mas.

kalo sampe bonding, emang tergantung karakter monyetnya. mas tahu bonding? coba baca artikel saya: bedanya jinak dan bonding

Dok saya mau tanya ini kira² umur berapa ya?

link gambarnya taro di komen, mas...
masukkin gambar di bagian silakan upload gambar, terus kalo udah dapet linknya, copy paste di komentar,,,

lah kalo umur 1,5 tahun kemungkinan jinaknya ada nggak dok

sangat mungkin, mas. saya dulu juga punya monyet pantai umur 2 tahun lebih, masih bisa bonding sama saya. :)

Salam kenal dok, mohon pencerahannya untuk waktu/jadwal makan minumya . Serta jenis makanan dan minuman nya, untuk jenis susunya dan cara pemberian susunya (dot/cara lain) seperti apa ya..
Trims

kalau dia udah mau minum sendiri tanpa dot, kasih aja langsung...

makanan diberi 3 hingga 4 kali sehari. biasa mas kasih makan apa?

oh ya, susunya mas kasih susu apa?
kasih susu non laktosa ya. kayak sgm llm.

dok monpai saya umur 5 bulan dan baru 3 hari saya adopsi, kadang ekornya dia gigitin sendiri sampe bulunya gundul dan luka. solusinya gmna dok?

kayaknya stress, mas. mending karantina dulu di ruangan sepi suara.

cek juga ekornya. mungkin ada kutunya.

seminggu sekali bisa dimandiin pake air hangat campur dettol antiseptik...

makasih dok infonya..
biar bulunya tumbuh lagi gmna ya dok?
dikasih makan apa ya biar cepet tumbuh bulunya.

kalo mas yakin gak ada kutu atau jamur di ekornya, mas bisa kasih VCO atau minyak kemiri ke bagian yang botak

Dok saya mau nanya dong,saya punya baby lutung to kmrin dia muntah banyak banget skrg kondisi nya lemes banget, makan tetep mau tp dia msh lemes badannya, dia skrg tidur trus, kira2 obat nya apa ya dok terimakasih... Mohon arahan nya dok

kasih minum air kelapa muda. dan mbak kasih susu ya? jangan dikasih susu. kasih makan buah aja, pepaya atau pisang.

Kalo di kasih sun boleh ga dok? Kmrn saya kasih sanmol drop untuk bayi itu aman ga ya dok tp hanya sedikit setengah dosis bayi,

jangan dikasih obat manusia.
sementara kasih air kelapa muda aja mbak... :)

This comment has been removed by the author.

Dok lutung sya ini pencernaan nya kek nya lg ga sehat, kmrin udh sembuh dr demam sekarang dia diare apa yg dia makan itu yg kluar jd pup nya (contoh) dia makan pisang trus pup nya kluar kek bubur pisang gitu badan nya jd lemes berjalan gak kuat gmna nih dok apa yang harus saya lakuin 😭😭 mohon bantuan nya dok

kasih minum air kelapa muda aja coba mbak.
untuk makanannya, coba kasih bubur bayi promina aja buat sementara....

jangan dikasih makan lain selain itu,...

segera lakukan dan kabari lagi

Iya ini saya ksh dia bubur bayo dok, tp badannya masih lemas dia mau makan tp badannya tetep lemes kalo dia jalan pasti jatuh, atau dia ini lg cacingan ya dok krn perut nya kek gede tp badan lemes, obat nya apa ya dok untuk baby ku ini 😭

kalau emang urgent, saya sarankan bawa ke dokter hewan aja, mbak ayu. saya punya dugaan dia kena distemper, tapi semoga saja salah.... segera bawa ke dokter hewan...

atau mbak bisa kompres pake botol air hangat yang ditempelkan ke perutnya... mungkin bisa membantu...

Ya dok kemarin saya kompres pake air hangat alhamdulillah mendingan saya ksh jg air hangat2 kuku untuk dia minum di ksh gula biar dia bertenaga, alhamdulillah enakan tp skrg msh lemes krn kembung nya msh mungkin, drh di sini kek nya kurang paham untuk hewan2 primata gini dok maka nya saya takut membawa nya ke drh, kalo obat cacinh yang cocok untuk baby lutung apa ya dok?

jangan dikasih air gula lagi. cukup kasih air kelapa aja buat penambah tenaga-nya. bisa campur sari kurma ke air kelapanya. asalkan, jangan dikasih air gula.

bisa mbak kirim foto fesesnya kemari? foto tahinya? biar saya analisa.... masukkin aja di bagian silakan upload gambar, nanti dapet linknya, nah linknya taro di komentar....

Itu fases nya dok, dok saya mau nanya kalo baby lutung suka makan jeruk utu aman gak ya dok? Baby lutung ku suka banget makan jeruk.. Sekarang dia lg flu dok ingus nya suka keluar kalo tidur itu obat nya apa ya dok?

https://i.imgur.com/mR3RFmX.jpg, itu link nya dok

selama jeruknya nggak asem (alias yang rasanya manis), aman aja kok... :)
dari fesesnya sih sehat. mbak kasih makan apa dia? :)

mungkin bisa dikasih kurma tahniq aja. sari kurma tapi yang bentuknya tetes. kasih itu aja dulu. :)

https://i.imgur.com/bteneNR.jpg, https://i.imgur.com/KMtMRvD.jpg,

Dok kalo obat untuk lutung yg flu itu apa ya karna baby lutung sya bersin2 kadang ada ingus yg keluar

mungkin bisa dikasih kurma tahniq aja. sari kurma tapi yang bentuknya tetes. kasih itu aja dulu. sama pastikan ruangannya gak dingin, alias tanpa AC... :)

sekarang gimana lutungnya mbak? :)

Kak.aq baru pnya monpai...
Kira2 umur 2 bulan 3 bulan
Baru beli 2 hari yang lalu.
Awal datang aq mandiin sama air hangat
Dia teriak2
Saking gemez nya aq pukul ..
Sampe sekarang dia gak mau di gendong.
Tapi klo aq kasih makan dy mau
Aq elus2 mau.
Tp klo digendong dy gak mau
Knp kak ya
Aq gk pnya kandang besar
Jadi aq kandangin pnya burung
Tp kadang aq lepas dikamar
Bagaimana cara nya agar dia mau digendong dan nempel sama aq kak

Kak.aq baru pnya monpai...
Kira2 umur 2 bulan 3 bulan
Baru beli 2 hari yang lalu.
Awal datang aq mandiin sama air hangat
Dia teriak2
Saking gemez nya aq pukul ..
Sampe sekarang dia gak mau di gendong.
Tapi klo aq kasih makan dy mau
Aq elus2 mau.
Tp klo digendong dy gak mau
Knp kak ya
Aq gk pnya kandang besar
Jadi aq kandangin pnya burung
Tp kadang aq lepas dikamar
Bagaimana cara nya agar dia mau digendong dan nempel sama aq kak

kenapa dipukul? :(
kayaknya dia trauma... kalo dia lagi teriak2, elus2 aja mas. jangan malah dipukul.

sekarang yang jadi PR mas, adalah ngebuat dia percaya lagi sama mas. yang sabar, punya monpai sama aja kayak kita ngerawat anak sendiri.

coba kasih makan pake tangan. potongan buah, potong kecil2, disodorin ke mulutnya dia... :)

Pagi dok,, sy baru beli monpai usia 6 dan 9 bulan,, sehari di mandiin 2x kandang juga di bersihin terus klo pas monpai lagi main di luar kandang,, tp ko masih ttp bau ya dok,, solusi menghilangkan bau monpai gmn ya dok???

gak usah dimandiin sehari 2x, mbak. cukup 3 hari sekali aja.
emang dasarnya ya mereka ada aroma khusus. buat menandai wilayah kekuasaannya. bahkan menurut saya bagus kalau ruangan di sekitar kandang udah agak bau, karena itu artinya si monpai merasa nyaman dengan lingkungannya... :)

Klo di tangan nya tumbuh kaya bisul gitu bahaya ga dok??

sebelumnya maaf karena baru balas...
dia suka garuk2 bagian yang kayak bisul gitu?
bisa mbak kirim gambarnya ke sini nggak?

sore dok, saya mau nanya nih. saya baru mau beli lutung baby, kira2 umur sebulanan. Kasih makan apa ya dok yg bagus? dr penjual sih bilangnya makan pisang dan minum susu. Trus saya liat banyak yg pakein lutungnya popok, itu wajib apa gak y dok? pake popok sebenarnya utk apa ya dok?

trus dok, saya juga mau nanya saya sering liat di yutub monyet terikat banget sama majikannya, bagaimana cara mengatasinya ya? lalu sebaiknya untuk lutung baby ditaruh dikandang yg bagaimana? usia brp dok kira2 lutungnya mulai bandel rusak2in barang dan bgmn cara mengatasi bandelnya? trims

silakan baca artikel di atas, mbak. bisa juga kok buat lutung juga. gak wajib dikasih popok juga sih mbak. kalau emang mbak mau dikasih popok ke dia, nggak apa2...

bukankah kalau si monyet bonding sama mbaknya malah bagus? kenapa mbak malah nggak mau dia terikat secara emosional (bonding) sama mbak?

iya, bisa ditaro di kandang dan dibiasakan di kandang.

Dok saya mau nanya, Monyet Pantai itu ada undang-undang nya apa nggak sih dok?
Terima Kasih

setau saya sih untuk monyet pantai emang belum dilindungi. CMIIW.

Dok saya mau tanya ,saya bru adopt monyet pantai bayi umur 1,5 bulan, kalo tidur slalu pengen di telapak tangan saya klo saya angkat langsung bangun gmna ya dok biar dia bisa tidur soal nya klo ga di telapak tangan ga mau tidur, mohon info nya dok, kalo tempat penangkaran monpai di bogor dmna ya, saya ga tega pengen ngebalikin ke alam tapi takut ga bisa mandiri

emang gak bisa sembarangan lepas monyet pantai, apalagi yang masih bayi banget kayak gitu. karena dia masih sangat bergantung sama kita, ownernya. kalo dilepas ke alam, pasti mati....

kalo di bogor, saya kurang tau. atau mas bisa telpon ke pihak BKSDA bogor aja. bisa juga mas telepon kebun binatang ragunan, minta rescue monyet pantainya....

Dok, saya mau tanya. Saya berminat untuk adopsi baby monpai. Sebelum saya mau adopsi saya searching bagaimana merawat baby monpai, ada tertulis katanya orang yang sudah berkeluarga ga bisa rawat. Saya ingin adopsi untuk bermain sama anak saya, soalnya saya ibu rumah tangga yang suka diem di rumah, gak suka main kemana". Kasian kalo liat anak saya seperti mau main sama teman yang diluar. Btw monpai boleh ga freeroom? Saya sih gak mau dikandangin. Biar berduaan terus sama anak saya, anak saya umur 1,6thn dok. Terimakasih dok

alasannya orang yang udah berkeluarga gak bisa pelihara monpai apa mas? :)

sebenernya sih boleh2 aja orang yang sudah berkeluarga pelihara monpai. hanya saja, kayaknya kalau untuk anak-anak, mending jangan. resikonya terlalu gede, baik untuk anak tersebut, maupun monpainya.
yang saya takutnya, anaknya mas memasukkan kotoran ke mulutnya. anak umur segitu kan masih seneng masukkin apapun ke mulutnya. jadi agak kurang cocok juga kalo buat dipelihara oleh balita....

resiko lain: penyakit yang ditularkan si monyet ke si anak.

Dok saya mau tanya ni ,saya punya anak lutung kira2 1 bulanan trus bingung kasih makan apa dok ..gimana ya bagusnya kasih susu apa

nggak usah kasih susu. kasih bubur bayi promina aja mas. :)


Silakan upload gambar.