Wednesday, May 24, 2017

RIP Errol... | Drh. Fira Sovica

Sangat berat untuk menerima bahwa Errol, burung hantu saya, saat ini sudah tidak bersama saya lagi. Beberapa minggu lalu, Errol pergi dari rumah. Saat itu saya tidak begitu khawatir karena Errol sangat sering pergi keluar rumah selama beberapa hari bahkan beberapa minggu lamanya. Tepat seminggu setelah Errol pergi, saya merasa.... ada sesuatu yang mengganjal. Entah apa itu. Tapi saya yakin, entah bagaimana caranya, saya tahu ada yang sedang terjadi pada Errol.
RIP Errol...
Image taken from wikipedia.org
  • Tidak ada cara yang tepat untuk menggambarkannya. Seperti ada sesuatu yang salah, namun anda sendiri tidak tahu apa. Ada saat dimana saya terlalu sentimentil, mendadak mengeluarkan air mata dan menangis tanpa tahu kenapa. Bersamaan dengan itu, kesehatan saya menurun. Keluarga, yang memang sudah bisa menebak apa yang tengah terjadi, segera menyuruh saya untuk beristirahat. Saat saya tidak sadarkan diri, keluarga akhirnya melarikan saya ke rumah sakit....
  • Setelah sadar, keluarga berkata bahwa saya sempat koma selama 5 hari. Selama 5 hari tidak sadarkan diri itu, ada beberapa kejadian yang berkaitan dengan Errol di dalam mimpi saya. Jika saya tulis di artikel ini pun, saya ragu ada orang yang percaya dengan cerita saya ini. Yang jelas, pasca koma, saya merasa ada kelegaan besar, ada penerimaan bahwa Errol sudah meninggal. Sama halnya seperti kucing, owl juga akan pergi jika dia merasa ajalnya sudah dekat. Burung hantu akan pergi jika dia merasa mau mati.
Terakhir, RIP Errol. Met jalan, buddy. Semoga kita bisa bertemu lagi kelak. (FS)

98 comments

Turur berduka buat errol . Dan mbak nya jGa kesehatan

Saya udah coba ikuti tips2 dari dr Fira utk bo saya semenjak 3 bulan lalu saat bo saya masih kecil brancher awal
Alhamdulillah bo saya sekarang sudah juve dan klo malam bisa berburu sendiri dan terbiasa pulang sendiri klo sudah pagi tanpa perlu saya beri anglet dan tali
Terima kasih dr Fira
Salam buat errol semoga errol dan dr Fira diberikan yg terbaik

makasih banyak mas... :)
udah agak mendingan sih... :)

amiiin, makasih atas doa dan semangatnya, mas! :)

Turut berduka dok....ikatan batin yg hebat...salut sama buk dokter n errol...
Selamat jalan errol

Turut berduka dok....ikatan batin yg hebat...salut sama buk dokter n errol...
Selamat jalan errol

Ikut sedih mendengarnya dok.yg sabar dok.mimpi itupun sebagai tanda ikatan dokter dgn errol yg erat terjalin.tetap semangat dok,tetap berkarya..

Loh dok errolnya :( sabar ya dok. Tetep menjadi dokter yg hebat ya dok.

terima kasih banyak, mas aries... :)

emang masih sering mimpi ketemu 'errol dalam bentuk manusia' itu mas, hehehee....

terima kasih banyak, mas jarod... :)

terima kasih banyak, mas arief... :)

Yg sabar dok, oh ya saya baru ingin adop bwk dok, denger denger bwk mudah mati dok, apa benar ,? Dan boleh ga bwk dikasih makan potongan ayam dari pasar , soalnya saya blum tau beli tikus dmna dok , terimakasih sebelum nya , dan bisa kah alap alap di ternak atau di kembang biakan ?

Mimpi kadang memang merupakan pesan sasmita/perlambang.sehingga apa yg terjadi di mimpi kadang masih perlu dicari artinya,hehee

Kl begitu mungkin kadang mlh seolah errol y masih ada di sekitar y dok.

Lalu padma gimana dok?

ya, sama2, mas. maaf karena baru bales. :)
bwk nggak mudah mati asalkan kita bener peliharanya...
bagusnya sih mending jangan pake ayam potong dari pasar mas. mending pake emprit/puyuh...

padma juga kayaknya merasa. entah dia juga mimpi yang sama atau nggak, saya nggak tahu. tapi emang ada bedanya. dia kayak lebih deket ke saya, suka menclok di kepala kalau saya lagi kerja. padahal dulu gak gitu....

yang suka menclok di kepala itu si errol...

turut berduka dok, pdhl baru aja baca2 cerita dokter tentang si errol eh udah ga ada sekarang si errol nya..

oh iya dok skalian mau nanya, saya mau adopt buffy fish owl usia brancher akhir menuju juvenil awal nih dok, saya mau ambil owlnya dari surabaya mau saya bawa ke kosan di daerah malang, nah saya takutnya stres gitu gara2 perjalanan dari sby menuju malang karna saya bawanya pake kendaraan motor, apakah tidak apa2 jika saya bawa pakai motor trus ditaruh kardus gitu aja owlnya?

trus pas udah nyampe kosan saya taruh dalem kamar dgn kondisi lampu mati gitu aja gakpapa kan dok? dilepas gitu aja?
oh ya kosan saya juga ga bgitu rame, cuman sesekali aja ada anak kos lain lewat di samping kamar,dan karna kosan saya lumayan sepi jadi suara kaki lumayan kedenger jelas gitu hehe

jalanan surabaya - malang ramai ya mas? banyak bus/truk yang mengeluarkan suara2 mengagetkan?
kalau bisa, jangan pake motor. pake bis aja.
dan pilih burung yang masih bulu kapas. tingkat stressnya lebih rendah biasanya.

setelah sampe rumah, taro aja di kamar. masnya merokok? kalau merokok, taruh di kamar lain aja. kalo gak merokok, di kamar mas aja. kasih super-n setetes setiap hari.

silakan baca2 dulu artikel2 saya tentang burung hantu di sini... :)

Makasih ya dok , oh iya , buffy temen saya baru adop sayapnya turun , kata owner sebelum nya abis nabrak , apa bisa sembuh dok ? Gimana cara nya semisal bisa, maaf dok banyk nanya makasih bnyak dok,

malah saya seneng bisa jawab2 pertanyaan dari pengunjung, mas... :D

kalau sayapnya yang turun dia naekin pakai tangan (dorong ke atas pelan2), burungnya kesakitan nggak?

kalau nggak kesakitan, biarin aja, mas. nanti akan normal lagi. kalau kesakitan, cari titik bagian yang sakitnya, terus bisa oles minyak urut ke kulitnya (bukan ke bulunya). jadi bulunya disibak dulu, terus oles minyak urut di situ

Alhamdulillah udah nyampe kos dok owlnya, cuma dia agak bengong gitu pas tau tmpat barunya

Tp masih doyan makan, cuma dia keseringan bengong jadi makananya kadang sampe lupa padahal udah dicengkeram sama kakinya tapi gak dia makan hahaha

oke sip. :)
kasih super-n setetes setiap hari mas... :)

Turut berduka dok
RIP errol... I know what you feel dok. Apalagi owl saya meregang nyawa d pelukan saya, sedih bingit.

Jaga kesehatan, you're strong enough

Tetep semangat trus buat buk dokternya hihi, mudah"n erol bhagia disana amiin..buk namaku indra dri cirebon Ohh iyah dok aku punya clepuk msih ada bulu kapas dia bru balajar terbang dekat n lompat" pendek. Namanya poo.. Aku udah ngikutin saran2 dri artikel2 buk dokter sbelumnya tentang melatih owl biar nurut, tpi blum ada hasil dia msih blum brani terbang deket ke tanganku buk, maunya di suapin mlu :v jdi gmana pendapat buk dokter

This comment has been removed by the author.

Dok tadi buffy saya abis saya kasih makan potongan ikan trus selesai makan keluar air dari lubang paruhnya, kira2 knapa tuh dok? Apa masih sehat dia? Kalo Feses normal sih dok

waaah, mas volta! apa kabar? :D

iya, makasih banyak, mas. udah agak enakan meski masih sering dikunjungin seseorang pake jubah putih di mimpi... :)

kayaknya sih itu "dia"....

tunggu aja beberapa menit atau tunggu sampe besok, sambil terus dicek lubang hidungnya. kalo lama kelamaan gak ngalir lagi, dan nafsu makannya tetep oke, gak masalah... :)

iya mas indra, makasih banyak. salam kenal ya.
udah coba kasih makan pingkies (bayi tikus putih yang masih merah dan belum melek)? biar instingnya tajem. coba aja...

mas udah berapa lama pelihara?
karena faktor lamanya pelihara juga ngaruh. karena dia belum percaya dan belum mengenal mas, kemungkinan karena itu.

kabari lagi

Salam kenal juga buk dokter, klo bayi tikus blum pernah buk, tpi klo daging sapi pernah buk tpi baru ku kasih daging tdi mlem n 2 hari yg lalu, tdi hbis mkan daging fesesnya warna item kentel kek coklat gtu, jdi untuk kdepan gak akan ku kasih dging lg buk tkut gak cocok sama perutnya, klo untuk mengapdosi poo baru 3 mingguan dok dri mulai dia msih bnyak bulu kapasnya, ohh iya si poo klo mkan agak susah skrg hrus sabar soalnya jedanya agak lama sekitar 2 mnitan bru mau mkan lg jangkriknya dia msih di suapin buk ..

mungkin mas bisa kasih super-n aja buat jaga2...

buat dagingnya, coba aja kasih daging puyuh. beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya....

Oke dok terimkasih untuk masukanya, tdi sore tubuh bgian bwahnya basah mungkin dia mandi di tmpat mnumnya, efeknya tdi matanya gak kebuka lebar sperti biasanya, bsok aku kasih super n dok boar sehat trus, klo untuk fesesnya putih susu n bening cair, tpi untuk mkan msih lahap n aktif .. Sekali lg trimakasih dok hehe, klo ada apa2 nnti aku nnya lg ya dok hehe

Turut berduka ya dok... maaf jika telat..
saya baru baca..
dan sesama pemelihara owl..saya mau tanya2.
Owl saya Chino, umur 2tahun.. paruh bawahnya sudah kelewat panjang sampe melengkung jd suka kasih masalah ke dia spt nyangkut di kaki & sayap...
kira2 dokter hewan mana di jakarta yg bs bantu buat coping paruh Chino ya dok?
Karena yg saya tau kan ada beberapa dokter hewan yg td bs membantu menangani pasien burung hantu..
saya jd agak stress deh dok hehehe maaf curhat but seriously need help..

sip. ditunggu kabarnya. silakan baca2 dulu artikel2 saya di blog ini ya mas... :)

makasih banyak, mas yogi. :)
mas bisa telepon ke rumah sakit hewan ragunan. udah ada artikelnya, RUMAH SAKIT HEWAN RAGUNAN.

mas jakartanya mana? di daerah tangerang juga ada puskeswan...

Saya bintaro dok, jakarta selatan. Tangerangnya dimana ya dok? Klo msh tangerang selatan masih deket rumah saya tuh dok...

di kecamatan ciputat. iya di tangsel, mas...
area Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Jombang, Kecamatan Ciputat

Huaaa errol... ;( turut berduka cita dok.. Guru dan Panutan bo ku.. Dari masa2 bo ku masih merah :).. ampe skrg udah juve :) saran2 dan arahan2 dokter dan errol sungguh berguna.. Sekarang bo ku udh temenan sama scop owl dok mereka anteng berdua hehe.. Oiya dok aku mau tanya klo bo kok kadang galak ya ? Padahal di loloh dr brancher.. Salam buat padma, jaga kesehatan ya dok dan semoga cepat sembuh..

iya, mas. hehehehe. makasih banyak. :D

si BO suka galak sama kita atau sama si scoop owl? dua-duanya wajar sih. karakter BO kadang ada yang kayak gitu. tapi coba cek: kalo dia galak sama kita, biasanya ada perilaku kita yang dia gak suka. atau bisa juga karena banyak suara berisik. owl gak suka suara2 berisik dan mengagetkan.

namun, bagi owl yang labil, kadang tanpa kedua sebab itupun, dia bisa aja galak tiba2. kayak si errol dulu. bisa tiba2 galak tanpa sebab. ditanya kenapa, malah munggungin. dijawil, malah lebarin sayap kayak mau nyerang. hehehe....

jadi wajar kok... :)

Sama kita T-T nah iya bner dok munggungin, terus battling tanpa sebab haha.. Oya skrg sering kedatengan bo lain dok mereka klo komunikasi kok suaranya berubah ya dok kadang serem iramanya haha..

Oya satu lagi lupa dok, selain pendulum apa lagi ya buat mengetahui jenis kelamin terutama scoop owl? Apa dari warna mata bisa dok?

iya, betul! hahaha... :D
soal komunikasi antara dua owl, emang begitu. buat sebagian orang emang agak nyeremin, tapi kalo udah kebiasaan nggak kok....

periksa ke dokter hewan. itu sih yang paling akurat, mas. kalo scoop owl emang agak susah...

ada yang bilang katanya corak bulu dibawah sayap juga bisa jadi acuan. tapi jujur saya belum pernah riset... :)

Feses bubo bercampur putih agak hijau. Mata merem melek . Drh di kota saya ga bisa nangfulangin, solusi gmna dok?

Dok buffy saya skrg kok makanya agak susah ya? Maksutnya dia kalo gigit makanan kayak setengah2 gitu dok, malah kadang dilepasin lagi itu makanannya, jadi saya kalau kasih makan harus masukin sampe kelidahnya baru dia mau nelen, kira2 knp ya dok?
Pdhl dulu rakus kalau makan, biasanya saya kasih potongan ikan agak gede dia cabik2 sndiri, skrg kasih potongan kcil aja susah makannya

This comment has been removed by the author.

Mohon pencerahannya ya dok hihi

Saya baru Nemu celepuk dok tapi g tau brp umurnya,sudah sama saya hampir 2 Minggu tapi dia masih agresif bgd,pdhal udah nurutin cara" jinakin celepuk,mohon pencerahannya hihi

turut berduka cita dok.
mungkin itu juga sudah normal apalagi errol sudah lama banget sama dokter.
pasti ada hubungan batin tentang hati,dan pikiran antara dokter dengan partnernya.

turut berduka buat errol Dok. saya mau tanya Dok apakah boleh memelihara burhan berbeda jenis dalam tempat yang berdekatan / tanpa pemisah? saya punya barn owl dan niat beli o-bay owl klo memang boleh / bisa ditempatkan bersamaan. terima kasih

sebelumnya maaf karena baru balas. fesesnya/tahinya gimana? masih 3 elemen? karena burung hantu yang sehat biasanya fesesnya ada 3 elemen, seperti yang saya tulis di artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU...

coba mas kasih super-n setetes setiap hari. beli di toko makanan burung....

sekali lagi, maaf karena baru balas. kabari terus.

Fesesnya masih tiga elemen dok terkadang ada warna coklat encer juga tapi gak terlalu sering, kalau dikasih pakan hidup dia masih mau dok, kalau dikasih potongan ikan dia gak nafsu gitu kyknya, prnah sy coba kasih daging ayam juga ga nafsu makannya

kalo emang fesesnya masih 3 elemen, dan dia masih mau makan, gak apa2, mas. observasi aja dulu. kasih super-n setetes setiap hari.

untuk makanan, kasih aja yang dia mau makan...

udah dewasa ya celepuknya?
kalau udah dewasa kadang emang gitu, mas. harus dijinakkin dulu. perkara lama atau sebentar jinakinnya, tergantung karakter burungnya.

tapi PASTI bisa dijinakkan. pasti. dan kalau baru 2 minggu, emang masih kurang sih... lakukan terus.... :)

maaf karena baru balas. kabari lagi.

iya, betul banget mas. :)
makasih banyak ya mas... :)

iya, makasih mas surya. :)
boleh aja asalkan yang masih satu ukuran. kan owl ada 3 jenis tuh. yang ukuran kecil, sedang, dan besar. boleh dipelihara asalkan yang ukurannya sama. misalnya, sama2 celepuk, atau celepuk sama oriental bay owl. dll... :)

Kliatane sudah dewasa dok,kan ini aku kandangin gede tapi nah kan sudah tak buatin perch tapi pas mau di pindah terbang kesana kesini Haha

Iya ini kasih makan lsg dri tangan sudah,dan ngajak ngmong lsg sudah kadang nurut,dan di elus" gtu seneng bgd owlnya,tapi pas mau dipindah d perch agak galak hehe
Kasih saran dok,

mending sementara jangan di perch dulu.
mas sekarang taro dia dimana? :)

kita fokus ke penjinakkan dulu. sering2 dikasih makan pakai tangan, ajak ngobrol, elus, dll... :)

oh ya kasih obat yang saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT

Saya taruh di kandang tapi agak besar dok,tapi ya gtu klo malem dan atas kandangnya g dkasih penutup kayak mau terbang,kasian liatnya :(

Iya seneng bisa ngasih makan lewat tangan langsung,kadang yg digigit tanganku Haha si ezza suka banget klo di elus" paruh sama kepalanya smpek nunduk" sendiri Haha

Oh ya saya agak khawatir soal matanya dok kadang dia agak bingung sama pakannya dia kan Nyamber makanan di tangan saya tapi kayak asal gtu ggitnya g lsg ke jangkrik nya,

Btw artikelnya di mana dok?
Mav ya banyak tanya hihi

Berarti tidak bisa ya barn di pelihara jadi satu sama o-bay karena ukuran o-bay yang terbilang kecil meskipun sudah dewasa... Terima kasih dok buat infonya mungkin saya tekuni saja dulu si barn nya...

barn owl sama celepuk gimana dok.? apa ada kemungkinan celepuk di anggap sebagai makanan dia juga.?

turut berduka cita dok, atas kepergian errol, dok sklian mau nanya, kan celepuk saya di bawa berpergian bandung-cianjur kliatannya dia stres mata terpejam trus makan gak mau udah hampir 12 jam lbih, udah saya diemin di tempat sepi tpi msih tetep dok. mohon bantuanya dok saya tkt celepuk saya mati. :(

mas udah kasih super-n ke dia? :)
coba aja kasih. setetes pagi, setetes sore.

caranya mas bisa baca di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT.

nggak apa2, mas. saya malah seneng kalau pengunjung banyak yang tanya.

artikelnya cari aja di kolom SEARCH di atas.

gak apa2, yang penting dia mau makan.

oh ya, cara mengetahui burung hantu kita sehat atau nggak, mas bisa baca artikel PARAMETER KESEHATAN BURUNG HANTU

Oh ya dok sekalian mau tanya

Ini kan mendekati mudik yak,klo mudik pasti lama rencana mau tak bawa mudik skalian dok,saran dong dok biar si ezza g stress bingung bawa nya soalnya kan belom jinak" amat:(

pake kardus yang besar aja mas. bekas akua botol yang besar... :)

mas mudiknya pake apa? mobil? jangan sampe kepanasan owlnya... :)

iya, betul mas.
dulu sih saya pernah pelihara barn owl sama celepuk, dan akur-akur aja. tapi biasanya saya pisahin kalau saya mau pergi. pisahin ke kandang yang berbeda...

kecil kemungkinannya, mas. meski begitu, mendingan pisah aja. :)

Trus enaknya di iket g dok? Kan drmah aja blom jinak amat,ini kan di lingkungan baru gimana solusinya dok? Klo dah smpek tujuan

Agak lama perjalanan soalnya dari Surabaya - Bojonegoro iya dok naik mobil
Terimakasih jawaban"nya dok hehe :)

Turut berduka cita dok,
Maaf kalo misalnya ini salah tempat buat nanya beginian dok,
Saya tadi liat di Tran*s7 jazirah islam, ada suku nomaden berburu menggunakan elang emas, nah kalo misalnya kita mau berburu juga tapi menggunakan burung hantu bisa nda dok? Soalnya kalo melihara elang di indonesia udah dilindungi,
Misalnya jenis buffy fish owl kita latih agar bisa nyari ikan trus kembali ke kita bawa ikannya gitu, kan enak dok gak usah mancing ikan lagi, hehe
Thanks dok,

dok masih tetep gak mau mkn huhuhu. udah 1 hari lbih dia gak mkn tapi saya suka ksih minum dia mau. tapi kalau di kasih jangkrik dia ngehindar dok celepuk saya.

jangan diiket, mas. cukup masukkin box aja. kalo di mobil, saya kira aman.

setelah sampe tujuan, karantina di ruangan kosong. terus kasih super-n.

bisa, mas. bahkan di daerah di jawa tengah atau jawa timur, burung hantu sudah digunakan sebagai anti hama tikus di ladang dan sawah....

saya yakin, dengan prinsip yang sama, owl bisa dijadikan hunting assitant layaknya anjing atau elang...

udah mas kasih super-n belum?
fesesnya gimana?

segera kasih daging puyuh. cacah dulu dagingnya. kasih yang fresh...

lakukan ya mas

udah dksih super-n dri kmren 1 tetes tdi pgi udah, fases msih normal cman yg itemnya dikit. daging puyuh ya, kalau daging ayam gpp dok ? saya mulai khawatir soalnya 1 hari lbih gak mkn gini.

Thanks dok, mungkin cara latihannya bisa dicoba sendiri ya , hehe,

mending kasih daging puyuh aja mas. cacah2 dulu. dan usahakan tetep makan meski sedikit.

kalau masih 3 elemen, dan masih mau makan, saya kira dia masih sehat.... tapi kita observasi aja dulu...

Pas di karantina itu di lepas ato ttep dtruh dalam box dok?

Soalnya aktif bgd Haha
Makasih dok :)

bener, mas. yang paling dasar sih sebenernya latihan dasar. FoF, FTTF, sampe FF.

udah ada kok artikelnya...

lepas aja pas karantina, mas... :D

dan langsung kasih super-n....

wah disini gak ada puyuh soalnya entah dmna daerah cianjur.

iya msih normal fasesnya, skrang udah mau mkn meski dikit dok, kmrin ksih daging ayam sama jangkrik aja. dan udah gak merem merem lagi, alhamdullilah cman nafsu mknya blom kyk seperti dikosan.
untuk super-n lbih baik kasih lagi apa jangan ya dok ?

kasih aja mas, super-n. setetes setiap hari aja.

di cianjur ada pasar hewan?

kalo yang jual doq/anak ayam, ada? :)

pake anak ayam aja klo gitu... :D

laporan dulu. fesesnya sekarang gimana? :D

ouh ksih aja tiap hari ya oke kalau gtu.

nah mslhnya di cianjur saya gak tau ada psr hewan, dan seinget saya gak ada pasar hewan di sini :(

fases normal dok yg item sama putihnya biasa cman gak bgitu banyak fasesnya.

mbak maaf OOT

dokter hewan yang bener2 bisa melayani konsultasi dan perawatan BOP dmn ya selain ragunan? soalnya BOP saya appendix jd takut ke tangkep.

dr list alamat yg mbak berikan, yang mana melayani pengobatan kepada owl?
sekitar jabodetabek

terima kasih

Lingkungan/tmpat seperti apa yg cocok untuk menaruh perch burung hantu, dok?

Sore dok, update nih nebula, sampai sekarang nebula masih batting dok padahal uda di handsfeed terus dok, sekarang uda genap 1 bulan nebula uda dirumah saya dok cuman masi batting terus, apakah emang agak susah dok buat jinakin ya dok? selama makan saya selalu ditangan dok trus suapin, cuman hari" tertentu battingnya parah banget jadinya saya suapin pas dia di perch. sarannya gimana dok untuk manningnya? apakah terusin atau ada metode yang dokter saranin? thanks

sebelumnya maaf karena baru balas...

mas adopt nebula di saat usianya udah dewasa ya?
emang agak susah sih kalo dapetnya udah dewasa. bukan gak bisa ya, cuma lebih susah...

saya juga dulu dapet si errol saat usianya udah diatas 1 tahun, dan bisa kok jinak.

sebenernya cuma satu kuncinya mas: jangan dipaksa buat jinak. buat dia senyaman mungkin. terserah dia, mau jinak kek, mau nggak kek, bodo amat, hehehe. nanti dia jinak sendiri. serius.

burung hantu bisa baca pikiran kita kok...

indoor, suhu ruangan. jangan terlalu dingin ruangannya.

agak riskan sih kalau appendix mas...
mending telepon aja dulu. tanya dulu via telp ke rumah sakit hewannya, apakah bisa bawa hewan itu ke rsh ragunan?

maaf karena baru balas...

iya dok dapatnya juve awal, pokoknya pas dapet uda bisa terbang, oke dok, rawat terus aja ya dok, lama" juga bakal jinak.

Malem dok,,minal aidzin wal Faidzin yaa :D
Oh ya dok celepuk saya di minta sama sodara di desa dok,

Trus saya skrang punya Burhan baru dok namanya Bopan (BO) usia kira" bc awal dok masih bulu kapas,
Yang mau saya tanyakan dok u untuk porsi makan yg pas buat umur segitu brp puyuh yaa,,kayaknya si Bopan g ada kentangnya dan klo malem lbih berisik daripada si celepuk yg dulu,,apakah dia lapar atau itu g normal dok? Mav tanya malem" dok :D

Malem dok,,minal aidzin wal Faidzin yaa :D
Oh ya dok celepuk saya di minta sama sodara di desa dok,

Trus saya skrang punya Burhan baru dok namanya Bopan (BO) usia kira" bc awal dok masih bulu kapas,
Yang mau saya tanyakan dok u untuk porsi makan yg pas buat umur segitu brp puyuh yaa,,kayaknya si Bopan g ada kentangnya dan klo malem lbih berisik daripada si celepuk yg dulu,,apakah dia lapar atau itu g normal dok? Mav tanya malem" dok :D

minal aidzin juga mas...

untuk porsi makan, udah ada artikelnya: porsi makan burung hantu.

untuk burung hantu yang berisik, malah bagus. coba baca artikel saya: kenapa burung hantu bersuara terus

lalu dokter ada rekomendasi nggak? atau dokter fira sendiri apa buka praktek? karena saya mau mengobati strix seluputo saya....

Sedih banget, kebayang deh gmna yg jadi nya buat bu dokter, yg merawat penuh kasih sayang, jangan menyesali ya bu dokter, makasih juga bu dokter artikel2nya sangat jelas

Sedih banget serius dok, kayak nya hubungan bu dokter dan errol kuat bu, sampe hampir semua artikel tentang burhan, si errol jadi contoh nya, turut berduka cita ya bu, maaf baru bisa ngucapin sekarang. Oya makasih ya bu, berkat artikel2 bu dokter, saya mengerti tentang burha

Saya mengikuti blog ini sejak sekitar 2 tahun yang lalu, turut berduka dengan errol yang telah tiada, semoga padma dan drh fira diberi umur yang panjang
Aamiin


Silakan upload gambar.