Mengetahui Kesehatan Musang Dari Fesesnya | Drh. Fira Sovica

Cara mengetahui kesehatan musang dari tahinya

menarik untuk diikuti. Mungkin sedikit yang tahu bahwa anda bisa mengetahui seekor musang sehat atau tidak dari fesesnya. Iya. Musang yang sehat memiliki ciri spesifik berupa feses yang unik. Hal ini karena kemampuan musang dalam mengolah makanan dalam tubuhnya juga sangat unik. Anda bisa membaca artikel yang terkait dengan artikel ini yaitu jenis makanan yang baik untuk musang.
Mengetahui Kesehatan Musang Dari Fesesnya
Image taken from wti.org.in


  • Musang yang sehat biasanya memiliki feses yang padat serta berwarna sama seperti makanan yang dikonsumsinya, terutama jika makanan yang dia makan adalah buah-buahan. Juga, musang yang banyak mengkonsumsi protein biasanya memiliki bau feses yang sedikit lebih tajam dibandingkan musang yang dibiasakan makan buah-buahan.
  • Beda dengan musang yang sakit. Seperti yang saya tulis di cara menjaga kesehatan musang, salahsatu problem kesehatan musang umumnya disebabkan oleh masalah pencernaan. Musang yang sakit biasanya ditandai dengan feses yang cair, berwarna pucat atau terang, dan berbau menyengat. Maksud dari bau menyengat ini adalah baunya beda dengan bau feses musang yang sehat. Feses musang yang sakit biasanya jauh lebih berbau busuk, terlebih jika sakitnya dikarenakan masalah dan infeksi pada pencernaan yang merupakan penyakit yang paling banyak diderita oleh musang yang sakit.
Jika musang yang sakit belum pada tahap terlalu parah (dalam artian: musang masih mau makan dan aktif bergerak), anda bisa membaca artikel saya cara mengobati musang mencret untuk mengetahui cara mengobati musang yang mencret.
Demikian adalah artikel singkat saya mengenai

cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya

. Semoga artikel singkat ini bisa membantu anda. Saran, komentar, dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

71 Responses to "Mengetahui Kesehatan Musang Dari Fesesnya"

  1. dok mau nanya ciri muspan yg sehat gimana ya selain dari fesesnya soalnya saya mau adopt muspan umur 5bln minggu depan, dari ownernya yg sekarang si tiap hari di kasih pisang doang ama kadang nasi+kecap dari segi perawatam owner yg sekarang gimana tuh dok kira"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas search ciri musang sehat di menu cari artikel....
      yang dilakukan sekarang sudah bagus. saya menyarankan asupan buah2an ditambah dengan pepaya dan diperbanyak. 4 hari dalam seminggu kasih buah2an. 2 hari kasih ceker dan kepala ayam yang sudah direbus > 100 derajat celcius selama 5 menit. 1 hari kasih nasi tambah kecap..... :)

      silakan masbaca artikel saya makanan musang... semoga membantu.... :)

      Delete
  2. Dok mau nanya kalo musang yg sehat biasa nya dalam sehari buang air kecil&besar itu berapa kali dalam sehari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak ada patokan resmi, semuanya tergantung seberapa sering ownernya kasih dia makan, mas. :)

      kalau di alam, biasanya mereka mengsekresikan fesesnya antara 4 hingga 7 kali sehari...

      Delete
  3. permisi dok.. saya punya baby muspan umur -+2bulan , udah 3 hari ini dia ga mau makan.. kalau makan harus dipaksa l,jadinya badannya kurus bgt dok.. truss pupnya warna hijau bercampur warna kuning + mencret..
    tolong infonya dok..
    makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandangnya sering2 dibersihkan dan makanannya diganti. kasih jus pepaya saja tanpa gula. kasih dengan cara dipipet. gunanya agar membersihkan infeksi bakteri di sistem pencernaannya.
      lakukan selama 4 hari. setelah itu lapor lagi ya mas... :)

      Delete
  4. selamat siang dokter, saya Putri.
    saya mahasiswi jurusan desain komunikasi visual animasi yg sedang mengerjakan tugas akhir saya, yaitu animasi edukasi yang berkaitan dengan luwak/musang.
    saya ingin menanyakan beberapa hal yg berkaitan dgn tugas akhir saya, yaitu :

    1. bagaimana proses pencernaan makanan pada musang mulai dari saat makanan masuk ke mulut hingga dikeluarkan dalam bentuk feses?
    karena menurut beberapa artikel yang saya baca, musang memiliki pencernaan yang tidak sempurna, sehingga beberapa makanan tidak dapat dicerna dan dikeluarkan dalam kondisi untuh (misalnya biji kopi)
    sebenarnya bagaimana cara musang mencerna makanan tersebut dari proses makanan

    2. enzyme2 apakah yang berperan serta pada proses tersebut? (enzyme yang cukup penting dalam proses pencernaan makanannya dok)

    maaf kalau merepotkan ya dokter..
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo putri... saya akan coba balas...
      1. sistem pencernaan musang bukan tidak sempurna. semua hewan dan makhluk hidup sudah didesign Tuhan dengan maha sempurna, tidak ada yang tidak sempurna. di alam, semua hewan dan makhluk hidup memiliki perannya masing2, termasuk musang....
      kalo soal biji kopi, apakah ada hewan atau makhluk hidup lain yang bisa mencerna biji2an dengan sempurna? maksud saya, apakah ada hewan yang makan biji tertentu lalu disekresikan tidak berbentuk butiran (biji utuh)? setau saya sih tidak ada. hewan apapun yang menelan biji2an biasanya 'keluar' masih dalam bentuk biji2an pula.
      musang itu mahir memilih mana kopi yang benar2 matang dan mana yang tidak. inilah kelebihan yang dianugerahkan Tuhan kepada musang......dan hewan lain... :)
      2. enzyme yang paling berperan dalam sistem pencernaan musang disebut enzim proteolytic.

      gak apa2. saya malah senang bisa membantu... :)
      bisa konsultasi lagi ke saya di sini.. saya tunggu..

      Delete
    2. thanks dokter fira balasannya :D

      saya sempat tanya ke guru biologi SMA, beliau berkata proses pencernaan musang tdk sempurna (dalam hal ini mungkin yg beliau maksud dengan sempurna adalah sistem pencernaan manusia) maaf apabila ada salah info hehe :)

      mengenai proses saya belum jelas dok, apakah prosesnya benar seperti ini :
      1. mulut
      2. tenggorokan
      3. lambung
      4. duodenum - jejunum - ileum
      5. usus besar
      6. anus

      sampai sekarang saya belum menemukan website maupun buku yang membahas mengenai struktur tubuh musang secara mendetail, jadi saya kurang paham apakah susunan organ pada musang menyerupai susunan organ pada kucing?

      Delete
    3. kalau kita tilik dari suborder musang yaitu feliformia (feli = kucing, form = bentuk, artinya bentuknya menyerupai kucing atau sebangsa kucing-kucingan), benar kalau sususan digestive system musang mirip dengan digestive kucing meski saluran cecum berbeda antara musang satu dan musang lain. itulah kenapa jika saya tidak setuju kalau dikatakan bahwa digestive musang dikatakan tidak sempurna.masing2 jenis musang bisa dikatakan sudah didesign dengan maha sempurna sesuai dengan kondisi lingkungan dimana dia hidup... :)

      buku yang bisa mbak jadikan referensi adalah buku Comparative Physiology of the Vertebrate Digestive System dari Cambridge University Press.

      Delete
  5. Permisi dok, maaf mau tanya. Musang punya saya umurnya -+ 2 bln, apakah boleh mengonsumsi telur(puyuh) rebus+sedikit nasi, dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia mau, gak apa2 kasih aja mas. :)
      namun sebaiknya diselingi ama buah2an. biar sistem pencernaannya bagus.

      Delete
  6. Dok, musang saya umurnya 1-1,5 bulan.. makannya bubur sun + susu sgm yg 0-6 bulan.. tidurnya g pernah dikandang, tidurnya mesti dikasur saya atau didalem selimut saya.. yg mau saya tanyakan, tiap dia pup, pasti ada darahnya yg keluar.. fesesnya padat agak cair dok, warnanya kuning cerah.. penyebab pupnya ngeluarin darah itu apa ya dok? Terus cara mengatasinya gimana? Soalnya saya kasian kl ngeliat dia pup kyk yg kesakitan..
    Mohon balasannya dok..
    Thx..

    ReplyDelete
  7. Dok, musang saya umurnya 1-1,5 bulan.. makannya bubur sun + susu sgm yg 0-6 bulan.. tidurnya g pernah dikandang, tidurnya mesti dikasur saya atau didalem selimut saya.. yg mau saya tanyakan, tiap dia pup, pasti ada darahnya yg keluar.. fesesnya padat agak cair dok, warnanya kuning cerah.. penyebab pupnya ngeluarin darah itu apa ya dok? Terus cara mengatasinya gimana? Soalnya saya kasian kl ngeliat dia pup kyk yg kesakitan..
    Mohon balasannya dok..
    Thx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bubur sun-nya kental ya?

      coba selama 2 minggu ke depan, jangan dikasih makanan lain selain jus pepaya yang dijus tanpa air. bisa tambah sedikit sari kurma....

      Delete
  8. Bu dokter,saya mau nanya,musang saya fasesnya padat tapi agak lembek dan berbau,tapi kalo sebelumnya padat dan ga berbau,itu kenapa ya dok?dan apa solusinya?makasih bu dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. warnanya, apakah sama dengan makanan yang dimakannya?
      coba mas kasih pepaya matang, lalu cek fesesnya setelah makan pepaya. kalau warna fesesnya sama kayak pepaya yang dimakannya, secara garis besar sistem pencernaannya sehat....

      kalau soal bau, biasanya musang yang dikasih makan protein, feses dan urinnya lebih bau... :)

      Delete
  9. Dok saya punya musang nah musangnya itu gk mau makan tpi dia aktif dok trus juga pas pup fesesnya padet tpi ke cair cairan warnanya ijo trus juga bau dok itu kenapa ya dok? Apa sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari fesesnya, kemungkinan ada yang salah dengan sistem pencernaannya. coba kasih makan buah pepaya matang selama seminggu penuh.... serta, kasih sari kurma di minumannya...

      Delete
  10. Dia susah bgt makan dok kalo makan pisang aja paling sedikit doang gk sampe abis..tpi klo malem aktif,takutnya diksh pepaya gk dimakan dok,gmna ya dok cara biar dia mau makan lahap?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau musangnya masih dibawah 3 bulan, coba aja kasih pepaya dengan cara disepet/dipipet. kalau udah diatas 3 bulan, mas bisa baca caranya di artikel cara agar musang mau makan apa saja...

      air minumnya kasih sari kurma atau bisa juga kasih air kelapa, mas....

      saya tunggu kabarnya... :D

      Delete
  11. Musangnya umur 5 bulan dok,semalem saya ksh pepaya sekarang udh dimakan dikit dok itu juga dimakannya gk mau diliatin saya dok klo diliatin pasti gak dimakan dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang ada musang yang kayak gitu...
      burung hantu juga gitu...

      yang penting ada perkembangan....

      Delete
    2. Tapi klo msh mau makan pisang atau pepaya gk terlalu banyak gak masalah kan dok?

      Delete
  12. Paling dia mau makannya malem doang dok kalo selain malem gk mau makan dia dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. malah buah2an adalah makanan terbaik untuk musang... :)

      kan emang musang hewan malam, jadi mereka lebih aktif malam hari... :)

      Delete
  13. Dok mau tanya, musang saya sblom d ajak jalan", makan ketimun, trus g lama d bawa kluar d motor, ktimun ud kluar lagi, tidak berbntuk pup, tetapi ketimun yg hanya hancur karna gigitan nya, lalu d taman dia makan rumput, daun, ga ad 5 mnit ud kluar lagi, daun utuh, itu knpa dok. Dampe rumah g mau makan. Tolong pncrahan nya...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. saya sedang sakit sekarang. baru mendingan. kayaknya sih karena dia belum terbiasa makan mentimun. dll. atau bisa aja dia sedang sakit. nah, caranya gimana biar tahu penyakitnya apa? coba cek fesesnya. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.... sekali lagi, mohon maaf karena baru balas....

      Delete
  14. Ia dok gpp. Mks info nya. Alhamdulillah ud mau makan lgi musang ny. Cept sehat y dok. Biar bisa aktif seperti biasa ny. Aamiin..

    ReplyDelete
  15. dok , saya baru adopt musang rase berumur sekitar 3 mingguan , jd masih baby bgt , dok . sedari pertama kali saya adopt dia klo pup encer warnanya kuning terang gak berbau , ya bau dikit sih , baunya kayak pisang yg trlalu mateng gt . Nah , yg saya khawatirkan , trakhir kali hari ini saya lihat fesesnya ada sedikit lendirnya gitu tp ttp baunya gak busuk . baunya sama kyk kmaren2 . cuma emg dia pup sering bgt , tiap skitar 1 jam an setelah makan biasanya pup , apa itu normal dok ? selama ini saya kasih makan susu non laktosa dicampur sun rasa pisang . apa mungkin dia trlalu bayi jd masih blm bs nrima bubur sun , dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, mbak tahu kalau musang rase yang baby rentan banget daya tahan tubuhnya? untuk pemula, lebih baik musang pandan aja, jangan langsung nyoba musang rase. musang rase sistem pencernaannya ringkih banget, gak bisa salah makan dan gak tahan lapar...

      soal problem mbak, coba susu-nya di stop dulu, jangan dikasih susu. kasih aja bubur bayi aja. bagusnya sih yang promina.... :)

      mending jangan dipegang alat kelaminnya. cukup jaga pola makan dan kebersihannya. untuk suplemen, mbak bisa campur bubur bayinya dengan sari kurma. jangan banyak2, jangan sampe merubah warna bubur bayinya. dikit aja... :)

      kasih saya kabar lagi ya mbak. saya tunggu. :)

      Delete
    2. Dok. Saya mau konsultasi ni.saya punya musang akar dok. Sudah beberapa hari pup nya tidak normal,untuk makanan yang saya berikan hanya pisang cumn kotoran nya kuning pucat n sedikit ada warna hijau dok, juga disertai warna kotoran yang hijau nya ada yang mencret.sekarang umur muskar saya baru memasuki 1 th kondisi sekarang belum di paksin terkendala karna uangnya belum ada. Ini jenis kelamin nya betina dok. Ini apakah pup nya seperti ini krna sudah memasuki masa untuk kawin atau gimana dok. Tolong pencerahan n solusi nya dok

      Delete
    3. biar sistem pencernannya bagus, coba jangan cuma diberi pisang saja. kasih pepaya.

      juga, mas bisa coba kasih ramuan kesehatan musang, saya udah buat artikelnya, judulnya ramuan kesehatan musang.... mas bikin aja, terus beri ke musangnya.. :)

      Delete
  16. Dok untuk hari ini fesesnya agak berbau lbh busuk dan lbh encer , campur cairan agak bening gt . trus yg saya heran , tiap kali saya sentuh2 alat kelaminnya , dia ngejan sambil nangis gt trs pupnya muncrat gt . hampir tiap saya pegang alat kelaminnya dia ngejan2 , klo pas 2 jam hbs makan trs saya sentuh alat kelaminnya , fesesnya muncrat cair kuning cmpur bening gt dok , dia kayak ksakitan ngejannya , soalnya mesti bersuara klo pup . obatnya apa dan buat dehidrasinya jg apa ya ?

    ReplyDelete
  17. Salam knl dok....
    Sy berri
    Sy ada anakan musang 4,tpi kmi angkat dari hutan dan nggk tau umur brp? Yg 2 udah tumbuh gigi dan yg 2 lom lgi.yg mau sy tanyakan muspan yg udah tumbuh gigi blom tau makn sendiri dan gimn cara ngajarin ny? Selama ini sy hany kasih mkn susu kental manis dan bubur cerelac rasa beras sj,tpi kayakny mereka udah bosan mkn itu trus..dikasih pisang pun nggk mau,pepaya pun nggk mau.kayakny buang air besarny pun nggk lancar.karena sy hrus krj,jd sy ksih mkn pgi ama sore aj.dok gimn ngajari muspan mkn sendiri? Tlg pencerahanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu kental manis, gak bagus buat sistem cernanya. mbak bisa kasih dia bubur bayi promina campur sari kurma, itu udah bagus.
      untuk buah, mbak bisa kasih pisang lampung yang dilembekin atau diblender...

      bubur bayi promina + sari kurma sebagai makanan sehari2, buah pisang blender buat makanan mingguan... :)

      mereka udah bisa jalan sendiri dengan kakinya atau masih merangkak? matanya udah terbuka? cara ngajarinnya, coba mbak taruh aja di kandangnya. taruh aja. kalau mereka bisa mencium bau makanannya, biasanya mereka akan jalan sendiri ke makanan itu kalau emang bisa makan sendiri....

      Delete
  18. Dok mu nanya musang saya pup nya ko hijau
    Trus dia udh 2 hari gmw mkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      sekarang gimana keadaannya mas?
      coba kasih ramuan kesehatan musang. ada kok artikelnya.

      Delete
  19. Dok rase saya sehari ini pup nya sering banget terus pup nya tuh kaya ada air nya gitu warna kuning pucet terus bentuk nya kaya biji bijian padahal gak saya kasih biji bijian dok tolong bantuan nya ya dok takut dia mati 😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas....

      dikasih susu ya mbak? bener? stop susunya. kasih bubur bayi aja.

      Delete
  20. Dok mau tanya..musang saya diatas hidung digaruk trs sampek kulit ngupas..itu knpa yaa??

    ReplyDelete
  21. Permisi dok .
    Saya punya musang umur 8 blnan .
    Kenapa ya dok musang saya gak bisa Poppy . Cuma keluar cairan yg sangat menyengat . Kasian ngeden ngeden doang tp poop nya gak keluar . Kira kira knpa ya dok ? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak bisa buang air besar maksudnya?
      coba kasih makan buah pepaya matang, mas. selama 2 minggu ke depan cukup kasih makan buah pepaya aja, jangan kasih makan makanan lain.

      untuk obatnya, mas bisa kasih ramuan kesehatan musang. udah ada kok artikelnya...

      Delete
    2. iya dok . Poop nya gak keluar
      Cuma keluar sedikit cairan kuning yg bau sangat .
      Gak mau makan apa apa musang saya dok .
      Cuma mau minum air kelapa muda . :(

      Delete
    3. gak apa2. bagus kalau dia mau minum air kelapa, coba tambahin sari kurma di air kelapanya.

      usahakan tetep makan. kalau perlu, disepet aja ke mulutnya. kasih makan pepaya.

      awalnya emang kenapa mas? kok bisa susah pup gitu?

      jangan lupa praktekkan apa yang saya sarankan...

      Delete
  22. Dok aq mau tanya nih..
    Muspanku umur 3 blan..
    Kayaknya dia kena flu, sering bersin dan hidung berair..
    Tpi dia kadang2 garuk2 badannya sampek lama bgt.. Di punggung, ekor, kepala, perut, dll.. Tapi cuma waktu dia bangun.. Waktu tidur enggak garuk2.. Kasian aja dok sampek kayak gitu.. Padahal aq mandiin ma sampo khusus kucing loh.. Masak gk cocok dok..??
    Trus waktu dipindahin ke kandang yg baru dia jadi agresif lagi suka gigit lagi..apa dia stres dok..??
    Klw fesesnya sama kayak makanannya cuma agak hitam gk tau knapa, trus pupnya kadang cuma sekali dua kali ajah.. Apa normal dok..??
    Makannya jga gak teratur klw bangun tidur kadang saya suapin, kalau mau susu gk mau ma pipet slalu ngronta.. Gimana dok..?? Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa saran dari saya:
      1. mending stop susunya. jangan dikasih susu.
      2. sayangnya mbak gak ngasih tau apa makanannya. jadi agak susah bagi saya.
      3. soal dia suka garuk2, mending cek permukaan kulitnya. apakah ada kutu atau nggak. mbak pake shampo kucing yang merk apa? ada kemungkinan juga alergi atau nggak cocok. kalau ganti pake shampo bayi aja gimana? yang tidak pedih di mata. yang merk cusson juga oke.
      4. soal dia agresif, gak apa2. wajar kok. awal2 aja biasanya. sering-sering diajak main aja. mbak bisa taro kaos bekas pakai mbak di dalam kandangnya. biar dia kenal sama bau tubuh mbak...
      5. soal dia bersih, udah lama nggak? udara emang lagi gak bagus buat musang. mending kasih obat yang saya tulis di artikel SUPLEMEN PENAMBAH DAYA TAHAN TUBUH MUSANG.
      oh ya, seminggu 2x jemur aja pagi2. tapi jangan sembarangan. baca dulu artikel cara menjemur musang....

      kabari terus...

      Delete
  23. Dok, saya mau nanya, saya punya baby musang umur kurang dari sebulan, saya cuma kasih susu SGM non laktosa. Yg ingin saya tanyakan prilaku baby musang setelah di beri makan selalu kepengen tidur.apakah sifat itu ada hubungannya depang musang dalam keadaan sakit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak. musang yang masih bayi emang kalo abis makan ya tidur. sama aja kayak bayi manusia.

      kalau mau cek dia sehat atau nggak, cek aja fesesnya. apakah mencret? kalau mencret, mungkin iya....

      kasih bubur bayi aja sebagai makanan intinya. susu nonlaktosa bisa diberikan kalau fesesnya gak mencret aja. kalo mencret, stop dulu...

      Delete
  24. Dok saya punya musang umuran 2minggu saya mau tanya soal asupan makanan selama ini saya hanya kasih susu terus apa boleh yg lain seperti pisang atau pepaya saya kasih tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu. stop susunya.
      kasih makan bubur bayi promina aja mas.

      Delete
  25. Misi dok mau tanya musang saya usia 1,5 bln an itu kok gk minum ya? Sudah saya kasih air gila tapi tetep aja. Apa emang musang jarang minum atau gmn? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bisa makan dan minum sendiri?
      gak usah dipaksa mas. taro aja botol minum hamster di kandangnya. isi pake air madu. air dikasih madu.

      kalau dia udah bisa makan sendiri, nanti dia bakalan minum sendiri kok.

      dan jangan dikasih susu.

      Delete
  26. Botol minum hamster yang ada bolanya itu ya dok? Jadi dia bisa tau sendiri kalo itu air minumnya atau harus ngajarin dulu? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. biarin aja taro di kandangnya. nanti dia bisa sendiri.

      cara kedua buat kasih minum ke bayi musang adalah pake pipet. beli aja pipet yang ada karetnya di apotik.

      Delete
  27. Oke terimakasih banyak atas bantuannya dok sangat membantu.
    Sama satu lagi dok kenapa musang saya gk mau ditinggal, jadi waktu mau saya tinggal itu langsung tetiak" gitu terus kalo saya tungguin diem lagi padahal saya baru beli 2hr yg lalu apa itu udah bonding / usia musang yg kecil emang gitu? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, musang anakan emang gitu. jadi dia akan menganggap manusia yang meraawatnya sebagai induknya. wajar kalau dia kayak nangis2 gitu pas mas mau pergi... :(

      masnya merokok? kalo masnya gak merokok, taro aja kaos bepkas pakai mas yang masih bau keringet. itu juga kalau masnya gak merokok. kalau masnya merokok, jangan. karena residu rokok yang menempel di baju bisa kehirup sama musangnya...

      Delete
  28. Oh gitu. Saya gk merokok dok. Oke terima kasih banyak dok atas bantuannya

    ReplyDelete
  29. Salam kenal dok, musang saya namanya cheese, betina umur sekitar 6 bl sangat aktif dan pecicilan. Tapi sudah 1 minggu ini pas di anusnya ada luka berdarah apa itu ambien? Saya kasih pisang aja dan air madu. Masih lahap makanya cuma jarang mau minum. Hari ini pupnya ada yang bewarna hijau dok. Bagaimana solusinya dok? Tarima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih air kelapa campur sari kurma.
      dan lebih sering dikasih buah pepaya matang.
      untuk makanan lain, mending tahan dulu. seminggu ini kasih itu aja dulu.

      kayaknya sih bukan ambeien... :)

      Delete
  30. salam kenal dok...
    sy punyan musang pandan jantan umur 2 bulan, namanya ciby.
    musang sy biasanya sy kasih bubur promina rasa pisang, dan fesesnya seperti kucing tp tidak berbau dan warnanya kuning terang. itu tidakpapa kan dok? sy kasih buah seperti pisang atau pepaya tp tidak dimakannya, bahkan sy campur ke buburnya jg tidak dimakannya.
    terus tadi pagi fesesnya berubah jadi warna kuning bening dan berlendir dok, apakah itu penyakit? musang saya tetap aktif seperti biasanya dok. mohon penjelasannya, terimakasih dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang fesesnya kayak gitu, dia sehat kok. :)
      sementara kasih aja dulu makanan yang dia mau. kalau udah diatas 3 bulan, nanti mas bisa praktekkan artikel saya, cara agar musang mau makan apa saja...

      selama dia mau makan dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat....

      Delete
  31. Dok, musang saya umur 2 bulan, saya kasih jus Pepaya, tapi fasesnya yg keluar malah cair gitu. Sebelumnya sy kasih cercahan paya, fasesnya berbentuk walopun aga lembek? Gimana ya dok bgtu??

    ReplyDelete
  32. Dok saya mau tanya dok saya punya muspan ymur 3 minggu waktu awal saya adopsi matanya terbuka levar tapi setelah 2-3 hari di rumah say tiba tiba matanya kayak makinlama makin ketutup kayak ada kotoran di amtanya jadi gk bisa dibuka kira kira krnapa ya dok sama satu lagi kenapa pas dia pup fesesnya betcampur dengan darah ya dok makananya bubur sun kadang saya campur susu sgm no laktosa tolong jawab trims

    ReplyDelete
  33. Sore dok, saya memelihara musang rase. Baru tangkap 6 hari ini, saya memberi dia makan cerelac rasa pisang dan minum air dicampur madu dengan cara disuapi. Umur musang mungkin sekitar 1,5 bulan. Musang saya aktif, suka bermain dan suka mengigit-gigit. Tapi saat pertama kali saya dapat dia, kotoran fesesnya berwarna hijau dan cair (mencret). Pikir saya mungkin karna waktu masih dialam liar dia makan tumbuhan. Dan setelah 6 hari saya pelihara warna fesesnya jadi kuning dan agak cair apa itu tidak papa dok?
    Terimakasih. Maaf terlalu panjang ��

    ReplyDelete
  34. dok sy punya musang 1.5 bulan pupny cair dan warna kuning .. sama kaya bubur sun
    mkn ny sy ksh bubur sun+pisangd halusin+madu+air dok
    tp dia msh aktif dan mau makan
    mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. jenis musangnya apa mas? :)
      bisa mas kirim foto fesesnya ke fanpage saya? saya tunggu ya...

      tapi kalau dia masih aktif dan makan lancar, saya kira dia masih sehat...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.