Sugar Glider Kesulitan Saat Buang Air | Drh. Fira Sovica

Ada kalanya,

sugar glider kesulitan saat buang air besar

. Kadangkala malah sugar glider yang kesulitan saat buang air besar mengeluarkan bunyi saat buang air. Hal ini bukan masalah sepele. Justru, jika owner sugar glider tidak memperhatikan masalah ini, ada kemungkinan nantinya sugar glider tersebut akan mengalami ambeien atau bahkan kematian. Bagi anda yang baru bergabung dengan blog ini, saya ucapkan selamat datang. Anda juga bisa membaca artikel saya yang lain mengenai cara memelihara sugar glider dan cara ternak sugar glider.
Cara Mengobati Sugar Glider Kesulitan Saat Buang Air
Image taken from reptileforums.co.uk



Sugar glider yang kesulitan saat berak tidak bisa dianggap remeh. Sugar glider yang terlihat kesusahan saat buang air biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan serat makanan. Ada kalanya, makanan tertentu juga bisa menyebabkan sugar glider kesulitan saat buang air.
Cara mengobati sugar glider yang mengalami konstipasi atau kesulitan saat buang air adalah dengan memberikan asupan buah-buahan seperti pepaya dan pisang. Saya sendiri lebih menyukai memberikan pepaya matang kepada sugar glider peliharaan saya. Anda bisa memberikan pepaya matang sebagai makan sugar glider sekali setiap hari. Misalnya: anda memberikan makan 3x sehari kepada sugar glider, salahsatunya anda bisa memberikan pepaya.

Demikian adalah

cara mengatasi sugar glider yang kesulitan buang air besar

. Semoga artikel singkat diatas dapat menjadi acuan bagi anda yang berminat menternakkan sugar glider. Terima kasih. (FS)

43 Responses to "Sugar Glider Kesulitan Saat Buang Air"

  1. dok, cara menyembuhkan kaki sugar glider keseleo gimana ya dok ?

    jadi kemarin saya ga sengaja pas potong kuku dia berontak, lalu pada saat saya mw masukkan ke kandang, ada bunyi "ctek" (suaranya kecil) pada saat saya perhatikan apa yg bunyi tadi ternyata kakinya, sg nya lalu meregangkan kakinya, setelah itu dia pincang dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya saya harus melihat sendiri kakinya. takutnya ada frakture (patah/retak) pada tulangnya....

      saya sih menyarankan agar membawanya ke dokter hewan. sebaiknya jangan memotong kuku sg yang lain dulu mas, takutnya kejadian serupa terulang.... :)

      Delete
  2. kira" bekisar berapa ya dok biayanya ?

    kalo dengan dokter sendiri lokasi dmna ? mungkin bisa sama dokter fira aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. biayanya sekitar 300 keatas. tergantung dokternya mas....

      Delete
  3. Dok mau tanya, kemarin SG sy ekornya has digigit tikus, tp gk sampe tulang, jd ekornya gak putus, dia jd lemes gtu, yg mau saya tanyakan yaitu tentang perawatannya bagaimana ya? Apa cukup dgn betadine dan diminumin madu sj udah cukup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah dikasih madu. kasih buah2an aja. seperti pepaya dan pisang. recomended pepaya atau jus pepaya tanpa gula (bisa dikasih madu sedikit)
      untuk perawatan lukanya, sering2 dibersihkan bekas lukanya. pisahkan dengan sg lain (kandangkan di kandang tersendiri), sering2 dibersihkan kandangnya. untuk obat, silakan mas beli amoxicillin 250mg di apotik, bentuknya tablet, satu butir amoxicillin pas potong jadi 6 bagian, satu bagian ditumbuk hingga halus kemudian kasih 2 sendok makan air. minumkan setiap pagi dan sore. :)

      sehat terus buat sgnya mas... :)

      Delete
  4. Lalu untuk obat luarnya yang betadine itu masih perlu dikasih dok?

    ReplyDelete
  5. Oh iya dok, itu bulu ekornya kok digigitin ya dok, sampe keliatan kulit ekornya, apa itu normal? Soalnya banyak yang rontok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betadine masih terus dikasih.
      coba lebih sering dimandikan dengan cara seperti memandikan anak musang. mas bisa baca artikelnya. soalnya sugar glider gak boleh dicemplungin langsung ke air, jadi cara satu2nya bisa dengan cara disemprot pakai spray... :)

      hmm, sebenernya sih gak normal. khawatirnya, dia memang sakit. sementara mandikan aja seperti petunjuk di artikel cara memandikan bayi musang.... semoga dengan cara itu, kutu dan bakteri di bulu sgnya bisa berkurang...

      Delete
    2. Oke dok makasih ya infonya, sangat membantu, SG saya jadinya di operasi, karena luka udah parah banget, kasian sy liat nya dok.
      Oh iya tanya lagi, kalo sugar glider di sunat itu maksudnya biar apa y dok?

      Delete
    3. hah? sugar glider disunat? :)
      saya baru tahu dan baru denger istilah ini, jujur saja... :)

      Delete
    4. SG saya akhirnya diamputasi dok, kasihan.
      Oh iya, dpt dr grup sugar glider, kalo arti disunat itu ternyata disteril atau dikebiri,biar lebih sehat dan tdk berkembang biak, apa benar boleh seperti itu dok?

      Delete
    5. sebenernya tadinya saya menyarankan perban hewan, namun jika memang sudah diamputasi, itu lebih bagus.

      oh, kirain hanya disunat biasa saja. kalau disteril sih sebenernya boleh2 aja. mungkin biayanya aja yang agak mahal karena sterilisasi sugar glider kurang umum dilakukan...... tanpa di steril juga sugar glider sebenernya udah sehat mas, gimana cara kita merawatnya aja... :)

      Delete
  6. aku punya joey jantan baru mau 1 bulan ini saya rawat tapi akhir-akhir ini fesesnya berair masih berbentuk cuma berair saja saya biasa kasih makan sun rasa pisang...joey nya masih sangat aktif gak keliatan sakit sama sekali...apa gara-gara dia di kasih makan pagi sama malam hari yah??mohon pencerahannya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kasih minum apa? kayaknya masih normal. namun observasi aja selama 3-4 hari ke depan. saya sih optimis masih sehat... :)
      bukan karena pola makan.

      Delete
    2. nah...itu kalau di kasih minum gak pernah mau tapi aku sediain di kandangnya pake air mineral gak pake madu soalnya udah ganti beberapa merek madu tapi ttp gak mau minum...kadang sehari fesesnya normal..besoknya berair seling-seling gitu

      Delete
  7. Hai dokter Fira.
    Aku punya 2 SG, jantan+betina usia lebih dari 1 tahun dan cenderung gemuk. Kalo aku perhatiin sepertinya sering 'berdesis' ketika BAB. Betina lebih sering berdesis daripada jantan meskipun berdesisnya nggak setiap hari tapi sering. Menu makannya setiap pagi variasi bubur (pisang/beras merah/kacang hijau) dan malam bubur+buah, buahnya selalu rutin. Aku sering ngasih pepaya sama pisang tapi mereka kurang suka, mereka lebih suka apel-pir-rambutan-semangka-kelengkeng-bengkoang. Kadang ditambah UH dan fish snack tapi cuma buat camilan.

    Pertanyaan:
    1. Adakah yang salah dari pola makan/menu yg diterapkan?
    2. Gimana caranya biar SG suka dg pepaya?

    Makasih dokter Fira.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambahan, kadang bubur aku kasih campuran madu ato dicampur di tempat minumnya.

      Delete
    2. terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab. :)

      1. bagus sih pola makannya. cuma untuk bubur bayi, saya sarankan pake promina campur sari kurma biar bab-nya gak keras.
      buah juga harusnya tetep kasih, terutama pepaya. kalau dia gak suka, pepayanya bisa diblender tanpa air, lalu kasih sari kurma juga. :)

      2. caranya udah saya tulis di poin ke 1... :D

      salam buat sgnya. nama sgnya siapa? :)

      Delete
    3. Makasih sarannya, dokter, membantu banget.

      Iya, biasanya juga pake bubur Promina, bubur SUN cuma buat variasi. Paling suka Promina pisang, mungkin karena lebih manis dan wangi kali ya. Hahaa

      Untuk merk sari kurma ada saran dari dokter? Kalo nggak salah aku pernah baca di tulisannya dokter soal sari kurma merk sahara. Tolong kalo salah dikoreksi.

      Nama SGnya Bocha-Bocil dan si kecil joey umurnya masih seminggu :D

      Delete
    4. iya, sahara atau jazira bagus. :)
      sehat terus buat koloni sgnya. mudah2an bisa beranak terus.

      silakan baca2 lagi artikel saya yang lain. kalau ada yang gak ngerti, tanya aja. gak usah sungkan2... :)

      Delete
  8. terima kasih atas pertanyaannya. saya coba jawab. :)

    1. bagus sih pola makannya. cuma untuk bubur bayi, saya sarankan pake promina campur sari kurma biar bab-nya gak keras.
    buah juga harusnya tetep kasih, terutama pepaya. kalau dia gak suka, pepayanya bisa diblender tanpa air, lalu kasih sari kurma juga. :)

    2. caranya udah saya tulis di poin ke 1... :D

    salam buat sgnya. nama sgnya siapa? :)

    ReplyDelete
  9. Dok mau tanya, sg saya hidungnya pucet, trus pup nya aga coklat, bahkan tadi keluar habis d kasih jus pepaya keluarnya warna merah kaya serat pepaya, makan normal, trus jadi suka crabing, sebelumnya engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi, masalahnya dia suka crabbing? :)
      kalau crabbing wajar kok mas. karena sg yang sudah bonding pun kadang crabbing... :)

      makannya lancar mas?

      kasih saya kabar lagi...

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Dr. Fira saya ingin bertanya :
    1. kira2 kalau sg saya ga doyan pepaya boleh tidak ya di akalin dicampur ke bubur sun?
    2. Kan sg saya mengalami sembelit, dan diberi obat oleh dokter, sudah saya sepetin obat tadi pagi tapi dimuntahkan, kira2 kalo obatnya saya campurin ke buburnya apa boleh?
    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. boleh aja. bagusnya sih mending pepayanya dijus tanpa air, lalu campur madu/sarikurma. itu lebih bagus buat sg yang sembelit...
      2. coba campur sari kurma aja obat dari dokternya. obatnya berbentuk cair atau tablet? :)

      menurut saya sih bagusnya gak pake obat, mas. cukup kasih buah2an manis aja ke sgnya. secara alami nanti sembelitnya sembuh sendiri. kasih aja lengkeng ke sgnya kalau emang sgnya gak suka pepaya... :)

      Delete
  13. Obatnya bubukan, itu ada obat anti radang sama vitamin, krn anus sg saya kemarin sempat berdarah mba ..
    lebih baik ini ga usah pake obat aja ya? Tiap hari saya kasih buah2an aja?
    Dan untuk sari kurma biasanya dijual dimana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending gak usah kasih obat aja.
      sari kurma bisa beli di toko bahan bangunan. hahahaha. ya beli di toko obat, mas... :)

      Delete
  14. sg pup dan pee nya berlendir knappa yta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasa kasih makan apa?
      terus baunya gimana? apakah lebih busuk dari biasanya?

      nafsu makannya gimana? dia masih mau makan...

      coba kasih makan buah aja. pepaya, pisang, lengkeng, atau buah naga.... jangan dikasih makanan lain selain buah...

      Delete
  15. Malam dok,
    Saya mau tanya, saya pny SG sktr 1 bln lbh, tp tdi siang tba" SG saya di bagian duburnya mengeluarkan sprti gumpalan daging berdarah sampai skrg blom bisa pup, jadi bisa dokter terangkan sdkit..
    Terima kasih

    ReplyDelete
  16. Malam dok,
    Saya mau tanya, saya pny SG sktr 1 bln lbh, tp tdi siang tba" SG saya di bagian duburnya mengeluarkan sprti gumpalan daging berdarah sampai skrg blom bisa pup, jadi bisa dokter terangkan sdkit..
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak jarang kasih buah ya?
      coba bikin ramuan bikin jus dari pepaya + air kelapa muda + sari kurma. minumkan ke sgnya....

      Delete
  17. Dok, apakah dokter hewan umum bisa melakukan tindakan steril pada sg? Apakah sudah cukup sering dan Aman dilakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokter umum manusia? atau dokter hewan?
      hanya di rumah sakit hewan yang besar aja biasanya mbak. kalau di klinik hewan kecil, kadang ada yang mau, kadang ada juga yang nggak karena berbagai sebab... :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Dok saya mau tanya. Kenapa ya anus sugar glider saya berdarah? Umurnya masih 1 bulan 6 hari. Saya takut

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa?
      kasih pepaya yang dijus, airnya dikit aja... kasih madu dikit...

      Delete
    2. Saya kasih bubur sun. Setelah itu karena berdarah saya kasih minyam oles alhamdulillah berkurang. Trus makannya sedikit saya ganti madu jadi semenjak berdarah saya ganti madu. Apa ya dok penyebab berdarah itu?

      Delete
    3. coba aj stop madunya, terus ganti pake buah, pisang atau pepaya... bubur sun bisa terus dikasih. kita observasi aja selama 3 hari kedepan setelah madunya di stop...

      bisa jadi kemungkinan emang karena madunya sih mbak... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.