Jenis Makanan Yang Salah Untuk Musang | Drh. Fira Sovica

Artikel

makanan yang tidak boleh diberikan kepada musang

ini saya tulis karena banyaknya owner musang yang memberikan makanan yang tidak baik diberikan kepada musang. Artikel ini sebenarnya terkait dengan artikel jenis makanan musang dan artikel cara menjaga kesehatan musang.
Ada beberapa makanan yang terlarang untuk musang yang masih sering diberikan owner musang kepada musangnya. Berikut adalah beberapa makanan musang yang harusnya tidak diberikan kepada musang.
Jenis Makanan Yang Salah Untuk Musang
Image taken from agungsmail.wordpress.com


  • Mie Instan.
  • Beberapa hari yang lalu, ada owner musang yang bertanya kepada saya apakah musang bisa diberi mie instan sebagai makanan? Saya lantas menjelaskan: untuk sistem pencernaan manusia saja, mie instan cenderung tidak bagus. 
    Apalagi untuk musang.
  • Buah Salak.
  • Seperti halnya pada pencernaan manusia, salak efektif menyerap kadar air pada makanan yang sedang dicerna. Pada musang yang sedang mengalami mencret, hal ini bisa membuat mencret berhenti, namun pada musang yang sehat, kemampuan buah salak tersebut bisa membuat musang sembelit atau bisa menyebabkan musang ambeien
    Dari kasus di atas, maka anda bisa memberikan buah salak sebagai makanan musang saat musang sedang mencret. Dan hentikan pemberian salak sebagai makanan musang saat musang sudah tidak mencret lagi.
  • Susu Kental Manis
  • Susu kental manis jelas adalah minuman yang salah yang tidak seharusnya dikonsumsi oleh musang. Susu kental manis mengandung laktosa tinggi yang dapat menyebabkan musang mencret. Anda bisa membaca cara alami mengobati musang mencret di artikel cara mengobati musang mencret.
Demikian adalah berapa

makanan yang tidak cocok untuk musang

. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan anda dalam memelihara musang dengan sebaik-baiknya. Terima kasih. (FS)

74 Responses to "Jenis Makanan Yang Salah Untuk Musang"

  1. Malam dok, maaf kalo untuk rase gmn? Rase saya dari bayi dikasih terus ati ayam sesuai saran dari dokter fira, nah skrg branjak dewasa dia cuma mau makan bubur bayi nestle yg rasa beras merah dan jangkrik, sehari bisa abis 30 ekor. Apakah ga masalah? Sempat saya kasih usus ayam, pala ayam, ceker ayam dia gamau.. Oh sama burung emprit yg masih idup dia mau makan,. Mohon saran nya dok. Danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2. makanannya kalau menurut saya sudah bagus. coba kasih emprit lebih banyak, 2 atau 3 kali seminggu.... makanan yang tidak boleh dikonsumsi sama seperti di atas. :)
      nama rasenya siapa mas??

      Delete
    2. ikut nyimak dok.

      kalo musang pandan diberi makan burung emprit apa bisa dok?

      Delete
    3. bisa aja, tapi disiangi dulu. yang diberikan hanya dagingnya... :)

      Delete
    4. sore dok, mau tanya dok..sya punya musang rase umur 3 bln, yg jdi msalah musang tersbut di asuh sma anak prempuan sya yg umur 3,5 tahun, smpe tidurpun hrus breng sama musang dikasur..brbahaya gk dok..?

      Delete
    5. kalau emang anaknya mas tau cara rawatnya (gak cuma tau diajak main aja) dan dia juga gak keberatan digigit musangnya (gak takut digigit musang), saya kira aman....

      meski demikian, kalo bisa sambil diawasi aja mas... :)

      Delete
    6. sore dok, maaf ganggu lgi..
      oh iya dok nma musang rasenya ciboy, skrng yg jdi mslahnya klau mlam smpe pgi gk tidur musangnya..keliling dlm rumah terus..klw lapar suka jilatin wajah atau kuping sya & istri sya,mknnya cuma bubur byi sun rasa pisang,tpi harus selalu baru bkin, bru dia mau...yg jdi pertanyaan apakh bisa hidup smpe gede klau cma makan sun aja ? klau mslah gigit cuma berani sama saya & istri sya aja..tpi sma anak sya tidk pernah, wlau kdng ank sya ksar sma musangnya..apa musng bisa tau mana anak-anak mna orng dewasa ? oh iya musangnya gk di kandangin di biarin bebas kyak kucing aja..klw smpe gede gk dikandangin gk bhya kn dok..tkutnya mkin gede mkin galak..

      Delete
    7. hahaha, saya malah inget musang rase saya dulu. sama begitu, kalo malem gak tidur. kadang malah naek ke tempat tidur, gigit hidung, kuping, dan jempol kaki. wajar kok. mereka emang paling ngenalin tuannya dari bau tubuh. dan bagian2 tubuh yang digigit biasanya emang yang punya bau khas... :D

      dulu juga saya kasih bubur bayi buat musang rase saya si cemong. emang beberapa kali kasih hati ayam rebus yang dicacah halus, tapi gak sering. seminggu sekali aja.

      yang penting, mas harus sering2 ajak main dia. apalagi kalo dia freeroom kayak gitu, diliarin kayak kucing. jadi lebih banyak orang rumah berinteraksi sama dia. dengan begitu, dia makin jarang gigit. saya bilang jarang, karena namanya musang ya pasti gigit.

      namun biasanya rase itu lebih sensitif kalo sama tuannya yang sudah bonding sama dia. mereka lebih bisa baca pikiran tuannya dibandingkan jenis musang lain.
      mungkin itu penyebab kenapa musang mas gak mau gigit anak mas.... meski begitu, sebaiknya hati2 kalau musangnya lagi main sama anaknya mas. sambil diawasi aja. namanya hewan kan kita nggak tahu. :D

      kabari terus ya mas

      Delete
  2. malam dokter, saya mau tanya maaf kalau tidak sesuai topik, saya punya musang pandan dari umur 2 bulan, sekarang sudah umur 4 bulan mau 5 bulan tapi kondisi badan nya tetap sebesar baby musang pandan.pertanyaan nya apakah musang saya bisa tumbuh besar atau tidak? kata teman saya kemungkinan kelainan gen yang menyebabkan tubuhnya tidak berkembang, apa mungkin hal tersebut dapat terjadi? mohon penjelasan nya serta mungkin dapat menjadi masukan untuk ulasan artikel berikutnya.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan kelainan gen. :)
      sama seperti manusia, postur musang ditentukan oleh faktor genetik. tapi bukan berarti kelainan gen ya mas. karena beda pengertiannya. kalau mas bisa ngurusnya, malah musang berbadan mini kadang lebih terlihat lucu. mereka tetap keliatan seperti anak-anak meski sudah dewasa kelak.

      tetep sayangi dia, itu saran saya. banyak artikel di blog ini tentang musang yang mas bisa baca. silakan eksplor aja artikel2 di blog ini. :)

      dikasih nama siapa mas musangnya???

      Delete
  3. dok mau nanya lagi nih, tips yg kmrin2 tntang gmetar2/malnutrisi sdah sembuh bsa lari2 lagi , nah skrng umur msang ku krng lbih 2bln 3hrian kalo ga slah. dari dia lahir sampe umur 1bln3mnggu itu minum nya susu kntal manis aja ga prnah di kasih bubur sun sama pmilik prtamanya, nah stelah pemiliknya saya saya mulai ksih bubur sun, itu pun harus di msukan ke dlm dot prtamanya, stiap sya beri mkan&mnum susu dia mnyedotnya dengan kncang mungkin dia anggap itu puting induknya, nah terus sya coba bli susu bayi yg non lactosa karna gizi nya yg lebih lengkap, setelah saya dotkan dia pertamanya minum bbrapa detik kmudian dia ga mau mungkin rasanya yg beda ama yg susu kental, nah setelah itu dia ga mau nyedot lagi pada itu dot, pdahal sblumnya dia sangat mngejar-ngejar itu dot.stlah kejdian itu mkan minum nya harus di cekokin pake dot itu krna dia ga mau nyedot lgi. skrng sya sedikit repot karna harus cekokin mkannya, pertnyaannya!!!
    1.gimana ya dok supaya bisa maakan sendiri/ cara melatihnya ? kalo saya ga cekokin takutnya dia malnutrisi lagi , sudah prnah saya kasih diatas mangkuk tpi dia ga makan
    2.apa sya harus kasih susu kentalmanis lagi dok?
    3.terus kenapa harus di kasih yg non lactosa?
    4.umur segitu baiknya di kasih makan apa dok & apa yg ga boleh d brikan ? boleh nasi+kecap atau yg lainnya?
    maaf panjang ya dok mohon di jawab dengan lengkap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaanya.
      1. mas bisa tambahkan madu ke susu non laktosanya. madu TJ lebih bagus.
      2. gak usah dikasih susu kental manis lagi mas karena resikonya besar.
      3. iya, saran saya sih tetep kasih non laktosa.
      4. mas bisa kasih bubur sun. coba diajari juga makan sendiri. dalam sehari, cukup kasih makan disuapi hanya sekali saja. sisanya mas bisa taruh di wadah. biasanya umur segitu dia akan belajar makan sendiri kok...
      cara melatih agar dia makan sendiri adalah dengan cara menaruh makanannya di kandang. biasanya, musang akan menghampiri makanannya sendiri. berikan makanan semi padat berupa bubur bayi (promina lebih bagus dibandingkan sun).... kalau nasi + kecap hanya untuk musang dewasa. memberikan nasi + kecap ke bayi musang sama halnya dengan bayi manusia dikasih makan semur jengkol, hihihihi....

      nama musangnya siapa mas? :)

      Delete
    2. kan sya biasa kasih makan 2-3xshri pagi sore malam itu pun harus di spet pake dot itu sambil sdikit pemaksaan, misalkan pagi nya saya kasih lewat spet brati sore & malam nya saya taruh dikandang ya bu?

      1. apa dia nanti ga kelaparan bu? kadang juga dia jerit2 bu,takutnya kekurangan gizi nanti malnutrisi lagi bu?
      pernah sya coba tpi ga dimakan bu akhirnya diinjak2 :D,

      2. klo promina recomendasi rasa apa bu? klo di kasih yg rsa asin gpp bu misal rsa ayam/ati??
      klo di kasih kuning telur rbus ga pp bu? apa jangan

      Delete
    3. halo mas andika. saya coba jawab.
      1. latihan makan sendiri tidak harus tiap hari. kalau mas libur (misalnya minggu), mas bisa coba latih. selebihnya jangan. cara melatihnya bisa dengan cara mas tadi: pagi kasih makan, siangnya cukup taruh makanannya di wadah dan taruh di kandang dekat dengan musangnya. lalu perhatikan. jika dalam 30 menitdia gak mau makan juga, suapi dikit aja. jangan sampai dia kenyang. lalu diamkan lagi selama 30 menit. kalau dalam 30 menit belum dimakan lagi, suapi lagi sedikit (jangan sampai kenyang), lalu diamkan lagi 30 menit. begitu terus sampe akhirnya dia mau makan...
      biar gak diinjak2, coba kasih wadah makan yang agak tinggi. beli aja wadah makan khusus kucing atau sekira dia tidak bisa naek ke wadah makannya. pakai asbak yang berdinding agak tinggi juga bisa....

      2. jangan yang rasa asin. promina bubur bayi bisa yang rasa kacang hijau.
      kalau si musang sedang tidak luka atau tidak sedang katarak, mas bisa kasih telur rebus. sedikit aja dan jangan terlalu sering. :)

      semoga membantu... :)

      Delete
  4. Sore dok mau tanya q dpt musang cewek umur9bln pernah melahirkan.là sekarang saya yg merawat mau tak jodohkan mapunyaq.tp knp ya dok setiap q kasih mkn apa aja gk mau uda tak coba layakx mkn musang tetep mogok mkn

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke owner sebelumnya dia dikasih makan apa.
      lalu coba berikan sesuai dengan makanan di owner lamanya. biasanya karena kurang terbiasa saja dengan makanan baru mas.... :)
      untuk makanan, mas bisa baca artikel makanan musang pandan.... :)

      Delete
  5. Uda dok lalu q coba msh tetep gk mau knp ya dok pa stres terus bgaimn supya mau mkn buah

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba air minumnya kasih madu (madu TJ aja) biar terasa manis... :)
      kalau memang dia tidak terbiasa makan buah, kasih aja makanan yang biasa dia makan dulu. taruh saja di kandangnya, terutama malam hari... biasanya kalau musang lapar dia akan makan sendiri... :)
      fesesnya gimana??

      Delete
  6. Ya dok ntar q coba dulu saranx bu dokter

    ReplyDelete
  7. Bu dokter mau tanya lg boleh,mslh muspan yg mogok mkn.bu dok nyuruh ngasih madu TJ sama ngasih mkn yg dia suka seblm q rawat.tp knp ya dok kok tetep aja gk mau mkn .kenapa ya bu dok tlg sàranya kasian masak gk mkn tak kasih pisang ya gk mau biasax kepala ayam juga q kasih juga gk mau tlg dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba air minumnya kasih madu.
      mas juga bisa cek kesehatan musang dari tahi-nya. silakan baca artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya....

      udah coba kasih pisang yang dagingnya lunak? coba kasih pisang sunpride. opsi lain, kasih ati ayam rebus yang dicincang halus..... :)

      Delete
  8. Makasih bu q coba dulu moga2 msu mkn

    ReplyDelete
  9. singkat saja dok, musang pandan saya yang namanya Eci sudah 3 hari ini gak mau makan. padahal dia cuma mau makan pisang, kali ini udah gak mau sama sekali, saya coba ganti sama bubur dan pepaya tetap tidak disentuh. maunya cuma minum susu akibatnya badannya jadi kurus dok meskipun ttp lincah. Nb ; musang saya usianya 3 bulan .. sudah bisa makan sendiri dari kotak makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya musang lebih suka pisang yang ada aromanya. coba kasih pisang sunpride.

      Delete
  10. Dok, mau tanya.. tau dokter hewan di daerah surabaya yg menangani musang ga dok?? Musangku lemes ga mau makan, kurus banget.. ga tau kenapa.. padahal yg satunya makanannya sama.. takut knapa2.. makasihh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mbak search alamat dan nomor telepon dokter hewan di bagian cari artikel.... :)

      Delete
  11. siang dok saya mau minta saran dok makanan yg baik buat musang itu apa aja ya? soalnya musang saya kurus bgt pengen gendut minimal sehat lah, terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara menggemukkan musang pandan

      Delete
  12. Dear Bu Dokter
    bu saya baru dpt muspan lagi,satu pasang tapi beda induk,yg cwek namanya bebeb,yg laki namanya beby,dan masih umur 1 bln klo yg lakinya,klo yg cwek 2 blnan,saya beri makan bubur sun rasa pisang dan pisang setiap harinya,seminggu sekali kadang saya kasih vit scot emolsion 10mg,yg mau saya tanyakan apakah makanannya itu sdh baik bu untuk umur musang segitu.?
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    salam

    ReplyDelete
  13. Dear Bu Dokter
    bu saya baru dpt muspan lagi,satu pasang tapi beda induk,yg cwek namanya bebeb,yg laki namanya beby,dan masih umur 1 bln klo yg lakinya,klo yg cwek 2 blnan,saya beri makan bubur sun rasa pisang dan pisang setiap harinya,seminggu sekali kadang saya kasih vit scot emolsion 10mg,yg mau saya tanyakan apakah makanannya itu sdh baik bu untuk umur musang segitu.?
    atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

    salam

    ReplyDelete
  14. Dokter sofica mau tanya dong. Musang ku umur 2bulan up, dia udah gamau nyusu kemaren mogok nyusu. Eh dikasih pepaya mau makan sekali makan 1 pepaya lgsg abis dok. Bsknya dia dikasih pepayagamau dok. Aku coba kasih telor rebus abis 1 butir. Sehabis itu perutnya membesar seperti org busung lapar dok. Normalkah dok?

    ReplyDelete
  15. Dokter sofica mau tanya dong. Musang ku umur 2bulan up, dia udah gamau nyusu kemaren mogok nyusu. Eh dikasih pepaya mau makan sekali makan 1 pepaya lgsg abis dok. Bsknya dia dikasih pepayagamau dok. Aku coba kasih telor rebus abis 1 butir. Sehabis itu perutnya membesar seperti org busung lapar dok. Normalkah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya penyebabnya karena susu. dikasih susu apa?
      cobe cek fesesnya.
      silakan mbak baca juga artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      saya tunggu kabar selanjutnya...

      Delete
  16. Aku kasih susu sgm biasa dok dicampur sama sun. Fesesnya normal dok kalo mkn pepaya keluar pepaya. Cuma kemaren sempet ngeliat warnanya item dok. Ohya dok untuk saat ini dia aku kasih mkn pepaya, telor, jangkrik atau ayam rebus dok. Boleh tdk ya dok sebenernya untuk musang umur sgni? Dan dia makannya rakus dok, kemudian aktif bgt. Ga pernah lemes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saran saya, untuk susu sebaiknya ganti pakai sari kurma aja. kalau toh mau kasih susu, kasih susu non laktosa kayak sgm llm.

      coba mbak cek artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      saran saya lainnya, sering2 kasih buah. minimal seminggu 2x kasih buah. :)

      kasih saya kabar lagi ya mbak..

      Delete
  17. Untuk susu udah stop dok, dia udah gamau nyusu. Paling aku kasih air putih aja. Untuk buah emang lebih sering aku kasih, paling asupan proteinnya hanya selingan aja. Ohya dok musang sy hairlos parah dok. Padahal kandang bersih terus, terus rajin aku mandiin. Itu knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang siapa yang hairloss? musang mbaknya?
      kalau boleh tau, umur musangnya berapa? masih anakan ya?

      biasanya kalau umur anakan (2 hingga 3 bulan), mereka hairloss karena ganti bulu. penyebab lainnya, biasanya karena cuaca.

      kalau kebersihan kandang dijaga dan si musang gak sakit, sepertinya penyebabnya karena 2 hal itu.

      silakan baca2 artikel saya mengenai bulu musang rontok.. :)

      Delete
  18. Iyaa dok musang saya masih baby baru 2 bulan lebih. Dook untuk jangkrik kali di kasih ke baby masalah Ga ya dok ke badannya atau ke rontoknya bulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih gak masalah. kayaknya rontoknya kalau karena suhu ya emang karena lagi pergantian bulu. yakin dia gak suka gesek2 badannya ke kandang dll?

      so far sih kalau dia masih aktif dan gak murung serta fesesnya bagus, saya kira masih sehat... :)

      Delete
  19. Suka garuk2 mata paling dok sama badan. Itu juga jarang. Ga sering. Dok apakah musang bisa cacingan? Bagaimana ciri2nya dok? Aku takut baby musangku si cimut cacingan, soalnya dia makan rakus bgt dok 1 buah pepaya bulat habis sehari kali aku turutin. Tapi Ga gemuk2 dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. musang yang cacingan biasanya beda dari fesesnya. baunya lebih busuk. dan warnyanya gak sama kayak makanannya. lebih pucat atau kehitaman...

      kalau masih 2 bulan, yang paling penting adalah dia sehat dan mau makan aja dlu. kalau soal menggemukkan, ntar aja di atas 3 atau 4 bulan... :D

      Delete
  20. Dok mau tanya..
    Musang sy Aktif,ga mau diem, tapi susah makan dok..
    Musang sy kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gtu ya dok. Tapi dok baby musang saya kembali perutnya membesar lagi, seperti ingin meledak dok. Besar sekali. Kemarennya abis makan telur rebus 2 butir . kemudian seharian kemaren dia ga pernah nyenyak tdrnya seperti keberatan perut dok. Hanya tdran tapi matanya melek. Kalo dikeluarin dr kandang mah aktif dok. Dia makannya rakus bgt dok.

      Delete
    2. @regian: dia masih anak2 ya? kalau masih anak2 emang gitu.
      udah bisa makan sendiri? kalau udah bisa makan sendiri, taruh aja makanannya di kandang....
      kalau belum, sepet aja. :)

      Delete
    3. @ novita:
      stop dulu pemberian telur. setidaknya sampai dia dewasa. sekali lagi, kalau masih anak2, yang penting dia mau makan dulu. jangan dipaksa buat gemuk dulu.

      dan usahakan kasih pepaya biar sistem pencernaannya.

      sekali lagi saya tegaskan bahwa memelihara hewan itu bukan soal ambisi pribadi. pikirkan juga kesehatan musangnya, mbak. musang gemuk emang lucu, tapi saya mohon, kalau masih anakan, mending dia sehat.

      kecuali kalau mbak mau dia mati.

      Delete
  21. dok saya mau tanya?
    musang saya baru melek dan belajar jalan. saya memberikannya bubur cerelac rasa kacang hijau dia tidak mau minum susu non laktosa.
    pertanyaan saya adalah :
    1. bolehkah bubur cerelac rasa kacang hijau di berikan kepada bayi musang dan jika boleh sampai umur brapa boleh mengganti makanannya dengan yang padat?
    terima kasih dok sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh aja kasih cerelac, meski menurut pendapat saya bagusnya sih kasih promina... :)

      sampai dia bisa makan makanan padat, mas. kira2 umur 2 hingga 3 bulan... :)

      Delete
  22. Maaf dok saya mau tanya apa bagus kalo musang pandan di berikan wiskas kitten

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, tapi jangan sering2. cukup seminggu atau 2 minggu sekali aja...

      Delete
  23. mlm dok,maaf ganggu lgi, smalam ciboy mkn tkus di dapur..ketauannya pas sya pulng nguli jm 11.. bhya gk dok..?
    npa lw sngaja di ksh ati rebus gk mau..tpi tikus idup ko dimakan yh..sya plihara musang bru kali ini, itu jga gra' malaikat kecl sya suka..tpi lucu jga..lw siang gayanya kalem gk bnyk tingkah..ikut nimbrung bareng di ruang tv..tpi klw malem..wuih..lari sana lari sini..gigit sana gigit sini..
    lucunya low siang di ajak jln-jln trus di lepasin, npa pulang ke rumah terus ya dok..emang musang kyak kucing yh bisa tahu pulang..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya masih dibawah 3 bulan ya mas?
      bisa jadi dia imprint sama aroma rumah mas atau mungkin sama salahsatu orang di rumah mas. bisa jadi. coba mas baca artikel IMPRINT PADA MUSANG.

      sehabis makan tikus liar itu, gimana fesesnya? jadi mencret? kalau gak mencret, saya kira dia masih sehat. kalau mas worried, coba kasih minum air kelapa + sari kurma aja ke dia. biar menetralisir bakteri. :)

      dan kalau bisa, dihindari makan tikus lagi.

      soal karakternya, musang emang gitu. lebih aktif pada malam hari. wajar kok... :)

      kabari terus... :)

      Delete
  24. umur ciboy, kyaknya diatas 3 bln dok..soalnya giginya dh bnyak n dh bisa mkn sndiri..
    stelah baca artikel imprint pada musang, sya kira musang rase sya imprint pada istri sya, soalnya yg ngasih mkn dri kecil smpe skrang istri sya dok, lw sya jrng, kn nguli dari pgi plngnya mlam..trus tiap pgi atau bngun tidur yg di smperin tuh istri sya,..heheheh
    low mslah pesesnya normal dok..bentk krim bubur sun gitu..
    trus lucunya skrng BAB n BAK nya sudah biasa di WC dok..asalnya kn tiap mo buang air slalu di tmpat sholat istri..gk prnah di kasur wlau ska tdur di ksur..stelah sya print artikel melatih musang agar berak di toilet, kayaknya sma istri diterapkan sma ciboy..hebatnya kurang lebih 3 hari lngsung bisa..jdi iri..hehe
    sya prtama kli piara musang biasanya burung brkicau..kli ini mlah burungnya gk ke urus..tiap libur kerja mainin rase terus..
    rencana lw panen pdi lgi mo nangkep yg dh gedenya..mslah handle kn ada istri..:D
    di sini musang rase sarangnya di padi mulai menguning dok.

    mksh dok atas wktnya..moga bu dkter sukses & shat slalu..

    tar low dh pnya rase yg gede di kabarin dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang rase lebih klop ke cewek sih auranya.
      kayak rase saya dulu, dia juga imprint sama saya. kalo sama suami, galaknya ampun2an, hahahaha....

      kalo pelihara musang rase yang udah dewasa, agak riskan sih mas. jujur aja, dulu juga saya hampir frustasi pelihara musang rase dewasa yang galak. saya dapetnya waktu dia umur setahun lebih. agak lebih susah dijinakkan kalau udah dewasa... :D

      salam buat ciboy dan istrinya. kabari terus.

      oh ya, bisa mas fotoin fesesnya? saya tunggu ya... :)

      Delete
    2. mikum..bu dokter..
      gmana kbrnya moga shat slalu..
      Ciboy skrng dh bisa mkn apa aja,pala ayam, jangkrik, telur lebah,telur rebus..pdhal gk diajarin, emang udah nalurinya ya bu low dh mo gde.. aktif, larinya dh kenceng, maen gigitnya dh mulai terasa ngilu, hehehe..and alhamdulillah anak sya jga dh biasa di gigit kyaknya jdi biasa aja,heheh .oh iya umurnya bener wktu ibu bilang di bawah 3 bulan jenkelnya betina bu..itu juga ps sya tanyain istri sya..skrng dh lumayan gede bu, alhamdulillah sehat..tpi ttp aja bondingnya ama istri terus..pdhal skarang yg sering handle saya..tpi tiap diajak becanda..low dh cape perginya nyamperin istri..tow istri berdiri mau ke dapur aja..psti becandanya berhenti..terus ngikutin istri..(iri juga sih...
      bu dokter bener lagi, ternyata musang rase yg udah dewasa msh liar..serem jga yh..cuma sminggu berani ngehandelnya..pdahal cuma liatin aja di depan kandang..smbil di ajak ngobrol..gk berani megang..tiap tngan mau masuk hising terus..jdi nyerah aja..mending handel ciboy aja..

      Delete
    3. hahahaha. :D

      saya seneng denger kabarnya. bener ternyata, dia imprint sama istrinya mas. :D

      segalak-galaknya rase, dia akan kenal sama kita kok... :)

      Delete
  25. siang bu dokter..
    ciboy tdi mlam muntah-muntah..setelah pginya di kasih pala ayam..yng aneh muntahannya ada sejenis cacing wrna putih segede lidi..itu juga di tarik keluar sma sya bu,,yg jdi pertanyaan :
    1. apa karena mkan pala ayam,soalnya pala ayamnya agak bau pdhal baru beli, dan merebusnya sebentar soalnya buru-buru mo kuli..
    2. cacing yg keluar itu apa cacing pita, trus bahaya gk sma kita
    3. pemberian kpla ayam dihentikan tw diteruskan aja bu..
    kondisi ciboy, kmarin lemas tpi udah agak baikan dan mau mkn lgi, stlah di kasih sari kurma..itu jga di spet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. iya kayaknya. karena kepala ayamnya gak fresh. bisa jadi udah lama itu mas. dan diformalin...
      2. kalo soal bahaya atau nggak, kita observasi aja ke depannya gimana.
      3. iya kepala ayamnya stop aja. ciboy umur berapa mas?

      coba kasih pepaya atau pisang aja selama 7 hari ke depan sambil diobservasi. cek fesesnya, apakah setelah dikasih kepala ayam itu, ciboy jadi mencret... :)

      Delete
  26. mlah gawat bu..
    sya di ksih saran sma temen..untk di kasih combantrin ktanya cacingan..

    pginya sya bli combantrin rasa jeruk..trus di kasihkan ke ciboy pke sndok..selang stengah jam..ciboy muntah-muntah tpi air aja..gk ada cacingnya..mlah kondisinya jdi lemes gk mau makan..gk bisa berdiri..tdur aja..trus di paksa mkan sun pke spet itu jga..tpi tetep kondisinya lemes..sya bingung tkut mati & mrasa berdosa krna smbarangan ngasih obat..ibu angkatnya ampe murka (istri saya)nyalahin saya..kira-kira apa yg mesti di lakukan dok..agar ciboy sht lgi.



    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana ciboy?
      kenapa mas asal kasih obat aja? padahal kalo mas kasih air kelapa muda campur sari kurma, pasti sembuh itu.... seenggaknya ada kemungkinan sembuh...

      Delete
    2. alhamdulillah dok, shat lagi..
      ditungguin ampe begadang gantian ama istri,saking bingungnya ampe di doain ditelinga ciboynya,smbil terus di spet makan pepaya blender..alhamdulillah Allah msh percaya untk merawat ciboy..skrang dh normal lagi dok, mulai saat ini kapok kasih obat smbarangan...
      untuk pemberian pepayanya diteruskan tw dilanjutkan dok..
      maaf ya dok..jdi ganggu terus..bnyak tanya..heheh

      Delete
    3. alhamdulillah, saya seneng dengernya.

      obat pake obat alami aja mas: air kelapa muda. :)

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Dok ,saya punya musang rase umurnya kurang dri 3bulan kayaknya soalnya ini nemu di sawah saya juga gak terlalu yakin ama unurnya yang pasti dia masih kecil dan belom bisa makan sendiri,udah di rumah selama 3 mingguan dan si rase ini nurut ama saya dan keluarga saya ,cuma mau gigit ke saya dan anak cewe saya,herannya kalo deket ama anak cewe saya selalu ndusel tidur ..mungkin karena dari awal yanh rawat anak saya jadi lebih clop ke anak saya.Yang mau saya tanyakan :
    1.selama dirumah kan saya kasih susu skim yang untuk bayi kucing , itudia doyan tapi fasesnya cair dan kadang muntah,itu seharusnya saya kasih makan apa seumuran segini?saya bingung soalnya baru kali ini pelihara musang.sebaiknya dikasih makan apa dan seberapa porsinya?mungkin ada saran untuk jadwal pemberian makan untuk memudahkan saya merawat si rase.

    2. Kemarin saya mandikan pakai air hangat dengan cara dicemplungkan dia nurut tapi setelah dimandiakan badannya bergetar seperti menggigil,padahal sudah dikeringkan dan bulunyabjuga sudah kering.kondisi ini kenapa ya dok?apa cara memandikan yang salah?kalau salah bagaimana seharusnya?
    3.saya ada rencana menyuntikannya agar dia sehat ,kira2 suntikan apa saja yang perlu dok?lalu pada usia berapa ?
    4.si rase saya ini sering diajak tidut bareng anak saya dok,ini gak bahaya kan dok?
    Maaf dok kalau banyak tanya ,btw rase saya namanya Milo ...terimakasih dan mohon dijawab ya dok ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      1. stop susunya, kasih bubur bayi promina aja mas.
      2. jangan lama2 dimandikannya. dan setelah dimandikan, langsung dikeringkan, dan ditutup pake kain biar anget...
      setelah dimandikan gimana bulunya, mas? apa jadi rontok parah?
      3. maksudnya vaksin? ada. salahsatunya vaksin distemper/parvovirus. silakan hubungi dokter hewan terdekat...
      4. ajak tidur bareng musang gak bahaya selama kebersihannya dijaga. dan mas yakin keamanannya. kan kita gak tahu, namanya tidur kan kita gerak2 gak beraturan. takutnya ketindih... :)

      Delete
  29. Dok mau tanya saya sudah hampir 1 bulan memelihara poo (nama muspan) dan sampai skrng dia masih blm bsa mmgenali saya setiap saya kluarin dia pasti minta trun dari tangan saya dia mau di punggung kalau ad orang lain mendekat
    Tlong saran agar dia bsa bonding dan mengenali saya dok
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...
      silakan mas baca artikel saya, CARA AGAR MUSANG ANTENG

      Delete
  30. sore dok..
    msh ingat ma ciboy..??
    skarang ciboy dh pulang ke habitatnya dok,,
    gara-gara di ajak mudik ke kmpung halaman..di rumah orangtua di lepas,kyaknya malam pergi keluar rumah..smpe skrang gk balik lagi..padahal low di rumah sendiri, pas bln puasa tiap jam 9 malam keluar, pulangnya jam 3 pagi kebiasaan nubruk-nubruk pintu low pulang,atau emang di rumah orangtua lokasinya baru jdi gk bisa pulang ya dok..

    ReplyDelete
  31. Assalamualaikum dok.
    Ijin mau tanya,muskar saya betina usia 2 tahun lebih..sebulan ini bulunya bnyak rontok,waktu saya tinnggal dinas luar kata istri saya dimandiin pake shampo anak2..n skrg dia keliatan males bgt gerak cuma makan masih lahap..kira2 ada apa dgn musang saya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. abis dimandikan, dilap pake handuk, lalu bulunya dikasih minyak kemiri aja mas. beli di toko kosmetik.
      terus diusapin ke bulunya. silakan baca artikel saya, CARA MEMBERIKAN MINYAK KEMIRI UNTUK MUSANG....

      fesesnya mencret?

      Delete
  32. Assalamualaikum dokter cantik....
    aku mau nanya nih dok, aku punya musang pandan umur 3 bln.. dia akhir" ini jarang makan,tapi dia seperti biasanya aktif terus lincah nya kelewatan wkwkwk, tapi saya khawatir bgt dok akhir" ini gara" saya jarang liat dia makan udah 2 hari ini sih , tapi saya selalu ngasih dia minum air pake madu, terus saya sediain pisang juga 1/2" , sama irisan ayam rebus kecil" , barang kali dia mau makan, kadang si seharian ga makan tapi nanti besoknya tau"nya tinggal kulit pisangnya aja , kalo makan sekarang secuil" ga terlalu nafsu makan gitu, tapi fases nya tetep normal, dianya aktif bgt malahan,.. sebelum ga nafsu makan kaya gitu dia aktif bgt doyan bgt pisang sekali makan banyak bgt sampe satu pisang/atau satu setengah pisang dia abisin, eh udah 2 hari mau 3 hari ini makannnya malah jarang banget.. :( solusinya gimana dok, saya takut dia mati aja :( , sayang habisnya udah lucu bgt udah nurut, udah bonding, pinter ngikutin naik turun tangga juga ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.

      kalau fesesnya normal, saya kira dia masih sehat. mungkin bosan aja dengan makanannya. mas bisa coba kasih bubur bayi promina ke dia.

      Delete
  33. Selamat malam dok.. saya mau tanya,saya punya peliharaan musang akar umur kuranglebih 1tahun.. lg masa²nya birahi dok apa gapapa jika ga dikawinkan? Soalnya sicalonnya blm birahi.. dan 1lagi musang saya idungnya berair kadang bersin gtu apa dia flu? Kalo makan teratur.. dan saya mnta saran spya musang sehat dikasih mkn apa aja dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja kawinkn, mas.
      gak apa2 meski salahsatunya belum birahin.

      kalau soang musang bersin, udah ada artikelnya...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.