Cara Mengetahui Jenis Kelamin BOP | Drh. Fira Sovica

Cara membedakan BOP jantan dan betina

banyak ditanyakan oleh para pecinta alap-alap, cg, bwk, dan jenis BOP lainnya. Bedanya CG jantan dengan betina, cara membedakan jenis kelamin alap-alap, dan perbedaan bwk jantan dan betina adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pengunjung blog ini. Anda bisa membaca perbedaan antara cg, alap-alap, dan bwk di artikel bedanya alap-alap, cg, dan bwk. Oh ya, artikel ini juga berkaitan dengan artikel cara membedakan burung hantu jantan dan betina.
Cara Membedakan Jenis Kelamin BOP
Image taken from wikipedia.org


Sebenarnya, cara paling akurat dalam menentukan jenis kelamin burung pemburu (bird of prey, BOP) adalah dengan cara laparotomy, yaitu dengan melakukan bedah terhadap burung hantu yang akan dites. Jelas sekali bahwa laparotomy  harus dilakukan oleh dokter hewan yang memiliki pengalaman dalam bedah hewan, terutama burung pemburu.

Cara lain dalam menentukan jenis kelamin burung pemburu adalah dengan cara sexing dengan pendulum. Umumnya, menentukan jenis kelamin burung hantu dengan cara sexing menggunakan pendulum hanya efektif kepada burung pemburu nocturnal (yang aktif pada malam hari) seperti burung hantu dan semacamnya. Bagi burung pemburu diurnal (aktif pada siang hari), cara mengetahui jenis kelamin BOP dirasa kurang efektif karena hasilnya kadang berbeda antar jenis BOP.

Cara mengetahui jenis kelamin BOP dengan pengecekan dimorfisme seksual.
Cara paling mudah untuk mengetahui jenis kelamin BOP adalah dengan cara pengecekan dimorfisme seksual. Secara singkat, dimorfisme seksual berarti perbedaan bentuk fisik antara jantan dan betina. Pengecekan dimorfisme seksual pada burung pemburu berati membedakan jenis kelamin jantan dengan betina dengan melihat ciri spesifik antara burung BOP jantan dengan burung BOP betina.

Cara membedakan jenis kelamin BOP dengan cara dimorfisme seksual.
Ada beberapa variable yang bisa menjadi acuan apakah seekor burung pemburu dikatakan jantan atau betina. Berikut adalah beberapa variable dimorfisme seksual yang bisa anda jadikan acuan dalam menentukan jenis kelamin burung hantu karena umumnya, terdapat perbedaan yang bisa dikenali antara BOP jantan dan betina.
  • Umumnya, ukuran burung  betina biasanya lebih besar dibandingkan BOP jantan. Namun hal ini tidak terjadi pada semua jenis. Pada BOP pemakan burung, ukuran betina biasanya lebih besar dibandingkan ukuran jantan. Namun pada BOP pemakan mamalia (tikus, kelinci, dal lain-lain), ukuran jantan biasanya lebih besar dibandingkan betinanya. Kedua perbedaan ukuran ini biasanya yang menjadi patokan utama dalam membedakan jenis kelamin BOP.
  • Memasuki masa kawin, warna pada burung biasanya menjadi lebih terang dan garis antar dua warna lebih terlihat. Perubahan warna pada bulu burung memasuki masa kawinnya biasanya lebih umum terjadi pada BOP betina.
  • Dari segi kebiasaan alam, biasanya BOP pejantan akan tinggal lebih lama di wilayahnya saat memasuki masa migrasi. BOP pejantan akan membiarkan BOP betina untuk bermigrasi terlebih dahulu.
Demikian adalah beberapa

cara menentukan jenis kelamin BOP

. Semoga artikel tentang bedanya BOP jantan dan betina ini bisa menjadi acuan bagi anda yang memelihara BOP. Saran, komentar, dan konsultasi saya tunggu di kolom dibawah ini. (FS)

99 Responses to "Cara Mengetahui Jenis Kelamin BOP"

  1. ingin bertanya untuk pola bersarang pada bop yg membuat sarang jantan atau betina. ? untuk pemakan ikan bagaimana? contoh dari bop yang termasuk pemakan burung seperti alap alap kah,dan pemakan mamalia itu hawk eagle? seharusnya disertakan contoh pada artikel tersebut . jadi yang warnanya lebih terang pada musim kawin itu betina yah pada bop,berbeda dari burung" umum yah ? .wah terimakasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas pertanyaannya. kebetulan jawabban dari pertanyaan mbak sudah saya susun dalam satu artikel tersendiri yaitu artikel siklus hidup BOP. sudah saya tulis, hanya saja nunggu antrian, hehehehe... mungkin besok atau lusa saya terbitkan. silakan mampir lagi ke blog ini... :)

      sama2. senang bisa berbagi... :)

      Delete
  2. Dokter partner saya Tobi (CG usia juve awal), mau tanya efek daging kambing buat cg apa ya? Terus kemaren udah bisa FoF , habis itu dianya escape gra2 kaget waktu dipanggil balik lagi , eh sekarang ggmau FOF , stress atau gmana ya dok? Apa mesti adaptasi lagi dari awal buat melatihnya?

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Daging kambing terlalu panas buat owl mas. lebih baik jangan. secara tekstur juga daging kambing terlalu berat buat pencernaan owl. :)

      lebih sering dilatih lagi, lebih sering manning lagi mas. CG memang begitu, moodnya turun naik. paman dan kakak saya juga pelihara cg, keluarga kami semuanya pelihara falcon. hanya saya aja yang fokus ke owl...

      coba mas cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya... semoga membantu :D

      Delete
    2. Untuk fesesnya alhamdulillah normal dok. Sekarang saya kasih daging sapi segar, kalau dikasib anakan tikus kok gg disentuh ya dok ? Terus pagi ini dikasih daging sapi juga ga mau, tapi fesesnya masih normal dok.

      Delete
    3. kalau ngasih anakan tikus putih jangan diliatin mas. kalau diliatin terus kadang emang dia gak mau makan.
      tinggal aja dia ama tikus putihnya. nanti juga dimakan. kasih bayi tikus putih aja. :)

      Delete
  4. Dok celepuk saya kok tidak berisik ya dok, tetapi makannya lahap dok.... adop dari usia mature dok normalkah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia makannya masih normal, saya kira dia masih sehat.
      coba mas baca artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya....

      Delete
  5. Mau tanya dok,saya lihat di youtube proses manning bop nya di cium cium, apa memang seperti itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga udah liat. :)
      gak juga kayak gitu sih mas. terlalu 'lebay' kalo menurut saya. hehehehe.... proses manning bisa mas baca di artikel cara menjinakkan burung hantu.... secara prinsip sama... :)

      Delete
    2. Iya dok makasih artikelnya dokter tentang BOp udah saya baca semua, membantu sekali dokter kalau bisa lebih sering posting tentang BOP dokter buat pengetahuan, lain kali kalau ada yang kurang ngerti saya tanya dokter lagi ya ?:-) salam buat Errol , assalamualaikum

      Delete
    3. iya, silakan tanya lagi kemari. :D
      salam balik dari errol dan padma. errol baru aja keluar cariin makan buat padma,,, :)

      Delete
    4. Dok saat manning bpak saya gergaji kayu pakai disel, apakah mengganggu proses manningnya dok??

      Delete
    5. Banyak tanya dok soalnya masih pemula hehehe

      Delete
    6. tidak apa2 mas. hehehe. saya malah seneng jika banyak yang bertanya tentang pet-nya.. :D
      sebaiknya di karantina di ruangan sepi mas. kalau banyak gaduh, malah bikin stress. :)

      silakan mas baca2 artikel saya mengenai burung hantu di blog ini. banyak kok. :)

      Delete
  6. Maaf dok bukan manning, maksud saya karantina

    ReplyDelete
  7. Kalau ngasih minum saat di dlm kardus pakai sedotan atau wadah dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau nanya lagi dok cg saya kok tadi saya cek di dlm kardus di sekitar fesesnya yang hitam kok sebesar kelereng apa itu normal dok?

      Delete
    2. kalau dia bisa minum sendiri, pakai wadah gak apa2. cukup pastikan dia bisa minum sendiri. kalau gak bisa ya pakai sedotan.
      untuk feses, silakan cek artikel cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama... :)

      Delete
    3. Cg saya di karantina pake kardus aqua nggak apa2 dok?

      Delete
    4. kalau gak ada ruangan kosong, boleh pake dus. tapi dusnya juga agak besar mas. kalau mau kardus akua ukuran besar (kardus akua botol ukuran 1500ml) disusun jadi 2. ITU JUGA KALAU CG-NYA MASIH CHICK! kalau cgnya udah dewasa, bisa pakai kardus tv atau kardus kulkas.....

      cg rentan stress mas. jadi harus hati2... :)

      Delete
  8. Terima kasih dok
    Tapi cgnya saya buatkan perch T pipa ukuran 3/4 kok ga mau nangkring ya dok?apa terlalubesar ya dok?

    ReplyDelete
  9. Mau nanya lagi dok hehe
    Cg saya setelah di karantina gak mau hansfeed kalau kasih makan harus di taruh di sampingnya, itu knapa ya dok ?? Untk fesesnya nrmal dok. mohon penjelasannya dok

    ReplyDelete
  10. Apa perlu di karantina lagi dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya coba jawab mas... :)
      1. coba percnya di bagian tangkringannya (tempat si cg mencengkramkan jarinya) digulung dengan tali komando atau jelas tali yang lain. bisa juga pakai tali tambang kecil. biar si cgnya gak kesulitan dalam mencengkrm perchnya...
      2. itu malah bagus. mas taruh saja di sampingnya, gak apa2 kok. karakter setiap burung pemburu memang bermacam2, sama seperti kita. TAPI mas juga harus melatih dia ya. cara melatih BOP bisa mas baca di blog ini.
      3. kalau sudah dikarantina, tidak perlu dikarantina lagi... :)

      dikasih nama siapa cgnya mas? salam dari errol dan padma... :)

      Delete
  11. Terima kasih dok pencerahannya membantu sekali
    Memang karakter piaraan mencerminkan pemiliknya karena saya juga rada penakut hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya Tobi
      Salam balik dari Tobi
      ( padma itu siapa dok? )

      Delete
    2. iya mas. seperti itu memang kalo bop... mereka mencerminkan kita, pemiliknya...
      padma pasangannya errol.. :)

      Delete
    3. setelah saya karantina Tobi masih takut sama saya ini gimana dok??
      Salam dari tobi buat errol dan padma:-)

      Delete
    4. kalau karantina itu hanya agar si burung hantu terbiasa dengan tempat barunya, bukan agar dia tidak takut dengan ownernya yang batu mas... :)
      kalau agar dia jinak bukan dengan karantina. silakan baca cara menjinakkan burung hantu....

      Delete
    5. Kakak saya bilang " jangan di kasi makan katkau nggak mau makan di glove, nanti kalau lapar nafsunya akan mengalahkan rasa takutnya " apa itu benar dok?
      Trus saya takut kalau Tobi gak berani lalu mati kelaparan. Solusinya bgaimana dok? Apa saya mengikuti saran kakak saya?

      Delete
    6. saya kurang paham katkau tuh apa... :)
      intinya sih jangan buat si owl/bop stress, itu aja. makanya proses manning dibutuhkan agar dia mengenai mas sebagai partnernya. dan burung hantu biasanya takut hanya jika sedang stress, sifat dasar burung ha bop sendiri sebenernya pemberani. kalau dia keliatan takut atau selalu berdiri diam di pojok ruangan misalnya, ada kemungkinan stress....
      dilatih lagi agar dia mengenal mas... :)

      Delete
    7. "Kalau" dok maaf salah nulis

      Delete
    8. oh. hehehe. :D
      kalau memang dia belum jinak, mas bisa kasih makan dengan cara handsfeed (sodorkan langsung ke paruhnya). bisa mempercepat proses penjinakkan juga malahan. kalau nanti dia udah jinak, baru kalau dia gak mau nyamperin ke glove gak usah dikasih makan... :)

      Delete
    9. Terima kasih dok pencerahannya
      Salam dari Tobi buat Errol dan Padma

      Delete
    10. salam juga buat tobi. errol lagi cari mangsa buat padma. padma lagi uring-uringan di perchnya karena ditinggalin errol. hehehe

      Delete
    11. Tobi kok kadang mau handsfeed kadang nggak mau

      Delete
    12. si padma juga begitu mas.
      sabar aja. biasanya kalau dia belum termanning dengan sempurna memang begitu... :)

      Delete
    13. Mau nanya lagi dok
      Tadi pagi fesesñya tobi ada sedikit bgian kaya jel warnanya ijo tua tpi makannya malah meningkat dan masih aktiv. Apa dia baik2 saja dok?

      Delete
    14. Sekalian nanya dok
      Dokter hewan daerah Blora ada nggak ya? Agar saya dapat memberikan faksin tetelo kpd Tobi

      Delete
    15. halo mas fam.
      1. kalau makannya masih bagus, kemungkinan ada infeksi bakteri saja kayaknya mas. cukup pastikan makanannya bersih.
      2. ada kok. daftar nomor telepon dokter hewan sudah saya catat di salahsatu artikel di blog ini....

      Delete
    16. Terima kasih dok
      Artikel ini jadi penuh pertanyaan dari saya hehehehe......

      Delete
    17. saya malah seneng mas kalo ada yang nanya. :D
      seneng bisa bantu2 pecinta hewan via blog... :)

      Delete
    18. Dok saya ada 6 ekor marmut
      Saya lepas saja d dapur, dulu sih bnyak bngt dok tpi pada mati gejalanya
      Perutnya membesar, trus ( maaf ) anusnya berair itu knapa ya? Trus lebih baik d kandang atau d lepas saja dok?

      Delete
    19. dia mogok makan juga? kayaknya sih kena susah BAB (konstipasi), bisa terjadi akibat salah makan yang menyebabkan penyumbatan di usus sehingga dia susah bab. bisa terjadi karena dia dilepas lalu dia makan sesuatu...

      Delete
    20. iyd dok tapi sekarang nggak lagi
      Berarti hrus d kandang ya dok

      Delete
    21. iya, sementara ini di kandang aja dulu. kalau saran saya sih bawa aja ke dokter hewan mas.... :)

      Delete
    22. Apakah cg aman d mandikan dok?
      Jam berapa, dan berapa hari sekali?
      Dan harus d smprot atau bgaimana?

      Delete
    23. kalau baru dateng, lebih baik jangan dimandikan dulu. kalau sudah terbiasa di tempat baru, mas bisa semprot dia pakai spray yang biasa buat mandiin burung kemudian di lap dengan handuk kering.... setelah itu angin2kan sampai bulunya kering... :)

      Delete
  12. Assalamu'alaikum dokter. saya Pambudi Utomo, maaf dokter adik saya sering nanya tentang Tobi dengan akun ini, juga terimakasih karena dokter sabar jawab pertanyaan adik saya yang kadang aneh, mohon bantuannya dok untuk bimbing adik saya pelihara CG saya krena Tobi saya titipkan ke dia sejak 3 minggu lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya mas. gak apa2, saya malah seneng bisa bantu2... :D
      silakan mas baca2 dulu artikel2 saya, tanyakan bisa ada yang bingung....

      salam kenal....

      Delete
    2. Dok Tobi nafsu makannya menurun kalau d kasi makan d buang
      Dia masih aktif dan fesesnya nrmal knapa ya dok????

      Delete
    3. Sekarang fsesnya da cmpuran hijau tua kaya dulu tpi lebih bnyak:-!

      Delete
    4. sering mas kasih minum?
      dia masih sering bunyi ngik ngik ngik kalau siang atau malem?

      coba lebih sering diberi minum. mas juga bisa kasih pakan hidup seperti bayi tikus putih.... saya rasa dia masih sehat... :)

      Delete
    5. Salam buat tobi . errol . padma Dari Wido(cheLm)
      Saran buat mas Pambudi utomo..
      Utamakan Manning ..
      Lakukan manning Hingga BOP tidur di atas glove (tidur hingga kepala kebelakang)
      Memberi makan utamakan selalu di atas glove .. Lakukan Hingga manning benar" Selesai :) .. Lalu melatih bop Tahap setengah meter selama 3-4 hari .. 2 kali training sehari :) .. Perlahan" saja saat melatih .. Harus Sabar yaa :) terkadang CG agak rewel saat latihan :) ..
      Utamakan Memberi makan (tikus putih seperti saran drh.fira.. .emprit,,Tupai,kelinci) semoga sukses .. Salam Falconry SangaSanga Kota Juang :)

      Delete
    6. cek mulutnya, mas. bener kata mas wisnu, ada kemungkinan frounce

      Delete
  13. Mbak bisa sexing in dm saya lewat foto gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau hanya mengira-ngira, mungkin bisa... :)
      mas bisa ganti foto profil mas pakai foto burung hantunya.... atau share aja di g+ saya... :)

      Delete
  14. Dok ,saya punya planing buat belajar breeding bop , kebetulan di tempat saya kami punya 5 ekor che , 3 ekor che lm dan 2 nya lg che dm . Yg mau saya tanyakan bagaimana cara membedakan jenkel che nya ? Dan apakah che lm dan dm bisa dikawin silang .

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus itu mas buat breeding che. :)
      membedakan jenis kelamin bop bisa dengan sexing dengan pendulum, caranya sama seperti di artikel cara membedakan jenis kelamin burung hantu.

      pendapat saya mengenai kawin silang antar burung che, sepertinya bisa dilakukan, baik itu che lm dengan che dm, che dengan che lm, ataupun che dengan che dm. ini hanya pendapat saya aja ya mas....

      nanti mungkin saya buatkan artikelnya... :)

      Delete
    2. Terima kasih dok :) .

      Rencana nya kami mau melakukan captive breeding , kira2 aviary yg cocok untuk che ukuran nya berapa ya dok? Dan apakah ada suplemen atau cara untuk menaikan birahi dari bop nya , seperti yg pernah saya lihat di youtube dengan keyword how to inseminate goshawk. Di dalam video ini bop nya seperti di beri serum khusus .

      Delete
  15. Setau saya. Buat breeding bukan hal gampang. Dibutuh kan lahan yang luas. Dan setahu saya jgk di indonesia blm ada yang sukses breeding BoP.

    ReplyDelete
  16. Setau saya. Buat breeding bukan hal gampang. Dibutuh kan lahan yang luas. Dan setahu saya jgk di indonesia blm ada yang sukses breeding BoP.

    ReplyDelete
  17. Permisi dok, mau tanya,kenapa ya CG saya tiba2 mogok makan, ini sdh 3 hari tdk makan, saya suapin di muntahkan, gmn caranya supaya mau makan lagi? Umur juve akhir, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek fesesnya, baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama.... :D

      Delete
  18. Permisi dok, mau tanya,kenapa ya CG saya tiba2 mogok makan, ini sdh 3 hari tdk makan, saya suapin di muntahkan, gmn caranya supaya mau makan lagi? Umur juve akhir, thanks

    ReplyDelete
  19. Permisi dok, mau tanya,kenapa ya CG saya tiba2 mogok makan, ini sdh 3 hari tdk makan, saya suapin di muntahkan, gmn caranya supaya mau makan lagi? Umur juve akhir, thanks

    ReplyDelete
  20. Mau nanya dok.. Entah mau nanya apa yah...jadi gini dok.saya baru beli bwk. Langkah awal biar jinaknya pindah kemajikan baru gmna yah,makasih... Nih maaih mikir2 dan belajar. Mohon kesempatannya untuk pertanyaan berikutnya, by.endha

    ReplyDelete
  21. Mau nanya dok.. Entah mau nanya apa yah...jadi gini dok.saya baru beli bwk. Langkah awal biar jinaknya pindah kemajikan baru gmna yah,makasih... Nih maaih mikir2 dan belajar. Mohon kesempatannya untuk pertanyaan berikutnya, by.endha

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah seneng kok bisa jawab2in pertanyaan. :D
      bwk-nya udah jinak? maksudnya, dari owner lamanya, bwknya udah jinak? langkah pertama, karantina aja mas. udah ada artikelnya, cara karantina burung hantu.

      kalau udah karantina, ya kayak biasa. manning. ajak main, latihan, sering2 kontak mata, ajak ngobrol. keluarga saya semuanya pelihara BOP, cuma saya doang yang pelihara owl. jadi kakak sama ayah biasanya pake cara begitu... :)

      kabari terus.. :)

      Delete
  22. Assalamualaikum Dok, sy punya WBSE ada yg ingin sy tanyakan apa ciri ciri elang laut WBSE yg jantan dan yg betina? maturnuwun. taufik, fb mti_dance@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas, itu umum kok buat semua BOP

      Delete
  23. Assalamualaikum Dok, sy punya WBSE ada yg ingin sy tanyakan apa ciri ciri elang laut WBSE yg jantan dan yg betina? maturnuwun. taufik, fb mti_dance@yahoo.com

    ReplyDelete
  24. assalamualaikum dok..
    mau tanya..
    saya kasihan sama cg saya nih namanya Popo, alhmdulillah dia udah jinak 70%,kadang 30%,kadang 50.dy udah bisa terbang ke glove saya skitar jarak +-20m. usianya dewasa awal, saya dlm sehari jarang ketemu si popo, ditinggal kerja,paling ngasih mkan slama 40menit /hari plng krja. nah dok saya kpikiran nyari jodo buat popo, supaya ada yg nmenin klo saya kerja,jadi saya main k pasar burung, cman gaada jenis yang sama dok, kira2 dikawinin dengan alap2 yg beda jenis bisa ga dok? trus popo bkalan berantem ga ya sama temen barunya? soalnya dia tiap hari makan burung pipit, lihat bayangan dirinya dikaca jendela aja dia udah kaget,kicau kicau disangka ada musuh, ngembangin sayap dan bulubulunya gitu..
    mmm saya hawatir gimana ya dok?
    apa bisa popo dapet jodo?
    makasih dokter fira..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam.
      kayaknya gak usah dikasih temen pun gak apa2, mas. karena cg sendiri hewan soliter (penyendiri). mereka malah gak suka kalo diteminin. dan saya kira untuk diajak main selama 40 menit, itu udah lebih dari cukup. kebetulan keluarga saya juga pelihara elang, jadi tahu banyak mengenai cg. ayah saya juga pelihara cg kok.. :)

      Delete
  25. Dok mau tanya, cara cek umur bwk gimana ya ? Saya baru beli, kata masnya sih juve. Cuma bulunya ada beberapa yang rusak, apa itu hal yg wajar dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sih kalo soal umur. bisanya dicek dari rongga bulunya, itupun harus sama orang yang berpengalaman. bisa saya liat fotonya? mas upload aja ke postimage.org, terus linknya ditaro di sini... mungkin bisa saya kira-kira.... ayah saya bisa memperkirakan umur bwk, soalnya beliau juga pelihara.... :) saya tunggu, dan maaf karena baru balas... kalo soal bulunya, biarin aja. nanti juga terganti sendiri pas mabung

      Delete
  26. Dok sya ingin mencoba melihara elang BK yg saya ingin tanyakan enak mana melihara yg jantan ato betina ?dlam hal setia pada majikan dan responnya makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aja, mas. mau yang jantan atau betina, sama aja kok.
      kalo pemula, mending pelihara yang lebih gampang dulu, mas. kalo elang BK kayaknya terlalu susah buat pemula... :)

      Delete
  27. Dok, mau tanya ciri ciri fisik elang bido CSE itu apa dok,, dari corak warna apa bisa diketahui, suwun dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba aja mas googling di yahoo: crested serpent eagle
      nah itu tuh bido, hehehe...

      maaf karena baru balas...

      Delete
  28. Prmisi dok.. sy mau brtnya sy punya bondol dsini sdh bbrp hari sy manning danhsilny sdh klihatan dia sdh mau naik ke tgn sy hny dgn di sodorkan lgsung naik tapi yang membuat sy heran dia sm skali ga suka klo di elus" ato di pegang org lain slain sy.. itu progres baik ato bruk yh dok?.. slam dri Hebi (bondol sy) di Makassar

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mas heby,
      malah bagus. emang biasanya awal2 dia cuma jinak sama kita, tapi lama kelamaan, kalau mas ngebiasain dia ketemu sama orang lain, nantinya dia bakalan terbiasa sama orang lain kok...

      coba aja kenalin ke orang rumah... :)

      Delete
  29. dok mau tanya...knp elang saya tdk mau makan daging simpanan dr kulkas..dan lebih suka yg fresh

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu, mas.
      tergantung kebiasaan sih.

      mas dapet elangnya dari tangkapan liar ya? udah berapa lama pelihara?

      mau gak mau harus dikasih yang fresh sih. mas bisa nyetok puyuh anakan buat makanannya dia.

      bisa dibiasakan dengan daging hasil kulkas? bisa kok. awalnya kasih kecil2 aja. dan teteskan darah dari daging yang fresh dulu...

      Delete
  30. maaf mau tanya cara membedakan elang jawa jantan dan elang jawa betina dengan cara termudah itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya, mbak.
      mending minta bantuan ahli. bisa juga gabung ke grup pecinta BOP di facebook...

      sayangnya saya gak bisa liat burungnya langsung. bisa kirim gambarnya kemari?

      Delete
  31. maaf ya saya belum punya elangnya, tanya hanya untuk memastikan kalau nanti mau beli

    ReplyDelete
  32. Dok, saya mau tanya banyak pertanyaan, mohon maaf

    1. ini butung jenis apa ya.?

    Kronologi:
    Saya mendapatkanya dari teman, kondisinya bulu banyak yg rontok terutama di bagian ekor, setengah dari bulu ekor sudah patah
    ada peluru senapan angin di sayap sebelah kanan,
    Untuk peluru sudah saya keluarkan (kebetulan saya punya keahlian medic). Saat saya dapatkan kondisi sayap kanan fraktur, lukanya sudah terlanjur mengering sehingga menimbulkan lubang yg cukup dalam.

    Kondisi sayap yg fraktur jadi bengkak dan sampai sekarang ga bisa terbang.

    2. Gimana agar bulunya cepat tumbuh lagi.

    3. Apakah ada kemungkinan bisa terbang lagi.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fotonya gak masuk, mas. setelah dimasukkan di bagian silakan upload gambar, dapet linknya, nah linknya di copas di komentar baru... :)
      kemungkinan bisa terbang lagi, tergantung parah atau nggak fracturenya...
      soal bulunya, nanti setelah lukanya sembuh, mas bisa kasih minyak zaitun di bagian yang botak bekas luka... :)

      Delete
  33. maaf dok sy ingin tanya kaku elang BWK boleh gak dikasi makan ikan segar

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sesekali, boleh mas.
      itupun yang ukuran kecil ya. yang sekira dia gampang makannya...

      Delete
  34. mau tanya dok, saya punya black kite usia juve. tapi bulunya gak rapi. kira2 nanti bisa jadi rapi atau tidak dok? dan itu butuh waktu berapa lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok. nggak rapinya karena apa?
      biasanya nanti akan rapi dengan sendirinya... :)

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.