Jadwal Pemberian Makan Pada Kelinci Peliharaan | Drh. Fira Sovica

Mungkin sedikit yang tahu bahwa kelinci memiliki

jadwal makan kelinci

dan jenis makanan kelinci tertentu agar pertumbuhan kelinci optimal. Selama ini, orang cenderung mengidentikkan makanan kelinci adalah sayuran. Padahal, sayuran hanya pelengkap makanan kelinci, bukan sebagai makanan pokoknya. Bagi anda yang ingin tahu tanda kelinci sehat, anda bisa membaca artikel saya ciri kelinci yang sehat.


Jadwal Pemberian Makan Pada Kelinci Peliharaan
Image taken from wikipedia.org

Ada beberapa jenis makanan kelinci dan jadwal pemberian makan kelinci yang harus anda ketahui. Berikut adalah beberapa jenis makanan kelinci dan jadwal pemberiannya:
  1. Pakan padat, jam 8 pagi.
  2. Pemberian makanan padat kepada kelinci bisa diberikan pagi hari pada jam 8 pagi. Makanan padat untuk kelinci bisa berupa pelet, ampas tahu, atau bekatul. Sediakan juga air minum berupa air mineral untuk kelinci anda.
  3. Sayuran layu, jam 1 siang (13:00).
  4. Pemberian sayuran layu bertujuan untuk melancarkan pencernaan kelinci. Anda bisa memberikan wortel sebanyak 1 batang untuk satu ekor kelinci peliharaan anda.
  5. Rumput layu atau pakan padat, jam 7 malam (19:00).
  6. Jadwal makan kelinci yang terakhir dalam sehari adalah pada jam 7 petang. Makanan yang diberikan bisa berupa rumput layu. Jika anda kesulitan dalam mendapatkan rumput, anda bisa memberikan jenis pakan padat berupa ampas tahu, bekatul, atau pelet. Sebaiknya, pemberian makanan kelinci pada jam 7 malam diberikan agak banyak karena kelinci sendiri adalah hewan nocturnal, artinya hewan yang beraktifitas pada malam hari.
Demikian adalah

jenis makanan kelinci

dan jadwal pemberian makan pada kelinci. Semoga artikel diatas bisa membantu anda dalam ternak kelinci sebagai hobi dan sebagai investasi. Saran, komentar dan kritik bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

103 Responses to "Jadwal Pemberian Makan Pada Kelinci Peliharaan"

  1. Selamat sore dok, kelinci saya kurang lebih umur nya 2 bulan, saya kasih pelet dia ga mau makan dok, cuma mau makan sayuran, gimana solusinya ya dok biar mau makan pelet? Sejauh ini sudah saya coba campur pelet sama sayur, tapi cuma sayur yg mau dimakan dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum terbiasa, kayaknya. saya tebak, kelincinya dari kecil belum pernah dikasih pellet samasekali, betul?

      jangan dipaksa. itu saran saya. yang penting dia sehat. untuk hari2 ke depan, hati2 karena cuaca lagi gak bagus. pancaroba. :)

      saya tunggu kabarnya ya mas.. :)

      Delete
  2. Betul dok kata penjual nya biasa dikasih makan ampas tahu. Alhamdulillah tadi sudah mau makan pellet dok walaupun cuma sedikit, pelan pelan saya biasakan dulu :)

    Apa boleh dikasih minyak ikan dok? Atau ada alternatif lain untuk memperlebat bulunya? Kelinci saya silangan dari anggora dan lokal dok, trims :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih minyak ikan dlu sampe dia terbiasa mau makan. seenggaknya tunggu beberapa minggu lagi. :)

      kalau pengen bulunya lebat, gak usah pakai minyak ikan, mas. pakai shampo khusus kelinci aja. :)

      sehat selalu buat kelincinya. jaga agar dia mau makan, dan hati2 karena cuaca lagi pancaroba..

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Infony sangat bermanfaat dok. Alhamdulillah ternyata saya ud bener ngasih makannya. Tapi kadang kelinci saya jg dikasi makan pisang, boleh atau g ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, boleh aja sih.
      cuma sebaiknya jangan banyak2. dan sesekali aja kasihnya... :)

      Delete
  5. Dok. Kelinci saya tidak mau di kasih minum, kenapa ya? Dan kotoranya lebih besar seperti coklat chacha? Saran dokter makanan yang bagus untuk kelinci saya kira kira apa ya (2,5 bulan umur nya)? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa. Ini kenapa ya dok?

      Delete
    2. ini pertanyaan lama, tapi coba saya jawab.
      kalo kelinci umur segitu emang jarang minum. mungkin dia udah banyak makan makanan yang mengandung banyak air. jadi ya biarkan saja mas. tetep taro botol minum di kandangnya... :)

      Delete
  6. jam makannya blh berubah ga dok? tp tetap 3x sehari makannya, soalnya ga tentu kan setiap harinya bisa kasih makan tepat wktu bgtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh, yang penting selang waktunya samakan dengan artikel di atas... :)

      Delete
  7. Dok kenapa ya kelinci saya mendadak mati kejang kejang,setelah saya kasih makan sedangkan kelinci itu sendiri tidak sedang sakit dan makanannya sehari hari yang saya beri dia makan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab kenapa kelinci kejang-kejang, diantaranya epilepsi (ya, kelinci juga bisa kena epilepsi), tumor di bagian otak, infeksi di bagian dalam kupingnya, gula darah rendah, infeksi bakteri tertentu, atau cedera dalam tubuh....

      kalau kelinci mas masih mau makan dan tadinya sehat2 aja (gak menunjukkan gejala sakit) kayaknya kalau gak tumor di bagian otak atau gula darahnya rendah. cuma tebakan saya aja sih...

      nanti mungkin saya tulis artikelnya...

      Delete
  8. cara mencegah agar tidak terulang hal yang sama kepada kelinci saya gimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, agak susah kalau emang bener tumor otak.
      jadi mending mas kontra-indikasi aja penyebab lainnya. yang pasti jaga kbersihannya, dan semacamnya...

      mungkin nanti saya susun artikelnya khusus buat mas...

      Delete
  9. Assalamualaikum dok kelinci umur 2,5 bulan boleh dikasih sayur caisim gk ya?

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum dok kelinci umur 2,5 bulan boleh dikasih sayur caisim gk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bisa sih, kalau umur segitu, jangan dikasih caisim, mas.
      terlalu 'berair'. coba makanan lain. :)

      Delete
  11. Alat minum untuk kelinci bagusnya berbentuk apa ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok botol minum yang buat kelinci/hamster. itu juga bisa digunakan. yang digantung di kandangnya itu, mbak... :)

      Delete
  12. dok ktnya kelinci ga blh mandi? tkt mati mendadak. jd bersihin kelinci gmn ya dok. masalhnya bawah perut dan kaki kelincinya udh kotor bngt. mohon bantuannya dok. mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kelincinya maish anakan, emang sebaiknya jangan dimandikan. cukup dilap aja pakai handuk yang dibasahi air hangat... :)

      soal memandikan kelinci, bisa baca artikel saya CARA MEMANDIKAN KELINCI

      Delete
  13. Dok mau tanya, kira" kalau makanan kelincinya saya kasih full pellet semua gpp? Atau perlu d beri variasi sperti hay dll? Dan untuk haynya sndri bisa nggak kalau dbuat sndri dok?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, bagusnya sih minimal seminggu sekali kasih hay dll.
      biar sistem pencernaannya bagus... jadi tujuan rumput hay untuk membersihkan dan melancarkan sistem pencernaannya...

      sama aja kayak manusia, kan dianjurkan makan sayuran atau buah-buahan sebagai asupan serat, agar sistem pencernaannya bagus :)

      Delete
  14. selamat malam Drh Fira, bisa tanya alamat prakteknya? apakah di Jakarta?
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah gak buka praktek lagi karena terlalu sibuk kerja di salahsatu instansi pemerintahan, mbak. :(
      itulah makanya saya bikin blog ini biar saya bisa tetep bantu2 orang... :)

      maaf karena baru balas///

      Delete
  15. dok Fira yg cantik sya mau nanya nih? pakan apa yg cocok agar kelinci sya buang air seninya tidak bau.terus apakah boleh memberi pakan kelinci sayuran segar dari kulkas.mohon saran'nya dok mksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakan kelinci, mending pilih yang layu aja mas.
      jangan yang masih seger.

      kalau mau gak bau, pake pellet kan bisa... :)

      Delete
  16. dok mau tanya kok pipis kelinci saya ada putih bsa ya.. kenapa.. mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kayak busa gitu mas?
      untuk nafsu makannya gimana?

      biasa mas kasih makan apa?

      fesesnya mencret nggak?

      kalau nafsu makannya masih bagu dan fesesnya gak mencret, sebaiknya observasi aja dulu selama 3 hari ke depan.

      Delete
  17. dok mau tanya, saya mau pelihara kelinci tapi saya bingung jam kasih makannya, saya bisa kasih makan jam 6 pagi (sebelum berangkat sekolah), terus saya pulang jam setengah 4 sore. gimana sarannya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitu juga bisa kok...
      maaf karena baru balas...

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Dok mau tanya, kemaren kelinci saya mati mendadak dan sebelumnya tidak pernah terlihat indikasi bahwa ia terkena penyakit.

    Penyebabnya kenapa yah dok..?

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum drh fira. Wah saya senang sekali ada dokter yg tau banget kelinci. Soalnya sana melihara kelinci cuma tanya sana sini dan g tau benar atau salah. Begini dok, kelinci saya lahiran terakhir hanya dua ekor. Padahal sebelumnya 4 atau 6 anak. Apakah kelinci saya sudah ketuaan dok?.
    Dan begini kelinci saya ini tak buatkan kandang tp beralas tanah. Agar kelinci bisa senangtiasa garuk garuk tanah. Gimana dok apakah boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang umur kelincinya berapa, mbak?
      setau saya sih gak ada hubungannya antara jumlah anak dan umur kelinci. itu setau saya ya. emang iya, makin berumur kelinci, biasanya tingkat keberhasilan kehamilan juga kadang menurun, tapi jumlah anak biasanya biasa kok. gak berpengaruh.

      mungkin lebih ke faktor lucky aja ya. :)

      selama ini gimana kandangnya? udah biasa pake alas kandang tanah? kelincinya udah kenal sama mbak? maksudnya, udah jinak dan udah bonding?

      karena kadang kelinci suka gali lubang di tanah dan kabur dari cage-nya kalo kandangnya outdoor dan alasnya tanah.... :)

      Delete
  21. Peremisi dok, mau nanya. Umur kelinci saya 2,5 bln kira² bisa gak di ditarok di luar rumah beserta kandang nya,,,
    Soalnya kalo dalam rumah trus sering kenamara sama ortu..
    Apa gak rawan penyakit ?
    Misalnya, kembung, diare ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan di luar rumah, mas. kalau siang dan udara gak dingin sih boleh aja taro di luar, tapi kalo udara terlalu panas atau terlalu dingin, atau saat malam hari, mending pindahkan ke dalam rumah....

      Delete
  22. obat untuk luka pada kaki kelinci apa dok ? sya ga tahu penyebabnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya apa ya mbak? soalnya banyak.
      tapi kalo luka biasa aja, gak ada belatung dan semacamnya, mbak bisa kasih betadine aja....

      Delete
  23. Pola makan kelinci yg baik bagaimana mana dok??

    ReplyDelete
  24. Dok,kalau kelinci melahirkan mesti tarok tanah ya ddalam kandangnya?

    ReplyDelete
  25. Yahh dok , Jadi makanan sprti pelet dan hay tdk boleh selalu tersedia di kandang dok?
    Sy ksih wortel dan sayur siang dan sore. (Fuzzy lop usia 3 bulan)

    ReplyDelete
    Replies
    1. takutnya nanti malah si kelinci lebih memilih pellet atau hay aja, nggak memilih makanan lainnya yang diberikan...

      maaf karena baru balas. saya abis kerja keluar negeri kemaren... :(

      Delete
  26. Yahh dok , Jadi makanan sprti pelet dan hay tdk boleh selalu tersedia di kandang dok?
    Sy ksih wortel dan sayur siang dan sore. (Fuzzy lop usia 3 bulan)

    ReplyDelete
  27. Slamat sore dok, saya pemula memelihara kelinci kecil, kira2 usianya 3 bulanan, Dan tiba2 klinci saya mati satu, padahl siangnya masih aktif, lari2 makn pun masih normal, kira 2 Knapa ya dok, trus klinci saya doyan makan, saya kasih rumput, seminggu sekali kasih wortel, di kasih bekatul gx mau di makan, apalah wajar kalo klinci sya makan terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas...
      anakan kelinci emang gampang mati. sebabnya biasanya karena pakan yang kurang tepat atau masalah pencernaan. karena sistem pencernaan anakan kelinci sangat rapuh...

      saran saya, kalau mau pelihara kelinci, jangan yang anakan. beli aja yang dewasa... :)

      Delete
  28. Selamat malam dok. Mau tanya, saya baru aja beli kelinci anggora (kata penjualnya sih, soalnya emang bulunya bagus dan lebat, secara fisiologis juga g sama kaya kelinci lokal). Nah prtanyaan saya, apakah boleh menyediakan pakan kelinci yang tidak langsung habis (distok banyak gitu di wadah pakannya). Dan kelinci sy kok kadang pas lari2 di halaman sambil ngeluarin kotoran ya, itu gmna cara ngantisipasi biar dia cuma pup di litter box? Terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara agar kelinci pup di litterbox bisa diliatih sih... caranya sama seperti kita latih kucing pup di litterbox... :)

      soal pakannya, sebenernya amannya sih langsung abis. tapi kalo emang mau pake wadah yang bisa nampung makanan sekali banyak gitu, boleh aja. asalkan pastikan makanan yang tersisa selalu bersih.

      kelinci anakan mudah mati, itu aja sih saran dari saya. harus bener2 hati-hati, mbak. :)

      Delete
  29. Assalamualaikum dok, kelinci saya fuzzy loop. Saya baru saja adopt 1 kelinci jenis FL namun kelinci nya telinga kadang naik sebelah dok, krna saya campur kadangnya dgn jenis yg sama hehe.

    Cara mengatasi bulu pda pantat kelinci yg basah gmn ya dok, soalnya umurnya msh 2,5-3bulan. Soalnya mau saya mandikan kok msh dilarang ya dok, solusinya bagaimanaa?

    Terimakasih, waasalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal kuping kelinci turun, wajar kok... :)

      lap aja pake tisu, mbak.
      sama jaga kebersihan kandangnya. :)

      Delete
  30. Hallo..
    Slamat malam dok.
    Kalo klinci dikasih makan Wortel / Kangkung tiap hari ada pengaruh nya kah ?

    Trimakasih

    ReplyDelete
  31. Selamat malam dok, aku baru 2hari pelihara kelinci untuk pertama kalinya, umur kelincinya kira2 2bln, aku mau tanya, kalo didlm kandang selalu aku sedia in pelet buat kelinci ku itu bagus gak ya dok, trus aku perhatiin kelinciku setiap abis makan 2menit kemudian langsung pup dok, apa itu hal yg wajar/normal? Kadang suka khawatir, dan aku juga mau tanya apa kalo pelihara kelinci itu min 2 dok? Katanya supaya dia ada teman daan gak stres, mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar kok... :)
      kalau jumlahnya, gak apa2 pelihara satu juga. emang ada yang bilang mending 2, tapi itu gak harus.

      mau kasih pellet di kandangnya? boleh... :)

      Delete
  32. Asslamualaikum dok, dok kelinci saya jantan mau 4 bulan kurang satu minggu, dia tuh loncat loncat ga mau diem, padalah kan katanya klo HL pendiam, apakah tidak papa dok??

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana mas? mencret?
      nafsu makannya gimana?

      saya kira kalo nafsu makannya bagus dan fesesnya normal (nggak mencret), saya kira dia masih sehat...

      Delete
  33. Malam dok... Saya mau tanya gimana sihh cara kita tau biar tau kelinci itu seneng apa ga.. Terus gmna cranya kita bsa tau suasana hati nyya si kelinci.
    Thnks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya mereka aktif bergerak. beraktifitas. mereka juga kerap menggerekkan telinganya....

      Delete
  34. Dok, kelinci saya feses nya cair berwarna kecoklatan. Itu kenapa ya? Apa karena saya kasih mkn buah rambutan ya?😁. Bagaimana cara mengobati ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur kelincinya berapa mas? kalau kelincinya udah dewasa sih nggak apa2.mending jangan dikasih rambutan, hehehe.
      yang jadi masalah adalah kalau kelincinya masih anakan. belum 3 bulan. kalau kelincinya masih anakan, mending bawa ke dokter hewan sesegera mungkin...

      Delete
    2. Kalau ini kira2 umur brapa bulan ya dok? Kmrn waktu mertua beli sih kata yg jual msh anakan. Maklum dok, saya msh awam mslh perkelincian

      Delete
    3. mana mas? abis upload gambar, linknya taro di komentar.... :D

      Delete
  35. Dan akhirnya kelinci saya mati dok😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks..... kalo kelinci anakan emang susah, mas...
      udah saya bahas di artikel hewan peliharaan gampang mati....

      Delete
  36. Dok umur berapa anak kelinci boleh dipisah sama induk nya?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia udah berhenti menyusu sama induknya dan udah bisa makan sendiri, mas... :)

      Delete
  37. Assalamualaikum dok..

    Sy punya kelinci new zealand white (bulu putih, mata merah). Baru adopt sekitar 2 mingguan. Umurnya sekitar 2 bulan dan kyknya perempuan.

    Sy kasih jadwal makan sehari 3x s/d 4x tapi jam nya tidak tentu.

    Nafsu makannya luar biasa banget dok. Jenis makanan sy selalu sy taro dikandangnya hanya 3 macam dok: meadow hay, selada, wortel. Dr ketiga makannya yg paling lahap dimakan selada. Wortel dan hay paling jarang di sentuh. Akan dimakan klo seladanya habis. Selada 1kg bisa abis 5 hari dok ���� #Rakus

    Apakah jadwal makan dr sy normal dok?

    Kenapa dia jarang minum ya? Kadang sy celupin tangan sy di air trus dijilat2 sm dia.

    Awal2 kencingnya normal kekuning2an, sekarang agak merah, apakah itu normal dok?

    Fesesnya normal.

    Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya baca sih normal, mas...
      minumnya mas taro di kandang pake botol minum hamster?

      fesesnya gimana mas? normal atau mencret?

      Delete
    2. Fesesnya normal dok dan ga mencret. Kadang bulat kering agak hitam tp kadang bulat ga kering dan agak coklat.

      Tp sy kasih meadow hay jarang banget di sentuh dok. Sy lg mau coba kasih alfalfa hay. Krn sy baca klo alfalfa hay bagus utkusia kelinci dibawah 5 bln. Sy ga kasih pelet sm sekali. Soalnya makan seladanya banyak banget, terlalu doyan sm selada. Klo ada selada makanan lain ngga dilirik sm dia.

      Minumnya sy pake dibotol dok.

      Delete
    3. Sekarang usianya kan udah masuk 3 bulan. Seladanya skrg 1kg abis 3-4 hari dok.

      Nafsu makannya normal ga sih kyk gitu dok? Sy jg kadang ga tega klo liat dikandangnya ngga ada makanan.

      Kebetulan kelinci sy ini udah bonding bgt sm sy dan istri krn sering dipegang dan digendong.

      Paling suka klo kita dideket kandangnya selalu minta keluar atau dogendong trus jilat2in kita. Jarang banget gigit2 kecuali dia lg agak marah (lg disisir atau dikasih bedak bayi suka marah, mungkin risih kali)

      Delete
    4. Minumnya pake botol minum anjing yg kecil dok, kadang dijilat2 sebentar. Tp sy perhatiin jarang banget minum. Apa mgkn krn seladanya basah? Krn tiap mau kasih selada selalu sy cuci dulu biar bersih dr tanah. Dan sy selalu kasih selada ygudah mulai layu, bukan selada yg masih segar

      Delete
    5. yang penting taro aja botol minum di kandangnya. tiap hari ganti airnya. :)

      mungkin dia gak mau minum pas lagi mas liatin aja. karena kadang ada yang kayak gitu...

      Delete
  38. Iya dok.. Dan sy baru adopsi lg anggora england.. Warnanya sama putih jg dan matanya merah tp bedanya yg baru diadopsi bulu dimuka lebih lebat, hidung lebih pesek, kupingnya lebih pendek, warna mata lebih merah tua dan umurnya sama masuk 3 Bulan. Tapi yg new zealand white lebih mendominasi, apakah itu normal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal aja sih mas. nggak ada hubungannya sama jenisnya, tapi mungkin karena karakternya lebih kuat aja.

      masih anakan kelincinya? :)

      silakan mas cari2 info mengenai dokter hewan deket situ, buat jaga2 aja... :)

      Delete
    2. Iya dok masih sama2 3 Bulan. Yg anggora td kencingnya warna putih susu dan fesesnya warna coklat tp ngga mencret. Itu knp ya dok?

      Sy dpt info sih namanya drh. rini di daerah Tanjung duren. Prepare klo rabbits sy knp2 jd udah ada pegangan dokternya.

      Delete
    3. kalo anakan emang agak rentan, terutama di pencernaannya. makannya saya sarankan mas cari dokter deket situ, hehehe....

      sekarang gimana? makan masih mau? :)

      Delete
    4. Klo soal makan sih normal dong.. Pada rakus.. Tp alhamdulillah skrg udah normal lg kencingnya.. Kyknya dr peletnya.. Sy ganti pelet lgsg normal.. Pelet sebagai selingan aja sih dok

      Delete
    5. sip... alhamdulillah...
      kabari terus...

      Delete
  39. pagi dok sy mau tanya nih cara merawat anak kelinci yang umur 1 bln supaya gak kena mencret, kelinci saya ngelahirin anak 3

    dulu perna kelinci sy ngelahirin 8 anak kelinci baru 1 bln anaknya kena mencret trus mati semua padahal sudah di kasih obat tetep gak ada guna
    solusinya supaya anak kelinci sy gak kena penyakit mencret gimana dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejujurnya banyak sekali penyebab anak kelinci sakit secara umum, mencret salahsatunya. kalau cuma mencret doang mungkin dijaga makannya. kasih makanan yang udah layu aja, jangan yang masih fresh...

      tapi sebenernya selain mencret banyak faktor lain yang menyebabkan anakan kelinci mudah mati. udah saya jelaskan di artikel hewan peliharaan gampang mati

      Delete
  40. Asllamualikum dok
    Saya mau tanya ni dok saya melihara kelinci umur 1 bulan lebih tapi makkannya rumput hijau yg masih sehar apakah boleh dok?

    ReplyDelete
  41. Dok, kelinci sy umurx 1.5bulan, brusan 3 hari dipelihara, slama 3 hari ini sy gak pernah liat pupnya. Apa kelincix sembelit dok ? Udah sy beri pepaya tp gak ngefek. Gimana ya dok ? 🙁

    ReplyDelete
    Replies
    1. lanjut aja. tetep sesekali kasih pepaya....

      Delete
    2. Apa normal dok bagi anakan kelinci gak pup slama bbrp hari ?

      Delete
    3. sekarang gimana mbak? :)
      udah bisa pup?

      maaf karena baru balas... :(

      Delete
  42. Assalammualaikum dok.. Mau tanya. Apa bagus pellet penggemuk sapi/ pellet buat ayam dikasih kelinci. Krna di daerah tempt tinggl saya tdk ada yg jual pelet kelinci

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di toko makanan burung, mas. biasanya dijual kok di sana. bilang aja beli makanan kelinci.
      gak cocok kalo pake pellet sapi atau ayam. malah sakit nanti.

      opsi lain, pake sayuran yang sudah layu. jangan yang masih seger.

      Delete
  43. Assalamualaikum dok,saya baru melihara kelinci sekitar 2 hari sekitar umur 2bulanan . kelinci saya kalau siang tidur, tidurnya seperti kelinci mati , merem terus telentang miring gitu . Saat saya test pancing makanan dia , dia bangun . Ini normal atau sakit dok ? Fesesnya normal rok hitam bulet kecil terus Urinenya agak kuningsih. Mohon pendapat dan sarannya dok terimakasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikum salam. :)
      selama dia mau makan dan fesesnya gak mencret, dia kayaknya masih sehat. selama ini dikasih makan apa? saran saya coba kasih sayuran layu. JANGAN YANG MASIH SEGAR, kasih yang udah layu. karena klo yang masih segar kadang malah bikin kelinci anakan sakit. udah saya bahas di artikel kenapa kelinci saya mati... :)

      pake pellet juga boleh.. :)

      Delete
  44. Assalamualaikum dok mau nanya, apakah semangka baik dikonsumsi untuk anakan kelinci?

    ReplyDelete
  45. Thanks infonyaa ya https://bit.ly/2NttF6q

    ReplyDelete
  46. Halo Bossku ^^
    Segera Daftarkan ID di ibu21,com
    Menyediakan 8 Permainan Hanya Dengan 1 ID
    Serta Tersedia Promo Menarik
    Bonus Turn Over Terbesar
    Bonus Refferal Seumur Hidup
    Minimal Deposit Hanya 25Rb
    BBM : csibuqq
    WA : +855 88 780 6060
    Di Tunggu Kehadirannya Bossku ^^

    ReplyDelete
  47. Ass.. Baru pertama kali pelihara kelinci dok,, umur 1,5bln makanya dikasih apa ya dok yg bagus????

    ReplyDelete
  48. Dok mau tanya kelinci fuzzy lop saya ko kuping nya jadi naik ke atas itu kenapa ya? Harusnya kan turun kebawah dua2nya. Makasih dok mohon infonya

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikum
    Dok.. kelinci saya makannya kadang 4 kali sehari gak papa dok? Nah trus saya punya kelinci 11 mati 3 hilang 1 mungkin dimakan kucing karna masih usia 2 lebih.. nah jadi 3 kelinci saya yang mati ini beda2 cara matinya dok.. jadi yang kelinci pertama matinya gatau gara2 apa dok pas pagi mau kasih makan dianya udah tertidur digerakin gak bergerak eh rupanya mati.. nah itu kenapa ya dok? Untuk kelinci saya yang kedua mati dia gak mau makan dok diem aja dia.. truss gak berapa lama dia kek nangis gitu dok hidungnya agak basah.. ni betina dok.. yang mati pertama tadi jantan.. itu gara2 apa ya dok? Apa karena dia sedih ngelihat temannya tadi dok? Soalnya mereka 1 kandang.. tapi gak beda hari mereka matinya dok yang pertama mati selang berikutnya pagi jam 8 si betina mati juga.. nah trus kelinci saya yang ketiga awalnya mencret dok.. mencretnya gak sembuh2 jadi saya gak tau mau kasih apa bingung juga saya kasih entrostop nah trus saya campur sama pelet nova nya dok.. dia mau makan dok tapi tetap mencret juga dok gadak perubahan.. karena mencret itu badannya penuh dengan eek nya dok.. trus dimandiin kk saya pakai air biasa dok.. gak berapa lama di herdrayerkan biar kering bulunya biar gak masuk angin.. setelah itu adalah perubahan kan dok karena tetap dikasih entrostop agak berbentuk taiknya.. trus kelang 2 hari dia mencret lagi dok.. gatau kenapa jadi dia diasingin letak di kotak karena dia udah lemas kali dok.. takut saya digabung sama kawannya ntr yang lainnya shock pulak.. lihat dia mati.. trus pun ntr kepijak2 pas kasih makan takutnya makin tak berdaya kelincinya mati pulak makanya saya asingin dok.. nah gak berapa lama setelah lemas ini dia nafsu makannya berkurang dok.. gak kek biasanya sakit pun tetap mau makan.. ni mau tapi dikit2 dok.. truss pas besoknya pas saya letak dikardus dialasin kain paginya dia udah mati dok.. tapi matinya tenang gitu dok kayak tidur miring.. saya sedih dok karena kelincinya ini nurut banget ngerti kalo dipanggil truss baik budi.. suka ngekor kalo mau kemana2.. karena saya lepas dia dok dirumah sebelum dia sakit.. trus juga berak sama kencingnya gak sembarangan.. tapi mau gimana pun harus ikhlas.. nah itu penyebabnya karena apa ya dok?

    Makasih dok udah bantu saya :)

    ReplyDelete
  50. dok kata penjualnya kok kelincinya gak boleh mandi ya?

    ReplyDelete
  51. Dok timun buat kelinci bagus ga ? Soalnya dia demen bgt timun , wortel sawi sama kangkung ga terlalu demen

    ReplyDelete
  52. Dok saya mau tanya kenapa kok kelinci saya makannya itu banyak sekali,sekali saya kasih makan langsung habis. Misalnya saya kasih jam 7 pagi gitu jam 10 pagi sudah habis semua dok,saya kasih makan nya sayuran aja,gitu seharusnya saya kasih lagi jam 10 pagi atau tunggu siang harinya?
    Terima kasih dok..

    ReplyDelete
  53. Dok, mau nanya apa kalo dikasi rumput hay kebanyakan ada efeknya? Soalnya kelinci saya baru dikasih udah ketagihan, cara kasih makan yg benernya gimana ya dok

    ReplyDelete
  54. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.