Pisang Tidak Baik Untuk Sugar Glider, Benarkah? | Drh. Fira Sovica

Banyak owner dan peternak sugar glider yang bertanya kepada saya

benarkah pisang tidak baik untuk sugar glider?

Maka artikel ini mengakomodir pertanyaan tersebut tentang pisang sebagai makanan sugar glider. Bagi anda yang ingin tahu cara memelihara sugar glider, anda bisa mengikuti artikel saya yaitu memelihara sugar glider.
Pisang Tidak Baik Untuk Sugar Glider, Benarkah?
Image taken from wikipedia.org


Kembali lagi ke pertanyaan: benarkah pisang tidak baik untuk sugar glider?
  • Semua makhluk hidup membutuhkan keseimbangan gizi, baik itu manusia, hewan, dan tumbuhan. Yang perlu diketahui adalah pisang memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Fosfor sebenarnya dibutuhkan agar penyerapan kalsium ke tulang bisa lebih maksimal, namun bila fosfor saja (tanpa adanya asupan kalsium), hal tersebut malah berakibat mengganggu penyerapan kalsium sendiri.
  • Maka dari itu, pemberian pisang sebenarnya tidak masalah selama dibarengi oleh asupan kalsium. Saran saya, anda tetap bisa memberikan pisang 2 kali seminggu kepada sugar glider anda untuk membantu penyerapan kalsium. Pun bila anda ingin memberikan pisang sebagai makanan sugar glider juga sebenarnya tidak masalah asalkan dibarengi pula dengan asupan makanan yang lain sehingga keseimbangan gizi bisa terpenuhi.
Jika anda ingin membuat makanan sugar glider instan, anda bisa mencoba resep sg diet (makanan sugar glider berbentuk bubuk) racikan saya. Silakan baca artikel cara membuat makanan sugar glider instan. Semoga artikel tentang

pisang sebagai makanan sugar glider

ini bisa membantu anda dalam memilih makanan yang baik untuk sugar glider. Terima kasih. (FS)

24 Responses to "Pisang Tidak Baik Untuk Sugar Glider, Benarkah?"

  1. Dok saya baru punya Fs atau tupai terbang jawa...
    Saya mw minta bantuan tentang
    -pangan yg baik
    -cara penangana saat sakit
    -vitamin apa yg cocok untuk nya
    - dan tupai saya selalu gigitin kandanya yg dri besi apa g papa....
    Trimakasih dok mohon bantuannya agar saya menjadi owner yang baik untuk fs saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan mas baca cara memelihara tupai terbang dan baca artikel siklus hidup tupai terbang. cari artikelnya di bagian cari artikel,,,, :)

      Delete
  2. Replies
    1. tergantung jusnya apa dulu, hehehehe...
      asalkan jusnya gak asam/kecut atau mengandung kafein tinggi (seperti dikasih kopi, teh, coklat) dia masih boleh.... kasih jus yang manis2 aja mas... jus pepaya bagus.... tapi jusnya juga jangan yang dingin... :)

      Delete
  3. Dok kalo SG di kebiri dikenakan biaya berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya lebih murah dari pengebirian kucing. tapi tergantung juga dokter hewannya.... kalau kira-kira yaaa kisaran 200 hingga 500rbu. bisa kurang kalau dokternya baik (hehehe), bisa juga lebih mahal... :D

      Delete
    2. Sama dokter fira aja gimana hehehe ..,

      Delete
    3. yaaah, kebetulan saya sekarang lagi di luar kota. posisi mbak dmn?

      Delete
    4. Dokter, saya justru pengen SG-SG saya subur, bisa sering beranak gt, atw sekali beranak 3-4, ada tips nggak dok?

      Delete
    5. ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
      tapi semuanya tidak membawa dampak kesehatan yang bagus untuk sg serta besar kemungkinan malah akan menghasilkan joey sg yang cacat. :)
      sebaiknya biarkan mereka beranak pinak secara alami mas... :)

      Delete
  4. numpang nanya, sg kaalo diberi makan jangkrik,kaki jangkriknya di putus apa kaga? kalo kaga kaki jangkriknya kan tajem

    ReplyDelete
  5. Dok, mau tanya, kalau dikasih makan bubur SUN yang untk bayi itu boleh gak? (Yg rasa pisang)

    ReplyDelete
  6. dok makanan apa yang baik buat SG kecuali bubur ya , aku pengen ngasih cemilan gitu jadi gak makan bubur trus . oya buah apa aja yang baik buat SG ?
    makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasih sarikurma aja... atau buah2an kayak pepaya, pisang, lengkeng, dll... :)

      Delete
  7. Dok saya mau tanya, kemarin baru dapaf SG hasil dari WC, sampe sekarang susah makan dok, gimana ya?trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      coba kasih bubur bayi campur sari kurma...

      Delete
  8. Dok saya puya musang .. Nah pas abanv saya mainin trys di ajak kluar eh malah kabur . lewat lantai 2loncat ke lantai1... Nah langsung lari ke got dok ... Di tangkap sma abang saya nah pas di mandiin di gigit mulu . langsung di bekep leher nya . musang saya triak triakan dok. Nah pas di masukin kandang dia gak bisa diam dong .mau di kasi makan dia malah mengigit mulu dok ... Saranya y dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih stress, mas.
      coba karantina dulu. diamkan dulu di ruangan yang tenang (sepi suara). untuk makanannya, dia udah bisa makan sendiri? taruh aja makanannya di kandang...

      udah berapa lama pelihara musangnya?

      kabari terus

      Delete
  9. dok nanya dong 😄
    sg d kasi sun rasa pisang boleh gak dok ?

    ReplyDelete
  10. Dok bagus nya di kasih bubur sun rasa apa yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasa apa aja bisa. beras merah atau kacang ijo bagus.

      dan kalo bisa, yang merk promina...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.