Penyebab Perubahan Perilaku Pada Musang | Drh. Fira Sovica

Banyak owner musang yang mengeluh

musang jinak berubah jadi galak

tanpa sebab atau setelah mengalami kejadian tertentu. Perubahan perilaku pada musang tersebut bisa saja terjadi karena berbagai sebab. Artikel musang jinak bisa jadi buas atau galak ini saya susun karena banyaknya owner musang yang bertanya kepada saya kenapa musang berubah jadi galak. Artikel ini berkaitan dengan artikel hal yang salah dalam menjinakkan musang.


Penyebab Perubahan Perilaku Pada Musang
Image taken from zoochat.com
Ada banyak sebab kenapa musang bisa berubah jadi galak tanpa sebab. Berikut adalah beberapa penyebab perubahan perilaku pada musang:

  • Stress.

Seperti yang sudah saya bahas di artikel stress pada musang, musang yang stress akibat perjalanan biasanya akan berubah jadi galak selama beberapa jam hingga dia bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya. Untuk itu, musang yang baru tiba di lingkungan baru setelah menempuh perjalanan sebaiknya ditaruh di ruangan tertutup dulu selama beberapa jam hingga dia agak tenang.
Selain akibat perjalanan, musang juga bisa stress akibat penyakit.  Perubahan perilaku karena stress akibat penyakit biasanya membuat musang yang tadinya aktif berubah jadi murung dan kurang nafsu makan. Untuk itu, anda bisa membaca artikel saya tentang cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

  • Perilaku Ownernya.

Iya. Perilaku owner kadang membuat musang yang tadinya jinak berubah jadi galak. Sebagai dokter hewan, saya sendiri percaya bahwa musang bisa dengan mudah membaca pikiran kita, sama mudahnya seperti kuda membaca pikiran manusia yang jadi penunggangnya. Semua hewan sebenarnya bisa dengan mudah mengetahui sifat dan karakter manusia.
Begitu juga musang.
Musang terbukti sangat cerdas. Jika mereka 'membaca' bahwa ownernya mudah diintimidasi, maka biasanya mereka akan 'menjajal' ownernya. Mereka biasanya akan berubah menjadi buas hanya karena ingin tahu seberapa takut sang owner kepadanya. Maka dari itu, penting untuk menjaga 'feel' kita saat berhadapan dengan mudah. Jangan terlalu mendominasi juga jangan mau didominasi.
Sebagai orang yang berasal dari keluarga pecinta BOP, saya sendiri lebih menempatkan diri saat sebagai partner, sebagai sahabat, saat berhadapan dengan musang. Mereka tidak perlu menganggap saya sebagai manusia, cukup anggap saya sebagai 'musang besar yang suka memberiku makan'. Itu sudah cukup. Maka biasanya sebuas apapun musang yang saya pelihara, biasanya bisa menjadi jinak.

  • Pengaruh Obat-obatan.

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa membuat musang berubah perilaku jadi galak. Jika anda membawa musang ke dokter hewan terdekat dan sang dokter merekomendasikan obat atau injeksi, sebaiknya tanyakan dulu apakah obat tersebut akan menyebabkan perubahan perilaku atau tidak.

  • Penyakit.
Beberapa penyakit pada musang juga bisa membuat musang berubah menjadi galak. Beberapa jenis penyakit bisa membuat musang menjadi galak. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter hewan terdekat dengan menghubungi dokter hewan terdekat dengan lokasi anda. Anda bisa membaca artikel saya tentang daftar nomor telepon dokter hewan. Silakan search di menu cari artikel di atas.

Itulah beberapa sebab

kenapa musang bisa berubah jadi galak

. Semoga artikel singkat diatas bisa menjadi acuan bagi anda dalam memelihara musang. Saran, komentar, kritik, serta konsultasi bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

106 Responses to "Penyebab Perubahan Perilaku Pada Musang"

  1. Hi bu dokter..numpang nanya..klo musang umur 2-5 buln gitu emang susah dipanggil ya?
    musang sayang ga pernah mau klo dipanggil kcuali kalo lgi laper.klo udah kenyang main tinggal aja.trus cara melatih musang biar bonding gmana bu?..makasih sebelumnya bu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah bikin artikel mengenai cara membondingkan musang, silakan dicari di bagian cari artikel...

      emang musang kan karakternya macem2, mas. ada yang kalem, ada yang penurut, dan lain sebagainya. coba lebih sering interaksi lagi... :)

      Delete
  2. musang ku suka gigit dok, mungkin giginya gatal, sering saya jitakin kalo gigit trus dia kabur :D,
    tapi dipanggil dia mau datang dok, setelah itu ane kasih jngkrik, apakah gak apa2 dikasih jangkrik? soalnya doyan sama jangkrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2 dikasih jangkrik. kalo saya sih sarankan kasih buah, mas. jangkrik sesekali aja... :)

      Delete
  3. saya mau kenalin nih sekali kali sama dokter, sama musang saya yang namanya "Diboy".. hehehe :D
    dia sudah 3 tahuh ikut dengan saya, tapi tetap saya membiasakan karakternya seperti musang pada awalnya (liar).. Tapi kadang juga ada sikapnya yang manja atau ingin diajak main.. =))

    sebaiknya gimana ya caranya agar musang saya sayang satu itu "Diboy" bisa nurut seutuhnya?? Solus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau nurut 100% menurut saya sih susah mas. :)
      apalagi hewan macem musang. diajak main aja terus menerus. ajak gathering ama komunitas pecinta musang di kota mas lebih bagus... :)

      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
    2. Dok, kalo musang saya umur 1,5 bulan dia tuh kalo di kandang suka agak kagetan trus gigit, tapi klo udh saya ambil dia diem...
      harus gmna ya dok?

      Delete
    3. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng..

      Delete
  4. Dok musang rase saya 4hari yg lalu ketendang gasengaja, trus pas kejadian itu karakter'a jadi berubah dok kalo dipanggil gamau nyamperin, kemarin juga sempet ilang pas ketemu gamau keluar dari kolong lemari, pas saya tangkep jadi ngegigit tapi pas saya kandangin biasa aja dok masih mau bercanda, tapi tadi pas saya gendong malah galak dok saya digigit trus buntut'a saya pegang pas saya masulin ke kandang jadi galak trus kaki'a pincang. Itu grgr knapa ya dok ? Gmna cara ngobatin kaki'a yg pincang ? Mohon solusi'a dok ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh. wajar. rase memang wataknya seperti itu. kalau mereka sudah mulai percaya kepada seorang manusia lalu mengalami perlakuan yang buruk dari si manusia, mereka akan kembali ke sifat dasarnya, yaitu tidak percaya kepada dia...
      jangan nyerah mas. lakukan lagi proses penjinakkan rase lagi... emang parah kakinya? masih bisa jalan atau tidak bisa gerak samasekali? keliatan kesakitan gak kalau ditekan kakinya? kalau kesakitan, lebih baik dibawa ke klinik hewan. kalau tidak, gak apa2... :)

      maaf baru bales, saya abis sakit kemaren...

      Delete
    2. Ohh gitu dok. Masih kok dok masih bisa pecicilan. Awal'a sih iya pas saya gendong tangan saya digigit tapi sekarang udah engga kok dok. Iyaa gapapa, semoga cepet sembuh ya dok:) makasih info'a ..

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Dok saya punya baby muspan dulu pertama beli beli si gak gigit sekarang malah gigit semua benda itu kenapa ya usianya 3 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh wajar. sama aja kayak bayi manusia, musang umur segitu cenderung 'kepo'.... :)
      gak usah takut dia jadi buas. cukup sayangi dia apa adanya. :)

      Delete
  7. Dok kalau muspan usia 3 bulan bagus nya dikandangin di dalam ruangan/diluar ruangan? Dan kalau musang yang belum pernah dimandikan sama sekali lalu dimandikan apakah akan menjadi galak? Tetimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam ruangan aja, dan jaga suhunya agar tetap stabil, jangan terlalu dingin dan jangan panas juga...
      untuk musang yang belum pernah dimandikan, sebenernya gak apa2 dimandikan langsung. namun mas bisa coba dilap pakai handuk basah dulu selama 2 minggu, lalu bisa coba dimandikan langsung... :)

      Delete
  8. Malam dokter.
    Saya mau menanyakan tentang musang saya, Jenisnya musang pandan dan berumur 7 bulan.
    Selama -+sebulan musang saya ini akan saya tinggal ke luar kota, Dan yang menggantikan saya merawatnya adalah ibu saya.
    Masalah makanan yang di berikan ibu saya ke musang tidak berbeda dengan yang saya berikan sehari-hari pada musang saya, Masalahnya ibu saya ini jarang mengajak main musang saya karena tidak selalu sempat untuk mengajak main. Sebelumnya waktu saya masih di rumah saya selalu mengajak main pada malam hari 1-2 jam. Tapi saat saya tinggal ibu saya mungkin hanya sempat mengelus" badannya di dalam kandang dan mengajak keluar sesekali.
    Yang mau saya tanyakan apakah musang saya sebulan ke depan jika saya sudah pulang karakternya akan berubah atau bagaimana ?
    Karakter sebelumnya jinak total tal tal, Karena saya keep dari masih merem dulunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira kalau mas memang merawatnya sejak baby, dia akan tetap mengenal mas.... meski ditinggal sebulan lebih...

      maaf baru balas, saya baru pulang dinas keluar dinas mas...

      Delete
  9. Dok saya punya anakan muskar borneo, jinak banget manja umur sekitar 4bulan betina, tiba2 kalo di pegang jerit kayak radio feedback nyarig banget bunyinya, di gendong jerit padahal gak pernah kayak gitu
    Itu kenapa ya dok ? Terimakasih dok

    ReplyDelete
  10. Dok saya punya anakan muskar borneo, jinak banget manja umur sekitar 4bulan betina, tiba2 kalo di pegang jerit kayak radio feedback nyarig banget bunyinya, di gendong jerit padahal gak pernah kayak gitu
    Itu kenapa ya dok ? Terimakasih dok

    ReplyDelete
  11. Dok saya punya anakan muskar borneo, jinak banget manja umur sekitar 4bulan betina, tiba2 kalo di pegang jerit kayak radio feedback nyarig banget bunyinya, di gendong jerit padahal gak pernah kayak gitu
    Itu kenapa ya dok ? Terimakasih dok

    ReplyDelete
  12. Dok, kalau perubahan perilaku itu cara nanganinnya gimana ya dok. Masalahnya musang saya yg dulu jinak kok sekarang malah berubah jadi galak. Kalau dideketin di kabur dok, gak mau di gendong. Cara ngatasinnya gimana ya dok? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel di atas, terutama poin pertama.
      setelah itu, mas bisa cari bahan referensi lain di artikel saya yang lain yaitu cara agar musang anteng.. :)

      Delete
  13. Dok , biar misang enggak strike gimana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan baca artikel saya cara agar musang anteng...

      Delete
  14. Siang dok maaf mau nanya nih
    Saya punya musang pandan umur 8bulan , lanjut adopsi dari org dok . Awalnya itu musang baik2 aja jinak seperti biasa masih mau becanda . Tapi kmrn setelah saya gak sengaja mencekik lehernya karena dia mencakar dan menggigit saya lalu karena saya kaget . Dari situlah musang saya saat ini menjadi galak dok tidak mau bermain malahan sampai menggigit dengan tekanan yng tidak wajar . Solusi nya gimana ya dok ?,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru saya balas. saya lagi sakit sekarang. nah itu, harusnya begitu dia gigit dan mencakar, mas bersikap biasa aja. jangan malah mencekik lehernya, mas. tebakan saya sih dia masih trauma sama mas. coba karantina dlu. sering2 ajak main lagi. dan jangan sesekali kayak gitu lagi ya mas.... biasain diri digigit dan dicakar biar mas gak kaget lagi.... :)

      Delete
  15. Siang dok maaf mau nanya nih
    Saya punya musang pandan umur 8bulan , lanjut adopsi dari org dok . Awalnya itu musang baik2 aja jinak seperti biasa masih mau becanda . Tapi kmrn setelah saya gak sengaja mencekik lehernya karena dia mencakar dan menggigit saya lalu karena saya kaget . Dari situlah musang saya saat ini menjadi galak dok tidak mau bermain malahan sampai menggigit dengan tekanan yng tidak wajar . Solusi nya gimana ya dok ?,

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Saya baru 1 bln memelihara musang rase umur 2 bln.
    Musangnya cukup berani tapi tidak terlalu mudah percaya orang. Setiap hari saya lepas supaya bisa bermain.
    Blkgn ini musang saya semakin suka mendekati saya tapi semakin kasar kalau main. Mulai dari suka menyergap tiba2 lalu gigit2an dgn gregetan.

    Apa mgkin itu krna pengaruh tumbuh gigi atau itu cara musang rase mengajak bermain?
    Apakah perilaku seperti itu bisa dikurangi intensitasnya?

    Trims dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur segitu emang lagi kepo dan suka mencoba hal2 baru, mas. dan untuk rase, bisa dibilang normal karena rase yang dewasa pun kadang suka becanda gitu. apalagi yang masih anak2... :)

      soal apakah bisa dikurangi intensitasnya, saya jawab tegas bisa. tapi tentu tidak bisa 100% hilang samasekali karena rase emang gitu karakternya. jarang ada rase yang bisa kalem kayak jenis musang lain....

      silakan mas baca artikel saya cara memelihara musang rase. dan maaf karena baru balas ya mas.... :)

      Delete
  19. baru adop baby muspan jinak kok besok nya lngsung brubah jadi galak dok terus yg biasa nya mau di gendong jadi pengen lari terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajar. musang baby emang lagi seneng2nya 'ngisengin' ownernya. kalau masnya takut, dia malah makin seneng, makin jadi ngisenginnya.... :D

      kalau soal digendong sering lari, silakan baca artikel saya cara agar musang anteng....

      Delete
  20. Dok bagaimana cara mengetahui usia musang melalui gigi atau yang lainnya?

    Satu lagi, antara muspan remaja (6,5 bulan) dan baby kira-kira (2 bulan) itu bisa disatukan nggak ya? Apa jangan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah umur musang bisa diketahui dari jumlah giginya, mas. biasanya, musang dewasa memiliki jumlah gigi yang lebih banyak dibandingkan musang anakan... mungkin nanti saya susun artikelnya... tunggu aja...

      kalau soal menyatukan musang remaja dan baby, sebaiknya jangan. yah gimanapun, musang kan hewan, mereka hanya mengikuti insting. musang remaja instingnya sedang tumbuh, dan musang sangat menyukai 'mangsa' yang lebih lemah dari dia.... jadi sebaiknya jangan... :)

      kandangnya pisahin, tapi taruh berdekatan aja mas. bersebelahan... :)

      Delete
  21. dok numpang tanya, dok muspan saya berumur 5bln, apakah masih bisa dibonding? bila digigit musang meski itu serius atau bergurau sikap kita seperti gimanah ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa. masih bisa jinak. asalkan masnya sabar.
      kalau digigit musang, hal pertama yang kita lakukan adalah jangan kaget. makanya perlu dibiasakan.

      Delete
  22. Dok permisi saya mau tanya, saya owner baru buat musang saya yg umurnya 6 bulan, kata owner lamanya kalau malem jgan di lepas. Ehh tdi malem saya coba freeroom di kamar saya, kamar saya langsung berantakan tidak karuan, dia lari, loncat, gigit" trus pokok dia agresif banget. Itu emng semua musang gtu atau punya saya aj ya dok, secara musang itu nocturnal. Saya jadi kapok ngeluarin dia di malam hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kadang emang ada musang yang karakternya seperti itu meski gak semuanya begitu. ada yang sebaliknya, kalau siang dia pecicilan, kalo malam pendiem. ada yang kayak gitu.

      masalahnya, mungkin ke kedekatan si musang sama kita sebagai ownernya aja, mas... coba lebih sering diajak main. kalau dia pecicilan pas dikeluarin malam hari, gak apa2. tetep keluarin di kamar tertutup, biarin aja dia ngacak2 kamar kita. tentu amankan dulu barang2 yang mudah pecah atau berbahaya. intinya biar dia nyaman sama kita, biar dia percaya sama kita...

      mas untung cuma kamar yang diacak2. dulu saya jari saya yang 'diacak2' sama musang saya. dapet 8 jahitan, hehehe... tapi nikmatin aja, wajar kok kalau owner musang awalnya serba kerepotan dengan tingkah musangnya... :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Selamat siang dok..
    Saya punya musang pandan betina berumur 9 bln.
    Apakah saat sedang datang bulan bisa menyebabkan musang jadi tidak nafsu makan?
    Bulan lalu musang saya seperti itu padahal biasanya saat sedang datang bulan pun ia selalu berselera makan.
    Setelah datang bulannya selesai, nafsu makannya meningkat lagi.
    Jika setiap datang bulan nafsu makannya menurun, bagaimana cara mengatasinya ya?
    Trims wejangannya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada musang yang kerap gak mau makan kalau lagi menstruasi/mens. sama aja sih kayak manusia, kan cewek juga ada yang ngerasa kesakitan kalau lagi menstruasi, ada juga yang biasa aja. nah musang juga gitu. biasanya, musang yang merasa kesakitan saat menstruasi akan kehilangan nafsu makan....

      cara mengatasinya coba kasih ramuan kesehatan musang, udah ada kok artikelnya... lumayan ampuh buat musang betina yang lagi menstruasi... :)

      Delete
  25. Assalamualaikum dokter,,maaaf agak melenceng dari artikel diatas,, saya punya monyet pantai betina umurnya 2bulan ,, kondisinya sekarang diare dok,, dari fesesnya cair, trus frekuensi nya meningkat jd sering pup,, warnanya kuning kecoklatan sangat berbau,, tp nafsu makan masih lancar,, dri segi makan saya kasi susu formula sgm yg buat bayi umur 0-6 bulan dok, sm kadang2 pisang tp sangat jarang, bagaimana cara mengobati diarenya dok ? Terus apakah dari segi makanan yg saya beri salah kok bisa diare, soalnya dri segi lingkungan saya jamin bersih dok, terus apakah makanan yg tepat untuk hewan kesayangan saya dok terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, karena itu yang menyebabkan dia mencret dan dehidrasi. bagusnya kasih sari kurma aja, campur air...

      dia udah bisa makan sendiri? coba kasih pisang atau bubur bayi promina. yang penting jangan dikasih susu.

      kasih kabar lagi ya mas...

      Delete
  26. dok musang saya kagetan banget denger suara dikit aja langsung siaga. sama kalo ketemu sama orang selain saya dia langsung galak, sama kalo di lepas di luar langsung ngacir.. biar dia ga kageta gimana ya? apa harus kita buat suara gaduh di dekat kandangnya agar dia terbiasa? apa harus di halusin? tolong di jawab dok :)

    ReplyDelete
  27. Dok musang saya kan abis sakit, udah sembuh tuh dok udah bisa lari" lagi. Nah kan biasa saya freeroom di kamar pas sore saya masukin kandang, nah di dlm kandang tuh karakter nya ga kaya biasa nya, lalu saya keluarin dari kandang dan ternyata malah jadi galak dok di deketin aja hissing. Padahal pas saya masukin kandang masih biasa karakter nya, poko nya tiba" banget deh galak nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya dia mendadak galak lagi gitu?
      kemungkinan dia belum sembuh betul alias masih sakit. itu tebakan saya aja loh ya.

      gini aja. kasih ramuan kesehatan musang. cara buatnya ada di artikel ramuan kesehatan musang.

      oh ya, cek juga fesesnya. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya.

      selebihnya, mungkin sementara diamkan dulu selama seminggu. masnya merokok? kalau nggak merokok, taro kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet. biar dia inget bau tubuh masnya....

      kabari lagi...

      Delete
  28. Dok.. musang saya sering melet2 kenapa ya?? Apa musang saya terjangkit rabies?? Umur musang saya mau 5bln. Tlong pencerahannya dok. Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. melet2 gimana mbak? apa sekedar menjilati area sekitar mulunya atau cuma menjulurkan lidah keluar?

      kecil kemungkinan sih dia rabies. dia selama ini freeroom keluar rumah? kalau nggak, kecil kemungkinannya... :)

      Delete
  29. Dok, mau tanya biar baby musang saya mau di taro kandang gimana ya? Soalnya dari umur 1 bulan memang dikamar saya terus skrg jalan 2bulan , niatnya mau diajarin tinggl di kandng tapi dianya klo ditaro kandang jerit jerit trus, mohon infonya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo saya boleh saran, umur2 segitu mending kandangnya dideketin ke mbak. mungkin di kamar mbak kalau emang mau? atau bisa juga taro di box/kardus besar... kasih kain bekas di dalemnya...

      Delete
  30. Dok,musang saya umur 2,5 bln dia kalo jalan kok kepalanya nunduk sama geleng geleng itu kenapa ya dok dan solusinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah mas telat kasih makan?
      coba bikin RAMUAN KESEHATAN MUSANG. udah ada artikelnya. ikutin cara bikinnya di sana...

      Delete
  31. Sya gk pernah telat dok, kasian dok musang saya jalan nya gk normal kemarin" normal dok

    ReplyDelete
  32. Saya gk pernah telat dok, kasian dok muspan saya jalanya gk normal😢 padahal kemarin" normal dok

    ReplyDelete
  33. Dok, tolong jawab kasian muspan sya jalan nya gk ber arah trs kepalanya geleng" badanya suka berdiri sendiri, sekarang sering tidur, gimana dok solusinya sudah saya kasih sari kurma 2×sehari dok tapi msh belum ada perubahan dok mohon dijawab dok kasian muspan saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. masnya udah bikin RAMUAN KESEHATAN MUSANG yang saya sarankan belum? Baca baik2 artikelnya. dan berikan ke musangnya. SEGERA LAKUKAN.

      atau lebih bagus kalau mas bawa musangnya ke dokter hewan langsung aja kalo masnya males buat bikin ramuan kesehatan musang.... :)

      Delete
  34. Dok .. Tadikan musang pandan saya kan di mau di kuarin nah tiba tiba dia kabur ..loncat dari lantai 2 ke 1 .. Nah trus di lari ke got ..abis itu di mandiin dia malah gigit trus. Di bekep palanya sma abang saya .musang pandan nya triak triak .. Akhir nya di masukin kandang eh dia malah gigit dok .. Saran nya dok ......

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih stress, mas. coba karantina dulu. diamkan dulu di ruangan yang tenang (sepi suara). untuk makanannya, dia udah bisa makan sendiri? taruh aja makanannya di kandang... udah berapa lama pelihara musangnya? kabari terus

      Delete
  35. Dok .. Tadikan musang pandan saya kan di mau di kuarin nah tiba tiba dia kabur ..loncat dari lantai 2 ke 1 .. Nah trus di lari ke got ..abis itu di mandiin dia malah gigit trus. Di bekep palanya sma abang saya .musang pandan nya triak triak .. Akhir nya di masukin kandang eh dia malah gigit dok .. Saran nya dok ......

    ReplyDelete
  36. Bu doktr knpa musang saya umur 5/6bulan ko jadi galak? Jadi gigit terus pdhal lg kecil mah gak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas pelihara dari kecil?
      biasanya kalo menjelang dewasa emang suka kayak gitu, mas.
      gak usah takut, tetep ajak main.... tetep kayak biasa aja... :)

      Delete
  37. Dokter.... Ini saya punya musang borneo kalimantan dari br buka matasekitar 2 mingguan usia hingga sekarang kurang lebih sdh ada 5 mingguan, tapi sekarang sekitar semingguan ini kalau dikandang agresif pinginnya meluar terus, digendongpun ndak tenang pinginnya turun terus..... Bagaimana ya penangananny, ini makanannya 3 kali sehari masih saya spet pakai pisang halus yg saya campur susu (pagi, siang dan malam hari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti, dia belum kenal sama mas.
      nggak apa2, namanya juga masih anakan. lebih sering diajak main lagi. coba baca artikel saya, CARA AGAR MUSANG ANTENG...

      Delete
  38. Dok musang saya ko jinaknya sama saya aja ya dan keluarga rumah tapi sama org lain galak dok ?
    Gimana ya solusinya doK

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya: apa itu musang one-man
      di sana ada pembahasannya

      Delete
  39. Dok, musang pandan saya umur 9 bulan tadinya udah jinak tapi gara2 dibawa keluar rumah (ngak pernah keluar rumah sebelumnya) dia kaget dan lompat dari pundak saya dan jatuh, pas saya mau angkat jadi galak banget dan gigit tangan saya. Saya sudah taruh dikandang seharian masih aja galak spt musang liar dan skrg sptnya tidak ngenalin saya lagi, gimana caranya supaya jinak lagi ya.. makasih Dok.

    ReplyDelete
  40. Oh iya Dok, dia saya pelihara dari masih umur 1 bulan dan sudah jinak bisa freeroom kalau dikamar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung mas bawa ke tempat rame gitu?
      emang harusnya dikenalin dulu minimal sama orang rumah dulu. atau taruh kandangnya di luar rumah (dalam posisi dikandang). taro aja selama beberapa kali sampe dia gak keliatan strike dan keliatan gak panik lagi.....

      sekarang langkah yang baik untuk mas adalah sering ajak main dia lagi. gak usah takut kok, secara prinsip dia masih ngenalin mas sebagai tuannya. mungkin kesel aja sama masnya yang bikin dia takut, makanya mas kudu ajak main dia lagi... :)

      Delete
  41. Makasih dokter buat masukannya. setelah dikandang semalaman paginya pas saya liat dia ternyata sudah kolokan lagi minta masuk kamar, sudah mau digendong dan saya pegang. Nah skrg ternyata saya perhatikan kaki belakangnya sakit ngak bisa jalan jadi saya urut perlahan pakai minyak tawon dan rencana mau pakai daun sereh, lalu satu lagi saya lihat gigi taringnya yg bawah kanan lepas dok, mungkin saat dia gigit saya kemarin (gigitnya memang kencang banget sampai sobek sedikit daging dijari saya). Saya kuatir dok gimana ya ngak punya gigi taring bawah, dia udah umur 9bln apa masih bisa tumbuh lagi dan skrg makan pisang gak mau, saya kasih dia air madu ama telur setengah matang dulu. Maaf ya dok kepanjangan nanyanya. Makasih banget lho dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah syukurlah... :)
      masih bisa tumbuh kok giginya. emang udah siklusnya. udah ada artikelnya, gigi musang copot. coba baca aja. :)

      kabari terus....

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Memangnya berapa lama sih gigi taring tumbuh lagi dok? Skrg dia hanya mau makan promina sama pisang yg digerus halus, itupun harus disuapin dan ngak mau makan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba mas baca artikel cara agar musang mau makan apa saja. lakukan trik di artikel itu biar dia bisa makan sendiri....

      Delete
  44. Dok anak saya dgigit musang Salem banger. Sebelumnya musang ITU ga pernah gigit kalaupun anak 2/masukin jari kdlm kandang. Baru kejadian dengan anak saya INI musang didalam kandang di kbun binatang. Yg says ingin tnyakan apakah musang visa menularkan rabies? Vaksin tetanus sidah diberikan Oleg dokter tapi mereka ga berikan vaksin anti rabiesnya
    Makasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa, mas. musang bisa menyebarkan rabies.
      tapi selama musangnya bersih, saya kira dia sehat kok.

      emang vaksin anti-rabies nggak bisa sembarangan dikasih, karena ada efek sampingnya. kadang bisa bikin musangnya lumpuh...

      maafkan karena baru balas.

      Delete
  45. Assalamualikum
    Dok saya mau tanya, apa muspan kalo ngajak bermain suka meluk tangan sama ngigit yg lumayan keras ? Muspan saya betina btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur musangnya berapa mas?
      udah diatas 5 bulan?

      kalo kayak gitu biasanya ya dia ngajak main aja sih. wajar. kalo dulu, musang saya si bruno, suka kayak gitu pas saya lagi sibuk dan gak ada waktu buat ajak dia main, makanya dia suka kayak gitu. kalau saya lagi banyak waktu dan sering ngajak dia main sih dia nggak pernah kayak gitu...

      jadi sebaiknya cek, seberapa sering mas ngajak main musang mas... :)

      Delete
  46. Dokter gimana cara mengatadi gigi musang yg goyang, apa baikx di cabut paksa dok ,soalx berdarah juga sya liat gigix dokter

    ReplyDelete
  47. Dok saya mau tanya
    Musang saya umurnya 9-10 bulanan ...
    Semalam dia teriak teriak dok ..setelh itu gigit gigit sy lht mulutnya berdarah dan ternyata itu bagian giginya dok sepertnya goyang ....
    Bagaimana ya dok mengatasi giginya atau dicabut paksa atau digoyang goyangkan atau bagaimana dok ..sy kwatir

    ReplyDelete
    Replies
    1. awalnya kenapa? gigit kandang?
      biarin aja, nanti akan copot sendiri... :)

      Delete
  48. Lagi main main dok sm temannya .tp alhamdulillah udah copot dok 1 nya lepas sndri yg satunya syblepas dok ...gpp kah dok ..
    Setelah itu sy mau ksih telur puyuh boleh kah dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak apa2, kasih telur puyuh aja. setelah dikasih telur puyuh, nggak mencret kan? :)

      cara mengetahui kesehatan musang ya dari nafsu makan dan fesesnya... :)

      Delete
  49. Ini habis disuntik dok ...
    Baiknya dikompres kah dok kaki yang bekas suntiknya ...kira kira brp hari ya dok dia seperti ini

    ReplyDelete
  50. Sya sih bilang minta penghilang rasa nyeri dok, maaf dok sebelumx , drh di kota kami juga kurang paham dok, malah nanya ke saya dok, makax sya lgsung tanya sma dokter hehe
    Kebetulan pecinta musang di kota sya hanya baru beberapa,
    Oke dok sya coba dlu kasih paracetamol,
    Apa memang ada kaitanx ya dok dari copotx gigi ke sakit kakix ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya tebak sih yang kemaren disuntik dokter tuh soal kakinya. kalau giginya, dia masih sakit. nggak ada hubungannya kok antara sakit gigi dengan kakinya... :)

      Delete
  51. Atau mungkin kakinya kesleo dok ..kalau mengatasi kakinya kesleo itu bagaimana dok ..soalnya klo dipegang kakinya pasti njerit dok ngegigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemberian paracetamol, mending di hold dulu. kemaren saya salah ketik, yang saya maksud adalah amoxicillin. lebih baik konsultasi dulu aja ke vet...

      maafkan saya karena salah mengira obatnya. harusnya memang lebih baik konsul ke vet, itu yang lebih baik....

      Delete
  52. Jadi diksih obat apa dok amoxilin atau paracetamol

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penghilang rasa sakitnya, pake paracetamol.
      tapi lebih baik dengan resep dokter aja sih mbak. tanya aja ke dokter hewan yang kemaren tentang dosisnya... soalnya kalo gak sesuai dosis. bahaya kalau nggak sesuai arahan dokter.

      Delete
  53. Dok knp bagian ekor 5cm dri pangkal ekornya kok macam ada bengkak keliling sperti bentuk bundaran ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia suka garuk2 bagian itu?
      bengkaknya gimana mbak? :)
      mendingan atau nggak?

      kalau saran saya sih emang bawa aja ke dokter hewan.

      Delete
  54. Asalamualaikum dok, mau cerita sekaligus bertanya saya punya musang bulan umur 1,5 tahunan saya pelihara dari dia blm punya gigi dan sangat jinak juga ramah sama manusia lain, sdh 3 bulan terakhir ini menjadi galak.

    Apa karena sedang birahi? Saya sdh coba titipkan kpd teman yg punya musang jantan tp ga ada efek sama sekali, malah skrg kalau duduk ekornya dilipat kebawah terus (seperti diduduki) nafsu makan juga berkurang (jd kurus), apa itu karena makin stress ketika dititipkan ? (kandang jauh lebih kecil dari kandangnya dirumah saya).

    Dan yg terakhir musang saya tdk mau dipegang badannya (langsung mengigit dan mengeluarkan suara) tapi biasa saja kalau saya didekatnya (seperti biasa sebelum jd galak).

    Sekian cerita sekaligus pertanyaan saya kpd dokter.
    Saya tunggu pencerahannya 🙏😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending jangan dititip sama temen. kayaknya emang stress aja. kalau kenapanya, saya juga kurang tahu. tapi coba mas cek nafsu makannya? masih bagus nggak? fesesnya mencret nggak?

      atau ada sesuatu yang bikin dia stress? misalnya suara keras? atau mungkin pernah jatuh. karena kayaknya sih karena stress itu mas...

      coba karantina aja dulu di kamar mas. masnya merokok nggak? kalau masnya nggak merokok, taruh aja kaos bekas pakai mas yang masih bau keringet... dijembreng di atas kandangnya... :)

      Delete
  55. Halo selamat malam dok, terimakasih sudah dibalas.

    Waktu itu saya titip niatnya mau dikawinkan dgn musang punya teman yg kebetulan jantan.

    Nafsu makan menurun, fesesnya masih berbentuk tapi gampang hancur dan kurang basah, untuk tips nya terimakasih dok nanti saya coba taro pakaian bekas pakai di kandangnya.

    Semoga bu dokter tidak terganggu waktunya utk jawab pertanyaan saya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya malah yang minta maaf karena selalu terlambat menjawab... :)

      mungkin tunggu dia birahi dulu. baru kemudian mas bisa coba kawinkan lagi. cek aja artikel saya, ciri musang birahi...

      kabari terus

      Delete
  56. Selamat malam dok,
    Terimakasih atas saran sebelumnya (taro pakaian bekas pakai di sekitar kndang)
    sekarang si musang berangsur2 membaik dan sudah mau keluar kandang dan berjalan walaupun jalanya masih kaku dibagian belakang karena sebelumnya ekornya selalu diduduki.

    Dan sekarang juga sudah mau dipegang (tidak menggertak) walau harus perlahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya seneng! :)
      kalo untuk dimandikan, nunggu dia tenang aja dulu. kalau mau, kaos bekas pakai mas yang masih bau keringat basahi aja pake air hangat, terus badannya si musang lap pake itu....

      minyak ikan cukup sebutir setiap 10 hari aja... jangan keseringan. kalo keseringan malah pencernaannya terganggu... :)

      Delete
  57. Apa ada pengaruh dengan saya mandikan dan beri minyak ikan/suplemen ?

    ReplyDelete
  58. Dok mau tanya nih, muspan saya sudah bebrapa bulan ini sering melawan, sering gigit sampe bolong, sering ngeluarain suara mengerang gitu padahal dulunya sudah jinak. Tapi sering kagetan sih. Sudah saya rawat selama 1 tahun. Apa mungkin bisa jinak lagi seperti dulu ya dok?
    Kalau dia nggak bisa jinak lagi, saya lepasin ke hutan apa dia bisa survive dok?
    Mohon di balas, Terima kasih.

    ReplyDelete
  59. Dok saya mau tanya musang itu vaksinnya apa aja y dok? Apa wajib vaksin rabies? Trmakasih dok

    ReplyDelete
  60. Dok mau tanya kenapa kepala musang saya nunduk kebawah kalo malan juga jalan nya mundur kadang badannya gemetar. Itu kenapa ya?

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.