Saturday, May 10, 2014

Hal-hal Yang Salah Dalam Menjinakkan Musang | Drh. Fira Sovica

Musang adalah hewan buas yang memiliki karakter unik. Maka dari itu, ada beberapa langkah penting dalam

menjinakkan musang

. Dan ada beberapa hal yang salah dalam menjinakkan musang yang masih banyak dilakukan orang. Cara berikut ini bisa anda satukan dengan cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
Hal yang salah dalam menjinakkan musang adalah sebagai berikut. Hendaknya anda tidak melakukan hal-hal yang salah dalam menjinakkan musang jika sedang dalam proses menjinakkan musang:
Hal-hal Yang Salah Dalam Menjinakkan Musang
Image taken from a-z-animals.com
  1. Memegang musang dengan tangan tanpa penutup tangan.
  2. Memegang musang yang akan dijinakkan adalah salahsatu syarat yang harus dilakukan dalam langkah menjinakkan musang. Namun bagi musang yang masih sangat buas, sebagai langkah awal anda bisa menggunakan sarung tangan (glove) tebal berbahan wol berwarna putih yang biasa digunakan tukang bangunan sebagai penutup tangan. Jika si musang sudah berhasil anda angkat ke gendongan anda, anda bisa memegang musang tanpa penutup tangan dan membiasakan diri digigit.
  3. Memegang musang dari bagian atas tubuhnya.
  4. Hal kedua yang salah dalam menjinakkan musang adalah memegang musang dari bagian atas tubuhnya. Cara memegang musang galak bisa anda baca di artikel cara memegang musang galak.
  5. Takut kepada musang.
  6. Hal ketiga yang salah dalam menjinakkan musang adalah takut kepada musang yang akan dijinakkan. Sebagai hewan buas, musang akan membuat dirinya lebih dominan saat menghadapi manusia. Makin anda takut kepadanya, si musang akan semakin menunjukkan dominasinya. Jangan biarkan ini terjadi, jangan tunjukkan rasa takut kepada si musang. Biasakan diri digigit oleh si musang sehingga anda tidak takut lagi akan gigitannya karena sudah terbiasa.
  7. Menjinakkan musang bisa dilakukan dalam waktu singkat.
  8. Hal terakhir yang salah dalam menjinakkan musang adalah anggapan bahwa menjinakkan musang membutuh waktu yang singkat. Hal ini tentu saja salah. Seperti yang saya kemukakan di awal artikel, musang adalah hewan buas yang memiliki karakter unik. Tiap-tiap musang memiliki sifatnya masih-masing, ada yang mudah menerima kehadiran manusia, ada pula yang ‘agak keras kepala’ dalam menghadapi manusia. Namun sebuas apapun musang, dia pasti bisa dijinakkan. Anda hanya perlu waktu lebih untuk bermain dan berinteraksi dengan si musang. Rata-rata, seekor musang liar bisa dijinakkan dalam waktu 3 sampai 4 minggu dengan interaksi yang cukup. Artinya, anda harus mengajaknya bermain minimal 40 menit setiap harinya agar si musang mengenal anda dan jinak kepada anda.
Demikian adalah beberapa hal salah dalam

menjinakkan musang

. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang.
Saran, kritik, dan komentar atas artikel ini bisa anda tulis di kolom dibawah ini. Terima kasih. (FS)

30 comments

Dok kalo musang saya masih belum jinak apa gak apa apa klo lagsung diangkat kegendongan??takutnya dia malah kabur dok

udah berapa lama dipelihara? kalau udah 3 atau 4 bulan, bisa dicoba. di ruangan tertutup saja. sebaiknya sebelumnya sudah dijinakkan dulu... :)

Dok musang saya klo d lepas di tanah langsung kabur

Dok musang saya klo d lepas di tanah langsung kabur

silakan baca artikel saya cara agar musang anteng

dok musang saya umur 2 bulanan up koo suka garuk mlu yaa dan klo lgy garuk biasa.a jd galak langsung nerkam klo di elus, apa itu kutuan ..???
dan klo benar kutuan apakah karakter.a bisa berubah jd galak ..???
saya punya banyak wktu luang dan saya biasa handle sehari 3jam klo di waktu libur dan klo kerja paling cuma 2 jam ..

sblm.a terima kasih blog anda sangat bemanfaat saya sudah baca smw artikel anda tentang musang

dok musang saya umur 2 bulanan up koo suka garuk mlu yaa dan klo lgy garuk biasa.a jd galak langsung nerkam klo di elus, apa itu kutuan ..???
dan klo benar kutuan apakah karakter.a bisa berubah jd galak ..???
saya punya banyak wktu luang dan saya biasa handle sehari 3jam klo di waktu libur dan klo kerja paling cuma 2 jam ..

sblm.a terima kasih blog anda sangat bemanfaat saya sudah baca smw artikel anda tentang musang

gak. kutuan gak merubah karakter musang jadi galak. mungkin memang karakternya seperti itu, mas harus bisa pahamin karakternya dia....
cara mengobati musang kutuan bisa mas baca di blog ini. silakan cari di bagian cari artikel...

sama2. jika ada yang ditanyakan, silakan ajukan via komentar... :)

dok musang saya umur 4 bulan, karakternya galak pas dikandang saja dok, klau sudah dipegang jinak. cara ngrubah karakternya gimana ya dok??? terima kasih

silakan baca artikel saya cara agar musang anteng... :)

Malam dokter.
Saya mau menanyakan tentang musang saya, Jenisnya musang pandan dan berumur 7 bulan.
Selama -+sebulan musang saya ini akan saya tinggal ke luar kota, Dan yang menggantikan saya merawatnya adalah ibu saya.
Masalah makanan yang di berikan ibu saya ke musang tidak berbeda dengan yang saya berikan sehari-hari, Masalahnya ibu saya ini jarang mengajak main musang saya karena tidak selalu sempat untuk mengajak main. Sebelumnya waktu saya masih di rumah saya selalu mengajak main pada malam hari 1-2 jam. Tapi saat saya tinggal ibu saya mungkin hanya sempat mengelus" badannya di dalam kandang dan mengajak keluar sesekali.
Yang mau saya tanyakan apakah musang saya sebulan ke depan jika saya sudah pulang karakternya akan berubah atau bagaimana ?
Karakter sebelumnya jinak total tal tal, Karena saya keep dari masih merem dulunya.

sudah saya jawab di pertanyaan mas yang sama di post yang lain..:)

Dok mau tanya,saya punya muspan usia 2 bln. .bbrapa hari ini gak mau makan trus tiba2 mata nya ber air,bagaimana ya dok?

fesesnya (tahi) gimana bentuknya?
selama ini dikasih makan apa?
mas/mbak kasih susu juga ya???

Dok saya punya musang pandan umur sekitar 6/7 bulanan dok , tapi di belum jinak pas saya mau elus2dia malah ngebalik mengigit dok ?
Sosusilnya bagai mana yah dok ?

silakan baca artikel saya cara menjinakkan musang. banyak juga artikel yang berkaitan dengan cara menjinakkan musang di blog ini. silakan baca2 dlu dan praktekkan.. :)

Do muspan aku 2 bulan baru beli seminggu terus dia kabur dari kandang, mungkin ga balik lagi?

dok gimana sih cara mengidentifikasi umur musang? atau apa ada artikelnya??

udah mau saya publish artikelnya. mungkin nanti sore saya publish... :)

Dok, saya punya musang rase usia 3 bulanan kata yang jual. Saya sudah pelihara seminggu. Rase saya suka tidur di rambut dan pundak saya, pokoknya dekat2 saya jika saya free room dan jika saya di kamar selalu mendatangi setelah puas main sendiri atau makan. Kalo main ya suka gigit2 gemes jari, saya sama sekali tidak keberatan karena tidak sakit. Tapi, jika sudah besar apakah gigitanya bisa semakin kuat jika bermain? Dan apakah perilaku seperti itu baru sa dikatakan sudah jinak. Saya interaksi dengan dia bs 3-4 jam sehari.
Trims

sebelumnya maaf karena baru balas.
kalau musang rase kayaknya tetep sama (akan tetap pecicilan) meski udah besar. tapi tenang, kalau mbak memeliharanya dengan baik, dia akan kenal kok dengan mbak. dan gak terlalu keras kalau gigit... karena udah bonding dengan mbaknya... :)

Dok saya musang saya,sudah saya rawat dari umur 1,5bulan s/d 3 bulan,, karna dari kecil biasa ngedot, sampai sekarang dia ga mau makan sendiri, gimana solusinya biar mau makan sendiri,, dan juga yg buat saya pusing kepala dotnya sudah rusak bolong", tp kalk di ganti kepala dot yg lain dia ga mau,, sempat saya biarkan makanan tergeletak di kandang sampai 2 hari ga di makan, yg ada dia ngerengek dalem kandang kalo laper minta susunya..

ngedot terus?
coba kasih makanan dengan cara disuapi ke mulutnya. potongan pisang atau potongan pepaya. sekarang usianya udah 3 bulan?

Iya dok ngedot terus.. Sudah sering saya suapin tp di paksa dok dan itu juga di lepehin makanannya, kalo secara di sodorkan langsung ga mau dok langsung lari mainan sendiri balik nyamperin cuma gigit jempol kaki doang ntar lari lagi..
Padahal gigi udah lengkap dan gigit bercanda udah mulai sakit. Tp makan sendiri ga mau..
Iya dok umur 3bulan..

Gimana ya dok solusinya, karna kadian juga kalo saya kerja cuma bisa ngasih makan pagi malem doang, sampai kurus, karna cuma saya berikan jus buah + bubur cerelak beras merah di campur dalem dotnya..

iya. mungkin karena sering dimanja, dari kecil gak dibiasakan makan sendiri. hmm, coba mas kasih bubur bayi cerelak atau bubur bayi promina di kandangnya. taro aja di kandangnya.

kalau mas mau berangkat kerja, taro bubur cerelak di kandangnya. pulang kerja, mas cek lagi. syukur-syukur dimakan. emang kudu sabar.

dan porsi makannya dikurangi. misalnya setiap hari habis 2 botol susu, dikurangi jadi 1 botol susu.

Iya dok makasih, mau makan sendiri saya taruh di mangkuk susu dancow + bubur cerelak,, tp ga mau makan kalo ga cair dok..

Dok Saya Mau Tanya Nih ? Kalo Musang Pangkur ( Taringnya Ditumpulin ) Kira Kira Bahaya Gak Ya Dok ?

hmm, mungkin bisa bikin musangnya stress.
bayangin ada orang yang potong gigi mas pake tang, kira2 sakit nggak? itulah kira2 rasanya.

kalau mau ditumpulin pun, mending di dokter hewan aja. itupun biasanya jarang yang mau...

maaf karena baru balas. kabari terus


Silakan upload gambar.