Sunday, May 11, 2014

Cara Agar Musang Bonding | Drh. Fira Sovica

Ada

cara agar musang bonding

(mengikuti kemana pemiliknya berjalan tanpa diikat), namun tentu saja cara membondingkan musang tersebut tidak bisa instan.
Cara membondingkan musang bisa dimulai saat musang masih bayi atau anakan. Dengan memberikan makanan dengan tangan (handsfeed, disuapi) maka musang akan menganggap anda sebagai induknya. Pada tahap ini biasanya musang akan lekat dengan induknya, bahkan menjadi musang jenis one-man (hanya dan terikat kepada satu orang).
Cara Agar Musang Bonding
Image taken from kaskus.co.id
Muncul pertanyaan: bagaimana dengan musang hasil tangkapan liar? Apakah musang tangkapan liar masih bisa bonding?
Sebuas apapun hewan, dia masih bisa dijinakkan. Dengan kesabaran dan rasa percaya, musang sebuas apapun sebenarnya masih bisa dijinakkan, tergantung seberapa kuat tekad anda untuk menjinakkannya, seberapa besar kesabaran anda untuk menjinakkan musang, dan seberapa tekun anda dalam menjinakkan musang. Saya pernah memiliki musang bulan hasil tangkapan liar umur 1,5 tahun, dan berhasil saya jinakkan dalam waktu 2 bulan. Yang anda perlukan hanya tekad kuat dan jangan pernah menyerah. Anda bisa membaca cara menjinakkan musang di artikel cara menjinakkan musang. Bagi anda yang ingin membaca cara memegang musang galak tanpa terluka, anda bisa membaca artikel tentang cara memegang musang galak tanpa terluka.
Demikian adalah cara membondingkan musang agar musang bisa mengikuti anda pemiliknya tanpa diikat. Anda bisa mengirim komentar dengan mengetik komentar dibawah ini. Terima kasih. (FS)

95 comments

Bang klo semisalnya udah gede bisa bonding gk? Gmn caranya?

Bisa, tapi butuh waktu lebih lama, tergantung karakter si musang
juga. salam. :)

kalu musang saya 3,5 bulan tpi galak.. butuh waktu berapa lama?

makin sering mas berinteraksi dengan si musang, makin cepat dia jinak. selengkapnya mas bisa baca di cara mudah menjinakkan musang.

saya juga lagi cari musang galak nih...

musang saya umur 3blan ,sdah jinak dan sdah handsfeed untuk melatihnya agar bonding bgaimana?balas

ada link ke artikel cara menjinakkan musang di artikel di atas... klik aja... :)

Minta saranya dong dok.......biar muspan saya bisa tenang di kandang gimna ya

taruh di tempat sepi, mungkin dia butuh adaptasi dulu mas.
taruh kaus bekas pakai mas di atas kandangnya biar dia kenal ama bau mas.. :)

Mkasih ya dok....apa muspan tuh klo lgi tidur suka ngamuk klo mau di pegang....muspan saya stiap mau di pegang slalu brontak

masih perlu proses penjinakkan lagi sepertinya mas. :)
coba mas baca cara menjinakkan musang, search di menu cari artikel di atas... :)

Iya dok.....mkasih ya....maaf udh bnyak nanya....maklum saya baru pertama memelihara musang.....

gak apa-apa mas. saya malah seneng kalau ada yang nanya. :)
silakan search tentang musang di blog ini mas... banyak artikel mengenai musang di sini... :)

gak apa-apa mas. saya malah seneng kalau ada yang nanya. :)
silakan search tentang musang di blog ini mas... banyak artikel mengenai musang di sini... :)

Dok . Ini musang saya umur 3bulanan. Saya taroh di pundak bawaanya pngen turun loncat trus, gim itu dok

itu berarti belom adaptasi. terus ajak main aja, sering kasih makan disuapi pakai tangan... :)

Musang rase umur segituan , yg baik dan benar itu sehari dikasih mkn brapa kali dan jarak waktu brapa jam dok, niat saya biar dia mkn tratur pakai tangan saya, dan bisa diajari pup di toilet

3 atau 4 kali sehari aja.
pagi, siang, sore, dan malam.
iya, biar jinak handsfeed aja terus. :)
soal diajari pup di toilet, silakan baca artikelya di blog saya ini. :)

Dok muspan jantan klo birahi jadi galak ya

silakan baca ciri musang pandan siap kawin atau cara mengawinkan musang

Sudah saya baca juga dok.
Dok seumpama dia mkan jam 1 pupnya bekisar jam brapa dok perkiraan.?



saya tidak tahu secara tepatnya.
kalau umur 3 bulan berkisar 30 menit hingga 45 menit, tergantung jenis makanannya. kalau lunak biasanya lebih cepat. :)

Dok,ma nanya...
Musan saya umur 2 bulan...blom bisa makan sendiri...mulai ngasih makannya gmna yh?..apa saya puasain seharian dulu,baru kasih maka.apa gmna...?..saya kalo ngasih makan rutin 7-9 jam sekali..pake suntikan...
Trus kan kalo malem hari,muaang bawaannya mau gigit2 bantal ,kalo dikeluarin...mending dikeuarin aja,tapi kaya gtu,apa kandangin aja..?..saya takut gedenya jadi buas...

Mksh..

Kalau belum bisa makan sendiri karena memang masih bayi, JANGAN DIPUASAIN! Malah mati nantinya. kalau udah 4 bulan tapi masih disuapi, baru bisa dipuasakan....

kalau musang memang dasarnya hewan buas. jadi wajar kalau dia gigit2.... apalagi umur segitu memang suka eksplor... :)

silakan mas baca artikel resiko memelihara musang... :)

Dok musang ane kenapa ya kx suka kagetan trus klw di gendong di pundak suka loncat ane taku tu musang ane ngacirrr...
Dok gimana sih cara nya ngebonding musang.
.
Mohon solusi nya and salam kenal:)

banyakin lagi interaksi. sering2 diajak main.
silakan baca artikel di atas dan praktekkan... :)

Dok musang ane kurus banget di kasih apa ya dok biar bisa gumuk..

silakan baca artikel cara menggemukkan musang... :)

Salam kenal dokter, saya baru aja pelihara musang yg semi jinak, umurny 3 bln up n gigi ny udah di pangkur sama owner ny yg lama..
Yg mw saya tanyakan kenapa musang ny kalo di lepas di luar kandang lari2 mulu dok, sampe susah nangkep nya.. Hahaha..
Tapi kalo di letak di pundak adem ayem tuh muspan ny dok..
Mohon saran ny dok,.

silakan baca artikel saya cara agar musang anteng.... :)

dok... salm kenal.. aku dan suamiku udah tekat mau adopt muspan.. beberapa hari ini masih belajar2 dulu. biar kalo udah punya udah kenal karakteristiknya. ini mau tnya dok.. saya kan lebaran harus mudik kurleb 380km.. kira2 boleh ga ya muspan nya diajak? soalnya mau adopt setelah lebaran udah kebayang bayang pengen punya :D

boleh aja musangnya diajak mudik asalkan selama perjalanan jangan terlalu panas dan kasih makan... :)
silakan baca2 artikel mengenai musang di blog saya ini bu... sukses terus... :)

Dok apakah pemberian makan dgn menggunakan pipet/dot it dapat membuat musang bonding tidak karna kan kata dokter hrus menggunakan tangan nah it harus lsng pke tangan tanpa ad media lain atau bagaimana dok

pemberian makanan pada bayi musang dengan menggunakan pipet/dot kan membutuhkan sentuhan tangan kita ke tubuh musangnya. gak mungkin kita ngasih makan musang pakai pipet atau dot tanpa kita memegangi musangnya kan mas? :)

nah dengan sering bersentuhan antara tangan kita, si musang jadi lebih mengenal kita, terutama musang yang masih anakan. dengan begitu dia akan lebih mudah bonding..... tergantung karakter musangnya jg sebenernya... :)

Kalau musang umur 2-4 bln an. Butuh berapa lama biar bisa bonding

itu berapa lama mba naruh bajunya?

sehari ganti sehari ganti.
misalnya: hari minggu, mas taruh di kandang kaus bekas pakai hari sabtu sebelumnya. lalu hari senin, kaus yang ada di kandang mas ambil (cuci), lalu kaus yang bekas dipakai hari minggu kemarin mas taruh di kandang..... begitu seterusnya....

itu juga kalau mas gak ngerokok loh ya. kalau merokok, mending jangan. residu asap rokok yang menempel di serat baju malah akan membuat musangnya sakit.... :)

Dok, musang aku sudah jinak, tapi belum puas kalo nggak bonding, kalo misalnya ngelatih bondingnya dgn cara di ikat lehernya kya anjing itu gimana, soalnya takut kabur kalo di keluarin dr kandang, mohon bantuannya dok, trims

mas harusnya bersyukur musangnya udah jinak. kalau mas mau musang bonding, sering aja ajak main. sering bawa kemana2. gak usah diiket, mas, karena salah2 malah bikin musangnya gak percaya sama mas dan bahkan bisa jadi galak. kalau toh mau 'diikat', pakai harness aja. beli di toko makanan kucing. itupun harus hati2 karena kalau salah cara memakaikannya, malah akan membuat musangnya mengigit mas...

silakan baca artikel saya cara memakaikan harness pada musang :)

Mbak mbak mksd aku y a diikatnya pakai harness heee..tanya lg ya mbak mf kebanyakan tanya. Musang aku pengennnya tak pegang d luar kandang, tp kalo dikeluarin dari kandang itu lho pasti berusaha kabur, tpi kalo d kandang itu d pegang2 diem aja. Solusinya dok

ohh gitu. mas takut kali ama dia, makanya dia gak bisa anteng. kadang emang gitu mas. :)

silakan mas baca artikel saya cara agar musang anteng

maaf baru balas. saya baru pulang dinas

Dok kenapaa ya kalo musang saya selalu seperti mencari jalan keluar dikandang?

wajar. namanya hewan ya pasti gitu, mas.

mungkin mas bisa lebih spesifik lagi menjelaskannya? :)

kak, mau tanya dalam keadaan musang udah jinak. Apakah bisa lebih jinak total lagi jika dalam satu kandang saya taruh kucing kampung yang sudah jinak. apakah akan berpengaruh pada proses penjinakan total pada musang pandan karena seperti kesepian.

saran saya mending jangan disatuin sama kucing. takutnya malah kena penyakit dari si kucing.

di alam, musang termasuk hewan penyendiri kok mas. jadi nggak bakalan kesepian. :)

dok saya punya muspan umur 1,5 bulan..ini muspan kan klo siang yg jagain ade saya krna saya kerja..apa bisa dia jd bonding ke saya..karna yg pegang kan gk cuma saya??

asalkan kalau mas lagi libur, mas juga harusnya ajak main dia, mas. cuma mungkin dia lebih kenal ama adek mas aja nantinya. :)

secara prinsip sih si musang akan kenal sama ownernya, meski dia lebih akrab sama orang lain selain ownernya itu... :)

This comment has been removed by the author.

Dok mau nanya nih kalo musang abis bangun tidur matanya kaya berkaca2 itu kenapa dok

Dok musang saya umur 2 bulan udah jinak juga cara bonding.innya gimana yaa

Dok kan saya punya muspan udah jinak usia 3 bulanan apakah masih bisa bonding?

Trus muspan saya kalo dikasih makan selain buah kok gak mau ya dok? Udah saya kasih cat food gak mau. Saya kasih nasi kecap gak mau padahal udah tak buat dia lapar. Malah udah tak coba kasih nasi kecap dikit tak campur ke buahnya malah yang di makan cuman pepayanya dok gimana solusinya biar dia mau makan selain pisang sama pepaya ya dok?

Sekalian tanya dok, kok musang saya kalo di taroh dikandang dia kayak nangis gitu ya dok tapi kalo udah diluar kandang udah diem malah lari larian gajelas gitu dok? Masalahnya saya cuma anak kos dok kamarnya kecil takutnya pas saya tidur dia ketendang atau ketindih.
Maaf sebelumnya banyak nanya hehe :D
Maklum pemula
Terimakasih dok.

Dok kan saya punya muspan udah jinak usia 3 bulanan apakah masih bisa bonding?

Trus muspan saya kalo dikasih makan selain buah kok gak mau ya dok? Udah saya kasih cat food gak mau. Saya kasih nasi kecap gak mau padahal udah tak buat dia lapar. Malah udah tak coba kasih nasi kecap dikit tak campur ke buahnya malah yang di makan cuman pepayanya dok gimana solusinya biar dia mau makan selain pisang sama pepaya ya dok?

Sekalian tanya dok, kok musang saya kalo di taroh dikandang dia kayak nangis gitu ya dok tapi kalo udah diluar kandang udah diem malah lari larian gajelas gitu dok? Masalahnya saya cuma anak kos dok kamarnya kecil takutnya pas saya tidur dia ketendang atau ketindih.
Maaf sebelumnya banyak nanya hehe :D
Maklum pemula
Terimakasih dok.

dok musang saya ko bondingnya di saat laper aja ya? kalo udah kenya dia ga mau bonding lagi gimana dok?

wajar. malah bagus kalau menurut saya. itu artinya dia menganggap mbak induknya. sering2 aja ajak main, nanti dia bonding sendiri kok... :)

Dok saya area nologaten (belakang amplaz) ,
tanya klo musang pandan dikasih nasi kecap sebagai makanan utamanya apakah kebutuhan nutrisinya cukup ?

musang saya umur 2,5bln dan saya baru keep 2 hari sudah bayak digigit sekarang sudah mau digendong tapi kok belum anteng anteng ya ??

bagaimana agar cepat anteng, biar bisa hanfed pakai pakan apa ya dok ?

maaf banyak pertanyaannya, Terimakasih dokter Fira

cara agar musang anteng udah ada artikelnya. silakan baca dulu.

kalau cuma nasi dan kecap, kayaknya agak kurang untuk asupan serat dan proteinnya, mas.... seminggu sekali kasih buah, dan 3 hari sekali kasih kepala ayam rebus....
\
kalau musang umur segitu masih sangat mungkin bisa anteng... :)

This comment has been removed by the author.

gmna caranya agar musang anteng diluar kandang ? tolong sarannya makasih

udah ada artikelnya, cara agar musang anteng.
mas bisa baca juga artikel di atas... :)

udah saya ikutin dok tapi dia tetep maunya lari kebawah , dia udh naik kebadan saya tapi dia maunya lompat dari badan saya kebawah tanah terus , dielus2 dibawah juga tetep aja maunya lari , tolong sarannya dok

oh, itu emang kurang manning.
kalau mas maunya cepet, nggak bisa, mas. harus sabar kalau mau musangnya nurut/bonding/jinak atau anteng. tergantung musangnya.

:)

dok mau nanya, ini kok muspan saya sering nyakar dikulit saya ya dok, sma kyak mulut e ii kyak mau ndorong2 gitu ii dok, itu tandanya apa ya dok? muspan saya umur 1.5 Bulanan

kalau soal nyakarnya, wajar kok. udah dari 'pabriknya' musang suka nyakar, hehehe...

saya agak kurang ngerti soal dia suka dorong2 pake mulutnya, bisa mas jelaskan lagi?

coba cek fesesnya, tahinya. karena kita bisa tahu musang sakit atau sehat dari fesesnya. cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

Dokk permisi saya mau nanya
Ni muskar saya umurnya 2bulan lebih,dianya nafsu makan dimalam hari aja apa,kalau pagi sama siang saya sediakan makan sedikit makannya,kalau di handfas gak mau,apa itu gapapa dok?
bulunya juga kaya ad bekas perekat gitu,ngilanginya gimana ya?apa boleh di gunting dok?trimakasih sebelumnya :)

gunting aja bulunya, gak apa2 kok. nanti tumbuh lagi.
kalau soal dia maunya makan di malam hari aja, coba kalau siang, taro aja makanan di kandangnya. terus tinggalin (jangan diliatin). nanti juga dimakan.

fesesnya gimana mas? coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya...

Dok kalau untuk menumbuhkan bulu yang rontok gara2 berantem di bagian ekornya, itu gimana yaa?

Dok kalau untuk menumbuhkan bulu yang rontok gara2 berantem di bagian ekornya, itu gimana yaa?

hal pertama, tentu pisahkan dulu. biar gak berantem lagi.
kedua, kalau ada luka, focus kepenyembuhan lukanya aja dlu.
setelah lukanya sembuh, baru tumbuhkan lagi bulunya. caranya gimana? tunggu aja. hehehe. nanti juga tumbuh sendiri. paling yang bisa mas lakukan adalah menggunakan minyak kemiri kalau abis dimandikan. ada loh minyak kemiri khusus musang.
udah ada artikelnya: minyak kemiri untuk musang.

cara menggunakannya, udah ada artikelnya juga: cara menggunakan minyak kemiri untuk musang

Ohh iya dok makasih,kalau masalah fasesnya baik2 aja dok,hee waran fasesnya sesuai makannanya,tapi kadang juga warna coklat gelap gitu dok,tapi gabau fasesnya

sekarang gimana mas musangnya? dah mau makan?
jangan diliatin kalau dia makan. karena kadang ada musang yang gak mau makan kalau diliatin...

Masih kayak biasaa dok,pagi 1pisang abis dok,cuma nafsu makanya kalau siang kurang dok,pisang satu aja ngak abis,obat apa ya dok yg baik buat nambah nafsu makannya?saya kasi vitapialis boleh dok?

kasih ramuan kesehatan musang aja mas. udah ada cara buatnya di artikel ramuan kesehatan musang. itu hasil riset saya. :)

Oh iya dok,kalau madunya pake madu yg jual di apotik boleh gak ya?

boleh, bisa pake madu tj. jangan madurasa ya mas.
bagusnya sih sebenernya kasih sari kurma.

Dok saya mau tanya,,saya punya Rase umur 2,5 bulan.
Tidak mau makan,truzz kalau jalan kayak tidak kuat membawa kepalanya!
obat apa yang harus saya berikan supaya kembali normal??thx

cek artikel saya, Cara Mengobati Bayi Musang Yang Berjalan Mundur.

selain itu, bisa baca artikel saya ramuan kesehatan musang... bisa kasih ramuan itu ke musangnya....

Dok..cara yang benar bermain dengan musang itu kya gmna ya??musang sya gk ggit tp stlh sya kelitikin trz prut ny skrg klo liat tgn atau jari kya ngeliat mangsa..gigit trz.mhon saran ny...

hahahahah. itu cuma becandaan aja. gak anggep mangsa kok. emang dulu si bruno, musang saya, juga gitu. kalo abis dikelitikin perutnya, langsung membabibuta nyerang saya, hahahaha.
jadi kangen sama si bruno... :)

Dok saya mau tau cara agar musangnya nurut, dan apa makanan paling disukai musang. Kalo saya saya taruh aja makanan dikandang tapi dia gk gigit dipegang malah kabur? Gimana ya?

kalau makanan yang paling bagus buat musang, sudah saya tulis artikelnya. judulnya makanan terbaik untuk musang.
cara agar musang nurut, bisa dibaca di artikel di atas.

Malam dok, musang saya jinak & bonding akan tetapi knpa kok selalu gk mau kalo dikandang? & bagaimana cara mengatasinya?

emang mungkin dia terbiasa free room kali mas.
emang masnya udah berapa lama pelihara musangnya?

kenapa gak di freeroom aja mas?

Dok, saya pelihara musang biul/opet/avatar umurnya 4bulan saya beli dipeternak katanya dari alam. Yang mau saya tanyakan apakah musang saya bisa bonding? Trus ketika dia laper hampiri saya dan saat tidur maunya disamping saya juga tapi pas saya pegang dia mau ngegigit. Gimana cara mengatasi sifat dia yang mau gigit saat saya pegang? Terimakasih dok sebelumnya

iya, mas. musang biul malah lebih gampang bonding dibandingkan jenis musang lainnya. soalnya saya juga dulu pelihara juga musang biul... :)

kalau soal gigit2, wajar kok. udah berapa lama pelihara biulnya? dan umur biulnya berapa? kalo biulnya masih anak2 atau mas peliharanya belum 1 atau 2 bulan, masih sangat wajar kalau dia gigit... :)

Slmt mlm dok , saya mau tanya
Saya digigit musang peliharaan saya umur 3 bulan tp tgn saya ga berdarah hanya bengkak saja , cara mengibatinya bagaimana ya dok ??

kasih minyak urut atau minyak gpu aja mas... :)

Sore dok,musang saya umurny 4 bulan sdh jinak tpi ngga mau digendong,it carany gimana dok..

Dok mau nanya? gmna caranya biar anteng ketika memangkur kuku musang.

Dok mau nanya? gmna caranya biar anteng ketika memangkur kuku musang.

gak bisa. umpamakan mas giginya dipotong pake tang, kira2 mas bisa diem nggak? :D

analoginya kayak gitu...

mending bawa ke dokter hewan aja, mas...

masnya jangan takut. langsung gendong aja. kalau masih ragu2, pake jaket yang ada hoodie (kupluk)nya...

dok saya punya musang rase umur sekitar 6 bln dia takut sama keramaian setiap saya taro depan rmh yg rame pasti selalu masuk kedalem rumah itu cara tenanginnya gtu gmna ya dok biar anteng dan gk takut orang ?


Silakan upload gambar.