Menjaga Kesehatan Pencernaan Musang | Drh. Fira Sovica

Agar musang sehat, seorang owner musang harus selalu memperhatikan

kesehatan pencernaan musang

karena hampir 80% penyakit musang yang dipelihara berasal dari pencernaan. Pencernaan musang yang sehat menjadi kunci kesehatan musang itu sendiri.
Pencernaan musang adalah jenis pencernaan sederhana, tidak seperti manusia yang memiliki sistem pencernaan yang lebih komplek. Itulah sebabnya kenapa warna kotoran musang masih berwarna sama dengan makanan yang dimakan musang. Dan menjaga kesehatan pencernaan musang bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:
Menjaga Kesehatan Pencernaan Musang
Image taken from tee07blog.blogspot.com

  1. Gejala musang yang bermasalah pada pencernaan.
  2. Musang yang bermasalah pada pencernaanya atau gejala musang yang sakit pada pencernaan biasanya ditandai dengan perilaku lemah, lesu, tidak aktif bergerak, nafsu makan berkurang, kotoran yang berwarna gelap atau tidak berwarna sama seperti makanan yang dimakan, dan kotoran berbentuk cair dan berbau busuk yang berlebihan.
  3. Cara menangani musang yang bermasalah pada pencernaan.
  4. Cara mengobati musang yang bermasalah pada pencernaannya adalah dengan memberikan larutan air gula (air yang diberikan gula pasir) dan amoxicillin sebagai minumannya dengan dosis 1mg/bbkg (1 miligram perkilogram berat badan). Sebagai makanan untuk musang dengan pencernaan terganggu, anda bisa memberikan buah pepaya matang sebagai makanan sehari-hari. Buah pepaya membantu kesehatan pencernaan musang serta membantu membersihkan usus musang dari kotoran-kotoran yang tertinggal. Terus berikan pepaya matang kepada musang anda selama satu minggu setelah warna kotoran musang kembali berwarna sama seperti makanannya.
  5. Cara menjaga kesehatan pencernaan musang.
  6. Seperti yang sudah penulis tegaskan diatas, pencernaan yang sehat adalah kunci kesehatan musang secara keseluruhan. Maka, hendaknya semua owner tahu caranya menjaga kesehatan pencernaan musang. Cara menjaga kesehatan musang bisa dilakukan sebagai berikut:
    • Jaga agar berat badan musang ideal karena musang obesitas sangat rentan terkena gagal jantung yang berakibat kepada kematian.
    • Pemberian susu kambing untuk musang bisa diberikan setiap minggu sekali. Manfaat susu kambing untuk musang bisa dibaca di artikel pemberian susu kambing untuk musang.
    • Beri asupan serat minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Pemberian asupan serat bisa dilakukan dengan memberikan asupan makanan berupa buah-buahan (pisang, pepaya).
    • Sediakan air minum berupa air mineral (tanpa gula) di dalam kandang, dan ganti air minum musang tersebut setiap hari. Air mineral membantu kebersihan pencernaan musang serta menjaga agar metabolisme musang lebih baik.
    • Air gula bisa diberikan sekali seminggu dengan kadar gula yang tidak sampai merubah warna air atau tidak terlalu manis.
    • Hal terakhir untuk menjaga kesehatan pencernaan musang adalah dengan mengajaknya bermain atau berjalan-jalan. Kenakan harness pada musang peliharaan anda, kemudian ajak dia berjalan-jalan keliling komplek atau ajak musang anda menghadiri gathering pecinta musang dengan komunitas-komunitas pecinta musang. Selain memberi kesempatan kepada musang agar "berolahraga", kegiatan membawa musang jalan-jalan atau membawa musang ke acara gathering pecinta musang juga bermanfaat agar musang tidak menjadi musang one-man (jinak hanya ke satu orang saja).
Demikian adalah

cara menjaga kesehatan pencernaan musang

. Artikel di atas diharapkan dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan musang secara keseluruhan. Saran, kritik, dan komentar bisa diajukan dibawah ini. Terima kasih. (FS)

3 Responses to "Menjaga Kesehatan Pencernaan Musang"

  1. assalamualaikum dokter mohon bantuannya, musang pandan saya umur 3bulan lebih skrg lg sakit, gak mau makan tanpa d pksa, puppy gelap dan bau amis, skrg kondisinya semakin lemah dok, dan gak mau nyentuh makanan nya sama skali dan meraung seperti kucing gt kasian, mohon arahannya dokter unyuk penanganannya
    terimakasih dokter

    ReplyDelete
  2. Dok kenaapa musang saya ambyean sudah seminggu gak sembuh dan bagaimana cara menyembuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ambeien apa prolapse mas?
      coba cek artikel saya, cara mengobati prolapse pada musang...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.