Cara Memelihara Binturong | Drh. Fira Sovica

Binturong adalah hewan dilindungi, dan memelihara binturong, memburu binturong, membunuh binturong, serta menjual binturong dan beli binturong termasuk tindakan ilegal. Di alam sendiri, binturong termasuk hewan yang sangat langka. Data dari wikipedia menyebutkan bahwa binturong sudah termasuk kategori apendix 1 karena maraknya perburuan. Namun, anda tetap bisa memelihara binturong secara sah dan legal dengan membuat surat izin memelihara binturong di BKSDA setempat. Cara membuat surat izin memelihara binturong dari BKSDA bisa dibaca di artikel cara membuat surat izin memelihara binturong.
Cara Memelihara Binturong
Image taken from wikipedia.org
Meskipun demikian, masih banyak orang yang

memelihara binturong

. Meski sudah dinyatakan ilegal dipelihara, binturong masih banyak dipelihara oleh para pecinta musang. Perlu ditekankan bahwa memelihara binturong tanpa izin dari BKSDA setempat adalah ilegal. Untuk dapat memelihara binturong, anda harus mendaftarkan binturong yang dipelihara ke BKSDA setempat. Binturong dapat dipelihara dengan syarat-syarat tertentu.
Memelihara binturong memang susah-susah gampang. Perilaku binturong lebih mirip kucing, itulah kenapa binturong disebut bearcat di barat. Memelihara binturong memiliki tantangan tersendiri.
Dan berikut adalah cara memelihara binturong:
  1. Kebutuhan kandang binturong.
  2. Binturong dapat ditempatkan di kandang kucing 2 tingkat atau kandang anjing 2 tingkat. Kebersihan kandang harus selalu dijaga karena bulu binturong sangat rentan rontok.
  3. Makanan binturong.
  4. Binturong adalah hewan omnivora. Di alam, binturong memakan buah-buahan, daun-daunan, telur, burung, serta hewan pengerat. Anda bisa memberikan kepala ayam rebus dan buah-buahan matang seperti pepaya dan pisang sebagai makanan binturong peliharaan anda.
  5. Cara merawat binturong.
  6. Hal terpenting dalam memelihara binturong adalah menjaga kebersihan kandang dan keseimbangan gizi yang diberikan. Bulu binturong amat rentan rontok. Anda bisa memandikan binturong peliharaan anda setiap minggu sekali dan menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Cara memandikan binturong sama dengan cara memandikan musang di artikel cara memandikan musang.
Demikian adalah

cara memelihara binturong

. Artikel diatas diharapkan bisa menambah wawasan bagi anda. Saran, kritik, dan komentar bisa anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

88 Responses to "Cara Memelihara Binturong"

  1. Dok mau nanya, apa pengaman mulut yg biasanya untuk anjing, bisa di gunakan ke binturong,terimaksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak bisa. untuk binturong yang masih galak, hal tersebut justru membuat binturong stress.... :)

      Delete
  2. Dok ada biaya administrasi yg di tentukan BKSDA?
    Untuk pembuatan surat ijin itu kl ada kisaran brapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau semua syaratnya lengkap, biasanya hanya untuk biaya administrasi saja. tapi masing2 kantor biasanya punya standart masing2.... bahkan ada yang gak pake biaya... :)

      Delete
  3. Mohon ijin bu dokter... Sy punya bintorung... Kata temen sich dia stress karna bis perjalanan dr jakarta ke madura... Yg sy tanyakan... Bagaimana crnya biar dia gak stress lg... Mohon petunjuk... Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Mohon ijin bu dokter... Sy punya bintorung... Kata temen sich dia stress karna bis perjalanan dr jakarta ke madura... Yg sy tanyakan... Bagaimana crnya biar dia gak stress lg... Mohon petunjuk... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. diamkan saja di tempat sunyi dan sepi selama 1 hingga 3 jam. tinggalkan makanan dan minuman, biarkan dia makan sendiri...

      Delete
  5. Mau tanya mohon pencerahanya. Mw beli binturong tapi gatau dimna.. adakah yg punya rekomendasi.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan gabung ke grup jual beli musang di facebook... :)

      Delete
  6. Dok kok binturong saya pup nya agak mencret ya Cma kental gk encer tp makan rakus dok karakter semi jinak tp di elus sama handfeed Udh mau tinggal kluar kandang aja yg belum apa emang pup nya Sprti itu dok? Mohon pencerahan nya dok mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tergantung makan dan minumnya mas. mas kasih susu gak?
      kalau dikasi susu, usahakan susu-nya yang non laktosa seperti SGM LLM. jangan pake susu kental manis atau dancow.

      mas bisa baca juga artikel cara mengetahui kesehatan musang dari fesesnya..... :)

      Delete
  7. Gk saya kasih susu dok Cma air putih Mateng aja makannya pala ayam rebus sama pisang dok. Oke mksh ya dok atas info nya

    ReplyDelete
  8. Dok saya mau tanya lagi bintu saya mulai rontok bulu nya dok baru akhr2 ini si sblm nya engga solusi nya gmna ya dok? Mksh dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbaiknya dianalisa dulu apa penyebab bulu rontoknya mas. pakah kebersihan kandang terjaha dengan baik? apakah si binturong diberi makan dengan benar?
      mas bisa coba mandikan jika pagi hari dan dijemur agar kebersihan kulitnya bisa terjaga. coba juga untuk mengoleskan minyak kemiri ke bulunya, tapi jangan terlalu basah. dikit2 aja... :)
      semoga membantu...

      Delete
  9. dok saya mau beli baby binturong di mana yahh ,

    ReplyDelete
  10. aku udah cari , di jual beli musang di Fb tapi ga ada dok :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah sebenernya. soalnya binturong termasuk hewan appendix 1 mas. wajar kalo orang takut.
      ada kok yang jual, biasanya exotic pets yang jual. search aja di facebook exo pets atau exotic pets, add friends, lalu tanyakan. hati2 jika ingin memelihara binturong. kalau mau legal, mas bisa bikin surat izin memelihara binturong di bksda setempat. cara membuat surat izin memelihara hewan dilindungi pernah saya buat di blog ini...

      Delete
  11. Terimakasih sy menyimak dan alhamdulillah jadi tambah pengetahuan

    ReplyDelete
  12. berarti ini musang paling males ya geraknya dari pada musang lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. balik lagi ke karakternya sih mas, ada yang emang males2an, ada yg aktif juga...

      Delete
  13. Dok saya punya binturong umur 5 bln betina. Awalnya dia sangat lincah dan makannya sangat lahap. Dia saya kasih makan 2x sehari pisang dan sedikit makanan kucing. Fesesnyapun normal. Tp tiba2 sdh beberapa hari ini dia jd tdk lincah, susah makan, hidungnya berair dan sering membuka mulutnya klo bernafas. Dia lbh sering di ruangan ber AC. Skrg klo tdr slalu menyembunyikan kepalanya. Untuk saat ini cara makannya saya suapin dgn pisang atau pepaya dihaluskan. Fesesnya tdk keras jg tdk encer tapi ada cairannya. Apakah binturong saya terkena flu atau distemper yaa dok. Mohon penjelasannya. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa ditaruh di ruangan ber ac?
      kemungkinan pilek atau pneumonia. coba jemur kalau pagi. dan kasih sari kurma di makanannya. biar daya tahan tubuhnya bagus. lebih baik, kandangnya taruh di ruangan non ac, atau set ac-nya agar tidak terlalu dingin, mbak.... kasian....

      kalau dalam 5 hari belum baikan juga, mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
    2. Ooo baik dok. Skrg sdh tdk di ruangan AC lg. Dok skrg saya kasih stimuno karena klo saya kasih madu atau air gula dia malah g mau minum. Skrg matanya malah agak belekan dok. Sblm stimuno saya kasih nutriplus gel. Lbh baik yg mana yaa dok?

      Delete
    3. coba untuk 2 atau 3 minggu ke depan, kasih buah aja. jangan kasih asupan protein dulu. cukup kasih buah aja...

      stimuno boleh dikasih, meski saya lebih menyarankan sari kurma aja. lebih alami... air madu dan air gula stop aja, terlalu berat buat sistem cernanya... :)

      Delete
  14. Bu dokter saya punya binturong,dia mgok mau mkan..trhitung sudah 5 hari.maunya cuma minum susu ma air putih saja..gmana cranya biar doi mau mkan lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dikasih susu, mas. kasih sari kurma aja sebagai gantinya....

      bintu-nya umur berapa, mas? biasa dikasih makan apa? fesesnya gimana? mencret gak? infokan lagi ya mas...

      Delete
  15. Siang Drh FIra

    Mohon penjelasannya lebih lanjut mengenai proses pengajuan izin pemeliharaan hewan langka ke BKSD berikut :

    1. Apakah hanya diperuntukan untuk penangkaran ?
    2. Apakah bisa diperuntukan untuk pribadi (hanya dipelihara sendiri)?
    3. Apakah hewan yang diajukan harus sepasang (jantan/betina) ?
    Mengingat ada kerabat saya yang hanya memiliki satu ekor hewan Appendix1 memiliki izin dari BKSDA. Bukankah justru hal ini yang mengancam kepunahan.

    Saya berniat untuk memelihara dan mengembangbiakannya secara legal, saya sudah konfirmasi ke BKSDA setempat untuk meninjau lokasi pemeliharaan. Tapi alhasil semuanya gagal, padahal saya memiliki lahan uk.18x5 meter untuk tempat penangkaran.

    Menurut saya peraturan yang dibuat BKSDA justru membuat hewan Appendix terancam punah ? Seharusnya BKSDA membuat peraturan untuk mempermudah pemeliharaan hewan Apenndix dgn penambahan syarat, kepemilikan harus sepasang, dan bisa diperjual belikan jika sudah dihasilkan minimal 3 generasi. Dan dengan pemberian sangsi jika hewan tersebut mati krn kurang perawatan.

    Saya rasa dengan begini banyak pecinta hewan terus berusaha melestarikan kelangsungan hidup secara modern (krn habitat asal mulai tergeser menjadi bisnis dan banyaknya perburuan liar).

    Banyak kasus justru banyak hewan mati ditempat penangkaran BKSDA.

    Impian saya adalah, manusia dan hewan dapat hidup berdampingan tanpa ada rasa takut antara hewan dan manusia.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  16. Dokter :(
    Saya punya binturong
    Saya rawat sejak dia berumur 2 bulan
    Selama beberapa bulan awal saya taruh kandang luasnya 1x1m ingginya 1x1m (diluar rumah)
    Umur 5 bulan. Saya buatkan kandang baru luas 4x2m tinggi 2m (di kuar rumah) biasanya tetangga pada lihat
    Selama ini saya kasih pepaya/pisang
    Biasanya saya selingi nasi+telur mentah dan daging ayam serta rempelo ati... Saya suapin biasanya
    Tapi dok :(
    Dia sampe sekarang (umur 1,5 tahun) masih aja gk jinak sama saya
    Kalopas saya suapin. Saya senggol apa dikit dia kaget trus lari
    Trus baru perlahan2 balik ke saya lagi. saya elus juga malah nyakar dan pengen gigi
    Kenapa gk jinak ya dok?
    Apa dia ingin kandang yang lbih besar dan didalam rumah?
    Apa dia takut dg tetangga sekitar?
    Kenapa dia gak jinak2 ya dok ? :(
    Apa karna jarang saya mandikan? Knpa dok dia gak jinak2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu mas ketahui kalau binturong emang sifatnya kayak gitu. kagetan dan kalau becanda suka kebangetan. mirip kayak musang rase, cuma lebih anteng rase. ada sih binturong yang jinak bener2 jinak, terutama binturong yang dirawat dari kecil... tapi itu juga jarang yang jinak 100%, rata2 jumpy...

      dan kalau boleh saya tanya, mas berapa lama main sama si binturong sehari2? coba ajak main, 10 atau 15 menit sehari. kalau mas masuk ke dalam kandangnya, gimana? diserang nggak?

      kalo menurut saya, bintu mas udah tergolong jinak. karena emang bintu kadang2 gitu, jumpy-an. cuma dia belum kenal mas aja, mungkin karena jarang mas ajak main...

      coba taruh kaus bekas pakai mas di tempat dia tidur, biar dia kenal bau tubuh mas. sering2 ajak main... tinggal dikenalin lagi aja sama masternya.... :)

      kabari saya lagi..

      Delete
  17. Dok saya punya bintu tapi msih kecil katanyasih baru 2bulanan, makannya cumn mau minum susu itu pun ga mau disuapin maunya minum sendiri, udh di coba kerokin pisang namun ga mau makan maunya minum susu aja.tapi badnya sehat dan kotorannya juga normal, keras. Itu gimna ya dok? Atau memang dgn umurnya segitu masih blm bsa makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dikasih makan lain kayak bubur bayi, dia mau?
      kalau emang fesesnya normal2 aja, sebenernya sih gak apa2 dikasih susu. tapi ya kudu dilatih makan. coba aja kasih bubur bayi dulu. airnya dikit aja, jadi dibuat kental, sekitar bubur bayinya bisa dibentuk pake tangan... :)

      Delete
  18. Dok sya mau tanya
    tips memelihara bintu itu di usia brp..??
    trus tuk yg masih pemula gimana yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk pemula, pilih binturong yang udah jinak atau minimal pilih yang masih anakan karena lebih mudah dijinakkan.

      Delete
  19. Selamqt siang dok, 2 hari yg lalu sama nemu anak binturong di gudang belakang rmh saya, karna g tau jinak atau nggk akhir nya saya tangkep pake tali yg di jerat ke leher nya, sempet tercekik sih tp berhasil saya masukin kandang dan tali nya jg udah lepas, saya liat sih kuku nya seperti udah sering di potong, g tajem dan gigi nya pun baru tumbuh kecil". Saya kasih makan pepaya dan pisang sih g nyerang. Mlm nya saya coba deketin pake kayu kecil ke sekitar muka dan badannya, tp saya liat reaksinya tidak bener" gigit dan tdk agresif. Kemungkinan besar itu milik orang yg lepas, nah sampe saat ini blm ada yg mencari kerumah saya, mau saya pelihara dok tetapi saya bingung buat surat ijin nya, kan saya nemu. Gimana ya dok solusinya?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau emang mbak mau izin sama BKSDA, resikonya nanti diambil sama orang BKSDA. dilema juga sebenernya.

      kalau saya jadi mbak, mungkin saya akan pelihara aja. hehehe. tapi saya bukan ngajarin nggak bener loh, semuanya kembali lagi ke mbaknya... :)

      Delete
    2. Ooh begitu ya dok, iya sih dipikir" juga pasti g mungkin dpt 😅.
      Saya jg udah buatin kandang yg lumayan besar tp dia perlu tempat sembunyi gitu g sih dok? Saya cuma buat alas kayu datar aja agak tinggi, kalo g saya mau beliin tempat tidur anjing/kucing gitu..
      Sama jadwal makanannya itu yg baik kaya gimana ya? Brp kali sehari dan menu mkn nya bagaimana? Saya sering nya kasih buah, kalo kepala ayam rebus sesekali aja, telur juga sehari bisa 1 sampai 2, bener g sih dok? Saya takut ngasih mkn nya g tepat..

      *newbie*
      Mohon bimbingannya 🙏

      Delete
    3. gak usah kasih tempat sembunyi, cukup taro di kandang aja. dan sering2 ajak main biar jinak... :)

      kasih makan 3 atau 4 kali sehari, jenis makanannya udah ada di atas, hehehe...

      untuk menu makan yang sekarang juga udah oke, kok... :D

      Delete
  20. Dok mau tanya ,saya punya bintu umur ± 4 bulanan.baru dapat dari alam liar.dlunya 1 bulan terakhir dia aktif sama ownernya yg lama.tpi skarang sama ownernya yg baru dia agak malu2 .males bergerak.cuma tiduran aja.gimana dok solusinya.mau di pegang pun dia bunyi menggerang.makasih

    ReplyDelete
  21. Dok mau tanya ,saya punya bintu umur ± 4 bulanan.baru dapat dari alam liar.dlunya 1 bulan terakhir dia aktif sama ownernya yg lama.tpi skarang sama ownernya yg baru dia agak malu2 .males bergerak.cuma tiduran aja.gimana dok solusinya.mau di pegang pun dia bunyi menggerang.makasih

    ReplyDelete
  22. Dok mau tanya dong, saya baru adopt bintu sumatra usianya 2 bulan. baru 3 hari saya rawat, dia saya elus, dikandang maupun diluar sudah mau, tapi kalau saya aja bermain didalam / luar kandang masih gigit2x kepo dan belum mau di angkat dan gendong dipundak. dia masih belum anteng dan ingin lepas dari tangan saya dan turun. bagaimana ya caranya supaya dia bisa di angkat dan di gendong saya. untuk makan saya handsfeed terus dan nurut, cuma tidak mau diangkat dan di gendong saya. mohon solusi dari dokter. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gigit, pasti gigit kok mas. tapi biasanya arti gigitannya cuma "ini bisa dimakan nggak ya?"

      kalau mas mau ngebiasain gendong dia, bisa dibiasakan dari sekarang. awalnya gendong sambil duduk aja. kalo dia udah biasa digendong saat mas duduk, baru nanti gendong sambil berdiri. dan jangan ragu2 dan jangan takut.

      Delete
    2. Dok alhamdulillah bintu saya sudah bisa saya pangku dan gendong semalam, tapi ada masalah lagi dok, kenapa bulu dibagian atas mata bintu saya botak sebagian ya. padahal tadi malam saya gendong dan kasih makan tidak apa2x. eeh tadi pagi pas saya mau maksih sarapan, ada botak di bagian atas kedia matanya. itu kenapa ya Dok, apakah itu penyakit jamur atau scabies ? dan bagaimana mengatasinya. berikut gambarnya saya sertakan juga. terima kasih banyak

      Delete
    3. belum tentu scabies, mas. karena biasanya kalo scabies pasti parah banget botaknya, dan ada bintik2 juga.... coba mas baca artikel cara mengobati scabies di blog ini...

      saya tebak itu karena faktor cuaca aja. karena cuaca emang lagi kurang bagus. mending pindahkan kandangnya ke dalam ruangan dulu. jangan di luar.... :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. kalau saya oleskan vco di bagian yang botaknya, numbuh lagi kah dok bulunya. kemudian progress terakhir, bintu saya Alhamdulillah sudah anteng digendong di pundak, di pangku baik saya duduk ataupun berdiri. tinggal ngebuat dia ngikutin saya jalan, dan nurut kalo dipanggil, gimana caranya ya Dok ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa aja, mas. tapi pastikan itu bukan scabies. karena kalo ternyata scabies dan dia dioles minyak, malah susah sembuh nantinya.... :)

      Delete
    2. Dok taunya scabies atau bukan bagaimana kah ?

      Delete
    3. kalo scabies biasanya ada kayak keraknya gitu. terus ada kayak bruntus2, dan ada kayak luka kecil gitu....

      Delete
    4. ngga ada dok, ini alus kayak pitak dikepala, tanpa rambut ... itu kenapa ya dan kalo bukan dengan vco, cara menumbuhkan bulu nya itu pakai apa Dok

      Delete
    5. bisa pake VCO sih.
      bisa mas fotoin dan kirim gambarnya kemari? upload aja, terus linknya taro di komentar.... :)

      Delete
  25. Malam dok saya baru adopt binjaw betina umur 3 bulan. Baru dtg kemaren kadang dia sering garuk. Apa itu kutu apa karna belum di mandikan ya dok ?dan untuk makanan dan vitamin yg baik apa ya di berikan brp kali sehari? Terima kasih dok

    ReplyDelete
  26. Malam dok saya baru adopt binjaw betina umur 3 bulan. Baru dtg kemaren kadang dia sering garuk. Apa itu kutu apa karna belum di mandikan ya dok ?dan untuk makanan dan vitamin yg baik apa ya di berikan brp kali sehari? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal berkutu atau nggak, mending mas cek sendiri. ada kutunya atau nggak. :)
      bisa dimandikan. ntar aja kalau cuaca lagi bagus. :)

      makanan terbaik untuk binturong tetep buah-buahan. pepaya atau pisang. bisa kasih kepala dan ceker ayam rebus juga yang dicacah....

      Delete
  27. untuk treatment kalo berkutu atau jamuran gimaana dokk ??
    kalo kepala ayam di kasih sama tulang tulangnya >>

    ReplyDelete
    Replies
    1. mandikan pake shampo kucing khusus jamur/kutu, mas... :)
      iya, dikasih sama tulang-tulangnya. cukup rebus aja sampe agak empuk... terus dinginkan, dan baru kasih ke bintu-nya.... ;)

      Delete
  28. oh gitu dok, terima kasih banyak infonya dok

    ReplyDelete
  29. Dok saya baru saja adopt bintu jawa umut sekitar 1.5 bulan untuk temanin bintu sumatra saya yang umur 3 bulan. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya untuk menyatukan mereka dalam 1 kandang, karena pas saya satukan mereka kaya mau berantem, bersuara aneh dan juga main pukul2xan kepala.

    Mohon dijawab dokter, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara taro di kandang terpisah, tapi taro sebelahan. biar saling kenal. setelah 3 minggu, coba satukan lagi...

      Delete
  30. kan saya coba free room, keduanya sudah bisa free room, tapi tetap sama Dok masih saling gigit dan pukul, tapi tidak sampai ada luka / koyak. Oh ya dok apakah boleh saya keluarkan, atau harus dikandang terus bersebelahan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu karena belum kenal. :)
      keluarkan secara bergantian. jangan bareng2 dikeluarkan. kalo yang satu main di dalam kandang, satu boleh di freeroom. begitu juga sebaliknya. :)

      Delete
  31. Ok siap Dok, saya coba dulu mudah2xan bisa di satukan dengan cepat.

    Terima kasih atas sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok sudah 3 hari ini, pas disatukan bintu Sumatra dan jawa saya masih gelut dan gigit satu sama lain (tidak sampai luka) akan saya update terus progress nya, oh iya dok gimana cara ajarkan bintu jawa saya yg 1.5 bln utk pup di kandang ya ? dikandang sih dia pup, akan tetapi kalau lagi free room dia sering pup di bangku ruang tamu dan tempatnya disitu2x terus.

      Saya selalu kalau dia pup disitu langsung saya masukin kekandang supaya dia tau kalo mau pup ya harus dikandang, tapi masih belum berhasil

      Bagaimana ya solusinya Dok, tidak seperti bintu sumatra saya yg 3 bln, pupnya hanya dikandang dan kalo free room tidak pernah pup

      Terima kasih

      Delete
    2. latih aja agar dia pup di litterbox atau di toilet, mas.

      agak susah untuk melarang agar dia nggak pup di luar kandang. cara yang saya sarankan, mas bisa baca artikel saya, cara melatih musang agar buang air di toilet.

      Delete
    3. iya Dok untuk yg sikecil susah, tapi yang bintu yg besar 3 blnan sudah bisa tidak pup kalau free room, cuma dikandang aja. Ok Dok saya baca dahulu

      Delete
    4. emang begitu kok. saran saya, mas bisa observasi aja dulu. sambil dilatih pee/pup di toilet.... saya kira nanti juga yang kecil akan terbiasa nggak pup kalau freeroom jika sudah agak dewasa dikit... :)

      Delete
  32. Dok saya mau tanya. Bintu itu emang bulunya kadang suka rontok ya ?? Bintu saya umur 4 bulan. Di kandangnya di bawahnya suka ada bulu bulu kecil kecil. Terus kadang kalo di gendong juga nempel di baju.Apa itu wajar dan gimana cara mengatasinya ? Dia juga suka garuk garuk padahal saya udah mandiin pake shampo anti kutu dan gatal buat kucing. Mohon petunjuk dok terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sampe bikin badan bintunya botak? kalo gak sampe botak, masih bisa dikatakan wajar....

      kecuali kalo rontoknya sekaligus banyak gitu. nah itu patut dicurigai.

      Delete
  33. Dok saya mau update, sampai sekarang setelah kandangnya didekatkan sekitar 2,3 minggu. kalo digabung bintu sumatra 3 bln dan bintu jawa 1.5 bln saya masih gigit2x dan gelut terus ... apa musti lebih lama lagi ya Dok, untuk proses pengenalannya.

    Satu lagi dok, bintu jawa saya yg 1.5 bln itu susah sekali di handsfeed kalau free room, cuma 3 - 4 kali setelah itu tidak mau buka mulut (tapi kalau saya kasih makan dikandang selalu habis). maunya main dan gerak terus. tidak seperti bintu sumatra saya yg 3 bln (di handsfeed free room mau). apakah itu normal dok utk bintu seumuran 1.5 bln. soalnya badannya masih belum gemuk.

    Mohon tanggapannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih. nggak apa2 lanjut aja mas.
      kalo disatuin, yang 3 bulan yang nyerang duluan ya? bener?

      yang umur 1,5 bulan kayaknya emang rada keras kepala karakternya. yang 3 bulan emang lebih mudah nerima manusia. nggak apa2, lanjut aja. lebih sering ajak main yang 1,5 bulan ya mas... :D

      jangan bikin gemuk. kasian. yang penting sehat. :)

      feses normal? mau saya analisa nggak fesesnya? kriim aja fotonya kemari...

      Delete
    2. Dok ini sudah 3 minggu lebih saya dekatkan kandangnya, tapi masih berantem dan kejar2xan walaupun ngga sering. yg nyerang duluan gantian, kadang yg 3 bln tapi keseringan yg kecil (1.5 Bln) juga nyerang tapi ya gitu, ngga serius. kalo di free room itu bisa sampai 15 menit lebih mereka gelut, nanti pas saya lewat, mereka berhenti dan liatin saya.

      tapi tidak ada yg luka atau koyak sama sekali kulit ataupun bulunya. paling bulu2x mereka lengket sama liur lawan masing2x. gimana ya dok supaya mereka disatukan ngga berantem sama sekali ?

      dan untuk yg kecil itu masih sama kalo di handsfeed maunya cuma 4 suap kalo pisang. selebihnya maunya naik ke tangan dan pundak saya sewaktu saya handsfeed. tapi kalo saya biarkan makanannya dikandang, selalu habis.

      Feces yang kecil normal Dok, kalo saya kasih bubur sun seperti pasta dan kalo pisang fecesnya agak keras.

      kalau sifat memang yang kecil itu keras kepala, kalo memang ngga mau ya sampai saya buka paksa mulutnya tetep dikeluarkan makanannya hadeeeh.

      sama satu lagi dok, kalo yg bintu sumatra 3 bln saya bisa saya ajak main sembari dipangku posisi terlentang sambil saya gelitiki perutnya. akan tetapi kalo yg kecil bintu jawa (1.5 bln) ngga pernah mau bercanda terlentang, paling bercanda sambil terlungkup sambil gigit2x tangan saya, dan ngga pernah mau lama untuk di pangku saya. dia lebih suka ngikutin saya jalan, terus manjat tangan saya untuk kepundak saya. apakah itu normal dok, dan bagaimana supaya dia mau lama dipangkuan saya. kalo dipundak saya pasti lama sampai tidur terlungkup, tapi kalo saya turunkan terus saya balik paksa masih ngga mau.

      Maaf terlalu panjang dok dan mohon solusinya

      Terima kasih

      Delete
    3. nah, ajak main sambil mas liatin aja. jadi mas main bertiga sama bintunya. saya kira ada perkembangan sih. malah bagus perkembangannya, kalau saya baca dari komentar mas.

      mungkin yang perlu dikoreksi adalah jangan terlalu memaksa. hewan yang egonya besar kayak binturong nggak bisa dipaksa harus sesuai dengan kehendak kita, mas. :)
      kalau emang maunya cuma 4 suap makan, sebenernya gak masalah. tapi kalo makannya dikit, dan mas mau dia agak gemukan, ya lebih sering dikasih makan. :)
      sekarang, berapa kali sehari dikasih makan? :)

      dua-duanya perkembangannya bagus. malah yang kecil, yang suka gigit-gigit, nantinya malah lebih deket ke mas secara emosi. saya baca sih begitu. dia gigit2 tangan mas karena mau bilang makasih udah dirawat... kalo dia gigit2 begitu, mas elus kepala dan bawah lehernya, biar dia tahu kalau mas ngerti maksudnya dia apa...

      yang gede, secara naluri dia udah ngenalin mas. dan ini juga menurut saya bagus juga. buat mereka berdua senyaman mungkin di rumah.

      selebihnya, mungkin sering2 cek fesesnya aja. kalau fesesnya mencret dan dia kayak sakit (nggak nafsu makan), mas bisa kasih air kelapa muda. :)

      kabari terus.

      Delete
    4. Kalau makan sehari saya kasih 3 - 4 kali sehari, dengan jadual :

      1. Pagi hari saya berikan Bubur Sun dicampur sari kurma + Minum nya Air dicampur sari kurma

      2. Siang hari saya berikan Bubur Sun dicampur sari kurma

      3, Sore hari saya berikan sedikit pisang

      4. Malam hari sebelum tidur saya berikan pisang yang banyak dan Air dicampur Sari kurma.

      Ooh bgitu Dok ada perkembangan ya ? sekarang kalo di free room yang kecil punya kebiasaan baru naik jendela sampai keatas gordyn (hordeng) terus turun lagi, kadang kalo gak mau turun saya yang ambil.

      Karena pernah pas saya diemin, sering dia jatuh kebawah sendiri, Alhamdulillah tidak apa2x.

      Sama satu lagi Dok, ini sampai sekarang mengenai kelamin musang saya masih ragu, soalnya bentuk tampilan hampir sama (tidak seperti sugar glider, yang cowo ada testis dan cewe tidak ada + ada kantung diperut).

      Kalo saya lihat bintu sumatra yg waktu beli dibilang cowo, tampilang kelaminnya ada belahan dan diatasnya ada sedikit tonjolan seperti maaf, penis kecil) apakah benar ini Jantan Dok ?

      Kalau yang bintu Jawa Dok, ada belahan juga tapi tidak ada tonjolan sama sekali cuma ada belahan saja, apakah benar ini Betina Dok ?

      Dan kalau sudah besar mau saya kawinkan, ada yang bilang kalau Sumatra dikawin kan dengan Jawa apakah Gen yang lebih dominan nya itu sumatra, apakah benar dok ?

      Saya sih berharap anaknya nanti jawa :)

      Mohon tanggapannya

      Delete
    5. kalo soal genetik bintu, jujur saya aja masih belajar dan riset, hehehe. jadi sementara saya hold dulu sambil baca-baca lagi... :D

      soal kelaminnya, kayaknya sih bener, meski saya tidak tahu juga karena tidak liat langsung. tapi dari penjelasan mas, kayaknya sih iya...

      kenapa nggak bikin cat climbing tower, mas? buat dia manjat dan tidur di situ. contohnya kayak di gambar ini http://hauspanther.wpengine.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/01/Profeline1.jpg

      Delete
  34. Dok bintu sumatra saya kenapa ya, tiba2x malas bangun dan biasanya kalau saya datang atau dibuka kandangnya dia langsung keluar dengan lincahnya.

    Sekarang sudah 2 hari ini dia keluar kandang berdiri, setelah diluar di langsung tidur tengkurap lagi dilantai dan kepalanya juga ditempel kan dilantai.

    saya suruh bangun juga tidak mau, kemudian pas saya pancing dengan makanan, juga jalannya tidak mau bangun, tapi jalan dengan gaya tidur tengkurap dilantai sambil badannya dia seret.

    kemudian sepertinya dia kesulitan mengunyah makanan, dan tidak lahap, biasanya potongan pisang langsung dilahap, ini di gigit didalam mulut kemudian dikeluarkan lagi, kemudian dimasukkan mulut lagi, dengan posisi tidur tengkurap juga.

    Saya jadi bingung kenapa ya Dok, saya check feses nya normal tidak cair. bagaimana cara menyembuhkannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ini dikasih makan apa mas?
      dari fesesnya/tahinya ada perubahan? mungkin jadi mencret?

      coba mas kasih sari kurma aja buat penambah daya tahan tubuhnya dia. dan pastikan asupan kalsiumnya cukup, takutnya dia kurang kalsium atau apa.

      cuaca emang lagi gak bagus buat hewan. kalau kandangnya ada di luar rumah (beranda dll) mending pindahkan sementara.... dan jaga agar dia gak kedinginan...

      sementara itu dulu. dan mohon langsung praktekkan.

      Delete
  35. Saya makanannya 3 kali sehari:

    Pagi : Makan Bubur Sun
    Siang : Pisang / Pepaya
    Malam : Pisang / Pepaya

    Minumnya : Air hangat + Sari kurma

    Untuk fecesnya normal dok tidak ada perubahan, cuma memang kandangnya saya taro di halaman rumah, apakah harus dimasukkan kedalam rumah atau kandangnya cukup ditutup kain aja ?

    Untuk kalsiumnya dikasih apa dok ? apakah makanan dan minuman yang saya kasih belum cukup kalsiumnya ya ?

    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera pindahkan ke dalam rumah, karena cuaca lagi gak bagus buat hewan.... banyak hewan yang sakit akhir2 ini... :(

      feses masih normal? gak mencret?

      Delete
  36. feces normal dak dan tidak mencret

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas. saya abis sakit kemarin.

      sekarang gimana binturongnya, mas?

      Delete
  37. Dok saya mau nanya, saya ingin memelihara binturong tapi dimana ya tempat untuk beli binturong yang sudah jelas asal usul keturunan nya? biar gampang urus ke bksda nya, makasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang resmi penangkaran sih saya kurang tau mas... :)

      Delete
  38. Dok umur binturong sampai berapa lama biasanya.. mohon pencerahannya. Tos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo dipelihara dengan baik, binturong bisa mencapai umur 25 tahun, mas... :)

      Delete
  39. Dok, apakah bisa binturong di campur dengan kucing? dan hewan apa aja yang bisa disatukan sama Binturong dok? Terima kasih.

    ReplyDelete
  40. Dok saya punya bintu umur sekitar5-6 bln.an matanya sakit katarak. Kira2 bisa sembuh gak yaa.
    Sama biasanya di kasih obat apa ya dok. Biar gak tambah parah sakitnya.

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.