Saturday, January 11, 2014

Cara Memelihara Tupai Kelapa | Drh. Fira Sovica

Memelihara tupai kelapa

tidak diperlukan persyaratan khusus yang sulit. Tidak seperti memelihara sugar glider, memelihara tupai kelapa bisa dikatakan lebih mudah. Namun tentu memelihara tupai kelapa pun memiliki beberapa syarat mutlak yang harus dan mau tidak mau dilakukan oleh pemilik. Bagi anda yang masih bingung perbedaan antara tupai kekes dengan tupai kelapa, anda bisa membaca artikel saya bedanya tupai kelapa dengan tupai kekes.

Cara Memelihara Tupai Kelapa
Image taken from id.wikipedia.org
Bagaimana cara

memelihara tupai kelapa

yang baik dan benar? Berikut ini penulis akan memberikan beberapa tips cara merawat dan memelihara tupai kelapa.
  • Saat membeli tupai kelapa, pastikan tupai kelapa yang dibeli sehat.
  • Ciri tupai kelapa yang sehat adalah jika diambil dari kandangnya ia kelihatan aktif dan tidak lesu, nafsu makan baik, bulu terawat dan tidak ada kerontokan bulu di tubuhnya. Tidak seperti sugar glider yang aktif di malam hari, tupai kelapa adalah hewan yang aktif di siang hari. Maka tupai kelapa yang terlihat lemas dan lesu di siang hari bisa dikatakan tidak sehat.
  • Tempatkan tupai kelapa di kandang yang tidak terlalu kecil atau sempit. Jangan lupa untuk memberikan aksesoris berupa ranting-ranting atau batang panjat di kandangnya.
  • Hal ini dikarenakan tupai kelapa adalah hewan yang gemar memanjat dan meloncat dari satu dahan ke dahan lain.
  • 3. Mandikan tupai kelapa jika bulunya sudah terlihat kumal, bersihkan kandangnya jika sudah mulai berbau.
  • Cara memandikan tupai kelapa cukup dilakukan dengan air biasa bersuhu ruangan. Basahi bulu tupai kelapa secara perlahan-lahan, usap perlahan seluruh tubuhnya hingga kotoran fisik yang menempel terlepas, kemudian teteskan satu atau dua tetes sampo bayi yang tidak pedih di mata di bulunya, usap kembali hingga sedikit berbusa. Sebaiknya jangan sampai busa dari sampo bayi tersebut masuk ke mulut tupai. Bilas kembali tubuh tupai hingga bersih, kemudian angin-anginkan di dalam ruangan.
  • Jangan lupa untuk bermain dengan tupai kelapa anda.
  • Meski ini tidak diharusnya, sebaiknya anda bermain dengan tupai kelapa anda. Biarkan tupai kelapa anda memanjat dan bermain-main di tubuh anda. Siapkan tisu basah untuk mengelap kotoran tupai. Kuku tupai kelapa juga bisa menimbulkan baret di kulit anda, jadi sebaiknya pakai baju atau kaus lengan panjang saat bermain dengan tupai.
Demikian adalah tips cara memelihara tupai kelapa. Tips diatas diharapkan bisa membantu anda, para pembaca, dalam merawat tupai kelapa. Oh ya, kritik, saran, dan komentar bisa ditulis di kolom dibawah ini. terima kasih banyak.

512 comments

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 512   Newer›   Newest»

Ap boleh dok,bagi pin bbnya biar enak brtanya

sementara ini saya tidak menyediakan pin bb via konsultasi dulu... :)

Halo dok,salam kenal saya mau tanya dok..saya punya dua ekor tupai kelapa, lenon (cowo -/+ 3-4 blnan) dan magda (cewe -/+ 2-3 bulanan),keduanya sehat sampai tiba2 seminggu yang lalu silenon mengalami kerontokan bulu diekornya sampai botak (dekat pangkal ekor).
Untuk makanan saya hanya berikan pisang (makanan utama) dan saya selingi dengan apel atau kelapa setiap 2-3 hari sekali. Dan bubur sun pisang kental untuk makanan utama si magda.
Saya membersihkan kandangnya setiap hari,juga memandikan keduanya jika sudah terlihat kumal dan bau (saya ikuti anjuran dokter seperti yg ditulis diblog ini)
Yg mau saya tanya,knp si lenon bulunya bisa tiba2 rontok (kulitnya mengelupas jadi bulunya ikut lepas) ya dok?
Apakah ada obat pencegah rontok dan obat penumbuh bulu lg,jika ada nama obatnya apa dok?
Apakah makanan yg saya berikan sudah baik atau tidak,jika tidak baik pola makan dan makanan apa yg cocok dan baik?
Mohon maaf jika saya banyak bertanya,trima kasih.

ada banyak sebab kenapa bulu tupai bisa rontok. salahsatunya bisa karena penyakit. kalau lenon dan magda sama2 dimandikan, apakah magda mengalami kerontokan bulu juga mas?
kalau memang magda tidak mengalami kerontokan bulu, ada kemungkinan karena penyakit. coba pisahkan lenon ke kandang yang lain dan pastikan kebersihannya. pastikan juga kandangnya tetap hangat.
coba lihat fesesnya lenon, apakah sama atau mirip dengan bentuk feses magda atau tidak. kalau tidak sama, kemungkinan karena penyakit. pisahkan dari magda sesegera mungkin sambil diobservasi selama 3 hingga 6 hari, setelah itu laporkan lagi ke saya ya mas.... saya tunggu... :)

Magda selama saya mandikan bulunya tidak pernah rontok dok,mengenai feses bentuknya sama dok.
Saya pakai kandang 30x30x60cm dok,didalamnya saya kasih rumah tempurung kelapa didalam tempurungnya ada serabut kelapa yg sudah saya cuci & keringkan.
Mereka berdua suka tidur didalam sana,dan ketika saya mau cuci serabut yg didalam tempurung itulah saya baru sadar kalau bulunya lenon rontok (kemungkinan rontoknya terjadi beberapa hari sebelumnya karena saya baru menyadarinya setelah saya mau bersihkan kandang),atau apakah karena magda masih kecil jadi dia suka gigit2 (naluri menyusu) atau memang lenon sakit?
Ok nanti saya coba observasi 3 hari kedepan dok.

Magda selama saya mandikan bulunya tidak pernah rontok dok,mengenai feses bentuknya sama dok.
Saya pakai kandang 30x30x60cm dok,didalamnya saya kasih rumah tempurung kelapa didalam tempurungnya ada serabut kelapa yg sudah saya cuci & keringkan.
Mereka berdua suka tidur didalam sana,dan ketika saya mau cuci serabut yg didalam tempurung itulah saya baru sadar kalau bulunya lenon rontok (kemungkinan rontoknya terjadi beberapa hari sebelumnya karena saya baru menyadarinya setelah saya mau bersihkan kandang),atau apakah karena magda masih kecil jadi dia suka gigit2 (naluri menyusu) atau memang lenon sakit?
Ok nanti saya coba observasi 3 hari kedepan dok.

iya. saya tunggu kabar lenon mas... :)

Malam dok,ini hari ke 4 sejak saya tanya kmrn..dan sudah saya jalani saran mba dokter utk observasi.
Setelah saya pisah beberapa hari,kondisinya lenon tetap sehat dan aktif hanya saya kerontokan dibuntutnya semakin menjalar dan rontoknya sedikit2,td sore saya sengaja plg kerja lbh awal utk mandikan lenon saya perhatikan dibagian buntutnya yg botak ada bercak kuning seperti bekas luka mengering dan ada bintik2 merah dibadannya lenon.
Itu kenapa ya dok? (Saya tau ada bintik ketika mandikan lenon)
Kondisi feses sama dengan magda keras & bulat hanya warnanya sedikit hitam,apa karena makanan utamanya beda?
Penanganan apa yg harus segera saya lakukan dok? Apakah bulunya bisa tumbuh kembali seperti semula?
Terima kasih.

oh ya. makasih atas infornya mas.
saran saya:
1. berikan HANYA buah-buahan sebagai makanan lenon. pepaya dan pisang lebih bagus.
2. coba mandikan dengan air yang dicampur dettol sedikit. kira2 setengah gayung air dicampur dengan 5 sendok makan detttol cair. pastikan airnya bebas kaporit ya mas. mandikan tiap 2 hari sekali, dan usahakan mengenai bagian yang botaknya.
3. setelah dimandikan, usahakan jemur dibawah sinar matahari, tapi jangan kena matahari langsung. tutupi bagian atas kandangnya dengan kain agar tidak kena sinar matahari langsung.
jika tidak ada matahari, bisa dilap dengan kain hangat, lalu setelah agak kering, diangin2kan di depan kipas angin hingga benar-benar kering...
4. jaga kebersihan kandang lenon ya mas.

lakukan hal tersebut selama seminggu penuh. lapor lagi kemari setelah 6 hari. salam buat magda dan lenon ya mas... emang lagi musimnya pet sakit sekarang...
:)

Ok dok terima kasih sarannya,saya usahakan utk menjalani dengan teratur..
Lalu mengenai bulunya apakah bisa tumbuh kembali dok? Saya kasihan jika bulunya tidak bisa tumbuh kembali,saya merasa bersalah kalau tidak bisa tumbuh lg :(
Oia dok,apa mereka berdua masih harus saya pisah dulu sampai 6 hari kedepan?

bisa, masih bisa tumbuh lagi. butuh waktu, tapi pasti bisa. :)
iya, pisah dulu aja mas, takutnya kalau perkiraan saya benar, nanti sakitnya menular ke magda... :)

Dok caranya biar tupai bsa bonding gmn ya??

Dok caranya biar tupai bsa bonding gmn ya??

silakan baca cara membondingkan sugar glider.
secara prinsip sama... search aja artikelnya di menu cari artikel....

dok, gimana cara ngobatin tupai yang ujung ekornya ga sengaja kecabut gara2 ekornya kejepit diantara batu?(ada bagian yg robek, trus lgsg saya kasih betadine)

Malam dok,maaf baru kabari lagi kmrn saya keluar kota urusan kerja..mau kabari perkembangan lenon,dia skrg sudah sembuh alhamdulillah hanya bulunya blm kembali normal.
Saya ada teman dia pelihara hewan jg (kucing) dia kasih saran kesaya buat kasih lenon minyak ikan,biar bulunya cepat tumbuh & bagus,menurut mba dokter gmn?
Atau ada tindakan lain yg perlu saya lakukan utk bulunya lenon?
Anyway makasi atas sarannya kmrn,lenon skrg sembuh :)

Malam dok,maaf baru kabari lagi kmrn saya keluar kota urusan kerja..mau kabari perkembangan lenon,dia skrg sudah sembuh alhamdulillah hanya bulunya blm kembali normal.
Saya ada teman dia pelihara hewan jg (kucing) dia kasih saran kesaya buat kasih lenon minyak ikan,biar bulunya cepat tumbuh & bagus,menurut mba dokter gmn?
Atau ada tindakan lain yg perlu saya lakukan utk bulunya lenon?
Anyway makasi atas sarannya kmrn,lenon skrg sembuh :)

alhamdulillah kalau lenon sudah sembuh.
pertimbangan saya kemarin sebenernya kalau memang dia ada kutu, pemberian minyak ikan bisa malah membuat kutu makin berkembang. namun bisa juga dengan cara itu mas.... :)

sehat terus untuk lenon... :D

Ada rekomendasi minyak ikan jenis apa yang bagus & cocok dok?
Kalau dikasih sampo penumbuh bulu bagus ga?

Makasi dok,nanti saya kirim foto mereka berdua :)

sampo penumbuh bulu khusus kucing bisa diberikan. jangan sampo penumbuh bulu untuk manusia ya mas....

sama aja jenis minyak ikannya, kok. :)

This comment has been removed by the author.

Dok saya mau tnya, ini sy bru nemu bajing kelapa, dynya msh merem dok.. Cara pemberian makannya gmn y dok? Mslhny pas aq ksh pake dot (suntikan+pentil) kaya untuk musang itu kok kegedean... Trs baikny dksh makan apa dok? Sementara ini sy kasih susu yg dl cocok buat musang sy, mnrt dokter gmn? Mksh dok..

coba kasih aja bubur bayi encer. pakai sedotan akua yang kecil. kalau ada pipet untuk bayi, bisa pake itu....
semoga sehat bk-nya mas...

Cara ngasih minum tupai kelapa gimana dok?

pakai pipet atau sedotan akua bisa... :)

Owh iya dok, porsi sekali makan kira2 brp ya dok? Trs klo pipet bayi itu bisa ddpt dmn? Sama hargany brp dok?

Apa ga bisa minum sendiri dok? Pake wadah biasa atau tempat minum hamster gitu

harusnya bisa minum sendiri. coba aja taruh air mineral tambah madu dikit di tempat minum hamster,,, :)
semoga berhasil...

sekira dia udah berenti makan aja mas..... :D
beli aja di apotik...

Dok mau tny lg dok... Ini BK sy ksh sun dg dot suntikan, tp buat 3 bk cman abis 2 Ml.. apa emg porsiny sgt? Mslhny BK sy jg msh merem... Mksh dok

Klo pake wadah biasa dok? Misalnya pake tempat makan/minumnya burung gitu

kalau umur segitu memang sedikit porsinya... :)
baby bk-nya udah bisa mengeluarkan suara kalau laper mas? :)

kalau memang dia mau minum di situ, gak apa2 pakai itu aja....
lebih aman sih pakai tempat minum hamster.... tp wes, gak apa2 pakai tempat makan/minum burung juga kok... :)

dok tupai saya tiba2 lemas dan tidak ad nafsu makannya kenapa ya dok?? peenangannya supaya ad nafsu makan dan tidak lemas lagi gimana ya dok??

coba kasih scott emulsion.
air minumnya ganti air kelapa saja.

kalau posisi kandang ada di luar ruangan, kandang pindahkan ke dalam ruangan. cuaca sedang gak bersahabat, dan banyak satwa mati akhir2 ini....

Halo dok apa kabar :)
Maaf saya baru bisa kabari perkembangan magda & lenon hari ini karena sibuk keluar kota terus.
Ada masalah baru lg yg lenon hadapi skrg dok,disekitar penisnya ada luka merah karena gigitan magda (mungkin magda pikir penis lenon itu susu sepertinya) sampai terjadi iritasi.
Dan tadi pagi lenon terkulai lemas dikandangnya (kondisi sudah luka 2 hari sebelumnya dan sudah dipisah dr magda) setelah saya kasih minum air dengan pipet alhamdulilah lenon bisa segar lg,hanya saja luka dipenisnya blm sembuh (terlihat merah keluar dari kulup kulitnya)
Yg mau saya tanya tindakan apa yg harus saya lakukan agar lukanya sembuh? Utk penanganan pertama saya hanya berikan betadine,tapi setiap habis ditetesi selalu dibersihkan (dijilat) sama lenon apakah aman jika betadine itu masuk mulutnya?
Saya kasian lihatnya dok,mohon saran dan masukan.
Trims :)

wah, kasian sekali lenon. tapi beruntung lenon bisa punya owner yang tanggap. :D
untuk perawatan lenon, gak usah dikasih betadine gak apa2. cukup jauhkan asupan protein, cukup dikasih buah saja. sering2 bersihkan lukanya pakai kapas kering.
jaga kebersihan kandang selalu ya mas.

sehat terus buat lenon. ada salam nih dari errol... :D

Pagi dok,terima kasih sarannya..kalau saya kasih bubur sun gmn dok,soalnya seminggu ini lenon suka saya kasih bubur dan napsu makannya bagus kalau makan bubur?

Wah errol ini kalau ga salah burung hantu mba dokter ya?

Salam kembali buat errol sehat selalu buat errol :)

iya, errol itu burung hantu saya... :)
lebih baik jangan dikasih bubur bayi dulu mas. soalnya proteinnya tinggi. kalau lukanya sudah kering dan sembuh, bisa mas kasih bubur bayi lagi... :)

dok saya dikasih teman tupai masih merem namanya jalu. jalu lincah dan nafsu makannya besar,setelah seminggu jalu lemas dan ga mau makan.solusinya bagaimana dok?dah 2 hari cm minum susu sedikit

lebih baik kasih buah saja, jangan dikasih susu.
ada banyak sebab sebenernya, termasuk susu tadi. fesesnya mencret??

Halo dok apa kabar?
akhirnya lenon saya bawa ke vet & dititip disana malam ini mau saya bawa pulang kalau sudah sehat..soalnya dirumah gada yg bisa rawat dan saya lg banyak kesibukan diluar kota jadi ga sempet urus intens keduanya,mudah2an lenon cepet sembuh ya dok :)
Terima kasih sarannya,nanti saya kabari perkembangannya ya dok ;)

Halo dok apa kabar?
akhirnya lenon saya bawa ke vet & dititip disana malam ini mau saya bawa pulang kalau sudah sehat..soalnya dirumah gada yg bisa rawat dan saya lg banyak kesibukan diluar kota jadi ga sempet urus intens keduanya,mudah2an lenon cepet sembuh ya dok :)
Terima kasih sarannya,nanti saya kabari perkembangannya ya dok ;)

Iya dok mksh dok saranny, skrg ud bisa melek beby bkny... Ud ska jalan2 dr sarang penghangatny... dan skrg tiap 1 bk bisa abis 4 ml... Seneng dok rasanya hehehe mksh dok...

syukurlah lenon punya owner yang siap menanggung resiko memelihara hewan. sehat selalu lenon.... :D

ok, makasih banyak sarannya dok :)

Halo dok apa kabar??
Kabar lenon skrg sudah sembuh dok,sudah aktif lg tapi saya masih blm berani gabungin sama magda takut sakit lg nanti lenonnya.
Btw saya mau tanya lg dok,utk membuat tupai gemuk apa ada makanan / perlakuan khusus,kalau ada seperti apa? Karena saya kasian liatnya kurus gitu si magda.

Kabar errol gmn dok,errol itu jenis owl apa ya?
Saya jg ada niat mau punya owl tapi nanti kalau saya sudah santai.

Halo dok apa kabar??
Kabar lenon skrg sudah sembuh dok,sudah aktif lg tapi saya masih blm berani gabungin sama magda takut sakit lg nanti lenonnya.
Btw saya mau tanya lg dok,utk membuat tupai gemuk apa ada makanan / perlakuan khusus,kalau ada seperti apa? Karena saya kasian liatnya kurus gitu si magda.

Kabar errol gmn dok,errol itu jenis owl apa ya?
Saya jg ada niat mau punya owl tapi nanti kalau saya sudah santai.

Dok apakah bajing/tupai kelapa bisa bonding seperti sugar glider?

Iya, lebih baik jangan digabungin dulu sampe bener2 sembuh.
biar tupainya gemuk bisa kasih asupan protein lebih seperti bubur bayi promina. biasanya cepet gemuknya kalau dikasih makan promina. tapi pastikan lenon sudah 100% sembuh dulu. buat magda, bisa langsung kasih aja...

errol baik meski kemaren sempet sakit karena iklim memang lagi gak bagus buat owl. errol itu barn owl... cerita saya dan errol ada di artikel cara menjinakkan burung hantu... :)

bisa. semua hewan memiliki kemampuan bisa bonding atau "dekat" dengan manusia yang memeliharanya asalkan sabar... :)

Ssalamualaikum...
Dok saya punya sepasang bajing 3,warna dewasa yg liar & sepasang anaknya. Pi tu kudapat langsung dari alam.
"Yg ingin saya tanyakn apa yg dewasa itubisa di kembangbiakan dlm kandang.?
Apa hrs nunggu yg anak(jinak) saja yg bisa di kembangbiakan d kandang..?
Trus gmna tuh gambaran situasi /idealnya kandang yg pas buat trnak tu bajing..
"

mas mau nyoba breeding tupai? silakan baca artikel siklus hidup tupai.
yang dewasa juga bisa aja dibreeding. kandang agak besar, usahakan agar kandang tetap hangat (suhu stabil). makanan selalu tersedia di dalam kandang, dan kebersihan kandang terjaga. siapkan juga sarang di dalam kandang berupa box dengan bagian terbuka dari samping....

semoga sukses breedingnya mas. bisa tanya2 ke mari kalau ada problem... :)

Dok. Jika penempatan sangkar dlm ruangan g apa"
Trus apa kira yg d utamakn" makanan pra kawin yg bisa naikn hormonnya.

cukup pake cara alami saja mas. :)
satuin aja dulu. kalau lingkungannya cocok untuk dia kawin, biasanya dia akan kawin sendiri nantinya.

iya, gak apa2 di dalam sangkar dan di dalam ruangan.yang penting kandangnya besar. makanan dan kebersihannya jangan lupa... :)

This comment has been removed by the author.

Trims. Dok infonya. Kan ku coba, doa nya aja bu. Mudah"an berhasil. Biar g sia" ku bawa dari jauh. Hhhh..

Halo dok,kmrn saya liat2 bubur promina banyak juga jenis rasanya ya..yang cocok itu rasa apa ya dok? Apakah sama dengan bubur sun? Soalnya selama ini magda cuma makan bubur sun + jeruk / pisang.

Nanti saya mampir ke artikel burung hantunya dok.

rasa apa aja boleh kok. menurut sepengalaman saya, promina lebih bisa bikin gemuk. coba kasih minyak ikan di bubur bayinya mas buat magda... :)

oke... sehat terus magda dan lenon... :)

ass..dok
saya mau tanya..
kalo bajing kelapa bisa di bredding ga yah?
lalu usia yg ideal brp bulan untuk di kawinkan?
ada ciri nya ga yah dok kalo sedang birahi dan siap kawin?

terimakasih dok sblumnya...mohon djwb

Permisi dok minta sarannya
Sya punya bajing sepasang
Yg betina umur 6bulan yg jantan umur 3bulan
Nah saya satuin kok yg jantan diganggu terus ya dok jadinya takut trus diam aja sambil sembunyi
Solusinya gmna dok? Apa bisa kawin nanti?
Trimakasih sebelumnya :)

sejujurnya, saya sendiri kurang begitu tau untuk usia idelnya. namun mas bisa lihat artikel siklus hidup tupai terbang.. saya rasa sama aja... :)

kalau beda usia, lebih baik dipisahkan dulu mas. :)
atau mas bisa beli lagi yang jantan usia 6 bulan juga.....

kalau beda usia memang suka begitu... :)

Pagi dok. saya mau minta saran dan bertanya. Saya punya tupai dan baru seminggu dirumah, tetapi belakangan ini tupai saya selalu menggaruk-garuk beberapa bagian tubuhnya, dan yang saya temukan ada beberapa kerak keras berwarna hijau seperti jerawat manusia dikepala, ini apa ya dok apa semacam penyakit yang umum di tupai? kalau cara menanganinya bagaimana ya dok? kalau saya kelopek paksa apa berbahaya?
terimakasih banyak ya dok:)

Pagi dok. saya mau minta saran dan bertanya. Saya punya tupai dan baru seminggu dirumah, tetapi belakangan ini tupai saya selalu menggaruk-garuk beberapa bagian tubuhnya, dan yang saya temukan ada beberapa kerak keras berwarna hijau seperti jerawat manusia dikepala, ini apa ya dok apa semacam penyakit yang umum di tupai? kalau cara menanganinya bagaimana ya dok? kalau saya kelopek paksa apa berbahaya?
terimakasih banyak ya dok:)

kemungkinan ada parasit yang terbawa dari alam, mbak. bisa juga terkena dari tupai lain saat dijual.
sediakan semprotan air (yang biasa buat mandiin burung), isi dengan air campur cairan antiseptik dettol, lalu semprotkan dua kali sehari. setelah disemprot dan dia terlihat basah, langsung lap dengan handuk.
terus lakukan selama seminggu penuh lalu laporkan kepada saya. jika memang ada luka di tubuh tupainya, segera bersihkan dengan kapas yang dibasahi betadine. oh ya, pisahkan tupai yang sakit dengan yang sehat. karantina tupai yang sakit di kandang tersendiri.

waduh parasit :( soalnya tupainya matanya bengkak juga dok bahkan tiap bangun tidur harus dibersihkan dengan tisu yang basah agar bisa terbuka matanya karna dia juga menggaruk-garuk bagian matanya saat tertutup dok.
Siap bu dokter terimakasih banyak, seminggu lagi saya laporkan perkembangannya.
selamat malam..:)

selamat malam. semoga sehat lagi... :)

terima kasih dok atas informasi yang sangat bermanfaat...
www.belonomi.blogspot.com

dok tupai saya tiba-tiba mati padahal siang tadi sehat-sehat aja, kenapa ya dok ?

tupainya masih anakan dan tupainya sering dimainin ya??
saya banyak menghadapi kasus seperti ini. biasnaya karena gak sengaja tertekan tangan. lebih sering terjadi pada anakan tupai...

assalammualikum Dok saya punya Bajing Kelapa tapi masih kecil Dok
Saya mau nanya apakah boleh Bajing kelapa saya, saya kasih minum Energen Dok?
Terus kemarin saya kasih Energen giginya dia copot Dok yang ditengah?
Terus dia juga setiap hari lemes banget kalo sore itu kenapa Dok?

iya dok, jadi gimana cara ngurusnya biar bisa smpe gede ? dikasih bubur bayi boleh ga dok ?

1. tupai kelapa gak boleh dikasih energen mas. lebih baik kasih bubur sun saja.
2. lebih baik kalau giginya copot gitu, kasih air kelapa muda coba. kasih madu sedikit. kalau dalam 2 hari belum baikan juga, segera bawa ke dokter hewan...

cara memelihara tupai kelapa bisa dibaca di atas.
makanan tupai kelapa bisa diberi buah-buahan atau kasih bubur bayi juga bisa... sisa bubur bayi yang menempel di bulu tupai jangan lupa dibersihkan...

Bukannya bubur bayi mengandung susu dok ? katanya tupai ga blh minum susu manusia.

iya, bubur bayi memang mengandung susu tapi lebih rendah laktosa... :)

dok..cara membuat agar tupai tidak kagetan itu bgmna ya dok..? apakah harus sering-sering di kagetkan..?

kalau sering2 dikagetkan malah nantinya stress mas.
sering diajak main, sering2 berinteraksi. kasih makan pakai tangan. dll.... selengkapnya ada di artikel cara menjinakkan tupai ... :)

dok saya br dpt lg tupai tp umurnya udah mau setaon, kira" bisa jinak ga yah sama tuan barunya ?

saya yakin bisa asal mas sabar... :)
mas bisa baca artikel saya cara menjinakkan tupai... :)

Maaf dokter mau tanya knapa mata bk saya jdi brwarna keputihan kayak buta gitu apa pnyebabnya trs bagaimna mngobatinya..trmakasih..sy sngat mnunggu jawabanya

coba mas kasih makan buah-buahan saja. jangan dikasih makan bubur sun atau bubur bayi. mas bisa baca juga artikel cara mengobati katarak pada sugar glider karena secara prinsip sama... :)

Dok tupai saya masih kagetan mau saya handle keluar kandang tp takut lepas,gimana tu dok ? o.iya satu lg kalo di gigit tupai bahaya ga dok ?

sebulan pertama, handle aja di dalam kandang. sering elus-elus, makan pakai tangan, dll.
gak, digigit tupai gak bahaya. :)

Oh ga bahaya ya dok, oke deh entr saya coba thx ya dok :)

sip. kalau ada yang perlu ditanyakan lagi bisa kembali kemari.
saya tunggu... :)

Dok saya minta saran...saya beli tupai betina 2 hari lalu..dan saya td baca2 katanya kalau tupai sudah berpasangan dr kecil kalau dipisah mereka akan mati...saya hub pihak penjual yg betina masih ada..minta saran dok.

Maksud saya beli tupai jantan..

gak benar kalau tupai yang dipelihara berpasangan sejak kecil lalu dipisahkan maka keduanya akan mati. itu tidak benar. mas baca dimana? :)
memang, lebih baik pelihara tupai itu sepasang agar mereka bisa saling berinteraksi, tapi kalau toh mau dipisahkan nantinya (setelah mereka dewasa), tidak masalah....

Baiklah dok terimakasih..tapi saya juga sudah ambil yg betina..kasihan juga ga ada temen.hehe..oiya dok,dan skrng tupai yg jantan kok lemes terus ya..susah makan..ini barusan saya beri bubur bayi mau makan tp sdkit..tp skrng tidur lagi..kan saya jg mau mainan dia dok..haha.

air minum tambah madu sedikit.
cek juga fesesnya, apakah cair atau padat. dan warnanya apa. kalau padat dan berwarna gelap (abu2, coklat, atau kehitaman) berarti sehat....

kalau dia susah makan, coba disepet aja pakai pipet kecil... :)

Hehe makasi dok info nya..udah saya sepet makan bubur bayi skrng udah jalan2 si loco(jantan)..gantian si yolo(betina)lemes.tapi mereka bunyi terus dok..klo bunyi terus knp ya dok..hehe..maaf tanya terus,baru kali ini pelihara tupai..makasi dok.

saya malah seneng kalau ada yang bertanya. seneng bisa bantu pecinta hewan. :D
justru kalau mereka bunyi2, itu artinya mereka sehat2 aja. untuk yolo bisa disepet juga. perkiraan saya sih mereka masih adaptasi dengan tempat baru, jadi kadang suka lemes gitu..... wajar kok... :)
cek aja fesesnya dan apakah dia suka berbunyi atau tidak. kalau fesesnya masih padat dan dia masih aktif bunyi, artinya masih sehat.... :)

nah untuk masalah pup nya ini gak ngerti yolo atau loco tp ada bekas pup warna kekuningan gelap gt dan agak cair...hehe,ini knapa dok ya?

banyak gak yang pup kekuningan? kandang sering2 dibersihkan ya mas....
kalau pup kekuningan agak cair itu sedikit, gak apa2... kalau sering munculnya (feses kekuningan agak cair), lebih baik pisahkan keduanya... agar tahu pasti siapa yang fesesnya kuning dan agak cair tadi... :)

dok si babyL sekrng udah anteng kalo di elus di kandang tp kalo di keluarin ga mau di tangkep padahal udah di pancing pake makanan, skrng mesti ngapain lg dok, elus terus di kandang apa gimana ? thx dok :)

lakukan terus selama 2 minggu ke depan mas.
setelah itu, mas bisa ajak main dia di ruangan tertutup. pastikan tidak ada celah untuk kabur. caranya mas bisa masukkan kaus bekas pakai mas ke dalam kandang, dan biarkan dia menyusup ke dalamnya, kemudian keluarkan kaus itu (yang berisi tupai yang sedang menyusup ke dalam kaus)..... di luar kandang, mas bisa elus2 tupainya.... cukup 5 hingga 10 menit saja, setelah itu masukkan kembali ke dalam kandang. lakukan secara terus menerus....

Dok akhirnya si loco(jantan)mati tadi pagi...kandang udah di sterilkan tapi..si yolo(betina)makan rakus pup warna item kecil2 padet gt..apa harus dicarikan temen lg atau gmn dok?kasian sih kalo sndiri..

carikan saja temen, dan pastikan temennya nanti sehat. caranya, lihat fesesnya. samakan seperti fesesnya yolo... :)
yolo sehat kok. dan semoga sehat terus. kasih madu sedikit di minumannya... :)

BabyL nya ga mau di elus dok kalo di luar kandang dia lari" muluk cuma manjat" kebadan aja

lakukan terus. biarin dia manjat2 ke badan mas. namanya juga lagi tahap peng-anteng-an mas, hehehe.... :)

Oke deh dok, o iya kalo di gabung sama yg kecil,kira" brantem ga dok ?

lebih baik dipisah dulu, kandangnya deketin, kalau akur, bisa disatuin. liat selama 1 jam. kalau berantem, mending pisahkan... :)

Dok si babyL udah ada kemajuan dia kalo di panggil nyaut,ngerespon gitu udah mau tidur di telapak tangan tp masih tetep sesukanya kalo udah di luar kandang ๐Ÿ˜น

itu udah ada kemajuan. :)
tetep latih terus mas. :)

Dok mau nanya kalo tupai kelapa umurnya masih 1/2 minggu itu udah boleh dikasih makan apa belom dok?

Dok mau nanya kalo tupai kelapa umurnya masih 1/2 minggu itu udah boleh dikasih makan apa belom dok?

kalau masih sama induknya, biarkan dia menyusui dulu. kalau tidak ada induknya, boleh dikasih susu bayi 0 bulan....

Mendadak babyL jadi agresif dok, suka ngigit tp biasanya ga serius skrng ngingitnya beneran sama suka aneh" gitu tingkah lakunya, itu knp ya ? apa dia lg birahi dok ?

Halo dok apa kabar?
Saya mau kabari kalau lenon meninggal dok,selama saya di offshore tdk ada yg rawat dengan telaten soalnya.
Skrg magda sendiri dan bulu badannya sedikit rontok.
Saya mau tanya dok,jika terlalu banyak konsumsi minyak ikan apa bisa menyebabkan kerontokan bulu? Alhamdulillah magda agak gemuk skrg dan sangat aktif.
Kabar errol baik dok?

Dok, belakangan ini ursa kok makannya jadi susah ya? Padahal dr kemaren saya kasih makan rutin. Makannya itu kalo ga pisang ya jambu ditambah sama kacang. Menurut dokter itu kenapa ya?

maaf baru dibales, mas. saya habis sakit kemaren 3 hari. :)
sekarang masih seperti itu? :)

oh masnya kerja di penambangan minyak? :)
errol alhamdulillah baik. iya, sebaiknya minyak ikan cukup sekali seminggu atau sekali dalam dua minggu saja mas. jangan kebanyakan.

dikasih makan kacang?? fesesnya gimana?
maaf baru bales, saya abis sakit kemaren... saya tunggu kabar ursa... :)

Apakah bajing kelapa berbahaya buat orang hamil, dok

Makasih

Btw, cara membedaan BK jantan dengan betina dilihat dari mana, ya ?
Makasih

artikelnya tinggal nunggu terbit saja mas... ditunggu... :)

selagi menjaga kebersihan kandang dll, saya kira tidak berbahaya. cukup larang istri untuk main dengan bajing kelapa dan cuci tangan pakai sabun setelah bermain dengan bajing kelapa.... :)

Dok..sy pnya bk 2 kimy n olive nmanya.2"ny betina.umur 2,5 bln.td c kimy tiba" mncret.mkanannya bubur sun dselingi pisang n pepaya.kira" dy knp ya dok.kmren air minumnya sy ksih gula sdkit.apa gra" itu dok?gmn solusinya mksh

iya, bisa jadi karena kandungan laktosa pada gula jadi mencret dia. makasih karena mas sudah memberi tahu makanan atau minuman yang diberikan sebelumnya. :)
saran saya, kalau mau buat air minumnya agak manis, pakai madu saja mas. madu TJ lebih bagus. kalo madurasa, agak sedikit tinggi juga laktosanya....

Mksh dok..
Dok klo bk kutuan bgusnya pke apa ya?klo pke bagus kapur ajaib itu kira" bahaya apa tdk?mksh

Dok,aq bingung mengapa tupaiku sperti ada suara kayak klek klek kyak flu ,apa dia baik2 saja atau sakit?

tp suara sprti tu ga sering kadang2 aja,,tupaiku nmanya Bembie ,

bk kutuan dipakaiin kapur ajaib?
kapur ajaib hanya buat menjauhkan semut di sekitar kandangnya. jangan mengoleskan kapur ajaib ke badan bk, mbak...
kalau bk-nya kutuan, bisa dilap pakai air hangat 2x sehar selama 2 minggu penuh.... bisa juga pakai tisu basah non alkohol...

fesesnya gimana bentuknya? cair atau padat? warnanya apa?
kalau dia masih mau makan, kayaknya masih sehat.. :)

fesesny bembie warna ya kadang coklat kdang item,kdang orange trgantung apa yg dia mkn dok,tp padat ,a takut bembie flu dok :( ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚katanya bahaya bs kna paru2 klo ga cpt diatasi

dok supaya bk yang baru dateng kerumah atau baru beli jinak gmna dok?

ya harus dijinakkan dulu. cara menjinakkan tupai bisa di search di bagian cari artikel..

Permisi mbak dokter, mau tanya, saya baru adopsi bajing kelapa, tapi bajingnya suka nangis/crabbing, apakah itu wajar mbak dok??

setau saya, kalau bajing kelapa jarang mengeluarkan suara. toh kalaupun mengeluarkan suara, namanya bukan crabbing. mungkin istilah mas aja kali ya. :)
saya kira masih normal. nafsu makannya bagus? :)

fesesny padat wrnanya trgntung ap yg dia mkn dok,kdng item,coklat,orange,msh sih tp tkut aj flu dok,ciri2 tupai flu apa n gmna mngatasinya?

jaga kebersihan kandang dan makanan, tempatkan kandang di ruangan hangat.
biasanya tupai yang flu agak kurang nafsu makan. kalau dia masih mau makan sih kayaknya masih sehat... :)

Dok, tupai saya kena gigit sama musang saya sampai keliatan tulang ekornya
boleh dilihat fotonya dok :
http://s288.photobucket.com/user/ikoprasya/media/DSC02744_zpsujlbry04.jpg.html
apakah bisa tumbuh kembali ekornya seperti semula dok, saya khawatir sekali dok, yang sudah saya lakukan memberi betadine cair di ekor yang luka dok, tolong dok apa yang harus dilakukan

saya sudah lihat. kasian sekali mas. kalau kasusnya kayak gitu, mending minta amputasi aja ke klinik hewan terdekat. takutnya ada infeksi dari situ. murah kok biayanya, gak sampe 100rbu.

ekor tupai yang sudah putus tidak bisa tumbuh lagi mas. gak apa2, yang penting kan tupainya sehat. :)
obati ya mas lukanya. lebih baik kasih buah2an aja dulu, jangan kasih makanan mengandung protein dulu kayak serangga atau bubur bayi. kasih buah aja... :)

Assalamualaikum dok sy pernah baca di beberapa artikel Kalo bk gag boleh d kasih kacang kacangan biar babnya lancar. Yg ingin sy tanyakan kacang kacangan seperti apa yang tidak boleh? Kalo biji kwaci boleh tidak? Sy liat d tv tupai luar negeri tu makannya kacang kenari.. mohon penjelasannya yah dok.
Trims

wa alaikum salam. langsung saja saya jawab ya mas.
sebenernya, semua jenis biji2an dan kacang2an boleh saja diberikan kepada BK dengan kadar tertentu, jadi jangan terlalu banyak. terutama kacang tanah. kalau biji bunga matahari (aka kuaci) dan kenari masih boleh diberi banyak2, gak masalah.... :)

maaf dok sy nanya lagi... saya kan anaknya suka keluar, nah sudah 10 hari ini saya bawa keluar bk sy pakai bonding pouch sg, sy bawa bk k kampus, k mall , dan ke gunung (camping) sy menggunakan transportsai umum speti bus kreta dan angkot, jika bk sy sudah mau d ajak jln dia akan langsung tidur baru kalo dah sampai tujuan dia akan bangun dan minta makan, dan makannya lahap sekali.
yang ingin sy tanyakan apakah baik bagi bk sy dengan goncangan kendaraaan serta bunyi bising untuk kesehatannya ?
benarkah mengkonsumsi sun kara bisa mebuat bulu bk lebat dan mengkilat ?
jika benar, bolehkah di konsumsi tiap hari ? (sy mendapat info ini dari salah satu drh d bogor yg menjual multi spesies)
trus dok bk sy itu kalo mau pipis pasti keluar dulu dari pouchnya ... apakah ini salah satu sifat bk menjaga kebersihan tempat tidurnya ?

sebenernya sih gak terlalu bagus, mas. namun kalau memang dari kecil sudah mas biasakan seperti itu, nanti saat sudah dewasa dia akan terbiasa. jadi tidak mudah stress. saya rasa itu malah bagus.. (y)
sun kara itu apa ya mas? santan kelapa instan? lebih baik jangan mas. :)
iya mereka biasanya mirip kucing perilakunya. yang saya tahu seperti itu.. :)

Ia dok dia gag stress nih baru balik dari perjalanan 2 jam dlm kendaraan bising nympe kosan langsung lari2 loncat2 di barang pohon yg sy sediakan dalam kamar, Kalo keadaannya seperti itu indikasi dia tdk strees ya?
Ia dok santan instan... Jadi supplements yg bagus buat bulu bk apa dok?
Nanya lagi dok, ini si Nicky bk sy suka lari2 loncat2 ampe kebentur dinding trus loncat ampe jatuh bunyinya plakk gitu tp dia tetep aja kayak gag sakit..,apa perilaku tupai umur 3 bln sprti itu dok? Sy cuman takut dia sakit patah tulang gitu.

kalau menurut saya kalau dia masih gerak2 aktif malah bagus. kalau tupai stress biasanya lebih banyak diam.
iya, jangan pakai santan instan. kalau mau, kasih kelapa muda aja, itu lebih bagus. :)

sebaiknya kalau memang lagi aktif kayak gitu, lebih baik diawasi aja. kalau udah mulai nabrak2 membahayakan, bisa masukkin ke kandang dulu atau mas ajak main...

apakah perilaku tupai umur 3 bulan memang seperti itu? tergantung karakter tupainya. ada yang emang hiperaktif kayak si nicky, ada juga yang kalem... :)

sehat terus nick.. :)

Assalamualaikum maaf dok sy mau nanya lg, Nicky bk sy tuh bulu ekornya kadang mengembang kadang tidak... Apakah ekor tidak mengembang pada bk itu artinya dia merasa nyaman atau ada kelainan.. Soalnya tupai2 dewasa yg sy liat ekornya mengembang dok
Trims

emang banyak perdebatan soal bulu ekor ini. dan sampai sekarang belum ketemu titik temunya. saya sih punya asumsi kalau bulu ekor tupai kelapa yang mengembang itu artinya si bk sedang 'merasakan sesuatu' entah ketakutan atau stress, atau lainnya. tapi biasanya dipengaruhi juga dengan tingkat stress atau sedang terancam. agak mirip kucing sebenernya... :)
namun, perubahan bulu ekor pada bk sebenernya bukan masalah. selama si bk masih mau makan, saya kira masih sehat... :)

assalamualaikum dok, mau tanya nih, usia masa kawin BK umumnya brp ya? soalnya saya punya 2 bk mau saya jadikan satu, usianya sekitar 4 bulanan, itu gk pa2 ya dok? apa saya pisahkan dulu sampai saat usia kawin baru dijadikan satu?

gak apa2 satuin aja... :)
usia kawin tupai kelapa sekitar usia 7bulan keatas... :)

hehehe,, aslinya yg cowok lebih muda 1-2 bulanan dok,, soalnya yg pertama saya belikan sepasang saya pisahkan (yg cewek dipelihara saudara, yg cowok saya pelihara) tp yg cowok hilang, karena sering saya free rom kan, yg jntan ini saya belikan lagi lebih muda 1-2 bulanan,, kira2 bertengkar gk ya dok? :D

coba aja satuin, kalau emang berantem, pisahkan... :)

malam dok...dok aku punya bk umur 1bulan aku kasih makan sun (bubur bayi) rasa pisng,kacang ijo kadang d campur air tomat.
untuk pemberian makan d atas apa ga masalah dok?

o'ya nama bk aku dona..salam buat errol katanya..kapan bisa main baareng sama errol,,hehee

moga Bu Dokter d kasih ksehatan trus sama Alloh s.w.t Amieeen.

makannya bagus. tinggal kebersihan kandangnya aja... :)
salam buat dona dari errol yang lagi tidur... :D

siang bu dokter,dok kalau tupai itu lemes sakitnya apa yaa dok,umur tupai nya 1.6 bln dok,mohon solusiya dok.terimaksih
kasih dokter

awalnya karna saya kasih pisang ambon dok,biasanya saya kasih pepaya dok......mohon sarannya dok.terimakassih

coba cek fesesnya. bentuk dan warnanya gimana.
treatment pertama yang bisa saya kasih mungkin kasih air madu aja dulu...

saya tunggu kabarnya...

coba ubah pakannya lagi seperti pakannya yang biasa (pepaya).... atau kalau mau, jangan kasih pisang ambon. bisa kasih pisang lampung aja... :)

dah coba kasih bubur bayi?? :)

Udah saya kasih pepaya lagi dok si tompi(nama tupainya),fasesnya bau dok agak lembek,ga seperti biasanyansudah saya kasih madu,bubur tapi ga banyak makannya bu dokter,dan td pagi tompi menghembuskan nafas terakhirnya...hiks..hiks..hiks....sedih rasanya bu dokter,karna tompi yg paling jinak dibanding topan yg satunya.bu dokter kalo yg satunya sehat tdk apa apa,cuma banyak kutunya,apa ada obat buat kutu tupai bu dokter....mohon sarannya.terimakassih bu dokter

saya turut sedih....
mas udah pasti itu berkutu? sudah pernah liat? coba sering2 dilap pakai handuk kering yang dibasahi air hangat. sering2 aja. sekali sehari dilap seperti itu....

kalau memang fesesnya agak lembek, sebaiknya jangan dikasih madu dulu. :)

ass.wr wb bu dokter,apa kabarnya,maaf baru bisa balas lagi niih.iya makasih bela sungkawanya dok,saya sudah ikuti saran dari bu dokter,sekarang udh agak lumayan kutunya agak berkurang bu dokter,ooh iya bu dokter tadi pagi topan tupai yg satunya lagi kok tiba tiba lemes ya bu dokter,padahal makanannya sama sperti biasanya,hanya pepaya,terkadang saya kasih mangga bu dokter,tp td pagi kok tiba tiba lemes ya bu dokter,Fasesnya normal bu dokter,td pagi udh saya kasih madurasa sedikit karna hanya itu yg ada madunya bu dokter,kira kira kenapa ya bu dokter...hampir sama kejadiannya sama tompi almarhum...lemes juga bu dokter.atas sarannya saya ucapkan terimakasih......

Malam Bu dokter ,topan tupai saya sudah almarhum tadi abis magrib Bu dokter...hiks..hiks..sakitnya sama dg yg terdahulu,lemes juga....terimakasih atas saran yg sudah di berikan Dari Bu dokter....

permisi dok...
cara mengatasi tupai kutuan gimana yaa dok ? thanks ;)

coba sering2 dimandikan dengan cara disemprot pakai spray yang biasa buat mandiin burung. setelah itu dilap dengan handuk kering yang bersih... jaga kebersihan kandang... :)

Assalamualaikum. Dok mohon pencerahan. Cara mengawinkan tupai kelapa
Terimakasih dok.

Assalamualaikum. Dok mohon pencerahan. Cara mengawinkan tupai kelapa
Terimakasih dok.

kebetulan udah ada artikelnya, udah saya buatkan, namun belum dipublish. nanti saya publish mas.. :)

atau mas bisa baca dulu artikel siklus hidup tupai... :)

dok, ko Bk sya rontok bulunya? cara ngobatinnya gmna ya? bisa menular ngga sma bk yg lainnya?

Dok kemarin saya baru beli sepasang tupai,tupainya sudah 6 bulan
gemuk makannya lancar tapibkok suka lesu ya ? Dan suka tidur melulu mohon bantuannya

lebih baik dipisahkan dengan sg yang yang tidak rontok bulunya.
kandang bersih? si bk sering garuk2 badannya? sering2 dimandikan dengan cara dilap pakai handuk yang dibasahi air hangat aja mas.... minimal seminggu sekali... :)

feses atau tahinya gimana bentuknya?
coba sering2 diajak main. pas makan juga coba handsfeed (disuapin/disodorin pakai jari). biasa dikasih makan apa? :)

tpi ini bk nya galak susah ngemandiin nya, klo pake obat obat apa? trs klo gk d pisah gmna? soalnya kandangnya gk ada lgi.

untuk langkah pertama penjinakkan, mas bisa taruh kaus bekas pakai mas di kandangnya, agar dia lebih mengenal bau tubuh mas. itu juga kalau mas gak merokok. kalau merokok, jangan....
sementara ini diobservasi aja selama 1-2 minggu ke depan. semoga baik2 aja... :)

oh iya dok, makasih ya , bisa minta pin bbm nya gk atau nomor telepon, biar gampang klo mau tanya tanya

saya tidak membuka jalur komunikasi privat
segala bentuk konsultasi bisa melalui blog ini... :)

oh iya dok, makasih ya sarannya.

dok, bk saya yg bulunya rontok alhamdullilah udah mulai jadi bulunya, trs klo d satuin lagi blh gk??

tunggu aja beberapa minggu lagi mas.. :)

mngkin smpe tumbuh total ya bulunya..

lebih bagus kalau sampe tumbuh total. kalau gak sampe tumbuh total juga yang penting tunggua aja 3 minggu lagi, baru ntar satuin... :)

dok saya mau nanya resi tupai kekes saya bulu nya nelmpel cara membersih kan bulu tupai dan merawat nya agar tetp halus pakai apa yah dok

dok maaf saya mau nanya. saya melihara tupai kelapa 2 ekor. satu jantan (sherlock) satu betina (elsa). tapi yang betina tadi pagi mati. sehari sebelum mati, Elsa suaranya kayak yang habis gitu dok dan ga lincah terus matanya nutup terus. yang mau saya tanya:
1. penyebab kematian elsa apa ya??
2. apa sherlock bisa jadi stress garagara gaada temen??
3. Terus gimana ya biar Sherlock ga kayak Elsa??
makasih banyak dok

coba lap pakai handuk yang dibasahi air hangat, dan jaga kebersihan kandang....

maaf baru balas, saya abis tugas keluar kota

sekarang gimana keadaan sherlock? maaf baru balas, saya abis tugas keluar kota :(
1. saya agak susah juga untuk tahu apa penyakitnya elsa. yang pasti, mungkin ada hubungannya dengan sistem pernafasan. biasanya tupai mati karena hal ini.
2. gak. tupai tidak seperti sugar glider. tupai bisa dipelihara sendiri.
3. agar sherlock tidak seperti elsa, sebaiknya jaga kebersihan makanan dan kandang...

makanan yg bagus dan baik itu seperti apa?

untuk tupai? buah2an adalah makanan terbaik untuk tupai... pepaya, pisang

Assalamualaikum dokk ...saya punya BK sepasang dan usianya sekarang kurang lebih 3 bulan ....mereka sehat dok gemuk makn rakus dan lincah ehheeh ...yang mau saya tanyakan ke dokter ..alat kelamin BK yg jantan jd melar dan panjang dok ....karena saya sering liat itu suka di sedot sama BK yg betina ....saya ngerasa mugkin dianggap ibunya dan dia ingin menyusu ....solusinya gmn ya dok .harus dipisahkan dl atau gmn ??? Dan apakah alat kelamin bk jantan bisa sembuh dan kembali seperti semula ....mohon pencerahannya dok ....trimss

Assalamualaikum dokk ...saya punya BK sepasang dan usianya sekarang kurang lebih 3 bulan ....mereka sehat dok gemuk makn rakus dan lincah ehheeh ...yang mau saya tanyakan ke dokter ..alat kelamin BK yg jantan jd melar dan panjang dok ....karena saya sering liat itu suka di sedot sama BK yg betina ....saya ngerasa mugkin dianggap ibunya dan dia ingin menyusu ....solusinya gmn ya dok .harus dipisahkan dl atau gmn ??? Dan apakah alat kelamin bk jantan bisa sembuh dan kembali seperti semula ....mohon pencerahannya dok ....trimss

Assalamualaikum dokk ...saya punya BK sepasang dan usianya sekarang kurang lebih 3 bulan ....mereka sehat dok gemuk makn rakus dan lincah ehheeh ...yang mau saya tanyakan ke dokter ..alat kelamin BK yg jantan jd melar dan panjang dok ....karena saya sering liat itu suka di sedot sama BK yg betina ....saya ngerasa mugkin dianggap ibunya dan dia ingin menyusu ....solusinya gmn ya dok .harus dipisahkan dl atau gmn ??? Dan apakah alat kelamin bk jantan bisa sembuh dan kembali seperti semula ....mohon pencerahannya dok ....trimss

iya, mending pisahkan aja sementara di 2 kandang yang berbeda. kandangnya deketin.
kalau kelamin si pejantan udah mulai normal lagi, bisa disatukan lagi.... :)

Sok saya punya tupai kekes sepasang tapi kenapa ya tupainya tidak lincak pendiem gitu makanya juga gak lahap. Mohon pencerahanya.

dok..tupai saya suka makan kotorannya sendiri. Apa itu normal? Atau karena dia stress? Saya beli 2, yg lincah suka makan kotorannya sedangkan yang satu tidak begitu lincah.. Mohon bantuannya dok. Terima kasih

kemungkinan besar sakit. cek fesesnya, trus kasih tau saya. :)
selama ini dikasih makan apa??

kemungkinan karena stress atau makanan yang kurang bervariasi.
kandangnya bersih? :)

Bersih dok.. Kalau ada makanan yg berceceran atau sisa selalu saya ambil dan lap bersih. Kalau pupnya ada di sekitaran tmpt tidur nya juga saya selalu ambil Dan buang.. Tadi juga kandangnya baru saya bersihin tp pas di cek lagi, dia lg makanin pup nya :( kalau saya lihat dia begitu, selalu saya ambil pup nya dok..
Makanan juga saya coba variasikan, hari ini saya kasih pear Dan kurma di waktu yg berbeda.. Saya baru pelihara mereka beberapa hari sih dok, apa karena di lingkungan baru dia jadi gitu?
Kira kira ada saran dari dokter ga saya harus apa? Makasih banyak dok bantuannya..

Pagi dok.. saya punya BK 1 pasang makan masih di spet.. tiba2 tadi pagi yg cwoknya lemes dok.. kira2 kenapa ya?? Mohon pencerahannya dok.. trimakasih

kemungkinan iya juga karena stress karena tempat baru. mas observasi aja dlu selama seminggu sambil tetep kasih makan... coba kasih air minum campur madu... :)

itu aja dlu... :)

«Oldest   ‹Older   1 – 200 of 512   Newer›   Newest»


Silakan upload gambar.