Mengobati Perut Anak Kucing Terasa Keras | Drh. Fira Sovica

"Dok, anak kucing saya perutnya terasa keras?"

demikian pertanyaan yang ditanyakan pengunjung blog ini kepada saya. Perut kucing terasa keras biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Pada artikel ini, saya akan membahas cara mengobati perut kucing kerasa keras. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara kucing hutan.
Mengobati Perut Anak Kucing Terasa Keras
Image taken from animalplanet.com
Berikut adalah penyebab dan cara mengobati perut kucing keras:



  • Penyebab kenapa perut kucing keras yang pertama adalah karena masuk angin atau flu.
  • Sebenarnya, perut kucing yang keras karena kembung jarang sekali terjadi. Bagi anda yang memang tidak yakin bahwa kucing anda kembung, anda bisa lanjut ke poin kedua. Nah, bagi anda yang memang ingin tahu apakah penyebab perut kucing anda keras karena kembung atau bukan, anda bisa membaca artikel saya cara mengobati kucing kembung. Jika setelah anda melakukan pengobatan pada artikel pengobatan kucing kembung itu tidak berhasil (perut kucing masih terasa keras), silakan lakukan poin kedua dalam artikel ini.
  • Penyebab kedua kenapa perut kucing kerasa keras, dan penyebab kedua inilah yang lebih sering terjadi, adalah karena cacing di dalam perutnya.
  • Untuk kasus perut kucing keras karena cacing, akan lebih baiknya jika anda membawa kucing yang suspect cacing tersebut ke dokter hewan terdekat dengan membawa pula sample fesesnya. Dari situ, biasanya dokter hewan akan mengetahui apakah memang benar kucing yang perut nya kaku ini terkena cacing atau bukan. Umumnya, kucing yang perutnya keras karena memang diakibatkan oleh cacing.
Demikian adalah

cara mengobati dan penyebab perut kucing terasa keras

. Untuk pertanyaan dan konsultasi, anda bisa menuliskan komentar anda di bawah ini. Terima kasih. (FS)

117 Responses to "Mengobati Perut Anak Kucing Terasa Keras"

  1. dok mau tanya
    antara alap2 kaki biting, alap2 cg, bwk, che dm sama bido merawatnya yg mudah apa
    terus yang sulit apa. dan faktor yg membuat sulit itu apa
    trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena baru balas.
      kalo sepengalaman kami sekeluarga (kebetulan keluarga saya semuanya falcon lover, cuma saya aja yang pelihara owl), alap2 cenderung lebih mudah dipelihara dibanding bwk, che, dan bido. yang paling susah bido.
      faktor kesulitan memelihara bido biasanya karena sistem pencernaannya yang 'rewel' atau rapuh. gak bisa salah makan atau telat kasih makan. serta, namanya burung, biasanya emang sensitif terhadap suhu dingin. tapi kalo bido, sensitif banget sama suhu dingin.
      itu aja sih mas... :)

      Delete
    2. Dok kucing saya setelah di kasih obat cacing knp perut nya malah menjadi membesar dan bengkak ya dok

      Delete
    3. Dok kucing saya setelah di kasih obat cacing knp perut nya malah menjadi membesar dan bengkak ya dok

      Delete
    4. udah sesuai dosis nggak?
      kalau emang urgent, mending bawa ke dokter hewan aja mas....

      dia suka mengeong? atau diem aja?
      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
  2. Dok musang alhamdulillah sudah sehat makan sudah lancar pup alhamdulillah padet tapi kenapa ya dok kok lama2 ngigit2 trus apa cuman ngigit becanda ya dok ?
    Klau didalam kandang kalau mau didepan kayak masih takut gitu dok lari2 trus ?
    Umur musang kisaran 1,5 - 2 bln

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo umur segitu emang lagi seneng2nya main. sama aja kayak balita manusia, mereka juga suka gigit2 dan eksplor2. jadi wajar.

      malah mas harusnya bersyukur, karena itu artinya mereka sehat. masnya merokok? kalo gak, coba aja taro kaos bekas pakai yang masih bau badan di atas kandangnya. dilebarin/dijembreng di atas kandangnya, biar dia kenal bau tubuh masnya... nantinya biar bonding... :)

      Delete
  3. Dok mau tanya apakah monyet bisa menularkan penyakit ke manusia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. gak cuma monyet doang, semua hewan bisa menularkan penyakit ke manusia.
      tapi kalo hewannya bersih, baik kandang dan hewannya, dan rajin vaksin, saya yakin aman...

      Delete
  4. dok saya mau tanya, musang bulan saya kenapa ya dari daerah kelaminnya(jantan), mungkin juga dari selaput di kelaminnya, keluar seperti gel warnanya orange, itu kenapa ya dok dan penangannya gimana.
    terimakasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia musangnya berapa mas? udah dewasa ya?
      diatas 6 bulan? bener?

      itu kayaknya marking scent, keluaran dari kelenjar baunya dia. bisa jadi dia emang udah siap kawin kalau emang usianya udah lebih dari 6 bulan...

      dia masih mau makan, kan?

      Delete
  5. Dok untuk air minum musang sebaiknya air putih apa air gula dok
    Soalnya musang saya klu dikasih air putih jarang minum dok umur 1,5 -2 bln dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya pake air sarikurma aja, mas...
      jangan pake air gula. kalo pake air gula, kadang ada musang yang mencret... :)

      Delete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. udah dewasa dok, udah 28bulan....makan lancar dok, itu udah dicampur sama betina juga, melihara dari kecil nya emang sepasang,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya, berarti bener emang marking scent.
      mereka berdua udah pernah kawin?

      Delete
  8. udah pernah kok dok...
    oh iya dok maap mau nanya lagi, barusan itu musbul saya, musbul yg sama... dia kan tidur tiba2 kejang2 gitu dok lama ada sekitar 2menitan abis itu keluar busa dari mulut nya, baru sekali ini kyak gitu, tapi sekarang udah normal lagi udah sehat. itu kenapa ya dok?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekitar kandangnya ada bahan2 beracun? mungkin obat nyamuk semprot/bakar/elektrik? bisa jadi karena keracunan.
      mending jauh2kan bahan2 yang kira2 bisa menyebabkan keracunan pada hewan. mbak bisa baca juga artikel cara mengobati musang keracunan...

      Delete
  9. Dok,ini kucing saya kenapa ya perutnya membuncit terus keras? Apa terkena FIP? Blm sempet saya periksakan dok,

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu. fesesnya gimana mas?
      mencret nggak?

      sayangnya mas gak ngirim foto fesesnya, jadi agak susah. coba kirim, caranya cek kolom PERHATIAN di atas.

      oh ya, usia kucingnya berapa?

      KABARI TERUS :)

      Delete
  10. Kalo kucong saya pwrutnya membesar dok saya kira hamil pas saya pwgang ternyata mengeras dan maunya diluslus mulu dibagian perut kira kira knpa ya dok mohon pencerahanya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      fesesnya gimana? mencret nggak?

      ada kemungkinan masuk angin kayak saya sebut di atas?

      Delete
  11. Dok, kucing saya umur sekitar 1 tahun.. Tiba2 jalan sempoyongan dan kaki belakangnya seperti tidak ad tenaga.. Perutnya juga agak keras dan besar.. Apakah ini cacingan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya takutnya sih distemper, mbak. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat.

      fesesnya gimana? mencret?

      Delete
  12. Dok, anak kucing saya umur 4 bulan perutnya buncit. Saya check beberapa artikel ciri2 cacingan ga ada yang mengarah kesana. Hanya perutnya buncit.. kucingnya periang, nafsu makan baik, fesesnya padat seperti biasanya. Saya check bagian anus pun tidak ada tanda2 telur cacing.. Apakah ini normal dok? Cuma buncitnya agak tidak normal dan keras.

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? mencret nggak?
      nafsu makannya gimana?
      mending observasi dulu selama 3 hari. kalau gejalanya jadi nambah (misalnya jadi gak mau makan atau fesesnya jadi mencret), mending segera bawa ke dokter hewan...

      Delete
    2. Tidak pernah mencret dokk, fesesnya bewarna normal dan padat.. nafsu makannya bagus sekali 2x sehari dan selalu habis. Makanannya dry food. tidak ada tanda-tanda sakit sama sekali. tidak pernah muntah. Namun tinggal di kamar saya yang berAC (AC nyala hanya saat malam, pagi sampai sore suhu ruangan normal tanpa AC). Saya tidak curiga diawal karena saya mengira dia gendut karena banyak makan..
      Berikut link foto feses dan gambar perut kucingnya:
      https://postimg.org/image/4o1npy0o1/
      https://postimg.org/image/cqgnktmlr/
      https://postimg.org/image/lg9zssbrl/

      Delete
    3. Untuk menambahkan, perutnya kembung sudah sekitar 1 bulanan dok..

      Delete
    4. udah coba kompress pake air hangat? coba aja lakukan cara di atas....

      kalau makannya masih bagus, dan fesesnya juga normal seperti saya liat di gambarnya, saya kira dia masih sehat.... seberapa sering dijemur, mbak? :)

      dari fesesnya sih bagus...

      Delete
    5. Ohh,, mungkin cuma gendutt aja kali ya dok.. nanti saya coba kompress perutnya pakai air hangat. Kucingnya termasuk jarang saya jemur dok, karna saya berangkat pagi2, pulang sudah petang.. paling sabtu minggu saya gendong ke depan. (berhubung kost, ga saya kasih main diluar kamar ) itupun hanya 5 menitan.. harus rutin dijemur ya dok??

      Delete
    6. ya minimal seminggu sekali aja. taro aja kandangnya di luar kosan. :D

      maaf karena baru balas. sekarang gimana si kucrut? hehehehe...

      Delete
    7. Oh baik dok.. nanti saya coba jemur.. Seperti biasa dok, bandel & nafsu makannya tinggi.. Hhehehe.. makasih banyak bantuannya dok

      Delete
  13. Dok mau tanya. Saya punya bayi kucing usia 8 hari, entah kenapa suka meong" dan agak merintih tp setelah di elus" perutnya dia diam
    Pas saya raba agak keras perutnya di bandingkan bayi kucing yg lain,
    Itu knp ya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. induknya masih ada?
      jangan sering dielus, mbak. takutnya nanti malah direject (induknya gak mau menyusui dia).

      fesesnya gimana? mencret nggak?
      kalau gak mencret, gak apa2. kalau dia masih menyusui sama induknya, kandungan dalam air susu si induk akan memperbaiki sistem cernanya nanti... :)

      Delete
  14. Dok, saya punya 2 kucing.
    Yang satu beberapa hari ini sering batuk dan suaranya ilang, pernah sekali keluarin dahak. Itu kenapa ya dok ?
    Yang satunya perutnya keras setiap habis makan dan hanya gemuk diperut, fases normal dan makan banyak. Apa itu tanda* cacingan ? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisahin kedua kucing. jangan disatuin.
      terus yang batuk dahak, saya mau tanya dulu: mas perokok? sering megang kucing sambil ngerokok ya? :)
      untuk nafsu makannya gimana? terus nafasnya berat nggak? cek juga lubang hidungnya, apakah kayak ada ingus?

      kucing kedua, iya. saya tebak dia cacingan. tapi coba aja cek fesesnya, mencret atau nggak. kucing cacingan juga biasanya fesesnya agak lebih bau.
      beli aja obat cacing drontal di toko makanan kucing. dosisnya, mas bisa baca artikel DOSIS OBAT CACING DRONTAL di blog ini...

      kabari lagi

      Delete
  15. dok,kucing saya pupnya keras dan ga mau makan sam aminum,sudah dibawa kedokter sebelumnya dia terkena virus perncernaan seminggu kemudia sudah sehatan tpi seminggu stelah sehat dia sakit lagi,pupnya keras,bgian perut bawah keras,pupnya tidak keluar,sakit dikeluarkan,makan dn minum tidak mau,jadi saya paksa kasih air putih. bagaimana dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dok, saya punya kucing masih kecil belum setaun umurnya.. Udah sebulanan ini perutnya buncit dan keras. Awal2nya dia malas nggak bnyak gerak, dan tiduran terus.. Makannya lancar, cuman suka bnyak minum.. Saya lihat fesenya bagus dan nda mencret.. Stlh beberapa minggu brjalan, dia mulai aktif bergerak dan main2 sendiri.. Makan msh lancar, skrg fesesnya agak lembek tapi tidak mencret.. Perutnya masih tetap buncit dan keras.. Apa kucingnya sakit ya dok?

      Delete
  16. Dok, saya menemukan kucing di jalan dalam keadaan kedua kaki lemas dan tidak bergerak. Itu kira2 lumpuh atau bagaimana ya dok?
    Lalu karna tdk ada induknya jd diberi susu kucing dgn dot. Perutnya seperti besar dan sering sekali pipis, fesesnya jg mencret seperti air. Kira2 apa solusinya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, maaaaaaf banget... :((
      harusnya kalau emang kasusnya urgent, segera bawa ke dokter hewan aja mbak....

      banyak sebab. bisa jadi karena lack of calcium. itu tebakan pertama saya...

      Delete
  17. dok, kucing saya ini perutnya agak membesar, dan fesesnya agak encer, tapi di fesesnya tidak ada cacing, solusinya gimana ya dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya agak lebih bau dari biasanya?
      selebihnya, mas bisa baca artikel saya, cara mengobati kucing kembung...

      Delete
    2. iyaa dok dan warnanya kekuningan, dan bolnya agak menonjol keluar, kucing saya jadi agak susah duduk, dan agak kurang nafsu makan

      Delete
    3. kalo dia eeknya kesulitan dan fesesnya padat, ada kemungkinan kena sembelit. kecil sih kemungkinannya....

      sekarang gimana keadaan kucingnya?

      kalau emang urgent, mending bawa ke dokter hewan terdekat agar ditangani langsung...

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Dok. Kitten saya kemarin 2 hri yg lalu jatuh dri lantai 2. Trus dia skrg kalo pup ada lendirnya.. Dan perut sebelah kanan nya keras banget. Itu kenapa ya dok? Dan cara pengobatannya gimana? Kalo makan sih dia mau. Makasih dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiks... kok bisa jatuh mas??
      dia sering mengeong atau diam saja? masih mau makan?

      kalau emang urgent, segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas....

      Delete
  20. Dok ini ada kitten dome main ke rumah. Pas dtg kotor bgt seperti abis kecebur got. Lalu saya beri makan, malamnya main lagi saya beri makan sekalian bersihkan kuping dan badannya. Ternyata banyak sekali bekas luka tp sudah mengering. Semua kakinya bekas luka spt sobek gitu. Dia juga jamuran.kondisinya kurus bgt dan saya pegang badannya hangat. Perutnya buncit pas saya pegang keras bgt. Tp dia tidak pernah mengeong sama sekali (saya pikir dia sudah tdk bisa membedakan rasa sakitnya krn mungkin dia selalu merasa sakit). Kira2 itu perutnya kenapa ya dok? Tapi dia lahap bgt makannya, sprtnya dia tidak bisa mencari makan sendiri Mangkanya dia sekurus itu, tidak ada induk ataupun sodaranya dia hanya sendiri. Saya Mau bawa ke drh tapi belum ada dana dok. Apa yg harus saya lakukan? Terima kasih dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas, mbak....
      cek aja dulu fesesnya, mbak. mencret nggak? sayangnya mbak nggak kasih foto fesesnya, biar saya bisa analisa kesehatannya....

      iya, saya sarankan mending bawa ke dokter hewan terdekat...

      Delete
  21. Dok maaf mo tanya . Saya punya kucing dome usia bru 2 mingguan . Klo saya perhatikan bentuk perut kucing saya si demplon itu ga wajar dok gemuk tpi buncit trs keras gtu dok .pup nya 2 hari yg lalu mencret tpi air ajj trs ada cacingnya tpi ga sampe muntah2 dok malah klo tiap di pegang lngsng pup trz dok . Saya kasih entrostop anak pup nya mulai membaik ga kluar cacing lgi nah tdi siang sya tanya ke orang rmh pup nya pun udah mulai normal tpi bentuk perutnya msih gendut buncit keras gtu dok . Kira2 itu cacingan apa kenapa ya dok ??
    Lalu mata nya selalu belekan sampe2 merem itu mata . Saya takut si demplon kenapa2 dok lincah tpi bentuk perutnya yg ga tega di liat maunya di elus2 sambil di ajakin ngobrol . Klo ibarat manusia mah si demplon mo ngasih tau perut sakit melilit .
    Mohon solusinya ya dok makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo emang suspect cacingan, saran saya mending segera bawa ke dokter hewan, atau kalau belum sempet, bisa kasih obat cacing khusus kucing drontal. udah ada artikelnya mengenai DOSIS OBAT CACING DRONTAL.

      jangan sesekali lagi dikasih obat manusia ya mbak. kasian. :)

      kalo soal matanya belekan, kan emang kelenjar air mata kucing akan terus mengeluarkan air mata, meski dia nggak lagi menangis. jadi wajar kalau matanya keliatan selalu basah dan belekan. minimal sehari 2x, pagi dan sore, beleknya dibersihkan... :)

      Delete
  22. Dok..
    Saya mau tanya.. perut anak kucing saya kok membesar yaa??
    Tapi nafsu makannya bagus dok, n fesesnya juga normal gk mencret
    Usia anak kucing saya kira2 4 bulan gitu dok..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari perilakunya normal? nggak sering mengeong?
      mungkin lebih banyak aktifitas aja mas. sering2 ajak main. :)

      Delete
  23. Assalamualaikum dok, mau tnya ini kucing saya d dlm perutnya keras sekali terus gabisa buang air besar
    Kira kira knapa yah dok terus gimana caranya supaya dia bisa buang air besar sama perutnya gak gitu lagi ��

    ReplyDelete
  24. dok.. kucing saya usia 3 bln, awalnya susah makan dan minum.. sehari sebelumnya sudah di kasih obat cacing...smakin kesni badannya lemas dan smpai kaki belakang tidak ada tenaga... sekarang hanya terbaring... sesekali kepala masih bisa bergerak.. perutnya menjadi buncit dan terasa keras di perut bawahnya...kira knpa ya? pertolongan apa yg harus d lakukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan terdekat, mas.
      saya takutnya kena distemper....

      Delete
    2. pup nya hitam lengket krn sudah lama tidak pup.. kucing meraung "sperti kesulitan pup.. . apa bkn sembelit? apa komplikasi dri distemper sperti itu??

      Delete
    3. mending segera bawa ke dokter hewan aja mas...
      kemungkinan sembelit sih ada aja, meski saya ragu. ada kemungkinan distemper juga soalnya....

      Delete
  25. Dok....saya punya anak kucing usia 3 bulan...pupnya awalnya lembek trus perutnya besar keras,klo diraba perutnya kaya bergeronjal gt,saya kasih obat cacing drontal 1/4 bagian trus saya kasih tempe rebus juga setelah itu pupnya udah mendingan,tapi yg jadi masalah perutnya kok masih buncit dan keras aja ya dok?kucingnya sih lincah plus makannya lahap...bau fesesnya jg sudah beda...knp ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya mencret?
      sekarang gimana keadaannya?
      saya sarankan, kalau sekarang masih belum mendingan, mending segera bawa ke dokter hewan aja.....

      Delete
  26. Dok, saya punya anak kucing baru unur satu bulan, nah saya bingung di bagian perut kucing bawah saat dia sedang bediri terlihat seperti perut membleh , itu kenapa ya dok perutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek gizinya, mbak.
      terus, apakah fesesnya mencret?

      bisa fotokan kucingnya?

      selama nafsu makannya bagus, dan fesesnya gak mencret, saya kira dia masih sehat....

      Delete
  27. Siang dok,saya mau tanya
    Saya punya anak kucing,di umur 1 bln tiba2 dia lumpuh kaki belakangnya,gabisa berjalan lagi,perutnya keras dan membesar, fesesnya keras keluar cacing panjang ,dan ini sudah 2 hari tanpa pup dan pipis, perut makin membesar dan keras,makan pun ga bisa,aku kasih telur kuning dan madu buat ganti makan nya,induk nya gamau nyusui lagi ntah knp,induknya kalo deket cuma jilat2 bulu nya sama mengeong,aku uda ga bisa mo lakuin apa,tolong solusinya dok,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini kasus urgent, jadi mending segera bawa ke dokter hewan terdekat aja mbak.
      saya takutnya distemper.

      Delete
  28. Dokter saya mau bertanya.saya punya seekor anak kucing.anak kucing itu sakit, perutnya membenģkak terkadang anak kucing itu selalu mengeong kesakitan apabila saya pegang badannya.dan akhir akhir ini dia tidak mau makan.saya merasa kasihan kepada anak kucing itu.saya minta solusinya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia kesulitan atau bahkan nggak bisa buang air juga?
      mending saya sarankan bawa ke dokter hewan aja mas. banyak sebab soalnya. diantaranya, bisa aja dia sembelit....

      Delete
  29. sy punya kucing udh sy rawat 1th dok. skrg perutnya besar dan keras. nafsu makan tetap baik dan buang air normal. cuma ya itu karena kaki belakang lbih panjang dan perutnya besar klo jalan bergetar gitu. dy juga lebih calm, maksudnya suka dielus atau tidur aja

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Kucing saya sudah saya bawa ke dokter hewan 2 kali,dengan kasus diare,waktu di vet dikasih suntikan sama obat cacing,setelah itu kucing sakit dan ga bisa bangun makanpun harus dipaksa,keadaan tsb sudah hmpir 1 mggu,sekarang kucing sudah lincah,nafsu makan baik tapi perutnya agak janggal,perutnya membesar kalau menurut saya,fesesnya lembek...apa karna kucing jenis mix kampung posturny jadi spt itu ya dok?tulang belakang d3kat leher berasa kalau di elus,tulang panggulnya pun bgt,apakah dia kurus dok?takut kena FIP

    ReplyDelete
  33. Dok mau nanya anak kucing saya umur 22 hari perutnya kembung keras,pupnya juga ga keluar
    Menyusu sm induknya mau,cuma perutnya aja yang keras?gimana cara mengatasinya ???

    ReplyDelete
  34. dok,apa gak ada cara lain selain bawa kucing ke dokter gata gara perut buncit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau saya kasih obat cacing lalu susu pengganti asi saja? katanya perut buncit disebabkan kekurangan asi dari induk nya?

      Delete
    2. jangan dikasih susu.
      dia suka mengeong? sering mengeong? coba kompres aja. caranya ikutin di artikel cara mengobati kucing kembung....

      fesesnya mencret?

      Delete
  35. Dok, kucing saya perutnya buncit keras udah dikasih obat cacing ga ada cacing di pupnya cuma bau banget dan mencret, selera makannya jg ga berkurang, kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terlalu banyak kemungkinan, diantaranya cacingan. meski gak ada cacing di fesesnya, namun saya kira penyebabnya karena cacingan. mending segera bawa ke dokter hewan aja, mbak. biar dicek.

      perut kucingnya sering bunyi2? kalau iya, coba kompres aja pakai air hangat. caranya ada di artikel cara mengobati kucing kembung

      Delete
  36. Dok seminggu yang lalu kucing saya ketimpa rak gantung, langsung dibawa ke dokter hewan soalnya takut mati. setelah di rawat seminggu disana dia sehat tapi perutnya besar dan keras. selama di rumah gak pernah bab dan kencing dok. kaki belakangnya pincang pula tp kata dokter tdk patah tulang. nafsu makan baik tp itu gmna dok soal perutnya sma bab nya? kalo di elus2 juga suka marah pengennya sendiri mulu kasian

    ReplyDelete
    Replies
    1. agak susah karena saya nggak liat kucingnya langsung. kalo bisa saya saran, mending bawa ke dokter lagi. saya rasa dia lagi kesakitan, entah kenapa....

      atau kalau mau, mbak nilam bisa minta second opinion dari dokter hewan lain....

      Delete
  37. hai dok, sudah 10 hari saya pelihara anak kucing yg nyasar (gatau umur berapa). saya kasih ayam disuwir suwir sama ikan. tapi kemarin dia muntah, muntahnya bentuk ikan yg disuwir itu, bukan cairan kuning/putih. jadi hari ini saya kasih wetfood untuk kitten, dia makannya lahap dan aktif. terus perutnya agak besar, apa karena masuk angin ya? soalnya dia saya kasih di teras aja di pakein kardus n kain kain.
    karena baru peetama kali melihara kucing jadi saya mau tanya.

    1. berapa kali sehari anak kucing makan dan porsinya banyak/tidak?

    2. kucing saya kok keliatannya jarang minum ya?

    3. setelah muntah itu apakah tidak apa apa?

    *btw saya gatau bentuk fesesnya soalnya dia fesesnya di pot dan gatau waktunya kapan.

    tolong sarannya dok, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kemasan wetfood-nya nggak ada tulisan mengenai porsi makannya? biasany ada... umur anak kucingnya berapa, mbak?

      dikasih minum susu nggak kucingnya? :)

      nggak apa2 kok, selama setelah muntah dia masih mau makan, saya kira normal.

      maaf karena baru balas, maaaaaf banget. saya baru pulang dari luar kota. :(

      Delete
  38. Dok mau tanya,saya punya kucing sebulan lalu dia ngelahirin punya anak 4 dan sekarang anak nya baru usia 1 bulan. Mereka perutnya buncit kaya keras gitu,gak bisa jalan normal jatuh"an kaya yg lumpuh dok. Terus induk nya juga ga mau nyusuin anaknya,harus dipaksa dulu itu pun cuma sebentar banget.
    Feses nya kaya air gitu dok, kira" apa solusinya ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan aja, mas.
      maaf karena baru balas.

      Delete
  39. Halo dok saya baru pelihara anak kucing sudah 4 hari sebelumnya dia dirumah temen gitu. Umurnya 1bulanan kali ya aku juga kurang tau nah dihari pertama aku rawat dia gamau makan gitu terus mencret tapi pas dikasih makan ikan dia mau. Hari ke 2 dia ga mencret jadi normal tapi cuma 1x bab doang. Terus di hari ke 3 dia mencret lagi karena di hari sebelumnya aku kasih susu uht kata mama nya temen pas tinggal disana dikasih itu makanya aku ngikutin. Tapi pas aku searching ga bolehkan ya udah dari hari 3 aku kasih makan ikan rebus aja dan dia mulai nafsu makan tapi masih mencret. Ini hari ke 4 masih mencret pagi tadi udah itu perut nya dari awal kembung gitu tapi ga terlalu keras but padet, tapi lumayan aktif sekarang... Saya masalahnya di mencret dan perutnyanitu dok, mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya seneng mbak gina udah stop susunya. emang jangan dikasih susu uht. kalau toh mau dikasih susu, kasih susu khusus anak kucing. bisa dibeli di petshop. nggak dikasih susu juga gak apa2 sih.

      perawatannya, sementara tunggu aja sampe 2 atau 3 hari ke depan. kalau lusa masih sama, bisa kasih air kelapa muda, diminumkan ke dia. dikit aja. bisa pake sedotan akua yang kecil atau pipet....

      Delete
  40. https://i.imgur.com/Wh5Zg4D.jpg
    nomer 4.5 dok bukan mencret heheh encer kuning

    ReplyDelete
  41. Terimakasih sebelumya dok, saya mau bertanya lagi ini kucing yg beda jantan umur 4 bulan kurang atau lebih saya kurang tau. Kucing saya yg ini campuran Persia kampung sebelumnya dia makan baik baiknya dan aktif terus tiba tiba hari ini ga mau makan dan minum cuma subuh aja dikasih makan brapa butir doang terus dia juga kayak mau muntah(mual mual) tapi ga dikeluarin muntahnya. 2 hari lalu dia pernah muntahin makanannya dan hariball setelah muntah makan lagi dan minum kayak biasa aktif lagi. Mohon solusinya dok aku panik, soalnya sebelumnya kucingku yg lain baru aja mati.

    ReplyDelete
  42. Dok sy mau tny, kemarin malam nemuin anak kucing dome dgn kondisi basah kuyup. Sy keringkan badannya dan kasi wetfood whiskas dy mau makan tp sedikit. Pagi tdi jam 7 mau makan lagi. Dan baru saja jam 11 mau makan agak banyak. Tp perutnya keras dan pup agak mencret. Dan posisi tidurnya selalu duduk merem2 gtu. Pada saat jalan kaki belakang nya agak lemes2. Selain whiskas & air putih sy tdk kasi makan/minum lainnya. Apakah anak kucing tsb cacingan/masuk angin/gejalanya mengarah ke distemper? Makasi dok sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kemungkinan emang masuk angin, coba aja treatment di atas.

      sekarang gimana keadaannya mas?
      coba, saya pengen tahu gimana fesesnya? apakah mencret?

      Delete
  43. Dok saya mau tanya, anak kucing saya baru berumur 9 hari. Tapi 3 hari yang lalu anak kucing saya ini tertindih induknya dan jadi lemes, napas ga teratur, udah pucat. Habis itu saya coba ngasih bantuan cpr denyut jantung dan napas buatan dan di kasih susu bearbreand. Akhirnya bisa napas lebih baik selama 2 hari, bisa mengeong pelan. Hari ini lemah lagi, nafas sama jantungnya lemah. Dan perutnya membesar dok. Sepertinya pipisnya agak susah. Jadi saya harus gmn ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan aja.
      saya cuma menyayangkan kok malah dikasih susu beruang... :(
      harusnya jangan...

      sekarang gimana keadaannya, mbak?

      Delete
  44. dok, saya mau tanya telinga kucing sya mengeluarkan nanah dan bau, sya sdh bersihkan memakai obat tetes telinga khusus kucing, agak lebih baik tapi terkadang msh keluar sedikit dok. itu kenapa ya dok? dan sya harus bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending segera bawa ke dokter hewan aja biar dapet asupan antibiotik, mbak.... ada sih artikel dosis amoxicillin untuk hewan di blog ini, tapi mending bawa ke dokter hewan aja...

      Delete
  45. Dok mau tanya, di sekitaran usus bagian kanan kitten saya kok keras ya? Dan juga dia engga pup udah beberapa hari cara ngstasinnya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasa dikasih makan apa?
      sebenernya sih ada artikel mengenai obat sembelit untuk kucing di blog ini, tapi saya sarankan, mending langsung bawa ke dokter hewan aja mas. biar bisa sekalian dicek..

      Delete
  46. Dok kmrn kucing saya mencret disertain dgn fesenya berdarah dok
    Trs malmnya dia lemas gak mau makan dan gak mau gerak dok. Perurnya mmbesrn dan keras dbagian kiri dok.
    Apakah kucing saya cacingan dok?
    Tp skrg fesesnya sudah agak biasa dok
    Mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. usia kucingnya berapa? kalau masih kurang dari 4 bulan, mending bawa ke dokter hewan aja mbak.

      bau fesesnya gimana? apakah berbeda dengan bau saat dia masih sehat? kalau masih sama, observasi aja dulu selama 3 hingga 5 hari

      cek kebersihan makanan.

      Delete
  47. Dok salah satu anak kucing saya perutnya keras, badannya kurus tapi makannya banyak, kalo perutnya di pegang kayak ususnya kaku, lemes terus. Solusinya bagaimana agar sembuh dan bisa tumbuh normal seperti yg lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umur anak kucingnya berapa, mbak?
      biasa dikasih makan apa?

      bisa sih dikasih obat pencahar, tapi mending dengan resep dokter. bawa aja ke dokter hewan aja, mbak.

      Delete
  48. dok mau nanya kucing saya umurnya sekitar 2bulanan,dia pupnya keras sampe ngeluarin pup kadang lemes , itu solusinya gimana dok sebagai pertolongan pertamanya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas biasanya kasih makan apa?
      udah berapa lama?

      mending konsul aja ke dokter hewan terdekat, mas....

      Delete
  49. Dok, kucing sdh 3 hari perutnya keras dan sprti balon.. sblm perutnya sprti balon, dia sempat kejang2.. nah skrg jd sulit makan krn mgkn perutnya terasa penuh... obatnya apa y dok? Kasian kucing saya mengeong terus kesakitan sprtinya.. sy udh coba kompres perutnya pakai handuk yg di hangatkan, diberi makan bubur bayi dan diberi sedikit hari jahe... mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
  50. Dok anak kucing saya kurus, lincah dan mau makan. Tetapi bagian perutnya terlihat buncit, minggu kemarin saya beri obat cacing combantrin dan makanan dsri whiskas telah beralih ke rc dan equilibro, tetapi sekarang saya lihat perutnya semakin membesar hanya saja kusam pada bulunya berkurang. Mohon bantuan dok apakah kucing saya ini sakit berbahaya atau tidak

    ReplyDelete
  51. Dok kucing sy umur 3bln perut buncit feses agak wrn putih.pupnya keluar terus tanpa dia sadari.. sy sudah kasih combantrin kemarin makannya jadi lahap sekalu. Terus hari ini sy kasih amoxilin. tapi tak kunjung sembuh. Bgmn dokter. Apa yang harus saya lakukan

    ReplyDelete
  52. Dok mau tanya ,usia kucing saya 3 bulan, makan lahap & sangat lincah. Tapi perutnya buncit keras & kalo diraba kayak usus keras gitu dok, terus perut nya bunyi kayak kembung gitu. Pup lancar tapi mencret dok .Itu knapa ya dok? Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Mau tanya dok, ini kucing saya perutnya sebagian kerasa keras gtu, trus kalo bab keknya nggk lancar, lesu bawaannya, kmren sih smpet sakit ternggorokan gtu saya ksh madu, dri sakit nya itu udh ada 4 ato 5 harian gtu tp bab nya trakhir 3 hari yg lalu dok, knpa ya kalo makan nggk bnyak cuma sering umurnya baru 6 bulanan

    ReplyDelete
  54. Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
    Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
    BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

    # Minimal Deposit IDR 15.000,-
    # Minimal Withdraw IDR 15.000,-
    # Bonus New Member 10.000,-
    # Bonus Deposit 5%,-
    # Bonus Rollingan 0.5%,-
    # Bonus Referral 10%,-

    WA : +855 7863 3569
    LINE : edenpoker

    ReplyDelete
  55. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    ReplyDelete

  56. Numpang Promosi ya Min ,,
    Join yuk di EDEN POKER...
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R (.) X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10%
    Contact Person :
    WA : +85578633569
    LINK : edenpoker.xyz

    ReplyDelete
  57. Selamat sore. .
    Dok, saya mau tanya. 6 hari yang lalu kucing saya usia 3 bulanan muntah cacing gelang. Kemudian sudah diberi obat cacing. Tadinya sempat kempes perutnya. Sekarang buncit lagi dok. Lebih besar. Kira kira kenapa ya dok? Dan untuk saya, apa yang perlu saya lakukan ya dok?
    Terimakasih. .

    ReplyDelete
  58. Selamat sore. .
    Dok, 6 hari yang lalu kucing saya umur 3 bulanan muntah cacing gelang.
    Terus diberi obat cacing. Sebelumnya perutnya sempat kempes. Kemudian, sekarang buncit lagi dok. Dan nafsu makan nya tinggi. Itu kenapa ya dok? Dan untuk saya, apa yang perlu saya lakukan?
    Terimakasih dok. .

    ReplyDelete
  59. Dok, kitten saya masih lumayan kecil tapi perut bagian kanannya keras dan agak membuncit, dia juga diare. Kira kira kenapa ya dok?

    ReplyDelete
  60. Dok saya mau tanya, kitten saya umur 1 bulan 2 minggu, nah perut bagian kiri bawah tulang rusuk keras. Tapi nafsu makan nya tinggi, lincAh dan poop nya juga normal.
    Sebelumnya emang kitten saya abis di beri drontal cat
    Kira kira knpa ya dok kitten saya?

    ReplyDelete
  61. dok, mohon maaf mau bertanya. kucing saya baru usia kurang lebih 8 hari itu perut agak beras dan keras itu kira2 kenapa ya dok? apa sebaiknya langsung bawa ke dokter hewan saja ya? mohon dijawab dok, terima kasih.

    ReplyDelete
  62. Selamat malam
    Saya mau tanya,kucing saya (lumayan dewasa) kok nggak mau makan mau nya minum doang,suka tidur nggak mau jalan,perutnya juga keras itu kenapa ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah berapa lama?
      cooba mas lakukan aja tips di atas

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.