Cara Mengobati Musang Mimisan | Drh. Fira Sovica

Epistaksis atau umum disebut mimisan adalah gejala pendarahan akut pada lubang hidung, rongga hidung, atau nesofaring. Hewan yang kerap mengalami mimisan diantaranya adalah musang, kucing, dan anjing. Artikel kali ini akan mengupas

mengobati mimisan pada musang

dan cara penanganan musang yang epistaksis. Artikel ini berkaitan dengan artikel cara memelihara musang bulan.
Cara Mengobati Musang Mimisan
Image taken from fotolia.com
  • Penyebab mimisan pada musang umumnya dikarenakan cedera dan trauma ringan pada saluran dan rongga hidung, udara yang kering dan dingin, serta disebabkan oleh obat-obat tertentu. Jika musang anda sering sekali mengalami mimisan, ada baiknya jika musang tersebut anda bawa ke dokter hewan terdekat agar bisa dideteksi secara pasti apa penyebabnya karena bisa jadi ada penyebab lain yang menyebabkan musang anda sering sekali mimisan. Maka diperlukan diagnosa dokter untuk mengetahui apa sebenarnya penyebabnya.
  • Cara menangani musang yang mimisan adalah dengan menempelkan handuk kecil yang dibasahi air es di bagian atas hidungnya (bawah matanya). Usahakan agar musang anda tetap tenang dan tidak stress. Jia mimisan pada musang tidak juga berhenti setelah lebih dari 20 menit, segera bawa musang anda ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan penanganan.
  • Cara mencegah mimisan musang antara lain dengan cara menaruh musang di ruangan yang tidak terlalu dingin atau panas. Juga, jika ingin mengeluarkan musang dari kandangnya, lakukan dengan cara sehalus mungkin. Jangan mengagetkan musang dengan mengambilnya secara tiba-tiba dari dalam kandang untuk mencegah terbenturnya hidung musang di jeruji kandang. Pastikan juga asupan vitamin pada musang dengan rutin memberikan buah minimal satu minggu sekali. Anda bisa memberikan suplemen penambah daya tahan tubuh musang yang saya tulis di artikel suplemen penambah daya tahan tubuh musang.
Demikian adalah artikel

cara pengobatan musang mimisan

yang saya tulis berdasarkan pengalaman sebagai dokter hewan. Semoga artikel singkat di atas bisa memberikan pengetahuan bagi anda semua. Terima kasih. (FS)

0 Response to "Cara Mengobati Musang Mimisan"

Post a Comment

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.