Cara Merawat Musang Yang Sedang Hamil | Drh. Fira Sovica

Merawat musang yang sedang hamil

agak berbeda dengan cara merawat musang normal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat musang yang sedang hamil. Cara merawat musang yang sedang hamil berikut saya tulis berdasarkan pengalaman dalam memelihara musang dan berdasarkan pengalaman praktek sebagai dokter hewan. Cara merawat musang betina yang sedang hamil ini juga pernah disinggung dalam artikel cara breeding musang.
Cara Merawat Musang Yang Sedang Hamil
Image taken from facebook.com
Nah, bagaimana cara merawat musang yang sedang hamil? Berikut adalah cara memelihara musang yang sedang hamil:
  1. Berikan makanan yang seimbang antara vitamin, kalsium, mineral, karbohidrat, dan protein untuk induk musang yang sedang hamil.
  2. Asupan protein sebaiknya ditambahkan menjadi 2x seminggu atau lebih agar asupan gizi kepada musang yang sedang hamil bisa optimal.
  3. Induk musang yang sedang hamil sangat rentan stress. Tempatkan dalam kandang yang luas dan sunyi.
  4. Hal ini penting karena musang yang stress kerap melahirkan anak-anak musang dalam keadaan mati. Selalu jaga kesunyian kandang musang agar musang terhindar dari stress.
Demikian adalah

cara merawat musang yang sedang hamil

. Artikel singkat tentang cara memelihara musang hamil tersebut diharapkan bisa membantu para pemelihara musang dan pecinta musang dalam mengawinkan musang. Saran, komentar, dan kritik bisa dituliskan dibawah ini. (FS)

31 Responses to "Cara Merawat Musang Yang Sedang Hamil"

  1. dok ni muspan saya obes ni dan g tau hamil atau engga.tpi dh terpantau kawin

    lalu yg saya tanya dok apkah musang ku ini hamil.ini umur 9bln.lalu kan klo hamil kluar puting susunya.nah ini dh ada puting susunya.ni hamil atau gmn dok apa emang klo muspan umur 9bln dh kluar putingnya.

    lalu di suruh makan susah bgt.klo mlm hari doang makanya dok


    apakah musang ku hamil atau gmn dok.ni jdi defend bgt.lalu ada bekas cakaran di punggungnya saat dia kawin. pertanyaan saya yg ke 2 apakah itu defen karena trauma atau hamil dok

    thx dok jawaban anda sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. soal hamil atau tidaknya, saya kurang tau karena tidak bisa melihat langsung. cukup observasi selama dua minggu ke depan. tebakan saya sih, iya hamil. tapi ini tebakan saya aja loh ya. :D

      selamat, mas. mudah2an berhasil project breedingnya.

      silakan baca2 dlu artikel lain..

      iya musang yang sedang hamil cenderung lebih agresif dari biasanya..

      Delete
  2. ma'af dok ni tidurnya ngangkang trus g kya biasanya dok.
    gmn tuh
    kamannya jga g lahap padahal tu obes takutbya saya ntar hdi kurus
    thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya sama kan dengan komen mas di atasnya? musang yang kemungkinan hamil itu, bener?
      kalau iya, biarin aja dlu. soal nafsu makan, mending mas kasih sari kurma biar nafsu makan dan daya tahan tubuhnya naik lagi...

      fesesnya gimana? normal kan? :)

      Delete
  3. dh 3 hari g puup dok. gmn ya
    fasesnya dulu warnanya hitam

    ReplyDelete
    Replies
    1. musangnya sama kan dengan komen mas di atasnya? musang yang kemungkinan hamil itu, bener?

      agar sistem pencernaannya lancar lagi, coba kasih pepaya matang...

      Delete
  4. Dok permisi mau tanya.ini musang pandan saya habis kawin sama musang lombok 1bln lalu.trs skrng perutnya agak lentur kebawah kulitnya.sifat agresif.banyak yg bilang hamil tapi saya gaktau pasti
    lalu kaki belakangnya kalau jalan agak di seret gak bisa lancar gitu kayak berat cuman ngesot..itu kenapa ya dok ?

    Mohon blsnya dok terimakasih

    ReplyDelete
  5. Dok permisi mau tanya.ini musang pandan saya habis kawin sama musang lombok 1bln lalu.trs skrng perutnya agak lentur kebawah kulitnya.sifat agresif.banyak yg bilang hamil tapi saya gaktau pasti
    lalu kaki belakangnya kalau jalan agak di seret gak bisa lancar gitu kayak berat cuman ngesot..itu kenapa ya dok ?

    Mohon blsnya dok terimakasih

    ReplyDelete
  6. Dok musang saya abis di kawinin jadi sering males malesan di kandang kebanyakan nya tidur knapa ya dok

    ReplyDelete
  7. Dok musang saya abis di kawinin jadi sering males malesan di kandang kebanyakan nya tidur knapa ya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kadang ada yang kayak gitu, mas. tergantung karakter musangnya. ada juga yang setelah dikawinkan dia malah aktif... :)

      udah berapa lama dikawinkan?

      Delete
  8. Dok, saya ingin bertanya bagaimana cara menangani musang dan baby musang yang baru lahir.
    Musang saya baru saja melahirkan sekitar 1 jam yang lalu.

    ReplyDelete
  9. Dok musang bulan sy sepertinya positif hamil. Sy hitung sekitar 4bln jalan 5bln.. pertanya'n kenapa musang sy lama sekali melahirkan ? Dari ciri" sudah jelas hamil dari puting memerah dan kelamin sudah basah memerah bahkan sering mengeluarkan darah dan perut lebih membesar kebawah. Apakan sampai sekian lama 5bln masih blm lahir apa yg harus sy lakukan dok ? Bisa bantu sy dok ini no wa sy 081911749697 trimakasih dokter

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu aja mas.
      yang pasti, jangan dipegang dan jangan diajak main dulu. biarin aja di kandang. cukup sediakan makanan yang cukup. terutama asupan protein....

      Delete
  10. Dok, masa kehamilan musang itu berapa hari ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada di artikel cara mengawinkan musang atau siklus hidup musang...

      Delete
  11. dok musang saya tadi mutar mutar keliling kandang dan manjat manjat tapi setelah diberi makan langsung tidur wajar gak ? umur 2 bulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia masih mau makan?
      udah berapa lama pelihara?
      kayaknya sih stress. coba mas tenangin dengan cara dielus2...

      Delete
  12. Dok maaf g3u mau tayak ni musang saya kan sedang hamil dan kandang nya kan sya sekat triplek jdi dua trs sebela nya saya buat perjodoan musang lain nya boleh gak dok,apa menggangg musang yg sedang hamil gak dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ada kandang lain, mending pisahkan aja ke kandang lain. dan kandangnya pindahkan ke ruangan yang sepi suara (tenang).

      iya, takutnya ganggu. musang yang baru hamil butuh ketenangan.

      Delete
  13. Kayak nya keguguran dok musang saya ,cz perut nya sekarang megempes bgtu juga dgn puting susu nya jga mengecil lgi ,trs keputihankeputihan ,di sertai bercak dara dikit, apa ada kemungkinan hamil anggur dok, musang saya

    ReplyDelete
  14. Apaka bisa di kawinkan lgi dok dan kpn waktu yg pas buwat di kawinkan lg ,tnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tunggu 2 hingga 3 bulan lagi aja mas. :)
      dan sambil nunggu, mas bisa baca2 artikel saya yang berkaitan dengan musang hamil.. :)

      Delete
  15. Tapi dok kalok mlm bunyi kluk, kluk"trs klk ketemu pejantan nya apa pertanda minta di kawinkan lg dok 😁😅

    ReplyDelete
  16. Tp musang saya lg keputihan apa bisa di sembuhkan dok, selain di steril, cz niat mau di breeding

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, mending tunggu sampe keputihannya sembuh dulu. baru kawinin lagi. atau mas bisa baca artikel saya, cara mengobati musang keputihan...

      Delete
  17. Dok ..berapa lama waktu buat mengawinkan musang lagi setelah melahirkan..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau mau aman sih setelah anakanya nggak menyusui lagi mas. sekitar 3 atau 4 bulan kemudian...

      Delete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.