Burung Hantu Muntah, Normalkah? | Drh. Fira Sovica

Burung hantu muntah kadang menjadikan owner yang memiliki burung hantu tersebut panik. Sebenarnya,

muntah pada burung hantu

tidak harus selalu dicemaskan, terutama jika yang dimuntahkan adalah bekas makanan seperti bulu atau bekas tulang makanannya.
Burung Hantu Muntah, Normalkah?

Image taken from owlsinthepark.ca
  • Burung hantu memang sering muntah, atau dalam kata lain, memuntahkan sisa makanan berupa bulu dan tulang. Sisa makanan berupa bulu dan tulang yang dimuntahkan burung hantu disebut pellets. Dan itu wajar selama tidak dibarengi oleh gejala penyakit burung hantu lain seperti kehilangan nafsu makan atau mata selalu terpejam.
  • Cara agar burung hantu tidak muntah, atau dengan kata lain, tidak memuntahkan pellets adalah dengan membersihkan makanan yang akan diberikan kepada burung hantu dengan bersih, baik itu dari bulu maupun dari tulang, terutama bagi anda yang memberikan makanan burung hantu berupa burung emprit. Siangi burung emprit yang akan dijadikan makanan burung hantu anda hingga semua bulu dan tulang bersih, tinggal tersisa daging empritnya saja, kemudian baru berikan kepada burung hantu anda. Dengan cara itu, anda bisa mengurangi muntah pada burung hantu, terutama jika yang dimuntahkan tersebut adalah pellet.
Demikian adalah penjelasan singkat mengenai

burung hantu yang sering muntah

, terutama memuntahkan bekas makanan berupa bulu dan tulang. Semoga artikel ini berguna bagi anda yang memelihara burung hantu. Saran, komentar, dan konsultasi bisa langsung anda tulis dibawah ini. Terima kasih. (FS)

112 Responses to "Burung Hantu Muntah, Normalkah?"

  1. Dokter, mau tanya :
    Kenapa burung hantu barn owl punya saya nggak mau makan ya ?
    Kronologinya :
    Kemaren malam (jum'at, 19-09-2014) saya nggak ada burung emprit buat makan untuk si barn owl, besok siangnya (sabtu, 20-09-2014) saya bru beli burung emprit buat si barn owl.
    Nah, itu nggak mau makan dok T_T ...
    Akhirnya aku iris kecil2 terus aku masukkan ke dalam paruhnya bru mau makan dok, biasanya mau makan dengan aku iris 2 bagian di dadanya burung emprit dok.
    Langkah apa yang harus saya lakukan agar si barn owl mau makan dok ?
    Terima kasih banyak dokter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pancing selera makan si barn owl dengan menaruhnya di dalam kardus yang agak besar bersama bayi tikus putih. beli bayi tikus putih (pinkies), sedikit dilukai hingga darahnya keluar, kemudian taruh bersama barn owl di kardus yang agak besar, tutup kardusnya selama 20 atau 30 menit. biasanya burung hantu lebih suka pakan hidup dan bau darah dibandingkan pakan yang sudah "siap makan"..... semoga berhasil...

      Delete
  2. burung hantu saya kok muntah 2x dan keluar sisa makanan terus mau muntah lgi 2x lgi tpi ngga keluar2
    udah sehari ngga mau makan dan minum kalo disodorkan pake tangan malah terus menjauh ke ujung perch ciri2nya sama kaya di postingan di atas ngga nafsu makan dan matanya terpejam kalo membuka pun sayup2 kaya org ngantuk
    saya baru beberapa hari memeliharanya dan cuman saya kasih makan jangkrik saja
    apa yang harus saya lakukan dok??
    kalo dikasih cicak bisa ngga yah soalnya cari bayi tikus putih susah ngga tau belinya dimana??
    ke tukang sate juga ngga ada daging sapi adanya kambing sama ayam
    apakah ada obatnya dok???

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya sarankan untuk membawa burung hantunya ke dokter hewan terdekat. bisa juga diberi pakan hidup berupa cicak..... burung hantunya jenis apa mas?

      Delete
    2. jenisnya celepuk dok..
      kayanya di daerah saya ngga ada dokter hewan :(
      udah mau 2 hari ngga mau makan apapun jangkrik/cicak fesesnya juga warnanya putih dan hitamnya berubah jadi coklat agak kaya merah,,
      apa ngga ada obat yang dijual di toko hewan????

      Delete
    3. oh ya. untung mas kasih tau warna fesesnya.
      coba mas beli amoxicillin di apotik/toko obat. bentuknya tablet. lalu potong amoxicillin, tumbuk hingga benar-benar halus, ambil pakai sendok teh sebanyak seperempat sendok teh, pisahkan ke wadah kecil, tambahkan 4 sendok makan air matang/air mineral, minumkan setiap pagi dan sore selama 3 hari... kalau masih belum sembuh juga, mau tidak mau harus dibawa ke dokter mas.... :)
      semoga berhasil...

      Delete
    4. Dok kalau kotorannya owl berwarna hitam dan ada warna putihnya kira kira sehat ga owlnya

      Delete
    5. @ajan: ada bagian beningnya? seperti air?
      kalau tidak ada variabel yang menentukan kesehatan lain misalnya mogok makan dll bisa dikatakan sehat...

      Delete
    6. Halo, Dok Fira. Mau tanya dong. Apakab muntahan burung hantu yang pellets itu selalu keras atau bisa berwarna coklat kusam dan lembek seperti pup kucing? Terima kasih.

      Delete
    7. @Mariska, nggak selalu keras. kecuali kalau sudh kering. dan biasanya, tergantung pelletsnya terdiri dari apa? kalau dari sisa bulu, biasanya menyerupai eek kucing sih...

      Delete
  3. Brarti ketika owl nafsu makannya bagus owl ga murung di katakan sehat .kadang kadang keluar fasesnya warna hitam semua .itu kenapa ya dok .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, secara umum bisa dikatakan sehat meski untuk memastikan secara khusus sebenarnya harus ke dokter hewan... :)

      Delete
  4. Apakah amoxillin bisa di gunakan untuk owl yg pilek batuk dan sakit lainnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sakitnya disebabkan oleh bakteri yang antitesis dengan amoxicillin, bisa aja.... untuk lebih jelas tentu langsung saja ke dokter hewan karena salah2 bisa malah tambah parah penyakitnya... :)

      Delete
    2. kalau sakitnya disebabkan oleh bakteri yang antitesis dengan amoxicillin, bisa aja.... untuk lebih jelas tentu langsung saja ke dokter hewan karena salah2 bisa malah tambah parah penyakitnya... :)

      Delete
  5. Lho dok... kl sm CG gmn...denger2 justru bulu pada makanan...misal puyuh.. malah berguna utk bersihkan temboloknya...
    Kok malah disuruh cabutin/bersihkan bulunya....
    Maaf...msh newbie dok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sedikit, bulu burung masih bisa tercerna. namun jika terlalu banyak, bulu burung malah akan menghambat sistem pencernaan, mas. sama halnya seperti tulang. :)
      kira2 seperti itulah prinsipnya... :)

      Delete
  6. Mo tanya dok,, owl sy jenis bubo sumatranus,, usia udh juve akhir,, sjak 2 Ђά̲̣яΐ kurang nafsu makan krn sy kasih ikan laut kyknya dia kurang suka,, td mlm menu sy ganti pake ikan lele yg udh saya fillet,, dia makan lahap dok,, tp pas pagi sy cek fillet lelenya dimuntahin semua,, kenapa Ɣα;) dok? Warna fesenya putih n hijau gelap trus cairannya kuning tua? Penanganannya gmn? Nuhun dok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi ini dia malah Ъќ>:/ mau makan n kyk ngantuk gt dok :(
      Duh,, jd khawatir nih,,

      Delete
    2. kalau burung hantu lebih baik jangan dikasih ikan mas. gak cocok. apalagi untuk bubo sumatranus. lebih bagus kasih daging sapi cincang kecil2... kalau ada bayi tikus atau tikus putih lebih bagus.....

      sekarang gimana keadaannya?? :(

      Delete
    3. Alhamdulillah Ʊϑªћ sehat ƪά̲̣ƍï dok,, :)

      Delete
  7. Stlh sy ingat2 lele yg sy beri itu dimatiin pke ditaburi garam dok, pas pencucian mgkn masih ada rasa asin,, jd mgkn itu penyebab muntahnya y dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sblmnya bubo itu punya temen dok,,dia adopt sjak brancher,, krn dia mau nikah jd dialihin ke saya n dia biasain kasih makan ikan lele n ikan lain,, jd sy ngelanjutin pola pemberian makannya,,kr2 utk jgka panjangnya ada efek g dok kl terus pke ikan?

      Delete
    2. oh pantes. iya, garam memang cenderung sangat kuat pengaruhnya kepada burung hantu. untung bisa dimuntahkan mas.
      kalau memang dia terbiasa makan ikan, bisa diberikan ikan tapi sesekali harus dikasih daging juga. misalnya dari seminggu, ikan bisa diberikan 4 hari, selebihnya daging sapi cincang. daging sapinya harus yang fresh, jangan udah dimasukkin kulkas. kalau ada sih kasih bayi tikus putih.... :)

      Delete
    3. Oke dok,, mksh banyak sarannya,, nti sy atur menu makannya sesuai resep dokter :)

      Delete
  8. Dok, saya punya celepuk nih. Umurnya masih remajaan lah, kemaren - kemaren bulunya sempat lepas. Kata teman saya itu bulu kapas yang lepas. Trus ini dari kemaren tidak mau makan Dok. Saya kasih jangkrik di bawah dia cuman ngelihatin, saya sodorin jangkrik cuman di paruhnya doang terus di lepasin. Badannya kok agak tidak seimbang ya Dok kalau saya lihat - lihat, terus dia suka lihat sekitar. Pagi ini tadi pagi saya lihat kepalanya di bawah, saya kira lumpuh dan butuh anti saraf, pas saya lihat lagi, dia udah bisa berdiri, tapi agak bungkuk dan kurang seimbang gitu. Karena mulai kemaren tidak makan, fesesnya putih saja. Kenapa ini Dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kira dia mulai mabung. pergantian bulu mas.
      harusnya jangan dipegang2 dulu. cukup berikan makan saja. karena burung kalau lagi mabung sangat rentan stress. kalau dilihat dari fesesnya sih kayaknya dia dehidrasi juga, makanya dia gak seimbang berdirinya.....

      saya sarankan bawa ke dokter hewan sesegera mungkin....

      Delete
  9. malam dok sy baru adopt jenis bubo sumatranus menurut yg jual ud dipiara dr kecil skrg umurnya 6bln makannya jangkrik sm tahu.. td stelah sy beli sy ksh makan sate ayam mentah pagi 1 siang 1 malam 2 maunya jg disuapin.. jinak ga gigit tp kalo mau dideketin kaya kucing gt bunyi sshhhh.. apa stress yah dia? dikepalanya kaya banyak kutu putih gitu sy liat dlm kulitnya kaya ada luka kering
    feses nya putih ijo n ada cairan beningnya
    cara merawat n makannya biar maksimal gimana dok sama cara mandiin biar bebas kutu n sehat thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak. mungkin karena belum terbiasa aja sama owner barunya, yaitu mas. :)
      proses manning (pendekatan) bisa terus dilakukan. sering2 ajak main, terutama latihan. mas bisa baca artikel cara melatih burung hantu.
      fesesnya yang bagian ijo, itu ijonya kayak apa ya mas? ijo tua (kehitaman) atau ijo banget (ijo muda)?
      cara memandikan burung hantu bisa mas cari di bagian cari artikel :)

      Delete
  10. Misi dok saya mau tanya, saya punya bai burung celepuk, td dia muntah ngeluarin jangkrik dalam keadaan utuh, trus efeknya sekarang dia ga mau makan, matanya merem terus, yang saya mau tanyakan knp dia bisa bgtu ( memuntahkan makanan dalam keadaan utuh ), dan bagaimana cara menormalkannya kembali
    Burungnya saya kasih makan jangkrik

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya gak kenapa2. karena burung hantu kadang memuntahkan sisa makanan yang tidak termakan.
      udah coba mas kasih minum? sekarang gimana keadaannya? kalau memang sampe sekarang belum mau makan juga, lebih baik bawa ke dokter hewan aja mas...

      Delete
  11. trimakasih dok atas sarannya, karna saran dokter burhan saya jd mau makan lagi, dan dia jd bisa melotot lagi kaya kemarin",

    ReplyDelete
  12. trimakasih dok atas sarannya, karna saran dokter burhan saya jd mau makan lagi, dan dia jd bisa melotot lagi kaya kemarin",

    ReplyDelete
  13. dok. burung hantu saya jenisnya tyto alba.
    kemarin malam dia muntah atau buang air aku kurang tahu, banyak banget dan berwarna hitam.
    sepertinya dia muntah tapi bukan bentuk pelet.
    matanya merem2 sekarang. dan kemarin nafsu makan dia baik baik saja sebelum muntah.
    itu solusinya gimana ya dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah muntah dia masih mau makan?
      udah berapa lama pelihara mas? dan biasanya dikasih makan apa?

      patut saya kasih tau juga kalau udara memang sedang tidak bagus untuk owl sekarang2 ini. agar tahu apakah owl mas masih sehat atau nggak, silakan cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      saya tunggu kabar selanjutnya..

      Delete
    2. Setelah muntah dia masih nafsu makan dok.
      pelihara sekitar 3 minggu an.
      apakah perlu disuntik vaksin burung hantu?

      Delete
    3. kayaknya kalau setelah muntah dia masih mau makan, dia masih sehat...
      fesesnya warna apa mas?
      burung hantu bisa divaksin saat usianya dewasa...

      Delete
    4. Fesesnya sering warna putih. namun terkadang warna kemerahan,

      Delete
    5. coba cek artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya,,,

      Delete
  14. misi dok saya mau tanya burhan saya jenis celepuk, kemarin malem dia jatuh dari tempat biasa dia bertengger, setelah dia jatuh sayap kanannya tidak dapat berfungsi sama ga biasa bersuara, kira kira cara nanganinnya gimana yahh dok
    Mohon bantuannya dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dia memang gak bersuara, kemungkinan lagi kesakitan. sebaiknya diamkan dulu selama 2 hari. kalau tidak ada perubahan, bisa dibawa ke dokter hewan terdekat.... :)

      Delete
  15. Dok saya handle bubo, 3 hari kebelakang ini tidak mau makan, feses berwarna hijau, saya berinisiatif utk membuat bubur daging saya campur bersama pedialyte, dan terbukti kedaan diq membaik, tp tetap tidak mau makan, meskipun saya loloh dengan tidbit, tidbit pun di muntah kan kembali. Saya bawa ke drh, drh bilang gejala cacingan, di suntik lah si bubo, dan di beri vitamin berupa curcuma plus untuk anak. Keadaan semakin memburuk dan lemas. Semalam dia muntah bubur daging, daging yg saya giling halus. Kotoran berair dan berwarna coklat skrg, yg sebelum nya berwarna hijau. Dan saya juga memberi kan tetrachlor sesuai dosis yg di anjurkan, mohon bantuan nya dok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang gimana keadaannya mas? saya minta maaf karena baru bales. kemaren baru sempet mudik.
      mas kasih curcuma plus atas anjuran siapa? dokter hewan kah? daging gilingnya, apakah mas yakin dagingnya bebas bahan kimia?
      sayangnya saya tidak bisa melihatnya langsung... :(

      Delete
  16. Pagi dok,,salam kenal,,saya termasuk baru dalam memelihara burung hantu,,punya saya jenis tyto alba,,kemarin saya dapat burung tersebut dari luar kota,,mungkin krn perjalanan jauh dan tempat yg baru,sekarang burung tersebut terlihat sters,,ga mau makan dan matanya sering terpejam,,fasesnya juga berwarna putih,,apa yg harus saya lakukan ya dok,,mohon sarannya,,terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, kalau dilihat dari fesesnya sih kayaknya stress atau dehidrasi. sepanjang perjalanan kemaren gak dikasih makan atau minum?
      coba kasih makan, kasih minum juga. kasih minumnya pakai sedotan, selengkapnya bisa baca artikel saya cara memberi minum burung hantu...

      Delete
  17. Permisi
    saya mau konsultasi dok
    saya punya Che DM juve
    in sdah 5 hari ngga mau makan sendiri, akhirnya terpaksa saya suapi, tp 2 hari terakhir ini setelah makan ko d muntahin yaa. Warna fases nya putih, coklat campur hijau. Saya kasih makan leher ayam. Itu knpa dok? Dan bagaimana cara menanganinya
    terimakasih
    mohon bimbingannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan leher ayamnya gak fresh atau mengandung bahan kimia, mas. yakin leher ayamnya fresh?

      saya sih lebih menyarankan kasih pakan hidup kayak bayi tikus, mas... :)

      Delete
  18. Dok, Bubo sy terlihat lemas2, kakinya tidak kuat untuk berdiri trus kotorannya encer.. Kira2 apa pnyakit yang diderita Bubo saya..
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan cari artikel saya di bagian search: cara mengobati burung yang kakinya mengangkang.

      Delete
  19. dok klo burung hantu muntah tpi mkanany blm kecerna itu knp ? sya kasih ayam dipisah dr tulangnya , dan mknan yg dimuntahin bau feses

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya satu lg fesesnya ada cairany

      Delete
    2. masnya kasih makannya kebanyakan. itu tebakan yang pertama.
      tebakan yang kedua. daging ayamnya dingin, ya? abis ditaro di kulkas? harusnya mas diamkan dlu di ruangan terbuka biar gak dingin lagi..
      atau, tebakan saya yang ketiga, ada bahan kimia di daging ayamnya.

      saya sih lebih cenderung tebakan yang pertama dan ketiga. fesesnya gimana? ada 3 elemen. :)

      Delete
    3. saya ganti ayam karena terakhir makan burung pipit dimuntahin utuh biasanya kan bentuknya kayak "dikompresi" alias padat, saya kasih makanya nggak kbnyakan kok dok sehari 1 burung pipit maksimal 2, itupun kalau udah muntahin sisa makanany klo blm muntah blm saya kasih lagi dan biasanya saya nunggu 2-3 jam setelah muntah, nah pas kejadian burung pipitnya sering dimuntahin utuh akhirnya saya kasih daging ayam dipotong-potong kecil, kmarin-kemarin masih 3 elemen dok tapi skg semenjak sakit 2 elemen aja seringnya lendir coklat muda sama feses hitam, tapi kadang-kadang yg putihnya ngikut, sekarang lemesan dok kasian :( oya burhan saya bay owl , dok maaf ya ngerepotin :(

      Delete
    4. kalau saya sarankan sih mending bawa ke dokter hewan terdekat aja mas. saya takut ada masalah di sistem pencernaannya.

      usahakan tetep beri makan meski sedikit. kalau dia sekali makan sedikit, kasih lebih sering...

      kalau udah dibawa ke dokter hewan, kasih kabar ke saya ya mas. masnya dimana? jakarta? kalau di jakarta, ke daerah ragunan, deket bonbin, ada rsh di sana.... kalau di surabaya, ada rsh deket kampus unair...

      Delete
  20. mau tanya dok, sayaa baru dapet burhan liar,kondisinya dia belum bisa terbang, jenis barn owl, kalo jenis ini kondisinya basi kecil, apa bisa saya kasi makan jangkrik saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan mbak baca artikel saya cara memelihara burung hantu barn owl.

      Jangkrik sebenernya gak masalah klo cm sesekali aja.... Jgn jadi makanam pokok..
      .

      Delete
  21. dok celepuk saya muntah terus dia jadi ga nafsu makan dan mata terpejam terus
    saya udah baca artikel dokter yang tentang feses. fesesnya warna hitam memanjang ada putih nya dan berlendir.. mohon pencerahannya dok :(

    ReplyDelete
  22. dok, celepuk saya si HaNi udah empat hari ini muntahin makanannya terus. apa itu aman? klo matanya sih segar2 aja dok, fesesnya juga kadang normal, kadang cair dan bau menyengat gitu dok.
    oya, dia kan usianya masih brancher tpi ku kasih ank-jess, apa itu gak apa2 dok? tpi wajar kan kalo dia awalnya ngamuk? trus stlah di pasangin ank-jess gitu, kan dia biasa terbang jaraknya agak jauh, stlah di pasangin dia klo mau terbang jauh pastikan jatuh, jdi kadang dia jatuh & badannya kebalik gitu....enaknya gimana yah dok? mohon pencerahannya dong :(
    makasih ;)

    ReplyDelete
  23. Dok burung saya ga tau kenapa tadi pagi bergetar,saya kasih makan ngga mau.jadinya saya paksa makan,saya potong2 saya pelan2 nah siang ini makanannya tadi di muntahin lagi semua.yang mau saya tanyakan ini kenapa ya dok?dan gimana ngatasinya thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia susah berdiri? kayak lumpuh gitu? :)
      atau cuma gemetar dan susah makan aja?

      sayangnya mas nggak kasih tau jenis burung hantunya apa...

      coba cek fesesnya. tahinya. baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  24. Dok mau tanya..
    Elang punya teman saya dikasih emprit dan puyuh yg sudah dibersihkan bulunya bbrpa saat kmudian dimuntahkan semua..
    Apakah karena stress?
    Dan gimana solusinya..
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan stress, bukan juga karena sakit. karena kegedean aja makanannya. coba potong2 dulu, kasih dagingnya aja kecil2..... dan kasih makannya jangan kebanyakan..

      kabari lagi...

      Delete
  25. Sya pnya che dm tapi dia ga bisa muntahin pelletnya. Sya sudah coba raba temboloknya tapi tda da pa2,
    stiap sya liat dia sllu brusaha memuntahkan sesuatu. Skrang sudah 3 hri dia g mau mkan dn mtanya sllu trpejam. Kira2 knp y? Dn bgaiman cra sya mngatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang biasa dikasih makan apa, mas?
      dan apakah dia pernah memuntahkan pelletsnya sebelum ini?
      coba cek fesesnya, silakan baca artikel saya cara mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya. secara prinsip sama.
      coba kasih minum... dan coba mas beli super-n dari toko makanan burung, kasih ke dia... :)

      Delete
  26. Trakhir sya kasih burung tekukur hdup dn sbelumnya jga dia sudah biasa, tempo hari dia sring muntahin pelletsnya dok
    sudah 4 hri dia g mau mkan dn stiap hri sya perhatikan dia sllu brusaha muntahin s'suatu tpi g bisa keluar dn sya raba tembolok'a ternyata ada gumpalan besar dn stiap sya usap gumpalan tersebut dia sllu brusaha muntahin, nah tu sya hrus gmna?? Apakah hrus d oprasi dok?
    Oea fesesnya normal bngt dok, sya cium mulutnya ga bau bngkai sma sx, gejala frounce jg g da

    ReplyDelete
    Replies
    1. jujur saya agak kurang yakin kalau dia kena candidiasis. soalnya fesesnya masih normal. dan jujur saya agak bingung, kok candidiasis perlu dioperasi. tapi mungkin drh yang mas kunjungi punya asumsi sendiri kenapa menyarankan demikian...

      kalau emang bener kena candida, sebenernya cukup dikasih antibiotik karena candida ini sebenernya semacam jamur yang tumbuh di tembolok (kadang juga di mulut). maaf mas, drh hewannya gak ngasih obat? harusnya kalau emang candidiasis, beliau akan memberi antibiotik...

      saran saya, cari opsi kedua. kunjungi dokter hewan lain atau ke RSH aja biar jelas, mas. kalau masnya di jakarta, di deket bonbin ragunan ada rsh kok. kalau di bogor, di IPB ada. kalau di surabaya, di unair...

      Delete
  27. Dr tau kn penyakit candidiasis tembolok??
    Sy dah knsultasi sm dr. Hwan knalan tmn sya, sya ksih liat video dn kronologi'a dia bilang itu candidiasis dn pnanganan'a hrus operasi, apakah g da cara lain dok??
    Yg sya bngung ko dia ngidap penyakit fesesnya normal y

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya. jaga kebersihan makanan dan sering2 kasih minum. :)

      Delete
  28. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  29. Sya tnggl d bksi dok daerah pelosok...tu jga sya konsultasi cuma lewat catting, ju2r sy jg g ykin tu pnyakit yg mnghruskan untuk operasi.
    Klo asumsi doktr, dm sy knp??
    Klo d ksih antibiotik, antibiotik p??

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk pemberian antibiotik sebenernya dibutuhkan diagnosa dulu dari dokter. karena jujur, sayapun gak yakin dia kena candidiasis, mas. karena fesesnya masih normal.

      gini aja, ada baiknya mas download baca dulu artikel ebook di http://wiki.isikhnas.com/images/b/b5/CANDIDIASIS.pdf

      bahasa indonesia kok. soal penanganannya, saya sarankan mending bawa ke drh lain agar dapet opsi kedua...

      kalau bener emang kena candidiasis, biasanya saya kasih antibiotik Nistatin, dengan cara pemberian campur ke makanan yang akan diloloh. jaga kebersihan, pola makan, dan daya tahan tubuh dengan memberikan super-n juga.

      tapi masalahnya kan saya ragu apakah burungnya mas kena candidiasis atau tidak... :(

      Delete
  30. Maf dok sy banyak banget tanya, soalnya sya khawatir banget sma kondisinya yang sekarang. Makan aja harus saya lolohin

    ReplyDelete
  31. Dok burung elang saya kenapa ngemuntahin makanan nya trus ya, 1 di kasih emprit eh di muntahin besok nya do kasih tipus sama udah beberapa jam muntah lagi knp ya dok tolong pencerahan ny.
    oh iya 1 lagi klo udah makan dada nya jd ada benjolan apa karna makanan ny blm benar benar di cerna atau gmn ya.?
    Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya mas gak ngasih tau elangnya umur berapa.
      saran saya sih coba kasih makannya kecil2 aja. empritnya potong dulu, disiangi dulu, yang diberikan dagingnya saja, itupun kecil2.... jangan terlalu besar...

      soal tiput, coba kasih bayi tikus yang masih merah (pingkies) ukuran kecil.

      iya, benjolan di tembolok normal kok kalau abis makan... kalau bisa, kasih makannya jangan sampe temboloknya gede banget, mas... kalau keliatan temboloknya mulai menggelembung, stop pemberian makan..

      Delete
  32. Umur nya baru 6 bulanan dok.
    Oh gitu ya dok makasih ya dok.
    Ih iya dok klo burung elang di samperin suka nunduk2 trus klo di usap kepala nya juga jadi nunduk kaya yang ketakutan itu knp ya.?
    Trus cara mengatasi nya gmn dok padahal meaning udh jalan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu normal kok, selama fesesnya ada 3 elemen, masih sehat. coba cek artikel saya parameter kesehatan burung hantu, secara prinsip sama.... :)

      Delete
  33. Iya sih keliatan nya sehat soal nya masih suka berkicau tp knp ya hari ini dia bertengger kaki nya di angkat 1 kira2 knp dok.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada artikelnya, cari aja di bagian cari artikel: burung hantu mengangkat kaki

      Delete
  34. Dok , saya punya barn owl , masih bulu kapas(chick) , baru kemarin dirumah saya , kemarin sih mau makan , pas malemnya pun makan
    Tapi pas pagi ini saya liat ada muntahannya , coklat gitu warna nya
    Dan sekarang saya kasih suapin gitu dia ga mau gitu
    Itu kenapa ya dok ? Apa saya semalem kebanyakan kasih makan ?
    Oia saya kasih makannya daging , tolong kasih saran dok, makasih .

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya maaf karena saya baru balas. sekarang gimana owlnya?

      iya, mas kebanyakan kasih makannya. coba baca artikel saya porsi makan burung hantu. dagingnya cacah kecil2 aja, mas. jangan kegedean.

      coba cek artikel parameter kesehatan burung hantu...

      Delete
  35. dok,mau tanya yah kan sya beri mkan obay saya 5× sehari dengan anakan puyuh tapi muntahnya cuma 1× apakah itu wajar?? terus matanya terpejam mulu tapi,nafsu makan masih lncar apakah itu masih sehat dok??
    tolong bantuanya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalu sampe 5 kali sehari, kayaknya kebanyakan, mas. coba kurangi. kayaknya sih dia merem karena kekenyangan, jadi dia ngerasa kurang nyaman....

      dan kasih super-n setetes tiap hari.. :)

      Delete
  36. Dok.. Celepuk saya kemarin makan DOQ 4 ekor.. Trs paginya kok di muntahin yaa( dalam bentuk PUYU DOQ) ? Feses normal dan aktivitas bunyi trs dan aktif.. Cara menanganinya bagaimana biar tidak muntah dalam bentuk puyuhnya
    Thx dok

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan kasih makannya... cukup satu atau dua doq aja mas....

      atau mas bisa kasih daging puyuh aja. cukup dagingnya aja.
      beli puyuh, siangin (ambil dagingnya aja), taro di freezer. kalo mau kasih makan, ambil sedikit, rendem di air biasa (matang, jangan di air panas/hangat), cacah2 kecil, baru kasih ke owlnya

      Delete
    2. Emang kalo direndam di air oanas kenapa dok??
      Saya kalo kasih makan bop pake puyuh afkir dan saya rendam di air panas buat cabut bulunya, apakah berdampak buruk dok?

      Delete
    3. maksudnya, kalo dari daging beku, jangan direndem air panas. karena bisa merubah struktur dagingnya....

      kalo disiram air panas karena untuk mencabuti bulunya, gak apa2 kok...

      Delete
  37. Assalammualaikum dokter, tolong saya dok shiro obay saya sakit, dia muntahmuntah air berwarna abuabu, fesesnya sedikit cerah warnanya, sebelumnya saya beri dia usus ayam dok, saya sempat paksa dia makan daging cacahan kecil dan saya beri super-n, saya karduskan diberi selimut dan diberi lampu penghangat, keesokan paginya dia sedikit fit kembali karena fesesnya kembali normal dan sudah mulai aktif(dipanggil nyaut) lalu saya mandikan dan saya jemur pagi dan saya beri daging cacahan kecil kembali, sorenya dia muntah lagi tetapi berbentuk daging, dan sangat lemas dok, saya tadi beri dia super n, daging cincang kecil diberi sedikit madu, dan minum air hangat, lalu saya kerduskan kembali, saya harus gimana dok tolong bantu saya terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa malah mas mandiin? :(
      kan dia lagi gak fit. eh mas mandiin...

      dan jangan dikasih madu. stop madunya. dan selama sakit, kasih makan daging yang dicacah halus aja. biar dia gampang makannya... super-n rutin dikasih...


      maaf banget karena baru balas... maaaaf banget... :(

      Delete
  38. Dok, burung hantu saya celepuk.
    Makan sangat bagus dan mata lebar terlihat sangat sehat, tapi sering peregangan begitu burung saya si max. Dan sering tidur kalo kebanyakan makan. Makannya saya kasih 7 jangkrik dan setiap 2/3jam. Dan itupun saya kasih cemilan 2/3 jangkrik.
    Apakah peregangan gpp dok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak apa2, kok. wajar.
      rutin kasih super-n, mas. caranya udah saya tulis di artikel CARA AGAR BURUNG HANTU TETAP SEHAT...

      oh ya, fesesnya gimana?

      Delete
  39. Dok saya punya burung hantu jenis tyto alba, kalo makan rakus nafsu makannya tinggi, tapi ko matanya keliatan sayu yah sering merem terus dan ga lincah, fasesnya banyak warna putih ada warna itemnya sedikit, burung saya sehat atau sakit dok?

    ReplyDelete
  40. dok fira saya mau nanya, knp burung elang saya selalu memuntahkan makanannya ya? setiap saya kasih makan beberapa jam kemudia dimuntahka kembali seperti tidak dapat dicerna. umurnya masih bc awal dok fesesnya normal ada 3 elemen. apakah mungkin elang saya (che dm) terkena virus dok? dan bagaimana cara penanganannya? terimakasih sebelumnya dok

    ReplyDelete
  41. malam dok, saya owner dari tito dan soren (barn owl) yang beberapa waktu lalu sempat konsultasi mengenai feses burung hantu.
    saya baru adopt owl lagi nih dok, jenis barn owl usia brancher awal ( saat ini ) saya sudah memelihara mereka selama sebulan ( dari umurnya chick ).
    nah yang bermasalah itu salah satu dari barn owl brancher saya ini, mogok makan.
    tiap saya suapi respon makan masih ada, namun hanya di mainkan saja, kadang ada yang di telan lalu di muntahkan lagi beberapa saat setelahnya (tanpa di cerna).
    sekarang mulai terlihat lesu dan mata terpejam.
    makanannya sehari" burung tekukur ( daging tanpa tulang )
    dan juga burung emprit ( tanpa bulu , di cincang halus ).
    warna feses , putih bercampur kecoklatan , banyakan warna coklat nya sih dok.
    apakah itu disebabkan oleh virus dan bakteri ?
    saya takut menular terhadap burung yang lain karena sekarang saya memiliki 4 ekor keluarga burung hantu.
    mohon saran dan bantuannya dok.

    ReplyDelete
  42. Dok.. Cg saya pagi ini gx mau makan,dia muntah pellet nya bercampur air dan makanan yg dimakan semalam ikut di muntahkan. Itu kenapa ya dok. Gimana cara ngobatinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama yang dimuntahin pellet, saya kira normal. mungkin dikurangi makanannya... atau cacah dulu makanannya...

      Delete
  43. Tadi barusan saya beri puyuh cincang dok. Nah dia mau makan. Trus gx lama kemudian di muntahin lagi bareng sama cairan ,habis itu dia gx mau makan, apa itu akibat kekenyangan dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf karena baru balas...

      sekarang gimana keadaan burungnya mas? kayak tebak sih dia kekenyangan. mas kayaknya potong2 dagingnya masih kegedean....

      coba kasih super-n, mas.... setetes sehari...

      Delete
  44. Dok.. Ini tadi fases nya kok bening ya dok. Gimana ini dok. ?

    ReplyDelete
  45. Dok buffy saya berapa hari ini sakit sudah saya larikan ke dokter hewan katanya buffy saya sakit usus ny luka akibat pergantian makanan secara mendadak akan tetapi ada aja timbul masalah seperti dikasih makan di muntahin terkadang dia berak darah terus mata kelihatan lesu menurut dokter harus diapakan y dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi emang diagnosanya seperti itu. emang mas kasih makan apa? dari dokter dikasih obat apa?

      tapi sejujurnya, saya agak kurang yakin dengan diagnosa dokter sih.

      Delete
  46. Permisi dokter, saya mau tanya. ..
    Burung hantu saya kan jenisnya tyto alba.. .
    Nah gini kan pakanan puyuhnya habis, nah saya belikan emprit trus anehnya malemnya minta makan tapi di mutahin empritnya ,tapi udah gk berbentuk emprit, trus emprit yg baru di makan,trus kan saya tinggal beberapa jam terus minta makan lagi nah, pas saya kasih emprit dia mutahin emprit yg tadi masih berbentuk emprit, trus yg baru makan lagi dok, emang gk cocok tah dok kalo di kasih emprit?
    Trus kotorannya tadi warnanya kuning agak kemerah-merahan dok... Sarannya gmna dok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak kasih empritnya hidup2?
      bagusnya sih potong dulu empritnya. jadi yang dikasih dagingnya aja, disiangi dulu.

      untuk suplemennya, dikasih super-n. teteskan setetes setiap hari.

      Delete
  47. Dok saya mau nanya walaupun sudah terlambat tapi gapapa buat penanganan berikutnya, saya punya barn owl umur 1 taun 4 bulan dan 2 hari kemarin dia diem gamau makan dan matanya terpejam terakhir dikasih makan pakai daging ayam karena pakan dirumah habis baru ke esokan harinya pakannya datang daging marmut, lalu saya keluarin dari kandang karena kondisinya sudah memperihatinkan agar bisa di kontrol dan warna fesesnya putih dan ada kemerahan saya mengambil keputusan untuk membeli jangkrik dan minyak ikan karena di kerongkongan barn owl saya ada lendir yang lengket setelah pagi tadi saya mau beri jangkrik barn owl saya sudah terkapar dan muntah air dan berwarna kecoklatan dan hilang kesadaran dan saya coba untuk tekan terus dadanya agar sesuatu yang ingin dia muntahkan keluar semua alhasil kondisi semakin memburuk dan tidak selamat:( kalau boleh tahu gejala penyakit apa ya pada barn owl saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia lagi sakit (terlihat dari fesesnya yang putih semua), terus ditambah mas kasih minyak ikan. malah tambah sakit.

      harusnya begitu liat fesesnya gak lagi 3 elemen, mas langsung kasih super-n, setetes pagi dan setetes sore. itu aja cukup. sama makanannya mas cacah kecil2 dulu biar dia mudah makannya. kalo makannya jangkrik atau marmut, kasih yang ukuran kecil aja... :)

      nggak apa2, mas. buat pengalaman aja ke depannya. :)

      Delete
  48. kak mau tanya? kenapa burung hantu saya mati tadi pas saya pulang jam 1 siang, padahal udh saya kasih makan jangkrik tadi pagi sebelum berangkat kerja!!
    itu kenapa ya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak sebab. sebenernya kalau mas cek fesesnya tiap hari, mas bisa tahu apa sebenernya yang terjadi sama dia. jadi kemungkinan mati mendadak bisa dihindari.

      kesehatan burung hantu bisa dicek dari fesesnya. mas bisa baca artikel saya, parameter kesehatan burung hantu dan artikel mengetahui kesehatan burung hantu dari fesesnya...

      Delete
  49. Dok saya punya burung buffy tdi nya lahap mknnya tpi sekarang jadi pas udah d mulut di muntahkan lagi trus mata nya mrm sebelah. Mohon solusi nya dok ,takuut matii dokk

    ReplyDelete
    Replies
    1. fesesnya gimana? cek artikel parameter kesehatan burung hantu. baca dulu artiikel itu. terus coba kasih super-n

      Delete
  50. Dok saya punya jenis celepuk, beberapa hari yg lalu sakit ga mau makan diakibatkan pernah muntah gtu, 2 hari kemudian Uda mendingan dok mau makan stelah saya kasih obat Super-n beli di kios burung. Tp anehnya si celepuk kaya sempoyongan gtu dok padahal Uda mau makan. Terbang pun suka nabrak2. Mohon pencerahannya dok 🙏

    ReplyDelete
  51. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  52. Pagi Dok, burung celepuk saya sedang sakit, ciri-cirinya lemas, mata tertutup, kaki mencengkram lemas.

    kronologi:
    - tadi malam dikasih jangkrik, lalu dikasih nasi (campur air)
    - paginya sudah lemas dan ada sedikit muntah

    pengobatan yang dilakukan:
    - saya usap-pakai minyak telon, berharap bisa memberikan rasa hangat di badannya.

    Celepuk saya kira-kira sakit apa ya Dok, oiya sebagai informasi tambahan semalam saya taruh dekat kipas angin :'(

    Mohon bantuannya, jika memungkinkan bagaimana cara mengobatinya.
    Terimakasih. :'(

    ReplyDelete
  53. Dok saya punya elang che lm ..stiap 5 menit hbs mkn psti di muntahkn hbs
    Mata sebelah kanan suka teepejam
    Badan kurus
    Kotoran nya cair
    Solusinya dok

    ReplyDelete

Komentar anda akan dimoderasi oleh Admin.
Pesan anda akan langsung dibalas oleh Drh. Fira Sovica.